jambi independent edisi 30 juli 2009

24

Upload: jambi-independent

Post on 30-Mar-2016

344 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi Independent edisi 30 Juli 2009

TRANSCRIPT

kamis, 30 juli 2009 Jambi Independent

Tambahan kasus berasal dari 7 provinsi, yaitu DKI Jakarta (13 kasus), Jawa Timur (5 kasus), Yogjakarta (3 kasus), Jawa Barat (3 kasus), Banten (2 kasus), Bali (1 kasus), dan Sulawesi Utara (1 kasus). Semua kasus adalah warga negara Indonesia. Empat Kasus di antaranya memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, yakni 3 kasus ke Singapura dan 1 kasus ke Thailand.

Dengan demikian, secara kumulatif ka-sus positif influenza A H1N1 di Indonesia hingga 29 Juli berjumlah 444 orang terdiri

atas 252 laki-laki dan 192 perempuan. Tjandra menambahkan, seiring dengan terus bertambahnya pasien H1N1, pemeriksaan terhadap spesimen virus terus dilakukan di laboratorium Depkes. Tak urung pihaknya harus bekerja keras.

Di beberapa daerah, kata Tjandra, sejatinya sudah ada laboratorium yang bisa memeriksa virus tersebut. “Hanya saja untuk pemeriksaan awal tetap harus dilakukan di sini,” jelas dia. Fasilitas yang ada di laboratorium Depkes paling lengkap. (jpnn)

“Sebelumnya gue sempat jalan dengan yang baru, tetapi karena beda dunia. Maksud gue, dia bukan dari kalangan entertain dan enggak nyambung, jadi kita putus,” kata Okie di Jakarta kemarin (29/7).

Menurut Okie, mencari pasangan hidup memang merupakan tanggung jawab yang harus ia lakukan. Apalagi sampai saat ini anak-anaknya membutuhkan sosok seorang ayah. Tetapi ia tidak harus menerima tawaran siapa saja yang selalu dekat dengan dirinya.

“Kalau mau jodoh lagi, gue mau yang terbaik. Karena gue pasti membutuhkan pendamp-ing hidup dan anak-anak juga butuh sosok ayah,” jelasnya.

Untuk memilih pendamping hidup, terang Okie, dirinya memang sangat selektif. Ia tidak mau gagal untuk yang kedua kalinya. “Kalau aku cari pasangan harus yang sabar, satu istri dan satu wanita dalam hidupnya, menghargai perempuan dan saling percaya,” imbuhnya.(jpnn)

Perihal surat itu adalah kon-sultasi pengangkatan pejabat struktural eselon II di Pemkot Jambi.

Sebenarnya dua nomor surat gubernur tersebut ditujukan untuk pengangkatan Sabaruddin sebagai kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan KZE Reynold untuk posisi staf ahli bidang hukum dan politik.

Ketua Pansus Hak Angket DPRD Kota Jambi, Arman Sa-faat, mengatakan bahwa kes-impulan tersebut merupakan penyelidikan anggota Pansus. Dari data yang diperoleh, dik-etahui ada pemalsuan dokumen. “Dua nama itu (Ec Marjani dan M Sitanggang) dicantol dalam surat gubernur yang seharusnya untuk Sabaruddin dan KZE Reynold,” ungkapnya usai penyerahan kesimpulan kepada pimpinan DPRD Kota Jambi yang diwaliki Sukarno.

Begitu juga dikatakan Erbandi, anggota Pansus lainnya. Menurut anggota Fraksi PAN tersebut, Wali Kota mengeluarkan surat tidak secara prosedural, seolah-olah dua nama pejabat eselon II itu mendapat izin gubernur. “Itu memalsukan dokumen negara karena ditembuskan ke BAKN (Badan Administrasi Kepega-waian Negara),” katanya.

Erbandi menegaskan, pendapat Pansus DPRD bukan kontraksi yuridis yang memaparkan aturan hukum. “Kita hanya berpendapat sebagai dasar untuk mengajukan ke MA. Nanti MA yang akan memutuskan apakah melanggar atau tidak,” jelasnya.

Untuk itu dia meminta pimpi-nan DPRD Kota Jambi melaku-kan permohonan uji pendapat ke Mahkamah Agung (MA) atas kebijakan-kebijakan Wali

Kota. Dalam laporan kesim-pulan itu disebutkan, jika MA memutuskan bersalah, Bambang diusulkan untuk dilakukan pem-berhentian dari jabatannya.

Selain dugaan pemalsuan do-kumen, Pansus juga menilai kebijakan Wali Kota terhadap pengangkatan dan pemberhen-tian 27 kepala sekolah telah menimbulkan keresahan di dunia pendidikan Kota Jambi. Ke-bijakan Wali Kota melakukan mutasi dan pengangkatan pada 23 Februari 2009 dan pencabutan SK pada 23 Maret 2009 dinilai se-mena-mena tanpa memedomani keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/U/2003 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Wali Kota juga dianggap tidak memedomani Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. Tak hanya itu, akibat banyaknya pelanggaran penyalahgunaan jabatan, timbul keresahan. Lima partai pendu-kung pada Pilwako lalu menarik dukungan dari Bambang.

Menariknya, kesimpulan hasil penyelidikan Pansus Hak Angket itu tidak ditandatangani seluruh fraksi. Ketua Fraksi Partai De-mokrat Ridwan adalah salah satu yang menolak menandatangani. Dia menilai kesimpulan Pansus sudah lari dari pembahasan, karena tidak dibuat sesuai ha-sil yang dicatat oleh notulen. “Legislasi tidak bisa menyatakan seseorang melakukan pelangga-ran. Kesimpulan adalah merekap hasil pertemuan yang dicatat notulen,” katanya tidak puas dengan kesimpulan tersebut.

Memang Pansus Hak Angket DPRD terkesan mengejar target. Sebelum membuat kesimpulan,

Pansus sudah melakukan hearing dengan beberapa pihak terkait. Selain mengundang instansi terkait, Pansus juga mengundang Baperjakat Provinsi dan Kota Jambi. Kemudian Gubernur Zulkifli Nurdin dan Wali Kota sebagai pihak yang berseteru juga dipanggil Namun keduanya tidak hadir.

Terpisah, Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin terkesan sudah enggan membahas masalah pengangkatan pejabat eselon II di Kota yang berpolemik tersebut. “Biarlah saya serahkan pada Tuhan. Saya sudah menolong dia (Bambang, red), memberi-kan bantuan modal, tetapi dia malah seperti itu dengan saya. Ya sudahlah,” ujarnya sambil terus berlalu saat ditemui setelah menghadiri acara peringatan Hari Anak Nasional kemarin.

Sementara Wali Kota Jambi Bambang Priyanto sampai tadi malam belum bisa dikonfirmasi. Menurut informasi, Bambang masih berada di Jakarta untuk urusan dinas. Nomor ponselnya juga tidak aktif.

Sekda Kota Jambi Kailani saat dikonfirmasi soal adanya pemalsuan dokumen juga enggan menanggapi. “Saya tidak ingin memperkeruh suasana,” katanya seusai rapat membahas stok BBM kemarin siang.

Begitu juga saat Jambi In-dependent menanyakan sikap Wali Kota atas hak angket yang terus bergulir. Termasuk reko-mendasi pansus yang meminta Bambang turun bila dinyatakan bersalah. Hanya saja, sejumlah off the record ia sampaikan. Kabag Hukum Setda Kota Pau-nal Akhyar juga memilih tutup mulut.(dra/viz)

Penilaian serupa disampaikan Dasril Rajab, pakar hukum dari Universitas Jambi. Menurut dia, kesimpulan Pansus Hak Angket sudah keluar dari jalur sebena-rnya. Seharusnya, kata Dasril, kesimpulan Pansus DPRD Kota Jambi tidak mencari kesalahan.

Sejatinya, sebagai mitra, De-wan menyarankan agar Guber-nur Zulkifli Nurdin dan Wali Kota Bambang Priyanto duduk bersama membahas kembali persoalan itu untuk mencari ja-lan keluar. “Kalau (hak angket) sekarang bukan jalan keluar,

karena Pansus mengarahkan kepada tindak pidana,” ujarnya menyayangkan.

Sementara itu, pengamat hu-kum dari Unja lainnya, Joni Najwan, mengatakan bahwa Pansus harus bisa membuktikan indikasi pidana yang mereka temukan. “Kalau memang dite-mukan indikasi pidana, Pansus harus buktikan dulu, tidak bisa langsung menghakimi. Kalau tidak terbukti, bisa jadi fitnah,” katanya. Wali Kota, menurut Joni, juga bisa saja menuntut balik.

Joni mengatakan, dalam hal ini Pansus Hak Angket tidak boleh mengadili. Tugas Pansus adalah menyelidiki masalah-masalah yang berhubungan dengan administrasi, bukan melakukan penyelidikan. Kalau memang ditemukan ada indikasi pidana, tidak masalah. “Kalau sebatas indikasi (pidana, red) tidak masalah, tapi tidak boleh menghakimi. Yang berwenang menyelidiki pidana adalah Polri dan nanti dibuktikan di pengadi-lan,” jelasnya.(ira)

Setelah diteliti, kata Bibit, tidak semua laporan terindikasi korupsi. Yang terindikasi pada 2004 sebanyak 39 kasus, 2005 (28), 2006 (15), 2007 (28), 2008 (139), dan 2009 hanya 1 kasus.

Menurut Bibit, kasus-kasus

tersebut langsung diserahkan kepada instansi terkait untuk di-tangani. Kepada pihak kepolisian sebanyak 17 kasus, kejaksaan 45 kasus, BPKP 8 kasus, Dirjen 12 kasus, MA 1 kasus, dan Baswasda 6 kasus. “Kemudian di KPK se-

banyak 45 kasus yang diberasal dari pengaduan masyarakat,” katanya.

Bibit menjelaskan, dalam me-nyelidiki suatu kasus, pihaknya tetap berpegang pada azas pra-duga tak bersalah. “Kita harus

hati-hati sekali karena itu me-nyangkut hak asasi manusia. Tergantung pada alat bukti. Tugas kita adalah menyakinkan pangadilan agar kasus tersebut tetap ditangani dengan baik,” jelasnya.(viz)

Pernyataan di internet itu me-nyebut aksi bom bunuh diri (amal isytihadiyah) itu dilakukan sebagai pembalasan atas aksi Amerika di negeri Islam.

Mereka juga menyebut se-rangan itu untuk melindungi kepentingan nasional. “Agar umat ini mengetahui bahwasanya Amerika, khususnya orang-orang yang yang berkumpul dalam majlis itu, adalah para pentolan bisnisman dan inteli-jen di dalam bagian ekonomi Amerika,” tulis situs itu dengan font Times New Roman ukuran 18. Tulisan JW Marriott ditulis salah, “JW Mariot” (dengan satu huruf t).

Saat serangan terjadi, di JW Marriott memang sedang di-lakukan sarapan rutin para CEO perusahaan tambang dan energi, di antaranya Timothy Mackay, CEO PT Holcim Indonesia, salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia; Kevin S Moore, general manager Husky Oil North Sumbawa Ltd; Gary Ford, presiden direktur Anadarko Indonesia Company. Anadarko Petroleum Corporation adalah salah satu produsen minyak dan gas terbesar di dunia. Kemudian

Nathan Verity dan Garth McE-voy, commercial manager Thiess Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pert-ambangan asal Australia.

Sedangkan untuk serangan di Ritz-Carlton, salah satu ala-sannya agar umat Islam tidak memberikan wala’ (loyalitas) pada Manchester United yang rencananya akan menginap di hotel itu. Tulisan Ritz-Carlton di situs itu ditulis salah, “Rizt Carlton”. Tulisan Manchester United juga ditulis salah, “Man-cester United”.

Menurut Wakadiv Humas Brigjen Sulistyo, polisi tidak akan terjebak pada pengakuan di internet. “Kita berangkat berdasar fakta di lapangan, ti-dak berdasar katanya-katanya orang atau yang mengaku-aku,” katanya.

Dia menyesalkan pembuat blog gratisan itu menggunakan ayat-ayat Alquran. “Saya juga Islam, tapi tidak setuju dengan aksi teror itu. Jelas dilarang agama,” kat-anya. Karena itu, tim cyber crime Mabes Polri segera diperintahkan untuk melakukan pelacakan. “Hasilnya dalam satu-dua hari akan kelihatan,” katanya.

Munculnya website itu mengu-lang kasus munculnya www.al-anshar.net yang beredar setelah peledakan Bom Bali II tahun 2005. Pembuatnya Abdul Azis, divonis delapan tahun penjara oleh PN Denpasar pada 2006 lalu. Abdul Azis mengaku disuruh Noordin M Top membuat situs dan mengirimkannya ke kantor berita Al Jazeera.

Pengamat telematika Roy Suryo menilai situs itu bua-tan orang iseng. “Dia mengail di air keruh,” kata Roy tadi malam. Alumnus Fisipol UGM itu berjanji akan membantu polisi menelusuri pembuatnya. “Jika diminta penyidik, saya siap mem-bantu,” katanya. Dia menyebut pelacakan terhadap blog gratisan cepat, namun tidak serta merta bisa menunjuk siapa pelakunya. “Dibuat di mana saja bisa. Tidak perlu pesan server atau hosting situs,” katanya.

Mantan Amir JI Abu Rusdan juga meragukan klaim pengebo-man melalui media internet itu. “Saya kira tidak akan sevulgar itu. Kalau memang mereka ber-maksud jihad, tentu tidak seperti itu,” katanya.(jpnn)

Meski demikian, hingga saat ini sudah tiga alternatif nama yang menguat. Mereka adalah anggota Dewan Penasihat De-mokrat Hayono Isman, Sekjen Marzuki Alie, dan Ketua DPP Anas Urbaningrum. “Kami masih menunggu restu Ketua Dewan Pembina Demokrat Pak SBY sampai sekarang,” ujar

Jafar. Namun melihat syarat yang mengesampingkan pengalaman menjadi anggota Dewan, pelu-ang Anas tetap sangat besar. Itu karena politikus muda tersebut memang belum pernah duduk di legislatif. Namun dia menjabat ketua DPP dan jam terbang yang cukup lumayan karena pernah menjadi anggota KPU dan ketua

umum HMI. Namun Ketua DPR Agung Lak-

sono menyarankan ketua DPR mendatang sebaiknya diberikan kepada mereka yang memiliki pengalaman sebagai anggota Dewan. “Pengalaman (sebagai anggota Dewan, red) sangat penting agar DPR nanti bisa lebih baik,” ujarnya.(jpnn)

Bagi partai pemenang pemilu, pembatalan itu memang mem-berikan dampak positif, yakni pertambahkan kursi. Sebaliknya, bagi partai menengah ke bawah, keputusan MA jelas akan meng-hilangkan jatah kursi mereka. Partai Keadilan Sejahtera (PKS), misalnya.

Ketua DPW PKS Provinsi Jambi Henri Mansyur mengakui, saat ini pihaknya sedang mem-bahas seberapa besar pengaruh keputusan MA terhadap perole-han kursi PKS, baik di DPR RI, DPRD provinsi, maupun kabupaten/kota. “Sekarang kita masih membahasnya,” ujar Henri saat dihubungi melalui telepon kemarin.

Sejauh ini, kata Henri, di DPR RI belum ada perubahan signifi-kan. Termasuk di DPRD Provinsi

Jambi. Namun untuk caleg ter-pilih DPRD kabupaten dan kota, jika keputusan MA diberlakukan, akan banyak perubahan ke arah pengurangan kursi. “Tapi kami masih melakukan simulasi se-berapa pengaruhnya. Sekarang masih menghitung-hitung,” ujar caleg terpilih untuk DPRD Provinsi Jambi itu.

Menurut Henri, keputusan MA pasti akan melahirkan polemik, karena muncul setelah kompetisi selesai. Apalagi sebagian besar sudah menerima penetapan hasil pemilu. “Kalau khawatir pasti, karena itu akan melahir-kan polemik baru. Peta politik nanti akan dikuasai partai besar,” jelasnya.

Selain PKS, saat ini pengurus DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jambi juga

Penyebabnya, sumber air dan sumber makanan bagi komodo di pulau tersebut terus berkurang.

Daya tahan hidup (survival) komodo memang luar biasa. Meski secara alamiah tidak biasa hidup di air laut, binatang itu bisa berenang untuk menyeberang ke dua pulau di dekat Padar tadi. “Komodo bisa berenang dan menyelam sampai 2 hingga 3 kilometer,” papar Tamen.

Lantas bagaimana nasib Pulau Padar setelah ditinggal komodo? Menurut Tamen, aktivitas kon-servasi tetap dilakukan sebab kekhasan pulau tersebut tidak hanya ada pada komodo, namun juga ekosistem darat dan lautnya. “Pulau Padar tengah diproyek-sikan untuk wisata lain di luar komodo,” tambahnya.

Secara resmi, IPPA untuk TNK mulai diberlakukan pada 2004. Pemegang izin tersebut adalah gabungan antara perusahaan modal asing (PMA) dari Amerika Serikat dengan bendera Pu-tri Naga Komodo (PNK) dan Dephut. Komposisi investasinya 60 persen berasal dari PNK dan sisanya Dephut. “Kerja sama itu disepakati berlangsung selama 30 tahun,” ujar Tamen.

Dephut menerima tawaran kerja sama tersebut karena me-lihat PNK sudah berpengalaman dan mengenal wilayah itu. PNK adalah jelmaan non-govern-ment organization (NGO/LSM) bernama The Natural Conserva-tion (TNC). “NGO itu sudah berkecimpung dalam upaya konservasi di TNK sejak 1996,” tambahnya.

PNK-lah yang kemudian me-nyediakan dan mengelola pa-ket-paket wisata ke TNK. Juga pembangunan berbagai sarana pariwisata di Pulau Komodo dan Rinca. PNK juga yang menye-diakan pendamping wisatawan yang dikenal sebagai naturalist guide. “Dengan demikian, ke-amanan wisatawan yang berkun-jung ke TNK bisa terjamin,” terang Tamen.

Sementara ini, selain naturalist guide yang disiapkan PNK, TNK menugasi ranger (polisi hutan) sebagai pendamping wisatawan. Ke depan PNK akan lebih banyak menyediakan naturalist guide-nya. “Dengan demikian, ranger TNK akan lebih konsentrasi pada pengamanan dan konser-vasinya,” ucap Tamen.

Keamanan wisatawan terse-but penting agar tidak teru-

lang kejadian ketika wisatawan asal Swiss Baron Rudolf tewas karena dimangsa komodo pada 1974. Saat itu memang belum ada pengelolaan wisata yang profesional di pulau tersebut. “Hanya ada orang-orang lokal yang mendampingi mereka yang ingin melihat komodo,” ungkap Tamen.

Yang terjadi, Rudolf terpisah dari rombongan dan hilang. Beberapa hari kemudian, hanya ditemukan jam tangan, kamera, dan kalung salibnya dengan bercak-bercak darah.

Dengan aktivitas pariwisata di TNK yang makin marak, Ta-men berharap agar masyarakat sekitar bisa mendukung upaya konservasi. Masyarakat, menu-rut Tamen, diuntungkan dengan adanya komodo yang menjadi daya tarik wisatawan. “Kalau konservasi gagal dan komodo punah, mereka juga ikut rugi,” ujarnya.

Dukungan yang diharapkan dari masyarakat adalah mema-tuhi zona-zona larangan untuk mencari ikan. Toh, menurut Tamen, wilayah TNK hanya 1 persen dari seluruh wilayah pen-carian ikan di Teluk Sape. “Zona larangan itu pun hanya terbatas pada daerah-daerah yang men-jadi tempat perkembangbiakan ikan dan karang,” jelas dia.

Di luar zona tersebut, masyara-kat masih diizinkan mencari ikan di wilayah TNK dengan batasan-batasan tertentu. “Misalnya gu-nakan alat penangkap ikan yang nature friendly (tidak merusak alam). Jangan gunakan bom ikan atau pukat,” tuturnya.

Sejak TNK menjadi objek wisata, komodo semakin sering bersinggungan dengan manusia. Konflik pun tidak terhindarkan. Berdasarkan catatan TNK, bi-natang itu 18 kali menyerang manusia.

Binatang tersebut tidak pilih-pilih dalam menyerang kor-bannya. Bahkan ranger (polisi hutan) yang dalam keseharian-nya berdekatan dengan mereka pun tidak luput dari serangan. “Setidaknya ada tiga ranger yang menjadi korban serangan komodo,” ungkap ranger David yang ditemui saat berjaga di Loh (teluk) Liang, Pulau Komodo.

Korban pertama yang diketahui justru wisatawan asing asal Swiss Baron Rudolf yang berkunjung ke Loh Liang pada 1974. Saat itu pulau tersebut belum dija-

dikan taman nasional. “Rudolf berkunjung ke pulau ini bersama rombongannya dengan dipandu warga lokal,” tambah David.

