kliping berita tanggal 9 febuari 2015

36

Click here to load reader

Upload: humas

Post on 07-Apr-2016

241 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KTIPINGilMDIABAOIN III[{A$ $[IDA PIIIBAIil{OGA

$UANA MERD

SENIN, 9 FEBRUARI 2015

Dipermudah MendaftarKALfGONDANG - Calon bupati(cabup)independen yang bakal mengikuti Pemilihan

Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga, tak harusbersusah payah mendapatkan dukungan,untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati(bacabup)ke Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Purbalingga.

Mereka hanya disyaratkanmenyerahkan dukungan wargahanya lima persen dari jumlahpersyaratan dukungan dalampengaj uan calon perseorangan.

"Perseorangan dapatmendaft.arkan diri, sebagai bakalcabup dengan persyaratan palingsedikit lima persen dari jumlahpersyaratan dukuntan dalampengajuan calon perseoranganatau sebanyak 1.859 dukungandari seluruh penduduk Purba,lingga," jelas Komisioner KPUPurbalingga Divisi Kampanye,Pengawasan, Hukum, danPencalonan, Sukfiedi kemarin.

Selain diberi kemudahantersebut, KPU juga tidak akanmelakukan verifikasi faktual,terhadap dukungan yang diser:takan calon independen dalampendaftaranbacabup.

Selain itu, juga tidak adasyarat sebaran dukungan, dalamberkas -pendaftaran. Buktidukungan bisa berasal dari satuwiiayah.

"Dokumen dukungan tidakharus diserahkan pada saatmendaftar. Sebab, KPU ntem-berikan waktu penyerahan doku-men dukungan, paling lambatpada masa penyerahan per-baikan persyaratan bakal calon,"katariya.

Selain diberi kemudahandalam mendaftar bakal calonbupati, saat mendaftar sebagaicalon bupati (cabup), calon inde-penden pun diberikan kemuda-han.

Sebab. hanya dibutuhkanpaling sedikit memenuhi syaratdukungan sebanyak 35.500ofirng.

Jumlah dukungan tersebutharus tersebar di tujuh atau lebitikecamatan yang ada diKabupaten Purbalingga. t:

"Calon perseorangan yangmendaftarkan diri, menyerahkafidokumen dukungan denganmelengkapi dokumen dukun-gan, yang telah diserahkan padasaat pendaftaran bakal calon,?'imbuhnya.

Dia menambahkan, doku-men dukungan yang diserahkandalam bentuk ft.a rdipy dan soficopy, dan dibuat untuk tigirprhak.

iDengan ketentuan, dafta$r

asli dukungan calon perseorar{-gan diserahkan kepada KPt|Kabupaten, satu daftar asfidukungan calon perseorangandan fotokopi KTP pendukungatau surat keterangan tanda pen-duduk disampaikan kepada PPgoleh calon melalui KPU Kabu-paten. serta fotokopi dafrardukungan calon perseoranganuntuk arsip calon yang ber:sangkutan.

,

Seperti diketahui, saat ini adadua namayang sanl.erakan majumencalonkan diri sebagai caloiibupati secara mandiri. Masing-masing adalah pengacara Suigeng dan pengacara BachtialPrihono. (1182-63)

BAGIAN HUMAS SETDA KABLIPATEN PURBALINGGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAil III]MA$ $flIDA PUNBAIil{GGA

SUARA MERDEKA

SENIN, 9 FEBRUARI 2015

SejumlahPeja,batPolres Purbalingga

pUngALtr,lGGA, - Se.lumlan pe.iaUat Ai jabatan sama diganti Kompol Mugiman yang

, sebelumnya menjadi Kabagren PolresBanyumas. Kasat Binmas AKP Trasmaka,dipindah ke BNNK Cilacap, digantiAKPPurwokoyang sebelumnya menjabat KasatSabhara Polres Banjamegara.BenhrkPenghargaan

Kapolres Purbalingga AKBP AnomSetyadji, dalam sambutannya mengucapkanterima kasih kepada para perwira lama yangtelah mengaMikan diri selama ini di PolresPurbalingga.

"Kepada pejabat yang baru, saya ucapkanselamat datang dan selamat bertugas dilingkungan Polrcs Rrbalingg4l' kataAnom.

Memrrutny4 mutasijabatan di lingkungan

lingkungan Polres Purbalingga dimutasi.Serah terimajabatan digelar, Sabfi (712) hala-man Polres Purtalingga.

Adapun pejabat yang dipindah, yaiu WakaPoires Kompol Mulyadi digeser ke PoldaJateng menjadi Itunit I SuMit 3 DitinretkanLdiganti oleh Kompol Hendri Yulianto yangsebelumnya menjabat Kapolsek SemarangTengah. Kemudian Kabagren Komisaris IkeYulianty, dimutasi ke Polrcs Banyumas denganjabatan yang sam4 diganti AKP Siti Khayatiyang sebelumnya menjabat Kasubagrrs BagSumdaPohesBanyumas.

Kemudian Kabag Sumda KompolJemino, digeser ke Polres Tegal dengan

Polri, menrpakan bentrk penghargffm organ-

isasi serla promosi jabatan kepada personelyang telah menjalankan tugas dengan baik.Mutasi juga merupakan kebijakan pimpinanyang harus dilaksanakan dengan penuh dsatanggungjawab.

"Mari kita pertahankan denganmeningkatkan dedikasi dan prestasi kerja,serta selalu menjaga semangat kebersanuum.

Disamping itu tingkatkan hubungan kemi-traan dengan instansi lain serta seluruhkompo-nen masyarakat, agar masyarakat turut serta

secara akif dalam menjaga dan memeliharakeamanan di kabupaten Purbalingga jugawilayah hukum Polres Purtalingg4" kata diakepada jaj aranny a. Q182-63)

"at/----.--.

\i

BAGI,A-N }ILT},,{AS SETDA I'ABUPATEN PURBALINGGA

Page 3: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

z1 -ir"-

E\iisF "T3

s}J

\)a.

^s

q.s$F

4

$.=

. Ei'i=)!

.Uq)

0-FAvSooO^

.NS 4.,'tr, \5Ai!SoiO -\-$Ya<s.. -Bqr 14

ssi> oo

irSFrSqCssFr{ sESial e7j<

!re

u'&

1I$:iltr:;"=m*;

Y-ff1:.:

i*di

::*"1

t' __

't4

:.:33:l

=

Page 4: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPNGMENM.=,-.=- .=i:;i Hffin fll}tBilN00A

SUAHA MERIEKA sENtN, e FEBRUART 2015

Himmatussa lam Beri SantunanKEMANGKON - YaYasan

Himmatussalam di Desa Senon,Kecamatan Kemangkon, memberisantunan kepada sejumlah Pihak,Minggu (8/2). Santunan diserahkandi Masjid Al lkhlas, Senon.

Santunan diberikan kePada 4.3

anak SD-SMA dari keluarga tidakmampu di Desa Kedungori, Bokol,

Senon dan Pelumutan. Santunanitu untuk membeli keperluan seko-lah.

Yayasan itu luga memberikanbantuan kepada Panti AsuhanMuhammadiyah Nurussalam,Pelumutan dan pengurus Masjid Allkhlas, Senon.

"Kami berharap santuan ini

bisa membantu anak-anak, untuk

melengkapi kebutuhan sekolah.Tidak boleh untuk membeli Yangtidak perlu, misalnya Pulsa,' kataKetua Yayasan SubandiYo.

Dia menambahkan, santunankepada anak-anak, bertujuanmemperlancar Proses Pendidikananak. Karenanya dia berPesankepada anak untuk lebih giat bela-jx.

Sementara itu kePada PantiAsuhan Nurussalam, Yayasanmemberi sebuah komPor gas dan

kulkas. Yayasan juga memberi ban-

tuan untuk membeli teratak."Kami berharap kalau sudah

ada tratak, bisa disewakan untukumum. Sehingga bisa menjadipemasukan untuk oPerasional

panti asuhan. Kami berharaP, ke

Menurut SubandiYo, YaYasan

Himatussalam yang berdiri tahuP

lalu itu, sudah 6erbadan hukum'Yayasan itu bergerak di bidangkeagamaan dan sosial kema-syarakatan.

Sementara dalam tausiYahnYa,

lmam Soderi, mengingatkan umat

untuk menyayangi yatim Piatu dan

fakir miskin. Hal itu sesuai firmanAllah dalam Alquran surat Al Ma'un.

"Dalam hadits Nabi juga dise-

bLrtkan, berilah makan kepada fakir

miskin dan yatim Piatu. Sertasebarkan keselamatan mal.<a kami

akan masuk surga dengan sela-mat,' ujarnya.(Fl 0-63)

l''SM/AiefNoegrc

SERAHKANSANrUNAN : Ketua Yayasan Himmatussalam Subandiyo menyerahkan san-

tunan kepadaanak-anakdiMasiid Allkhlas, Senon, Minggu (8/2). (63)

I}:\GI.{.N HtllvIAS S}i'I'DA K,\IIUPATEN PURBr\LINtiCiA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]I\{A$ $[TDA PIJABAIil{OOA

o Senin Wage 9 Februari 2015

Iabatan KadesditgDesaKosong

Radar BanYrmas

PURBALINGGA - Jumlahkekosongan kepala desa(kades) di Kabupaten Pur-balingga terus bertambah.Sete:ah tahun lalu dipas-tikan ada l6 jabatan kepaladesa yang kosong, tahun inijumlahnya bertambah tigadesa. Sehingga, tahun iniada 19 desa yang menga-lami kekosongan jabatankades.

Hal itu diungkapkan olehKepala Bagian Tata Peme-rintahan Setda Purbaling-ga Imam l{adi, akhirpekanlalu. "Pada akhir 2014 ter-dapat 16 kepala dbsa yangmasa ;'abatannya sudahhabis. Memasuki bulanMaret mendatang, ada tigakepaia desa yang memasukiakhir jabatan," ujarnya.

Dia menambahkan, tam-bahan tiga desa yang bakaimengalami kekosongan ja-batan kepala desa, yakni diDesa Babakan KecamatanKalimanah, Desa GemuruhKecamatan Padamara danDesa Karangjambu Keca-matan Karangjambu. "Se-hingga total kekosonganjabatan kepala desa di Pur-balingga ada 19 desai'im-buhnya.Nlengatasi kekosongan

jabatan kepala desa di 19desa itu, Pemerintah Ka-bupaten (Pemkab) Pur-balingga, telah mengisij abatan kepala desa denganpejabat (Pj) kepala desa. "PjKepala desa di 16 desayangkosong jabatan kepala de-sanya, sudah bertugas sejakMaret tahun ialu. Sedang-kan tiga desa yang akan

kosong jabatan kepala de-sanya pada Maret men-datang, akan diisi setelahkepala desa definitif resmimasuk ke akhir masa ja-batani' jelasnya.

