kurikulum materi bbq 2011

Upload: dhannie0

Post on 12-Jul-2015

160 views

Category:

Documents


9 download

TRANSCRIPT

..:[ BUKU PANDUAN BELAJAR BACA AL-QURAN MSI UI 2011]:.. Kurikulum Materi BBQ 2011 Pertemuan ke : Makhaijul huruf Mad Qalqalah Idzhar Idzgham Iqlab Ikhfa WaqafNama Mentor : Lingkar :

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

No. Telepon :

Standard Operational & Procedural SOP BBQ 2011 1. 2. 3. 4. 5. Penyampaian materi Membaca Al Quran Evaluasi bacaan Membaca terjemah Sharing[ Untuk Kalangan Sendiri Tidak Diperjual belikan ]

Presensi Mente BBQ 2011 Pertemuan Tanggal 1 2 3 4 5 6 7 8

NO

Nama Mentor

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 NB: Kolom absensi Kehadiran mente diisi dengan jam kehadiran mente. Keterangan:

LEMBAR EVALUASI MENTE BBQ 2011 Nama NRP : : Waqaf Mad qalqalah idzhar idzgham iqlab ikhfa' ket

Pertemuan makhraj 1 2 3 4 5 6 7 8

Kisi kisi materi BBQ 2011 ..:: Pertemuan 1 : makharijul huruf ::.. Menjelaskan 26 hufur hijaiyah Menjelaskankan lafal tiap huruf (bisa langsung maupun dengan bantuan flash tajwid-makharijul huruf)

..:: Pertemuan 2 : Mad ::.. Menjelaskan tentang Mad dan jenisnya : Mad thobiiI & Mad Farii Menjelaskan cara membaca mad Huruf mad ada tiga yakni: Mad thobiii Apabila ada huruf berharokat fathah bertemu dengan hufur yang disukun, atau apabila ada huruf berharokat kasroh bertemu dengan huruf yang disukun, atau juga apabila ada huruf berharokat dhomah bertemu dengan huruf yang disukun maka dibaca panjang. Cara baca :dibaca Panjang yaitu 2 harakah (ketukan) atau juga disebut dua juga satu alif. Contoh :

Mad farii Disebut juga mad turunan. Pada mad far'ii huruf mad dan huruf layn diikuti oleh asli maupun mati karena membaca berhenti.

atau huruf mati, baik mati

Ada 4 jenis : 1. Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaaiz Munfasil Apabila ada Mad Thobiii diikuti oleh . Bila bertemu dalam satu kata maka disebut Mad Wajib Muttashil. Bila di lain kata maka disebut Mad Jaaiz Munfasil. Cara baca : Panjang Mad Muttashil menurut pendapat para ahli berbeda-beda. yang paling pendek yaitu 3 dan yang paling panjang yaitu 6 harakat. Contohnya:

Panjang Mad Munfashil menurut pendapat para ahli berbeda-beda, yang terpendek 2 dan yang terpanjang 6 harakat. Contohnya:

2. Mad Jaaiz Aaridh Lissukuun Mad 'aaridh lissukuun bersifat jaiz. Di sini ditemui kasus huruf mad atau huruf layn diikuti oleh huruf mati, yang bukan mati asli melainkan dimatikan karena membaca berhenti. Cara baca :Panjang bacaan menurut para ahli ada yang mengatakan 2,4 dan 6 harakat. Contoh:

3. Mad Lazim Kilmi Ada 2 yaitu Mad Kilmi Mutsaqqal dan Mad Kilmi Mukhaffaf. Cara baca : dibaca panjang 6 harakat. Pada Mad Kilmi Mutsaqqal huruf mad diikuti oleh huruf bertasdid dalam satu kata. Contoh:

Pada Mad Kilmi Mukhaffaf huruf mad diikuti oleh huruf mati asli dalam satu kata. Contoh:

