kompetensi inti dan kompetensi dasar sd mi (asli) kurikulum 2013

Download Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Sd Mi (ASLI) Kurikulum 2013

If you can't read please download the document

Upload: non-fajar-salsabil

Post on 29-Nov-2015

655 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

kompetensi inti dna kompetensi dasar kurikulum 2013

TRANSCRIPT

diknas

KOMPETENSI DASAR

Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN2013KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas selesainya penyusunan dokumen Kompetensi Dasar untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagai salah satu perangkat kelengkapan Dokumen Kurikulum 2013. Penyusunan dokumen ini dalam rangka menindaklanjuti program-program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010-2014 dan dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014.

Selain berisi deskripsi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum. Dokumen ini juga memuat berbagai tema yang diintegrasikan dari Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran. Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum. Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.

Penghargaan dan ucapan terimakasih disampaikan kepada Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Nara Sumber, Tim Pengarah, Tim Internal Kemdikbud, Tim Inti, Tim Teknis, dan Tim Pengembang yang telah meluangkan waktu untuk menulis dan memberikan kontribusi pemikiran yang komprehensif dalam mewujudkan Dokumen Kurikulum 2013 ini. Penghargaan yang sama juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan baik secara tertulis, melalui media elektronik dan cetak, maupun secara lisan guna penyempurnaan Kurikulum 2013.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan

Prof. Dr. Khairil Anwar NotodiputroDAFTAR ISI

DAFTAR ISI4BAB I5STRUKTUR KURIKULUM SD/MI5BAB II7ORGANISASI KOMPETENSI DASAR 7DALAM MATA PELAJARAN7BAB III8KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR8BAB IV10PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF10LAMPIRAN11KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR12Lampiran 1A12PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI12SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)12KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR18PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI18SEKOLAH DASAR (SD) 18Lampiran 1B18KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR24PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI24SEKOLAH DASAR (SD)24Lampiran 1C24KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR30PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI30SEKOLAH DASAR (SD)30Lampiran 1D30KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR36PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI36SEKOLAH DASAR (SD)36Lampiran 1E36KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR42PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI42SEKOLAH DASAR (SD)42Lampiran 1F42KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR48PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)48SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) 48Lampiran 248KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR54BAHASA INDONESIA54SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)54Lampiran 354KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR60MATEMATIKA60SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)60Lampiran 460KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR66ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)66SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)66Lampiran 566KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR69ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)69SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)69Lampiran 669KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR72SENI BUDAYA dan PRAKARYA72SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)72Lampiran 772KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR78PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES)78SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)78Lampiran 878DAFTAR TEMA DAN ALOKASI WAKTUNYA84Lampiran 984Lampiran 9 DAFTAR TEMA DAN ALOKASI WAKTUNYA131BAB ISTRUKTUR KURIKULUM SD/MI

PENGERTIAN

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.

Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

STRUKTUR KURIKULUM SD/MADRASAH IBTIDAIYAH

Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:

MATA PELAJARANALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU

IIIIIIIVVVI

Kelompok A

1.Pendidikan Agama dan Budi Pekerti444444

2.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan566444

3.Bahasa Indonesia8810777

4.Matematika566666

5.Ilmu Pengetahuan Alam---333

6.Ilmu Pengetahuan Sosial---333

Kelompok B

1.Seni Budaya dan Prakarya(termasuk muatan lokal)*444666

2.Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (termasuk muatan lokal)444333

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 303234363636

= Pembelajaran Tematik Integratif

Keterangan:*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:Pramuka (Wajib)

UKS

PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

BEBAN BELAJAR

Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.

Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.BAB IIORGANISASI KOMPETENSI DASAR DALAM MATA PELAJARAN

Mata pelajaran adalah unit organisasi Kompetensi Dasar yang terkecil. Untuk kurikulum SD/MI organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan melalui pendekatan terintegrasi (integrated curriculum). Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang mengintegrasikan konten mata pelajaran IPA dan IPS di kelas I, II, dan III ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Dengan pendekatan ini maka struktur Kurikulum SD/MI menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran berkurang.

