kekar kolom gunung padang 01 04 2014

18
GEOLOGI dan “TEKSTUR” SITUS GUNUNG PADANG Andri Subandrio 01 April 2014 Geologi – FITB -ITB Situs Megalitik Gunung Padang akhir-akhir ini menjadi berita yang hangat di media masa. Sebagian besar meyakini bahwa susunan kekar kolom (KK) di permukaan Gunung Padang adalah suatu “bangunan” hasil karya manusia purba. Semua KK yang berada di situs ini juga tidak diragukan sebagai proses geologi alamiah aktivitas gunung api yang menghasilkan lava. Namun yang tak kalah menarik, terdapat beberapa “tekstur” yang dijumpai pada anak-anak tangga yang berupa susunan KK hingga pada teras-teras. yang Observasi yang saya lakukan ini “semuanya” berupa pengamatan visual fotografi yang dapat diterjemahkan sebagai “tekstur”. Sebagai pembanding, disini disajikan beberapa tekstur yang kerap dijumpai pada endapan lava gunungapi, antara lain dari Lagadar Cimahi dan Jailolo, Halmahera. Saya serahkan penilaian pada pemirsa, tekstur-tekstur mana saja yang diyakini memang berasal dari proses alamiah geologi dan buatan manusia. Fotografi Andri Subandrio

Upload: kristyo-adhi

Post on 25-Nov-2015

71 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Foto-foto tentang kekar kolom gunnung Padang

TRANSCRIPT

  • GEOLOGI dan TEKSTUR SITUS GUNUNG PADANG

    Andri Subandrio01 April 2014Geologi FITB -ITB

    Situs Megalitik Gunung Padang akhir-akhir ini menjadi berita yang hangat di media masa. Sebagian besar meyakini bahwa susunan kekar kolom (KK) di permukaan Gunung Padang adalah suatu bangunan hasil karya manusia purba. Semua KK yang berada di situs ini juga tidak diragukan sebagai proses geologi alamiah aktivitas gunung api yang menghasilkan lava. Namun yang tak kalah menarik, terdapat beberapa tekstur yang dijumpai pada anak-anak tangga yang berupa susunan KK hingga pada teras-teras. yang Observasi yang saya lakukan ini semuanya berupa pengamatan visual fotografi yang dapat diterjemahkan sebagai tekstur. Sebagai pembanding, disini disajikan beberapa tekstur yang kerap dijumpai pada endapan lava gunungapi, antara lain dari LagadarCimahi dan Jailolo, Halmahera. Saya serahkan penilaian pada pemirsa, tekstur-tekstur mana saja yang diyakini memang berasal dari proses alamiah geologi dan buatan manusia.

    Fotografi Andri Subandrio

  • Endapan lava berkekar kolom di kawasan Lagadar, Cimahi tersingkap karena penambangan kuari CV. Gunung Batujajar. Batuan yang berkomposi basaltis andesit ini diendapkan sebagian sebagai dyke atau korok dan lava. Susunan kekar kolom nampak saling mengunci dan berhimpitan tanpa jeda. Kotak putih inset mewakili foto rinci F hingga I. Fotografi, Andri Subandrio 25 Maret 2014.

    KOMPLEKS KUARI CV. GUNUNG BATUJAJAR, LAGADAR CIMAHI.

    E F G

    H I J

    K

  • KOMPLEKS KUARI CV. GUNUNG BATUJAJAR, LAGADAR CIMAHI.

    Sebagian endapan lava telah mengalami pelapukan, diantara nya spheroidalweathering atau onion skin weathering (pelapukan mengulit bawang) yang dicirikan oleh lapisan-lapisan oksida besi konsentris berbentuk elipsoid dengan inti yang masih segar yang juga berbentuk elipsoid. Selain lava di Lagadarterdapat juga endapan breksi gunungapi (volcanic breccia) yang sebagian besar menampakan fragmen-fragmen lava (hitam) yang disemen oleh tuf (tuffpyroclastic) yang berwarna putih. Fotografi, Andri Subandrio 25 Maret 2014.