Dalam perjalanan menyusuri pulau itu untuk melihat komodo, Rudolf terpisah dari rombongan-nya. Sampai rombongan tersebut pulang, Rudolf tidak ditemukan. Rudolf diduga tewas karena dimangsa komodo.

Keluarganya di Swiss tidak percaya dengan penjelasan terse-but. Mereka akhirnya datang ke Pulau Komodo beberapa tahun kemudian untuk mencari jejak Rudolf. Jejaknya tidak ditemu-kan sama sekali. Mayatnya pun tidak. “Yang ditemukan hanya jam tangan, kamera, dan liontin kalung berbentuk salib,” tambah David.

Pada saat itulah, keluarga kor-ban baru percaya bahwa Rudolf sudah dimangsa komodo. Mer-eka pun memberikan penanda di tempat ditemukannya benda-benda milik Rudolf tersebut sebagai pengganti makamnya.

Kali terakhir komodo meny-erang manusia pada Maret lalu. Korbannya Anwar, penduduk Pulau Mesah. Nyawa lelaki itu tidak tertolong setelah kakinya disambar komodo. Dia tewas karena kehabisan darah.

Sebagian besar korban tewas memang kehabisan darah. Karena itu, yang harus dilaku-kan terhadap korban serangan komodo adalah menghentikan pendarahan. Yang menyulitkan, serangan-serangan itu terjadi di pulau-pulau terpencil yang jauh dari rumah sakit atau puskesmas. “Perlu gerak cepat untuk menge-vakuasi korban,” ujar David.

Salah satu kisah evakuasi yang tergolong dramatis adalah ketika terjadi serangan komodo pada ranger Main di Loh Buaya Pulau Rinca pada 22 Februari lalu. Nyawanya bisa diselamat-kan, meski jarak pulau tersebut dengan Labuan Bajo sekitar satu setengah jam perjalanan dengan speedboat.

Waktu itu Main, yang April lalu genap 26 tahun bekerja di Taman Nasional, baru saja me-nerima rombongan wisatawan di Front Office Loh Buaya. Setelah rombongan tersebut berangkat tracking didampingi naturalist guide, lelaki berusia 46 tahun itu pun mengerjakan administrasi.

Saat asyik menulis, tidak dis-adari seekor komodo remaja sudah berada di dekat kakinya.

Bahkan dia sudah merasakan lidah komodo itu menjilat kak-inya.

Dalam kondisi sedekat itu, tindakan yang disarankan adalah tidak membuat gerakan tiba-tiba. Maka secara perlahan dia mengangkat kakinya tanpa ber-suara.

Sayang, gerakan perlahan itu buyar ketika lututnya terantuk meja sehingga menimbulkan suara gaduh. Secepat kilat ko-modo itu pun menyambar kaki Main.

Main melepaskan gigitan tersebut dari kakinya. Namun komodo itu beralih menyambar tangannya. Dia menghindar dari serangan lebih lanjut dengan melompat ke atas almari. Dari atas almari itu dia berteriak minta tolong.

Rekan-rekannya pun datang dan berhasil mengusir komodo tersebut. Namun darah segar yang mengucur dari tangan dan kaki Main mengundang kehadi-ran komodo-komodo lain.

Ketika sebagian rekan-rekan-nya menggendongnya ke perahu di dermaga Loh Buaya, yang lain berusaha menghalau puluhan ko-modo yang terus membuntutinya. Main pingsan ketika dinaikkan ke atas kapal FRS (floating ranger station) di dermaga tersebut.

Laporan pun dikirim ke Labuan Bajo. Sekitar 20 menit kemudian, satu tim evakuasi meluncur ke Loh Buaya. Tim tersebut ber-temu FRS di tengah perjalanan di sekitar Pulau Kalong. Main dipindahkan ke speedboat terse-but agar lebih cepat sampai ke Labuan Bajo dan mendapatkan pertolongan.

Hasil pemeriksaan di Puskes-mas Labuan Bajo, Main mend-erita luka sobek pada pergelangan kaki kiri dan pergelangan tangan kanan. Pada hari itu juga Main diterbangkan ke Denpasar, Bali, untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

Setelah enam jam menjalani operasi di Rumah Sakit Sanglah, Denpasar, nyawa Main terse-lamatkan. Namun perlu beberapa hari sampai dia cukup kuat untuk menceritakan kejadian yang dialami itu.

Yang mengagumkan, kejadian tersebut tidak membuatnya jera ataupun trauma. “Jika sudah sem-buh, saya akan kembali ke Loh Buaya,” kata Main kepada rekan-rekannya sesama ranger.(*)

Pansus Temukan Indikasi Pidana ------------------------ dari hal 1713 Laporan Korupsi di Jambi Masuk ke KPK ---------------------------------- dari hal 1

Keputusan MA Bisa Timbulkan Polemik di Daerah ----------------------------- dari hal 1tengah membahas keputusan MA tersebut dan dampaknya di daerah. Namun Hasan Ismail, wakil ketua DPW PAN Provinsi, belum mau berkomentar saat ditanya dampaknya bagi perole-han kursi PAN. “Saat ini kami masih melakukan pembahasan,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Berbeda dari PKS dan PAN, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi As’ad Syam hanya menunggu keputusan final terkait keputusan MA itu. “Kalau kami siap menerima apa pun keputusannya,” ujar As’ad, ter-pisah. Menurutnya, apa pun hasil-nya, partai siap mendukung dan menjalankan keputusan tersebut. “Makanya kami menunggu saja,” tambahnya.

Untuk diketahui, sebagai salah satu partai pemenang pemilu, Partai Demokrat memang ter-masuk yang diuntungkan oleh keputusan MA. Hampir sebagain besar calegnya meraih BPP. keputusan MA itu akan me-nambah perolehan kursi partai pengusung SBY-Boediono itu.

Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Jambi Yopi Muthalib juga mengaku sangat menyay-angkan keputusan yang dike-luarkan MA. Keputusan itu jelas sangat merugikan partai politik.

“Prinsipnya kita tetap menyetu-jui keputusan MA tersebut. Tapi kita tetap akan melakukan protes. Saat ini kita masih menunggu apa yang dilakukan pengurus DPP Hanura,” katanya.(jpnn)

Investor AS yang Usulkan Jadi Objek Wisata ------------------------------------ dari hal 1

Menyebar di 15 Provinsi ------- dari hal 1Berhasil Lupakan ---------------- dari hal 1

Seharusnya Pansus Tidak Mencari Kesalahan -------- dari hal 1

Anas Berpeluang Jadi Ketua DPR RI ------------------- dari hal 1

Strategi Kecoh Polisi ---------------------------------------- dari hal 1

Abdur Rahman

Kini, Badannya TidaK GampanG peGal laGiKarena jarang berolahraga, Abdur Rahman sering mengalami pegal-pegal di badan dan nyeri di tumit. Bahkan berat badannya kian hari kian bertambah. “Itu berlangsung selama lebih-kurang tujuh tahun, sejak saya bekerja sebagai orang kantoran,” papar sarjana peter-nakan yang bekerja sebagai PNS di Pemda Kabupaten Goa, Provinsi Sulawesi Selatan, ini. “Selain itu, saya pun pernah dinyatakan oleh dokter menderita osteoporosis,” ujar lelaki 38 tahun ini. Sebagai orang muda, apalagi saat ditemui di rumahnya pekan ketiga Febru-ari 2009 lalu ia mengaku masih pengantin baru, tentu saja kondisi seperti itu berisiko terhadap hari depannya. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan penduduk

BTN Aura Permai, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Goa, ini adalah rutin mengon-sumsi suplemen makanan untuk kesehatan, dua kali dalam sehari. Suplemen apa? “Sejak dua bulan ini saya meminum ZENA-600,” ujarnya. Lalu, apa yang didapatnya dari sari bubuk kacang hijau dan kedelai itu? “Perut mulai mengecil karena bila meminum ZENA-600 di pagi hari, saya tahan tidak sarapan dan tidak mengemil selama di kan-tor. Selain itu, badan saya sudah jarang mengalami pegal-pegal dan tumit saya sudah jarang mengalami nyeri,” ucapnya.Agak aneh mendengar orang semu-da Abdur Rahman menderita osteo-porosis. Sebab, keluhan tentang ini biasanya keluar dari mulut para

wanita berusia 45 tahun ke atas. Majalah Healthy Life edisi Novem-ber 2008 lalu menulis, diperkirakan jumlah penderita osteoporosis akan mencapai 24 juta orang pada tahun 2015 mendatang. Peneltian terbaru menun-jukkan bahwa pemberian f lavonoid berpengaruh pada kapasitas serum an-tioksidan, kekuatan tu-lang, dan bisa menunda terjadinya keretakan atau patah pada tulang femoral. Pemberian flavonoid me-nambah kekuatan femoral alias tulang pinggul hingga 6,3% dan mengurangi ke-cepatan patahnya hingga 9,5%. Sedangkan Majalah Farmacia edisi Mei 2007 memuat, sebuah peneli-

tian di Oklahoma State University, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa konsumsi 40 gram protein kedelai yang mengandung 90 mg isoflavon per hari selama tiga

bulan secara signifikan mengurangi ekskresi de-oxypyridinoline urin yang merupakan penanda pem-ecahan tulang. Selain itu, pemberian makanan yang mengandung ka l s ium serta vitamin D sangat membantu pencegahan osteoporosis. Pemberian kalsium 1,2 gram diser-tai vitamin D 800 IU per hari selama 5 tahun dapat

menghambat kehilangan massa tulang dan terjadinya fraktur. Jadi, dengan mengonsumsi kacang hijau

dan kedelai, yang mengandung iso-flavon, asam amino, kalsium, fosfor, zat besi, serta sejumlah vitamin itu secara rutin setiap hari, tentu saja proses pengeroposan tulang dapat teratasi. Meski demikian, yang lebih penting untuk dilakukan tentu menjaga pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan dengan baik, berolahraga dengan teratur, beristi-rahat dengan cukup, meminum air putih dengan cukup, dan beberapa lainnya. Kendati belum lama beredar, Zena-600 sudah laku di seluruh wilayah pemasarannya. Hal itu tak lepas dari manfaatnya yang nyata dan produknya yang diolah higienis. Selain itu, formulanya merupakan penyempurnaan dari formula-for-mula kedelai bubuk yang selama ini

mulai banyak beredar di pasaran. Dan ini amat ditunjang oleh mulai sadarnya masyarakat untuk bera-lih ke bahan-bahan nabati alami dalam memelihara kesehatan. Tapi, produk ini bukanlah obat melainkan makanan kesehatan untuk memeli-hara kondisi tubuh. Untuk konsultasi kunjungi segera [email protected] atau telepon (021) 70288 540 hubungi distributor Prov. Jambi: 08128361 642. Subdist Kerinci: 0813663601 40, Subdist Bangko: 08127350234, Subdist Batanghari: 0812741751 78, Subdist Tebo: 085274 776210.

TIPE 60

Jambi Independent kamis, 30 JULi 2009

n advertoriaL

suku Bunga turun, miliki real estate CBr

Real Estate CBRHanya Rp 250 Jutaan

JaLaN mULUs:selain menyediakan rumah mewah, Real Estate Citra Beringin regency juga memperhatikan prasarana lingkungan, seperti jalan mulus lebar hingga 14 meter. tersedia drainase, pengamanan 24 jam, dan pagar beton keliling.

Jumlah TerbatasMiliki Stok Siap Huni

JamBi–Meski telah dikenal sebagai perumahan mewah yang memiliki lokasi paling strategis di Kota Jambi, namun Real Estate Citra Beringin Regency (CBR) tetap memberikan penawaran menarik dengan unit yang sangat terbatas. Membuka harga khusus hanya Rp 250 jutaan untuk tipe 60. Rumah tipe 60 dibangun dengan tiga kamar tidur, dua kamar mandi dan dapur, ada carfort, taman, dan masih terdapat sisa tanah untuk pengembangan. “Unitnya sangat terbatas sekali, kalau memang ber-minat bisa langsung menghubungi pihak CBR untuk pembelian secara tunai mau pun kredit,” jelas Riko Mappedeceng, Manager Market-ing Citra Beringin Regency kepada Jambi Independent.

Apalagi saat ini suku bunga se-dang turun, tentunya akan mem-berikan keuntungan tersediri bagi para konsumen yang memutuskan membeli rumah sekarang juga. “Bila dihitung-hitung harga kreditnya hanya Rp 80 ribu per hari,” ucap Riko seraya memencet tust kalkulator menghitung harga rumah dipotong uang muka dan dikali suku bunga saat ini 11,99 persen.

Unit rumah yang ditawarkan CBR terdiri beberapa tipe yakni T180/200, T123/200, T90/200, T75/200, dan T60/120. Dengan jumlah yang terbatas, unit rumah mewah terse-but sudah tentu menjadi incaran kalangan menengah keatas, yang mengidamkan hunian ekslusive di pusat Kota Jambi. “Saat ini rumah-rumah sudah banyak yang dihuni oleh pemiliknya. Listrik dan air PDAM semua sudah tersedia.,” beber Rico mengenai kondisi perumahan CBR yang sudah ramai berpenghuni. Selain itu CBR juga memiliki stok rumah siap huni untuk tipe 60 dan tipe 75.

Berbicara mengenai kualitas rumah, tak perlu diragukan lagi. Struktur bangunan yang digunakan CBR sangat kokoh dengan beton bertulang. Pondasi beton tapak dan bata lajur, dinding di plaster dan di ACI. Untuk ketahanan, kusen pintu dan jendela menggunakan kayu tembesu atau kamper finish melamik.

Lantai rumah terlihat cantik meng-gunakan keramik yang diserasikan

dengan cat dinding. Atap genteng keramik, dan plafon gypsum, se-hingga menampilkan sebuah rumah yang benar-benar berkualitas dan mewah menawan.

Selain kualitas, CBR pun sangat memperhatikan tatanan interior dan ekterior unit yang ditawarkan. Untuk tampilan luar, perumahan CBR menggunakan batu alam, sehingga konsep rumah modern mediterania yang ditawarkan terlihat mewah, dan modelnya lebih tahan lama.

Untuk interior, menggunakan kon-sep ruangan yang luas dan model plafon gypsum dengan ornament mewah. Khusus tipe 123 dan tipe 180 mendapat bathtube dikamar mandi utama. Konsep bangunan yang ditawarkan adalah berdesain modern, dan berkualitas.

Jadi, bagi Anda yang mengidam-kan rumah mewah ditengah kota atau hanya ingin investasi dalam bentuk rumah, sangat sayang bila kesempatan seperti ini harus dile-watkan. Properti adalah pilihan investasi merupakan salah satu sek-tor fundamental yang paling bagus, sepanjang memilih lokasi yang tepat dan konsepnya jelas.

Lokasi yang tepat adalah dipusat kota yang dekat dengan berbagai

akses dan fasilitas umum. Namun masalahnya, terbatasnya lahan kosong di pusat Kota Jambi, mem-buat sebahagian pengembang sulit untuk membangun unit perumahan disana.

Sedangkan memiliki rumah di pu-sat kota Jambi sangatlah diidamkan, dan tentunya akan sangat memu-dahkan Anda dalam melakukan segala aktifitas sehari-hari, karena memiliki akses yang cepat dan dekat menuju ke mana pun.

CBR merupakan perumahan yang sangat dekat dengan fasilitas umum yang ada di Kota Jambi. Hanya tujuh menit ke Bandara Sultan Thaha, lima menit pusat per-kantoran pemerintah kota Jambi, dan dekat dengan pusat pendi-dikan, serta pusat perbelanjaan. Satu lagi yang terpenting, lokasi perumahan bebas banjir. (ynn)

Prasarana LingkunganSiap 100 Persen

JamBi–Turunnya suku bunga bank, merupakan kesempatan ter-baik bagi setiap masyarakat yang ingin mengajukan kredit, termasuk kredit perumahan. Kabar terbaik datang dari CV Bhakti, developer real estate Citra Beringin Regency (CBR), menyediakan rumah me-wah, lengkap dengan prasarana yang telah siap.

“Kini bunga bank turun 11,99 persen fix selama enam bulan, ini khusus untuk kredit perumahan CBR di BII (Bank Internasional Indonesia),” kata Riko Mappede-ceng, Manager Marketing Citra Beringin Regency. Dengan turun-nya suku bunga, angsuran bank jauh lebih murah, selisihnya men-capai Rp 600 ribu, jelasnya lagi.

Khusus untuk pembelian rumah di bulan Agustus, real estate CBR memberikan paket bonus lang-ganan Top Teve dan Indovision selama satu tahun.

Selain hadiah menarik yang ditawarkan, para konsumen harus teliti dalam menentukan pilihan untuk membeli rumah. Dalam

memilih hunian, tak hanya desain rumah bagus dan harga terjang-kau yang perlu diperhatikan. Tapi, prasarana lingkungan yang telah jadi berupa kondisi jalan lingkun-gan yang mulus adalah hal pent-ing yang juga sangat perlu untuk diperhitungkan

“Prasarana jalan dan lingkungan di perumahan CBR semuanya telah siap 100 persen dan siap pakai,” ujar Riko Mappedeceng dengan bangga.

Saat ini kondisi jalan di real estate CBR telah 100 persen selesai diker-jakan. Jalan mulus tersebut memiliki lebar 12 sampai 14 meter untuk jalan utama, dan jalan gang selebar tujuh sampai delapan meter. tersedianya kondisi jalan yang mulus, tentu saja akan memberikan kenyamanan bagi para penghuni perumahan, mau pun tamu yang datang.

Prasarana lain yang juga dikede-pankan oleh real estate CBR adalah keamanan 24 jam melalui satu gerbang keluar dan masuk, yang dijaga oleh satpam. Sekel-iling perumahan telah dipagar beton setinggi 2 meter, dan dileng-kapi dengan taman.

Selain itu, saluran drainase juga disediakan dengan rancangan bebas banjir. “Saluran drainase itu kita DAM, agar lebih aman dari banjir, walaupun daerah disini

bebas banjir,” tambah Riko.Rumah bersertifikat hak milik

ini pun telah dilengkapi dengan

aliran PDAM (Perusahaan Dae-rah Air Minum), listrik 1300-2200 Watt. (ynn)

Jl. adam malik, Beringin(depan Pom Bensin Beringin)thehok - kota Jambitelp. 0741 – 7113999HP. 0813 10000 307HP. 0852 66379 034HP. 0812 7454 5202

CitraBeringin regenCy

n AlAsAn MeMilih CitrA Beringin regenCyn Harga promosi rumah tipe 60 hanya Rp 250 jutaan.

n Suku bunga ringan 11,99 persen, atau angsuran hanya Rp 80.000 per hari, atau hemat Rp 600 ribu dari harga sebelumnya.

n Rumah ditengah kota, dekat dengan segala akses dan fasilitas umum seperti perkantoran,pusat perbelanjaan, sekolah, bandara, dan tempat lainnya.

n Memiliki nilai investasi yang tinggi dan harga terus meningkat pesat.

n Konsep bangunan modern mediterania yang gayanya mampu bertahan lama.

n Kualitas bangunan terjamin, menggunakan material terbaik.

n Prasaran lingkungan 100 persen telah siap seperti jalan mulus dan lebar, pagar keliling, taman, satpam 24 jam, drainase, PDAM, dan listrik.

Jambi IndependentKAMIS, 30 JULI 2009

PSK Hamil DuaBulan Terjaring

MUARABUNGO – RaziaSatpol PP menyambut Ra-madan, Selasa (28/7) ma-lam, berhasil menjaring duapekerja seks komersial (PSK).Keduanya mengaku janda.Satu d i antaranya sedanghamil dua bulan, yakni San-ti (24). Satu lagi, Eri, berusia33 tahun.

Kedua PSK tersebut dijaringdi warung-warung kecil di DesaSungai Buluh. Untuk pembi-naan, dua PSK itu akan diserah-kan ke Dinas Sosial Bungo.“Razia untuk meminimali-sas i prakt ik pros t i tus i d iwarung-warung kecil,” ujarKepala Kantor Satpol PP Bungo

Taufik Khaldy.Menurut Taufik, razia digelar

di Sungai Buluh berdasar infor-masi dari masyarakat yang re-sah atas aksi esek-esek terse-but. Taufik memastikan duaPSK itu pemain lama dan war-ga pendatang. Razia akan ter-us dilakukan terutama menje-lang dan saat Ramadan. Di-harapkan razia dapat men-ciptakan s i tuasi kondus if,aman, dan nyaman.

Satpol PP juga akan mengge-lar razia penjualan mercon danpetasan. Targetnya pedagangbesar dan pedagang eceranyang menjajakan barang da-gangan di pinggir jalan.(dwy)

12 Agustus, Batas AkhirSetoran Haji Merangin

Pemkab GratiskanBiaya Domestik Haji

BANGKO - Tidak berbeda daritahun sebelumnya, tahun ini De-partemen Agama (Depag) Mera-ngin kembali memberangkatkancalon jamaah haji (CJH) asal BumiTali Undang Tambang Teliti. Di-perkirakan 284 CJH Meranginakan menunaikan rukun Islam ke-lima itu. “Pemberangkatan pastikita belum tahu. Kemungkinan be-sar akhir Oktober,” ujar Kakande-pag Merangin Umar Yusuf melaluiKasi Penyelenggara Haji dan Um-rah Depag Merangin Asnawi ARkemarin (29/7).

