kompresor torak.docx.doc

Download Kompresor Torak.docx.doc

Post on 13-Sep-2015

221 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

DAFTAR ISI1KOMPRESOR

11.1 Pengertian Kompresor

11.2 Jenis Jenis Kompresor.

11.3 Kompresor Torak.

21.3.1 Cara Kerja Unit Kompresor Torak.

71.3.2 Prestasi (Performance)

81.3.2 Efisiansi Volumentrik

91.3.3 Prestasi Kompersor Ideal

101.3.4 Kebutuhan Daya

101.3.5 Kapasitas Refrigrasi

111.3.6 Efesiansi kompresi

112 Kompresor rotari

123 Screw Compressor

143.1Kompresor Sudu (Vane Compressor).

174 kompresor-kompresor sentrifugal

174.1 Pemisahan gas cetus (flash gas)

204.2 Pemeliharan impeller dan refrigerant

204.3 Surjing (surging)

214.4 Kendali kapasitas

DAFTAR GAMBAR

3Gambar 1. 1 Cara Kerja Kompresor Torak

4Gambar 1. 2 Komponen Utama Kompresor Torak 2 Slinder.

5Gambar 1. 3 Kompresor Hermetic.

6Gambar 1. 4 Kompresor Semi Hermetik.

7Gambar 1. 5 Kompresor Open Type.

9Gambar 1. 6 Diangram Tekan Volume Dari Suatu Kompresor Ideal.

11Gambar 1. 7 Dampak Refrigrasi Dan Kapasitas Kompresor Ideal Dengan Refrigran 22, Volume Sisa 4,5 Persen, Volume Langak Torak 50 L/Det, Suhu Kondensor 35

13Gambar 1. 8 screw male fimale

13Gambar 1. 9 jenis-jenis screw

14Gambar 2. 3 oil flooded dan oil free

15Gambar 2. 4 baling-baling bergerak maju mundur

16Gambar 2. 5 Liquid Piston Compressor

17Gambar 2. 6 pompa sentrifugal.

19Gambar 2. 7 prestasi suatu kompresor sentrifugal

21Gambar 2. 8 surjing pada suatu kompresor sentrifugal

22Gambar 2. 9 karakteristik kompresor sentrifugal pada berbagi penyetelan sudu-sudu prerotasi.

KOMPRESOR

1.1Pengertian Kompresor

Kompresor secara sederhana bisa diartikan sebagai alat atau mesin yang digunakan untuk memampatkan(menekan) udara atau gas. Fungsi compressor adalah untuk meningkatkan energi suatu fluida compressible fluid dengan memberikan tekanan yang tinggi atau kecepatan yang tinggi atau juga ketinggian yang tinggi kepada fluida tersebut sesuai dengan hukum bernoulli.

Dengan tekanan atau kecepatan yang tinggi maka kita bisa menggunakan energi ini untuk menggerakkan sebuah benda contoh nya pada mesin-mesin pneumatik, kulkas, AC(Air Conditioner) atau kita bisa menggunakan energi ini untuk membersihkan bagian-bagian mesin yang kotor di bengkel-bengkel. Selain itu, compressor juga bisa digunakan untuk menghisap udara atau gas bertekanan lebih rendah dari tekanan atmosfir dan biasanya disebut compressor vacuum.

1.2 Jenis Jenis Kompresor.

Adapun jenis jenis kompresor adalah sebagai berikut:A. Kompresor Torak.

B. Kompresor Sekrup Rotary.

C. Kompresor Sudu.

D. Kompresor Sentrifugal.

1.3 Kompresor Torak.

Kompresor torak adalah pompa yang dirancang dengan menggunakan torak dan piston beserta silinder untuk menaikkan tekanan refrigerant. Kenaikan tekanan juga akan menaikkan suhu refrigerant. Uap refrigerant bersuhu tinggi akan mengembun secara cepat di dalam condenser dengan melepaskan panas ke udara sekitar.