4. Mad Lazim harfii 29 Surat dalam Al Quran diawali dengan sederet huruf tanpa baris. Ada 14 huruf yang dibagi menjadi 2 kelompok.

huruf-huruf pada kelompok 1 dibaca panjang selama 6 harakat, biasanya ditandai dengan (~) diatasnya. huruf-huruf pada kelompok 2 dibaca sesuai ejaan bunyinya. jadi dibaca pendek dan yang lainnya dibaca selama 2 harrokat sesuai panjang Mad Thobii'i. berikut daftar 29 rangkaian huruf pembuka surat:

..:: Pertemuan 3 : Qolqolah ::.. Menjelaskan huruf huruf qolqolah : Menjelaskan 2 jenis qolqolah dan cara membacanya 1. Qolqolah sughra. Terjadi di tengah kalimat dan terjadi karena mati (disukun). Contoh :

2. Qolqolah Kubro. Terjadi di akhir kalimat dan terjadi karena membaca berhenti. Contoh :

..:: Pertemuan 4 : Idzhar ::.. Menjelaskan tentang idzhar halqi

Menjelaskan tentang idzhar syafawi

..:: Pertemuan 5 : Idzgham ::.. Menjelaskan tentang idzgham bighunnah: Apabila ada huruf bertemu dengan huruf bunyi huruf sesudahnya dan didengungkan. Contoh : maka huruf dimasukkan ke

Menjelaskan tentang idzgham bilaaghunnah: Apabila ada huruf bertemu dengan huruf sesudahnya tanpa didengungkan. Contoh : maka huruf dimasukkan ke bunyi huruf

Menjelaskan tentang idzgham mutamatsilayn: Apabila bertemu huruf maka bunyi 'm' pada harus dimasukkan ke bunyi huruf tersebut desertai dengun selama 2-3 harakat, seolah olah dibaca sebagai disebut juga idzgham Miim. Contoh :

Menjelaskan tentang idzgham mutajanisayn dan mutaqaaribayn: Idzgham mutahanisayn dipakai jika dua huruf yang bertemu sejenis (sama makhraj/tempat keluarnya). Sedangkan idzgham mutaqaaribayn dipakai jika dua huruf bertemu berdekatan sifat dan / makhrajnya. Beberapa pasangan huruf tersebut antara lain:

Cara baca: karena sudah diidzghamkan maka bunti huruf pertama tidak lagi dilahirkan, seolaholah huruf kedua bertasdid. Contoh :

..:: Pertemuan 6 : Iqlab ::.. Apabila dan bertemu huruf dan itu diganti dengan bunyi m disertai dengung selama 2 sampai 3 harokat

Cara baca : bunyi n pada seolah olah dibaca sbb: dan

Dalam beberapa cetakan Al-Quran tempat-tempat iqlab ini ditandai oleh huruf mim tanwin, dan juga tanwin sudah diganti . Contoh :

kecil di atas nun mati dan

..:: Pertemuan 7 : Ikhfa ::.. Ikhfa berarti menyembunyikan, samar. Jadi apabila dan bertemu huruf huruf dibawah ini:

Cara baca: bunyi n pada dan dilahirkan secara samar yaitu, tidak jelas seperti pada idzhar tapi juga tidak hilang seperti pada idgham melainkan diantara keduanya disertai dengung 2-3 harokat. Contoh :

Ikhfa syafawi: Bila bertemu huruf . Cara baca : bunyi m pada dilahirkan secara samar disertai dengung selama 2-3 harakat. Contoh :

..:: Pertemuan 8 : waqaf ::.. Menjelaskan tanda-tanda tempat waqaf dan cara membacanya Berikut ini tandatanda tempat waqaf beserta maksud praktisnya. Perhatikan bahwa pada suatu cetakan AlQuran belum tentu semua tanda-tanda ini ditemui:

Daftar pustaka: Imam Fachruddin. 2004. Catatan tajwid Sederhana nan Praktis.Bochum. Al-Quran digital Repackage Edition By kampungsunnah.org