Jumlah CJH yang akan bertolakke Mekkah belum pasti karenabaru 130 CJH yang telah melunasibiaya haji. Penyelesaian biaya ad-mintrasi haji tahun ini, kata Asnwai,dibuka sejak 13 Juli hingga 12 Agus-tus. “Jika hingga 12 Agustus men-

datang CJH belum menyelesaikanbiaya haji, dianggap batal be-rangkat haji,” ujarnya.

Sebelum bertolak ke Mekkah,CJH Merangin akan mengikutibimbingan manasik haji di bawahbimbingan Depag Merangin. Jad-wal usai Idul Fitri.

Sementara itu, Bupati Merangin

Nalim mengatakan, biaya domestikjamaah haji Merangin menuju em-barkasi Padang, Sumatera Barat,gratis. Biaya telah dianggarkandalam APBD 2009 Merangin. “Haltersebut dilakukan sebagai wujudperhatian Pemkab Merangin ter-hadap agenda religius tahunantersebut,” ujar Nalim.(ctr)

Stok Daging Lebaran Tidak CukupPemkab HarapkanDaging Peternak

BANGKO – Dinas Pertanian TanamanPangan, Peternakan, dan PerikananMerangin memastikan stok daging sapidan kerbau jelang lebaran tahun ini,tidak cukup. Sedangkan daging lainnya

1.500 RumahTidak Dapat

MemasangListrik

PLN StopPenambahan Pelanggan

ting Sungaipenuh, Hendra Danismenje laskan d ihent ikannya pe-masangan listrik karena daya mam-pu PLN tidak memungkinkan lagi.“J ika di tampung pelanggan barulagi, pemadaman bergilir bisa ber-tambah lagi,” ujarnya. Sejak Januari2009, katanya, dengan kondisi yangada, pemadaman secara bergilir telahdilakukan. Formatnya, satu hari hidup,satu hari padam.

Hendra mengatakan, jumlah pelang-

gan PLN di Kerinci sebanyak 54.000dengan daya terpasang 14.207 kilo watt.Sedangkan daya mampu PLN hanya11.295 kilo watt. Setiap bulannya, PLNkehilangan dosis daya. Pada April, PLNkehilangan dosis 25,28 persen, dan Mei14,19 persen. “Rata-rata kehilangandosis sebesar 18,01 persen,” ujarnya.

Kehilangan dosis itu, kata Hendra,karena pencurian arus listik dan pe-masangan listrik secara kosong atauillegal.(dip)

SUNGAIPENUH - Sebanyak 1.500rumah tangga di Kerinci tidak dapatmemasang listrik. Penyebabnya, PLNRanting Sungaipenuh, Ranting KotoLolo, dan Kersik Tuo telah meng-hentikan pemasangan listrik ke rumah-rumah.

Asisten Bagian Distribusi PLN Ran-

seperti daging kambing dan ayam tidakada persoalan.

Karenanya, kata Kadis Pertanian Ta-naman Pangan, Peternakan dan Perika-nan Merangin Imam Budi Cahyono un-tuk mencukupi kebutuhan itu, diharap-kan erharap sumbangsih peternak sapidan kerbau yang ada di Merangin danjuga kabupaten tetangga. “Pemkab Me-

rangin memang tidak memiliki stokuntuk kedua daging tersebut,” ujarnya.

Di tahun 2010 dan 2011 mendatang,kondisi yang sama juga akan dirasakanPemkab Merangin, kata Imam. Maka-nya sejak beberapa bulan terakhir, Pemk-ab Merangin telah membuka peternakansapi unggul. Jumlahnya 94 ekor di ka-wasan Desa Meranti dan Desa Rasau, Renah

Pamenang. Harapanya, pada tahun 2012mendatang, kebutuhan akan stok dagingsapi sudah tidak kekurangan lagi.

Selain itu, tahun ini Pemkab Meranginjuga akan mendapatkan bantuan 270sapi dari Pemprov Jambi. Sapi-sapi iniakan diternakkan di Desa Lantak Seribudan Bukit Bungkul, Kecamatan RenahPamenang. (ctr)

Banjir Terjang Kabupaten Kerinci

DIPAR KUSMI,Sungaipenuh

Akibat LuapanLahar DinginGunung Kerinci

BENCANA alam kembali ter-jadi di Kerinci. Kali ini banjir

bandang di permukiman pen-duduk Desa Sungai Rumpun,Kecamatan Gunung Tujuh.Warga panik . Apalagi ke-jadiannya malam hari Selasa(28/7) pukul 18.30 WIB.

Tak ada korban jiwa dalamkejadian itu. Kerugian materijuga belum bisa ditaksir.

Menurut informasi, malam ituwarga sedang beristirahat me-lepas lelah setelah seharian

bekerja di sawah dan kebun.Tiba-tiba banjir bandang da-tang saat penerangan listrikpadam. Tinggi air selutut or-ang dewasa. “Tak satu punwarga yang menduga mu-sibah tersebut akan terjadi,”ujar Kades Sungai Rumpun,Rahman, kemarin (29/7). Soreharinya, kata Rahman, memanghujan turun dengan deras se-lama satu jam lebih.

Dikatakan, Sungai Rumpunmerupakan salah satu jaluraliran lahar dingin GunungKer inc i . Saa t hu jan reda,lahar din g i n d a r i g u n u n gm e n g a l i r d a n m e m e n u h isungai di desa. Karena t i -dak ter tampung di sungai,air naik ke permukiman pen-duduk. “Hujan lebat di Gu-nung Kerinci itulah yang me-nyebabkan lahar dingin yan g

b e r c a m p u r k a y u - k a y udan lump ur turun dari gu-n u n g m e n u j u s u n g a i d a nnaik mener jang permuki-man penduduk,” kata Rah-man.

Rahman mengatakan, banjirkemarin yang terbesar pasca-peningkatan aktivitas GunungKerinci beberapa waktu lalu.Biasanya lahar dingin sekadarmemenuhi sungai.

Anasdi, warga Sungai Rum-pun, mengatakan, saat banjirdatang, dia dan keluarganyasedang berada dalam rumah.“Kami kaget air masuk ke ru-mah, padahal hujan sudah lamaberhenti,” ujar Anasdi.

Dia mengatakan, kerbau mi-liknya dan milik warga lainnyadi belakang rumah tiba-tibaberhamburan. “Baru pagi tadi(kemarin, red) kami menemu-

kan kerbau itu,” ujarnya.Selain ternak yang berhambu-

ran akibat banjir, tanaman dikebun warga juga banyak ru-sak. Lalu sawah-sawah ter-timbun lumpur.

Berdasarkan pantauan JambiIndependent kemarin siang,kondisi di Sungai Rumpun be-rangsur normal. Hanya sisa-sisalumpur yang masih kelihatan dijalan-jalan desa.(*)

STOPPELANGGAN

Kantor PLNRanting Sun-gaipenuh. Akibatdaya mampun PLNyang terbatas, PLNterpaksa menyetoppemasangan listrikbagi pelangganbaru.

Zulfikar SegeraTemui GubernurBicarakan TapalBatas Bungo-Sumbar

ingin memperkeruh keadaan.Terkait adanya penduduk di

tapal batas yang ingin pindahke Dharmasraya, Zulfikar me-ngatakan, hal tersebut merupa-kan kebebasan masing-masingpenduduk. Alasannya, per-soalan tapal batas belum tuntas.Jadi, “Penduduk di sana masihmemiliki kebebasan (untukmemilih),” ujarnya.(dwy)

MUARABUNGO – Persoalantapal batas Kabupaten Bungo,Provinsi Jambi, dan KabupatenDharmasraya, Sumatera Barat,belum tuntas. Karena itu dalamwaktu dekat Bupati BungoZulfikar Achmad berjanji akanmembahas mengenai persoalantersebut dengan Gubernur JambiZulkifli Nurdin. “Rencananyasebelum pelantikan anggotaDewan,” ujar Bupati usai meng-hadiri sidang paripurna pertamapenyampaian nota pengantarRAPBDP di gedung DPRD Bu-ngo kemarin (29/7).

Diharapkan dari pembicaraannanti, kata Zulfikar, tidak adaada lagi masalah tapal batas.Bagi masyarakat di wilayahperbatasan, bupati dua periodeitu meminta jangan cepat ter-pengaruh oleh pihak-pihak yang

Umar YusufNalim

Zulfikar Achmad

DIP

AR

KU

SM

I/JA

MB

I IN

DE

PE

ND

EN

T

n ADVERTORIAL

Jambi Independent KAMIS, 30 JULI 2009

MUARASABAKMUARASABAKMUARASABAKMUARASABAKMUARASABAK

HERMAYULIS,Muarabulian

23 Usaha Walet Tak BerizinDinas BakalBerikan Sanksi

DAYA tarik usaha sarang waletmemang cukup menggiurkan.Bahkan, kini terdapat sekitar 40tempat usaha sarang burung wal-let yang dikembangkan warga di

kabupaten Batanghari. Sayangn-ya, dari jumlah tersebut yangsudah memiliki izin usaha walethanya 23 tempat usaha, selebih-nya hingga sekarang belum men-gantongi izin usaha.

Hal itu dibenarkan Kepala BadanPelayanan Terpadu Satu Pintu(BTSP), Erwan, melalui Kabid Per-izininan Usaha Tertentu, Helmikemarin (30/7). Menurut dia, ban-yaknya usaha sarang walet yangdiketahui tak mengantongi izinkarena sebagian besar pelaku usa-

ha tersebut belum mengajukanpermohonan izin kepada pihakBPTSP Kabupaten Batanghari.

Dia menambahkan, hal itu ter-ungkap saat dilakukan sidak be-berapa hari lalu ke seluruh tempatusaha wallet di wilayah itu. Darisidak tersebut teridentifikasi bah-wa di Kecamatan Muaratembesiterdapat 4 tempat usaha yang be-lum punya izin dan selebihnyaberada di Kecamatan Muarabu-lian. “Pada umumnya belum men-gusulkan, namun ada juga yang

tidak memenuhi persyaratan,” be-bernya.

Masih kata dia, berdasarkan Per-da No 8 tahun 2008 tentang pen-gelolaan dan pengusahaan sarangburung walet dalam bab III, Keten-tuan Perizinan pasal 5 ayat 2, bah-wa izin pada bangunan (ruko) ataubangunan tempat tinggal hanyadapat diberikan izin 7 meter ke atasdari lantai dasar bangunan, atauterletak pada lantai ketiga daribangunan tersebut.

“Usaha yang dibuat para pelaku

usaha yang belum mengantongiizin ternyata dibuat pada lantaidua, sehingga kami tidak beranimengeluarkan izin karena melang-gar ketentuan perda,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya berharapagar para pelaku usaha walet yangbelum memiliki izin itu secepat-nya melakukan pengurusan izinsehingga dapat membantu dalampencapaian target PAD Kabupat-en Batanghari ke depan. “Jikatidak diindahkan juga akan diberi-kan sanksi tegas,” pungkasnya.(*)

Hari ini, MakoBrimob Diresmikan

KUALATUNGKAL – Rencana-nya Kapolda Jambi Brigjen BudiGunawan, hari ini ((30/7) akan me-resmikan markas komando kompi(Mako) empat pelopor sat Brimbobdaerah Jambi di Desa Pematang Lu-mut, Kecamatan Betara Tanjab Barat.

Selain meresmikan markas ko-mando Brimob kompi empat Pe-lopor pada hari yang sama KapoldaJambi juga akan menandatanganiprasasti peresmian tiga gedunglainnya yang dibangun di wilayahPolres Tanjab Barat.

Ketiga prasasti itu adalah gedungpelayanan serba guna yang digu-nakan untuk melayani pembuatanSIM dan di Polres Tanjab Barat. Duabangunan lainnya yaitu barak untuk

pasukan pengendali masyarakat danpos polisi perbatasan yang ada di DesaSuban, Kecamatan Tebing Tinggi.

Ini dikatakan Kapolres Tanjab Bar-at AKBP Dul Alim. “Acaranya dipu-satkan di Mako Brimob. Di sanaKapolda juga akan menandatangiprasasti untuk bangunan lainnyayang telah siap digunakan,” katanya.

Peresmian direncanakan dimu-lai pukul 10.00 WIB. Setelah acaradi markas brimob, kemudian dilan-jutkan dengan kunjungan ke ban-gunan lain seperti gedung pelay-anan serba guna.

Saat ini semua persiapan telahdilakukan untuk menyambut ke-datangan orang nomor satu di Pol-da Jambi. (can)

Kemarau, PetaniKeramba Terancam

MUARABULIAN – Dampakdari musim kemarau yang terusberlangsung hingga sekarangdirasakan oleh para petani keram-ba ikan di Kabupaten Batanghari.Pasalnya, dikarenakan jarang turunhujan sejak beberapa bulan lalumenyebabkan debit air sungai Ba-tanghari mengalami penurunan.

Untuk itu, para petani kerambaikan di kabupaten ini diminta agarselalu waspada. Dikhawatirkankeadaan cuaca yang tak menentusepertu sekarang dapat menye-babkan ikan-ikan milik petaniterserang penyakit dan mati. “Kitatelah mengimbau untuk selalumewaspadai musim kemarau sep-

erti ini. Sebab ikan-ikan akan rent-an terserang penyakit dan mati,”kata Kabid Pengamanan Ternakdan Ikan Dinas Peternakan Kabu-paten Batanghari, Suwarto.

Dia menyatakan, saat ini sudahterdapat beberapa warga yang te-lah melaporkan kasus ikan mere-ka yang tiba-tiba mati selama ter-

jadi musim kemarau di wilayah.Kasus kematian ikan itu, dipicukarena tekanan debit air sungaiBatanghari semakin menyusut.

Antara lain dialami oleh wargayang bermukim di desa LubukLeban dan desa Muara Sebo Ulu.“Dua desa inilah yang telah melapor-kan kasus ikan yang sakit dan matike Dinas Peternakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, adapun ikanyang rentan terserang penyakitadalah ikan benih dan ikan yangtelah berumur sekitar 2,5 bulan.“Kalau ikan besar jarang terkenapenyakit pada musim kemarauseperti ini, hanya bibit ikan dan

ikan yang masih berumur 2,5 bu-lan yang mudah terserang penya-kit,” bebernya.

Meski saat ini ditemukan sejum-lah ikan milik warga yang ter-serang sakit dan mati di dua keca-matan tersebut, namun kejadianitu belum begitu parah. Gunamenghindari kejadian yang tidakdiinginakn, pihaknya selalu me-lakukan monitoring. Di sampingitu juga mengimbau agar berkoor-dinasi dan melaporkan kepada pi-hak Dinas Peternakan dan petugasdi lapangan jika menemukan ikanyang tiba-tiba terserang sakit danmati.(lis)

Pedagang Petasan Bakal DiraziaMUARABULIAN – Dalam

waktu dekat jajaran PolresBatanghari akan menggelarkegiatan operasi bagi peng-guna petasan dan operas ipenyakit masyarakat (pekat)lainnya di wilayah hukumPolres Batanghari. Kegiatanuntuk memberikan kenya-manan dalam menjalankanibadah puasa se lama Ra-madan.

Rencana operasi tersebutdiungkapkan Kapolres Ba-tanghari AKBP Dedy Dju-baedi di Mapolres Batangharikemarin (29/7).

Melalui kegiatan operasitersebut, diharapkan wargadi Bumi Serentak Bak Re-gam dapat mengikuti ritual

berupa ibadah puasa di bu-lan suci Ramadan nanti den-gan tenang. “Menje langpuasa nanti ki ta akan me-nggelar operasi petasan danpekat,” ungkap Dedy.

Kegiatan operasi tersebutsengaja digelar untuk men-gantisipasi maraknya pekatberupa perjudian, miras, ser-ta penggunaan petasan. Di-khawatirkan itu dapat me-ngganggu konsentrasi war-ga menjalankan ibadah pua-sa dan salat Tarawih. Khususpenggunaan petasan , p i -haknya jauh-jauh hari men-je lang puasa sudah mem-ber ikan imbauan kepadawarga agar tidak membuny-ikannya. Selain itu, dikha-

watirkan dapat membahaya-kan. “Kita imbau kepada war-ga agar jangan sampai ada yangmenggunakan petasan. Dari se-karang sudah kita lakukan im-bauan terkait hal itu,” ujarKapolres.

Warga juga diminta agar mengintensifkan siskamling diwilayah masing-masing, seh-ingga keamanan lingkunganmulai dari tingkat RT bisa ber-jalan kondusif tanpa gang-guan. “Selain akan menggelaroperasi pekat, kita juga memin-ta kepada warga agar mengak-tifkan kembali siskamling dilingkungan masing-masingdalam rangka menyambut pua-sa dan Lebaran,” tegas kapol-res kemarin.(lis)

Penambahan PupukBersubsidi Belum

TerealisasiPEMKAB Tanjab Timur hingga kini belum

menerima penambahan pupuk urea bersubsi-di perkebunan yang diajukan kepada pemer-intah Provinsi Jambi. Padahal, surat permo-honan yang diajukan tersebut sudah lamadikirim. Mengingat alokasi pupuk subsidiyang dialokasikan sudah habis tersalurkan ke-pada para petani.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustri-an (Perindag), Syahril Samingin melalui KasiPenyaluran dan Promosi, Awaludin mengata-kan, jumlah pupuk subsidi urea untuk tahun2009, Kabupaten Tanjab Timur mendapat ja-tah sebanyak 6.735 ton.

Alokasi ini sesuai dengan Peraturan Bupatinomor 2 Tahun 2009 tentang kebutuhan danharga eceran tertinggi pupuk bersubsidi. Dari6.735 ton itu, alokasi untuk sektor perkebunan263,90 ton yang sudah habis disalurkan kepa-da petani. “Pada bulan April lalu sudah habisdisalurkan kepada petani,” katanya, kemarin.

Dengan demikian, pupuk bersubsidi perke-bunan ini mengalami kekurangan. Sedangkansetelah pada bulan April hingga sekarang be-lum ada penambahan. Untuk itu, Pemkab Tan-jab Timur sudah mengajukan surat permo-honan untuk penambahan pupuk subsidi terse-but. “Tapi, saya sampai saat ini belum tahu re-alisasi surat yang diajukan tersebut,” jelasnya.

Menurut Syahril, pemkab mengajukan permo-honan untuk meninjau ulang Perbup nomor 2 tahun2009 tentang pupuk subsidi. Hal ini mengingatpupuk yang diberikan kepada daerah ternyatamasih kurang. “Jadi, mana jatah untuk bulan selan-jutnya hingga bulan Desember. Sedangkan aloka-si yang dulu sudah habis. Makanya kita men-gajukan penambahan,” ujarnya.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakatapabila ada menemukan penyalahgunaan pu-puk subsidi diharapkan melaporkan kepadapihak terkait. Hal ini mengingat pupuk subsi-di untuk daerah ini terbatas,” tandasnya. (usr)

Dua Mesin PLTD RusakPLN KekuranganListrik 800 Kw

KUALATUNGKAL - Lagi-lagimesin PLN rusak. Kali ini, duamesin Pembangkit Listirik TenagaDiesel (PLTD) milik PLN RantingKualatungkal yang beroperasi di ParitGompong, Kecamatan Tungkal Ilir.Akibatnya, PLN mengalami ke-kurangan daya sekitar 800 KW.

Dua mesin yang rusak tersebut yak-ni MTU dan Mercy. Dinama mesinMTU diketahui terbakar, sedangkanMercy pompa airnya rusak dan kipaspatah. Pjs PLN Ranting Kualatungkal,Amran mengakui kerusakan dua mes-in tersebut. Menurut dia, kerusakanterjadi Senin (27/7) lalu

“Mesin MTU dinamo atau excit-er-nya terbakar, sedangkan mesin

Mercy kerusakan tak terlalu parah.Dia berharap kerusakan itu cepatdiatasi, saat ini petugas tengahberusaha memperbaikinya den-gan mendatangkan mekanik dariPLN Jambi untuk membongkarkerusakan, kemudian diperbaiki diJambi,” jelasnya. “Kami berusahasupaya mesin yang rusak bisa ce-pat diperbaiki,” tabahnya.

Syahir tidak bisa memastikan kapanperbaikan itu bisa selesai dikerjakan.Alasannya, kerusakan mesin MTUcukup parah. “Dinamo yang terbakarharus diganti, sedangkan yang tidakterbakar terpaksa harus digulungkembali,” jelasnya.