Prinsip pengintegrasian IPA dan IPS di kelas I, II, dan III di atas dapat diterapkan dalam pengintegrasian muatan lokal. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan seni, budaya dan keterampilan, serta bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Selain melalui penyederhanaan jumlah mata pelajaran, penyederhanaan dilakukan juga terhadap Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran. Penyederhanaan dilakukan dengan menghilangkan Kompetensi Dasar yang tumpang tindih dalam satu mata pelajaran dan antarmata pelajaran, serta Kompetensi Dasar yang dianggap tidak sesuai dengan usia perkembangan psikologis peserta didik.

Di kelas IV, V, dan VI nama mata pelajaran IPA dan IPS tercantum dan memiliki Kompetensi Dasar masingmasing. Untuk proses pembelajaran Kompetensi Dasar IPA dan IPS, sebagaimana Kompetensi Dasar mata pelajaran lain, diintegrasikan ke dalam berbagai tema. Oleh karena itu, proses pembelajaran semua Kompetensi Dasar dari semua mata pelajaran terintegrasi dalam berbagai tema.BAB IIIKOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Inti SD adalah sebagai berikut:KOMPETENSI INTIKELAS I DAN KELAS IIKOMPETENSI INTIKELAS III

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI INTIKELAS IVKOMPETENSI INTIKELAS V DAN VI

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar SD/MI untuk setiap mata pelajaran tercantum pada Lampiran 1A s.d. Lampiran 9 yang mencakup: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Daftar Tema dan Alokasi Waktunya.BAB IVPEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF

Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.

Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.

Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.

LAMPIRANKOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTISEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

KELAS: I

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah

Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pengayang.

Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas

Bersuci sebelum beribadah

Membaca Basmalah setiap memulai aktivitas

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci

Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Al-Ikhlas

Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas

Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Alaq ayat 1 s.d. 5

Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al Alaq ayat 1 s.d. 5

Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik

Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama

Mengenal makna doa sebelum dan sesudah belajar

Mengenal tata cara bersuci

Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan

Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam A.S

Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris A.S

Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh A.S

Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap

Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik

Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas

Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas

Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.

Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas

Menceritakan contoh perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari

Mempraktekkan tata cara bersuci

Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

KELAS: II

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Berwudhu sebelum shalat

Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam

Berdoa sebelum dan sesudah makan

Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ashr

Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu

Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq

Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu

Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat

Mengenal makna kandungan Q.S. Al Ashr

Mengenal tata cara shalat dan bacaannya

Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu

Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.

Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al Ashr dengan benar dan jelas

Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al Ashr dengan benar dan jelas

Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan

Mempraktekkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar

Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

KELAS: III

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

Berdzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.

Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.

Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah

Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.

Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahab, Al-Alim, As-Sami

Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

Mengerti makna dzikir dan doa setelah shalat

Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syuaib A.S

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)

Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar

Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar

Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar

Mencontohkan perilaku tawadlu, ihlas, dan mohon petolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah

Mempraktikkan tata cara shalat, dzikir, dan doa setelah shalat secara benar

Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syuaib A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

KELAS: IV

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.

Mengamalkan kebajikan kepada sesama manusia sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat

Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat

Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT

Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.

Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.

Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW

Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa A.S

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.

Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.

Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-Adil, Al-Adhim

Memahami makna bacaan sholat

Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.

Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.

Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.

Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa A.S

Mengetahui kisah keteladan wali-wali Allah

Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Maun dan Al-Fil dengan tartil

Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Maun dan Al-Fil dengan benar

Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Maun dan Al-Fil dengan lancar.

Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar

Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.

Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.

Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.

Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa A.S

Menceritakan kisah keteladanan wali-wali Allah

KELAS: V

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Membaca al-quran dengan tartil.

Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup

Melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

Melaksanakan shalat tarawih dan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul Nya

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah

Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin

Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan

Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain .

Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi

Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman

Mengetahui makna Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan benar

Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa a.s.

Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al Quran

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Membaca Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar

Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar

Menunjukkan hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar

Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin

Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah

KELAS: VI

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Membaca al-Quran dengan tartil.

Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman

Menyakini adanya Qadha dan Qadar

Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

Berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2

Bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2

Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir

Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar

Memiliki sikap fathonah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar

Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi

Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.

Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa

Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW

Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW

Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan jelas dan benar

Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar

Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar

Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2

Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARPENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTISEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: IKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Allah TritunggalMenerima dan mensyukuri dirinya sebagai pemberian Allah, dan menyebutkan kegunaan anggota-anggota tubuhnya dengan berbagai cara.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Nilai-nilai KristianiMenerima dan merespons kasih Allah dengan cara mengasihi teman, keluarganya, bersikap baik dan hormat pada keluarga.

Menerima dan mensyukuri hidup bersama dengan orang lain dengan cara menghargai dan mengasihi teman dan orang lain yang ada di sekitarnya.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Menerima dan mensyukuri alam ciptaan Allah melalui doa, permainan, nyanyian dan tindakan sederhana.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KELAS: IIKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Allah TritunggalMenghayati dan mensyukuri pemeliharaan Allah pada dirinya dan anggota keluarganya melalui doa, puisi, membuat gambar atau karya sederhana.

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Nilai-nilai KristianiMenyebutkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Menyebutkan cara menjaga kerukunan di lingkungan sekitar tempat tinggal dengan memberi salam pada orang yang lebih tua, bermain dengan teman di sekitar rumah dalam suasana damai dan harmonis.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menerapkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya.

Menerima dan menerapkan hidup rukun di sekolah dengan cara menjaga ketenangan dan disiplin di kelas.

KELAS: IIIKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Allah TritunggalMenerima dan memahami kehadiran Allah dalam peristiwa-peristiwa alam.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Nilai nilai KristianiMenghayati dan mensyukuri kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa sebagai pemberian Allah.

Menghargai dan mengasihi sesama manusia dalam berbagai perbedaan serta menolong orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan pertolongan.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Memahami kehadiran Allah melalui keberagaman flora, fauna dan iklim di sekitarnya, dengan cara mencari dan menemukan dari berbagai sumber.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Memelihara alam ciptaan Allah di sekitarnya dengan menyiram tanaman, membuat karangan sederhana atau puisi tentang memelihara alam.

KELAS: IVKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Allah TritunggalMemahami kemaha-kuasaan Allah dalam berbagai peristiwa kehidupan: ulang tahun, gagal, dan sukses

Memahami dan mengakui keterbatasan dirinya sebagai manusia.

Nilai-nilai KristianiMenghayati dan mensyukuri kebergantungannya pada kemahakuasaan Allah.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menghayati dan menerapkan komitmen sebagai orang yang percaya kepada kemaha-kuasaan Allah

KELAS: V

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Allah TritunggalMenjelaskan bahwa manusia berdosa telah diselamatkan oleh Yesus Kristus.

Menjelaskan peran Roh Kudus dalam proses pertobatan dengan belajar dari tokoh Alkitab.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Menerapkan hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan dengan cara menjadi teladan bagi orang lain.

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Nilai-nilai KristianiMenyebutkan ciri-ciri orang yang sudah bertobat: hidup jujur dan benar di hadapan Allah dan sesama.

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Nilai-nilai KristianiMembuat refleksi tentang pertobatan manusia melalui puisi atau doa.

KELAS: VIKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Allah TritunggalMenjelaskan dan menghayati hakekat ibadah dengan cara membiasakan diri mengikuti ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Nilai-nilai KristianiMengamalkan sikap melayani sesama sebagai ungkapan ibadah kepada Allah.

