konsep produk

Click here to load reader

Post on 22-Jul-2015

25 views

Category:

Business

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Termasuk dalam pengertian produk yaitu :

    obyek fisik (bentuk, warna)jasa ( Tukang cukur, Dokter )orang (Hermawan Kertajaya, Batistuta dll)tempat (Danau Toba, Pantai Kuta)organisasi (ISEI, IDI, IAI)gagasan (KB, Konsep Manajemen)

  • Jasa : adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu fihak kepada fihak lain , yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan

  • Produk Inti (Core Product)yaitu manfaat atau jasa inti yang diberikan produk tersebut.Wujud Produk (Formal Product)Yaitu karakteristik yang dimiliki produk tersebut, berupa mutunya, corak atau ciri-ciri khasnya, mereknya dan kemasannya.

  • yaitu produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar Contoh: bangunan hotel yang memiliki banyak ruangan untuk disewakan. yaitu segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk dimasa mendatang. Misalnya hotel menambah fasilitas layanan internet, perekam videodengan kasetnya dll.

  • Yakni berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memeberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing.Misalnya hotel dapat menambahkan fasilitas TV, bunga-bunga segar.

  • PRODUK UTAMAPRODUK GENERIKPRODUK HARAPANKEPUASANFUNGSIONALMANFAATPRODUK POTENSIALMASA DEPAN

  • Berdasarkan sifat/daya tahan Barang Tahan Lama (Durabke Goods)Yaitu barang yang berwujud yang biasanya dikonsumsi lebih dari satu kali. Barang Tidak Tahan lama (Non Durable Goods)Yaitu barang yang berwujud yang biasanya dikonsumsi hanya satu kali. Jasa Yaitu merupakan aktivitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.Contoh : RS. Hotel. Salon.

  • 1. Barang nyata atau berwujud (tangible goods)2. Barang tidak nyata atau tidak berwujud (intangible goods)

  • Berdasarkan tujuan pemakaian :1.barang konsumsi (consumers goods)2.barang industri (industrial goods) Barang konsumsi : barang yang digunakan oleh konsumen akhir dan tidak dikomersialkan.

  • Artinya : untuk keperluan konsumsi akhirtidak dibisniskanKlasifikasi barang KonsumsiYaitu barang yang pada umumnya seringkali dibeli dengan segera dan tidak memerlukan usaha untuk membelinya. Ciri-cirinya :Konsumen mempunyai pengetahuan yang luas tentang barang.Konsumen menginginkan sebelum membeli barang tsb.Barang itu mudah didapatkan.Harga dan mutu tidak terlalu dipersoalkanUmumnya harganya murah.

  • Tidak terpengaruh oleh modeDibeli secara teratur.Conveniense goods sendiri masih dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu Staples adalah barang konsumen yang secara reguler atau rutin. Mis.nya sabun mandi, pasta gigi.

  • adalah barang yang dibeli konsumen tanpa perencanaan terlebih dulu atau usaha-usaha mencarinya. Contoh: permen. Majalah.Emergency Goodsadalah barang yang dibeli bila suatu kebutuhan dirasa konsumen mendesak. Misnya payung, jas hujan

  • Barang Belanjaan (Shopping Goods)Yaitu barang yang dibeli oleh konsumen dengan cara membanding-bandingkan berdasarkan kesesuaian, mutu, harga dan modelnya.Ciri-cirinya :konsumen biasanya membandingkan harga dan mutu sebelumnya.Konsumen kurang pengetahuan luas tentang barang tsb.Biasanya mempunyai nilai besar.

  • Shopping goods terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu : Homogenous Shoping Goods) merupakan barang-barang yang oleh konsumen dianggap serupa dalam hal kualitas tetapi cukup berbeda dalam hal harga.Dengan demikian konsumen berusaha mencari harga yang termurah dengan cara membandingkan harga dari satu toko ke toko yang lain.

  • Heterogenouse Shoping Goodsadalah barang-barang yang karakteristik atau ciri-cirinya (feature)dianggap lebih penting oleh konsumen dari aspek harganya. Denga kata lain, konsumen mempersepsikannya berbeda dalam hal kualitas dan atribut. Contoh :furniture dan pakaian.

  • Barang Spesial (Specialty Goods) yaitu barang yang memiliki ciri unik atau merk khas dimana kelompok konsumen bersedia berusaha lebih keras untuk membelinya.Ciri-cirinya :Barang mempunyai ciri yang unik dan pembeli berusaha untuk mendapatkannyaPembeli hanya menghendaki satu merk saja.

  • Ada 2 (dua) jenis unsought goods, yaitu :Barang Yang Tidak Dicari (Unsought Goods) Yaitu barang dimana konsumen tahu atau tidak tahu mengenai barangnya, tetapi pada umumnya tidak akan berpikir untuk membelinya.Regularly Unsought Goodsadalah barang-barang yang sebetulnya sudah ada dan diketahui oleh konsumen, tetapi tidak terpikirkan untuk membelinya. Contoh : ensiklopedia, batu nisan.

  • New Regularly Unsought Goods adalah barang yang benar-benar baru dan sama sekali belum diketahui oleh konsumen. Jenis barang ini merupakan hasil inovasi dan pengembangan produk baru, sehingga belum banyak konsumen yang mengetahuinya.

  • Barang Industri (Industrial Goods) Adalah barang-barang yang diproduksi untuk membuat barang lain atau menjalankan suatu organisasi dan suatu usaha bisnis.

View more