Dijelaskan olehnya, ja-batan Pj kepala desa hanyaberlaku selama enam bulan.Namun, jika hingga masajabatan PI habis, belumterpilih kepala desa de-finitif maka jabatann yaakan diperpanjang "Pjmempunyai kebijakan sa-'ma dengan kepala dt,sadefinitif. Akan tetapi dalamkebijakan strategis sepertipeng8unaan uang atau penjaualan tanah desa tidakmemiliki hak untuk me-mutuskan," tambahnya.Terkait rencana pemi-

iihan kepala desa (Pilkades)serentak di 19 desa ter-sebut. Pihaknya masih me-nunggu petunjuk serta pe-laksanaan (juknis) yangada dalam permendagrimaupun Undang-Uidang."Saat ini, Bagian Tata Pe-rnerintahan, sudah mem-buat sajian terkait peratu-ran tersebut kepada bu-pati," terangnya.Menurut Imam, dalam

Permendagri diamanatkanpilkades dianggarkan me-lalui APBD. Sehingga ma-sih melakukan komunikasiintensif dengan komisi IDPRD Purbaiingga terkaitjuknis tersebut. "Masya-rakat diharapkan sabarsena menvikapinva den ganbijak karena saat ini masihdalam masa transisi," ujar-nya. (tyalbdg)

B.A.GIAN HUI"IAS SETDA KATIUPATEN PLTRBALINGGA

Page 6: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIU[{A$ $[IDA PURBAIINOOA

Radar BarrWmas o Senin wage'9 Februari 2015

Kantor Desa Tak Layak,

Pelayanan Kurang Maksimal

KARANGMONCOL.Kantor pbmerintah Desa Tun-jungmuli saat ini dalamkondisi tidak layak, Selainmerupakan bangunan Ia-ma, minimnya ruanganmembuat sebagian lem-baga desa tidakmemilikiruang khusus. Masyarakatberharap, kantor desa ter-sebut segera direnovasi.Kepala Desa Tunjung-

muli Joko Pranoto me-ngatakan, kondisi kantorDesa Tunjungmuli saat inibelum bisa mengakomodir

kepentingan masyarakat.Akibatnya pelayanan ma-syarakat kurang maksimaidilakukan.

Joko menambahkan, kondisi kantor Desa Tunjung-muli terbilang kritis. Pa-salnya, kondisi tembokbangunan nampak sudahtua dan tulang atap sudahmulai lapuk. Dikhawa-tirkan, bangunan kantordesa bisa roboh bila tidaksegera direnovasi.Selain bangunan yang

sudah tua, tata ruangjuga

kantor juga dinilai tidaktepat. Akibat terbatasnyaruanSan, berapa lembagadesa seperti BPD, LPMD,PKK, dan LINMAS tidakmendapatkan ruangan."Tentu hal ini menggang-gu kinerja lembaga desa,dan semangat lembagatersebut," katanya.

Sebagai desa terluas danpaling banyak penduduk-nya, kantor desa belummampu mengakomodirkegiatan-kegiatan masya-rakat. Saat ini kantor desa

hanya bisa digunakan un-tuk kegiatan-kegi tan yangbersifat kecil dan tidakmelibatkan masyarakatbanyak.

"Kantor desa belum bisamenjadi bale rakyat danpusat kegiatan masyarakatkarena sempiti' tambahnya.

]oko menjelaskan, penga-juan perbaikan kantor desasudah berapa kali dilakukan.Namun hingga saat inibelum ada kejelasan. Pa-sainya, alokasi renovasikantor desa mem butuhkan

dana yang tidak sedikit.Masyarakat berhap, kan-

tor desa bisa segera di-renovasi sehingga, desamemiliki kantor desa yangrepresentatif dan dapatmengakomidir kepenti-ngan masyarakat Desa Tunjungmuli. "Kantor desa itusimbol bagi masyarakatdan bisa medorong se-mangat masyarakat baikuntuk gotong royong maupun swadaya membangundesa," pangkasya.(jok/bds)

BAGIAN HTIMAS SETDA KABUPATEN PLTRBALINGGA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGIIMDIABAOIN III]I|{A$ $[MA PURBAIilOOA

Radar Banyumas o senin wage 9 Februari 2015

SELAMAT HARI PERS NASIONAL9 FEBRUARI 2015

SEMIIOA SEI'IANTIASA MEI{EIIAKKAN KEBENARAN

DAI{

MEI{JAI)I PILAB IIEilIOKRASI BANGSA

mmm umKLmmM,

DTS H SUKENTO H TASdi SH MM

BAGIAN HUMAS SETDA KABLTPATEN PURBALINGGA

Page 8: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KTIPINGIUEDIA

BAOIAN III]IIA$ $I[DA PIJIBAIilOOA

Radar Banyumas o Senin wage 9 Februari 2015

Batas Usia Bacabup

Bakal DiubahPURBALINGGA - Batas

usia termuda, untuk majusebagai Bakal calon BuPati(Bacabup) daiam Pemi-iihan Kepala Daerah (Pil-kada) Purbalingga, bakalditambah. Dalam draftpencalonan Pilkada Yangida tertulis berusia Palingrendah 25 tahun untukBacabup.

Namun, berdasarkan in-formasi yang diterima olehKomisi Pemilihan Umum(KPU) I(abupaten Purba-Iingga, kemungkinan adaoerubahan. Dalam revisii-lu Pitt udu yang bakal di-bahas 1B Februari men-datang, usia paling rendahBacabup bakal diganti men

iadi 30 tahun.Hal itu disamPaikan oieh

Anggota KPU PurbalinggaDivisi Hukum dan Penca-Ionan Sukhedi SAg, saatpertemuan dengan Partaipolitik (parpol) di KantorkPu Purbaiingga, Pekan'lalu. "Informasi Yang saYa

dengar seperti itu. Namun,untuk kel elasannya masihmenunggu hasil sidang Pa-ripurna revisi UU Pilkada,ving akan digelar lB Fe-6ruiri mendatang," ujar-nya.

Dia menjelaskan, kemung-kinan besar akan banYakrevisi yang akan diiakukandalam rapat PariPurna DPRRl mendatang. * ke hal 10

Minimal 30 Tahunr BTIA$ USh sawai BUMN atau BUMD,

irg" *"t gut durkan diri dariia6atan seiak mendaftarkan'diri sebafai Bakal Calon'Selain itu, bagi PNS, TNIatau Poilri Yang bakal majudalam Pilkada, juga harusbersedia mengundurkandiri sejak mendaftarkan dirisebagai bakal calon.

"Ini berbeda dengan Per-'aturan sebelumnYa. Di-mana, PNS, TNI atau PunPolri tidak harus mengun-durkan diri untuk majudalam Pilkada," tambahnYa'

Sementara itu, untuk Pen-daftaran BacabuP, hingga saat

ini KPLJ Prubalingga mengaku

masih belum bisa memas-tikan jadwalnla. Mes ki, sudah

ada kespakatan PenYeleng-traraan Pilkada kemungkinan6esar akan diundur Februari2016. "kami masih menungguaturan dari tGU RIj'tegasnYa'(tyalbds)

Sambungan dari hal 7

"Sudah banYak sinYal-si-nyal yang diungkaPkan olehanedotf DPR Yang akan

-"*,ibuhut ."visi UU Pilkad a

tersebut. Jadi kita tunggu saja

hasilnya. Sementara ini,kami belum bisa berbicarabanya\ karena masih belumielas," lanjutnYa.

Sementara itu, terkait sYa-

rat lainnYa, Sukhedi men-ielaskan, iika add anggotaoenyelenggara Pilkada, baikauri fPU maupun PanitiaPengawas, Yang bakal majusebigai BacabuP. Maka,harus berhenti sebagai ang-sota seiak mendaft arkan diriIeuagii Bakal calon. "ltukalau ada Yang mencalon-kan," katanYa.

Dia menambahkan, Pe-

BAGIAIi IILIMAS SETDA KABUPATEN PLTRBALINC,GA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]II{A$ SIIDA PIIIBAIil'IOOA

Radar Banyumas o Senin wage 9 Februari 2015

Tiga Ketua

Parpol

Ramai- ramai

Mafu PilbupPURBALINGGA- Pemi-

lukada bupati dan wakilbupati Purbalingga tahunini bakal semakin hangat.Meski iadwal dari KomisiPemiiiihan Umum (KPU)Purbalingga belum Pasti,bursa pencalonan buPatimaupun wakil buPati se-makin ramai. Kali ini tigaketua palpol tercatat majusebagai bakal calon buPati,masing- masing Imam Poe-rseto (Partai Gerindra),Slamet Wahidin (PKB) danHaryanto (Partai Hanura).

Selain ketiga bakal calonitu, Wakil Ketua DPRD Pur-

balingga yang juga fung-sionaris Partai GerindraPurbalingga, Adi Yuwonolu ga tercatat mendaft arkandiri sebagai bakal calonbupati. Para bakal calon ituresmi mengambil formulirdi DPC Partai GerindraPurbalingga, Sabtu (7/2)kemarin.

Slamet Wahidin mengaku,sudah saatnya ia benar- benarmuncul dan bertarung daiamajang pemilukada BuPati'Purbalingga sudah saatnYadidobrak dari keterPurukan,mulai dari jajaran eksekutifmaupunlegislatif. *} ke ha'

'0wffis.&i

6WLw

AMBIL FORMULIR: Ketua Partai Gerindramengambil formulir pendaftaran, kemarin'

CAHYC/RAOARMAS

lmam Poerseto

tsAGiAN HU\4AS SETD.\ KABL;PATEN PLr RR-{LINGGA

Page 10: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

Slametr Purbalingga Masih Sakitr Tiga fetua

Sambungan dari hal 7

"Saya tidak main- main.Sebagai ketua partai siapmaju. Saya merasa Purba-lingga masih sakit," tegas-nya.

Imam Poerseto mengakusecara politis ia meme-nuhi untuk maju sebagaibakal calon bupati.

