kernel linux

Download kernel linux

Post on 29-Jun-2015

433 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Home Kernel

BasicApa itu Kernel ? Kernel - The Heart of Linux Kernel adalah inti sistem operasi Linux. Sumber segala sumber adalah www.kernel.org Di situs ini Linus torvald bersama ribuan hacker dari segala penjuru dunia merancang bangun kernel dengan standar kualifikasi yang prima. Kernel bukanlah topik yang baik untuk mengawali belajar tentang Linux. Tapi paling tidak Anda sudah berjalan kearah yang benar. :) Kernel adalah suatu program dasar yang menjembatani antara user level dan hardware level. Mengatur multitasking, interupt, penggunaan memory, kerja prosesor, dan lain sebagainya. Semisal Anda menggunakan program writer pada open office untuk mengetik kata HALO APA KHABAR ?, maka pada saat Anda melakukan saving file,Kernel akan mengecek hak akses, mengecek kapasitas yang tersedia, menentukan dilokasi mana file Anda disimpan pada piringan hardisk.

kernel Kernel Linux didesain terisolasi dengan user space. Mode proteksi CPU dan Memory aktif. Maksudnya suatu user program dibatasi agar tidak dapat melanggar hak akses ke, atau lewat kernel . Hal ini yang menyebabkan Linux menjadi sistem operasi yang Tangguh, alias jarang Hang. Bahkan jika seseorang sebagai (user biasa) membuat program khusus untuk 'meng-crashkan' kernel, pada

umumnya juga kesulitan. Pengaturan ketat pada kernel juga berimbas pengaturan Hardware dan software tidak se user friendly di Ms Windows. Tapi hal ini jauh lebih baik daripada siapa saja dapat berbuat apa saja pada sistem Anda :) Pengaturan Kernel tidak harus dilakukan jika orientasi Anda murni sebagai end-user. Setiap distro menyediakan kernel Generic untuk pemakai yang tidak ingin melakukan konfigurasi ataupun kompilasi kernel baru. Jika Anda ingin melakukan optimasi Kernel, syarat minimal yang perlu Anda punyai adalah pengetahuan tentang hardware pada komputer Anda. Syukur jika Anda mengetahui masalah teknis mengenai arsitektur komputer secara umumnya. Mendesain kernel bisa sederhana sampai serumit kayak persamaan integral parsial pas ujian matematika hehehe Ada yang ingin mencoba ?

DefaultKernelKernel Standart Oke ! sebelum lanjut..... Baca bagian di bawah ini dengan hati2 ! Kernel source sendiri berupa source code berukuran 250 MB (untuk versi 2.6.21.5). Berisi ratusan modul dan fasilitas. Mensupport mulai arsitektur X86 sampai Renesas. Anda mengatur parameter Kernel, kemudian melakukan kompilasi. Kompilasi akan menghasilkan modul dan Image Kernel. Inilah yang dipakai saat boot. Ukuran Image ini sekitar 2-4 MByte. Saat ini, istilah Kernel lebih mengarah ke Image Kernel hasil kompilasi. Jadi Ada 'Kernel source' berupa source code kernel dan 'Kernel Image' hasil kompilasi kernel. Anda ---> Parameter-->Kernel Source-->Kompilasi-->Modul + Image. Slackware mempunyai Image kernel standart. Ada huge.s, hugesmp.s dan lain sebagainya. Ceritanya, Patrick Volkerding (pendiri Slackware) mengatur parameter kernel buat orang2 jelek seperti kita. Melakukan kompilasi (kadang istrinya yang melakukan),... dan hasilnya dinamakan generic.s, hugesmp.s, orangjelek.s dan lain sebagainya. Kernel ini siap saji. Seiring berjalannya waktu, orang jelek seperti Anda dan saya tidak puas dengan kernel standart. Mulailah 'Ngoprek' Kernel ! Penuhlah forum linux dengan pertanyaan2 gila mulai dari cara instalasi sampai konfigurasi kernel. Dan... betapa teganya Anda ! Waktu Apel pacar kok buat kompile Kernel ! Hehehe Makanya pada proses instalasi Linux Slackware, Anda akan ditanya Kernel (image) yang akan digunakan. Karena tidak tahu... Anda ENTER aja - pake default hugesmp.s :) Jangan lanjut jika Anda tidak memahami konsep di atas ! Lho ! kok masih terus ? Jangan lanjut jika Anda tidak memahami konsep di atas ! Ulangi membaca 5x sampai jelas. Saya akan menemani sambil minum kopi yang mulai dingin kena AC.

