kkn lengkap kelompok2

Download kkn lengkap kelompok2

Post on 04-Aug-2015

43 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAB I PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang

Selaras dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara tidak langsung telah menyebabkan kompetisi menuju ke arah yang lebih baik, sehingga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentunya setiap warga selalu bercita-cita agar dapat maju dan berkembang dalam pembangunan disegala hal baik itu berupa fisik maupun non fisik dan secara materil ataupun non materil. Adapun salah satu faktor penentu daripada keberhasilan guna menuju kearah yang lebih baik tersebut adalah peningkatan dan pemerataan sumber daya manusia, karena manusia merupakan subyek dan sekaligus menjadi sasaran daripada kegiatan pembangunan dan pengembangan itu sendiri. Dilihat dari segi akademika, KKN merupakan mata kuliah yang bersifat wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang sudah mencukupi daripada kredit pointnya. Sedangkan dalam peningkatan mutu pendidikan itu dapat didefinisikan bahwa KKN dinyatakan suatu pengabdian kepada masyarakat dengan tidak merugikan masyarakat itu sendiri yang dilakukan secara profesional maupun integral. Bisa juga dikatakan bahwa KKN adalah salah satu bentuk pendidikan dan cara memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalahmasalah pembangunan yang dihadapi.

1

Laporan Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral Angk.64

Kegiatan KKN memberikan manfaat bagi masyarakat apabila pengembangan misi Tri Darma Perguruan Tinggi dilakoni secara profesional oleh setiap individu atau kelompok dari setiap unsur civitas akademikanya dengan kemampuan profesional memposisikan diri sebagai agent of change. Mahasiswa KKN harus mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikuasai secara teori maupun praktek, bertindak dan bersikap untuk siap memberdayakan masyarakat. Adapun peran yang harus ditampilkan oleh mahasiswa adalah : Memberi informasi Pemberi motivasi Memperlancar proses difusi inovasi Penghubung antara asisten

Penyelenggaraan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dimaksudkan untuk membantu masyarakat demi meningkatkan usaha-usaha produktif dan proaktif dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia secara arif serta sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa dalam menemukan masalah dan memecahkan masalah yang dituangkan di dalam program sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa. Universitas Tadulako pada tahun 2012 ini menurunkan mahasiswanya ke desa-desa/kelurahan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan selama di bangku kuliah dengan bentuk Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) angkatan 64 dengan tema Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral. Yang berarti mahasiswa

2

Laporan Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral Angk.64

melaksanakan program sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya dan saling berintegrasi untuk menyelesaikan program di luar disiplin ilmu yang dimiliki. Satu hal yang patut kita ketahui tentang KKN kali ini yang dimodifikasi menjadi KKN Profesi Integral yaitu : Secara programatik, KKN profesi Integral ini akan menjunjung tinggi nilai-nilai partisipatif masyarakat dan profesionalisme

mahasiswa yang bersangkutan. Yang dimaksud nilai-nilai partisipatif dalam hal ini adalah bahwa program kerja yang akan dilaksanakan mahasiswa bukan program kerja yang dibawa dari Fakultas atau perguruan tingginya atau titipan dari orang atau kelompok tertentu tapi benar-benar merupakan kebutuhan prioritas masyarakat atau pemerintah setempat yang disusun dari, oleh dan untuk masyarakat atau pemerintah tersebut. Sedangkan nilai profesionalisme adalah mahasiswa tetap konsisten menjalankan program kerja dalam lingkup profesi keilmuannya. Masyarakat Desa Toga sebagai desa yang menjadi sasaran kami, memiliki

tingkat kepekaan yang cukup tinggi dalam hal ataupun berbagai kegiatan dan memiliki berbagai komponen-komponen yang terdiri dari pemerintah, agama, pendidikan, dan lapisan masyarakat. Dilihat dari Kondisi masyarakatnya, Desa Toga sendiri bisa dikatakan tergolong maju dimana masyarakat sudah mampu menjalani kehidupannya sendiri, tentunya tidak terlepas oleh kehidupan bergotong royong yang menjadi warisan dari leluhur kita. Dengan memanfaatkan potensi-potensi sumber daya lokal yang berada di desa yang sebagian besar ada di sektor perkebunan serta letak Desa Toga yang sangat strategis, yang secara tidak langsung memberikan banyak manfaat bagi pemerintah keluarga, ekonomi,

3

Laporan Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral Angk.64

pusat pada umumnya dan bagi masyarakat Desa Toga pada umumnya. Selain itu, telah banyaknya penduduk yang mengenyam bangku sekolah menjadikan hubungan antar masyarakat di desa terlihat sangat menonjol, dan adanya sifat saling membantu dan gotong royong menjadi bukti bahwa hubungan sosial kemasyarakatan sangat terjaga di desa. Satu sisi yang menjadi unggulan yaitu tingkat kepedulian masyarakat yang tinggi terhadap jalannya roda pemerintahan menjadikan Desa Toga komplit dalam struktur pemerintahannya, campuran perangkat desa dari golongan muda dan tua semakin menambah solidnya kinerja aparatur desa dalam menjalankan dan menstabilkan tata pemerintahan dalam hal pelayanan publik atau birokrasi. Didukung lagi dengan kesadaran masyarakat yang cukup tinggi tentang kesehatan, hal ini dibuktikan dengan ramainya warga dalam hal memeriksakan diri ke Bidan yang terdapat didesa ini. Olehnya itu, semoga laporan ini bisa menjadi bahan evaluasi awal terhadap pelaksanaan kegiatan KKN Profesi Integral Universitas Tadulako khususnya di Desa Toga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong agar pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata selanjutnya dapat berjalan semaksimal mungkin.