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mengevaluasi perwujudan ibadah sejati dalam sikap hidup sehari-hari melalui refleksi dan penilaian diri

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARPENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTISEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: IKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Memahami Allah sebagai pencipta yang Maha Baik

Memahami kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik dan memelihara

Memahami doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Memahami lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang

Memahami lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah

Berdoa sesuai dengan rumusan doa harian

KELAS: II

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub

Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam kisah kanak-kanak Yesus

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Mensyukuri kehadiran sanak saudara sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya

Mensyukuri kehadiran teman sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Menyatakan iman kepada Allah melalui doa

Mengenal sikap-sikap doa dan maknanya

Memperagakan sikap-sikap doa

Mengenal tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya

Menciptakan kerukunan dengan tetangga sebagai bentuk relasi kasih dengan sesame

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KELAS: III

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis

Meneladani Yesus dan karya-Nya melalui kisah percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan kisah anak yang hilang

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memahami bahwa dirinya mengalami pertumbuhan dan perkembangan dan mensyukurinya sebagai anugerah Allah

Menghargai bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk membedakan perbuatan baik dan buruk

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Mengenal makna dan tata perayaan sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah kepada manusia

Terlibat dalam kegiatan Gereja sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mengenal tokoh- tokoh,budaya, dan kebiasaan masyarakat sebagai wujud karya keselamatan Allah

Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran dirinya yang merupakan bagian dari masyarakat

KELAS : IV

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Memahami Allah yang setia pada janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup

Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai karya keselamatan Allah

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memahami kekhasan diri secara fisik sebagai anugerah Allah

Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat memperkembangkan diri

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Memahami Firman Allah yang melandasi relasi dengan orang tua

Memahami Firman Allah yang melandasi dalam relasi dengan sesame

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Memahami aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah

Berdoa secara spontan dalam doa pribadi dan doa bersama.

KELAS : V

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam kisah Daud, Salomo dan Ester.

Memahami makna karya keselamatan Allah melalui peristiwa Yesus yang sengsara, wafat dan bangkit

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.

Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling membutuhkan dan melengkapi

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa

Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat

Mewujudkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Rohkudus

KELAS : VI

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi

Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Bangga menjadi warga negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman sebagai karunia Allah

Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada.

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Memahami ciri-ciri Gereja sebagai sakramen keselamatan bagi dunia

Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja.

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat

Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARPENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTISEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: IKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Menerima ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan hidup

Menerima ajaran Subha Karma dan Asubha Karma

Membaca Mantram-mantram dalam agama Hindu

Menghafal Mantram-mantram agama Hindu

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Memiliki perilaku jujur melalui ajaran Subha Karma dan memperkecil ajaran Asubha Karma.

Memiliki perilaku jujur, santun dan bertanggungjawab melalui ajaran perilaku Tri Kaya Parisudha.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Mengamati jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi.

Mengamati perbedaan jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi dengan hasil karya manusia.

Mengamati makhluk hidup dengan benda mati.

Membaca kitab-kitab suci agama Hindu.

Mengamati perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu, kitab-kitab suci agama di Indonesia, dan buku biasa.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Melafalkan lagu keagamaan Hindu

Menceritakan kisah dan perjalanan orang suci Hindu ke Bali secara singkat

Mendengarkan lagu keagamaan Hindu

KELAS: II

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Menerima Atma sebagai sumber hidup

Menerima fungsi dan sifat Atma dalam agama Hindu

Menerima konsep Tri Murti dalam kehidupan

Menerima sakti-sakti dalam Tri Murti sebagai sumber kekuatan Dewa Tri Murti

Menghafalkan puja Tri Sandhya

Melafalkan Panca Sembah

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

Memiliki perilaku disiplin dan percaya diri untuk menghindari ajaran Tri Mala dalam kehidupan

Memiliki perilaku sesuai ajaran Catur Paramitha dalam kehidupan

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Mengamati tokoh-tokoh dalam ceritera Ramayana

Mendengarkan cerita tokoh-tokoh Ramayana yang menegakkan Dharma

Membaca sejarah lahirnya kawitan Bali Aga

Melihat ciri-ciri khusus kawitan Bali Aga

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan tokoh-tokoh yang berbuat Dharma dan yang melanggar Dharma

Menyajikan ajaran Catur Paramitha

KELAS: III

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Menerima konsep Tri Parartha dalam kehidupan

Menerima konsep Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagawadgita sebagai landasan etika moral

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki rasa tanggungjawab terhadap dampak karma baik dan karma buruk dalam kehidupan.