Okedeh, saya akan menjelaskan Opsi Kernel pada Slackware 12. Single Processor Opsi ini ditujukan khusus bagi komputer dengan single CPU. Jika CPU yang digunakan adalah AMD Duron/Sempron/Athlon/Opteron, Intel P2/P3, dan P4, maka gunakan pilihan ini. Maksudnya, CPU yang digunakan hanya mempunyai sebuah Core. (Anda dapat menyebutya Solo Core kalau ingin lebih Keren :) Opsi yang tersedia :

generic.s Generic kernel. Perangkat komputer umum biasanya sudah terkover dengan kernel ini.

huge.s Full Feature kernel. Gunakan kernel ini jika Anda tidak yakin perangkat komputer Anda terdeteksi.

Multi Core - SMP Opsi ini ditujukan untuk komputer yang mempunyai CPU single procesor dengan Dual atau Quad COre atau Multi Processor single/Dual/Quad COre. Versi CPU yang cocok : AMD Athlon X2/FX, Opteron 2xxx ,Intel Pentium D, COre2Duo, dan COre2Duo Quad. Semisal saya mempunyai motherboard dengan sebuah processor Core2Duo, maka pilihan saya termasuk Multi COre. Atau saya merancang sebuah server dengan 2 CPU masing2 processor adalah QUad COre. Opsi yang tersedia :

hugesmp.s Full Featured Kernel. Gunakan pilihan ini jika banyak perangkat keras model baru pada komputer/server Anda.

genericsmp.s Standart Kernel.Opsi ini sudah mencukupi secara umum.

(SMP=Support MultiProcessor.) Berapa banyak Processor yang disupport oleh Kernel Linux? 255 core/Processor !! Hal Penting !!! : Dibawah ini adalah beberapa hal penting yang musti diketahui sebelum berurusan dengan Kernel :) Letak Source Kernel Letak source Kernel adalah di direktori : /usr/src/linux-2.6.x.x File hasil kompilasi vmlinuz atau bzImage Terletak di /usr/src/linux-2.6.x.x/arch/i386/boot System.map Terletak di /usr/src/linux-2.6.x.x config Terletak di /usr/src/linux-2.6.x.x

Folder /boot File hasil kompilasi harus diletakkan di direktori /boot. (vmlinuz,System.map, dan config). Copy secara manual file hasi kompilasi diatas. Catatan : Jika kebutuhan komputer Anda umum, sedapat mungkin menggunakan kernel standart atau kernel generik. Anda tidak akan kebingunan semisal akan mengganti perangkat keras lain merek dan tipe. Jika komputer Anda khusus baik kepemilikan maupun fungsi, semisal laptop (dimana pergantian komponen jarang dan biasanya semerek) Optimasi Kernel Anda. ..........Siap merancang kernel sendiri ?

ConfigurationKonfigurasi Kernel Ada ratusan konfigurasi yang dapat di tweak pada kernel. Untuk menampilkan menu konfigurasi ada beberapa pilihan : make menuconfig Menu kernel sederhana berbasis ncurse (Dapat jalan di Mode teks/grafik)

k3rn el make xconfig Menu berbasis grafik (Anda harus berada di lingkungan X) make config Menu berbasis teks (verbose). Anda akan ditanyai satu persatu. Untuk menjalankan Menu Kernel, Anda harus sebagai root dan berada di direktori: /usr/src/linux-2.6.x.x untuk menjalankan tool konfigurasi tersebut diatas. Pilihan Menu kernel ada 3 : 1. Yes (tanda bintang *)

