kisi^2 un smp 2014

5
- KISI-KISI UJIAN NASIONAL T AHUN PELAJARAN 2012/2013 A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs .1':0MPETENSI 2. Membaca dan mernaharni berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel / diagram, bagan. grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi. antologi puisi. cerpen , buku kumpulan cerpen , cerita anak, buku cerita anak, novel remaja. nove I angkatan 20 - 30-an, dan drama). Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman. petunjuk , rangkuman. teks berita. slogan / poster, iklan. resensi dan karangan, surat pembaca. teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalarn bentuk puisi, pantun, dongeng , cerpen, dan drama. Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak. embaca. Menulis teks berita sesuai konteks. Menulis slo an sesuai konteks. Menulis iklan sesuai konteks. Menulis rurnusan masalah karya ilmiah/saran karya i Im iah/ daftar ustaka.

Upload: ivan-suratno

Post on 02-Jul-2015

2.618 views

Category:

Education


4 download

DESCRIPTION

- Unsmp.com - Kisi -Kisi Un smp 2014

TRANSCRIPT

Page 1: Kisi^2 un smp 2014

-

KISI-KISI UJIAN NASIONAL T AHUN PELAJARAN 2012/2013

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs

1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs

,;:,\S~.; .1':0MPETENSI

2.

Membaca dan mernaharni berbagai teks nonsastra (biografi , artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan. grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi. antologi puisi. cerpen , buku kumpulan cerpen , cerita anak, buku cerita anak, novel remaja. nove I angkatan 20 - 30-an, dan drama).

Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi , surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman. petunjuk, rangkuman. teks berita. slogan/ poster, iklan. resensi dan karangan, surat pembaca. teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalarn bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.

Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.

embaca.

Menulis teks berita sesuai konteks. Menulis slo an sesuai konteks. Menulis iklan sesuai konteks.

Menulis rurnusan masalah karya ilmiah/saran karya i Im iah/daftar ustaka.

Page 2: Kisi^2 un smp 2014

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs

I.

2.

'ju.•"

READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive. procedure. maupun report) dan naratif (narrot ive dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letterle-mai/, short message, advertisement, a1111ou11cement, invitation .. schedule. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau infonnasi tertentu/infom1asi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tu · uan komun ikatif dalam teks berbentuk rocedure. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/infom1asi rinci/infom1asi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tu· uan kom un ikatif dalam teks berbentuk descri tive. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tu 't1an komun ikatif dalam teks berbentuk recount. Menentukan gambaran umum/p ikiran utama paragraf atau informasi tertentu/ informasi rinci/infonnasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tu· uan komun ikatif dalam teks berbentuk re art.

WRITING (Menulis) Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks Mengungkapkan makna secara tertulis rum an bentuk recount/narrative sederhana.

1--~..._~'--~~~~~~~~~~~~~~~~~~

teks fungsional pendek dan esai Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks sederbana berbentuk deskriptif rum an bentuk descri tive!'. rocedure sederhana. (descriptive, procedure. maupun Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat report) dan naratif(narrative dan kalimat an bermakna. recount) dalam konteks kehidupan Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk sehari-hari. membuat ara raf an adu dan bermakna.

2

Page 3: Kisi^2 un smp 2014

' ' 'NQ l .

2.

.., -'·

4.

5.

UN KOMPETENSI

Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan. perbandingan, bi langan berpangkat. bi langan akar. aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah .

Memahami operasi bentuk al.iabar. konsep persamaan dan pe11idaksamaan I in ier. persamaan garis. himpunan. relasi. fung.si. sistem persamaan I in ier. serta penggunaannya dalam pernecahan masalah.

