kisi-kisi bahasa indonesia un 2016

Download Kisi-kisi Bahasa Indonesia UN 2016

Post on 13-Apr-2016

89 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

1

PAGE

BEDAH KISI KISI US/M SD/MI2015/2016

1. Menentukan kalimat utama paragraf tentang makhluk hidup atau lingkungan.

2. Menentukan ide pokok paragrafKalimat Utamamerupakan kalimat inti yang digunakan sebagai acuan pengembangan menjadi sebuah paragraf.Ide pokokadalah inti dari sebuah paragraf atau kita bisa simpulkan dari kalimat utama.Bisa jadi,kalimat utama dan ide pokoknya sama.Jadi,untuk menemukan ide pokok, kita (harus) menemukan dahulu kalimat utamanya.

Contoh

1) Penebangan hutan menjadi penyebab utama kerusakan habitat kupu-kupu. 2) Setiap jenis kupu-kupu sangat tergantung pada jenis pohon tertentu. 3) Jika jenis pohon yang ditebang semakin banyak, jenis kupu-kupu di Indonesia akan semakin berkurang. 4) Julukan sebagai "Negeri Kupu-Kupu" bagi Indonesia pun tidak sesuai lagi.Kalimat utama adalah nomor....(1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.

Ide pokonya adalah:

Ide Pokok:Aremania suporter yang peduli. Atau Kepedulian Aremania.Kalimat utamanya: Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.3. Menentukan simpulan paragrafSimpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. Intinya kalau simpulan kata-katanya tidk harus sama persis dengan paragraf yang ada di soal.Contoh:

Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

A. Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.B. Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakukan dengan berolahragaC. Para remaja di kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokterD. Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif.4. Menentukan pernyataan sesuai isi paragrafPernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah menemukan hal/kajianyang berkaitan dengan isi paragraf yang dimaksud. Bisa juga sebagai pemberitahuan/informasi atau permakluman oleh penulisnya.Lapangan Puputan Badung, Bali, yang berada di seberang timur Kantor Walikota Denpasar, sejak Jumat (27/8) semarak dengan kibaran umbul-umbul beraneka corak dan warna. Di lapangan ini, lebih dari 150 umbul-umbul dari 41 negara, termasuk Indonesia, dipancangkan deretan umbul-umbul dalam umbulumbul Festival 2004. Festival umbul-umbul pertama di Indonesia ini merupakan wadah pertemuan keragaman suku bangsa, agama, adat istiadat, dan seni yang dapat memperkaya khasanah Budaya Bali. (Kompas, 24 Agustus 2004)

Pernyataan yang sesuai paragraf tersebut adalah ...

A. Lapangan Puputan Badung, Bali, terletak di seberang timur Kantor Walikota Denpasar.B. Di lapangan Puputan Badung dipancangkan 150 buah bendera dari 41 negara.

C. Lapangan Puputan Badung, Bali, sejak tanggal 28 Agustusmarak oleh berkibarnya beraneka corak dan warna umbul-umbul.

D. Di lapangan Puputan Badung, Bali, diadakan festival umbul-umbul 2004 yang diikuti 41 Negara Eropa.

5. Menentukankalimat tanya sesuaiisi paragrafContoh

Pemilu Telah UsaiPemilihan umum (pemilu) legislatif telah usai. Bangsa Indonesia baru saja melewati babak baru dalam sejarah kenegaraannya. Babak baru tersebut adalah pemilihan anggota legislatif baik anggota dewan perwakilan rakyat (DPR, DPRD 1, DPRD II) maupun dewan perwakilan daerah (DPD) masa bakti 2014/2019. Masih terbayang dalam ingatan kita, betapa hiruk pikuk dan gegap gempita menyambut kemenangan pesta demokrasi tersebut.Dari Sabang sampai Merauke rakyat berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya di bilik suara yang sudah ditentukan oleh panitia pemilu. Rakyat Indonesia diperbolehkan memilih salah satu wakilnya yang terdapat dalam kartu suara.

Kalimat tanya yang sesuai paragraf kedua dengan bacaan di atas adalah .. ..

A. Kapankah rakyat melaksanakan pemilu?

B. Mengapa pemilu dilaksanakan setiap 5 tahun sekali? C. Di manakah rakyat menggunakan hak pilihnya?

D. Bagaimana cara memilih?6. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya: bagaimana (menanyakan penjesalan tentang suatu) dan mengapa (menanyakan alasan atau sebab suatu timbulnya suatu masalah tandanya: sebab, karena Contoh:

Pencanangan Gerakan Hemat Listrik NasionalBertempat di Museum Listrik dan Energi Baru, Minggu, 27 ApRIL 2008 dilakukan pencanangan Gerakan Hemat Listrik Nasional (GHLN). Pencanangan dilakukan oleh Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan dihadiri para pejabat negara, kalangan pengusaha serta anak-anak sekolah. Acara ini diprakarsai oleh Departemen Energi dan Sumber Daya, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Energy Management Indonesia. Melalui GHLN masyarakat disadarkan untuk membudayakan hemat listrik. Perilaku hidup boros dalam menggunakan listrik harus diakhiri agar laju penggunaan listrik dapat diredam. Selain itu, pemborosan dalam bidang kelistrikan merupakan tindakan tidak terpuji. Bagaimanakah cara menciptakan budaya hemat listrik secara berkelanjutan?A. Mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional di masyarakat.

