komunikasi antarbudaya ppt (modul 2).ppt

Download Komunikasi Antarbudaya PPT (modul 2).ppt

Post on 09-Jan-2016

53 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Kebudayaan dan Komunikasi(Modul 2/A)Universitas TerbukaKorea

  • PENGERTIAN KEBUDAYAANKebudayaan merupakan segala sesuatu yang meliputi kehidupan manusia dari saat ia dilahirkan hingga saat ia menutup mata untuk selamanya. Koentjaraningrat : keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan (proses) belajar.

  • Arti KebudayaanTerlepas dari banyak dan bervariasinya definisi kebudayaan, dalam kaitannya dengan konteks komunikasi, budaya dan kebudayaan tidaklah dipermasalahkan.Intinya adalah: budaya/kebudayaan adalah suatu sistem kepercayaan, nilai-nilai, kebiasaan-kebiasaan, perilaku serta artifak yang dimiliki bersama oleh anggota dari suatu masyarakat tertentu untuk menangani atau mengatasi dunia mereka dan hubungan mereka satu sama lainnya dan diwariskan/dipindahkan dari generasi ke generasi.

  • Fungsi-Fungsi Budayaalat untuk mengenal kehidupan tempat kita dilahirkan. Pegangan atau panduan dalam hidup manusia dalam hal bagaimana dia harus bersikap, berpikir, bertingkah laku sesuai denga budaya yang berlalu di masyarakatnya.

  • Wujud Budaya*

    - sebagai bentuk kompleks ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma, peraturan, dls.-sebagai suatu komplesk ativitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat-benda-benda hasil karya manusia

    *menurut Parsons & Kroeber (Koentjaraningrat, 1986: 186-187)

  • Elemen Budaya*1. Sejarah2. Agama3. Nilai4. Organisasi Sosial5. Bahasa

    * Samovar & Porter, 2003

  • Karakteristik Budaya

    a. Learned (harus dipelajari) lewat enkulturasib. Shared by the members of a society (Dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, tak ada budaya yang hanya dimiliki oleh satu orang)c. Patterned (Berpola)d. Mutually constructed & Arbitrary (sifatnya sudah ditentukan)e. Internalized, habitiual, taken for granted ( tertanam dalam diri manusia, sudah menjadi kebiasaan, dianggap sebagai suatu hal yang biasa, dilakukan sebagaimana adanya. Bukan sesuatu yang istimewa.

  • Proses Belajar Budaya

    1. Internalisasi2. Enkulturasi3. Sosialisasi

    Mari kita bicarakan arti dan kita cari contohnya!!!

  • Hubungan antara kebudayaan dan komunikasi bersifat kompleks. Namun, hubungannya bisa dilihat dengan perspekfif: saling bergantung (interdependensi) dan timbal balik (reciprocal).

  • Pertama: manusia tidak dapat tidak berkomunikasi (man cannot not communicate)Kedua: komunikasi adalah aktivitas (bukan suatu hasil) dari pertukaran simbol.Ketiga: pesan terdiri dari simbol verbal dan nonverbal.

  • Apakah pengaruh ilmu Antropologi dan Sosiologi dalam telaah ilmu komunikasiMari kita cari jawabannya dengan mengenal nilai-nilai kebudayaan (cultural values) yang dijelaskan oleh Clifford Geertz. Petunjuk: tolak ukur, patokan, ukuran untuk mengukur realitas di sekitar kita yang dianut bersama dan menjadi pedoman bagi tiap individu untuk menjadi anggota dalam komunitas di mana dia berada.

  • DiskusiKita lihat fakta bahwa manusia amat tergantung pada alam sekitarnya (p.27)Kita intip cara manusia memandang hubungannya dengan manusia lain yang berbeda golongan, derajat, ekonomi, dls (p. 27)Kita intip konsep krama inggil dalam bahasa Jawa, Jundemal dalam bahasa Korea, dan prinsip doing orientation (p.28)

  • - Tiap manusia/invididu dibesarkan dalam komunitas-komunitas masyarakat yang berbeda dan sudah pasti mereka memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, unik, dan tidak dapat dianggap sama rata.Bahkan satu individu bisa memiliki beberapa identitas yang bisa membawa konsekuensi dalam berinteraksi dengan orang lain.

  • Dalam perkembangannya, banyak terjadi kaitan antara komunikasi dan budaya, antara lain: Komunikasi antarbudaya (intercultural communication)Komunikasi lintas budaya (crosscultural communication)Komunikasi antaretnik (interethnic communication)Komunikasi antarras (interracial communication)Komunikasi antarbangsa (international communication)Komunikasi global (global communication), &Komunikasi transkultural *(Mulyana, 2004)

  • Pendekatan ilmu sosial (social science approach) atau pendekatan fungsionalPendekatan interpretif (interpretive approach) atau pendekatan penerjemahanPendekatan kritis (critical approach).

    *Mari kita tilik satu per satu dengan diskusi!

View more