Termasuk rekan sepa.rtailainnya yang tetap terbukauntuk mendaftarkan diri.Terkait mekanisme pen-jaringan dan mendapatrestu DPP Partai Gerin-dra, akan dibahas di ta-hapan selanjutnya."Kami membuka pen-

jaringan sejak 7-20 Fe-bruari" Meski kami koalisidengan PKB dan Gerindra,namun tetap terbuka un-

--_ --- 11

tuk partai lainnya sebagaipendukung," ujarnya.

Sementara itu secaranormatif Ketua Partai Ha-nura Purbalingga Har-yanto mengatakan, ia mencaionkan diri sebagai bu-pati dan telah mengambilformulir Sabtu (7/2) ke-marin. Ia merasa terpang-gil dengan segen'ap ke-mampuan untuk maju se-bagai calon bupati.

"Sebagai partai koalisi,kami siap mendukung si-apapun yang diusung ko-alisi kami. Mekanisme si-apa yang diajukan ke DPRakan dibahas kemudian,"tuturnya.Adi Yuwono juga me-

ngungkapkan sebagai ka-der partai Gerindra, iasiap maju sebagai bakalcalon bupati. Hai itu di-buktikan dengan diam-bilnya formulir pendaf-

taran di DPC Gerindrapada hari pertama ke-marin (7 /2).Seperti diberitakan, Par-

tai Gerindra, PKB danPartai Hanura akhirnyasepakat berkoalisi untukmengusung caion bupatidan wakii di pemilukadatahun 2015 ini, |umat (6/2) di Gedung DekopindaPurbalingga. Mereka me-namakan diri koalisi un-tuk perubahan dan lang-sung membuka panjari-ngan bakal calon pada hariyang sama.

Koalisi itu dikoordinatorioleh Ketua DPC PartaiGerindra Purbalingga, I-mam Poerseto. Naskah kesepakatan koaiisi ditan-datangani oieh Ketua DPCPKB Slamet Wahidin, Ke-tua Gerindra Imam Poer-seto dan Ketua DPC HanuraHaryanto. (amr/bdg)

-JURBAIIIIGGA TKSPRES

Hujan, Harga Nanas Siwarak Stabil

KARANGREIA-Petani nanas di Desa Siwaral patut berlega

naujaat.*uh hrrlutt tinggi, harga nanas cenderung lebih

riuLir. uur mi uerbeda deng-inhargi sayr mayuryanganjlok- X"prf" Desa Siwarak Suratrnan SAg mengatakan, karena

harfa nanas masih stabil para petani juga semangat

melakukan perawatan'dan penanaman nanas'

Saat ini harga nanas kualiias super dihargai Rp 5 ribu per

biii, sedangkin kualitas biasa dihargai Rp 3 ribu per bijinya';ii;;;;"y; stabil, bahkan semangat masyarakat untuk

-".ri.rrt r,rnas juga bertambahi' katanya'--i*ut ru" -..rr,.ibul,ku.t, stabilnya harga nanas tersebut

dikarenakan petani iuga sudah tiekerja sama dengan toko-

toko modem.behingga, saat musim hujan harga tidakturun'

Meskipun harga iinas stabil, Suratrnan menceritakan'

U".tu*6unt yap"etani akan berdampakpada bertambahnya

;,rrr,tuf, po".,,t nanas. Melimpahnya nanas harus diantisipasi

asar harsa tetaP stabil.-'S;;;";" menjelaskan, melimpahnya pasokan nanas ke

a"[u""yu akan diimbangi dengan makanan.o]ahan dari

nanas. Sehingga, saat panen raya kesetabilan harga nanas

bisa tetap. "O.-e*ngan dibuat makanan olahan, harganya juga

akan lebih bai( imbuhnya.(loVUagl

Page 11: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGIIMDIABAOIAN II[IINA$ $EI'DA PUIBAIilIOOA

_Radar Banyumas o senin wage g Februari2015

Dindik Iftitik Studi Tour

ke Luar KotaTerkait Penlusunan

Karya Tulis

PURBALINGGA- Seko-lah dihimbau tidak me-maksakan siswanya me-ngikuti studi tour ke luarkota hanya demi menyu-sun karya lulis tahunan.Pasalnya, tak semua kon-disi ekonomi orang tuasiswa sama dan mampuuntuk membiayai studitour itu.

Hal itu dikatakan KepalaDinas Pendidikan (Din-dik) Purbalingga Tri Gu-nawan Setiadi, Sabtu (7/

2) kemarin. |ikd tetap melaksanakan dan mengikutistudi tour lrrar kota, se-kolah harus memiliki ke-bijakan seperti subsidisiiang untuk orangtua ya-ng tidak mampu.

"Biasanya sekolah ber-daiih studi tour wajib bagisiswa untuk persyaratanmembuat karya tulis. Se-dangkan biaya yang dibu-tuhkan jelas tak sedikit.Sebagian besar orangtuamungkin mampu dan sanggup, namun bagi yang tidakmampu kondisi keuangairnya, tentu memberatkan,"paparnya. F* kehalT0

Harus Ada Subsidir llindilr dian tempat wisata lainnya

seperti desa wisata Karang-banjaS, Limbasari dan bebe-rapa lainnya termasuk Ponj en(Karanganyar) dan MonumenTempat tahir (MTL) PangsarSudirman di Rembang.

Gunawan meyakini temp at-tempat bersejarah tersebut bisadigali lebih rnendalam untukkarya tulis para siswa. Bahkansiswa juga bisa lebih mengenaltentang sejarah di wilayahsendiri dan lebih mendidik

"Kami cukup mengapresiasikarena sudah ada beberapasekolah yang menerapkanrya.Yaitu tidak melarang siswamereka untuk membuat karyanr.lis berdasarkan riset di ling-kungan sekitar. Seharusnyasekoiah lain bisa mencon-tohnya dan saya yakin ber-tahap akan terbiasai' ung-kapnya. (amr/bdg)

Sambungan dari hal 7

Kebijakan lainnya selainsubsidi silang, sekoiah se-baiknya memiliki alternatiflain seperti studi tour di lokalPurbalingga yang bisa me-nekan pengeluaran orangtuasiswa maupun sekolah. Apa-lagi Purbalingga memilikibanyak obyekyang layakuntr*media studi tour.

"Tak harus studi tour keluarkota, karena di seantero Kabu-paten Purbalingga ten tunyabanyak pilihan. Sekoiah ting-gal mengkoordinasikan sajadan saya yakin banyak obyekmenarilg" tambahnya.

Ia mencontohkan, ada piJ.i-

han o.byek wisata sejarahmaupun wisata lain. Kemu-

BAGIAN HUN{AS SETDA KABLIPATEN PLIRBALINGGA

Page 12: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

7

KLIPINGIUEDIA

BAOIAil IIIIMA$ $[IDA PURBAINOOA

RadarBanYrmas . Senin Wage 9 Februari 2015

SlIRtlTWajibkan Anggota Pakai

Akik Sungai KlawingMESKI bu-

kan asli Pur-balingga, Ko-mandan Ko-dim (Dan-dim) 0702/PurbalinggaLetkol InfAgustinus Si-naga, ternyatasangat mencintai Purba-lingga.Halitu,ditunjukkan

oleh Dandim dengan mengoleksi cincinbatu akik dari Sungai I(awing.Setiap hari,jari di kedua tangannya selalu tersemat batuakikSungai I(awing. * ke hal 10

Iadi Pelindung Paguyubanr l{aiitlan

Sambungan dari hal 7

"Bagrs kalau sudah pakai (batuakik Sungia Klawing, red).Kalau bukan kita siapa lagiyang mendukung kerajinanbatu akik I(awing' ujar Dan-dim kepada Radarmas be-berapawaktr-rlalu.Apresiasi pun diberikan

dari perajin batu akik SungaiKlawing di Kabupaten Pur-balingga, terhadap kepe-dulian Dandim, terhadapkerajinan batu akik SungaiKlawing. Bersama denganBupati Purbalingga Drs HSukento RIdo Marhaen-drianto MM, dia didapukmenjadi pelindung pagu.yuban perajin batu akikSungai Klawing. (tyalUag)

Bahkan, Dandim jugame-wajibkan seluruh anggotaKodim O7 02 / Purbalinggauntuk mengenakan cintinbatu aki dari Sungai Klawingdi dua tangannya. Hal itu,dilakukan oleh Dandirnuntuk mendukung kera-jinan batu akik Klawing agarbisa lebih maju.

Jika bertemu dengan rekan-rekan wartawan pun, Dandimselalu menayakan apakahsudah memakai batu akikSungai I(awing atau belum.

RAGIAN HUI\,{AS SETDA K,ABLTPATEN PT,IRBALINGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIII[{A$ SUIDA PIIIBAIINOOA

Radaf Banytfmas o Senin Wage g Februari 2015

Pemerintah Ift awatirkan

Lonjakan Harga]elang Tukar GulingTanah BendungSlingaKALIGONDANG- Tahun 2015

ini tahapan pembebasan lahan

't.

karena pengt:mbangan daerahirigasi Slinga rBendung Slinga),Kaligondang bakal direalisasikan.Nampaknya, pemerintah mulaikhawatir harga tanah di sekitarBendung Slinga bakal melonjak.

? ke hal 10

r Pemerintah sa Kembaran Wetan,'Ka-ligondang, Selanegara danDesa Selakambang. Secarabertahap pihaknya sudahmensosialisasikan ren-cana tukar guling itu.

"Hingga saat ini tim pe-naksir maupun kabar mu-lainya proses tukar gulingtanah belum ada kejela-sannya. Namun yang jelaskami sampai ke tingkatpemerintah desa sudahsiap menyambutnya," tambahnya.Ia juga telah bertemu

dengan jajaran Komisi IDPRD Purbalingga saatmelakukan kunjungan kerja ke Kaligondang. Saat ituKetua Komisi I, Sugiminilengatakan siap men-dorong agar pembebasanlahan segera direalisasi.Namun dengan prinsipyang benar dan tidak me-ninggalan persoalan dikemudian hari.

Warga pemilik tanah jugadiminta tidak mudah ter-pancing oleh ulah calotanah yang biasanya memperkeruh suasana. Meskiuntuk sementara belumada tanda- tanda masuknya calo tanah itu.

"Saya sudah memintapara kepala desa agar me-

lakukan pendekatan ke-pada warga. Harapannyasaat tiba waktunya di-realisasikan sudah siap,"katanya.

Lebih lanjut dikatakan,pengembangan irigasi Sli-nga diminta untuk ke-manfaatan bersama. Takhanya sektor pertanian,namun kedepannya adawisata seperti olahraga airmaupun arung jeram.