1.3.1Cara Kerja Unit Kompresor Torak.Ada dua macam valve yang dipasang pada valve plate. Pertama adalah suction valve dipasang pada permukaan bagian bawah valve plate. Sedangkan yang lain adalah discharge valve yang dipasang pada permukaan bagian atas valve plate. Selanjutnya gas refrigerant dialirkan ke kondensor untuk diembunkan di kondensor dengan membuang panas ke sekitarnya.

a. Langkah Hisap

Saat piston bergerak turun, discharge reed valve pada posisi tertutup karena tekanan refrigerant pada sisi tekan (discharge) lebih besar dibanding di dalam silinder. Pada saat yang sama suction reed valve terbuka akibat kevacuman di silinder sehingga refrigerant dapat masuk.

b. Langkah Tekan

Saat piston bergerak naik gas refrigerant di dalam silinder ditekan keluar melalui discharge reef valve dan dialirkan ke kondensor dengan tekanan dan suhu tinggi. Pada saat yang sama suction reed valve tertutup akibat dari tekanan yang tinggi tersebut. cara kerja kompresor dapat dilihat pada Gambar 1.1.

Gambar 1. 1 Cara Kerja Kompresor TorakSecara singkat kerja dari kompresor adalah sebagai berikut: refrigran masuk ke dalam saluran masuk (S) kemudian masuk ke ruang tekanan rendah sebelah piston/ruang tekanan rendah. Lalu refrigran keluar melalui ruang tekanan rendah kemudian masuk ke katup isap, pada saat bersamaan piston akhir langkah isap dan saat awal langkah buang, setelah itu refrigran masuk ke ruang tekanan tinggi melalui katup tekan, dimana posisi katup isap tertutup. Karena ada dorongan dari piston refrigran keluar melalui ruang tekanan tinggi ke pipa saluran keluar, Adapun komponen koponen utama pada kompresor torak dapat dilihaat pada Gambar 1.2.

Gambar 1. 2 Komponen Utama Kompresor Torak 2 Slinder.Dilihat dari letak motor penggeraknya, kompresor dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu :

1. Kompresor hermetik.

Adalah kompresor dimana motor penggerak kompresornya berada dalam satu tempat atau rumah yang tertutup, bersatu dengan kompresor motor penggerak langsung memutarkan poros kompresor, sehingga jumlah putaran kompresor sama dengan jumlah putaran motornya. kompresor hermetic dapat dilihat pada Gambar 1.3.Keuntungan kompresor hermetik :

1. Tidak memakai sil pada porosnya, sehingga jarang terjadi kebocoran refrigrasi.2. Bentuknya kecil, kompak dan harganya lebih murah.

3. Tidak memakai tenaga penggerak dari luar, suaranya lebih tenang, getaranya kecil.

Kerugian kompresor hermetik :

1. Bagian yang rusak di dalam rumah kompresor tidak dapat diperbaiki sebelum rumah kompresor dipotong.

2. Minyak pelumas di dalam kompresor hermetic susah diperiksa.

Gambar 1. 3 Kompresor Hermetic.2. Kompresor semi hermetik.

Adalah kompresor dimana motor serta kompresornya berada di dalam satu tempat atau rumah, akan tetapi motor penggeraknya terpisah dari kompresor. Kompresor digerakan oleh motor penggerak melalui sebuah poros penggerak. Kompresor ini sering pula disebut kompresor jenis baut atau Bolted type Hermetic. kompresor semi hermetic dapat dilihat pada Gambar 1.4.

Gambar 1. 4 Kompresor Semi Hermetik.3. Kompresor open type.

Adalah kompresor dimana motor penggeraknya terpisah dengan kompresor. Kompresor digerakan oleh motor penggerak melalui hubungan sabuk/tali kipas. kompresor jenis ini pada umumnya lebih banyak digunakan pada unit-unit yang besar kapasitasnya serta pemeliharaan yang lebih mudah dan sederhana. kompresor jenis ini bisa memakai motor bensin dan motor diesel sebagai tenaga penggeraknya. kompresor open type dapat dilihat pada Gambar 1.5.

