karakteristik & ciri pemuda islam

Download Karakteristik & Ciri Pemuda Islam

Post on 12-Dec-2014

137 views

Category:

Documents

15 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Karakter pemuda Islam Ada empat karakter yang dimiliki oleh pemuda Islam; Iman Ikhlas Semangat Amal

Adapun dasar empat karakter di atas adalah; Iman berdasar pada nurani yang cerdas dan menyala Ikhlas berdasar pada hati yang bertaqwa (bersih) Semangat berdasar pada perasaan yang kuat dan menggelora Amal berdasar pada kemauan yang kuat

Ciri-ciri kepribadian pemuda Islam; Ciri Ciri Ciri Ciri khas khas khas khas dalam dalam dalam dalam aqidah ibadah akhlaq penampilan

Ciri khas dalam aqidah; Tidak mencampur-adukkan aqidahnya dengan aqidah yang bathil (buruk) seperti bidah, takhayul dan khurafat. Mengimani apa yang diimani oleh kaum muslimin pertama, Rasulullah, para sahabat, para salafussholeh, dan para imam yang telah diakui kebaikan, kesholehan, ketaqwaan dan pemahaman mereka yang lurus mengenai agama Islam yang mulia ini. Tujuannya, pemikirannya dan seluruh urusan duniawinya sepenuhnya mengacu pada 2 sumber pokok, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Konsisten dengan ajaran Islam, baik dalam aqidah, pemikiran, maupun dalam tindakan.

Ciri khas dalam ibadah; Pola ibadah seorang mukmin harus berbeda dengan pola ibadah agama lain. Misalnya natalan bersama, valentine days, dll. Sungguh-sungguh dan konsisten dalam menjalankan kewajiban dan ketaatan kepada Allah dimanapun ia berada dan dalam kondisi apapun juga, tanpa ada unsur-unsur keberatan, perasaan marah, dan sikap meremehkan. (Qs 41:33) Ibadah seorang mukmin harus hidup dan tersambung kepada Allah. Inilah yang disebut dengan ihsan. Membiasakan diri untuk sholat tahajud. Karena sholat tahajud merupakan mesin keimanan yang paling besar. Menyediakan waktu untuk tilawah ataupun membaca buku lainnya. Membiasakan berdoa kepada Allah dalam setiap keadaan.

Ciri khas dalam akhlaq Benar dalam ucapan dan tindakan. Menahan pandangan. Menjaga lisan. Malu. Pemaaf dan sabar. (Qs Asy-Syuura 43, Qs AlHijr 85, Qs Az-Zumar 10, Qs Nuur 22, Qs Furqon 63). Randah hati dan tidak sombong. Menjauhi prasangka dan ghibah, dan mencari-cari aib sesama muslim. Dermawan dan pemurah. Menjadi teladan yang baik.

Ciri khas dalam penampilan Menjaga kebersihan. Berpakaian rapi, sopan dan menutup aurat. Tidak meniru-niru orang kafir. Bagi muslimah, diperintahkan memakai jilbab. Tidak bertingkah seperti banci.