Seperti diketahui, pengembangan daerah irigasi Slingaatau yang biasa di sebutbendung Slinga harus membebaskan Iahan hingga 76hektar secara bertahap. Saatini tahapan belum dimulai,namun pemkab sudah siapmengantisipasi kondisiyang bisa menyebabkanpersoalan. Yaitu siap me-nindak siapapun yang inen-coba menjadi calo pem-bebasan lahan.

Sekda Purbalingga, ImamSubijakto saat acara pe-maparan pengembanganBendung Slinga akhir tahunkemarin mengatakan, bakalada tim dari pemkab, BalaiBesar Wilayah Sungai (B-BWS) Serayu Opak dan Ba-dan Pertanahar-r Nasional(BPN) yang menanganinya.(amr/bdg)

Tim Penaksir Tak Kunjung TibaSambungan dari hal 7

Carnat Kaiigondang, Harsono meminta warga di 4desa yang terkena imbaspengembangan daerah irigasi Slinga tidak jor- jorandalam menaikkan hargatanah.

"Ada tim penaksir in-dependen yang akan me-lakukari verifikasi ke Ia-pangan. Warga dimintaridak menggunakan ajimumpung dalam menyi-kapi harga tanah. Namuntetap menerapkan hargayang wajar dan juga tidakmerugikan masvarakat.Prinsipnya mendukungpengembangan BendungSlinga," jelasnya, Minggu(B/2).Harsono mengaku saat

ini masukan dari wargamelalui kepala desa sudahtersampaikan kepada pe-merintah. Diantaranyajika di lahan itu ada pohonyang terkena imbas tukarguling, maka tetap dihi-tung.Lebih rinci ditambah-

kan, ada 4 desa yang akandilalui jaringan irigasiBendung Slinga. Yaitu De-

BAGIr\N HI-ilvI-{S SETDA K.\R{ ,P.\]'EN PriltBALINGGA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIUINA$ SflIDA PURBAII'IOOA

Radar Banytfmas o Senin wage I Februari 2015

Nekat, I\aik Angkudes hingga ksAtapPURBALINGGA - Kesadaran

akan keselamatan berlalu lintasdi kalangan pelajar dan sopirangkutan umum di wilayah ping-giran Kabupaten Purbalingga,masih rendah. Hal itu, terlihatdengan banyaknya pelajar naikkendaraan umum hingga rnen-capai atap angkutan pedesaan(angkudes), saat pulang sekolahtanpa memikirkan bahaya.

Hal itu, terungkap dari pan-tauan Radarmas di wilayah Ke-camatan Pengadegan dan Ke-camatan Kaligondang, Sabtu (7/

2) lalu. Di setiap pintu keluarsekolah yang berada di pinggir]alan Raya Kaligondang-Rem-bang, kerap teriihat pelajar lang-sung berebut naik ke angkud,es.Bahkan ada yang sengaja naild"ftatap dan bergelantungan dibagian helakang angkudes.

Kejadian tersebut, tak hanyaterlihat di satu angkudes. Akantetapi, hampir semua angkudesyang mengangkut penumpang didepan sekolah tersebut. Merekamengangkut p enump ang secaraberlebihan, hingga ke bagian

belakang kendaraan dan atap.Hal serupa juga ditemukan

Radarmas di pemberhentianangkutan kota dan angkudes diGembrungan, Kecamatan Ka-Iigondang. Pelajar yang me-nunggu angkudes di lokasi ter-sebut, terlihat dengan cuek naikke atas atap dan belakang keri-daraan.

Bahkan, ketika koran ini memo-tret polah mereka, dengan enalnyamereka bergaya tanpa takut jarrrhdati angkudes yang melaju cukupkencang. * kehat 1o

BAHAYA: Para pelajar nekat menaikiperjalanan.

atap angkudes. Hal ini cukupADITYA/RADARMAS

membahayakan keselamatan mereka di

r llekal, pir setiap jam pulang sekolah,anak sekolah naik ke atas ataP

Angkudes tanp a memikirkanbahayai katanya.

Sementara itu, salah satusopir angkdes yang ditemuiRadarmas mengaku, mem-biarkan hal itu karena parapelajar yang memaksa naik diatas atap dan belakang mobil.1'Mau bagaimana lagi. Yangjelas saya tak kurang-kurangmengi gatkan bahayanyai' ujarsalah satu sopir yang enggandikorankan namanya. (tya/bds)

Sudah Diingatkan Sopir

Sambungan dari hal 7

Sedangkan sang sopir punterkesan membiarkan kej adiantersebut, tanpa memikirkanrisiko penumpang terjatuh.

Saiah seorang warga yangberada di sekitar lokasi sekolahIrwan Harahap mengatakan,pemandangan pelajar yangnaik di atas atap angkudessudah rnenjadi pemandanganyang biasa setiap hari. "Ham-

BAGIAN IIUIvIAS SIITDA K.ABLP.A,TEN PLIRBALINGCA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN llt]lffi$ $MDA IIRBAINOOA

Radar Banyrmas o senin wage 9 Februari 2015

BATIIIGGR 24 IIM..lAnda memiliki unek-unek tentang berbagai hal demi

'aikan dan kemajuan Purbalingga yang penting- tidakmenyinggung sara dan fitnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

ke' oat-ez7-t33-778

Pelayanan RSUD GutengPelayanln RSUD Guteng jelek. Kami datang di poli sebelum jan 11

.u-0"'n tr[ nit, mendaftai 'Besoknya

datang pagi, poli mulaijam 1 0'

Haii:hati ditawari bayar kalau mau tak anki' NN 0g8215193314

' ' r-' ':' ano, *"*rlki,n"x-unek t"ntangberbagai hal demi Perbaikan d.an

kemajuan PurSalingga yang penting-tidak' menYinggung sara dan fitnah'

CaranYa ketiX PAC: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE; 081-327-333 -778

Jangan Umbar JanjiPurbalinqqa sebentar lagi akan mengadakan

o".i" U"",r-ot ,"si yaitu pilkada Bagi para calon

Iroiti orn wakiinya, tolong jangan banyak

menqumbar janii-janji palsu yang menyeng-

.uirirn maiyalrxaf kecil Bagi masyaralat

x""if. nnii-ianii palsu itu ibarat rayuan gombal'

iind'p"nting'reria dan bukti untuk kemajuan

o, rb-aiinqqa ke depan. Benahi jalan-jalan yang

!rJar.r r.ilirx, tingkatkan kualitas dan kuan-

titasnYa NN 082322819245

Honor WiYata Bhakti MinimBapak Bupati Purbalingga, tolong kami nasib

ori, *ivat" bhakti di sekolah negeri diper-

tatikan. Setidaknya honor disesuaikan dengan

UMK NN o's'477o4977

BAGIAN HLTMAS SETDA K.ABI]PAT'EN PURBAI,INC,GA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN II{Ill{A$ $ffDA PURBIffi{GOA

Radar Banyumas o Senin Wage g r*ururritots

Sering Tergenang,

IalanKopral SamsiButuh Drainase

BOBOTSARI-Tingginyacurah hujan gaat ini, seringmembuat Jalan Kopral Sam-si ke Pasar Bobotsari te-rendam air. Padahal, di jalantersebut sering digunakanpara pedagang pagi untukberjualan.Xepala Desa Bobotsari

Daryoto menuturkan, saatmusim hujan, |alan KopralSamsi memang sering terisiair. Akibatnya, banyak pe-dagang makanan pagi tidakbisa berjualan. "Banyak pe-dagang yang tidak bisa iua-Ian, padahal mereka sudahmenyiapkan barang da-

gangannya," katanya.' Daryoto menambahkan,liasanya para pedang di]alan Kopral Samsi me-rupakan pedagang kecil.Para pedagang hanya meng-gunakan tikar atau gerobakguna menjajakan barangjualanmereka.

"Afdbat Oiainqse yang ku-rang baik, banyak air yang

saat ini juga memprioritas-kan perbaikan saluran,air dijalan tersebuT.

"Di RPJMDes juga men-jadi prioritas untuk segeradiperbaiki, agar penggunaiaian nyaman rian pedagangpagi jugq bisa mengais reje"kii' tambahnya.0ok/trdg)

masuk ke bahu jalan saathujan," imbuhnya.

Ia menjelaskan, perbaikandrainase di jalan KopralSamsi memanq mendesakuntuk segera diperbaiki.Sehingga, perherintah desa

RAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PLIRBALINGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

:rE i[l<or[

=(,

G

(EI,o)(s

o)o)

ooo)

j

E(!

G

tr)(EIlEo).YLolt(golooq)

E.v

(!

'6

6lI

tr6

Eo(t!oE"tr(gJ'io.oEoE

oJ

(!

sF(E(')L.GF

=E.. (g

UTIqu)cEtruJ6ME

Ir)

oN.C(E:JL

oU-O')

oo)(5

E.=coaaoa\llrLa

>rL.ct

na'h

G,E{$&

Page 18: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

I

Ic16L('i

6l-,(t

.=$ --?,6rlqlolot

IclciErEo)EI

I6'II

Ll'6 I

0l-tG!=ltrLtr!(U

E

trI

I

trl!Go)o

.go)tu

(\,o)o)

=(ErlL

ILoJa!ol6EI

IEm

Elltsli,? llo)lloll

strl6l

EIetft, ItrlLrlGIIttctl&l 6)e_c(oc

o. trD

=olYc._GLO'(!c!o!E(E-.Y:sd.>(gtr

. >r(E(a_o

Eo)

6e0r6-g-<3

65Luc=:

Page 19: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIIIIA$ SMA PIIRBAIil{OGA

WBany+m3tSenin, 9 Februari 2015

19Jabatan

t(osongPURBALINGGA- Sebanyak 19 iabatan kepala

desa (kades) di Purbalingga, hingga saatini masih kosong. Hal ini teriadi sejak akhir

2014 sebanyak 16 kades, dan Maret 2015

mendatang ada tiga jabatan kades lagi yangkosong.

(Tapem) Setda Imam Hadi, Sabtu

(7t2).Dikatakan Imam, kekosongan

sudah diisi oleh pejabat kades.

Dari 16 pj kades, mereka sudah

melaksanakan tugas sejak Maret

2014 lalu, Sedangkan masajabatan pj kades adalah enam

bulan, dan apabila sudah habis

tapi belum ada kades definitifdapat diperpanjang.