Memiliki rasa percaya diri dalam berkarma baik dan menghindari karma buruk.

Memiliki perilaku peduli dan santun sesuai ajaran Tri Parartha dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Mengamati tokoh-tokoh utama dalam Mahabharata

Membaca peninggalan arkelogis perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia

Mengetahui nama-nama planet dalam tata surya

Mengetahui nama-nama hari dalam kitab suci Veda

Mengamati tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan

Melihat tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan setiap bagian kisah dalam Mahabharata secara singkat

Menceritakan perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat

KELAS: IV

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima ajaran Punarbhawa sebagai bagian dari Sraddha

Menerima orang-orang suci dalam agama Hindu sebagai penuntun kebenaran

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki perilaku yang disiplin dalam menghindari ajaran Catur Pataka.

Memiliki sikap santun dalam menghargai orang suci agama Hindu

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Membaca kisah-kisah Sapta Rsi penerima wahyu Veda

Mengelompokkan wahyu Veda yang diterima oleh Sapta Rsi

Menyebutkan hari-hari suci agama Hindu.

Mengkatagorikan hari-hari suci agama Hindu

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan ciri-ciri kelahiran Sorga dan kelahiran Neraka

Menceritakan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat

Menceritakan kejayaan agama Hindu di Indonesia secara singkat

Menceritakan keruntuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat

KELAS: V

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima konsep Moksha sebagai tujuan akhir manusia

Menerima jenis-jenis Mokhsa dalam agama Hindu

Menjalankan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan

Menerima Catur Guru sebagai pembentuk etika dalam kehidupan

Menerima kitab Suci Veda sebagai sumber hukum Hindu

Menerima dan mengenal kodifikasi Veda dalam kitab suci

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki perilaku peduli, dan tanggungjawab dengan cara menerapkan ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan

Memiliki perilaku jujur, santun, dan disiplin dengan mengaplikasikan sikap bhakti kepada Catur Guru.

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Melihat tempat-tempat suci dalam agama Hindu

Mengamati ciri khusus perbedaan tempat-tempat suci agama Hindu

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan bukti peninggalan sejarah masa pertumbuhan agama Hindu Nusantara secara singkat

Menyajikan bukti peninggalan sejarah masa kejayaan agama Hindu Nusantara

KELAS: VI

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir

Menerima kitab Bhagavadgita sebagai pancama Veda

Menjalankan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan

Menerima dan mengendalikan ajaran Sad Ripu dalam kehidupan sehari-hari

Membaca isi pokok kitab suci Bhagavadgita

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki perilaku peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman melalui korelasinya Tattwamasi dengan Itihasa

Memiliki rasa tanggungjawab terhadap akibat dari prilaku Sad Ripu dalam cerita Itihasa

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Mengamati hubungan Tri Rna dengan Panca Yadnya dalam kehidupan

Melihat korelasi bagian-bagian Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mendemontrasikan sloka-sloka Bhagavadgita

Mempraktikkan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan

Menceritakan korelasi bagian-bagian panca Sraddha melalui Itihasa secara singkat

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARPENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTISEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: IKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari

Menerima keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

Memiliki sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain

Menumbuhkan sifat-sifat ketuhanan dan cara Buddha menyelamatkan makhluk hidup

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha

Mengenali simbol-simbol agama Buddha

Mengetahui silsilah Pangeran Siddharta

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan peristiwa mimpi Ratu Mahamaya dan kelahiran Pangeran Siddharta

Menceritakan peristiwa upacara pemberian nama Pangeran Siddharta

KELAS: II

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Menerima kisah tentang kebijaksanaan

