konsep dan prinsip dasar belajar

Click here to load reader

Post on 09-Jul-2015

4.399 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

pengertian dasar belajar

TRANSCRIPT

TUGAS PRESENTATION KELOMPOK 1

TUGAS PRESENTATIONKELOMPOK 1Oleh:Abd Muiz H (110611100048)Dwi sulistyaninggsih (110611100079)1

Konsep dan prinsip dasar belajar,mengajar,dan pembelajaran2

Penggertian belajar

Belajar adalah proses perubahan diri dari seseorang yang telah belajar. Perubahan itu bersifat intensional,positif aktif dan efektif-fungsional.

Divinisi belajar menurut para ahli:

Winkel,belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahamanDi Vesta dan Thompson (1970): belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman

Ciri-ciri belajar

Ciri-ciri belajar di tandai dengan adanya perubahan perilaku pada diri individuPerubahan itu merupakan buah dari pengalamanperubahan tersebut relatif tetap.

Pengertian mengajarMengajar adalah menanamkan sebanyak-banyaknya ilmu atau pengetahuan kepada anak didik . Dengan demikian guru bersifat teacher centered.

Divinisi mengajar menurut para ahli: Jerome S. Brunner berpendapat bahwa mengajar adalah menyajikan ide, problem atau pengetahuan dalam bentuk yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa.

Laaannnjuuutt............Tordif berpendapat bahwa mengajar adalah perbuatan yang dilakukan oleh guru dengan tujuan membantu dan memudahkan siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Adapun konsep baru tentang mengajar menyatakan bahwa mengajar adalah membina siswa bagaimana belajar, bagaimana berfikir dan bagaimana menyelidikTrusssssssssss......(Rochman Nata Wijaya,1992) Upaya guru untuk membangkitkan yang berarti menyebabkan atau mendorong seseorang (siswa) belajar. (Hasibuan J.J,1992) Menciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar.(Gagne) Suatu usaha untuk membuat siswa belajar, yaitu usaha untuk terjadinya perubahan tingkah laku.

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses interaksi murid dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.pembelajaran juga dapat di artikan sebagai proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pengertian Pembelajaran

Dan dapat ditarik kesimpulan bahwaPembelajaranadalah usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.Divinisi pembelajaran menurut para ahliGagne dan Briggs (1979:3) Pembelajaran suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Lanjut... (UU No. 20/2003, Bab I Pasal Ayat 20) pembelajaran adalah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Komponen-komponen pembelajaran1. SiswaSeorang yang bertindak sebagai pencari, penerima, dan penyimpan isi pelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.2. GuruSeseorang yang bertindak sebagai pengelola, katalisator, dan peran lainnya yang memungkinkan berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang efektif.3. TujuanPernyataan tentang perubahan perilaku (kognitif, psikomotorik, afektif) yang diinginkan terjadi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

4. Isi PelajaranSegala informasi berupa fakta, prinsip, dan konsep yang diperlukan untuk mencapai tujuan.5. MetodeCara yang teratur untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapat informasi yang dibutuhkan mereka untuk mencapai tujuan.6. MediaBahan pengajaran dengan atau tanpa peralatan yang digunakan untuk menyajikan informasi kepada siswa.7. EvaluasiCara tertentu yang digunakan untuk menilai suatu proses dan hasilnya.15

Mator Sakalangkonggg