"Pj memunyai kebijakan

sama dengan kades, namun

dalam kebijakan strategis sepeftipenggunaan uang atau penjualan

tanah desa tidak memiliki hak

untuk memutuskan," jelasnya,

Rencana menggelar Pemilihan

ARA kades yang sudah

habis masa tugasnyasudah diberhentikandengan lama masa

bakti enam tahun, seta satu

kades masa bakti 10 tahun,"Jabatan kades yang akan

kosong pada Maret mendatang,

yakni Kades Babakan, Kecarnatan

Katimanah; Kades Gemuruh,

Kecamatan Padamara; dan

Kades Karangjambu, Kecamatan

Karangjambu. Sehingga totalkekosongan jabatan kades

hingga Maret 2015 ada 19," kata

Kepala Bagian Tata Pemerintahan

kepala desa saat ini masihmenunggu petunjuk pelaksanaan(juklak) yang ada dalamPermendagri maupun Undang-Undang Nomor 6/2012 tentangPemerintahan Desa, "Yang pastidari 19 desa masih menunggupetunjuk pelaksanaannya,sehingga masyarakat diharapkansabar sefta menyikapinyadengan bijak, karena rnasihdalam masa transisi," ujarnya.

Dari APBDSementara Kepala Badan

Pemberdayaan Masyarakat Desa(Bapermasdes) R Imam Wahyudimenambahkan, pada prinsipnya

sesuai ketentuan PP 4312074,anggaran pilkades dianggarkandari APBD.

' "Dalam PP 43 tahun2014, penggunaan alokasidana desa (ADD) sudahditentukan, yaitu 30% untukoperasional pemerintahandesa (Pemdes) dan 700lo untukkegiatan pembangunan dan

' pemberdayaan masyarakat,Pada saat di suatu desa adakegiatan pilkades, bisa sajaAPBDesa menganggarkan untukmendukung kelancaran pilkades,misalnya untuk pengondisianwilayah, pengamanan, dansebagainya;" paparnla. (phoo)

BAGIAN HLMAS SETDA IIABTIPATEN PTIRBALINGGA

Page 20: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGTMDIA

BAGIAN IIIIINA$ $[IDA PtIIBAIIl{ffiA

lffiHPny"-umR-s.

Subsidi Bunga Rp 500 Jutauntuk 1.000 UMKPURBALINGGA. UNTUK

memacu bergeraknYa Usaha

Mikro Kecil (UMK), Pemkabmenggelontorkan dana RP 500juta yang dialokasikan untuksubsidi bunga. Subsidi bunga

ini guna memfasilitasi PelakuUMK dari berbagai sektor,

termasuk sektor Pertanian dalam. mengakses pinjaman modal ke

lembaga keuangan dengan bunga

rendah, "Dana ini kami targetkanuntuk memberikan subsidi bunga

bagi 1.000 UMK," kata Kabag

Perekonomian Budi SusetYono,

Sabtu (7/2).' Dikatakan Budi, sejak

Program Subsidi Bunga

digulirkan pada 2005, anggaranyang disalurkan mencaPai RP

5.736.000.000, dengan jumlah

UMK yang terfasilitasi rnencaPai

12;896 UMK. Dari sektorpertanian tercatat ada 1.059UMK yang terfasilitasi melaluiprogram ini.

"Harapannya melalui Program

Subsidi Bunga, kebutuhanmodal petani beruPa Pengadaanbibit, pupuk, dan lainnYa daPat

terpenuhi dan pada akhirnYa

akan berpengaruh terhadaPpeningkatan produksi Pertanian,'"ujar Budi Susetyono.

Bentuk KP3DiSagian lain, dalam uPaYa

mewujudkan Purbalingga

berdaulat pangan, guna menjamin

ketersediaan dan kelancaran

distribusi pupuk bersubSidi bagi

kelompok tani/Petani, Pemkabmembentuk Komisi Pengawasan

Pupuk dan Pestisida (KP3). Komisi

ini melaksanakan tugas, antara lain

mengawasi kegiatan PenYimPanan,peredaran, dan penggunaan

pupuk dan Pestisida. Kemudian

memeriksa jenis, mutu, jumlah,

wadah pembungkus, label PuPuk

dan pestisida, dan memeriksa alat

dan bahan yang digunakan untuk

melakukan kegiatan PenYimPanan,peredaran, penggunaan PuPuk dan

pestisida dengan tujuan agar tidak.menyebabkan Perubahan mutu

pupuk, timbul bahaYa terhadaP

kesehatan manusia atau kerugian

lain bagi masyarakat."Untuk mendukung kinerja

KP3, pada 2015 ini, Pemkabmengalokasikan anggaran

sebesar Rp 33.875.000. Dana ini

digunakan untuk Pamantauanketersediaan dan kelancaranpenyaluran puPuk dari tingkatprodusen, distributor, Pengecer,dan kelompok tani. Kegiatan ini

diharapkan dapat mendukungkelancaran distribusi dan

ketersediaan pupuk bbgi Parapetani, sehingga Produksi dan,produktivitas peftanian daPat

meningkat," kata Budi. 1pt-oo;

B.\GIAN IILTMAS SETDA IIABLIPATEN PTIRB-{.I-INGGA

Page 21: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III[{A$ $[IDA PURBAIil'IOGA

ffiBanyHmf,SSenin, 9 Februari 2075

A

K$Hp ,r,H,endri.'Y$tidh.to

W,eke.PO,I'f.gSFt RBA[II{6GA.ja$ a*,Waki1,,Kepata. Fdrgs,{Wa,l!* Fo.lresJ.,

,

pu rballngdt,shhtu,i{7rA'dj€erahteiir$6'kan.da:i!,Korn po I

:Pcl-iib.atr iu.Ge5e]um.Hya.,fneIjabat, 0glsek,Semaran$Tengah, seaang tn'tutyaOi selanjutnya bertugas sebagai Kanit1 Subdit 3 Ditintelka,m Polda Jawa Tengah. Selain serah

terima jabatan waka,,juga dilakukan serah terima tigapejabat lain.

,,',. =rcUa$' Pee,neeha;hi' o$FUl:ikA,ynlianry' :$jga*ti,nxe sitKhayati yang sebelumnya menjaUai raiuuuag Pers Bag

Sumda Polres Banyumas. Kabag Sumda Kompol Jemino

diserahkankepadaKompotMugiman,yangsebelumnyabertugas sebagai Kabag Perencanaan Potres Banyumas,

sedang Jemino bertugas di tempat baru Kabag Sumda

,Polrc,.T,$'at. .KEmudlai.,ltasat,:Bififfi as:Al(p,firasma.ka,, diganti,

:AKp:Pilffi,6kh';tyen6,6*i**n1r+:Fdbl ci.&sat'sab ra : ..:,,PolresBanjarne.gara.Trasmakaselanjutnyabertugassebagai Pama Polres Cilaeap dan akan alperbantut<an Oi

.Badan NArkotitia Kabupaten,.(B-f{,K)'Gldcapi1i1.,,.t:..'1;".', ..-'.',i

Kapolres eurUatinggi Afne 4nom Setyadji mengatakan,

:iCr:ah teiima,jaba llui]in$,| $aii,,P,otri nerugate*. - , , ,. .

:hal:,ang:b,al'.iei1aui...tni.siH$ni.bentul*.l$e*g$argaa+organisasi sirta promosi jabatan kepada personel yang

,telah,mehjaln*ken.tu$,as,dehgith"ib.aik pskatigus,;.se,,ffiai:.. .,,:..:

kebija ka,h : pi pinen,y.afi Eih u$.dilakana*a+rdenEBn . penuh,..

rasatanggungjawab.:abatJnjuganaruskitasyukuriiebagai amanah Tr.rhan Yrng Maha Esa," ujarnya.

.:.,.,Anom,mgnArilbah6ah;, uaa;i:kamttb nds'd,i,wilayai .,.,;trffiq,Potr:es::F*rbitinggd.,sambai,:gaat, .I,h:ii$rlklip,ko:rdusii,

"Marik!tapertahankinuenginmeningkarkandedikasidan prestasi kerja serta setalu menjaga semangdt

xklberiarn,aahi;;Tl$gkgtkEn hubu ngan kemltraan de1gal.r,,,,:i,.

,ihsian$[ itai$i$aim..*elut$:n,ko$noffi r .atwlakafi, agarturut serta secara iktif dalam menjaga dan memelihara :

r*gameh.a.nit{''$inilgn:y:Ei.(#:06):::'i::;':i;..riti;r;i::,:'::,ii:,r:i,,:

SERAH terima jabatan di jajaran Folres Purbalingga'Sabtu (712).

BAGIAN HUN,{AS SETDA IIABUPATEN PLTRBALINGGA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIAil IIU[,iA$ $[IDA PIIIBAIfr{OGA

n+i*i#BanyumaSSenin,9 Februari 2O7S

Kalau Mau Menulis,Rajinlah Membacar Angkatan V Kelas Menulis Purbalingga

PURBALINGGA- Banyak anak muda yangsuka menulis, namun kesulitan dalammewujudkan ide yang dimilikinya dalambentuk tulisan. Jika menghadapi masalahtersebut, Fenti Enawati menyarankanagar penulis muda menambah intensitasmembacanya.

Fenti yang berasal dari Desa Tipar;Kecamatan Ajibarang, Banyumasmengatakan hal tersebut ketika sharingdi Pembukaan Angkatan V Kelas MenulisPurbatingga dan juga PengumumanPemenang Sayembara Cerita MudaPurbalingga (SCMP) 2015, Minggu (8/2).

Selain membaca, berkumpul, danberdiskusi dengan teman-teman, KelasMenulis Purbalingga disebut Fenti sebagaicara lain untuk menambah variasi cerita."Belajar menulisnya pelan-pelan saja. Nantiakan ada masanya kalian dipermainkan olehide," katanya.

Menurutnya, dalam dunia menulis,yang menjadi masalah utama bukan soalkreativitas penulis. Yang menjadi kendalabagi perkernbangan penulis mula adalahkemauannya untuk mengikuti proses.

Fenti juga mengaku suka menulis karenadunia kepenulisan menawarkan ruangbebas untuk bercerita. "Saya bisa bermain-main dengan banyak hal yang tidak bisasaya lakukan di dunia ini, Misalnya sayabisa memosisikan menjadi penyanyi ataupresiden," jelasnya.