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

Mengembangkan sifat malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan

Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Menceritakan peristiwa membajak sawah

Membedakan perbuatan baik dan buruk

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menerapkan kisah tentang kejujuran

Melaksanakan macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat

Meneladan kisah tentang persahabatan

Menerapkan kisah tentang kasih sayang

Menerapkan sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak

KELAS: III

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Mengamalkan hari-hari raya agama Buddha

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Meneladan tokoh yang berkisahkan pengorbanan

Menghayati Pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Menguraikan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis

Menjelaskan lima pengorbanan Boddhisattva

Menguraikan manfaat merayakan hari-hari raya agama Buddha.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah

Menceritakan semangat belajar Pangeran Siddharta

Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap orangtua

Melaksanakan kewajiban dan tenggung jawab peserta didik terhadap guru

KELAS: IV

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Membiasakan diri untuk selalu melakukan puja bakti setiap hari

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki Dharma yang membuat seseorang menjadi lemah lembut dan baik hati

Menunjukkan pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih kepada orang yang telah memberikan pertolongan

Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Menjelaskan makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti

Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia

Mengidentifikasi candi-candi yang digunakan dalam upacara Waisak dan upaya pelestariannya

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mengungkapkan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta

Menceritakan empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta

Menceritakan peristiwa Pelepasan Agung Pangeran Siddharta

KELAS: V

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha

Menerima konsep Hukum Karma dan Kelahiran Kembali

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian sosial

Menunjukkan sikap yang tepat saat merawat dan mendoakan orang sakit

Menunjukkan cara melatih diri untuk menjaga pikiran ketika sedang sakit

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Menjelaskan hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan masa Petapa Gotama berguru

Menyajikan cerita peristiwa Petapa Gotama menyiksa diri

Menceritakan peristiwa Petapa Gotama digoda oleh mara dan sepuluh bala tentaranya

Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai ajaran Buddha

KELAS: VI

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima konsep meditasi dalam kegiatan sehari-hari

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Menunjukkan perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi

Menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil pelaksanaan meditasi pernafasan dan cinta kasih

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Mendeskripsikan tujuan akhir umat Buddha

Membedakan surga dengan tujuan akhir

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah Rumah Terbakar

Memaparkan kisah perumpamaan tentang Orang yang Luka Terkena Panah Beracun

Menceritakan kisah perumpamaan tentang Kembalinya Anak yang Hilang

Menguraikan lima mimpi Petapa Gotama dan perjumpaannya dengan Sujata

Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna

Melakukan latihan meditasi pernafasan dan cinta kasih dengan benar

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARPENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTISEKOLAH DASAR (SD)KELAS: IKOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Meyakini bahwa orang tua adalah wali Tian bagi anaknya

Meyakini tanda-tanda gaib ( Gan Sheng) menjelang kelahiran Nabi Kongzi

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Mencontoh teladan Nabi Kongzi semasa kecil (rajin belajar, sikap hormat kepada Tian)

Membiasakan berdoa pagi-sore, sebelum makan dan menjelang tidur

Menghormati orang tua sebagai wujud hormat kepada Tian

Membiasakan bersyukur dan berterima kasih terhadap pemberian yang diterima.

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Menyebutkan istilah sebutan Tian dalam agama Khonghucu

Menunjukkan ciptaan-ciptaan Tian

Menceritakan keluarga Kong Shu Lianghe sebelum kelahiran Nabi Kongzi dan kekhusyukan ibu Yan Zhengzai dalam bersembahyang kehadirat Tian

Menyebutkan orang tua dan saudara Nabi Kongzi

Menceritakan kebiasaan Nabi Kongzi semasa kecil

Menjelaskan makna sikap Delapan Kebajikan (bade)

Menyebutkan makna sembahyang dan doa

Menyebutkan sembahyang dan berdoa kepadaTuhan, Nabi, dan leluhur

Mengemukakan nilai- nilai penghormatan terhadap Tuhan,Nabi Kongzi, dan leluhur yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan

Memahami bahwa manusia diciptakan Tian melalui kedua orang tua

Menjelaskan manfaat segala ciptaan Tuhan bagi kehidupan manusia.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran Tuhan, Nabi Kongzi dan kebajikan

Mempraktikkan sikap Delapan Kebajikan ( bade) di lingkungan rumah dan sekolah.

Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran kepada Tuhan, Nabi Kongzi, dan leluhur.

KELAS: II

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Meyakini sikap mau mengalah adalah benih karunia Tian dalam diri manusia yang harus dikembangkan dalam kehidupan ini

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Bertutur kata santun dan jujur kepada saudara

Menunjukkan sikap hormat kepada guru

Menunjukkan sikap peduli dan menolong kepada teman

Menunjukkan sikap mau mengalah dan membantu kepada saudara dan orang yang lebih tua

Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Meneladani sikap bakti, suka mengalah & menolong dari tokoh Rujiao

Memahami makna keluarga inti, tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga

Menceritakan jasa-jasa orang tua dalam memberikan perawatan dan bimbingan

Memahami hubungan persaudaraan dengan keluarga besar ayah dan ibu

Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan

Mengetahui fungsi dan macam-macam dupa (xiang)

Menjelaskan cara menggunakan dupa (xiang) sesuai dengan keperluannya

Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar terdapat dalam lagu yang dinyanyikan

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar

Melafalkan ayat-ayat suci dari kitab Si Shu

Melakukan/mempraktekkan hormat dengan Bai (merangkap tangan) sesuai dengan tingkatan dan keperluaannya

Melakukan /mempraktekkan hormat dengan membungkukkan badan (Ju Gong)

Melakukan /mempraktek-kan hormat dengan berlutut (Gui)

Mendemonstrasikan sembahyang dengan menggunakan dupa (Xiang)

KELAS: III

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Meyakini delapan keimanan sebagai landasan keimanan umat Khonghucu

Menyakini tanda-tanda khusus (gaib) menjelang wafat Nabi Kongzi

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Meneladani perilaku luhur Nabi Kongzi dalam kesehariannya

Meneladani kesukaan dan ketidaksukaan Nabi Kongzi

Meneladani perilaku luhur murid-murid Nabi Kongzi

Menunjukkan sikap menghargai waktu

Menunjukkan sikap lembut dan penuh perhitungan

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Menyebutkan poin-poin delapan keimanan

Menyebutkan perlengkapan yang ada pada altar di Litang/Miao

Mengidentifikasikan peralatan (piranti) yang ada pada altar.

Menyebutkan fungsi dari setiap peralatan (Piranti) yang ada pada altar

Mengemukakan nilai-nilai keteladanan Nabi Kongzi yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.

Menceritakan murid-murid utama Nabi Kongzi (Yan Hui , Zi Lu , Zi Gong, Zheng Zi)

Menceritakan masa kecil kehidupan Mengzi

Menyebutkan prinsip- prinsip moral yang ditegakkan kembali oleh Mengzi tentang Watak Sejati manusia

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Melafalkan poin-poin delapan pengakuan iman sesuai bahasa kitab.

Menyusun peralatan dan perlengkapan sembahyang di altar.

Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan kelahiran Nabi Kongzi, dan pedoman hidup

KELAS: IV

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Meyakini Wahyu Tian yang diterima oleh para nabi dan raja suci

Meyakini bahwa nabi Kongzi adalah utusan Tian (Genta Rohani Tian )

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Menunjukkan perilaku sesuai dengan Delapan Kebajikan (Ba De)

Menunjukkan semangat intropekasi dan memperbaiki diri

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Mengenal Raja Suci Tang Yao

Mengenal Raja Suci Yu Shun.

