jenis - jenis pencahayaan

Download Jenis - Jenis Pencahayaan

Post on 29-Nov-2015

150 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Pencahayaan

TRANSCRIPT

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Kondisi Umum Glee Berry Hotel & Resto

Glee Berry Hotel & Resto merupakan hotel berbintang tiga dengan ownernya adalah PT. Fun Hotel Indonesia, hotel yang beralamatkan di jalan raya Kuta 139 kelurahan Kuta Badung Bali ini memiliki lima lantai dan sangat mudah dijangkau karena berjarak kurang lebih 6 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai yang dapat ditempuh dengan berkendara dalam waktu IS menit dan 10 menit berkendara dari kawasan objek wisata pantai Kuta. Karena saat ini Glee Berry Hotel & Resto masih dalam proses pengerjaan sehingga belum banyak data yang bisa dicantumkan mengenai kondisi keseluruhan di Glee Berry Hotel & Resto.

Teori Dasar Pencahayaan

Cahaya adalah suatu gejala fisis. Suatu sumber cahaya memancarkan energi, sebagian dari energi ini diubah menjadi cahaya tampak. Perambatan cahaya di ruang bebas digunakan oleh gelombang-gelombang elektromagnetik. Jadi cahaya itu merupakan suatu gejala getaran. Gejala getaran yang sejenis dengan cahaya ialah gelombang-gelombang panas, radio, televise, radar, dan sebagainya. Gelombang gelombang ini hanya berbeda frekuensinya saja. Kecepatan rambat v gelombang gelombang elektromagnetik di ruang bebas sama dengan 3.105 km/detik. Karena sangat kecil, panjang gelombang cahaya maka dinyatakan dalam satuan mikron atau rnilimikron.I mikron (I J.l) = 10 - 3mmI rnilirnikron (1 mJ.I) = 10-6 mmPanjang gelombang cahaya tampak berkisar antara 380-780 mJ.I, ini dibagi lagi atas beberapa daerah panjang gelombang. Setiap daerah memiliki suatu warna tertentu:

Kuantitas dari cahaya yang jatuh pada permukaan bidang kerja disebut iluminasi yang mana mempunyai satuan lux, sedangkan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat cahaya disebut luxmeter. Kuantitas cahaya sangat penting diketahui karena untuk melihat benda yang ukurannya kecil yang secara detail kita membutuhkan cahaya yang lebih terang. Cahaya dipancarkan dari suatu benda dengan fenomena sebagai berikut :Pijar yaitu padat dan cair yang memancarkan radiasi yang dapat dilihat bila dipanaskan sampai suhu 1000 K. Intensitas menjadi meningkat dan penampakan menjadi semakin putihjika suhu naik.Muatan Listrik yaitu jika muatan listrik dilewatkan melalui gas maka atom dan molekul memancarkan radiasi yang mana spektrumnya merupakan karakteristik dari elemen yang ada.Electro Luminescence yaitu cahaya dihasilkan jika arus listrik dilewatkan melalui padatan tertentu seperti semikonduktor atau bahan yang mengandung fosfor.Photoluminescence yaitu radiasi pada salah satu panjang gelombang diserap, biasanya oleh suatu padatan dan dipancarkan kembali pada berbagai panjang gelombang. Bila radiasi yang dipancarkan kembali tersebut merupakan fenomena yang dapat terlihat maka radiasi tersebut disebut fluorescence dan phosphorescence.

Istilah dalam pencahayaan yang sering digunakan baik dalam desain maupun evaluasi tingkat pencahayaan dalam suatu ruangan adalah :Intensity (I) atau disebut luminus intensity merupakan jumlah cahaya yang dikeluarkan oleh suatu sumber cahaya pada suatu arah tertentu. Satuan untuk luminous intensity adalah candela (cd).

Lumen (F) merupakan unit atau satuan cahaya yang keluar dari suatu sumber cahaya yang memancar rata.lllumination Level (E) merupakan jumlah atau kuantitas cahaya yang jatuh ke suatu permukaan. Satuan Illumination Level adalah footcandle jika area dalam satuan squarefoot dan lux jika area dalam satuan square meter.Luminance (L) atauphotometric brightness merupakan ukuran yang menunjukan jumlah cahaya yang terpancar atau terpantul dari suatu area atau permukaan. Satuan untuk luminance adalah foot/amber jika area dalam square foot dan candela jika area dalam square meter.

5.Reflectance merupakan ukuran yang menunjukan jumlah cahaya yang merefleksikan oleh suatu permukaan.Luminer adalah jumlah lampu yang dirancang untuk mengarahkan cahaya, untuk tempat dan melindungi lampu serta untuk menempatkan komponen-komponen listrik.

Glare (kesilauan) merupakan efek yang timbul karena penerangan yang tinggi, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan kehilangan area pandangan.

Suhu warna dinyatakan dalam skala Kelvin (K) adalah penampakan warna dari lampu itu sendiri dan cahaya yang dihasilkan.Indeks ruang merupakan perbandingan yang berhubungan dengan ukuran bidang keseluruhan terhadap tingginya diantara tinggi bidang kerja dengan bidang titik lampu.Tinggi mounting merupakan tinggi peralatan atau lampu diatas bidang kerja.

Efficacy merupakan perbandingan keluaran lumen terhitung dengan pemakaian daya.Perubahan wama merupakan kemampuan sumber cahaya merubah wama permukaan secara akurat dapat diukur dengan baik oleh indeks perubahan wama. Indeks ini didasarkan pada ketepatan dimana serangkaian uji wama dipancarkan kembali oleh lampu yang menjadi perhatian relative terhadap lampu uji. Penyesuaian yang sempurna akan diberi angka 100. lndeks CIE memiliki keterbatasan, namun cara ini merupakan cara yang sudah diterima secara luas untuk sifat-sifat perubahan warua dari sumber cahaya.

Tabel 2.1 Penerapan Kelompok Untuk Perubaban Warna

Kelompok Perubahan WamaIndeks Umurn Perubahan WamaPenerapan Khusus

1A

Ra>90Dimana perubahan wama yang akurat diperlukan misal pemeriksaan wama cetakan

1B

80