Dalam agenda itu juga diumumkanPemenang SCMP 2015. Pada SCMP tahunini, Pemenang 1 adalah Yuniarti dari SMA1 Karangreja dengan karya fiksi mini

Setangkai Mawar, Esa Nur Salima dari SMP

1 Mrebet dengan karya Dunia Terbalik, danNurul Priyanti dari. SMA 1 Karangreja dengankarya Nenek Marti.

Khadis, s'alah satu juri menjelaskan,kebanyakan karya yang masuk dalampenjurian SCMP 2015 yang mengusungtema "Sebe/um Pukul Tujuh Pagi" masihkurang greget. "Yang sangat disayangkanitu rasa tulisannya masih belum banyakberanjak dari gambaran kurangnya referensibacaan," katanya,

"Karya yang menjadi juara itu karenakeunikannya. Yang paling penting, karenakeberanian mereka untuk keluar darikeumuman cara bercerita," sambung Khadisyang aktif sebagai penulis lepas.

Keterbatasan KataKetua Kelas Angkatan V yang juga Ketua

Panitia SCMP 2015 Bening mengemukakbn,SCMP merupakan ajang tahunan bagipemuda Purbalingga, khususnya yangmasih menjadi pelajar SMP-SMA. "Kamitidak hanya ingin mengajak kaum mudauntuk menulis fiksi, namun juga mengajakmereka bercerita secara menarik dalamketerbatasan jumlah kata yang terbatas,"uja rnya.

Manager Kelas Menulis PurbalinggaPutri Antika menambahkan, Kelas MenulisPurbalingga terbuka bagi siapa pun yang

. memang merniliki minat untuk menulis. Baikitu pelajar, mahasiswa, maupun pekerja."Kelas Menulis Purbalingga ini dibuatsebagai ruang berekspresi yang asyik,"ungkapnya. 1pt-oo;

B.A.GIAN HLTMAS SETDA KARL,'PATEN PURBALINGGA

Page 23: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIWA$ SIIDA PURBAINOOA

ffiBanyHmFsSenin, 9 Februari 2015

Susun KarYa Tulis Tidak

Harus StudY Tsur

PURBALINGGA- Kepala Dinas Pendidikan

ioi.airf rri Gunawan Setiadi menegaskan'

iinir i&orun tidak harus memaksakan

Jir*unvu ,ntrk mengikuti study tour ke-fu*

f,otu sebagai persyaratan membuat

karYa tulis."- iurrrnYu sekolah beralibi kalau

stuiv tour wajib dilakukan sebagai

rrrilt ,ntrr. membuat karYa tulis'

ilJ*gfun untuk mengikuti studY

tour itir, orang tua siswa harus

*.rOuvut uang dengan jumlah Yang

tiaar< seoirit. ainyak orang tua siswa

munqkin mamPu, taPi banYak juga

oruni tra siswa Yang tidak mamPu'

r.r.,] ,.if.va diwajibkan' kan kasihan

r[reLa," katanYa, Sabtu (7/2)''' -MenurutTri Gunawan, kalau pun.ada

r"*ajioan untuk ikut sfudy tour ke.luar

t oia,'ser.orarr harus bisa mengambil

r..Lijuf.un. Sekolah bisa memberikan

subiidi sitang bagi siswa yang orang.

luinvi tiaur. ,ampu agar mereka bisa

..nqikrti studY tour tersebut'' ;il ir.; memberikan imbauan kePada

oir'rJr. slklrart untuk bisa mencari sfudy

irr.'iit"t..tr bagi para siswa yang tidak .

*..^p, tanpa haius mengeluarkan banyak

oiiru rntut ke luar kota' Salah satunya

rn.iurrrun kunjungan ke tempat-tempat

wisata lokal.ioi puroalingga banyak sekali lokasi

wisata atau tempat-tempat yang bisa

JiirOit un sebagai objek karya tulis

ulgitii*.. uiialnya situs purbakala di

Oela UmUasari, Kecamatan Bobotsari;

Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar'

atau objek wisata Monumen TemPat

iui.rirl.na"r.r Soedirman di Rembang"'

paparnya."'Tempat-tempat bersejarah di . ..

nurOitingga tersebut bisa digali lebih

mendalam untuk karya tulis para slswa'

f"f.r.f.u pun, bisa lebih mengenal tentang

seiarah di lingkungannya sendiri'I'nau o.u.tuPl sekolah Yang sudah

menerapkannya, tidak melarang siswanya

,ntrf, *.*Ur'.t karya tulis berdasarkan

riset di lingkungan sekitar' Saya harap ,t.fofin-t.xofuh lain melakukan hal yang

sama," katanYa' (Pt-05)

BAGI,\N HLMAS SETDA }iABT]PATEN PL]RBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAflAil III]II{A$ $[IDA PI]RBAIil{OOA

#wffiffiffiSenin, g Februari 2015

o a a o r a a a r ri a a a a a a a a a a a a:

ffiEi,}'#ffi$,Hil## ;

RAGIAN HLMAS SETDA K.ABUPATEN PLIRBALINGGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ III][{A$ $[IDA PUIBAIINOOA

wBanylJJllntSenin,9 Febraari 2O15

Telusur Goq LoJong Kereto

OBJEK Wisata Goa Lawa di DesaSiwarak, Kecamatan Karangreja,selain menyuguhkan keindahanlorong goanya, juga menarik untukdijadikan wisata minat khusus telusurgoa. Lorong yang disusuri berada diGoa Lorong Kereta, sebelah UtaraGoa Lawa.

Minggu (8/2), pegiat 2015

Gualawa Outdoor Activity bersamaVertical Indonesia dan SekberKarengga melakukan pemetaandan observasi Gua Lorong Kereta.Kegiatan !ang diikuti oleh 11 orangini bertujuan untu.k mempromosikanGua Lorong Kereta sebagaiDestinasi Wisata Minat Khusus diPurbalingga, Pemetaan ditekankan

pada ornamen-ornamen yang ada diGoa Lorong Kereta.

Untuk mencapai kedalaman Goa

Lorong Kereta perlu peralatan khusussepefti lampu senter dan tentunyapemandu. Berbeda dari Goa Lawa yang

bisa dilewati dengan berjalan santai,di GOa Lorong Kereta seringkali harusberjalan merayap. (pt-06)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

?l\-

..:1--ltF

Page 27: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGIIMDIABAGIA}{ III][{A$ $[IDA PURBAINOOA

sATELtrF,*sx SENIN wAcFr9 FEBRUARI 20 I 5

##aHffiu*PmmffiWffiBD

PErmpinan

mYuro lvlusti kaffiKmwkmffitr MEmYaxffi ffiffiffi

ffiffi ffiaxwwffire

?? Untuk memperjelas, kami akanklarifikasi masing-masing pihak. Pada

waktunya, baik perusahaan,karyawan dan eksekutif akan kita

hadirkan bersamaan"gt

SA'BANIKetua Komisi lll DPRD Purbalingga

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Komisi III DPRD Pur-baiingga memanggil pim-pinan PT Yuro Mustika ter-kait kisruh PHK 63 karya'wannya. Pertemuan akandigelar secara tertutup diruang Komisi Ill,Senin (9/2t.

Kelua Komisi III DPRDPurbalingga, Sa'bani, me-ngatakan, dewan akan me-ngklarifikasi keterangan dari,para buruh yang relah di-berhentiLan. Pa ra buruhrneurbantah telah mcng-ajukan pengunduran dirimelainkan di-PHK. Adapunsurat perjanjian antara buruhdan perusahaan yang berisikesepakatan pengundurandiri mereka tanda tanganikarena khawatir tidak men-dapat pesangon. Dalam su-rat itu jtiga disebutkan noini-nal pesangon dengan nilaisesuai masa ketja.

"Untuk memperjelas, ka-mi akan klariiikasi masing-masing pihak. Pada waktu-nya. baik perusahaan, k.rrya-wan dan eksekutif akan kitahadirkan bersamaan," katad ia.

Keteranga lr masing-ma-sing pihaklni, kata ciia, akan.tliaditan dasar Pengam-biian keputusan. Sebab, se-lama ini, masing-masingmelontarkan keterangan Ya-ns bertolak belakang. PihakpErusahaan mengaku srrdah

sesuai posedur. "Tidak adapaksaan, mereka menan-data ngan i dengan strkarela,,,kata Kristiana, staf pcrwa-kilan perusahaan.

Kepala Dinas Sosial Kete-nagakerjaan dan Transmig-rasi (Dinsosnakertrans)Purbalingga, Ngudiarto, m-

enuatakan, drnas telah beru-pa"va menrediasi' Namun,Lui"nu telah ada kesePa-katan hitam di atas Putih,maka di4as tidak bisa ber-buat bavak. "Kalau suratnerianiiannYa marl diPer-iooit ui..r ke Pengadilan Ne-geri sitakan. TetaPi itu-sudahdi ltrar kewertangan xamt,katanva.

Ia nleneatakan telah mela-oorkan Hal ini ke BuPati'iurbalingga. Ia mengatakan'bupati m-enYerahkan Per-..,ilrn ini k6 Dinsosnaker-

BAGIAN HUMAS SETDAKABLTPATEN PLIRB.{LNGGA I i_

Page 28: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

.'t-*, ;:\l)

trans. "Beliau menyerahkanpermasalahan ini kepadadinas untuk diselesaikandengan baik agar tidak adapihak yang dirugikan," ujardia.

lsu br-rruh di Purbalinggabak fenomena gunung es.Persoalan 53 buruh PT YuroMustjka ini cliduga han,vasebagian kecii problem kete-nagakerjaan yang mtincui kepermukaan. Femerintah di-minta mengar.t al perm.asa,lahan ini hingga tuntas. Se-rqarl.ini menggaullg eli jagaimaya. Melalui a kr.r n Face-book, sejumlah elemen mas-yarakat sioil seperti CinemaLovers Community dan Ins-titut Negeri Perwira men-desak pemerintah agar me-negakkan keadilan untukkaum buruh. ([email protected])

au Menulis? PerbanyakBuku Bacaan

ffi ffiffiffireffiffiffitrxffi ffiffiWP ##ru S ffi&q*nea$Etrekffie3

PURBALINGGA, SATELITPOST-BanYakanak muda vang suka merrulis namun ke-

sulitan dalam rilewuiudkan ide yang di-rnilikinva dalam bentuk tulisan. Jika meng-hadapi masalah tersebut, Fenti. Enawatimenfarankan agar penulis muda itu me-nambah buku bacaarurYa.

