karya tulis ilmiah susu kedelai

Click here to load reader

Post on 23-Jun-2015

10.857 views

Category:

Documents

13 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

KARYA TULIS ILMIAHProses Pembuatan dan Kandungan Gizi pada Susu Kedelai

MODERATOR NOTULEN PEMAKALAH ANGGOTA

: Stefanus Desianto Hariyadi : Rosidah Fitria : Ice Rozalina : Maria Loviana Tuti Jestika Maretta Jonson Hutasoit Mutia Marda Lena

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MANDAU KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS RIAU 2010Sman1mandau.blogspot.com Page i

LEMBAR PENGESAHAN

JUDUL MAKALAH

: PROSES PEMBUATAN DAN KANDUNGAN GIZI PADA SUSU KEDELAI

MENYETUJUI,

GURU PEMBIMBING

MODERATOR

Hj. Erwina Amir, S.Pd NIP: 19610106-198512-2-001

Stefanus Desianto Hariyadi

MENGETAHUI,

KEPALA SEKOLAH SMAN 1 MANDAU

IRZALDI, S.Pd NIP: 19600911-198503-1-006

Sman1mandau.blogspot.com

Page ii

ABSTRAK

Kedelai merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Kedelai merupakan salah satu komuditas yang mendapat prioritas untuk dikembangkan menjadi berbagai macam produk makanan seperti susu kedelai. Pada saat ini,susu kedelai mulai populer di kalangan banyak masyarakat sebagai pilihan baru selain susu sapi. Susu kedelai mudah didapat dan harganya pun relatif murah. Selain itu, susu kedelai terkenal dengan nilai gizinya yang kaya (protein lengkap), berkalsium tinggi dan merupakan salah satu makanan yang mengandung 8 asam amino yang penting dan diperlukan oleh tubuh.Susu kedelai juga unik karena bebas dari racun_kimia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan serta kandungan gizi yang terdapat di dalam susu kedelai. Penelitian dilaksanakan di salah satu pabrik susu kedelai di DuriRiau .Hasil penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai memiliki kandungan protein lengkap, berkalsium tinggi, dan kandungan gizi lainya yang sangat penting dan bemanfaat bagi tubuh manusia.

Sman1mandau.blogspot.com

Page iii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis sampaikan kepada Allah SWT karna atas petunjuk-Nya, penulis bisa menyelesaikan Makalah Karya Tulis Ilmiah ini . Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua penulis dan Guru Pembimbing yang dengan segala kesabaran dan keikhlasan membimbing penulis denga penuh ketelitian dalam memberikan ide dan petunjuk dalam menyelesaikan Makalah Karya Tulis Ilmiah, begitu juga kepada saudara atau rekan-rekan yang telah mendukung dan membantu penulis untuk membuat Makalah Karya Tulis Ilmiah ini.

Ketertarikan penulis menulis Makalah Karya Tulis Ilmiah judul Proses Pembuatan dan Kandungan Gizi pada Susu Kedelai karena susu kedelai merupakan salah satu objek yang populer di tengah masyarakat. Di samping itu, susu kedelai memiliki banyak manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Penulis mengharapkan Makalah Karya Tulis Ilmiah ini dapat berguna bagi masyarakat. Penulis menyadari bahwa tidak ada yang sempurna di atas dunia ini selain Sang Khaliq Allah SWT. Untuk itu penulis sangat mengharapkan saran-saran dan kritikan dari pembaca demi kesempurnaan Makalah Karya Tulis Ilmiah ini. Akhir kata penulis berharap semoga Lembar Karya Tulis Ilmiah ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca Karya Tulis Ilmiah ini.

Duri, Maret 2010

Penulis

Sman1mandau.blogspot.com

Page iv

DAFTAR ISILEMBAR PENGESAHAN ....................................................................................................ii ABSTRAK ............................................................................................................................iii KATA PENGANTAR ............................................................................................................iv DAFTAR ISI .........................................................................................................................v

Bab I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang .....................................................................................................6 1.2 Rumusan Masalah ................................................................................................6 1.3 Tujuan ................................................................................................................6 1.4 Manfaat .............................................................................................................6

Bab II LANDASAN TEORI ...............................................................................................7 Bab III METODOLOGI PENELITIAN 3.1 Waktu dan Tempat ...............................................................................................8 3.2 Metoda ................................................................................................................8

Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN 3.1 Perbandingan komposisi susu kedelai dan susu sapi .............................................10 3.2 Kandungan gizi ....................................................................................................11 3.3 Manfaat lain dari susu kedelai .............................................................................12

Bab V KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan ..........................................................................................................13 4.2 Saran ................................................................................................................13

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................................14 LAMPIRAN .........................................................................................................................15