Akibat kerusakan mesin ini, pi-hak PLN Kualatungkal terpaksamelakukan pemadaman bergilirsehari selama empat jam mulaipukul 18.00 WIB hingga pukul

23.00 WIB. “Pemadaman itu ter-gantung beban, jika bebannya ber-tambah tentu terjadi pemadamanbergilir,” katanya.

Amran mengimbau kepada pel-anggan untuk melakukan penghema-tan energi. Apalagi dalam kondisi lis-trik yang kekurangan daya sepertisekarang ini. Upaya tersebut dengancara memadamkan dua lampu padabeban puncak. “Kalau satu pelangganbisa memadamkan dua lampu padabeban puncak, beban sedikit bisa ter-bantu,” ujarnya.

Pemadaman dua lampu yang adadi rumah mereka guna mengatasikekurangan daya tersebut. Namun,kondisi itu bisa diatasi jika kondi-si alam mendukung. “Kita meng-himbau agar warga yang meng-gunakan AC cukup dihiduopkansaat panas saja,” katanya. (can)

DITERTIBKAN: Petugas kepolisian saat menggelar razia petasan beberapa waktu lalu. Sementara diBatanghari akan menggelar razia yang sama.

TERANCAM

MUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIPelaksanaan APBD

Berjalan BaikREALISASI APBD Muarojambi 2009 hing-

ga triwulan II secara resmi dilaporkan ekseku-tif ke DPRD Muarojambi. Wakil Ketua DPRDMuarojambi Fahmi Mai usai melaksanakanevaluasi pelaksanaan APBD tersebut menga-takan, berdasarkan laporan yang diterimaDPRD dari masing-masing SKPD, seluruh keg-iatan fisik maupun nonfisik berjalan baik.

Persentase kegiatan fisik maupun nonfisiksudah 50 persen. Sementara realisasi keuanganbaru mencapai angka 30 persen. “Itu berdasar-kan laporan yang kita terima dari masing-mas-ing SKPD. Tentu data itu akan kita krosceklagi,” katanya, Rabu (29/7).

Fahmi juga mengatakan, seandainya data yangdilaporkan tidak sesuai kondisi di lapangan, sebagaiwakil rakyat mereka memiliki kewajiban mengin-gatkan dinas/instansi untuk meluruskan.

Menurut Fahmi, bentuk kegiatan yang rata-ratatelah selesai adalah pekerjaan nonfisik, seperti pel-atihan-pelatihan dan penyuluhan, termasuk keg-iatan kegiatan pengadaan meubelair dan lain-lain.Sementara untuk fisik seperti pembangunan jalanatau gedung, pengerjaan di atas 30 persen.

Ditanya apakah masih ada kegiatan di dinas/instansi yang sama sekali tidak berjalan, Fahmi Maidan beberapa anggota DPRD lainnya mengatakantidak ada. Seluruh kegiatan telah berjalan.(fes)

DO

K /J

AM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

Musim kemarautahun ini menga-ncam ikan-ikankeramba diBatanghari diserang penyakit.

DOK /JAMBI INDEPENDENT

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi IndependentA . D . V . E . R . T . O . R . I . A . LkAmIs, 30 juLI 2009

IMBI Jambi Gelar Bakti Sosial IkATAN Motor Besar Indonesia (IMBI)

Jambi melalui program triwulan kedua menggelar sunatan massal 50 anak di

Mandiangin, Sarolangun kerjasama de­ngan Kodim 0420/Sarko (21/6). Tampak hadir Ketua Harian Kol (purn) Sutrisno dan Wakil Ketua Restianang bersama

anggota lainnya. Sebe­lumnya, tanggal 21 Mei IMBI Jambi bersama IMBI Palembang, Ja­karta dan Bangka Beli­tung, menggelar kumpul biker IMBI di Pangkal Pinang. Sutrisno di­dampingi wakil sek­retaris Doddy P men­gatakan, bakti sosial bukti kepedulian ke­pada sesama. “Selain itu, kumpul biker seb­agai ajang silaturahmi,” jelas Doddy P. (lan)

ImBI jambi bersama anak-anak peserta sunatan massal di mandian-gin.

Aziz syamsuddin menyerahkan bendera pataka kepada said Fariq.

Zulkifli Nurdin dan Aziz syamsuddin berfoto bersama dengan said Fariq dan pengurus lainnya.

Zulkifli Nurdin dan Aziz syamsuddin disambut den-gan tarian sekapur sirih.

Gubernur Hadiri Pelantikan Pengurus DPD kNPIGuBERNuR Jambi Zulkifli Nurdin,

kemarin (28/7) pukul 20.00 WIB, meng­hadiri acara pelantikan pengurus DPD

KNPI Provinsi Jambi. Acara tersebut berlangsung di Ratu Convention Centre (RCC). Tampak hadir Ketua DPP KNPI

Dr Aziz Syamsuddin serta Sekretaris Jenderal DPP KNPI Seyet Muhammad Muliadi, Kajati Jambi Daniel Tombe

Marrung, Wakil Wali Kota Jambi Sum Indra, Hazrin Nurdin, serta ratusan pemuda Jambi dan undangan yang hadir.

Acara tersebut berlangsung me­riah dan sukses. Dalam kesempatan tersebut, Dr Aziz Syamsuddin me­nyerahkan bendera pataka kepada Said Fariq sebagai ketua DPD KNPI Provinsi Jambi periode 2009­2012. “Saya terima bendera ini dengan penuh tanggung jawab serta pemuda Jambi siap untuk menyebar ke setiap daerah untuk melaksanakan pembangunan di Provinsi Jambi,” ungkap Said Fariq di­dampingi Sekretaris Umum DPD KNPI Provinsi Jambi Sony Zainul H.(roz)

Zulkifli Nurdin mengucapkan selamat kepada said Fariq.

Zulkifli Nurdin, Aziz syamsuddin, dan said Fariq serta undangan.

kiri, sum Indra, Danil Tombe mar-rung, Hazrin Nurdin, bersama tamu undangan.

FOTO-FOTO:IsT/jAmBI INDEPENDENT

ImBI jambi di pelabuhan Tangga Buntung Palembang hendak nyebrang ke pelabuhan mentok Pangkal Pinang.

FOTO-FOTO:ROLANDA HAsIBuAN/jAmBI INDEPENDENT

Pengesahan APBD-P Terhambat LHP

Asap Ganggu Penerbangan Bandara SSK IInusantara

lintasRIAU - Asap (smoke) yang turun

dan menutupi area take off bandara Sultan Syarif Kasim II, terjadi Selasa (28/7) pagi sekitar pukul 7.00 WIB membuat satu pesawat kedatangan dari Jakarta terpaksa berputar (Hold-ing) di atas pekanbaru, karena jarak pandang yang terbatas 700 meter.

Namun Peristiwa ini hanya ber-langsung selama satu jam, karena pukul 08.00 WIB kondisi cuaca kembali membaik dengan jarak pandang normal 2000 meter. Dan satu pesawat yang berputar, adalah milik Air Asia baru bisa landing dengan baik.

Hal ini disebutkan oleh Air Port Duty Manager, Bandara SSK II, Sudarno kepada Riau Pos, bahwa pagi sekitar pukul 07.00 WIB cuaca buruk kembali membuat penerban-gan kacau dan itu terjadi pada pen-erbangan Air Asia yang datang dari Jakarta dengan nomor penerbangan AWQ 7430.

“Ya, tadi pagi (selasa, red) memang ada masalah dengan pesawat yang

datang dari Jakarta, yaitu Air Asia. Oleh karena jarak pandang yang terbatas maka terpaksa pesawat itu berputar-putar sebentar. Namun setelah itu tepat pukul 08.00 WIB semua kembali normal,” jelas Sudarno.

Badan Meteorologi Kl ima-tologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, menyebutkan asap yang mengganggu penerbangan itu adalah smoke, yang dipen-garuhi angin yang tenang (calm) sehingga membuat gumpalan yang tebal dan membuat jarak pandang menjadi terbatas.

“Dari pantauan kami, pukul 06.00 WIB jarak pandang ba-gus, 2000 meter. Karena penga-ruh angin yang calm membuat gumpalan asap tidak bergerak sehingga pukul 07.00 WIB ber-pengaruh kepada jarak pandang turun menjadi 700 meter. Namun ini hanya berlangsung selama satu jam saja, karena setelah itu tepat pukul 08.00 WIB jarak pan-

dang kembali membaik dengan 2000 meter,” kata staf analisa BMKG, Warih Budi Lestari.

Sementara itu, menurut station manager Air Asia, Arnelvan Aizar

mengakui, peristiwa ini disebab-kan oleh kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Kejadian yang terjadi ini juga diambil demi keselamatan pendaratan pesawat.

“Pesawat kami sempat holding 20 menit di udara pekanbaru, namun setelah cuaca bagus baru pesawat bisa landing dengan baik tanpa ada gangguan,” ujarnya. (jpnn)

PADANG - Pengesahan APBD Perubahan (APBD-P) Kota Padang 2009 ditunda. Pasalnya, baik Pemkot maupun DPRD belum menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK terkait laporan keuangan Pemko tahun 2008. Bisa jadi, jika LHP tak kunjung diterima, pengesahan APBD-P akan molor hingga dua bulan ke depan.

Seperti yang diberitakan sebe-lumnya, Pemkot dan DPRD telah membahas APBD-P pada 25-27 Juli lalu di Hotel Inna Muara. Pada jadwal semula, pengesa-han akan dilaksanakan Kamis (30/7).

Namun, tampaknya hal itu tak akan

terealisasi. “Kami jadwalkan 30 Juli, dengan asumsi kemarin sudah menerima LHP dari BPK, se-hingga bisa disinkronkan dengan hasil pembahasan. Tapi hingga saat ini, LHP tersebut tak kun-jung kami terima,” ujar Ketua DPRD Kota Padang Hadison. LHP sangat penting dan berkai-tan langsung dengan finalisasi APBD-P dan nota perhitungan APBD 2008 yang juga sudah kelar dibahas.

Jika LHP tak ada, otomatis banyak agenda yang akan stagnan.

“Target selanjutnya, maksimal 5 Agustus mendatang sudah bisa disahkan. Tapi kalau LHP belum

datang juga, tentu diserahkan pada dewan baru,” tandasnya didampingi Wakil Ketua DPRD Z Panji Alam.

Panji menambahkan, Pemko dan DPRD te tap melakukan koordinasi dengan BPK, namun tentu tidak bisa mengintervensi. Sebab, bukan hanya LHP Kota Padang yang diperiksa, namun masih banyak LHP daerah lain yang juga diperiksa.

Kalaupun diundur pengesahan, Panji memprediksi akan bisa molor hingga dua bulan. Sebab di awal masa tugas, dewan baru akan disi-bukkan dengan perumusan tata tertib kedewanan dan penetapan alat kelengkapan dewan. (jpnn)

CPNS 2009 Fokus Honorer

MEDAN – Sekda Provinsi Sumatera Utara RE Nainggolan mengatakan, pengangkatan untuk calon pegawai negri sipil (CPNS) di lingku-ngan Pemprop Sumatera Utara difokuskan bagi tenaga honorer. Pengangkatan dinilai sudah memenuhi syarat, termasuk lama bekerja. “Tahun ini kita fokuskan CPNS dari tenaga honorer,” ujarnya.

Namun RE mengatakan, bukan berarti tertutup kemungkinan bagi pelamar umum, yakni tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Sementara untuk penerimaan CPNS bagi kabupaten/kota, wewenang ada pada badan kepegawaian daerah (BKD) masing-masing daerah terkait usulan berapa jumlah honorer yang diangkat dan jumlah dari pelamar umum.

Di tempat terpisah, kepala BKD Sumatera Utara diwakili Kabid Pengadaan dan Pembi-naan Setda Pandapotan Siregar mengatakan, tenaga honorer yang diangkat sebanyak 331 orang. Pelamar umum yakni tenaga kesehat-an sebanyak 50 orang dan tenaga teknis 208 yang meliputi semua jurusan. (jpnn)

Ibu-ibu jamaah sholat magrib yang hadir. Penyerahan atribut kepada kordinator tim. Para jamaah dari ibu-ibu yang hadir dalam peringatan Isra’ mi’raj.

Pertemuan dengan tokoh masyarakat usai sholat magrib berjamaah. madjid mu’az bersama rombongan disambut dengan tarian. suasana peringatan Isra’ mi’raj.

FOTO-FOTO:IsT/jAmBI INDEPENDENT

madjid mu’az Dapat Dukungan dari Tim sukses murasman - Rahman

madjid mu’az foto bersama dengan ibu-ibu majlis taklim. madjid mu’az foto bersama dengan tim pemenangan murasman menjadi Bupati kerinci.

BuPATI Tebo Madjid Mu’az terus mendapat dukungan untuk maju dalam pertarungan Pil­gub 2010 mendatang, kali ini datang dari tim sukses pemenangan Murasman­Rahman sebagai Bupati­Wakil Bupati Kerinci.

Selain itu, dukungan juga berasal dari kalan­gan ibu­ibu pengajian serta pengurus masjid.

Lebih lanjut, Madjid Mu’az juga memanfaat­kan momen kegiatan ke­agamaan, dan bahkan dari kegiatan tersbeut, Madjid Mu’az mendapat sambutan hangat dari warga di Kabupaten Ke­rinci. (amu)

Jambi Independent KAMIS, 30 JULI 2009

[email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Jumeidi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Prawoto (Kabag), Tareju, Sarjono, Setiadi . Sirkulasi:Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

Pintu Masuk TetapDijaga --- dari hal 8

Meski demikian, bukan berar-ti kejahatan lainnya tidakdiperhatikan. “Kalau dalam ra-zia kedapatan membawa sajam,narkoba, atau senpi, akan tetapkita amankan dan proses,” kataLubis.(rib)

Pembunuh Janda dan Pengusaha Urut Terlacak ------ dari hal 8

Maling Gasak SatuMobil ---- dari hal 8

“Laporannya sudah ki tater ima,” katanya. MenurutAswini, penyidik terlebih duluakan mempela jar i kasustersebut untuk mengetahuipelaku. Saat ini polisi barumemintai keterangan daripelapor.(rib)

Kuasa Hukum Desak Kejati ---------------------------------- dari hal 8

Pencuri Kerbau ----------------- dari hal 8

Ketika kerbau itu dalam kon-disi mabuk karena keracunansetelah melahap gumpalan rum-put berisi portas, para pelakumembawa hewan ternak itukabur dari TKP. Kerbau kemudi-an dipasarkan di Muaratembesi.

“Menurut pengakuan seorangtersangka, dia sudah melaku-kan pencurian ternak sebanyakenam kali,” kata Suharis.

Namun aksi nekat yang di-lakukan para tersangka ituakhirnya tercium jajaran PolsekMersam. Pada 24 Juli, jajaranPolsek Mersam dipimpin lang-sung Kapolsek Mersam berha-sil membekuk ketiga pelaku.“Mereka kita tangkap di ru-mah tempat tinggal merekamasing-masing,” ujar Suhariskemarin.(lis)

Pembunuh Riko Sempat Digerebek ------------------------------------------------------ dari hal 8

Dugaan Boikot Pilpres Terancam Gugur ----------------- dari hal 8

“Kita sudah kejar pelakunya,namun memang selalu berpin-dah-pindah; bahkan sampai keluar Jambi,” kata Aswini.

Meski demikian, bukan berar-ti polisi menghentikan penge-

jaran terhadap pelaku. Pol-tabes Jambi terus berkoordina-si dengan kepolisian di daerahlain seperti Sumatera Selatan,Lampung, dan daerah-daerahlain yang diduga sebagai tem-

pat pelarian para pelaku. “Kitaterus berusaha untuk menang-kap pelaku. Tapi untuk me-nangkap penjahat kan tidakcuma begitu saja, harus berhati-hati,” kata Aswini.(*)

Ia mengaku kecewa denganproses yang terkesan berbelit-belit, sebab awalnya penyidikpolisi mengarahkan agar kasusyang dikenakan adalah Pasal233 UU Pilpres. Namun kemu-dian pihak Kejari berpendapatpasal yang dikenakan adalahPasal 237 UU Pilpres. “Nah, se-telah sepuluh hari diperdalamuntuk dilengkapi sesuai Pasal237 arahan dari kejari, ada mis-understanding lagi,” katanya.Dalam sepuluh hari tersebut

meminta agar didatangkan sak-si ahli, dan ketika didatangkansaksi ahli dari Universitas Jam-bi yang berpendapat jika pasalyang pas adalah Pasal 233 UUPilpres. Kemudian setelah itupihak Kejari kembali memberi-kan catatan agar pihak penyi-dik menyesuaikan pasal tuntu-tan ke arah Pasal 233.

Kapolres menyebutkan, jikamemang ingin diarahkan kePasal 233, mengapa tidak dariawal saja sesuai yang diajukan

oleh pihak penyidik? Jadi jen-jang waktu yang berjalan bisadimanfaatkan untuk mendala-mi kasus sesuai pasal yang akandikenakan. Ia hanya menya-yangkan adanya tarik ulur pasaltersebut membuat waktu habisterbuang. Sementara itu, KetuaPanwas Propinsi Jambi Solahu-din mengatakan sudah meye-rahkan proses hukum selanjut-nya kepada pihak yang ber-wenang, dalam hal ini Polresdan Kejari Tebo.(amu)

Guna membebaskan M Iryani,dia sudah mempersiapkan sak-si ahli dari akuntan dan notaris.

Terpisah, kuasa hukum Aya-kuddin, Hasibuan, juga me-ngaku tidak gentar. “Yang ter-penting kenapa tersangkanyatunggal? Lalu pejabat lainmengapa tidak ditetapkan se-bagai tersangka?” katanya. Saatpersidangan nanti, semua akandiungkap. “Kalau sidang kasusini sudah tuntas, kami akan de-sak pejabat lain juga jadi ter-sangka.”

Disebutkan, pihak Kejati ter-

lalu berlebihan soal rencanapelimpahan berkas. “Bagima-na mau dilimpahkan ke penga-dilan, pelimpahan ke JPU sajabelum? Kami minta buktikan-lah,” kata Hasibuan.

Seperti diketahui, sejumlahkasus akan segera dilimpahkanke pengadilan. Pada awal Agus-tus, dipastikan berkas kasusdugaan korupsi APBD Mera-ngin 2008 dengan tersangkaAyakuddin dilimpahkan ke PNMerangin.

Kasus lain, dugaan korupsiPLTG Tanjab Barat dengan ter-sangka Dirut BUMD JabungBarat Sakti M Iryani dan DirutPT Tanjung Jabung Power (TJP)Bambang Sutedjo juga akandilimpahakan. Jika tidak adahalangan, pekan depan berkaskedua tersangka dinyatakanlengkap atau P-21. “Berkaskedua tersangka itu satu ber-kas,” terang Kasi Pidsus KejatiJambi Andi Ashari, Selasa (28/7).

Sedangkan berkas Ayakud-

din kemarin dijadwalkan su-dah P-21. “Pekan depan di-limpahkan ke PN,” ujarnya. Se-lain tiga tersangka itu, kasuslain yang juga segera P-21 ad-alah kasus dugaan korupsi danaKONI Jambi dengan tersangkaNasrun Arbain.

Sekadar mengingatkan, Aya-kuddin terseret kasus dugaanpenyelewengan dana ABPDMerangin 2008 dengan keru-gian negara Rp 3,7 miliar. Ia di-periksa jaksa penyidik AndiAshari, Fauzan, dan Aditya.Kuasa hukum Ayakuddin ada-lah Asril SH dan Panika Anom.

Sementara itu, tersangka ka-sus dugaan korupsi PLTG Tan-jung Jabung Barat, BambangSutejo dan M Iryani, sudahmelakukan upaya praperadilannamun ditolak PN Jambi. Se-dangkan pemeriksaan tersang-ka kasus dugaan tindak pidanakorupsi dana bonus atlet KONI,Nasrun Arbain, beberapa kali batalkarena tersangka sakit. (rul)

Kejari Tetap Enggan Sebut Nama Tersangka

Handphone Pengusaha Salon Dirampas

Wanita-wanita ------------------- dari hal 8

Hal itu disampaikan KepalaDinas Kesehatan MuarojambiAbdul Manaf. BerdasarkanPasal 34 UUD 45, “Fakir miskindan anak-anak telantar dipeli-hara oleh negara.” Dengandasar itu, biaya perawatan Sakaditanggung sepenuhnya olehPemkab Muarojambi. (fes)

“Bahkan penangkapan yangkita lakukan terkesan diha-lang-halangi warga, hinggaakhirnya pelaku berhasil kaburke hutan yang tak jauh dari ke-diaman orangtuanya,” terangKapolres Merangin AKBP DrsHudit Wahyudi MHum MSimelalui Kapolsek Pamenang AKPDwibo Likson kemarin (29/7).

Saat ini polisi masih melaku-kan pengintaian terhadap pe-laku dengan menunggu ter-sangka keluar dari hutan ka-wasan Desa Rengkiling, Salo-rangun. “Berbagai akses jalan

keluar hutan sudah dijaga ke-tat aparat. Selain dijaga, sebagi-an aparat menyisir ke dalamhutan guna mengetahui per-sembunyian pelaku. Mudah-mudahan dalam waktu dekatpelaku dapat kita cokok,” tegasDwibo.