B. Memprakarsai Gerakan Hemat Listrik Nasional bagi anak-anak.

C. Menanamkan perilaku hidup hemat listrik secaca luas di masyarakat.

D. Mengajak generasi muda dan anak-anak untuk berperilaku terpuji.

Mengapa budaya hemat listrik perlu dilakukan secara berkelanjutan?A. Sebab pemerintah mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional.

B. Karena pemborosan listrik banyak dilakukan generasi muda.

C. Karena para pejabat sudah memprakarsai budaya hemat listrik.

D. Karena energi listrik semakin mahal dan terbatas jumlahnya.7. Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi bacaanMemprediksi kejadian berkaitan dengan isi bacaan peristiwaadalah suatu bacaan yang isinya tidak selesai /tidak tuntas tetapi jika dicermati isinya dapat diprediksi kejadian atau lanjutan peristiwa sebagai suatu logika/hal yang logis. Atau bisa jadi perkiraan berdasarkan isi bacaan, atau masalah yang akan muncul terhdap masalah yang terjadi dalam bacaan. Contoh:

SekarterpilihmenjadiwakilseluruhmuridkelasVIuntukberpidatodiacaraperpisahan sekolah.Sejakbeberapaminggusebelumacara, Sekar berlatihkeras.Tibalahwaktunya,Sekar berpidato pada acaratersebut.

Hal yang diprediksi terjadi berdasarkan bacaan di atas adalah....

A. Sekarberpidatodengansangatbaik, karenasudahberlatih.B. Memuji dan sebaiknya kita meniru usaha Sekar.C. Biasa saja karena Sekar memang pintar.D. Wajar saja Sekar memang sudah terbiasa.

8. Mengambil informasi dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabelDisajikan tipe soal yang diawali dari pernyataan sebuah teks yang berisi informasi, lalu isi teks menjadi kelengkapan dalam tabel. ContohPak Amri adalah seorang pedagang di Pasar Baru. Dia selalu berangkat ke pasar pukul 05.00 WIB. Waktu yang ditempuh Pak Amri setiap hari adalah 1 jam perjalanan dari rumah menuju pasar. Setiap hari Pak Amri melewati rumah pedagang lainnya yang bernama Pak Didin. Pak Amri selalu melewati rumah Pak Didin setiap setelah 15 menit perjalanan dari rumah. Saat itulah Pak Amri melihat Pak Didin yang juga bersiap-siap menuju pasar.

No.NamaBerangkatTibaWaktu Tempuh

1Pak Amri05.00....2)....4)

2Pak Didin...1)....3)....5)

Berdasarkan Teks di atas, isi tabel bernomor 5 adalah....a.15 menitb.30 menitc.45 menitd.60 menit9. Memaknai kata/istilah dalam paragraf dan antonim/ sinonimContoh:

Padiyangmenguningadalah hasil tanam yang dilakukan oleh petani. Petani yang luar biasa tidak mengenal waktu demi berhasilnya tanaman padi.Panasyangmenyengattidak dirasakannya karenamereka tahumasyarakat butuh pangan. Jasanyasungguh besar.

Makna kata jasa pada bacaan di atas adalah.A.Manfaat yang melimpah bagi kita

B.Pelayanan yang terbaik bagi kita

C.Perbuatan yang bergun bagi orang lain

D.Jerih payah yang sangat menguntungkan

Koperasi Harapan memberikan pinjaman modal dengan bunga rendah kepada para anggotanya. Adapun alasan Koperasi Harapan meminjamkan modal tersebut adalah agar anggotanya mampu meningkatkan usahanya sekaligus memiliki warung tetap.

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah....

A. Koperasi Harapan meninjamkan modal usaha kepada para anggotanya agar memiliki warung

B. Koperasi Harapan meminjamkan modal usaha dengan tujuan usaha anggotanya mampu berkembang

C. Rencana koperasi Harapan meminjamkan modal usaha tidak disambut baik oleh anggotanya

D. Koperasi Harapan meminjamkanmodal usaha kepada anggota dengan bunga tinggi

Kata bunga rendah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut memiliki arti....A. keuntungan yang diperoleh orang yang meminjam

B. jumlah keseluruhan peminjaman yang harus dibayarkan

C. kerugian yang diperleh oleh pihak yang meminjamkan

D. biaya tambahan ringan pada peminjaman yang harus di bayarkan

Antonim kata yang digarisbawahi pada paragraf tersebut adalah ....

A. menyimpulkan

C. menambahkan B. menurunkan

D. meluaskan

10. Menetukan topik teks percakapanTopik: pokok pembicaraan/pokok permasalahan. Bersifat lebih khusus