2. Modul (Tanda M) 3. No (kosong) Gunakan spacebar pada keyboard untuk mengubah option.

optio n kernel Untuk selanjutnya, saya akan menggunakan make menuconfig

OptimasiOptimasi Kernel Siapkan 2 cangkir kopi ! Satu untuk saya :) Lebih baik lagi, sebelum maju perang Anda mendata semua perangkat yang terdapat pada komputer Anda. Meliputi : processor,Chipset kontroler, perangkat grafik, sound, dan lain sebagainya. Tidak perlu terlalu detil tapi cukup jelas :) Misal : Processor:AMD Athlon X2,Realtek sound, Nvidia Geforce, VIA controller (SATA, IDE, ) Langsung saja ! .....................#/usr/src/linux-2.6.21.5/make menuconfig pertama Buang driver/module yang tidak diperlukan ! Oke ! Anda sudah bisa membuang semua Opsi modul/driver dari kernel Anda khan ? Dari pada kernel trial-error 10x memprobe komponen chipset Anda, berikan kepastian pada pacar Anda. oops ! kernel Anda :P Kedua Pengguna desktop : Atur clock Kernel 1000 Mhz Pengguna server : Sudah optimal - 250 MHz:) Pengila Video editing : Atur clock Kernel 300 MHz Ketiga Apa File system yang Anda gunakan ?ext3,reiserfs, exkt4,... ? Buang yang lainnya. Hey ! Anda masih membutuhkan ekstension file system lain seperti Amiga, Solaris, Apple ? Jika tidak, buang saja. Kempat Heem..........belum puas ? Lihat BOOM !

Boom !!Boom !! Saya akan berkomentar silahkan putuskan sendiri. Ini adalah SHARE. Apa yang benar bagi saya mungkin tidak untuk Anda. Ambil yang berguna saja :) Code Maturity level option Jika Anda pilih Y(*), maka modul yang obsolete maupun experimental akan ditampilkan. Jika N, maka hanya yang stabil /terbaru yang ditampilkan. General Setup local string Menambahkan ekstra string pada versi kernel. Misal -smp maka kernel Anda menjadi linux-2.6.21.5-smp. Bagaimana kalau -cuk ? Hehehe Loadable module support Ingin modul di load otomatis ? Jika tidak Anda musti melakukan /sbin/modprobe 'namamodul' manual. Biarkan tetap default slackware. Block layer Bagaimana ukuran transfer file Anda ? Besar2 jarang, atau kecil2 sering ? Untuk pemakaian biasa, biarkan default saja. Processor type and features Processor Famiy --> Pilih yang sesuai dengan processor Anda :) Preemption Model --> Desktop(Voluntary) atawa server ? Timer frequency --> 1000 HZ untuk desktop. Jika Anda pengguna Slackware 11 dan ingin menggunakan kernel >2.6.18 misal kernel 2.6.23, aktifkan Compat VDSO support Catatan : Berulangkali saya membandingkan antara default (Slackware) Processor family=Pentium Pro dengan yang lebih spesifik. Heem tidak ada bedanya Hehehe Preemption dan Timer Frequency punya dampak lebih signifikan, alias terasa bedanya. Lebih Wuzz jika saya memilih Preemption Model Desktop dan Timer Frequency=1000 HZ. Tapi saya tidak menerapkan hal ini di Server yang menjalankan Apache , MySQL, dan Sendmail saya Hehehe. Lihat di help Kernel untuk keterangan lebih lanjut. Power Management Support ACPI Jika Anda pengguna Laptop, aktifkan pilihan AC adaptor, fan, video, Batterey, button,Processor, dan thermal. Jika Anda pengguna laptop TOshiba, aktifkan ekstra Toshiba juga. CPU Frequency scaling Hilangkan saja modul ini kecuali Anda menggunakan laptop yang Processornya bisa diatur frekuensinya. (Centrino atau Turion) P

Recommended

View more >