Informasi sebelumnya, peris-tiwa berdarah yang membuatkorban Riko tewas tersebut ber-mula saat anak pelaku Kr dite-gur oleh seorang pemuda dikampungnya yaitu Riko. Ber-mula dari kejadian tersebut,kuat dugaan Kr tak terima atas

perlakuan Riko.Kr pada hari itu coba mencari

keberadaan korban Riko hing-ga bertemu pelaku di pinggirSungai Limbur. Dari ketera-ngan beberapa saksi mata, ter-ungkap bahwa sebelum duelmaut tersebut terjadi, kedua-nya sempat adu mulut. EmosiKr yang sulit dibendung mem-buatnya nekat menikam pung-gung bagian belakang korbanRiko. Tusukan Kr diduga me-nembus hingga jantung korbandan akhirnya korban Riko te-was bersimbah darah tak jauh

dari TKP. Melihat korban ber-simpah darah, Kr melarikan diridengan sepeda motor. (ctr)

Kasus DugaanKorupsi Dana SosialAPBDP 2008SUNGAIPENUH - Kejaksaan

Negeri (Kejari) Sungaipenuhmasih enggan menyebutkannama tersangka kasus dugaankorupsi dana sosial sebesar Rp4 miliar yang dianggarkan un-tuk masjid dalam APBDP 2008dan APBD 2009. Tersangkaberinisial SKB yang merupa-

kan pejabat eksekutif yang di-sebut kepala Kejaksaan NegeriSungaipenuh, beberapa waktulalu, belum diketahui pasti sia-pa sebenarnya.

Kepala Kejari SungaipenuhDaru Tri Sadono SH MH mela-lui Kasi Pidsus Insyayadi SHsaat dikonfirmasi mengenai sia-pa tersangka berinisial SKByang disebut Kajari, engganmengungkapkan. “Jangan du-lulah” katanya. Ditanya apa-kah ada tersangka baru yang

ditetapkan Kejari, Insyayadimengaku belum ada.

Namun Insyayadi mengakui,pihaknya terus mengintensif-kan pemeriksaan terhadap sak-si-saksi kasus dugaan korupsidana bantuan sosial pada APB-DP 2008 tersebut. Kasi Pid-sus mengatakan, tim penyi-dik telah memeriksa PejabatPengelola Keuangan PemdaHj Lustinar. Kemudian man-tan Bendahara SekretariatPemda Zulfikar, mantan Kabag

Kesra Syafrizal, staf BagianKesra Rifdi, dan staf PravikasiKeuangan Setda Hj Arena.“Mantan Kabag Kesra dan HjArena sudah dua kali diperik-sa,” katanya.

Mengenai kasus dugaan ko-rupsi dana bantuan sosial padaAPBD 2009, Insyayadi menga-takan belum ada tersangka.Menurutnya, BPKP belumturun untuk mengaudit keru-gian negara pada APBD 2009tersebut.(dip)

JAMBI – Pencurian meng-gunakan modus berpura-purasebagai pelanggan di sebuahtempat pelayanan jasa terjadi.Peristiwa itu terjadi di salonkecantikan Ladika, Jalan Pat-timura, Selasa (28/7) pukul19.30 WIB.

Menurut informasi, hari ituIka Jusmita (22) yang tinggaldi RT 22, Kelurahan Rawasari,Kecamatan Kotabaru, sedangberada di salon kecantikan mi-liknya tersebut. Kemudian

karena ada keperluan, dia me-nelepon suaminya.

Saat sedang menelepon, da-tang dua pria menggunakansepeda motor Yamaha Jupiter.Keduanya masuk ke dalam sa-lon itu. Lalu salah seorang priaseolah-olah sebagai pembeli de-ngan menanyakan pada korbantentang vitamin penyubur rambut.

Saat itulah pria yang lain me-nyambar handphone milik Ika.Keduanya seketika kabur de-ngan sepeda motor yang mere-

ka bawa. Meski korban sempatberteriak maling, kedua pelakutak dikenal itu sudah terlalujauh melarikan diri.

Akibat kejadian itu, korbanmengalami kerugian berupasatu unit handphone. Setelahperistiwa tersebut, korban me-lapor ke pihak kepolisian un-tuk penanganan lebih lanjut.

“Identitas pelaku masih kitaselidiki,” kata Kabag Bina Mi-tra Ajun Komisaris Polisi Aswi-ni Nawawi kemarin (29/7). Saat

ini anggota sedang mencari in-formasi di lapangan guna me-ngetahui identitas pelaku. “Be-gitu ketahuan, akan kita tang-kap,” katanya.

Kepada warga, Aswini me-ngimbau lebih berhati-hati. Diameminta warga waspada ter-hadap orang-orang yang takdikenal dan tidak meletakkanbarang-barang berharga sem-barangan. “Itu untuk menghin-dari hal-hal yang tidak diingin-kan,” katanya.(rib)

Jambi Independentkamis, 30 juli 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

lintas

Pintu Masuk Tetap Dijaga

Dugaan Boikot Pilpres Terancam Guguritu terancam gugur demi hu-kum. Dihitung dari pelaporan, hanya tersisa waktu hari ini dari dealine waktu yang diamanat-kan sesuai Undang-Undang Nomor 42 tentang Pilpres yang menyebabkan kasus tersebut terancam gugur demi hukum. Hal tersebut diungkapkan Ka-jari Tebo Rahman Dwi Saputra SH. Dia mengatakan, Kejari terpaksa kembali mengemba-likan berkas dugaan boikot pe-milu di Betung Berdarah Barat sebab belum ada sinkronisasi antara alat bukti dan pasal yang

JAMBI – Hingga kemarin (29/7), polisi masih tetap me-ngamankan pintu masuk dan keluar Provinsi Jambi. Itu me-nyusul tragedi bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton

di Jakarta beberapa waktu lalu. Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Jambi Ajun Komis-aris Besar Polisi Syamsudin Lubis di ruangannya.

“Semua masih dijaga, termasuk

saat ini, masuk ke Sumatera, khususnya Provinsi Jambi, bisa saja terjadi.

Apalagi mengingat Jambi ter-masuk daerah masih kondusif dan aman. Meski demikian, pengetatan pengamanan tetap diberlakukan sesuai status siaga satu yang diberlakukan.

Saat ini, kata Lubis, pihaknya masih menunggu salinan foto pelaku teroris yang terus diburu polisi. “Kalau sudah dapat, foto tersebut akan langsung kita sebar ke masyarakat,” katanya. Diharapkan, dengan foto tersebut, masyarakat dapat berpartisipasi melapor ke polisi jika melihat orang dengan ciri-ciri dimaksud.

Terkait razia yang belakangan dilakukan, Polda Jambi belum mendapat hasil. Menurut Lubis, hasil razia kebanyakan ditangani polres masing-masing. Razia me-mang lebih fokus pada antisipasi teroris. n

Hari Ini Terakhir Berkas Dilengkapi

MUARATEBO - Penyidik Polres Tebo harus bekerja keras mengungkap dugaan boikot Pilpres 8 Juli lalu. Hingga ke-marin berkas kasus boikot den-gan tersangka ketua KPPS TPS II Desa Betung Bedarah Barat Arbain dan anggotanya belum lengkap. Bahkan berkasnya sudah dua kali diserahkan ke Kejari Tebo.

Jika tidak lengkap juga, kasus

baca maling hal 7

bandara. Seharusnya tempat-tempat hiburan ser ta hotel j u g a m a s i h d i j a g a , ” k a t a Lubis. Terkait kemungkinan Noordin M Top, gembong teror is yang pal ing dicar i

baca Pencuri hal 7

tar dingin. “Jika memang sudah seperti tersebut prosesnya, ia tidak bisa komentar banyak,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Tebo AKBP Frengky H Parapat mengatakan, pihaknya sudah maksimal mengusahakan un-tuk melengkapi arahan dari pihak kejaksaan sesuai catatan yang mereka buat. Sudah tiga kali berkas kasus tersebut bo-lak-balik penyidik dan Kejari, jadi sudah optimal usaha yang dilakukan. n

baca Pintu hal 7

dok/jambi indePendent

dijaga: Polisi dan tni menjaga bandara sultan thaha jambi beberapa waktu lalu.

Maling Gasak Satu Mobil

JAMBI – Ulah para pencuri kini makin menjadi-jadi. Jika belakangan banyak warga kehilangan sepeda motor, kini pencuri berhasil menggasak satu unit mobil milik Bramana (26), warga RT 13, Kecamatan Telanaipura. Peristiwa itu ter-jadi pada Selasa (28/7) di Perumahan Cemara II, Kecamatan Telanaipura.

Menurut informasi, hari itu adik korban bernama Lusiana Saputri membawa mobil Daihatsu Terios BH 1433 AF miliknya. Dia pergi ke rumah Purwari, seorang pengacara. Tiba di rumah itu dan memarkirkan mobil, Lu-siana kemudian masuk ke dalam rumah.

Tak lama setelah berbincang-bincang, Lusi-ana berniat pergi. Namun mobilnya sudah tidak ada lagi. Lusiana sempat berusaha mencari mobil tersebut namun tidak berhasil.

Lusiana pun memberitahukan kejadian itu ke Bramana yang lantas melapor ke Poltabes Jambi untuk segera diproses. Diduga pelaku yang belum diketahui mencuri mobil tersebut saat Lusiana sedang berada di dalam rumah Purwari.

Kabag Bina Mitra Poltabes Jambi Ajun Komisaris Polisi Aswini Nawawi kemarin (29/7) membenarkan kejadian itu. n

Pembunuh Riko Sempat Digerebek

BANGKO - Polres Merangin masih memburu pembunuh Riko yang ditemukan tewas di tepi Sungai Limbur, Pamenang Barat, Jumat (24/7) sekitar pukul 18.15 WIB. Polisi menyebut pembunuhnya berinisial Kr dan sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Merangin.

Menurut AKP Dwibo Likson, pembunuh Riko adalah Kr. Kr menusuk Riko di bagian pung-gung bagian belakang korban

hingga tembus ke dada. Informa-si terbaru yang diterima koran ini, Senin (27/7) lalu, aparat Polsek Pamenang berhasil mengendus keberadaan Kr yang bersem-bunyi di Desa Rangkiling, Sal-orangun, tepatnya di kediaman orangtuanya yang diketahui bernama Ayub. Sayang, saat aparat menggerebek kediaman pelaku, Kr berhasil kabur lewat pintu belakang. n

Pencuri Kerbau Dibekuk PolisiMUARABULIAN – Sebanyak tiga pelaku

pencurian kerbau di Kecamatan Mersam, Sarolangun, berhasil dibekuk polisi. Ketiga tersangka pencurian hewan ternak itu adalah Sutik bin Saman, warga RT 06, Desa Benteng Rendah, Kecamatan Mersam; Asmuni bin Saminto, warga RT 03, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Muaratembesi; dan Sujono bin Sukani, warga RT 03, Desa Sei Pulai, Keca-matan Muaratembesi. Akibat kejadian itu, Yudi, warga Kampung 4 Simpang Gatra, Mersam, kehilangan kerbau yang ditaksir seharga Rp 8 juta.

Informasi yang berhasil didapat menye-

butkan, para pelaku melakukan pencurian tersebut pada 24 April lalu. Pelaku dalam beraksi terlebih dulu meracuni kerbau milik korban dengan portas yang biasa digunakan untuk meracun ikan di sungai.

Hal itu dibenarkan Kapolres Batanghari ABP Edy Djubaedi SIK melalui Kapolsek Mersam AKP Suharis ketika dihubungi ke-marin (29/7). “Mereka melakukan pencurian ternak dengan melemparkan portas dalam bungkusan plastik yang kemudian dibalut dengan rumput ke sekitar kandang kerbau milik korban,” ungkapnya. n

Wanita-wanita Hamil DidataUngkap Pelaku Buang Bayi di Semak

wanita-wanita yang hamil di Muarojambi, namun belum berhasil.

Demikian dikatakan Kapol-sek Sekernan AKP Bahrum melalui Kanit Reskrim Polsek Sekernan Tarigan. Diakui, sejak bayi itu ditemukan pada Minggu (26/7), titik terang pelaku pembuang bayi belum ada sama sekali. Informasi ten-tang bayi maupun keluarganya juga belum ada. “Kami sudah

mencoba menanyai warga-war-ga yang hamil, namun hasilnya masih nihil,” katanya.

Tarigan mengatakan, sampai kemarin pihaknya terus me-nyelidiki kasus itu. Penyelidi-kan sudah sampai ke desa-desa tetangga, bahkan koordinasi antarpolsek juga terus diinten-sifkan. Termasuk menempatkan anggota di Rumah Sakit Umum Daerah Sengeti. “Siapa tahu keluarganya datang, makanya

anggota kita tempatkan di sana,” katanya.

Sementara itu, Pemkab Mu-arojambi juga tidak tinggal diam dengan penemuan bayi malang tersebut. Empat hari setelah Saka berada di ruang perinatologi zal anak Rumah Sakit Umum Daerah Muarojambi tanpa ada keluarga yang mengakui, bayi tersebut akan menjadi tanggung jawab Pemkab Muarojambi. n

MUAROJAMBI – Hingga kemarin (29/7) polisi belum menemukan petunjuk siapa orangtua dari bayi yang di-buang di semak-semak be-b e r a p a har i la lu . Bahkan polisi juga sudah mendata

PembunuhJanda danPengusaha Urut Terlacak

Risza s bassaR, Kota Jambi

Polisi Koordinasi dengan Sumsel

TERKAIT dua kasus pem-bunuhan di Kota Jambi, iden-titas pelaku sudah dikantongi polisi. Dua kasus itu adalah pembunuhan pemilik usaha urut tradisional Mekar Sari di Kecamatan Jambi Timur, Rusmini (40), Senin (1/6) lalu. Lalu pembunuhan terhadap Nuraidah (30), warga Lorong Telaga I, Kelurahan Murni, Ke-camatan Telanaipura. Nuraidah ditemukan tewas di Jalan Yu-

lius Usman, RT 23, Kelurahan Pematangsulur, Kecamatan Telanaipura, Kamis (23/7) sekitar pukul 05.00 WIB.

Namun polisi mengalami kesulitan untuk menangkap pe-laku, karena posisi pelaku yang selalu berpindah-pindah.

Informasi menyebutkan, polisi sudah menyebar in-forman untuk dapat melacak keberadaan pelaku. Namun itu belum berhasil mengingat posisi pelaku yang tidak pernah diam dalam waktu lama.

Kapoltabes Jambi Kombes Polisi Bobbyanto IOR Adoe mela lu i Kabag Bina Mitra AKP Aswini Nawawi kemarin (29/7) mengatakan, polisi masih terus mengembangkan kasus tersebut. n

KuasaHukum

Desak KejatiSegera

Melimpahkan Berkas ke PN

JAMBI - Rencana Kejati Jam-bi melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi ditanggapi din-gin oleh pihak tersangka. Para tersangka adalah Ayakuddin dalam kasus dugaan korupsi APBD Merangin 2008 serta Dirut BUMD Jabung Barat Sakti M Iryani dan Bambang Sutedjo dalam kasus dugaan korupsi PLTG Tanjab Barat.

Menurut kuasa hukum M Iryani, Wajdi SH, rencana pelimpahan tersebut bagi kliennya bukan hal menakutkan. “Saya malah senang,” ujar Wajdi yang ketika dihubungi kemarin (29/7) bera-da di Jakarta. Pelimpahan akan semakin baik bagi kliennya. “Saya mendesak secepatnya dilimpahkan lalu disidang, biar ada kepastian hukum.”

Wajdi tetap yakin kliennya tidak bersalah. “Baik secara hukum perdata maupun hukum tata usaha negara, tanggung jawab bukan dengan klien saya. Tanggung jawab ada dengan bupati yang memberi kuasa,” ujarnya. n

baca kuasa hal 7 DiliMPaHKan iryani (kiri) dan ayakuddin, berkasnya segera dilimpahkan ke pengadilan.

baca Pembunuh Riko hal 7

didata: saka bayi yang dibuang masih di dalam incubator.

baca Pembunuh hal 7

akan diturutkan. “Jadi terpaksa kita kembalikan,” ujarnya.

Ketika sisinggung mengenai penyebab pegembalian berkas tersebut, ditegaskan, masih ada beberapa catatan dari Ke-jari yang belum dipenuhi oleh pihak penyidik Polres. “Itu terkait mengenai pasal yang akan dituntutkan dengan alat bukti yang sudah ada, maka pihaknya minta agar pihak pe-nyidik bisa melengkapinya kembali,” kata Rahman. Di-tanya soal waktu yang hanya tinggal sehari, dia berkomen- baca dugaan hal 7

baca Wanita hal 7

foto-foto:dok/jambi indePendent

dok/jambi indePendent

Informasi Dunia Hiburan TerkiniJambi Independent KAMIS, 30 JULI 2009

Tak Pernah Mengerti RezekiSETELAH sekian lama, Mbah Surip akhirnya dinaungi

manajemen artis. Kontrak sudah ditandatangani secara sahdi hadapan notaris untuk tiga tahun, terhitung sejak 1 Juli2009. Sebagai bonus, pelantun Tak Gendong itu mendapatsatu unit rumah dan mobil APV berwarna biru. Apa sajakeinginan dia? Berikut petikan wawancaranya saat meng-helat syukuran bersama manajemen Kampung Artis diKampung Artis, Jakarta, kemarin (29/7).

Bahagia punyamanajemen?

Akhirnya, saya betul-betulbahagia. Mudah-mudahan ti-dak ada kesalahpahaman, aba-di sampai mati. Mudah-muda-han tidak ada benturan ide danpemikiran serta bekerja tulus,apa adanya, dan otodidak.

Apa harapan lainnya?Semoga mobil dan rumah

yang dijadikan hadiah cepatdibaliknamakan supaya sayasenang, Anda senang, dan ma-syarakat senang. Semoga Ka-polda Metro Jaya memberikansurat izin kepemilikan heliko-pter kepada saya sebagai buktibahwa ada juga artis di Indone-sia yang punya pesawat. Sebe-narnya, dulu saya merancang-rancang helikopter dengananak Pak Habibie (mantan pres-iden RI), namanya Ilham. Tapi,tidak jadi.

Memang uang dari

ring back tone (RBT) sudahRp 4 miliar? Cukup untuk

beli helikopter?

Secara simbolis dan terlihatoleh kacamata saya, sudah Rp82 miliar. Belum diterima (uangnya). Saya lihat hitung-hitungannya di komputer. Olehteman saya, Menkominfo (men-teri komunikasi dan informati-ka), Bapak M. Nuh, diajak kekantornya untuk menghitung.

Sesuai dengan mimpipunya uang sebanyak itu?

Kebetulan, saya nggak pernahmimpi. Hanya satu yang sayanggak pernah mengerti, yaknirezeki. Apa itu rezeki? Sejakdulu, uang mbah banyak (saatpulang dari kerja di pengebo-ran minyak di Amerika Se-rikat). Uang itu mbah simpan ditas. Tapi, nggak kepikiran jadipenyanyi. Kemudian, mbah hi-tung lagi (uang di tas), ternyatacukup untuk rekaman di Gajah

Mada Record.

Kontrak denganmanajemen berapa lama?

Kontrak awalnya dua tahun,terus ditambah jadi tiga tahun.

Tapi, tadi ada omongan sampaimati saja. Siapa duluan yangmati, maksudnya. Nanti, kalaumati, saya minta dikuburkan dirumah W.S. Rendra. Di sana adatanah di bawah pohon jengkol.

Ada keberatanuntuk isi kontrak?

Kalau bicara kontrak, Mbah se-benarnya lebih senang dari hatike hati, berdasar kepercayaan.Saya oke saja lah. (jpnn)

Mbah Surip

Jambi IndependentKAMIS, 30 JULI 2009

CECECECECECECECECECE

Pengasuh: Rosefina

"Orang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya melebihi orangyang merebut kota"

Dewa Kelahiran Tidak HanyaDisembah oleh Ibu Hamil

Dewa Cu SenNian Niang bagiUmat Konghucu

buah-buahan, bebek, ayam, danlain sebagainya,” katanya.

