keanekaragaman vertebrata - osteichthyes

Click here to load reader

Post on 14-Aug-2015

63 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

keanekaragaman vertebrata

TRANSCRIPT

Keanekaragaman Vertebrata OSTEICHTHYES

OsteichthyesOsteichthyes (L., osteon = tulang sejati, ichthys = ikan) merupakan salah satu takson Vertebrata yang terdiri atas ikan-ikan yang rangka tubuhnya tersusun atas tulang sejati. Takson ini mencakup iktiofauna yang hidup di berbagai macam perairan, baik tawar (sungai, danau, lebung, rawa dan sebagainya), air payau (estuaria), maupun air laut. Saat ini di seluruh dunia perkirakan terdapat 27.977 spesies yg terdeskripsikan valid dan diperkirakan jumlah ini akan bertambah hingga 32.500 spesies (Nelson, 2006).Najmi Firdaus

Ichthys?Jika dihubungkan dg sejarah awal perkembangan Agama Kristen istilah (Ichthys) pada masa itu digunakan sbg kode rahasia yg merupakan akronim dari " , , ", (Isous Christos, Theou Yios, Str), yang jika diterjemahkan ke dlm bahasa Inggris menjadi "Jesus Christ, God's Son, Savior". Iota (i) huruf pertama dari Isous (), kata dlm bhs Yunani untuk Yesus". Chi (ch) huruf kedua dari Christos (), kata dlm bhs Yunani untuk yg diurapi/diminyaki". Theta (th) huruf ketiga dari Theou (), kata dlm bhs Yunani untuk milik Tuhan,. Ypsilon (y) huruf keempat dari (h)yios (), kata dlm bhs Yunani untuk Anak". Sigma (s) huruf kelima dari str (), kata dlm bhs Yunani untuk Juru selamat/penyelamat".

Najmi Firdaus

Karakteristik Osteichthyes

Najmi Firdaus

Karakteristik Osteichthyes

Najmi Firdaus

Morfologi & Anatomi Osteichthyes Mulut pada posisi terminal. Operculum (katup insang). Gelembung renang (swim bladder/vesica natatoria)

Najmi Firdaus

Osteichthyes dan Manusia Bahan makanan Jenis komersil: sardin, kod, tuna, dll. Miscellaneous: ikan buntal (Tetraodon spp.) dll.

Bahan obat/vitamin Budidaya perikanan Ikan konsumsi Ikan hias

Fishing Biondikator kualitas perairan Objek riset

Najmi Firdaus

Biologi Osteichthyes Distribusi/keragaman habitat kutub utara dan selatan sampai daerah di sepanjang khatulistiwa Ditemukan pula pd ketinggian 5200 m dpl sampai -7000 m dpl di sungai, danau, di perairan dangkal sampai kedalaman >30.000 kaki di perairan bersuhu 2 m (Arapaima gigas) Bentuk tubuh bervariasi: spt jarum sampai bulat spt bola progenetica, CMK 18496, Warna bervariasi: cerah Paedocypris (a, b) male, ca 9mm; (c) female, ca 8.8mm mencolok sampai kusam (Kottelat et al. Proc. R. Soc. B 2006;273:895-899)).Najmi Firdaus

Biologi Osteichthyes Waktu aktif Diurnal Nokturnal Krepuskular

Perilaku sosial Soliter Koloni Gregarius

Najmi Firdaus

Klasifikasi

Najmi Firdaus

Kelas Sarcopterygii Sirip ekor bertipe diphycercal Memiliki sirip-sirip berpasangan yang terletak di bagian median tubuh Sirip dg tulang dan otot yg kokoh Rahang bergigi, dilapisi enamel. Insang bercelah tunggal dilindungi operculum.

Najmi Firdaus

Latimeria sp. (Subkelas Coelacantimorpha) dan wilayah ditemukannya (kembali?)

Najmi Firdaus

Kelas Actinopterygii Sirip dorsal tunggal atau terbagi 2 atau 3. Sirip berpasangan yg ditopang oleh jari-jari sirip yang berasal dari tulang dermal. Memiliki gelembung renang yang berfungsi terutama sebagai organ hidrostatik.

Najmi Firdaus

Kelas Actinopterygii Subkelas Neopterygii Skeleton terdiri atas tulang sejati. tulang sirip pd sirip dorsal dan sirip anal berjumlah sebanding dg kekuatan menopangnya Sirip ekor bertipe homocercal. Sisik jika ada bertipe cycloid, ctenoid atau ganoid.

Najmi Firdaus

Beberapa Ordo Anggota Subkelas NeopterygiiOrdo Anguilliformes Tubuh memanjang. Ekor pipih bilateral. Kulit dengan atau tanpa sisik. Operculum tereduksi. Mengalami metamorfosis.

Contoh: Anguilla anguilla (ikan sidat/sidat Eropa), Anguilla rostrata (sidat Amerika).Najmi Firdaus

Najmi Firdaus

Beberapa Ordo Anggota Subkelas NeopterygiiOrdo Clupeiformes Tubuh umumnya berwarna keperakan. Bentuk tubuh pipih vertikal. Pelagic (berenang bebas terutama ke permukaan air). Hidup berkoloni (bergerombol).

Contoh: Stolophorus commersonii (teri), Notopterus sp.(belida), dan Chanos chanos (bandeng).

Najmi Firdaus

Beberapa Ordo Anggota Subkelas NeopterygiiOrdo Cypriniformes Bersisik, umumnya bertipe cycloid. Sirip dorsal tunggal dan tidak berduri. Sirip perut pada posisi abdominal. Gelembung renang berhubungan dengan esophagus melalui sebuah saluran (pneumatic duct) yang disebut juga physostomous (phys=gelembung, stoma=mulut).

Contoh: Cyprinus carpio (ikan mas) dan Serrasalmus mattereri (piranha).Najmi Firdaus

Beberapa Ordo Anggota Subkelas NeopterygiiOrdo Syngnathiformes Rahang atas dan bawah berfusi membentuk bangunan seperti buluh atau tabung dan rongga mulut terletak di ujungnya. Tubuh tertutup lempeng-lempeng tulang. Jari-jari sirip dorsal dan sirip ventral tidak bercabang. Contoh: Hippocampus spp. (kuda laut).Najmi Firdaus

Bahan UTS Pendahuluan .... Filum Chordata : SubF Vertebrata Chondrichthyes Osteichthyes

Najmi Firdaus

Selamat menempuh UTSSekian dan Terima Kasih