jurnal-toshiba s 2012

Download Jurnal-Toshiba s 2012

Post on 10-Dec-2015

7 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

jurnal toshiba

TRANSCRIPT

Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba

Adam Akbar

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma 2012

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara citra merek, harga, dan kualitas produk trhadap keputusan pembelian notebook Toshiba di universitas Gunadarma Depok. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Gunadarma Depok yang membeli atau pernah membeli produk Notebook Toshiba.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan penyebaran kuisioner. Kuisioner yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Teknik penetapan responden menggunakan teknik purposive sampling. Pada tahap analisis dilakukan uji realibilitas dan validitas utuk kuisioner yang disebar kepada responden, uji normalitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Aplikasi SPSS versi 20 digunakan untuk membantu pengujian model ini.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen yaitu citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = 0,221 X1 + 0,141 X2 + 0,341 X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel kualitas produk (0,341), diikuti oleh variabel citra merek (0,221) dan terakhir variabel harga (0,141). Hasil uji t dan uji F membuktikan bahwa semua variabel independen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian baik secara parsial dan simultan. Dan koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,256. Hal ini berarti 25,6% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel citra merek, harga, dan kualitas produk, sedangkan sisanya 74,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian

1

PENDAHULUAN

Era globalisasi menuntut setiap orang untuk dapat berpikiran maju. Ilmu pengetahuan teknologi dan informasi yang terus berkembang menjadi kehidupan sehari-hari dimana ditandai dengan perubahan yang sangat cepat di segala bidang khususnya teknologi informasi dimana batsab waktu dan tempat sudah tidak menjadi suatu masalah. Teknologi informasi memunculkan kepercayaan bahwa masa depan akan dikuasai oleh siapapun yang dapat menguasai teknologi dan informasi tersebut. Semakin tumbuhnya kebutuhan akan pengetahuan dan informasi maka mendorong betapa pentingnya suatu alat-alat penunjang teknologi informasi tersebut di masyarakat,khususnya para mahasiswa. Diantara banyaknya pendukung alat-alat teknologi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat,salah satunya adalah notebook.

Tabel 1.3

Indonesian Customer Satisfaction Index Kategori Notebook Tahun 2009-2010

Total Satisfaction

MerekScorePeringkat

2009201020092010

Acer4,1964,24011

Toshiba4,1874,07622

Apple3,9183,99753

Dell4,1773,99234

Axioo3,9143,95065

Sony3,9863,94946

HP3,7823,87177

Asus3,63,581-8

Sumber:Swa sembada,diolah, 2012

Tabel 1.3 diketahui bahwa di tahun terakhir yaitu pada dua tahun berturut-turut dari tahun 2009-2010, notebook Toshiba berada di peringkat kedua. Meskipun notebook Toshiba sanggup bertahan di peringkat kedua, namun pada tahun 2010 terjadi penurunan Total Satisfaction Score notebook Toshiba sebesar 0,111 dari tahun 2009. Sedangkan notebook Acer yang berada di peringkat pertama dari tahun 2009-2010 justru mengalami kenaikan Total Satisfaction Score sebesar 0,044, sama halnya dengan notebook HP yang berada di peringkat ketujuh pada dua tahun berturut-turut dengan

2

kenaikan sebesar 0,089. Kenaikan Total Satisfaction Score juga terjadi pada notebook

Apple dan Axioo, namun peringkatnya justru turun. Berbeda dengan notebook Apple dan Axioo, Dell dan Sony justru mengalami kenaikan peringkat, namun Total Satisfaction Score dua notebook tersebut menurun. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka penelitian ini akan memfokuskan pada citra merek, harga, dan kualitas produk.

Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara variabel citra merek terhadap keputusan pembelian notebook Toshiba

2. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara variabel harga terhadap keputusan pembelian notebook Toshiba

3. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian notebook Toshiba

4. Untuk mengetahui pengaruh signifikan dari variabel citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian notebook Toshiba

TELAAH PUSTAKA

Pengertian Pemasaran

Pengertian pemasaran menurut Kotler (1997:8) adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Pemasaran melibatkan banyak individu dan organisasi dalam situasi yang berbeda-beda. Tetapi mereka semuanya sama, yaitu melibatkan satu atau lebih individu atau organisasi dengan membujuk orang lain untuk

3

melakukan sesuatu. Pemasaran dalam pengertiannya yang paling luas didefinisikan sebagai semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kita.