  • Gunung Padang Lagadar Cimahi

    P

    R H

    I

    P. Kenampakan KK berbagai diameter yang tersusun relatif horinsontalatau rebah, berjeda, yang dikombinasikan dengan susunan tegak pada latar depan. Pada sisi kiri dan kanan tengah tampak kontras perbedaan diameter KK. Foto R menunjukkan susunan KK malang melintang dengan jeda yang terisi tanah.

    I. Kenampakan KK dengan diameter relatif seragam yang tersusun relatif horinsontal atau rebah. Antara satu batang KK dengan lainya saling mengunci, sangan rapat, tanpa jeda dan tanpa pengisi (Foto I). Struktur saling mengunci ini tidak hanya tampak dipermukaan, tapi menerus sepanjang KK seperti yang tampak pada foto H.

  • Ciri-ciri tekstur gelembung gas alami pada lava (vesicular) :1. Tidak pernah oval atau memanjang sempurna2. Lubang gas tidak pernah tunggal, selalu merupakan himpunan

    bahkan sebagian dapat membentuk jaringan3. Lubang vesikular cenderung mengikuti aliran lava dapat

    memanjang dan melebar-menyempit, dan besar-kecil seperti tetes air.

    4. Sebagian lubang dapat terisi mineral (amygdalod) serta diameter lubang hanya sekitar 5cm.

    5. Bila lava tebal, lubang gas yang terdapat didasar lava berukuran lebih halus dibandian dibagian atas yang lebih kasar.

    6. Lubang gas pada umumnya berasosaisi dengan lava yang lebih kental atau viskositas sedang tinggi, sedangkan basalt rendah (cair). Walaupun tidak menutup kemungkinan bila lava mengalir pada permukaan yang mengandung air, maka air yang menguap akan menjadi gas didalam lava dan membentuk tekstur vesikuler.

    Tekstur Gelembung Gas Pada Lava

    Jailolo, Halmahera

    Jailolo, Halmahera

    Subang, Jawa Barat

  • Pada sebagian sisi KK terdapat cekungan-cekungan mirip mangkok atau saluran oval maupun memanjang. Adakah ini alami (geologi) atau dibuat (diukir) oleh manusia? ! Apabila alamiah geologi maka kemungkinannya adalah sisa-sisa lubang gas atau rekahan yang bisa jadi diperhalus oleh erosi air hujan. Bagaimanakah ciri-ciri lubang gas vesikularatau rekahan pada lava? Apa yang menjadi kendalanya atau syaratnya?

    Gunung Padang

  • Lubang-lubang oval ataupun memanjang pada sebagian sisi himpunan KK tidak menunjukan ciri-ciri yang pada umumnya terdapat pada vesicular lava sebenarnya. Kemungkinan besar cawan-cawan oval atau memanjang adalah buatan manusia yang kemungkinan menyimbulkan huruf ataupun gambar atau cawan air atau hidangan?

    Gunung Padang

  • Gunung Padang, Cianjur Jailolo, HalmaheraUkiran atau cetakan negatif pada sebagian permukaan batang KK Gunung Padang tampak mandiri dan sebagian memperlihatkan kesan batuan ditatah, dikikis, dan digerus serta dibuat cekung (lihat penampang AB) oleh benda yang lebih keras. Selain itu bentuknya seperti simbol-simbol yang dibuat oleh manusia. Selain lubang-lubang yang bernampang mirip setengah lingkaran akibat gerusan, relatif soliter dan tidak memenuhi bidang atau permukaan KK.

    Tekstur gelembung gas pada lava umumnya berkelompok dan lubang-lubangnya tersebar pada hampir semua permukaan. Lubang besar dan kecil tersebar acak. Penampang lubang-lubang gas sangat bervariasi (penampang CD), selaitn itu dapat menampakan tekstur aliran lava seperti pada foto dibawah ini .

