kabar tenesan

Download Kabar Tenesan

Post on 23-Jul-2016

214 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Berita dunia tenis Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta

TRANSCRIPT

  • Tenis menjadi ba -gian dari rekreasi,khususnya bagipecinta olahragatenis lapangan.

    WATES Olahraga tenislapangan telah menjadi kebu -tuhan bagi sebagian warga Kabu -paten Kulonprogo, Daerah Isti -me wa Yogyakarta (DIY). Sebabolah raga ini cukup menyenang -kan dan menyehatkan.

    "Saya itu sudah tidak punyatanggungan anak lagi. Kalauanak-anak mengajak piknik ketem pat wisata, saya tidak ter -tarik. Tetapi kalau disuruh tenis,malah dengan senang hati," katamBah Suroso (76) di lapangantenis Alun-alun Wates, beberapawaktu lalu.

    Bagi mbah Roso -- begitupang gilan akrabnya -- usia yangsudah lanjut tidak menghalangi -nya untuk berbaur dengan pe -main-pemain yang usianya jauhlebih muda. Sehingga ketika dilapangan sudah sangat akrab danbisa berpasangan dengan siapasaja. "Kalau pasangan dengansaya, saya yang digendong dansiap kalah," ujar mBah Roso.

    Ketika berada di lapangantenis, kata mbah Roso, perasaanmenjadi senang. Karena bisabertemu dengan pecinta tenislainnya dan bisa berbincang-bincang tentang berbagai macamtopik pada jagongan, saatmenunggu giliran atau waktuistirahat seusai bermain.

    Saat jagongan, banyak topikyang dibicarakan. Di antaranya,mengomentari permainan pete -nis yang sedang bermain. Ka -dang-kadang komentar seringpedas dan membuat kupingmen jadi merah. "Kalau sudah dilapangan tidak boleh marahmendengar suara pedas dari

    penonton," harap mbah Roso.Selain itu, kalau ada salah

    satu pecinta tenis yang sedangsakit, terutama sakit akibat de -gradasi usia, kawan-kawan se -per mainan biasanya memberisaran tetang obat agar cepat sem -buh dan bermain tenis lagi. Adaobat kimia, tetapi ada juga jamutradisional atau obat herbal.

    Berdasarkan pengalamanmbah Roso, dirinya pernah me -ra sakan linu-linu di lutut. Kemu -dian ada teman satu jagonganatau obrolan memberi saran un -tuk minum air cucian beras ke -dua yang sudah direbus. "Ter -nya ta setelah saya praktekan,linu-linu lututnya bisa sembuh,"katanya.

    Sedang mbah Nursalim yangsudah berusia 69 juga masihbermain tenis. Ketua klub tenisAmor ini mengaku menyenangitenis lapangan karena menyehat -kan dan dapat digunakan untukrekreasi.

    "Di lapangan bisa bermaintenis dan bertemu dengan ba -nyak orang. Ini sangat menye -

    nangkan," kata mbah Nur.Selama ini, mbah Nur yang

    sering memunculkan pandanganatau persepsi berbeda terhadapsatu kejadian atau suatu katadengan pencinta tenis lainnya.Hal ini membuat perdebatanmbah Nur dengan pecinta tenis.

    Namun perdebatan dalamjagongan saat menunggu giliranbermain ini justru menjadi hibu -ran dan canda. Ada yang sengajamengompori agar perdebatanmenjadi lebih seru, tetapi jugaada sekedar mendengarkan saja.

    Selain itu, mbah Nur yangsering mengejek permainan pe -cinta tenis lainnya, khususnyaHadono (Sentolo), sering menja -di greget tersendiri dalam per -mainan. Keduanya sering ber -main tenis untuk saling menga -lah kan.

    Semarak tenis di lapanganAlun-alun Wates diawali denganke hadiran pak Santo. Beliau se -ring hadir yang pertama sebelumpukul 06.00.

    Pak Santo sering memberimotivasi kepada pecinta tenis

    untuk bisa bermain tenis denganbaik. Ketika berpasangan de -ngan nya, pak Santo sering mem -berikan saran untuk memper -baiki kesalahan. Seperti, ketikapasangannya mengembalikanbola nyangkut net atau keluar.

    Bahkan ketika bermain mela -wannya, pak Santo sering tidakberambisi untuk mencari keme -nangan. Bola-bola pengem ba -lian nya, banyak ditujukan agarmeningkatkan teknik permainanlawannya. "Pak Santo itu, bisangemong," kata Hardono.

    Saat ini, Kabupaten Kulon -progo memiliki lapangan tenis diAlun-alun Wates, Diknas, DinasPekerjaan Umum, Kalisoka, SMP3 Sentolo, Dekso, dan Cangkring.Namun lapangan Cangkring ti -dak pernah digunakan untukber latih. Ada berbagai alasanpara pecinta tenis yang engganke lapangan Cangkring.

    Sedang klub tenisnya, dianta ranya, Ratu, Amor, Penjas,Meno reh, Stupa, Kodim, Wasis,BRI, Sen tolo, Pengasih, dan Kali -ba wang. !

    KABAR TENESANAGUSTUS 2015 " PEKAN KEDUA

    Kolom Suntoro

    Banyak cara untuk meningkatkan kemampuanteknik bermain tenis. Di antaranya, bermainmelempar bola dan mini tenis. Latihan per -tamanya, melempar bola, menangkap bola,mengga dingkan bola ke tanah dan menang kap kembali,menggadingkan dan menang kap bola sambil berjalan kedepan, meng ga ding kan dan menangkap bola sambilberjalan ke belakang.