Prosesi ritual yang dilakukanumat Konghucu yang datang ke

kelenteng itu tidak diatur secarabaku. Jika umat datang hanya un-tuk menyembah satu dewa, tidakmasalah. Semua tidak dilarang

oleh agama tersebut.Menurut Apong, tujuan ma-

sing-masing umat yang datanguntuk melakukan sembahyang

ke kelenteng berbeda-beda.“Tapi rata-rata mereka semuamenyembah semua dewa yangada di kelenteng ini.”(lyn)

JAMBI – Dewa Cu Sen NianNiang adalah Dewa Kelahiranyang dipercaya sebagai dewayang memiliki kuasa atas kela-hiran seseorang. Umumnya ibuyang sedang hamil selalu memo-hon doa agar diberikan keseha-tan selama masa kehamilan dankeselamatan hingga masa mela-hirkan. Patung Dewa Cu SenNian Niang terdapat di Kelen-teng Siu San Teng, tepatnya diruang pemujaan sebelah kanan.“Rata-rata yang melakukansembahyang pada dewa ini ad-alah ibu-ibu hamil. Mereka ber-sama suami sering kali memo-hon doa dan harapan agar se-mua proses kehamilan dan kela-hiran berjalan aman dan lancar,ibu sehat, dan anak pun sehat,”kata Apong, pengururs kelenteng.

Selain itu, dewa tersebut di-percaya dapat menjaga ibuyang sedang hamil. Jika sem-bahyang tersebut dilakukandengan sungguh-sungguh,permohonan akan dikabulkan.

“Dewa itu memiliki kuasa ataskelahiran tersebut,” ungkapApong. Untuk itu, kebanyakanyang menyembah dewa ter-sebut adalah ibu yang sedangmengandung.

Meski kebanyakan yang me-nyembah dewa itu adalah ibu-ibu hamil, Apong mengatakan,banyak juga umat yang mela-kukan sembahyang kepada De-wa Kelahiran dari kalangan lainseperti pria dan anak-anak. “Ti-dak ada larangan dari agama Kon-ghucu untuk melakukan hal terse-but. Semua umat Konghucu bolehmelakukan sembahyang ter-hadap dewa itu,” terangnya.

Seperti semua dewa lainnya,Dewa Kelahiran atau Cu SenNian Niang juga memiliki tang-gal kelahiran. “Yakni tanggal20 bulan ketiga tahun Imlek,”kata Apong.

Kelahiran Dewa Cu Sen Nian Niangdiperingati setiap tahun olehumat Konghucu. “Akan dilaku-kan upara peringatan setiap tang-gal tersebut,” ungkap Apong.

Tidak ada pantangan khususdalam proses sembahyang. “Bo-leh menyiapkan sesajian apa saja:

Ingin BukaWedding Organizer

LINCAH da n e n e r g i kadalah kesan pertama ke-t ika berkenalan denganwanita bernama Frisca ini.Selalu bersemangat adalahmotto hidup wanita yangsehari-hari bekerja sebagaikasir di salah satu salon ke-cantikan di Jambi.

“Saya sangat tertarik de-ngan dunia kecantikan danenter tainment , ” ka tanyaria n g . U n t u k i t u F r i s c aingin sekali meningkatkankemampuannya di bidang

kecantikan.Salah satu usahanya saat

i n i a d a l a h m e n g u m p u l -k a n u a n g u n t u k b e r s e -kolah lag i menekuni b i -d a n g k e c a n t i k a n , k h u -susnya bridal. “Saya ber-c i t a - c i t a s u a tu saat nantibisa membuka wedding orga-nizer,” ungkapnya.

Segala sesuatu mengenaitata rias pengantin mulai diapejari dengan teliti. Friscabe rha rap semua ke ing i -nannya terwujud denganb a i k . “ D a p a t m e w u j u d -kan apa yang telah men-jadi cita-cita saya adalahi m p i a n s a y a p r i b a d i , ”ungkapnya .

S e l a i n b e k e r j a , F r i s c aj u g a a k t i f d i v i h a r a . I at e t a p r u t i n m e l a k u k a nkebakt ian d i v ihara. “Se-lain beru s a h a , s a y a j u g atidak lupa berdoa kepadaTuhan,” katanya. Menu-rut Fr isca , sebagai umatBuddha yang ba ik , d i r i -nya t i dak akan lupa untukselalu beribadah.(lyn)

Frisca

KESELAMATAN BAGIIBU HAMIL

Patung Dewa Cu Sen NianNiang di Kelenteng Siu San

Teng.

AL

DIN

O/JA

MB

I IND

EP

EN

DE

NT

Jambi Independent KAMIS, 30 JULI 2009

JAMBI-PALEMBANG SETIAP JAM KERJA

JAMBI-BENGKULU 09.00 & 20.00

JAMBI-PADANG 08.00 & 20.00

JAMBI-BANGKO 10.00 & 17.00

JAMBI-PEKANBARU 10.00 & 20.00

JAMBI-TEMBILAHAN 10.00 & 18.00

JAMBI-BUNGO 10.00 & 16.00

JAMBI-LAMPUNG 20.00

BERANGKAT DENGAN MOBIL KIJANG KAPSULMENERIMA JASA TITIPAN (PAKET/BARANG) UNTUK SEMUA JURUSAN

PO. RATU INTANJl. Prof. M Yamin (depan Hotel Harisman)Telp: (741) 20784, 27876 HP: 81174378

PO. TOPJl. HOS Cokroaminoto No. 3 Simpang Kawat

Telp. 40653,43160

JAMBI-PALEMBANG 07.00, 08.00, 09.00,11.00, 12.00, 14.00,16.00, 18.00, 20.00,EXTRA

JAMBI-PEKANBARU 10.00, 20.00JAMBI-DUMAI 10.00, 20.00JAMBI-LAMPUNG 12.00, 20.00JAMBI-MA BUNGO 07.00, 09.00, 11.00

17.00, 20.00, EXTRAJAMBI-PADANG 10.00, 16.00, 20.00

MA. BUNGO-PEKAN BARU 10.00 dan 20.00

MA. BUNGO-PALEMBANG 09.00, 12.0015.00, 20.00

JAMBI-SAROLANGUN 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,

EXTRAJAMBI-BANGKO 07.00, 09.00, 11.00,

13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BENGKULU 10.00 dan 20.00

PO. TRANSTARJl. Mayor A. Marzuki (Simpang Kawat)

Jambi Telp. (741) 41888 - 438

JAMBI - PALEMBANG 07.00 S/D 20.00TIAP JAM

JAMBI - LAMPUNG 17.00, 20.00

JAMBI - PEKANBARU 09.00, 15.00 & 20.00

Sempat Naik,Harga TBS

Kembali TurunSUCI IDEALIN, Kota Jambi

JAMBI – Setelah sempat mengalamikenaikan, harga tandan buah segar(TBS) kelapa sawit di Provinsi Jambiturun sejak Mei 2009 lalu. Demiki-an dikatakan Kepala Bidang Pengo-lahan dan Pemasaran Hasil Perke-bunan Dinas Perkebunan Provinsi Jam-bi Jery Darli.

Dari rapat yang telah dilakukan pada21 Juli 2009 lalu, harga TBS ditetapkanRp 1.119,21 untuk umur tanaman sepu-luh tahun. Itu turun dari penetapan har-ga sebelumnya, yakni Rp 1.257,52.“Harga tersebut ditetapkan dua kalidalam sebulan, yakni setiap tanggal 5dan 20 setiap bulan berdasarkan hasilrapat,” katanya.

Harga rata-rata CPO ditetapkan Rp5.558,70, juga mengalami penurunandari harga sebelumnya, Rp 6.185,94.“Dengan indeks ‘K’ sebesar 85.70 per-sen,” jelasnya. Indeks “K” adalah hargayang diterima petani.

Banyak faktor yang menyebabkanselama empat bulan terakhir hargaTBS cenderung mengalami penu-

Pameran GebyarMitsubishi Passenger Car

Promo Hadiah LangsungLCD TV 32 Inci

JAMBI – Jika Anda ingin mendapat-kan informasi terbaru produk Mistsub-ishi, jangan lewatkan pameran GebyarMitsubishi Passenger Car. Pameran yangdihelat di lantai dasar JPM Trona itu te-lah berlangsung sejak 21 Juli lalu hing-ga 2 Agustus mendatang.

Pada pameran itu terdapat produk ung-gulan dari Mitsubishi yang ikut di-pamerkan, di antaranya Maven, Gran-dis, Pajero Sport, dan Lancer EX. “Tapiyang kita unggulkan di sini adalah je-nis Pajero Sport,” kata Yuli dari pihakMitsubishi kemarin (29/7).

Yuli menjelaskan, keutamaan PajeroSport. “Salah satunya suspensi bagiandepan dan belakang menggunakan sta-bilizer,” katanya. Selain itu, Pajero Sportjuga memiliki keunggulan pada tenagadan mesin.

“Radius 5,6 km yakni terendah dikelasnya,” terangnya lagi. Ada tigajenis tipe Pajero Sport yang ditawar-

kan pada pameran ini, yaitu PajeroSport tipe 4x2 Exceed seharga Rp 377juta, Pajero Sport 4x4 Exceed sehar-ga Rp 452 juta dan Pajero Sport 4x4GLX Rp 411 juta.

Sedangkan untuk Mitsubishi GrandisGT dijual seharga Rp 375 juta danGrandis GLS seharga Rp 360 juta.“Untuk Maven GLS seharga Rp 162juta dan Maven GLX seharga Rp 147juta,” ungkap Yuli.

Yuli mengatakan, telah banyak kon-sumen yang mengunjungi stan pameranMitsubishi Passenger Car yang melaku-kan pemesanan. “Kebanyakan merekamengejar untuk dipakai saat Lebaran nan-ti,” katanya.

Pemesanan mobil-mobil tersebut di-lakukan secara inden terlebih dulu. Jikamemesan mobil bulan ini, barang akantiba pada Desember mendatang. “Yangjelas tergantung warna dulu,” kata Yuli.

Terdapat promo menarik pada pameranitu, yakni tersedia hadiah langsung LCDTV 32 inci. Hadiah akan diberikan padapembelian yang dilakukan saat pameranberlangsung.(lyn)

runan, seper t i peguatan dolar ter -hadap rupiah dan pengenaan pajakekspor yang dilakukan serta stok CPOdunia yang masih banyak.

Sedangkan untuk harga karet, pihakDinas Perkebunan menetapkan ber-dasarkan pasar lelang. Harga indikasipasar lelang per 28 Juli 2009 lalu,pembelian bahan baku atau harga in-dikasi Rp 13.000 untuk kadar karetkering (K3) sebesar 100 persen. “Har-ga jual tert inggi Rp 8.769 dan ter-endah Rp 6.819, rata-rata Rp 7.500,”terangnya lagi.

Sedangkan harga indeks sebelumnya,yakni yang ditetapkan pada 14 Juli 2009,adalah Rp 13.200. Jadi terjadi penurunan.Namun harga tertinggi mengalami pen-ingkatan dari sebelumnya, yakni Rp7.711, harga terendah Rp 6.889, dan rata-rata Rp 7.300.

Yang menjadi acuan dalam penetapanhara karet adalah hasil dari pasar lelangyang dilakukan dua kali dalam sebulan.Harga yang telah ditetapkan berdasarkanpasar lelang, maka harga itulah yang ber-laku dan menjadi acuan penjualan karetdi daerah tersebut. Salah satu penyebabharga karet turun adalah gugur daun.(*)

EDDY DJUNAYDI /JAMBI INDEPENDENT

PAMERAN Mobil keluaran Mitsubishi yang tengah dipamerkan di JPM Trona.

kamis, 30 juli 2009 Jambi Independent

KAMIS, 30 JULI 2009Jambi Independent

Anda ingin uang melimpah? hutangsegera lunas? nasib segera berubah?menghilangkan kesialan di dalamhidup? ingin segera dapat jodoh? danberbagai masalah pribadi lainnya...

Berfungsi selamanya samapi anakcucu, aman tanpa resiko. Dibuktikansiapa saja walau tidak percayasekalipun. Yang berminat hanyamengganti biaya ritual dan keperluanlain Rp. 55.000 dan ongkos kirim Rp.15.000, luar negeri Rp. 100.000. Tulisnama lengkap + ibu kandung danpermasalahan.

“KUNCI RAHASIA KEHIDUPAN”Pak Hartono

Wesel + surat: PO BOX 1119 - Jambi

July 30, 2009

Jika anda llsn SMU/sederajat inginberkarir di dunia anak. Ikuti pendidikansingkat calon guru TK/Playgroup. Ph.0741-7163636.

JI0914 | 21-21/08

Akbid di Jambi membutuhkan Dosen.Syrt: D3 Kebidanan, D4 Kebidanan. Krmlamaran ke PO BOX 50 mulai 18 Juli s/d18 Agust, diutamakan 10 pelamar prtm.Syrt SKM berbesik D3 kbidanan.

JI0914 | 18-17/08

Dibutuhkan Kepala Pembukuan, ADM,Personalia, Marketing Mng, MngrPromosi, Security, Audio Visual,Sekretaris, syrt: Wanita berpengalaman,usia 25 th max. 35 th, kirim lamaran kePO BOX 308.

JI0914 | 19-19/08

Dicari 2 tk las listrik/krgka baja brpnglmn. Ph. 41097/085839349336.

JI0914 | 10. 13. 15. 17. 22. 24-30/07

Dicari kary/ti min D3 Akuntansi, bersediaditempatkan di M. Bungo, CV dikirimkanke PT. PKP, Jl. Kol. PO. M. Taher No. 62Tl. Banjar, telp. 7554656.

JI0914 | 25-01/08

Dicari karyawan salon & boutiqe segeradtg ke Malvin Salon, hub. 081274426164.

JI0914 | 28-02/08

Another level Group membthkn tng krjutk posisi ADM, Sek, Gudang, spvsrr,wak kep cabang, min SMU/SMK sdrjt,umur max. 26 th tdk sdg kuliah. Lmrnantar lsng ke Jl. AR. Saleh Gg. ASembiring No. 03 Cucian, Jambi. Senin-sab jam 10.00-15.00 WIB, Hp.081366121996.

JI0914 | 28-01.03/08

Dicari 1 org wnt, utk counter salesotomotif syrt: pnmpln mnrk, blmberklrga, diutamakan pernah krj di show-room mbl. Lmrn diantar ke SuryaPratama Motor dgn almt Jl. PatimuraNo. 30-31 Simp. Rimbo (dpn Hotel KatanJayo).

JI0914 | 29-03/08

PT. Mas bth kry/i min S1 sipil, tmt 3 thn& adm, hub. 7028333.

JI0914 | 29-03/08

Slh satu rmh mkn di kota jbi membthknkoki & waitress yg sdh brpglmn di rmhmkn, hub. 08127406654.

JI0914 | 29-30.01-04/08

Dicair karyawan min. tamatan STM sipil,hub. 0741-7049432 (Kasman).

JI0914 | 30-04/08

BABY SITTERDcr Baby sitter & PRT, suami isteri, gaji900 rb - 2 jt, hub Budi M, Hp. 081371033035.

JI0914 | 26-26/08

G U R USMK Unggul Sakti bth gr B. Ing, Eko,OR (lk), pustakawan (jurusannya) Lmrnke Jl. P. Antasari No. 18 Talang Banjar.

JI0914 | 25-07/08

MARKETINGDibutuhkan segera 5 org marketing, pnymotor, dpt gaji pkk, uang mkn, bns, Ph.443915.

JI0914 | 28-08/08

MEKANIK MOTORDicari mekanik motor berpengalaman,hub. Sun Motor Ph. 7552018.

JI0914 | 28-02/08

S T A FDibutuhkan segera staf akunting syarat:Pria/wanita max 27 th, min. D3,menguasai Ms. Office, menguasaidasar-dasar akuntansi, berpenampilanmenarik, lamaran antar langsung ke:Hayam Wuruk No. 05 Jelutung, telp.22320 (Eka) untuk ditempatkan di 2MMotor Jambi.

JI0914 | 26-31/07

TEKNISIDibthkan teknisi dgn gapok, tnjgn &insentive, syrt diutmkn ex teknisi AC& listrik, punya kngrn sendiri. Krm lmrnke Daal Derop Jambi, Jl. A. MangkuratNo. 04 Tj. Pinang Jambi, 0741-33939.

JI0914 | 29-03/08

JAKARTAPeluang usaha fashion tnp resiko, bo-nus & profit sngt menguntungkan. SMSNama & Almt ke 081218585063.

JI0913 | 23-25.27-30/07

JAMBIAcctg Srvcs (GL) pajak (PPn, PPh, SPT,NPWP) rancang sistem & web halamanhub. 0811-934971/0741-571444, pnglmn(Tokuan)

JI0914 | 24-24/08

Jasa pembuatan Situs pribadi/perusahaan, hub. 085664310568.

JI0914 | 26-31/07

Jual usaha warnet game 10 unit coreduo, 1 GB/client, VGA 256 MB, Plat Crt17” LG, perabot sdh operasi Rp. 12,5 jt,hub. 085263728865.

JI0914 | 26-02/08

BIRO JASARada Jasa. SIM, STNK, BPKB, KIR,mutasi luar daerah. Jl. Yunus Sanis No.35. Hp. 081366466343.

JI0914 | 21-03/08

BLACKBERRYJual Blackberry 3 type, murah!bergaransi! stock terbatas! Storm 95003,4 jt, Javelin 8900 2,4 jt, Bold 9000 4,4jt, u/ info hub. 081236793567 email:[email protected].

JI0914 | 23-01/08

BORE PILEAnda butuh Bore Pile? Hub. beben,0811743327 u/ fondasi gedung, tower,dll. Spec alat: bor kering.

JI0914 | 23-23/08

BUTUH DANA TUNAIDicari bisnis/usaha yg dijual besertabangunannya. Hp. 08176583137.

JI0914 | 10-10/08

DIJUAL BRANKASDijual murah Brankas (Almari besi) merkChubb type Cobra Elite V.K T. 75cm x50 cm x 50cm, sgt bgs, hub. 087878738693.

JI0914 | 26-02/08

DISEWAKAN DOZERDirentalkan BULDOZER DGG th 2007,Excavator Hitachi EX100-5 th 2000, hub.0741-668250/0811749813/0811745110.

JI0913 | 28-03/08

ELEKTRONIKJual alat pemanggil walet canggihmultimax. 021-70577500/08159123172.

JI0914 | 07-07/08

KAPLINGAN TANAHMurah terjangkau, kaplingan tanah dpnUNJA 130 rb/bln, Hp. 08127340316/58236.

JI0914 | 30-12/08

KEBUN SAWITDjl sgr BU kbn swt + 90 Ha, sdh berbuahTM I bibit, sertifikat marikat sgt subur,tnh mineral datar hanya 4m suratsporadik, akta notaris, lok. simp kiriTanjabtim + 1 KM dari jalan raya dpnKec. Mendahara Ulu hub. 0811213684/081366854854 tp hny melayani serius.

JI0914 | 23-24/08

KEHILANGANTlh hilang BPKB motor BH 2541 GI an.Helper Sibunan Hp. 08127471527.

JI0914 | 30.10/08

Tlh hilang BPKB motor BH 2495 HV an.Ali Nopiah No. BPKB 5141762 F.

JI0914 | 30-00/07

Tlh hilang BPKB mobil BH 8810 HU an.H Muhtar, No. BPKB A 1059424 F.

JI0914 | 30-00/07

Tlh hilang/tercecer sertifikat tanah hakmilik No. M 1292, M. 1328 M. 1346, M.1362 an Aminah.

JI0914 | 30-00/07

Terima tukar tambah mobil Xenia, Terios,Luxio, Granmax, Sirion, proses mudah,Hp. 081366556262/3000444.

JI0914 | 28-02/08

New Daihatsu Grand Max, MB Disc 8Jt, PU-Luxio 4 Jt. Ph. 0741-9726144,081366582558.

JI0914 | 28-02/08

DAIHATSUTAHUN 1990

TAFT GT 4x4/thn 90/hijau/kondisi ok &L-300 Pick Up th 99/solar/mulus/ok/08127498099/7002598.

JI0914 | 30-04/08

TAHUN 1994Daihatsu CLASY th 94, plat A, mulus,AC, CD, VR, BR, abu2 met, BBM irit, h.33,5 jt nego, hub. 081379269991.

JI0914 | 28-02/08

Jual cpt 2 unit mbl TAFT Hiline Pick Up4x4 th 94 berminat hub. 081355269999-081994508999.

JI0914 | 29-05/08

TAHUN 1997Dijual TAFT 97/98 w. marun, body mesinoriginal. Peminat hub. 081366677451.Hrg nego.

JI0914 | 27-01/08

TAHUN 2005XENIA Xi, 1.3 Sporty th 05, htm, mtlk,mls, full variasi Hp. 08179009166.

JI0914 | 28-03/08

TAHUN 2008Dijual XENIA Li, VVTi th 08, Ph. 0741-7175862.

JI0914 | 21-03/08

H I N OTAHUN 2001

Dijual Hino 01, Tronton, pajak baru, platBH, mulus, hrg nego. Hp. 081213676869.

JI0914 | 14-14/08

H O N D ATAHUN 2004

Jl Honda JAZZ MATIC th 2004, w. coklatmuda, Cash/Credit, hub. 7078899.

JI0914 | 30-04/08

TAHUN 2007Dijual All New CRV 2,0 th 07, silver,matic, seperti baru, Ph. 9703777.