    A

    A

    B

    B

    C

    D

    C

    D

  • http://www.lilburnes.org/Students/Caves/lava_caves_geraldine.htm

    http://www.themostepic.com/2012/09/12/dope-collective-23/

    The landscape is quite open, the lava tube cave entrances are scattered all around the area. It is possible to explore the caves on your own and we went into several of the caves.

    http://cynthia-stcharles.blogspot.com/2012/01/travel-log-tuesday-lava-beds-national.html

    Pada lapisan lava basalt yang sedang mengalir, terutama yang relatif tebal, misalnya lebih dari 10 meter tebal, lapisan terbawah dan teratas akan membeku lebih dahulu membentuk lapisan kerak. Sementara dibagian tengah bisa jadi tetap cair dan mengalir. Bila bagian lava yang tedapat ditengah mengalir terus dan diendapkan disuatu tempat. Bagian tengah yang ditinggal aliran lava akan meninggalkan terowongan atau tabung yang sering dikenal juga sebagai lava tunnel atau lava tube yang kini masih bisa disaksikan di Hawaii dan Iceland. Sisa terowongan lawa di Indonesia antara lain terdapat di kompleks gunungapi Jailolo, Halmahera dan pantai selatan pulau Pantar Nusa Tenggara Timur.

    Ruangan Bawah Tanah atau Guha Dalam Lava

  • Lava Tube/Lava Tunnel Jailolo - Halmahera

    Jailolo, Halmahera

  • Lava Tube/Lava Tunnel Jailolo - Halmahera

    Jailolo, Halmahera

  • Cobek Batu LE (Lotek Entin)

    Cekungan Bundar

    Pahatan Parit ?

    Cekungan Parabola ?

    Cekungan Bundar (Elipsoid ?)

    Cekungan Parabola

    Coet atau Cobek dari lempeng batu lava yang permukaannya dicekungkan, kemungkinan sudah cukup lama dipergunakan sebagai peralatan dapur untuk menggerus, menghaluskan aneka bumbu, sambel hingga lotek. Pembuatan cobek moderen dilakuang pertama tamadengan menatah pertama-tama batu secara bersudut kearah titik pusat. Cekungan kemudian dihaluskan menekankan batu yang lebih keras atau sama sambil mengikis. Pemakaian mutu pada dasar cobek sambil menekan untuk menghaluskan bumbu, dalam waktu lama dapat memperhalus dan memperdalam cekungan cobek.

    Cobek Batu Lava

    X Y

    X Y

    CobekMut

    uk

    COBEK BATU SEBAGAI ALAT DAPUR

    POLA CEKUNGAN-CEKUNGAN KECIL PADA PERMUKAAN KEKAR KOLOM GUNUNG PADANG

  • http://legacy.belmont.sd62.bc.ca/teacher/geology12/photos/volcanoes/plutons.htm

    MORPHOLOGY OF IGNEOUS ROCKS

    Analogi untuk endapan lava Gunung Padang

  • http://www.geocaching.com/geocache/GC37DZE_millaa-millaas-columnar-basalts

    Kurus Gemuk

    Mekanisme Pembentukan Kekar Kolom Pada Endapan Lava

  • As the lava cools, it contracts, creating localzones of extension in the newly forming rock,which results in the formation of joints. Thefractures are regularly spaced and usuallyorganized in a hexagonal pattern. Source:Elizabeth Davis, Tessellations in the EasternSierra, 2012

    A diagram explaining how columnar jointing forms in a cooling body of rock. Diagram from Dr. Malcolm Reeves's website at the Univerisity of Saskatchewan. Diagram taken from here: http://homepage.usask.ca/~mjr347/prog/geoe118/geoe118.054.html

  • : Daerah Pemetaan : Area Situs Gunung padangKeterangan :

    JampangFormation

    HornblendeAndesite

    TuffaceousBreccia

    Gunung Padang

    TuffaceousBreccia

    Peta Geologi Regional Lembar Cianjur (Sudjatmiko, 1972). Inset adalah posisi Situs Gunung Padang)

  • PETA GEOLOGI DAERAH GUNUNG PADANG DAN SEKITARNYA

    Mohammad Zaky (2014)

  • Lava basalt berkekarkolom Gunung Padang

    Satuan IntrusiBasalt-Andesit

    Satuan Tuf

    Satuan BreksiPiroklastik

    Satuan Lava Basalt-Andesit

    Satuan Tuf

    Satuan TufSatuan Tuf

    Satuan IntrusiBasalt-Andesit

    Satuan Lava Basalt-Andesit

    Satuan Lava Basalt-Andesit

    Pasir Bogor

    Pasir Bogor

    Pasir Domas

    Pasir Keramat

    Pasir Gombong

    PENAMPANG GEOLOGI DAERAH GUNUNG PADANG DAN SEKITARNYA

    Mohammad Zaky (2014)