    Latihan ini dilakukan berulang-ulang sampai merasanyaman dan tanpa beban me la kukannya. Latihan ini tidakharus dilakukan di lapangan tenis, tetapi bisa dilakukan dihalaman rumah ata tempat-tempat yang cukup luas.

    Latihan tersebut dimaksudkan untuk me latih koordinasiantara tangan, mata dan kaki. Koordinasi ketiga anggotabadan tersebut sangat dibutuhkan dalam permainan tenis.

    Selanjutnya, belajar mini tenis. Per tama, belajarmemukul forehand di depan net. Ambil jarak kurang lebih1,5 - 2 meter dari net. Ujung grip atau gagang raket meng -hadap pada net. Kemudian ayunkan raket perlahan-lahantanpa menggunakan bola. Lakukan latihan ini berkali-kali.

    Setelah forehand, lakukan juga pukulan backhand de -ngan posisi serupa dengan forehand. Lakukan juga latihanini berkali-kali sampai merasa nyaman mengayunnya.

    Latihan ini dimaksudkan untuk melatih ayunan dangerakan mekanik tangan dalam memukul bola, baikforehand dan backhand. Sehingga ditemukan ritmememukul bola yang nyaman dan benar.

    Kalau dulu, latihan memukul ini ditekan kan satupukulan saja. Misalnya, forehand dulu sampai merasa bisa,baru dilatih back hand. Namun saat tidak lagi seperti itu, la -tihannya bareng, baik forehand dan backhand.

    Berikutnya, berlatih memukul bola. Namun bola yangdigunakan bukan bola yang keras. Tetapi menggunakan bolasoft atau empuk yang terbuat dari spon dengan berbagaiukuran. Ada bola spon kecil, bola spon sedang dan bolaspon besar.

    Masing-masing bola spon memiliki karakter berbeda-beda. Berlatih memukul bola dengan karakter yangberbeda-beda untuk meningkatkan akurasi pukulan. Sebabdalam latihan ini belajar memukul bola ringan, bola sedangdan bola berat. !

    Mini Tenis Dapat Tingkatkan Teknik Bermain

    Oleh: SuntoroPelatih Tenis

    Pengantar Redaksi Assalamu'alaikumwarohmatullahi wabarokatu.

    Pembaca yang budiman, al -ham dulillah 'Kabar Tene -san' bisa hadir di tengah-tengah pembaca. Sudah cukuplama gagasan mem buat koran satuhalaman untuk memberitakan te -tang pertenisan di Kabupaten Ku -lonprogo, Daerah Istimewa Yogya -karta (DIY). Namun baru sekarangbisa terealisir.

    Pembaca yang berbahagia,'Ka bar Tenesan' ini diterbitkan un -tuk memuat berita atau peristiwayang ada di lapangan tenis dan

    kegiatan lain yang masih memilikikaitan dengan tenis. Berita yangditampilkan sifatnya berita ringandan bisa memperat tali silaturahimdi antara pecinta tenis, serta bisamemberikan hiburan pembaca.

    Dalam 'Kabar Tenesan' ini jugaditampilkan 'Kolom Suntoro.' Se -per ti kita ketahui, Suntoro merupa -kan pelatih tenis terbaik di Kulon -progo. Kolom ini dimaksudkan un -tuk memperkaya wawasan pecintatenis tentang teknik memukul bolatenis yang benar dan tepat sasaran.Di antaranya, backhand, forehand,slice, ground stroke, top spin,servis, dan lain-lain.

    'Kolom Suntoro' dimaksudkanagar petenis atau pembaca yang pe -cinta tenis bisa memperbaiki pu -kulannya. Peningkatan teknik ber -main tenis ini sangat penting, su pa yapermainan tenis menjadi lebih me -na rik dan enak ditonton. Bah kan jikasalah satu klub Ku lon progo meneri -ma tamu atau mela wat ke daerahlain bisa me nyu guh kan permainanyang bagus. Syukur bisa memper -sembahkan banyak kemenangan.

    'Kolom Suntoro' juga bisa men -jadi ajang tanya jawab tentang caramemukul bola yang tepat agar da -pat menghasilkan angka. Karenaitu, redaksi mengharapkan para

    pembaca jangan malu-malu untukmengirimkan pertanyaan untuk'Kolom Suntoro.'

    Tidak tertutup kemungkinan adakolom yang isinya tip-tip me ngatasipenyakit. Pengalaman me merangipenyakit dari pecinta tenis bisaduliskan pada kolom kese ha tan.

    Akhirnya, selamat menikmatisajian perdana 'Kabar Tenesan' se -moga bisa memberikan inspirasi.Redaksi juga mengharapkan pem -baca memberikan masukan agarpenampilan 'Kabar Tenesan' men -jadi labih baik. Wassalamu'alai -kum warohmatullahi wabarokatu.

    !

    Selamat Menikmati

    Sajian Perdana

    Galatama

    HERI PURWATA/KABAR TENESAN

    Pertarungan Sengit Ganda Putra Galatama Kulonprogo

    Tenis Jadi KebutuhanWarga Kulonprogo

    TERTAWA LEBAR

    Sugeng dan Didik (foto kanan)tertawa lebar setelah mengalahkanpasangan Dopo/Heri Gentong 8-6,pada pertandingan Galatama dilapangan Alun-alun Wates,Kulonprogo, DIY, Sabtu (1/8/2015).Partai lain, Gon dek/Jojonmenundukkan pasangan HeriGentong/ Mistadi 9-7, sedangDidik/Dopo menang telak 8-3 atasJojon/Mistadi.

    HERI PURWATA/KABAR TENESAN