JI0914 | 30-04/08

Honda JAZZ Vtec manual th 07 wrn Sil-

LAPTOPJl cpt BU Laptop merk acer, aspire core2 dua 25Hz, 1 GB, 160, DVD RW,webcam, kondisi msh br (grs) 4,6 jt. Ph.0813320923797/3010130.

JI0914 | 22-23/08

PELUANG USAHADicari Agen utk produk DENARA balilulur, hand body, sabun, betsall, dll.Peminat serius Hp. 081267010469.

JI0914 | 30-12/08

PERALATAN GENSETJual prltn Genset dong2 20 KW, ARMBoom Exca PC 200, Giraple jepitanExca, tangki minyak 20 ton, berminathub. 081355269999/081994508999.

JI0914 | 29-05/08

PULSA ELEKTRIKBisnis pulsa elektrik modal 50 rb. Bisajual AS, SImpati, XL, IM3, Mentari, Flexi,Three, Esia, Ceria, dll. Hub. 085266060708/085266252525 atau langsung sajake Dream Cell Simpang DB 4 dpn KedaiKopi Espreso Kota Baru.

JI0914 | 03-03/08

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Fotuner, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0914 | 14-14/08

WIJAYA RENTAL. Taft Hi-Line, L-200 DC4x4, Kijang Kapsul, Panther Kapsul,Rocky. Harian, Mingguan, Bulanan. Ph.445008/08127406668.

JI0914 | 15-15/07

MP RENTAL. Kijang LGX, Kuda. Mulai200 rb/hr. Ph. 0741-7142806/081366969866.

JI0914 | 03-03/08

RENO RENTAL. Innova, Land Cruiser,Ford Everest, Ranger, Triton, L-200. Hrgbersaing. 7119777/085266156495.

JI0914 | 16-15/08

SAFIR RENTAL. Menyewakan Harian,Blnn. Kjg Kapsul, Innova, L-200, DCRanger. Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0914 | 08-07/08

FAJAR RENTAL. Kijang Kapsul, Innova.Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0914 | 06-06/08

AMEL RENTAL. Sewakan Avanza,Kijang, LGX, Krista. Harian/Bulanan.(0741) 570502/7006836/0816398939.

JI0914 | 06-06/08

SH RENTAL. Avanza, LGX, Innova, Die-sel. Hran, Mgguan, Blnan. 581706/08526611 6128.

JI0914 | 10-10/08

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova,LGX. Harian, bulanan. Hp. 081366383337/7142213.

JI0914 | 02-01/08

MENTARI JAYA. TERIMA JUAL BELIAAC SECOND. Service AC panggilan/pemasangan AC/pemeliharaan/cuci AC.Ph. 0741-7006537/75512356.

JI0914 | 24-24/08

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mingguan, Bulanan. (0741) 085266749975/081366680440.

JI0914 | 26-26/08

Disewakan Strada L-200 thn 2007 Hub.081366808889.

JI0914 | 30-04/08

SERVICEMAJU JAYA SERVICE. Mnrm pemasangan per baikan pemeliharaan AC baru/AC bekas, Kulkas, msn cuci, dll. Hp. 081366356788/0741-7012343/081366000515.

JI0914 | 02-01/08

MENTARI JAYA SERVICE. Spesialispemasangan, service, cuci AC, dll, Hp.0741-7006537/0812742557891/081919043911.

JI0914 | 25-25/08

SERVICE PANGGILAN. AC, kulkas,

ver Stone Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 21-03/08

HYUNDAITAHUN 1997

ACCENT 97, biru met, full ori, KMrendah, jrng pki, sgt trwt, 081366465746.

JI0914 | 28-02/08

Djl Hyundai CKRA th 96/97 Hp. 081274477645.

JI0914 | 29-05/08

TAHUN 1997Hyundai AVEGA GL th 2007, plat B, hub.081366507740.

JI0914 | 28-02/08

TAHUN 2000Djl cpt sdn Hyundai ACCENT GLS,matic, th 00, hrg ngo, Ph. 0741-7029636.

JI0914 | 28-02/08

MERCEDES BENZTAHUN 1994

Dijual cepat sedan Mercedes Benz seriC 180 MT/Th 94/ Merah metalik, kondisisgt mulus/Tg ke 2, Hp. 081366540000.

JI0914 | 24-06/08

MITSUBISHITAHUN 1996

GALANT VG 96, merah met, sgt mls,full aksesoris, velg 18, msn trwt. 0741-7088847.

JI0914 | 26-08/08

TAHUN 2001KUDA Super Exceed diesel, th 01, htmslvr, mls, sgt terawat, Hp. 08127411388.

JI0914 | 28-02/08

TAHUN 2003L 300 MB, diesel th 03 putih, AC Db,VR, pjk pjg, sgt terawat, Ph. 7003500.

JI0914 | 28-02/08

TAHUN 2004Mitsubishi Double kabin L200 th 2004akhir, hub. 081367769700.

JI0914 | 25-30/07

S U Z U K ITAHUN 1996

Jual KATANA GX th 96, warna ungu, BH,hub. 085222055568.

JI0914 | 29-02/08

TAHUN 2000ESCUDO NOMADE th 00 abu2, mtlk,mls, sgt antik, siap pki Hp. 08127411388.

JI0914 | 28-02/08

TAHUN 2001BALENO 2001 hitam met, orisinil, siappkai, trawat, Hp. 081366040044.

JI0914 | 28-02/08

Djl Suzuki KATANA GX th 01, PW, PS,CD, BH asli, kond. trwt, Ph. 7107159.

JI0914 | 30-31/07

TAHUN 2004Carry FUTURA MB GRV th 04 + DRV th03 bru mtlk, mls, siap pki, Ph. 7003500.

JI0914 | 28-02/08

TAHUN 2005Dijual KARIMUN GX 05 hitam, BH asli.Hp. 085839349336.

JI0914 | 15. 17. 21. 22. 25. 27-02/08

TOYOTATOYOTA 100% BARU. Ready Stok dealerresmi, info peme sanan 7004809.

JI0913 | 24-24/08

Paket Toyota. Truck, Dump Truck. DP& Bunga rendah. 081366648828/0741-7048098.

JI0914 | 16-31/07

TAHUN 1990STARLET 1.3 SE 90, biru met, full kulit, sound system, 081366465746.

JI0914 | 28-02/08

TAHUN 1995Dijual KIJANG Super G th 95 hub.081366729399/085266535454.

JI0914 | 25-30/07

TAHUN 1997Dijual KIJANG Diesel SSX 97 bru & blk,DP 38 jt, ang 2,3 jt x 25 bln. Hp.081366477704.

JI0914 | 27-01/08

Djl KIJANG KRISTA 97, biru slvr, PW,PS, AC Dbl, 93 jt ng, Hp. 081367741835.

JI0914 | 28-02/08

TAHUN 2001Dijual mobil KIJANG Diesel LGX th 2001.Hub. 081366355108.

JI0914 | 26-31/07

TAHUN 2002

R U M A HDijual RUMAH lok. Griya Aur Duri IndahBlok D No. 364 type 36. Ph. 7140071,hrg 65 juta.

JI0914 | 00-00/00

Djl RUMAH lok. dekat Perumnas KotaBaru (komplek Alam Permai), hrg nego.Hp. 08127413376/7119527.

JI0914 | 18-01/08

Dijual RUMAH Lr. Nusantara No. 82 Rt.27 Simp. Kawat. L 8 M2, P 15 M2, PAM,Lstrk, 3 kmr tdr, 2 kmr mnd. Hp. 085266736493.

JI0914 | 17-31/07

Dijual RUMAH di Perum Pesona MayangBlok H No. 5 type 36 jadi 90 lt 2 sdh dicor hrg 160 jt. Ph. 0741-7140071.

JI0914 | 00-00/00

Djl RUMAH lr. Lestari RT 22 pal merahlama blkg perum Liverpool lb 10x13 tnh2 tbk, sumur, listrik, 3 kmr tdr, 2 kmrmnd, peminat hubungi langsung 085266853148, harga nego.

JI0914 | 22-02/08

Djl RMH Lt. 403 M2, lb 162 M2, prmnn,KT 4, KM 3, PLN, PAM, tlp, lok. smp 3Sipin (dpn Adhyaksa) Hp. 081366408340/7163736.

JI0914 | 23-10/08

Djl RMH komplek Puri Mayang ClusterCasabanca, blok E 6 type 50/135M, lok.hadap taman luas, model minimalis,bonus 1 unit AC, Hp. 08127412710.

JI0914 | 29-07/08

Dijual RUMAH tepi jalan strategis Jl.Taruma Negara kel. Tg Pinang, hub.081366092232.

JI0914 | 29-07/08

Jual RMH 3 in 1 (rmh kntr gudang) rmhlb. + 230 m, 6 km tdur, 4 km mandi,listrik 300 wt, 3 AC, tt, kantor 2 tk, lb +90 m2, 1 km mandi, list 2200 w, gudang& garasi 2 tk, lb 120 m2 2 km, lstrk1300 w, ruang satpam & 1 km mandi,luas tnh seluruh 800 m2, hub. 0741-62419/ 081366202620.

JI0914 | 29-11/08

Dijual RUMAH lok. Perum PalmerahPermai, Blok F 14 type 109/130, 2 LT, 3KT, 2 KM, pagar, garasi, Knopi Rp. 120jt, Hp. 08127877516.

JI0914 | 30-04/08

Dijual RUMAH type 150/210 m2, lo. Tjg.Sari, 2 KM, 3 KT, 2 Grs, sumur, PDAM,full krmk, dek, Ph. 0741-7088581.

JI0914 | 30-01.03-05/08

T A N A HDijual TANAH & RUMAH tinggal lt.10.0666 M2, SHM, listrik, Telp, tnh 1.324M Jl. Raya Lingkar Selatan 1 Pal MerahKota Jambi (dkt Perum PSUD). Hp.081398315357.

JI0914 | 03-03/08

Dijual cpt TANAH SHM luas 35271 M2lok. Ds. Sei Gelam sblm Pal 8 70 mt drJl. aspal. Asnawi Hp. 081366995232/7120736.

JI0914 | 30-31/07

Djl TANAH 7,35 tbk Komp. DPR Jl. Rd.Perang Tlnaipura Jbi. Hp. 08127400082.

JI0914 | 18-01/08

Dijual tanpa perantara TANAH seluas +1400 M2 lok. Tj. Lumut dpn pom bensin,sangat cocok utk gudang, status SHM,hrg nego. Ph. 0741-7552260/081994315058/081532702505.

JI0914 | 17-31/07

Jual TANAH luas + 19 tbk, lokasi pinggirjalan sebelum jembatan Aurduri hrg nego.Hp. 081274999912.

JI0914 | 18-31/07

Dijual TANAH SHM 53,3 tbk lok Ds Kota

Dijual KIJANG LGX 2002. 08129252357,pajak panjang.

JI0914 | 28-27/08

Jual KIJANG LGX 02. Diesel, silver, tgnI, BH, F System, Hp. 08192557830.

JI0914 | 28-02/08

Jl KIJANG LGX Diesel 02, hitam, PlatBH, Hp. 08127354397/085266075299.

JI0914 | 30-04/08

TAHUN 2003Dijual Toyota ALTIS G 2003, hitam, mls,Hp. 0811747399.

JI0914 | 25-07/08

Dijual KJG LGX 1.8 th 03 silver, mls,BH, pjk panjang, hub. 0741-61562.

JI0914 | 29-03/08

Dijual KJG LGX 1.8 th 03 w. silver, BHcantik, Hp. 08127877516.

JI0914 | 30-04/08

TAHUN 2004Jl KIJANG LGX solar, th 2004, warnasilver, Cash/Credit, hub. 3002888.

JI0914 | 30-04/08

TAHUN 2005Kijang INNOVA Tipe G th 05/06 wrn htm& silver Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 21-03/08

Dijual AVANZA 1500 S th 2008, hijaumetalik, Hp. 085266255741.

JI0914 | 23-30/07

AVANZA G 05 hitam, motor Bajaj DT 180CC hitam, hub. 081366002219.

JI0914 | 28-02/08

INNOVA 05/G/BH/kondisi Ok/velg 18/merah & Escudo 1.6/thn 03 akhir/BH/hitam/mulus/08127498099/7002598.

JI0914 | 30-04/08

TAHUN 2006Jl AVANZA G VVTi 06/07 htm, istw, Ph.445408/7008396.

JI0914 | 30-04/08

TAHUN 2007Toyota AVANZA tipe G th 07/08 wrn hitamHp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 21-03/08

Kijang INNOVA tipe G th 2007 wrn htmHp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 21-03/08

TAHUN 2008Dijual AVANZA G th 08 silver, full variasi,seperti baru, Hp. 9703777.

JI0914 | 30-04/08

jl TOYOTA RUSH type S, th 08, silver,pjk baru, cash/credit, hub. 7107772.

JI0914 | 30-04/08

ANGKOTJl 2 unit Angkot th 03/04, Broni, siapjalan. Hub. 62730/08127488003.

JI0913 | 19-08/08

Dijual Angkot Kuning jurusan simp.kawat, tahun 97, hub. 0741-66325/ 085283620439.

JI0913 | 28-02/08

BELI MOBIL BUNGA RINGANReady!!! Xenia, DP 16 Jt 5 th disc 8 jt,Granmax MB, PU DP 12 jt, Terios 22 jt,Nila 081274063978.

JI0914 | 23-05/07

BUTUH MOBIL?READY! Xenia, Luxio, Gran Max, disc 8jt, DP 12 jt-an, Fitri 081366166072/7093833.

JI0913 | 29-11/08

DIJUAL MOTORDjl TIGER th 2008 w. htm, over DP 7 jt,sdh byr 13 bln, angsuran Rp. 800 rb/bl,pajak baru, hrg nego, Hp. 085267369666.

JI0913 | 28-02/08

LELANG MOTORLelang 1 unit mtr TORNADO htm, th 02hrg 2,8 jt. Hub. Pegadaian Amanah,081366271400.

JI0913 | 25-30/07

freezer, show case, m. cuci dll, jasateknik, Hp. 081319160180/081393243370.

JI0914 | 29-03/08

Karang Kumpeh, hrg 130 jt nego. Hp.081274255009.

JI0914 | 07-07/08

Dijual TANAH + 5.500 M2 d Knali AsamBwh Km 10. Lok. persis blkg SUM Motorl dpn 72 M, pjg 93 m, l blkg 53 M. Hp.081366854838/085839349336.

JI0914 | 15. 17. 21. 22. 25. 27-02/08

Jual TANAH 10,5 tumbuk, Hp. 081366254577.

JI0914 | 25-05/08

Dijual TANAH + 8 tumbuk, Lrg. SMAN 2Tl. Banjar, Jambi, Hp. 081363208631.

JI0914 | 30-04/08

RUKORUKO dijual Jln. Kapt. Pattimura dpnrmh skt Berkah. Hp. 08127300920/0741-62515.

JI0914 | 17-16/08

Dijual cepat 1 unit RUKO di jln Bhayangkara depan Poltabes, 2,5 lt, 1 unit rukodi jln erlangga budiman 1,5 lt1, 2 unitruko di jln budiman 3 lt, 2 pintu jadi 1, 2SHM. Hub. 081210270501/085288130708.

JI0914 | 22-04/08

DISEWAKANDisewakan RUKO 3 lt, 2 KM, Jl. GajahMada, Jelutung Ph. 7552018.

JI0914 | 28-02/08

GUDANGDijual Gudang/Tanah. Fasilitas ada linetelpon, listrik, lokasi strategis, dr pasar15menit. Hub. CV. Agung Karya. Hp.081274141318.

JI0914 | 14-06/08

Optimalisasi Pajak Pribadi Orang Kaya,Satu dari 6 PR Tjiptardjo

JAKARTA - Tugas berat ha-rus dipikul Dirjen Pajak baru

Mochamad Tjiptardjo. MenteriKeuangan Sri Mulyani Indra-

wati mengamanatkan lima hal,salah satu yang krusial adalahoptimalisasi pajak pribadi or-ang kaya.

Sri Mulyani mengatakan, op-timalisas i pene r imaan pa -jak High Wealth Individu-als atau Wajib Pajak BesarOrang Pribadi harus terusdilakukan dengan kebera-daan kantor pelayanan Large

Tax Office (LTO). “Ini harusbe r h a s i l , ” u j a r n y a s a a tmemberikan sambutan da-lam acara pelantikan DirjenPajak Selasa (28/7).

Menurut Ani, panggilan SriMulyani, tugas tersebut tidakakan mudah. Sebab, wajibpajak (WP) badan besar, ter-utama yang ber o p e r a s i diluar negeri punya kemam-

puan menghindari pajak jikaaparat pajak lemah. Apalagi,kondisi semakin rumit kare-na makin banyak WP besaryang memiliki pendapatandari banyak sumber. “Ka-rena itu, butuh aparat yangbaik dan kompeten. Ini yangsulit,” katanya.

Sedangkan empat tugas yangdiminta Menkeu segera di-

jalankan Tjiptardjo adalahsistem yang lebih diperketat,sehingga tidak bisa diaksesseca r a s emba rangan o l ehapa ra t d i ka l angan pa j aksend i r i . Kedua , p ro f i l ingdan benchmarking terhadapwajib paj ak badan. Ketiga,d a t a b a s e u n t u k m e -ningkatkan kuali tas SDM.Da n k e e m p a t a t a u t e r a -k h i r , m e n a m b a h j u m l a h( p e n d a p a t a n p a j a k ) y a n gbanyak dengan in tergritasdan kualitas yang baik.

Menanggapi tugas dari bostersebut, Dirjen Pajak Mocha-mad Tjiptardjo menyatakan,mengejar pajak orang kaya

merupakan salah satu bagiandari program ekstensifikasi danintensifikasi yang akan men-jadi prioritasnya. “Termasukmemburu pengemplang pa-jak,” terangnya.

Tjiptardjo mengakui, hing-ga semester I tahun ini, rea-lisasi penerimaan pajak ma-sih meleset dari target. DataDitjen Pajak menunjukkan,penerimaan neto ( termasukPPh migas) periode Januari -Jun i 2 0 0 9 s e b e s a r R p253,181 triliun atau minus2,83 persen dari penerimaanpa jak pe r iode sama 2008yang sebesar Rp 260 ,556tri l iun. “Realisasi ini baru43 persen dari target APBN.Namun, masih ada waktu limabulan, itu akan kami optimal-kan,” katanya.

Upaya mengejar pajak orangkaya suda h d i r i n t i s o l e hm a n t a n D i r j e n P a j a kD a r m i n N a s u t i o n y a n gk i n i m e n j a b a t s e b a g a iDeputi Senior Gubernur BankIndonesia. Menurut Darmin,pada prinsipnya, pajak orangkaya memang diarahkan untukmenggenjot penerimaan pajakpribadi.(jpnn)

KAMIS, 30 JULI 2009 Jambi IndependentPUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

HINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTANANANANANSPESIALIS SYAWAT DAN MATATANPA OPERASI UNTUK UMUM

Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

Praktek setiap hari hari pukul 08.00 Wib sampai21.00 Wib Hari Libur Tetap Buka

JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr Keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arahSimpang Kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsung dariGunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten -Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar - Ambieyen-Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - RabunDekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - MudahPerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan palingmujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasildisembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhansoal syawat dan mata segera konsultasikan kepadakami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisadisembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling pentingdalam hidup.

Ramuan kami alami tanpa efeksamping, cukup satu kaliberobat dijamin sembuh untukselamanya, kami bisa berikangaransi untuk itu.

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobatipenyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat Ke-Luar , Sperma encer, memperbesar jaka(btg), tidak mempunyai keturunan, Kencingmanis, Sakit pinggang, kurang gairah dalamhubungan suami istri, juga tersedia ramuanambein khusus pria dan wanita tanpa operasidan menghilangkan bau badan pria dan wani-ta. Juga tersedia ramuan untuk memperbesarpayudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangantunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami

dapat memberikan kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap

hari, hari libur tetap buka.Hp. 081274373700

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

Alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpaoperasi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk pe-nyakit mata min-plus, matamerah, rabun jauh/dekat, ka-tarak, mata berkunang-ku-nang akibat diabetes baikpria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PUSAT PENGOBATAN

TRADISIONAL INDIA

- COBRA SUPER (USA) TL 054515281, MPBdan MPP Venis Pria secara cepat, alami, permanen selamanya

- PENINGGI BADAN SUPER (TR. 022514301),Menambah tinggi Hormon Pertumbuhan tulangsehingga menambah tinggi postur tubuh 5 -10 cm.

- FAT LOSS/EASYSLIM (TR RI 862704011486),Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut,paha dan seluruh tubuh, 100% natural danaman.

- PENGGEMUK BADAN (TR RI 024516871),Tablet spesial penggemuk badan, penambahnafsu makan badan anda lebih gemuk dan macho.

- HAI MHA JIANSHEN/ TR. RI 953476411,Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal,lemah syahwat, impotent dan menambahstamina.