1.2

Rumusan Masalah Sesuai hasil observasi dan Lokakarya yang telah kami lakukan, kami

mahasiswa KKN UNTAD angkatan 64 telah menemukan berbagai permasalahan yang telah kami angkat sesuai dengan prioritas permasalahannya. Adapun

4

Laporan Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral Angk.64

permasalahan yang kami temukan di Desa Toga terbagi atas dua bentuk permasalahan, yaitu permasalahan Profesi dan Integral. Program-program Profesi : 1. Data Profil Desa Yang Belum Lengkap 2. Minimnya Pemahaman Siswa-Siswi Tentang Pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Bilologi. 3. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan limbah kulit coklat. 4. Kurangnya pengetahuan masyarakat khususnya remaja terhadap bahaya narkoba dan HIV/AIDS. Program-program Integral antara lain : Pembentukan POSDAYA 1. Kurangnya pemhaman manyarakat tentang POSDAYA.

-

Penataan Desa 1. Renovasi batas wilayah antar dusun 2. Renovasi batas wilayah Desa

-

Penataan Lingkungan 1. Sarana umum dan sarana olah raga yang tidak terawat dan mengalami kerusakan yang harus dibenahi.

-

Perlombaan 1. Kurangnya Partisipasi masyarakat dalam keindahan lingkungan desa

5

Laporan Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral Angk.64

1.3

Maksud dan tujuan Selain menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi, Laporan ini diperuntukkan

guna membantu pemerintah dalam melihat berbagai permasalahan yang telah kami dapatkan serta mencari alternatif dalam pemecahan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Ampibabo khususnya Desa Toga.

1.3.1 Maksud dan Tujuan Umum Adapun maksud umumnya adalah : 1. Memperdalam pengertian terhadap cara berpikir secara profesional dan bekerja sama interdisipliner. 2. Memperdalam pengertian dan penghayatan terhadap pemanfaatan ilmu yang dimiliki oleh tiap mahasiswa. 3. Membantu masyarakat dalam meningkatkan usaha usaha produktif dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia. 4. Memberi penghayatan dan pengertian terhadap berbagai masalah yang dihadapi.

a. Adapun tujuan Umumnya adalah : 1. Memberikan pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat, dan pengalaman Kuliah Kerja Nyata secara profesional sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki oleh masing masing mahasiswa.

6

Laporan Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral Angk.64

2. Untuk lebih mendewasakan mahasiswa dan membiasakan untuk bekerja secara profesional dan bekerja sama dengan mahasiswa yang berprofesi lain yang berlatar belakang ilmu yang berbeda. 3. Meningkatkan kinerja masyarakat dalam memberdayagunakan potensi sumber daya yang dimiliki tanpa mengganggu keseimbangan lingkungan hidup. 4. Memberikan motivasi dan wawasan bagi masyarakat khususnya generasi muda agar dapat berperan aktif di dalam setiap proses pembangunan. 5. Dapat menjadi sumber informasi, sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak baik mahasiswa, Lembaga pengabdian Masyarakat (LPM) khususnya Pemerintah Desa Toga Kecamatan Ampibabo. 6. Sebagai upaya koreksi terhadap pemerintah untuk lebih proaktif memberdayakan, partisipatif, swasta dan lembaga masyarakat lainnya untuk lebih mendukung pelaksanaan pembangunan nasiona. 7. Memberikan masukan terhadap pemerintah, swasta dan masyarakat dalam gerak pelaksanaan pembangunan Desa Toga di Kecamatan Ampibabo. 8. Lebih mendekatkan Universitas Tadulako dengan masyarakat.

b. Adapun tujuan khususnya adalah: 1. Untuk meningkatkan sumber daya manusia dan memberikan pengetahuan tugas pokok dan fungsi aparat desa. 2. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan limbah kulit coklat..

7

Laporan Kuliah Kerja Nyata Profesi Integral Angk.64

3. Untuk menginformasikan dan menghimbau masyarakat khususnya remaja terhadap bahaya narkoba dan HIV/AIDS. 4. Untuk membimbing siswa siswi dalam memahami pelajaran Bahasa inggris,. Matematika, dan Biologi. 5. Untuk melengkapi data profil desa. 6. Untuk perbaikan sarana umum dan sarana olahraga desa. 7. Untuk menguatkan dan mengembangkan minat bakat dalam organisasi desa. 8. Untuk keindahan dan kebersihan lingkungan desa. 9.