Fcnii yang berasai dari Desa Tipar, Keca-

matan iiibaiang, Banvumas itu mengatakanhal tersebtrt ke."tika sharing di PembukaanAnskatarr V Kelas Menulis Purbalingga daniuel Penp.umumatr Pemenang Sayembarab&it, ,tti*lu Purbalingga (SCMP) 2015 dilvlarkasCI C lurbaIinggi,Jalan Puring Purba-

Iinssa. Murszu (8/2).-Sfia in menibaca, berkumpul dan berdiskusi

densan teman-teman disebut Fenti sebagai.rrr"ioin untuk nrenambah variasi cerita"Belaiar menulisnva pelan-pelan saia' Nanti.rkan'ada .rtunyj kaiian dipermainkan olehide," kata dia,

Menurut dia, dalam dunia menulis, yangmeniadi masalah utama bukan soalkreatifitaspenulis. Yang meniadi kendala bagi per-kembangan penulis m ula adalah kemauannyar-rnfu k mensi kuti Proses.*r'"o"nrpr.an

bert<erudung itu juga mcngakusuka menulis karena dunia kepentriisanmenawarkan ruang bebas untuk bercerita'

"Saya bisa bermain-main dengan banyak l-ral

vane tidak bisa sava lakukan di dunia ini''tttfXt.,yu sa1.r bisi memposisikan menjatiiounur.tr,n 6iju pssriden," katanl'a.' D;lafi agenda ittr !uga diumtrmkan Pe-

menans SCVP 2015. Pad; SCVIP tahrin ini,Pemen"ang 1 adatah Yuni;rrii rirri SN4A 1

Karan$eia"dengan karya fiksi ruru "Setangkai

MawaY".'Esa i\iur Saliina dari SMP I Mrebetdensan karva "Dr.rnia Terbalik" dan NurtrlPriylnti aa ri SHA,q 1 Ka rangreia derrgan ka r1'a

"NLnek Marti".Khadis, satu iuri nrenjelaskan, kebanvakan

Larya yang masuk da[am pe-niurian SSMI'2O1b yanglnengusung tema "Sebe lum lukulTuiuh piei" rriasih t<urang gereget' "Yangsansat d is-avangkan itu rasa tu lisannl a masilrbelim banvak"beraniak dari gambaran ktr-ransnva refercnsi bacaan," kata Khadis'

"kirvu lang meniadi juara ittr karenakeunikinnva. Yang paling penting karenakeberanian merek*a untuI ke]uar dari ke-

umuman cara bercerita," uiar Khadis yangaktif sebaeai nenulis lePas.

Kerua (elas Angkai.rn V )ang iuga Ketua

Panitia SCMP 201 5, Benirg men6emukah'arr

bahwa SCMP mcrupakan aiattg tahrtttan bagtpemuda Purbalingga, khususnya yrng nlasrh

ineniadi pelajar SNin-SUa. 6an)

Page 29: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIIIIA$ $[IDA PINBAIil{OGA

SATELITF,{*ilsTI SENIN WAGE-9 FEBRUARI ZOTS

LWi"*i f{- :1"-1.

-1 q *

"4 @"1wr:uffi-'

SUASANA Upacara Serlijab Perwira di Polres Purbalingga, Sabtu (7/2).

ffimpet Pejabat Polres DirotasiFUH.fi ,iLLihlGGA, S,.tfHI,II'P{,.i,{,iT -Sebanyak e1i-rpa t pr.jairat Iloire:,Purbalingga rlirotasi ke berbagaidaerah. Upacara serah terinia pe-jabat baru dilakukrrn di haiamanMakopolres Pur'baiingga, Sabtu {7 i?\

Mereka di antrrirnl a VVakil KepalaPolres Purbalingga, Kompoi Mul-vadi, vang diganiikan Kompoi FIen-dri Yuliantcr (Kapoisek Sen-,arangTengah), Kabag Perencanaan. IkeYulianty diganti AKP Siii Khavati(Kasubag Pers Sumda Polres Ba-nyumas), Ka-bag Srrmda Korrpoi|ernino diganti Kompr.rl Mugiman(Kabag Perencanaan Polres Ranyp-

:n ar ), K;:.s;it lli:r m"; s l, l( ilir';rsryra-kari i gan i.i A-!dlr i'rilr^,, *l<t': .,.'ang se-L;elit;nnlra menjab;t Kasat SabharaPoires Banjarne[iaic.

Kompol h4ulvad i seianj r,rtnya akanmer"rlabat sebagai F,anii 1 Subclit 3Ditintelka$ Ilolcia Jawa Tengah,I{ourpbi -Ter"ninr: rnenjahat sebagiSuurda Polr:es 1"egai, Kornpni lkeYulianiy nienjabat Kahag Peren-caflaan Irolres Bi:n,vu*rers, AKP Tras-m:ika ditiigaskan Ci BNN Cilacap.

Kapolres Pr-rrbalingga AKBP An-om Setyaciji SIK cialam sambutannyanreng;:iakan.berte rirnarkasih kepad;rpara per'"r'ira lama l ang telalr nrr'-ngabdikan diri Lepada Poir.'s lur-

balingea" La berharap, di tempatl,ang iraru mereka bisa bertugasdengan b;iik. "Kepacia pejabat vai"rgi,'aru :,ai.a t-lcapkar"r selamat rlatang.1.1 n st:l.r rr r,i l i..er tup,ao J i I i ngku ngariPo.ires Ilirbalingga,'1 kata Anorn.

&'[enrrrut dia, ser:ah terin,a ja-batan di lingkungan Poiri me-rupak;rn suatu hal yang biasa ter-jar1i. lni sebagai bentuk peng-lraigaa-n organisasi serta pron'rosijabaian kepada pemonel Jiang telahmenjaiankan tugas dengan baik se-kaiigus sebagai kebi.jakan pinr-pina,ri vang harus dilaksanakandengan penuh rasa tanggungjarvab. (gan)

BAGIAN HLIMAS SETDA KABUP.A.TEN PURB.CLINGGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIIIIIA$ $MA PURBAIil{OOA

&8$ffie4bffiS;eK? I senin wase, e Februari2015

**mrffimgffiffikffi&ffih ffi}

$*ilkffim-$il-f,udy Wm&#rtfifm

-PUnBAIINGGA- Kepala Dinas Pendidikan(Dindik) Purbalingga Tri Gunawan Setiadimenegaskan, sekolah tidak boleh memaksakansiswanya untuk ikut studi tur ke luar kota ataupulau, sebagai persyaratan membuat karyatulis.

"IJmumnya sekolah beralibi kan untuk mengikutinya,kalau study tour wajib dila- orang tua siswa harus mem-kukan sebagai syarat untuk bayar uang dengan jumlahmembuat karya tulis. Sedang- yang tidak sedikit. Banyak

orang tua siswa mungkinmampu/ tapi banyak jrgaorang tua siswa yang tidakmampu. Kalau anaknya diwa-jibkan, kan kasihan mereka,"jelasnya.

Menurutnya kalau pun adakewajiban bagi siswa untukikut ke luar kota, sekolah harusbisa mengambil kebijakan. Se-kolah bisa memberikan subsidisilang bagi siswa yang orangtuanya tidak mampu agar me-

ieka bisa mengikuti.

l!L: Wisata LokalIa juga rnemberikan imbau-

an kepada pihak sekolah untukbisa mencari study tour alter-natif bagi para siswa yang tidakmampu tanpa harus menge-luarkan biaya banyak untuk keluar kota. Salah satunya mela-kukan kunjungan ke temPat-tempat wisata lokal.

"Di Purbalingga banyak se-

tati tokasl wisata atau temPatltempat yang bisa dijadikansebagai objek karya tulis bagi

tulis para siswa. Mereka Pun,bisa lebih mengenal tentang se-

iarah di lingkungannya sendiri."Ada beberapa'sekolah vang

sudah menerapkannya, tidakmelarang siswanya untukmembuat karya tulis berda-sarkan riset di lingkungan se-

kitar. Saya harap sekolah- se-

kolah lain melakrikan hal Yangsama," katanya. :!ii

ST-skh

siswa. Misalnya situs Purba-kala di Desa Limbasari Keca-matan Bobotsari, Desa PonjenKecamatan KaranganYar, atauobjek wisata Museum TemPatLahir |enderal Soedirman diRembang," paParnya.

Tempat-tempat bersejarah diPurbalingga tersebut bisa digalilebih mendalam untuk karYa

BAGIAN HLTMAS SETDA KABUP,A,TEN PLiRB.{LINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAflAI{ HUNA$ $[MA rulBAlil{ffi4

BAGIAN IITTMAS SETDA KABIJPATEN PI]RBALING{}A

Page 32: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIAN III]iNA$ $frI'DA PURBAII'IOOA

Beffi'&$ffi e Senin Wage,9 Februari 2015

KmmpmL h{mmdnE YuLiamtm

iahmt Wmkapmtres Furhm[inggaPURBALINGGA-Sejumlah pejabat di lingkungan Polres Purbal-ingga dimutasi. Serah terima jabatan digelar, Sabtu (7 /2) di l-Lala-

man Polres Purbalingga.Adapun pejabat yang dipindah yaitu Wakapolres Kompol

Mulyadi digeser ke Polda Jateng menjadi Kanit 1 Subdit 3 Ditin-telkam diganti oleh Kompol Hendri Yulianto yang sebelumnyamenjabat Kapolsek Semarang Tengah. Kemudian KabagrenKomisaris Ike Yulianty dimutasi ke Polres Banyumas dengan ja-batan yang sama diganti AKP Siti Khayati yang sebelumnya men-jabat Kasubagpers Bag Sumda Polres Banyumas.

Kemudian Kabag Sumda Kompol Jemino digeser ke PolresTegal dengan jabatan sama, diganti Kompol Mugiman yang sebe-

lumnya menjadi Kabagren Polres Banyumas, Kasat Binmas AKPTrasmaka dipindah ke BNNK Cilacap diganti AKP Purwoko yangsebelumnya menjabat Kasat Sabhara Polres Bartjarnegara.

Kapolres AKBP Anom Setyadji mengucapkan terima kasih ke-pada para perwira lama yang telah mengabdikan diri selama inikepada Poires Purbalingga dan selamat bertugas di tempat yangbaru.

"Kepada pejabat yang baru saya ucapkan selamat datang danselamat bertugas dilingkungan Polres Purbalingga," kata Anom.lii+ST-ad

BAGI,q"N HUMAS SETDA KABUPATEN PL]RBA]-INGGA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIt]ilIA$ $ETDA PUIBAIil{OOAi

eerffieffiSffi.ffi i Senin Wage,9 Februari20l5

PMI TerEffirnffi ffiantumnMmhEIAmhuLmxngPURBALINGGA - Palang Merah ltrdonesja (PMI) Purbalinggamenerima bantuan satu unit mobil ambulans dari Purbadi HardjoPrayitno, seorang pengusaha di Jakarta dan sekaligus pemilik se-

kolah Purba Adi Suta Purbalingga. Mobil ambulans ini dilengkapidengan peralatan pendukung yang memudahkan membawapasien.