Mengemukakan teladan Raja Suci Tang Yao dan Raja Suci Yu Shun

Menceritakan alasan Nabi Kongzi meninggalkan negeri Lu

Menjelaskan tujuan pengembaraan Nabi Kongzi

Mengetahui bentuk-bentuk visual kitab suci yang mendasari (Wu Jing)

Menyebutkan bagian dari kitab suci yang mendasari (Wu Jing)

Menjelaskan makna sikap Ba De

Mengemukakan nilai-nilai pedoman/tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.

Menceritakan kisah nabi purba dan raja suci penerima Wahyu Tian dan karya-karya yang ditemukan-Nya

Mengemukakan nilai-nilai pedoman/ tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.

Menjelaskan penting sikap dapat dipercaya dalam hidup

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup

Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup

KELAS: V

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1 Meyakini bahwa sembahyang adalah pokok dari agama

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

Menunjukkan sikap mencintai sesama

Menunjukkan pribadi yang luhur

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Menceritakan kisah kebijaksanaan ibu Mengzi

Menceritakan kisah kebijaksanaan ibu Ouyang Xiu

Menceritakan kebijaksanaan ibu Yue Fei

Menjelaskan nilai nilai peringatan hari raya persembahyangan kepada Tian dan leluhur

Mengenal Dong Zhong Shu

Mengemukakan nilai nilai sumbangsih pikiran Dong Zhong Shu

Mengenal Zhu Xi tokoh besar Neo Confucianisme

Mengemukakan nilai-nilai sumbangsih pikiran Zhu Xi.

Menjelaskan tentang hari raya/ sembahyang Qing Ming.

Menjelaskan tentang hari persaudaraan

Menjelaskan tentang hari raya Xin Chun (tahun baru Khongzi-li)

Menjelaskan tentang sembahyang Jing Tian Gong

Menjelaskan tentang sembahyang Duan Yang

Menjelaskan tentang sembahyang Dong Zhi

Menjelaskan tentang sembahyang Zhong Qiu

Menjelaskan nilai-nilai persembahyangan kepada Tian dan Leluhur

Menjelaskan Nenek Moyang Nabi Kongzi dan keturunannya

Menjelaskan urutan pelaksanaan kebaktian di Litang/Kelenteng/Miao

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan hari raya/sembahyang kepada Tuhan dan Leluhur

KELAS: VI

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Meyakini sifat-sifat Tian yang Yuan, Heng, Li, Zhen

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Menunjukkan semangat belajar dalam keseharian

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Menjelaskan konsep Tiga Dasar Kenyataan (Sancai)

Menjelaskan hubungan/keterkaitan Tian, Di, Ren

Memahami Ren, Yi, Li, Zhi, sebagai perwujudan sifat Tian dalam diri manusia

Mengungkapkan nilai nilai yang berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/ tuntunan hidup

Menjelaskan ajaran empat pantangan (Si Wu)

Menjelaskan ajaran lima mutiara kebajikan (Wu Chang)

Menjelaskan ajaran Lima Hubungan Kemasyarakatan (Wu Lun)

Menyebutkan ayat-ayat suci tentang belajar

Menjelaskan pentingnya mengamalkan ilmu yang dipelajari

Menjelaskan sejarah lahirnya organisasi/ kelembagaan Khonghucu di Indonesia

Menjelaskan sejarah dan perkembangan organisasi MATAKIN di Indonesia

Menjelaskan peran dan fungsi Dewan Rohaniwan MATAKIN

Menjelaskan tugas dan kewajiban seorang rohaniwan

Mengungkapkan nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam lagu MATAKIN yang dinyanyikan

Menjelaskan arti iman berdasarkan karakter huruf

Menyebutkan pengakuan iman yang pokok umat Khonghucu (Cheng Xin Zhi Zhi)

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/tuntunan hidup

Menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan berkaitan nilai dan Organisasi MATAKIN

Menyusun perlengkapan (piranti) pada altar kebaktian di Litang/Miao

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARPENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

KELAS: I

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila

Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.

Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila

Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

KELAS: II

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru

Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila

Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.

Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah

Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila

Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah

Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah

Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah

KELAS: III

KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga dan guru

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasi