jaringan pada tumbuhan dikotil

Download Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

Post on 13-Feb-2018

260 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    1/19

    Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil (Epidermis, Parenkim, Kolenkim, Sklerenkimdan Kambium)- Organ akar, batang, dan daun tumbuhan tersusun atas berbagai

    jaringan. Jaringan merupakan kelompok sel sejenis yang mempunyai bentuk danfungsi yang sama.

    Jaringan pada tumbuhan dikotil terdiri atas jaringan epidermis, parenkim,meristem, jaringan pengangkut berupa xilem dan floem, serta jaringan penyokong.Jaringan-jaringan ini akan membentuk struktur tubuh pada tumbuhan.

    1. Jaringan Epidermis

    Jaringan epidermis tumbuhan merupakan jaringan yang terdiri atas sel-selberbentuk empat persegipanjang dan terdiri atas satu lapis sel. Epidermis menutupipermukaan organ daun, batang, dan akar muda. Pada akar dan daun, permukaanepidermis biasanya ditutupi zat kimia (kutikula yang berfungsi untuk mengurangipenguapan tanaman. Pada dinding sel epidermis tidak terjadi fotosintesis, karena

    tidak memiliki kloroplas, dan susunan antarselnya pun !ukup rapat.

    Pada organ tumbuhan tertentu, epidermis dapat mengalami modifikasi. "ontohnyapada akar memiliki modifikasi berupa tonjolan keluar yang disebut rambut akar,pada bunga ma#ar, modifikasi berupa duri atau spina.

    2.Jaringan Parenkim

    Jaringan parenkim adalah jaringan yang memiliki bentuk sel segienam dan memilikidiameter yang sama ke berbagai arah (isodiametrik. Jaringan parenkim memilikidinding sel yang tipis dengan ruang interseluler yang !ukup banyak. $etak inti selmendekati dasar sel (bersifat basalis.

    Jaringan parenkim disebut juga jaringan dasar, karena jaringan ini dapatberdiferensiasi menjadi jaringan lain. %asar metabolisme dan reproduksi pada

    tumbuhan berasal dari akti&itas jaringan parenkim. Jaringan parenkim pada batang

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    2/19

    muda banyak yang mengandung kloroplas yang dinamakan klorenkim. 'el parenkimberperan untuk menyimpan !adangan makanan.

    "adangan makanan ini dapat ditemukan berupa larutan dalam &akuola atau dalambentuk partikel padat maupun !air pada sitoplasma.

    3.Jaringan Kolenkim

    kuran dan bentuk sel kolenkim !ukup beragam. Pada umumnya, sel ini berbentuksegienam. Pada potongan membujur, sel ini terlihat memanjang. %inding selkolenkim telah mengalami penebalan oleh selulosa dan pektin.

    Penebalan yang terjadi tidak merata, biasanya terjadi pada bagian sudut-sudut sel.)danya penebalan selulosa dan pektin pada jaringan kolenkim dapat meningkatkankekuatan jaringan atau organ sehingga jaringan kolenkim disebut juga jaringanpenyokong.

    'elain itu, dengan adanya penebalan selulosa dan pektin membuat tumbuhanmenjadi lentur. 'ehingga, tidak mudah patah jika ada hembusan angin. Jaringankolenkim adalah jaringan pertama hasil diferensiasi jaringan parenkim.

    4. Jaringan Sklerenkim

    Jaringan sklerenkim adalah jaringan yang tersusun atas sel-sel yang mengalamipenebalan dinding sekunder berupa lignin. 'el sklerenkim dapat berbeda bentuk,asal, dan perkembangannya. *erdasarkan bentuk sel penyusunnya, sklerenkimdibedakan menjadi dua ma!am, yaitu sklereid dan serabut (serat.

    'klereid adalah jaringan sklerenkim yang bentuk selnya membulat denganpenebalan dinding sel yang tebal. Pada sebagian besar tumbuhan, sklereid terbentuksebagai kumpulan sel yang padat di bagian dalam jaringan parenkim yang lunak.*iasanya, sel ini sudah mati dan ditemukan pada sel-sel penyusun tempurung kelapa("o!os nu!ifera. 'erabut ditemukan di berbagai tempat pada tumbuhan.

    'erabut sklerenkim terdiri atas sel-sel yang memanjang dengan dinding sel yangtebal dan ujungnya lan!ip. )ntara sel yang satu dengan sel yang lain salingmenyambung. )danya lapisan dinding sekunder, berupa lignin pada jaringansklerenkim dapat memperkuat tubuh tanaman sehingga jaringan sklerenkimtermasuk jaringan penyokong.

    5. Jaringan Pembuluh

    Jaringan pembuluh pada tumbuhan ada dua ma!am, yaitu pembuluh kulit kayu ataudisebut juga pembuluh tapis (floem dan pembuluh kayu (xilem. +ari !ermatiuraiannya.

    a. Floem

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    3/19

    loem tersusun oleh kelompok sel yang memiliki bentuk, seperti piramid. loemtersusun atas parenkim floem, serabut floem, buluh floem (buluh tapis, dan selpengiring.

    Parenkim floem berfungsi sebagai tempat menyimpan !adangan makanan dan untuk

    memisahkan antara floem yang satu dengan floem yang lain.

    'erabut floem merupakan jaringan sklerenkim yang berfungsi memperkuatpembuluh floem. *uluh floem (buluh tapis, yaitu suatu saluran atau pembuluh yang

    berperan mengangkut hasil fotosintetis dari daun ke seluruh tubuh tanaman. 'elpengiring (!ompanion !ell adalah sel yang terletak sepanjang tubuh floem. 'el ini

    berfungsi menyuplai makanan ke sel-sel lain yang masih hidup.

    b. Xilem

    *erkas pembuluh xilem (pembuluh kayu terdiri atas buluh kayu, trakeid dan

    serabut xilem. *uluh kayu adalah sel mati yang bentuknya memanjang berupasaluran. 'aluran yang satu dengan saluran yang lain saling menyambung. 'aluran ini

    berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke seluruh tubuhtanaman.

    rakeid merupakan komponen penyusun berkas pembuluh xilem yang tersusun atassel-sel berbentuk lan!ip dan panjang dengan dinding sel yang berlubang-lubang.%inding trakeid memiliki pori untuk meneruskan air dan mineral ke sel disekitarnya. 'erabut kayu atau serabut xilem berbentuk panjang dengan ujung-ujungnya saling berhimpit. 'erabut xilem ukurannya lebih ke!il dan lebih lan!ipdaripada trakeid.

    6. Jaringan Gabus

    'el gabus memiliki bentuk memanjang dan dinding selnya bergabus. 'el gabusbanyak ditemukan di permukaan luar batang. "abang dan akar lapisan gabusmemiliki pori-pori, seperti spons yang berfungsi untuk melindungi organ tanamandari kekeringan.

    $apisan gabus yang tebal terdapat pada batang yang tua, sel-selnya sudah mati, danprotoplasmanya sudah hilang sehingga diisi dengan udara. al ini menyebabkangabus menjadi ringan. 'el gabus memiliki fungsi melindungi organ dari gangguanmekanik

    7. Jaringan Kambium

    Jaringan kambium merupakan jaringan de#asa yang bersifat meristimatis atau aktifmembelah. Pada tanaman terdapat kambium gabus atau felogen. /ambium gabusatau felogen adalah kambium yang terletak di ba#ah epidermis batang dan akar

    yang tua. elogen yang bekerja ke arah luar membentuk zat gabus sehinggamenutupi epidermis yang dinamakan felem. elogen yang akti&itasnya ke arahdalam dinamakan feloderm.

    %i antara floem dan xilem atau antara kayu dan kulit kayu, terdapat kambiumpembuluh atau kambium fasis. /ambium fasis ke arah luar membentuk kulit kayu,

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    4/19

    sedangkan ke arah dalam membentuk kayu. Pada masa pertumbuhan akti&itaskambium ke arah dalam lebih aktif dibandingkan ke arah luar. al ini menyebabkankulit kayu lebih tipis dari kayu. /ambium interfasis adalah kambium yang terdapatdi antara berkas pembuluh dan dapat membentuk jari-jari empulur.

    . Jaringan Embrional

    Pada tumbuhan terdapat dua titik tumbuh, yaitu titik tumbuh akar dan titik tumbuhbatang. Pada kedua titik tumbuh tersebut terdapat sel-sel yang aktif membelah danbersifat meristematis.

    %aerah meristem terletak di belakang tudung akar. +eristemapikal merupakanpusat pembelahan sehingga dihasilkan sel-sel meristem primer. %i belakang sel-selmeristem terletak daerah pemanjangan yang berfungsi menyimpan !adanganmakanan dan berperan menekan ujung akar agar memanjang.

    itik tumbuh batang terletak pada ujung tanaman. itik tumbuh batang disebut jugameristem apikal batang. +eristemapikal batang dibentuk oleh sel-sel yangmembelah pada ujung tunas.

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-pada-tumbuhan-dikotil.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    5/19

    Jaringan Ikat (Jaringan ikat longgar,

    Padat, Tulang Rawan, Tulang Sejati dan

    Darah)

    Jaringan Ikat (Jaringan ikat longgar, Padat, Tulang Rawan, Tulang Seati danDarah) - Jaringan ikat seperti tulang, tulang ra#an, tendon, ligamen, jaringan ikatfibrosa dan jaringan lemak berfungsi menyangga dan menyatukan jaringan danorgan-organ lain.

    'el-sel jaringan ikat se!ara khas membuat suatu bahan mati yang disebut matriks.'ifat dan fungsi tiap jaringan ikat ditentukan oleh sifat matriks interseluler.

    a. Jaringan ika! longgar

    Jaringan ikat longgar memiliki serabut kolagen ber#arna putih, serabut elastis, danserabut retikulum. "ontoh sel jaringan ini adalah sel fibroblas, sel plasma, dan selmakrofag. ungsi jaringan pengikat longgar adalah membungkus organ-organtubuh, pembuluh darah, dan saraf.

    b. Jaringan ika! pada!

    Jaringan ikat padat disebut juga jaringan ikat serabut putih. Jaringan ikat padatmengandung serabut kolagen yang ber#arna putih. %i antara serat kolagen terdapatsel fibroblas. Jaringan ini bersifat fleksibel, tetapi tidak elastis.

    Jaringan ikat padat terdapat pada selaput pembungkus otot (fas!ia, tendon, dan

    ligamen. $igamen adalah jaringan penghubung antartulang. endon adalah ujungotot yang melekat pada tulang.

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    6/19

    Jaringan ikat padat memiliki fungsi memberikan sokongan dan proteksi terhadaporgan tubuh. 'elain itu, jaringan ini menghubungkan berbagai organ tubuh, sepertitulang dengan tulang dan otot dengan tulang.

    ". Jaringan !ulang ra#an$kar!ilago%

    Jaringan tulang ra#an disusun oleh sel-sel tulang ra#an (kondrosit yang dilindungifibrosa dalam matriks. +atriks tulang ra#an mengandung serabut kolagen, serabutelastis, dan serabut fibrosa. /andungan serabut kolagen yang tinggi makinmenguatkan tulang ra#an tersebut. ulang ra#an tidak memiliki kapiler darahsehingga mendapat makanan dari jaringan ikat di sekitarnya. Pada anak-anak

    jaringan tulang ra#an berasal dari jaringan pengikat embrional (mesenkim.

    'edangkan, tulang ra#an pada orang de#asa dibentuk oleh selaput tulang ra#an(perikardium. Jaringan tulang ra#an dibedakan menjadi tiga ma!am, yaitu tulang

    ra#an hialin, tulang ra#an fibrosa, dan tulang ra#an elastis. ntuk lebihmengetahui ketiga tulang ra#an tersebut. +ari !ermati pembahasan berikut ini.

    0 ulang ra#an hialin

    +atriks tulang hialin mengandung serabut elastis lebih banyak daripada serabutkolagen. Pada embrio, sebagian besar rangkanya adalah tulang ra#an hialin.'edangkan, pada orang de#asa, tulang ra#an hialin terdapat pada ujung tulangrusuk, persendian, dan pada saluran pernapasan. %alam tubuh manusia, tulangra#an hialin banyak ditemukan ber#arna putih kebiru-biruan dan tembus !ahaya.

    1 ulang ra#an elastis

    ulang ra#an ini terdapat pada epiglotis, laring, saluran eusta!hius, saluran telingaluar dan daun telinga. ulang ra#an elastis, matriksnya ber#arna keruh kekuning-kuningan dan mengandung banyak serabut kolagen. ungsi tulang ra#an elastisialah memberikan fleksibilitas dan sokongan.

    2 ulang ra#an fibrosa

    +atrik tulang ra#an fibrosa ber#arna gelap dan keruh serta mengandung serabutkolagen kasar. ulang ra#an ini terdapat pada hubungan antartulang. ulang ra#an

    fibrosa berfungsi memberikan sokongan dan proteksi.

    d. Jaringan !ulang se&a!i $os!eon%

    Jaringan tulang terdiri atas sel-sel tulang (osteosit dan matriks tulang. Osteositdibentuk oleh osteoblas (sel yang bertanggung ja#ab dalam sintesis komponenorganik matriks tulang. 'edangkan, matriks terdiri atas zat pelekat kolagen danendapan garam-garam mineral (terutama garam kapur atau kalsium.

    sia manusia atau he#an yang makin bertambah akan menurunkan kadar kolagendan meningkatkan kadar zat kapur, proses ini disebut pengapuran. Jaringan tulang

    berfungsi memberi sokongan pada tubuh, melindungi organ-organ tubuh, dantempat melekatnya otot rangka.

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    7/19

    *erdasarkan susunan matriksnya, jaringan tulang dibagi menjadi dua ma!am, yaitutulang kompak dan tulang spon. Jaringan tulang kompak matriksnya rapat dan tidak

    berongga. 'edangkan, jaringan tulang spons matriksnya berongga. 'atu osteonterdiri atas sejumlah lamella konsentris yang mengelilingi kanal ha&ers. 'el-sel

    tulang terdapat pada lamella di dalam ruang yang disebut lakuna.

    e. Jaringan darah

    Jaringan darah terdiri atas plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dankeping-keping darah. +ari !ermati uraian

    berikut ini.

    0 Plasma darah

    Plasma darah disusun oleh sebagian besar air, protein, senya#a anorganik, dan

    senya#a organik. Protein plasma terdiri atas albumin, globulin, dan fibrinogen.ibrinogen diperlukan untuk membentuk fibrin dalam proses pembekuan darah.ungsi plasma darah adalah mengedarkan sari-sari makanan.

    1 'el darah merah (eritrosit

    'el eritrosit berbentuk !akram bikonkaf, dan tidak mempunyai inti. 3aris tengah 1 -45m. %alam eritrosit terdapat hemoglobin yang berfungsi mengikat O1 danmembentuk oksi hemoglobin. Eritrosit dibentuk dalam sumsum tulang merah.

    2 'el darah putih ( leukosit

    'el darah putih dibagi menjadi dua kelompok, yaitu granulosit (terdapat granulaprotein dan agranulosit (tidak memiliki granula protein. 3ranulosit dibagi menjadieosinofil, neotrofil, dan basofil. 'edangkan, agranulosit terbagi menjadi monosit danlimposit. $eukosit berperan dalam pertahanan seluler.

    6 rombosit

    rombosit atau keping-keping darah berbentuk !akram dengan garis tengah 1 - 7 5mdan tidak berinti. rombosit mengandung enzim trombokinase yang berperan dalampembekuan darah.

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-ikat.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    8/19

    !"iologi#Kelas#$I Jaringan %tot (%tot &urik, Jantung dan %tot Polos) - 3erakanhe#an umumnya disebabkan oleh kontraksi sel-sel yang berbentuk panjang, silinder,atau gelendong yang masing-masing mengandung serabut kontraktil mikroskopik

    yang panjang dan paralel disebut miofibril. +iofibril ini terdiri atas protein miosindan aktin.

    'el-sel otot melakukan kerja mekanik dengan !ara kontraksi menjadi tebal danpendek. $apisan membran yang membatasi sel otot disebut sarkolema. 'edangkan,

    bagian sitoplasma sel otot disebut sarkoplasma.

    *erdasarkan strukturnya, jaringan otot dapat dibagi menjadi tiga ma!am, yaitu ototlurik, otot jantung, dan otot polos yaitu 8

    a. Jaringan '!o! lurik

    Otot lurik adalah otot yang bertaut pada tulang dan menggerakkan tulang-tulang

    tubuh. iap sel otot lurik mempunyai banyak inti sel atau nukleus yang terletak ditepi sel, karena sel-sel ini se!ara embrionik berkembang dari sel-sel yang lebih ke!il

    yang berfusi antara ujung sel dengan ujung sel yang lain. 'el otot lurik memilikipanjang lebih dari 1 !m, dan tebal serabut otot berkisar dari 09 sampai 099 5m.

    )kti&itas yang berat dan terus-menerus meningkatkan ketebalan otot.

    +iofibril otot-otot lurik mempunyai pita-pita melintang gelap (pita anisotropberselang terang (pita isotrop sehingga disebut lurik. Otot lurik ini mempunyaiperanan yang penting dalam kontraksi. 'elama kontraksi, pita yang gelap tetap danpita terang memendek. 'el otot ini memiliki persediaan energi dalam bentuk )Pdan fosfokreatin. 'edangkan, energi !adangannya berupa glikogen atau gula otot.

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-otot.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-otot.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    9/19

    Otot lurik termasuk otot sadar, artinya kontraksi otot lurik terkendali ataudipengaruhi oleh susunan saraf pusat. Otot lurik dapat berkontraksi dengan !epat,tetapi tidak dapat tetap dalam keadaan kontraksi sehingga otot lurik memerlukanistirahat.

    b. Jaringan '!o! &an!ung

    Otot jantung memiliki per!abangan dan memiliki nukleus banyak yang terletak ditengah sel. Otot jantung memiliki garis gelap dan garis terang yang mirip denganotot lurik. 3aris gelap ini dinamakan dis!us inter!alaris. %is!us inter!alaris initerlihat seperti garis lurus yang membentuk tangga untuk pelekatan aktin dansarkomer. 'el otot jantung membentuk berkas yang erat sehingga dapat membentukgelombang kontraksi. Otot jantung bekerja terus-menerus, bereaksi !epat, tahankelelahan, dan tidak dipengaruhi oleh kehendak (otot tidak sadar.

    ". Jaringan '!o! polos

    'el otot polos berbentuk lonjong yang panjangnya sekitar 29 - 199 5m dengan keduaujung merun!ing, mempunyai satu nu!kleus yang terletak di tengah. +embranplasmanya disebut sarkolema, sedangkan sitoplasmanya sering disebut sarkoplasma.

    %i sekitar inti sel otot polos terdapat banyak mitokondria. Otot polos bereaksi sangatlamban, tetapi dapat bertahan pada keadaan kontraksi yang !ukup lama, dantermasuk otot tidak sadar atau bekerja tidak dipengaruhi kehendak. Otot polosterdapat pada dinding saluran pernapasan, saluran pen!ernaan pembuluh getah

    bening, dan di kulit.

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-otot.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-otot.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-otot.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-otot.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    10/19

    Jaringan Epitel (simple epithelium dan

    stratified epithelium)

    !"iologi#Kelas#$I Jaringan Epitel (simple epithelium dan strati'ied epithelium) -Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh dan rongga tubuh.Jaringan ikat, yaitu jaringan yang menunjang dan mengisi bagian-bagian tubuh yanglain.

    Jaringan otot merupakan jaringan yang mengendalikan pergerakan tubuh.'edangkan, jaringan saraf adalah jaringan yang menerima dan menyampaikanrangsang dari bagian tubuh yang satu ke bagian tubuh yang lain.

    Jaringan epitel terdiri atas satu lapis atau lapis ganda selsel yang menutupipermukaan tubuh atau melapisi ruang-ruang di dalam tubuh. *iasanya terdapatmembran dasar nonseluler yang merupakan alas lapisan sel-sel epitel.

    %i bagian tubuh luar, jaringan epitel membentuk lapisan pelindung terhadap luka-luka mekanis, bahan-bahan kimia, bakteri, dan terhadap kekeringan. $apisan epiteldalam saluran pen!ernaan menyerap air dan zat-zat makanan untuk keperluantubuh. $apisan ini dan berbagai lapisan epitel lain menghasilkan dan mengeluarkansejumlah besar zat-zat.

    Epitel yang menutupi permukaan tubuh dilalui oleh rangsangan untuk sampai padareseptor yang khas untuk rangsangan tersebut. %engan demikian fungsi epiteladalah untuk perlindungan, absorpsi, sekresi, dan rangsangan. Jaringan epitelmempunyai bentuk sel penyusun yang berma!am-ma!am tergantung fungsi danletaknya. Jaringan epitel ini kadang dilengkapi dengan mikro&ili, silia, dan flagela.

    Jaringan epitel dapat dibedakan berdasarkan bentuk sel dan jumlah lapisan

    penyusunnya, yaitu8

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    11/19

    a. Epi!el sa!u lapis$simple epi!helium%

    0 Epitel pipih satu lapis

    Epitel pipih selapis terdiri atas selapis sel-sel yang berbentuk pipih, seperti ubin./erapatan antarsel sangat dekat. Epitel pipih selapis terdapat pada epitel pembuluhlimfa dan lapisan endotel pembuluh darah, epitel selaput pembungkus paruparu,

    jantung, al&eoli, dan perikardium.

    1 Epitel kubus satu lapis

    Epitel kubus selapis disusun oleh selapis selsel berbentuk kubus. :nti sel berbentukbulat dan besar dan terletak di tengah. Epitel ini terdapat pada kelenjar gondok,permukaan lensa mata, dan o&arium. ungsi dari epitel kubus selapis adalahmelindungi bagian di ba#ahnya dan sekresi (mengeluarkan zat yang diperlukan

    tubuh.

    2 Epitel silindris satu lapis

    Epitel ini berbentuk silinder satu lapis dan mempunyai inti di tengah. Epitel initerdapat pada dinding usus dan kantung empedu. Pada permukaan sel yang

    berbatasan dengan lumen, membran sel menonjol membentuk mikro&ili sehinggapermukaan sel menjadi lebih luas. Permukaan sel yang luas ini akanmengoptimalkan absorpsi makanan. 'elain berfungsi untuk absorpsi, epitel silinderselapis berfungsi juga untuk proteksi dan sekresi.

    b. Epi!hel berlapis ban(ak$s!ra!i)ied epi!helium%

    0 Epitel pipih berlapis banyak

    Epitel pipih berlapis banyak terdiri atas dua atau lebih lapisan sel berbentuk pipih.Epitel pipih berlapis banyak terdapat pada lapisan rongga mulut, esofagus, &agina,epidermis, dan ujung uretra. Epitel pipih berlapis bayak berfungsi sebagai proteksiatau perlindungan organ yang dilapisi.

    1 Epitel kubus berlapis banyakEpitel kubus berlapis banyak disusun oleh lebih dari satu lapisan sel, dan memiliki

    bentuk kubus pada bagian dalamnya.

    +akin ke arah permukaan, bentuknya semakin pipih. 'truktur ini melindungipermukaan jaringan dari gesekan. Epitel ini terdapat pada kelenjar keringat, kelenjarminyak, dan folikel di o&arium. al ini berarti lapisan epitel berfungsi sebagaisaluran sekresi dan ekskresi.

    2 Epitel silinder berlapis banyak

    mumnya, epitel silinder berlapis banyak terletak pada laisan luar, sedangkanbagian dalamnya biasanya berbentuk tidak teratur atau kubus. Epitel silinder

    berlapis banyak terdapat pada saluran ekskresi kelenjar ludah, kelenjar susu, uretra,faring, dan laring.

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-epitel.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    12/19

    6 Epitel transisional

    Epitel transisional sering disebut epitel peralihan yang memiliki banyak lapisan danbentuknya berubah-ubah, terutama pada saat jaringan menggelembung. Epitel

    silinder yang memiliki silia banyak terdapat di saluran pernafasan, kandung kemih,dan ureter.

    'e!ara umum, jaringan epitel mempunyai fungsi, antara lain8

    a Epitel sebagai pintu masuk dan keluarnya zat-zat. Epitel menyerap zat ke dalamtubuh dan mengeluarkan zat keluar dari tubuh. "ontohnya, epitel jonjot usus yangmenyerap makanan dan epitel al&eolus yang memasukkan O1 ke dalam tubuh danmengeluarkan "O1 keluar tubuh.

    b Epitel sebagai pelindung jaringan yang terdapat di dalamnya. +isalnya, jaringan

    epitel kulit dan selaput rongga mulut.

    ! Epitel sebagai penerima rangsang (reseptor yang disebut neuroepitelium.

    d Epitel sebagai kelenjar. Jaringan ini menghasilkan suatu sekresi !air berupasenya#a makromolekul yang disimpan dalam sel berbentuk butir-butir ke!il ataugranula sekresi.

    Epitel kelenjar ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu8

    (0 /elenjar eksokrin, menghasilkan senya#a yang dialirkan melalui saluran.

    +isalnya, kelenjar air liur.(1 /elenjar endokrin, menghasilkan senya#a yang dialirkan langsung ke darah atautidak melalui saluran. +isalnya, kelenjar tiroid dan pituitari.

  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    13/19

    !"iologi#Kelas#$I Struktur Jaringan ewan (Jaringan Epitel, Ikat, %tot danSara')- 'el merupakan satuan terke!il dari suatu organisme yang dapat melakukanfungsi hidupnya sendiri. 'el menyusun tubuh organisme.

    'el-sel mengalami spesialisasi struktural dan fungsional membentuk suatu jaringan

    tertentu, misalnya jaringan epitel. Jaringan yang berkelompok dan melaksanakansuatu fungsi disebut organ, misalnya organ jantung dan paru-paru.

    'edangkan, sistem organ adalah kelompok organ-organ yang melaksanakan fungsitertentu, misalnya sistem pen!ernaan dan sistem saraf. /emudian, kumpulan dari

    berma!am-ma!am sistem organ membentuk organisme atau satu indi&idu.

    'el-sel yang membentuk tubuh he#an tingkat tinggi dan manusia tidak sama,tetapimengalami diferensiasi dan spesialisasi untuk melaksanakan fungsi tertentu se!aralebih efisien daripada yang dapat dilakukan oleh sel yang tidak mengalamispesialisasi. 'pesialisasi ini juga mengakibatkan saling ketergantungan beberapa

    bagian tubuh, jika terjadi luka atau kerusakan sel pada satu bagian tubuh dapatmenyebabkan kematian organisme itu.

    /euntungan spesialisasi lebih besar daripada kerugiannya. 'ekelompok atau selapissel-sel tubuh yang mengalami spesialisasi yang sama untuk bersama-samamelaksanakan suatu fungsi khusus disebut jaringan.

    'etiap jaringan terdiri atas sel yang mempunyai bentuk, ukuran, dan susunan yangkhas. Jaringan disusun oleh sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.Jaringan yang menyusun tubuh he#an dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu

  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    14/19

    !"iologi#Kelas#$I Perbedaan Sel ewan dan Sel Tumbuhan- 'el he#an dan seltumbuhan memiliki bagian-bagian sel, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

    'elain memiliki persamaan, sel he#an dan sel tumbuhan memiliki perbedaan-perbedaan, di antaranya adalah pada sel he#an terdapat sentriol, sedangkan pada sel

    tumbuhan tidak terdapat organel. etapi, sel tumbuhan memiliki &akuola, kloroplas,dan dinding sel yang tidak dimiliki sel he#an.

    1. Sel *e#an

    "iri khas sel he#an adalah memiliki sentriol. 'el he#an mengandung dua sentriolyang terdapat dalam sitoplasma di dekat permukaan sebelah luar nukleusnya. 'etiapsentriol terdiri atas sebaris silinder sebanyak sembilan mikrotubul, setiapmikrotubul memiliki dua bagian yang terikat padanya. /edua sentriol biasanya

    berhadapan dengan sudut tegak lurus.

    'ebelum sel membagi diri, sentriolnya melakukan duplikasi dan satu pasangberpindah ke sisi berla#anan pada nukleus, kemudian gelondong pembelahanterbentuk di antaranya. Pada beberapa sel, sentriol berduplikasi membentuk benda

    basal silia dan flagelata.

    2.Sel +umbuhan

    'el tumbuhan memiliki struktur yang tidak dimiliki oleh sel he#an, di antaranyaadalah adanya &akuola, kloroplas, dan dinding sel.

    a. ;akuola

    ;akuola adalah organel sitoplasma yang berisi !airan, dibatasi oleh membran yangidentik dengan membran plasma. ;akuola sering terbentuk karena pelipatanmembran sel ke arah dalam. *ahan atau buangan dapat ditemukan di dalam

    &akuola.

    http://www.cpuik.com/2013/03/perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    15/19

    'el tumbuhan berisi banyak &akuola ke!il-ke!il, tetapi dengan matangnya sel,terbentuklah &akuola tengah yang besar. +olekul makanan yang terlarut, bahan

    buangan, dan pigmen sering terdapat di dalamnya.

    ;akuola memiliki beberapa fungsi, antara lain8

    0 +emasukkan air melalui tonoplas yang bersifat diferensial permiabel untukmembangun turgor sel.

    1 ;akuola ada yang berisi pigmen dalam bentuk larutan, seperti antosian, termasukantosianin yang ber#arna merah, biru, dan lembayung, juga #arna gading dankuning. )ntosian dapat memberi #arna pada bunga, buah, pu!uk, dan daun. al ini,

    berguna untuk menarik serangga, burung, dan he#an lain yang berjasa bagipenyerbukan atau persebaran biji.

    2 ;akuola tumbuhan, kadang-kadang mengandung enzim hidrolitik yang dapatbertindak sebagai lisosom #aktu hidup. 'etelah sel mati, tonoplas kehilangan sifat

    diferensial permiabelnya sehingga enzim-enzimnya lolos keluar menyebabkanautolisis (penghan!uran diri.

    6 +enjadi tempat timbunan sisa-sisa metabolisme, seperti kristal kalsium oksalatdan beberapa alkaloid, seperti tanin. $ateks (getah dapat berkumpul dalam &akuoladalam bentuk emulsi. 'el khusus yang berfungsi seperti ini disebut latisifer, misalnyapada e&ea brasiliensi dan "annabis sati&a.

    7 +enjadi tempat penyimpanan zat makanan terlarut yang se#aktu-#aktu dapatdigunakan oleh sitoplasma. +isalnya, sukrosa dan garam mineral.

    b. /loroplas

    /loroplas hanya terdapat pada sel-sel tumbuhan dan ganggang tertentu. Pada seltumbuhan, kloroplas biasanya dijumpai dalam bentuk !akram dengan diameter 7 - eurilema adalah membran halus transparan berbentuk tabung yang terbentuk darisel-sel yang membungkus serabut. $apisan mielin terbuat dari bahan lemaknonselular yang membentuk lapisan putih mengkilat antara serabut dan neurilema.

    Pada selubung mielin terdapat sel s!h#ann yang berfungsi membentuk selubung

    http://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-saraf.htmlhttp://www.cpuik.com/2013/03/jaringan-saraf.html
  • 7/23/2019 Jaringan Pada Tumbuhan Dikotil

    19/19

    mielin baru. *agian akson yang tertutupi oleh selubung mielin disebut nodusrenier*