Ketua PMi Drs Suyitno mengungkapkan mobil bantuan terse-but berupa mobil Daihalsq I,uxio yang kemudian dikaroseri lagidengan penambahan peralatan pendukung.

Harga mobil dari dealer sebesar Rp i76,5 juta, sedang peralatanperlengkaparmya seharga Rp 90 juta. "Saat ini mobil dalam tahapfinishing penambahan perlengkapannya di sebuah karoseri. Nan-tinya, mobil bantuan ini akan menjadi mobil ambulans terlengkapdan terbagus di wilayah PMI Korwil Banyumas," kata Suyitno, disela rapat pengurus PMI,Sabtu (7 /2).

Dikatakan Suyitno, pihaknya menyampaikan terima kasih ataskepedulian pihak donatur yang mendukung kelancaran oPera-sional PMI di lapangan. Dengan penambahan satu unit mobil am-bulan ini.

Berarti PMI Purbalingga telah memiliki dua mobil ambuians.Sedang kendaraan optrasional lain, berada di UDD (Unit DonorDarah) PMI berupa satu unit mobil operasional donor darah, satuunit mobil penumpang dan satu buah bus untuk kegiatan donorda rah.

"Kami masih membutuhkan satu buah mobil khusus untukmengangkut logistik jika terjadi bencana. Selama ini, untuk men-gangkut logistik kami terpaksa menggunaan mob'il ambulanslama yang difungsikan ganda, atau menggunakan mobil pribadipengurus PMl,".tambah Suyitno S-r1

ST_ad

B.\GI.AN }IT]MAS SETD.A. KABI.DATEN PTIRB,AIINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPNGNIEDIABAOIN IIII[{A$ $EI'DA PUIBAIil.IGOA

"KEDAULATAN RAKYAT"

sENrN WAGE I FEBRUAR t2015( 19 BAKDAMULUD 1948 )

IJ-STJ.I\G CALON BUPATI

Pffi,Geiindra danHanuraBersatumlffiffiff;i,-ffi#ffii;rJ##ffiil#bupati ( pilbup ) 20 r 5. xr"ri.il"t"iiJ*u.rrr., pilkada purba_lngga itu melibatkan partai X"l."ifian Bangsa (pKB), partaiffi;f ,t}*:ui"nuy,A;,#=#'a,,p"ii,in.tiv,"",,-.

Deklarasi Koalisi diselenggarakandi Gedung Dekopinda p*[iU"gs.,**". (6/2). Naskah O"r,r*r"i Xoiiliditandatangani oteh Ketua bpa-;ffi'!I"T"1Wahidin, Ketua DpC pr.tutuenndra Imam purseto SSos danKetulD?C partai Hanura Heriyanto,serta Seh:etaris masing_masing.

_ "P,u* hari inijuga, Lori *E_lrt.lliii*1" lagi siapa saja yang ber_runat meqiadi bakal calon Brrp"df*_Darrngga. Formulir pendaftaran bisadiambil di Sekretariat OpC pt<S,-d:rirrdra atau Hanura, sejak hari inilTgC" 20 Februari,,,kata Ketua DpCPf(B, Slamet Wahidin, usai acara de_Iilara$.

. P,"d1 sore itu juga, Ketua DpC Ge_

IlT-1 r*r-. purseto dan kader partai

rarnnya meminta formulir pendjt"rundi sekretariat partai rrr-gGt"?#,

tepat di depan Gedung Dekopinda.Imam purseto danAdi "r"*"""

-"r1"s_

ambil formutir Balon s"oriis"i;?hTop, Fger lainnya mengambil for-

mur:r pendaftaran Balon Wakil Bupati.RestuDpp

,- K:.d.i1i tiga parpol itu 'irisan, darirroarsl lndonesia Hebat (KIH) danKoalisi

{erah putih (KMp). p"aril

murhan tsyesiden tahun lalu, pKB danEErnura merupakan bagian dari KIH,,*€ T"r**ung pasangan Joko Widolo (,rokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Se_

Sgkan Gerindra tergabung dalam11r*ITg mengusung pasangan pra_oowo Subianto dan Hatta Raja-sa.

Hingga aJd:.lu-. 2}l4,keaua talisi itutampak solid di purbalingga. Unsu,pimpinan DPRD aan fomisi_t omlsiordormnasi oleh kader_kader partaiyang tergabung dalam rcWp. S"l""g_

<2

I!,\GTAN I'lt r\{AS SETDA Kr\Bii}ATEN PLIRB.{LIN(;GA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

<>

kan anggota fraksifraksi partai KIHjuga kompak tidakhadir dalam sejum-lah rapat paripurna dewan.

'KIH dan KMP koalisi unh:k pilpressaja. Pilpres sudah lewat dan sekarangkami di daerah memikirkan kepen-tingan di daerah yang sudah di depanmata, yalori pemilihan Bupati danWa-kil Bupati," tutur SlametWahidin.

Senada dengan Slamet, Imam Pur-

seto mengaku sudah mengantongi res-

tu DPP Partai Gerindra unhrk berkoa-Iisi dengan parpol manapun untur'pencalonan Bupati dan Wakil Bupati,termasuk dengan PKB dan Hanurayang berada di kubu KIH. "Dinamikapolitik pusat tentu beda dengan di dae.rah. Jadi konstelasi politihya juga takharus sama," ujar maatan pejabat ese.

lon II Pemkab Purbalingga itu. (Rus)-o

KR-Toto Busmanto

Krulisi tigo porynl meryusung calon Bupati Purbolingga

Page 36: Kliping Berita Tanggal 9 Febuari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN llt]trilA$ $EI'DA PI]IBAIil{OOA

REPUBIIKA sENlN, e FEBRUART 20rs

Desa DipimpinPtt Makin

I Eko Widiyatno

BertambahPtt kades memPunyai keter-batasan terkait kebijakan strate-gis.

PURBALINGGA - Jumlah desa

vang akan dipimpin pelaksana tugas (p1t)

kepita desa (kades) di KabuPatenfurbalingga, Jawa Tengah, kialbertambJh. Kekosongan kades definitifini merupakan konsekuensi yang- terjadiselama masa transisi penerapan Undang-Undang (UU) Nomor 612014 tentangDesa.

Sekarang ini, ada 16 desa di Kabu-paten Purbalingga yang tidak memilikikades def initif . Pasalnya, menyesuaikandengan UU Desa dan Peraturan Peme-rintih (PP) Nomor 4312014, pelaksanaanpemilihan kades (pitkades) di satu daerahLarus dilakukan secara serentak. "IJntukjadwal pelaksanaan pilkades ini, kamimasih menut ggu petunjuk'serta peiak-sanaan (juklak) dari permendagri. Saatini kami dari bagian Tata Pemerintahansud.ah membuat sajian terkait peraturantersebut kepada bupati," kata KepalaBagian Tata Pemerintahan SekretariatDaErah (Setda) Furbalingga, Imam lladi,akhir pekan lalu.

Seiuai UU Desa dan PP 4312014,Imam mengatakan, kades yang habis ma-sa jabatannya Pada 2014 dan 2015

memang tidak bisa diperpaniang lagimasa jabatannya hingga pelaksanaanpilkades serentak berlangsung' Sehingga,^kata

dia, tidak ada kades yang kemudianmenjadi pelaksana tugas (plt) atau punpejabat Jementara (pjs). Untuk mengisikekosongan, kata dia, sesuai keterrtuanyang beilaku, pemkab menunjuk-darikatJngan pegawai negeri sipii (PNS)untuk menjabat sebagai Pit kades'

Karena itu, Ia menYebutkan, PemkabPurbalingga sudah menunjuk plt kades

= untuk ke-16 desa. Sebenarnya, menurut

menjabat sejak Maret tahun IaIu. "Sesuaiketentuan, masa jabatan plt kades se-benarnva hanya enam bulan' Namun, ka-rena sampai jekarang belum bisa dilak-sanakan pilkades serentak, maka jabatanptt mereka kita perpaniang-," ujar dia'

Menurut Imam, jumlah desa Yangakan mengalami kekosongan kades diwilayah Ptirbalingga akan terrs bertam-bah,-apabila pilkades serentak tidak se-

sera terlaksana. Pada Maret ini, ia me-ig"t"krt, akan ada tiga kades iagi yangsridah habis masa iabatannya. Dengandemikian, kata dia, pada Maret menda-tang akan ada 19 desa yang akan dlpim-pin-oteh plt kades. Mengenai plt.kadesini, lmam mengatakan, mempunyai pera-nan yang.a*i derrgan kades definitifdalam frit kebiiat<an. Namun, kata dia,memang ada perbedaan. Ia mengatakan,ptt kades tidak bisa membuat keputusanierkait kebiiakan strategis, sepertipenggunaan uang atau penjualan tanahdesa.

Karena itu, Imam mengharaPkanpilkades serentak akan segera berlang-iung. Mengenai anggaran untuk pelak-sarriannya, menurut dia, akan dilalg-gung sepbnuhnya oleh dana dari APBD'ttatitu, t<ata dia, sesuai dengan ketentuandalam PP Nomor 43 l2O74. "Kami masihmelakukan komunikasi intensif denganKomisi I DPRD Purbalingga terkaitmasalah pendanaan ini," kata dia.

Kepala Badan PemberdaYaan MasYa-rakat besa (Bapermasdes) KabupatenPurbalingga, R Imam WahYudi, mene-gaskan, iesuai ketentuan dalam PP4g/zPt+, anggaran Pilkades memangdibebankan dalam APBD. Namun, iamengatakan, anggaran pilkades ltllug?bisa'diambil dari APBDesa (APBDes)vans dananva bersumber dari Aiokasiban"a Desa [eop). Pasalnya. kata dia,ADD juga sumbernya berasal dari APBD'"Kareni itu, pada saat suatu desa adakegiatan pilkades, bisa saja APBDesamJnganggarkan untuk mendukungkelaicaiin pilkades' Misalnya untukpengkondisian wilayah, pengamanan'dan sebagainYa," uiar dia.

BAGTAN HLA,IAs dia, plt kades itu sudah mulai ada yang I ed: irfan fitrat