Keuntungan kompresor open type :1. Jika pada motornya rusak, kita dapat memperbaiki motornya saja tanpa mengganggu kompresor dan bahan refrijerasipada system.

2. Dengan mengubah diameter puli pada motor atau kompresor, kita sudah dapat mengubah dan mengatur jumlah putaran kompresor.

3. Minyak pelumas di dalam kompresor mudah diperiksa melalui gelas pemeriksa.

4. Pada daerah yang tidak ada listrik, kompresor open unit dapat dijalankan dengan tenaga penggerak diesel atau motor bensin.

Kerugian kompresor open type :

1. Bentuknya lebih besar, lebih berat.

2. Harganya mahal

3. Sil dari kompresor pada poros engkol sering rusak, sehingga minyak pelumas dan bahan refrijerasibocor.

Gambar 1. 5 Kompresor Open Type.1.3.2 Prestasi (Performance)

Dua dari beberapa karakteristi prestasi yang terpenting untuk suatu kompresor adalah kapasitas refrigrasi dan kebutuhan daya. Kedua karakteristik kompresor yang bekerja dengan kecepatan konstan tersebut, bayak di tentukan oleh tekanan hisap dan buang. Pertama akan dibuat suatu analisis tentang suatu kompresor torak yang ideal karena analisis tersebuat dapat memberikan pemahaman tentang pengaruh kedua tekanan ini. Sifat sifat yang didapat dari suatu pengkajian tentang kompresor ideal dianggap berlaku bagi kompresor nyata, walaupun harus dilakukan penyesuaian besaran besaran numeriknya, penyesuaian ini akan dibahas dalam pembicaran tentang kompresor nyata. 1.3.2Efisiansi Volumentrik

Efesiansi adalah dasar untuk memperkirakan prestasi dari kompresor torak. efesiansi volumetric dapat di tinjau menjadi dua yaitu efesiansi nyata dan efesiansi ruang sisia, efesiansi volumetric nyata dapat dinyatakn sebagai berikut:

Dengan laju volume langkahadalah volume ruang yang disapu oleh piston piston dalah langkah langkah hisapnya per-satuan waktu.

efesiansi volumetric ruang sisa ditentukan oleh ekspansi kembali gas yang terkurung di dalam ruang sisa dan dapat diterangkan dengan baik melalui digram tekan-volume suatu kompresor, sepertiyang terlihat pada Gambar 1.6. volume maksimum dalam slinder, yang terjadi bila piston berada pada salah satu ujungnya adalah V3. Volume ruang sisa Vc , terjadi bila piston berada pada ujung langkah lainya. Tekanan buang adalah Pd.

Gambar 1. 6 Diangram Tekan Volume Dari Suatu Kompresor Ideal.Efesiansi volumetric ruang sisa dapat dinyatakan dengan cara lain yang dilihat dalam Gambar 1.7 dengan menggunakan P1 sebagai tekanan hisap. persentase volume sisa m, yang berharga konstan, didepenisikan sebagai:

Harga harga volume spesifik dapat ditemukan pada diagram tekan entalpi refrigran atau dari tabel tabel sifat sifat uap lewat panas.

1.3.3 Prestasi Kompersor Ideal

laju aliaran massa mengandalikan kapasitas dan daya yang diperlukan lebih langsung dari pada laju aliran volume. laju aliran massa w kg/det melewati kompresor sebanding dengan volume langakah L/det dengan efesiansi volumetric, dan berbanding terbalik dangan volume sepesifik gas yang memasuki kompresor dalam bentuk persamaan:

w= laju volume langkah x1.3.4 Kebutuhan Daya

Daya yang dibutukan oleh kompresor ideal