Memahami konsep kesebangunan . sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis. serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

2014-

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan o erasi tambah , kuran , kali. atau baoi ada bi Ian an. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

erbandin an. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

_Qp~rasi bilangan berpangkat atau bentuk akar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bi Ian )an dan deret.

l\ll_~!~ent_u!\~n R~_!_1~f~_~_t?ra1~entu_k_a~lj~· a_b_a_r_. - ·----i

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hi rnpunan. Meny elesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi . Menentukan grad ien, persamaan gar is, a tau arafikn a.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan s istem ersarnaan Ii n ier d ua variabel. Menyelesaikan masalah menggunakan teorema P tha oras. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas

b~.!_l_g!:~_9i!!ar ._ __ _ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kelilin o ban run datar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

._he_~~bangunan atau kongruensi . Me11yelesaikan masalah yang berkaitan dengan huhungan dua garis : besar sudut (penyiku atau

elurus) .

c

0

I-

L

0

p

Menyelesaikan rnasalah yang berkaitan dengan garis- ·~ Q _g_aris istimewa pada segitiga. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan l< unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan I dua lin karan.

r---~~~~~~~~~~~--t~~~~~~~~~~~~~~~~~-;s

Memahami sifat dan unsur ban gun _ ~enentukan unsur-unsur pada ban gun_ rua.n_g_. _ ___ , ruang, dan menggunakannya dalarn Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan T pemecahan masalah. keran ka atau ·arin - ·arin ban tlll ruan .

Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan 111asalah.

Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapi-;annya dalam

~1~1~~11~111_]~~-~ I-~~----- _

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume banoun ruan .

. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas ermukaan ban un ruan >.

Menentukan ~1kuran pe111usatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. I Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

en aj ian a tau enafsiran data. Meny elesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

· -. ~--·- ·--·--------------- - - ---

v

w

'f '(-

Page 4: Kisi^2 un smp 2014

4. ILMU PENG ET AHUAN ALAM SMP/MTs

1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidu an sehari-hari.

2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang. bunyi. dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam keh idupan sehari-hari.

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau enera )an dalam kehidu an sehari-hari. Menentukan konversi suhu pada termometer.

Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidu Jan sehari-hari. Menentukan jenis gerak lurus ata.u penerapan hukum Newton dalam kehidu an sehari-hari. Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .

Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidu an sehari-hari. Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan ada suatu zat. Menentukan besaran ftsis pada getaran atau aelomban . Men_jelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidu an sehari-hari. Menentukan sifa t cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/ lensa atau penerapan

1--------------- ~---·-----------~ optik dalam kehidu an sehari-hari. 5. Memahami konsep kelistrikan dan Menjelaskan g~jala listrik statis dalam penerapan

kemagnetan serta penerapan nya _k_e_h_id_L~1p_a_n_se_l_1a_r_i-_h_a_r_i . _____________ , dalam kehidupan sehari-hari . Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam

6. Memahami sistem tata surya dan proses yang te1jadi didalarnnya.

suatu rangkaian (seri /paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidu an sehari-hari. Menentukan besaran ftsis energi atau daya listrik dalam kehidu an sehari-hari. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub­kutub an dihasilkan. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. Menjelaskan ciri-ciri anggota ta.ta surya a.tau peredaran burni-bulan terhadap matahari.

7 Mendeskripsikan konsep atom. ion Mendeskripsikan atom. ion, dan molekul serta dan molekul dihubungkan dengan hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.

produk kimia sehari-har~--------·--·-·--· - ____ ... -····--------------- ---1

8. Memahami klasifikasi zat serta Mendeskripsikan larutan asam. basa. atau garam.

5

Page 5: Kisi^2 un smp 2014

9.

JO.

I I.

perubahannya.

Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidu an. Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalarn lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.

12. Menjelaskan sistem organ pada manusia.

13 .

14.

Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan

Mengaplikasikan konsep perturnbuhan dan perkembangan. kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisrne serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran terrnasuk rumus kimia Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu se~1a perubahannya. Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat ~lam beberapa produk kimia.

Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat sikotro ika se11a cara men hindarin a.

Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri­cirinya.

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekos istem. Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi encemaran/kerusakan lin kun an.

Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil en amatan/kasus.

Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim­enzim vano ber eran ada roses encernaan . Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan en akit 1an berhubun an den ann a.

Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan en akit an berhubun an den annya. Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan en akit an berhubun an den ann a. Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada man us ia . Menjelaskan struktur clan fungsi jaringan (organ)

-~.!~l~~-L~<!.!2~----------­Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhacla en aruh lin kun an Juar. Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-ercobaan tentan roses tersebut.

Memberi conroh aclaptasi rnakhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.

Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.

Menjelaskan pernanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

6