jenis-jenis produk pasar modal

of 12/12
JENIS-JENIS PRODUK PASAR MODAL KELOMPOK 4 : FARID IMAM MUHARRAM MUHAMMAD JAFAR NISA PARAMADINA PUTRI RADHITA UTAMI

Post on 26-Jun-2015

916 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

JENIS-JENIS PRODUK PASAR MODAL

KELOMPOK 4 :FARID IMAM MUHARRAM MUHAMMAD JAFAR NISA PARAMADINA PUTRI RADHITA UTAMI

1. Saham

Saham yaitu bukti kepemilikan atas suatu perusahaan atau bukti penyertaan modal di suatu perusahaan

Keuntungan dan KerugianKeuntungan :- Capital gain - Deviden

Kerugian :- Capital loss - Risiko likuidasi

2. ObligasiObligasi merupakan bukti pengakuan hutang suatu perusahaan baik badan usaha milik negara (BUMN) maupun badan usaha milik swasta (BUMS)

Karakteristik Memiliki masa jatuh tempo Mempunyai nilai pokok hutang Memiliki kupon obligasi Peringkat obligasi

Keuntungan dan kerugianKeuntungan : 1. Memberikan pendapatan yang tetap (fixed income) berupa kupon 2. Keuntungan atas penjualan kembali (capital gain) Kerugian : 1. Risiko perusahaan tidak dapat membayar kupon obligasi 2. Risiko tingkat suku bunga (interest rate risk)

Pengelompokan obligasiBerdasarkan pihak yang menerbitkan obligasi :1. 2. 3. Corporate bonds Government bonds Municipal bonds

Berdasarkan sistem pembayaran kupon :1. 2. Fixed rate Floating rate

Berdasarkan segi imbal hasil :1. 2. Konvensional bonds Syariah bonds - mudharabah - ijarah

3. Opsi (optium)

Opsi adalah kontrak resmi yang memberikan hak untuk membeli atau menjual suatu aset pada harga harga tertentu dalam jangka waktu tertentu.

4. Rait (Right)Rait merupakan surat berharga turunan dari efek sebenarnya yang menyerahkan hak kepada pemilik saham lama untuk membeli saham baru yang akan dikeluarkan perusahaan efek dengan jumlah dan harga tertentu. Adapun right issue yaitu hak pemegang saham lama untuk memesan efek terlebih dahulu dalam kegitan pemasaran umum terbatas.

5. Reksa DanaMenurut UU no.18 tahun 1995, reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Keuntungan dan KerugianKeuntungan : 1. Pemodal walaupun tidak memiliki dana yang cukup besar, dapat berinvestasi 2. Reksa dana mempermudah pemodal untuk berivestasi 3. Efisiensi waktu Kerugian : 1. Risiko berkurangnya nilai unit penyertaan 2. Risiko likuiditas 3. Risiko Wanprestasi

Terimakasih