Perilaku Konsumen

Menurut Kotler (2002:182) Bidang ilmu perilaku konsumen mempelajari bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, memakai serta memanfaatkan barang, jasa, gagasan atau pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan dan hasrat mereka. Menurut Lamb (2001:188) Perilaku konsumen menggambarkan bagaimana konsumen membuat keputusan-keputusan pembelian dan bagaimana mereka menggunakan dan mengatur pembelian barang atau jasa.

Citra Merek (Brand Image)

Brand image (citra merek) merupakan keseluruhan persepsi terhadap suatu merek yang dibentuk dengan memproses informasi dari berbagai sumber setiap waktu. Brand image dibangun berdasarkan kesan, pemikiran ataupun pengalaman yang dialami seseorang terhadap suatu merek yang pada akhirnya akan membentuk sikap terhadap merek yang bersangkutan (Setiadi, 2003: 180). Brand image adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat dibenak konsumen (Rangkuti, 2004:244).

4

Harga

Tjiptono (2007 : 467) harga merupakan salah satu elemen bauran pemasaran yang membutuhkan pertimbangan cermat. Ini dikarenakan adanya sejumlah dimensi strategik harga dalam hal :

a. Harga merupakan pernyataan nilai dari suatu produk. Nilai adalah rasio atau perbandingan antara persepsi terhadap manfaat dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan produk.

b. Harga merupakan aspek yang tampak jelas bagi para pembeli. Bagi konsumen yang tidak terlalu terlalu paham hal-hal teknis pada pembelian produk otomotif dan elektronik,kerap kali harga menjadi faktor yang dapat mereka mengerti. Tidak jarang pula harga dijadikan semacam indicator kualitas.

c. Harga adalah determinan utama permintaan. Berdasarkan hokum permintaan, besar kecilnya harga mempengaruhi kuantitas produk yang dibeli konsumen. Semakin mahal harga, semakin sedikit jumlah permintaan atas produk bersankutan dan sebaliknya.

d. Harga berkaitan langsung dengan pendapatan dan laba. Harga adalah satu-satunya unsur bauran pemasaran yang mendatangkan pemasukan bagi perusahaan yang pada gilirannya berpengaruh pada besar kecilnya laba dan pangsa pasar yang diperoleh. e. Harga bersifat fleksibel, arinya dapat disesuaikan dengan cepat, dari empat unsur bauran pemasaran tradisional, harga adalah elemen yang yang paling mudah diubah dan diadaptasikan dengan dinamika pasar.

f. Harga mempengaruhi citra dan strategi positioning. Dalam pemasaran produk prestisius yang mengutamakan citra kualitasdan eksklusivitas, harga menjadi unsur

paling penting.

5

g. Harga merupakan masalah nomor satu yang dihadapi manajer.

Kualitas Produk

Menurut Kottler dan Amstrong (2001) kualitas adalah karakteristik dari produk dalam kemampuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang telah ditentukan dan bersifat laten. Sedangkan menurut Garvin dan A Dale Timpe (1990) kualitas adalah keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut. Kualitas dalam pandangan konsumen adalah hal yang mempunyai ruang lingkup tersendiri yang berbeda dengan kualitas dalam pandangan produsen saat mengeluarkan suatu produk yang biasa dikenal kualitas sebenarnya. Kualitas produk dibentuk oleh beberapa indikator antara lain kemudahan penggunaan, daya tahan, kejelasan fungsi, keragaman ukuran produk dan lain-lain. Untuk mencapai kualitas produk yang diinginkan maka diperlukan suatu standarisasi kualitas. Cara ini dimaksudkan untuk menjaga agar produk yang dihasilkan memenuhi standar yang telah diterapkan sehingga kinsmen tidak akan kehilangan kepercayaan terhadap produk yang bersangkutan.

Keputusan Pembelian

Menurut Schiffman, Kanuk (2004:547), keputusan pembelian adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatifpilihan keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, harus tersedia beberapa alternatif pilihan.Keputusan untuk membeli dapat mengarah pada bagaimana proses dalam pengambilan keputusan tersebut itu dilakukan. Proses pengambilan keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen yang akan melalui beberapa tahap, antara lain sebagai berikut (Kotler,2000).

6

PengenalanPencarian

PenilaianKeputusanPerilaku Pasca

MasalahInformasiAlternatifMembeliPembelian

Tahapan Proses Pengambilan Keputusan Pembelian

Kerangka Pemikiran Penelitian

Kerangka penelitian ini menggam

Recommended

View more >