Sman1mandau.blogspot.com

Page v

BAB I PENDAHULUAN1.1 Latar belakang Selama ini kita lebih mengenal susu sapi dibandingkan dengan susu kedelai, sehingga persepsi yang berkembang selama bertahun-tahun adalah jika ingin anak tumbuh sehat dan cerdas kita harus memberikan anak susu sapi secara rutin selama masa pertumbuhannya, tetapi apakah pendapat ini benar? Di Cina, susu kedelai disebut juga sebagai daging tanpa tulang karena protein yang terkandung di dalamnya dikenal setara dengan protein yang terdapat pada daging, susu sapi dan telur. Malahan susu kedelai diketahui sebagai salah satu dari tidak banyaknya sumber akanan dari tumbuhan yang paling mendekati dalam memenuhi semua bagian penting dalam asam amino (pembangun protein)

1.2 Rumusan Masalah Adapun yang menjadi permasalahan dalam Makalah Karya Tulis Ilmiah ini adalah: Bagaimanakah cara pembuatan susu kedelai dan apa sajakah kandungan gizi yang terdapat pada susu kedelai ?

1.3 Tujuan Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan cara pembuatan susu kedelai serta kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

1.4 Manfaat Informasi yang diperoleh dari penulisan Karya Tulis Ilmiah ini dapat di jadikan masukan untuk pengelolaan dan pemanfaatan kacang kedelai sebagai salah satu makanan tambahan yang efisien dan terjangkau serta bergizi tinggi.

Sman1mandau.blogspot.com

Page 6

BAB II LANDASAN TEORIKedelai terkenal dengan nama Soyabean dan nama-nama ilmiah lainnya seperti: Dolichos soja Glycine soja G. Hispida Soja max Namun Kedelai dalam ilmu sains lebih dikenal sebagai Glycine max Merrill ,yakni salah satu tanaman polong-polongan yang dalam bahasa mandarin disebut juga Yellow Bean (Kacang Kuning)Kedelai dikenal sejak 4000-5000 tahun SM. Kedelai berasal dari Mansjuria dan Cina bagian timur, lalu dari China diperluas ke wilayah Jepang dan Korea. Hasil pertanian yang terkenal ini juga sangat populer di Eropa, USA dan Amerika Selatan. Kedelai dikenal sebagai The Green Milk (Susu Hijau) di negara-negara Eropa.

Kedelai telah lama dikenal

sebagai sumber protein. Komoditi ini

ternyata juga

berpotensi sebagai sumber zat gizi lain selain protein, yaitu mineral, vitamin B, karbohidrat kompleks dan serat makanan. Disamping diolah secara tradisional dengan direbus, dikukus, dan disayur, sebenarnya potensi penggunaannya sangat luas untuk menghasilkan produk baru. Misalnya sebagai bahan baku tepung campuran (flour mix) yang dapat digunakan dalam pembuatan berbagai produk pangan seperti,tahu,tempe,kecap,susu dan lain-lain. Proses pengolahan kedelai menjadi berbagai makanan pada umumnya merupakan proses yang sederhana, dan peralatan yang digunakan cukup dengan alat alat yang biasa dipakai di rumah tangga, kecuali mesin pengupas, penggiling, dan cetakan. Kedelai dapat menyumbang banyak protein dan zat gizi lain bagi masyarakat di negara maju dan negara berkembang. Karena kandungan seratnya tinggi, maka kacang kedelai juga dapat dijadikan sumber serat.

Kedelai mempunyai keistimewaan lain, yaitu berharga murah, berprotein tinggi, kandungan lemaknya pada umumnya baik untuk kesehatan dan mengandung berbagai mineral dalam jumlah yang cukup banyak.

Sman1mandau.blogspot.com

Page 7

BAB III METODOLOGI PENELITIAN2.1 Waktu dan Tempat Adapun penelitian ini dilaksanakan pada : Waktu : 1 - 6 Maret 2010 Tempat : Pabrik Susu Kedelai 2.2 Metoda Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan susu kedelai ini adalah kedelai 1 kg,air panas 8 liter,air dingin untuk perendaman 3 liter, Gula pasir 100-200 gram,panili 2 gram,Garam 15 gram,1 helai daun pandan. Alat-alat yang digunakan adalah panci,penggiling dari batu,kain saring atau kain blacu,tungku atau kompor. Adapun proses pembuatan susu kedelai adalah sebagai berikut: 1) Bersihkan kedelai dari segala kotoran, kemudian cuci; 2) Rebus kedelai yang telah bersih selama kira-kira 15 menit, lalu rendam dalam air bersih selama kira-kira 12 jam; 3) Cuci sampai kulit arinya terkelupas. Hancurkan dengan penggiling dari batu; 4) Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. Aduk-aduk campuran sampai rata; 5) Saring campuran dengan kain saring, sehingga diperoleh larutan susu kedelai; 6) Tambakan gula pasir,panili, daun pandan , dan garam ke dalam larutan susu, lalu aduk sampai rata dan panaskan hingg