- PROCOMIL/CIALIS Khusus Tahan Lamaberulang-ulang semalam suntuk.

- KONDOM DURI/DUREX. Kondom duri,Sungut lele untuk kepuasan pria & wanita

- BREAST CREAM / TB. VACUM (TR. 1007490091), Cream payudara bikin payudara besar, kencang, montok dan berisi.

ANDA INGIN CEPAT LANGSINGFAT LOSS / EASY SLIM

ANTAR KE ALAMAT GRATIS (DALAM KOTA)

“SIMSON” SIMPANG KAWATJl. Hos Cokroaminoto 42 Sp. Kawat

(Samp. Terminal Lama) Telp. 669652 Jambi

KAMIS, 30 JULI 2009Jambi Independent

SITI MASNIDAR ,Kota Jambi

Skin graft, OperasiPenanaman Kulit

Bermanfaat untukLuka Bakar

SELAMA ini kita sering men-dengar operasi cangkok ginjal,hati dan organ tubuh lainnya.Hal ini dibutuhkan untuk meng-ganti organ yang rusak denganorgan baru yang sehat dari pen-donor. Tapi pada pencangko-kan kulit ini sedikit berbeda.

Penanaman kulit yang rusaktidak perlu menggunakan kulitorang lain, cukup menggu-nakan kulit pasien itu sendiri.Dalam istilah medis ini disebutdengan operasi skin graft.

Menurut dr Deden Sucahaya-

na,SpB operasi pen-anaman kulit (skin graft) ini saatini populer terutama untuk ke-pentingan estetika. Namun, sebe-narnya, operasi digunakan sebagaisalah satu solusi untuk memperbai-ki kulit akibat luka bakar dan keru-sakan kulit lainnya.

“Salah satu problem yang tim-bul pasca luka bakar adalah

problem fungsi dan estetik.Penyembuhan luka selalu me-ninggalkan parut, demikianjuga pada luka bakar; bahkan lukabakar dikenal sering membentukparut yang berlebihan,”ujarnyasaat ditemui di Rumah sakit Bra-tanata, baru-baru ini.

Dikatakan, gangguan fungsibisa terjadi sebagai akibatdari penyembuhan yang

mema-kan waktu lama, sehinggamenimbulkan kekakuan (kon-traktur) akibat dari organisasibahan-bahan inflamasi, parutyang berlebihan / tebal, sehing-ga mengganggu gerakan danmaturasi jaringan parut yangdisertai proses pengerutan, se-hingga timbul kontraktur.

Dalam hal ini, kata dr Deden,

kontraktur terjadi jika jaringanparut luka bakar menebal danmemendek, sehingga mem-batasi gerakan kedua arah (ek-stensi atau fleksi). Kontrakturadalah komplikasi serius dariluka bakar.

Jikas e s e o r a n g

anak mengalamikontraktur, maka ia

tidak dapat menggerakkandaerah yang kontraktur secaranormal. Sebagai contoh, anak-anak akan kesulitan untukmelakukan hal-hal yang se-harusnya bisa mereka lakukan,seperti berpakaian, makan, ber-main, tergantung dari lokasi

kontraktur.Makanya, suatu luka yang

luas dan tidak mungkin menu-tup sendiri dapat diterapi denganskin graft (penanaman kulit). Skingraft pada dasarnya adalah me-mindahkan kulit yang sehat daribagian tubuh yang lain, yang dis-

ebut “donor”, ke daerahlain dimana

k u l i t

hilang atau men-galami kerusakan.

Warna dan tekstur dari graftdipilih yang paling sesuai den-gan kulit sekitar daerah yangdigraft. “Jadi menggunakankulit sendiri, tapi dari kulit bagi-an tubuh lain yang tebal misaldaerah paha atau punggung,-”ujar Deden.(*)

Melakukan Perawatan KulitKULIT merupakan bagian tubuh

kita yang bersentuhan langsungdengan segala hal di luar tubuh,seperti cuaca, sinar matahari, ataulainnya. Kulit kita merupakan halpertama yang terlihat saat kita mu-lai mengalami penuaan. Jadi sewa-jarnya kita melakukan perawatanpada kulit. Berikut kami sampaikanbeberapa tip perawatan kulit.

1. Perlindungan dari sinar ma-tahari. Matahari memiliki peran uta-ma dalam merusak kulit. Anda per-lu melindungi kulit dari sinar matahariguna mencegah penuaan padakulit. Matahari sangat berpengaruhdalam membuat kulit berkerut, ker-ing, dan membuat warna kulit be-rubah. Penjarangan kulit, tekstur kulit,penipisan kulit serta penyakit kulit yangberhubungan dengan paparan sinarmatahari dapat membuat kulit Andatampak jauh lebih tua. Jadi mulailahmelindungi kulit dengan krem pelind-ung matahari.

2. Hindari merokok. Tip ini teruta-ma bagi kaum pria, karena popula-si dari perokok terbesar di duniaadalah pria. Merokok bukan hanyamenyebabkan kanker paru-paru,tapi juga dapat membuat kulit

kusam dan berkerut. Menurut beber-apa penelitian, terdapat dugaan kuatnikotin yang terkandung dalam rokokmemiliki pengaruh yang sama layakn-ya elastin pada matahari.

3. Berolahraga. Sejalan denganbertambahnya usia, sangat mus-tahil menyembunyikan tanda-tan-da penuaan di balik kulit. Leher, pipi,dan sudut mata merupakan bagi-an yang paling mudah terlihat saatusia bertambah tua. Demi memper-baiki penampilan kulit, kita mestimenyeimbangkan antara diet danlatihan secara teratur. Selain itu,Anda juga harus rajin minum airputih, paling sedikit delapan hing-ga sepuluh gelas setiap hari.

4. Senyum memiliki manfaatajaib. Wajah kita cenderung me-nyesuaikan pada posisi dari ek-spresi yang kita bawa sepanjangwaktu. Jika Anda lebih sering cem-berut atau marah-marah, kulitAnda akan lebih cenderung cepatberkerut, terutama di area mata,garis, dan sudut bibir atau garis-garis lain yang mengikuti ekspresisaat cemberut. Sebuah senyumdapat membuat keajaiban bagi ku-lit Anda dan membuat awet muda

pula. Jadi untuk mengindari jadi ce-pat tua, yang perlu Anda lakukanhanya lebih banyak tersenyum.

5. Perawatan kulit. Merawat kulitmerupakan hal sangat penting.Anda harus segera mencuci wajahsetiap kali sehabis keluar di bawahterik matahari. Menggosok kulit den-gan peeling secara teratur, setidakn-ya seminggu dua kali, akan memban-tu mengangkat sel-sel kulit mati dankotoran yang menempel, sehinggakulit dapat lebih leluasa berna-pas dan lebih cerah.(*)

kamis, 30 juli 2009 Jambi Independent

Posisi Hazrin Bakal Digantifachrul rozi, Kota Jambi

DariKetua Wanhat KNPI

SejumlaH pengurus DPD II KNPI Wilayah Barat (Sarolangun, Tebo, Bu­ngo, Merangin, Kerinci), pascapelantikan pengurus DPD KNPI Provinsi Jambi, mempertanyakan posisi Hazrin Nurdin yang masuk sebagai ketua Dewan Penasehat (Wanhat) KNPI Provinsi Jambi.

Menurut Ketua DPD KNPI Sarolangun

Aslami MZ, pihaknya beralasan bahwa susunan kepengurusan, termasuk di tingkat pembina, diatur dalam AD/ART di tubuh KNPI. “Pembina KNPI provinsi harus gu­bernur, dan kabupaten/kota sebagai pembina bupati/wali kota,” ungkapnya.

Bahkan tidak semua orang bisa menjadi dewan penasihat atau pembina, karena semua sudah diatur dan dijelaskan dalam pedoman KNPI. “Permasalahan itu sudah kita sampai­kan langsung ke tingkat DPP. Prinsipnya pi­hak DPP menyetujui melakukan pergantian,” tambah Aslami.

Terpisah, Ketua DPD KNPI Provinsi Jambi Said Fariq mengakui adanya per­soalan ini. “Bukan diganti, hanya peny­

empurnaan. Dan prinsipnya kita sepakati saja,” ungkap Said.

Pihaknya tidak mempersoalkan keingi­nan yang disampaikan pengurus DPD kabupaten/kota. Yang penting pascapel­antikan bisa menjalankan program yang ada.

Hal sama juga diungkapkan Sekretaris DPD KNPI Tebo Fadlin Hafizi. Me­nurutnya, sangat tidak beralasan jika nama tersebut dicantumkan sebagai penasihat, karena penasihat di tingkat provinsi adalah gubernur. “Itu sudah kita sampaikan den­gan pihak DPP maupun DPD provinsi, dan mendapat persetujuan untuk dilaku­kan pergantian atau peninjauan ulang,”

ungkapnya.Untuk diketahui, DPD KPNI Provinsi

Jambi, Selasa (28/7) pukul 20.00 WIB, melaksanakan pelantikan pengurus. Hazrin Nurdin sendiri ketika dikonfirmasi mengaku belum mengetahui persoalan yang sebenarnya. “Untuk sementara saya belum bisa memberikan komentar,” katanya saat dihubungi semalam.

Terkait dengan usulan beberapa DPD KNPI kabupaten agar nama Hazrin Nur­din diganti, lagi­lagi dia menolak untuk memberi jawaban. “Saya mohon maaf dulu karena tidak tahu persoalannya, saya saja baru tahu dari anda,” jawabnya singkat.(*)

RUU Susduk Antisipasi Politik UangTerkait Perebutan Pimpinan Dewan

Jambi, kemarin (29/7).Menurutnya, dari gambaran RUU Susduk

yang akan berlaku, bila terjadi kesamaan perolehan kursi di parlemen, ada aturan lain yang mengatur mekanisme tentang hal itu. “Jika kursi sama, pimpinan atau wakil dihi­tung dari jumlah suara di belakang kursi, yakni jumlah suara partai. Jika masih sama, dilihat dari persebarannya,” jelas Ganjar.

Mekanisme penentuan kursi pimpinan parlemen yang masuk dalam RUU Sus­duk, menurut Ganjar, sebagai langkah mengantisipasi terjadinya politisasi saat pemilihan pimpinan Dewan. De­ngan aturan baru itu, indikasi terjadi aksi money politics ketika pemilihan pimpinan Dewan dapat diantisipasi. “Jadi nanti (penentuan pimpinan De­wan) bisa dikatakan tinggal penetapan saja lagi, bukan pemilihan,” jelasnya.

Ganjar menyatakan, sekarang hampir seluruh fraksi sudah menyetujui isi RUU Susduk. Menurut rencana, jika tidak ada aral melintang, pada 3 Agustus akan di­lakukan rapat paripurna luar biasa di DPR RI. Salah satu agendanya membahas RUU Susduk sebelum disahkan.

Sebelumnya, kata dia, menjelang isi RUU Susduk disepakati, terlebih dulu dilakukan lobi maupun mendengarkan pendapat dari fraksi yang berujung kes­epakatan dengan isi RUU Susduk.

“Baik dari hasil lobi maupun pendapat pan­dangan dari fraksi, disepakati ketua Dewan yang berhak adalah dari partai pemenang pemilu. Kita belajar betul dari undang­undang yang lain agar sistemnya satu paket dan tidak sendiri­sendiri,” tam­bahnya.

Sementara, jika menerapkan Undang­Undang Pemilu, ada parliementary tresh-old di pusat, tapi di daerah tidak. Terjadi perbedaan di sana. “Sekarang kita sedang mencoba menyamakan sampai ke tingkat daerah. Mudah­mudahan itu berjalan lebih baik,” sebut Ganjar.(roz)

jamBI ­ Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang­Undang Susunan dan Kedudukan (RUU Susduk) DPR RI Ganjar Pranowo menyatakan, dalam UU Susduk yang bakal diberlakukan, mekanismenya adalah melihat raihan kursi yang diperoleh partai di parlemen.

“Kursi dulu. Soalnya, kalau untuk suara, kan di daerah value­nya berbeda­beda, misalnya di Jambi tidak sama dengan di Jawa. Begitu juga seperti di Papua,” ujar Ganjar Pranowo usai memberikan materi

pembekalan di Kantor DPD PDIP Provinsi

Jambi, Jalan Haji Kamil, Kecamatan Jambi Selatan, Kota

6 SK Caleg Diproses Sekretaris KPUD Sarolangun Lirik Posisi Cabup jamBI ­ Meski kepastian caleg ter­

p i l i h m e n g a l a m i k o n t r o v e r s i p a s c a p u t u s a n M A , P e m p r o v J a m b i t e t a p m e m r o s e s r e k a p u s u l a n p e n e r b i t a n S K g u b e r ­n u r t e n t a n g p e r e s m i a n , p e m ­b e r h e n t i a n , d a n p e n g a n g k a t a n anggo ta DPRD kabupaten dan kota hasil Pemilu 2009.

Kepala Biro Hukum Pemprov Jambi Sudirman mengaku sudah menerima usulan nama caleg dari lima kabu­paten dan kota, yakni Kota Jambi, Muarojambi , Batanghar i , Tanjab Timur, dan Kerinci. “Ada lima ka­bupaten dan kota yang rencananya disampaikan Biro Pemerintahan ke Biro Hukum hari ini (28/7) untuk diproses,” ujarnya.

KPUD Tanjab Barat menyampaikan secara langsung tanpa melalui pemkab

setempat. “Itu juga kita proses,” tam­bahnya. Sementara dari empat kabu­paten lainnya, yakni Tebo, Bungo, Merangin, dan Sarolangon, belum diterima.

Terpisah, Ketua KPUD Provinsi Jambi Yasir Arafat mengaku belum menyampaikan nama­nama caleg terpilih untuk DPRD Provinsi Jambi. Saat ini masih menunggu surat resmi dari KPU pusat terkait putusan MK. “Tapi ki ta sudah membahasnya,” ujar Yasir.

Terkait penyampaian nama­nama caleg terpili h y a n g l a m b a n , Y a s i r m e n g a t a k a n , p a l i n g l a m b a t n a m a ­ n a m a c a l e g t e r p i l i h s u d a h d i s a m p a i k a n s e b u l a n s e b e l u m jadwal pelantikan anggota DPRD provinsi , yakni 3 Agustus mendatang. (nid)

jamBI – Meski masih lama, pemilihan kepala daerah di beberapa daerah sudah mulai dilirik. Sebut saja Sekretaris KPUD Provinsi Jambi A Zaki yang berminat untuk menjadi calon bupati (cabup) Saro­langun 2011 mendatang.

Sebelumnya sempat beredar informasi bahwa Wakil Ketua DPRD Sarolangun H Ibrahim serta Wakil Bupati Cek Endra juga berminat untuk menggantikan posisi Hasan Basri Agus (HBA) yang masih men­jabat sebagai bupati.

Zaki yang juga mantan sekda Sarolangun mengaku banyak didukung tokoh­to­koh masyarakat Sarolangun agar dir­inya maju. “Kita lihat perkembangan nanti. Yang jelas banyak sudah du­kungan yang diberikan tokoh­tokoh masyarakat Sarolangun agar bersedia

mencalonkan diri menjadi calon bu­pati,” katanya.

Zaki terus meningkatkan intensitas dukungan dari tokoh masyarakat dan masyarakat Sarolangun. “Selain sering turun ke Sarolangun, kadang banyak juga tokoh masyarakat yang datang ke rumah saya untuk memberikan dukungan. Al­hamdulilah dukungan itu membuat saya kuat ingin maju dalam pilbup Sarolangun mendatang,” tambahnya.

Mengenai partai pengusung, lanjutnya, dia mempunyai kedekatan hubungan emosional dengan ketua DPC Demokrat Sarolangun dan ketua DPC PDIP Sarolan­gun. “Jadi kalau untuk partai pengusung, insya Allah ada. Dengan dua ketua partai tersebut, saya memiliki hubungan dekat,” kata Zaki. (roz)

ANTISIPASI PolITIk UANG

Ganjar Pranowo (berdiri) saat memberi-kan materi pembekalan di kantor DPD PDiP Provinsi jambi jalan haji kamil

kecamatan jambi selatan kota jambi, kemarin (29/7).

eDDy DjunaeDi/jambi inDePenDent

Guru yang Gemar Berorganisasi

Berkecimpung di keorganisasian cukup dinik-mati oleh Didi Hariyanto. Selain diamanahi sebagai wakil kepala SMK Yadika Jambi, ia juga dipercaya menjadi pengurus be-berapa organisasi.

“Saya juga menjadi pengurus di sebuah koperasi d i Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Selain itu aktif dalam kepengurusan Karang Taruna Kota Jambi,” terang Didi kemarin.

T a k h e r a n b i l a Y a y a s a n Y a d i k a menunjuknya men-jadi guru sekaligus wakil kepala bidang kurikulum sejak seko-lah itu didirikan pada 2007. Terlebih pengalaman mengajarnya sudah cukup matang.

Di Yadika, Didi dipercaya mengajar matematika. Ia sendiri jebolan Pendidikan Matematika FKIP Unja. “Pengalaman mengajar saya sebelumnya di MAN Model mengajar matematika, termasuk beberapa sekolah yang ada di Jambi,” kata lajang kelahiran 9 Februari 1979 itu.

Jambi Independent kamis, 30 juli 2009

teras

Portir adalah pintu masuk ke penjara. Portir juga dikenal oleh warga binaan

sebagai batas dengan dunia luar.

Mengunjungi Taslim Moe yang Sudah Menerbitkan Buku (2-Habis)

Temukan “DPR” hingga Meramu Obat KuatBanyak kisah menarik yang dapat

ditemui dalam buku ketika penjara Tak lagi Terelakan karangan Tas-

lim moe. mulai dari hari pertama di bui yang bikin ciut nyali hingga obat kuat racikannya, diceritakan.

Finarman Wapu, kota jambi

Tegar: Taslim moe (dua dari kanan) yang mulai tegar menjalani kehidupan di bui.

edd

y ju

na

edi/j

am

Bi i

nd

epen

den

T

Buku berukuran 12x19 cm terbitan Mata Books itu didominasi warna cokelat dan hitam. Buku tersebut terdiri atas beberapa bagian terpisah dan dibuat khas. Buku diawali kisah mengenai portir. Portir di sini bukan orang yang menawarkan jasa mengangkut barang seperti di bandara dan pelabuhan. baca Temukan hal 18

Masih Ditemui Pangkalan NakalJaga Stok, Pertamina Siagakan 30 Tangki Angkutan

deddy r, Kota Jambi

SejuMlah masalah masih ditemui dalam distribusi minyak tanah di Kota

Jambi, misalnya pangkalan minyak tanah yang ditengarai mendistrisbusikan minyak ta-nah tidak dengan seharusnya. Jatah masyarakat 20 liter setiap kepala keluarga (KK) bahkan diyakini tidak diterima penuh. Termasuk kekurangan pangkalan di sejumlah kawasan.

Demikian terungkap dalam rapat kordinasi antara Pemkot Jambi bersama Pertamina, Hiswana Migas, serta sejumlah agen minyak tanah kemarin (29/7). Masalah itu dibeber-kan oleh sejumlah camat yang

mengikuti pertemuan di Ruang Pola Kantor Wali Kota tersebut.

“Bahkan ada pangkalan yang menjual minyak tanah ke rumah makan. Jadinya jatah masyarakat berkurang,” kata seorang staf yang mewakili camat Kotabaru.

Sementara Camat Jambi Selatan Tajudin tak menampik adanya pangkalan yang nakal. “Masih banyak kok warga yang tidak dapat jatah 20 liter,” katanya usai pertemuan.

senam bebek ceriaaldino/jamBi independenT

anak-anak paud memeragakan senam bebek ceria dalam peringatan Hari anak nasional di halaman kantor gubernur jambi kemarin (29/7).

21 Ribu anak Semarakkan

hari anakkOTa jaMBI – Peringatan Hari Anak

Nasional (HAN) tingkat Provinsi Jambi tahun ini berlangsung semarak. Peringatan HAN yang digelar di halaman Kantor Gubernur Jambi kemarin (29/7) diikuti 21 ribu anak se-Provinsi Jambi. Jumlah itu lebih banyak dari tahun lalu.

“Tahun ini peringatan Hari Anak lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin yang hadir dalam peringatan HAN. Sebanyak 21 ribu anak itu berasal dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) di Provinsi Jambi.

Meski HAN jatuh pada 23 Juli lalu, peringatan kemarin tidak mengurangi kemeriahan dan keceriaan anak-anak Jambi. Zulkifli Nurdin mengatakan bangga terhadap anak-anak Jambi. Mereka be-gitu antusias dalam menyambut kegiatan tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi Rah-mad Derita mengatakan, saat ini sekitar 53 persen dari anak usia 0-6 tahun sudah mendapatkan pendidikan baik di instansi resmi maupun swasta.

didi Hariyanto

baca guru hal 18baca 21 ribu hal 18

baca masih hal 18

kamis, 30 juli 2009 Jambi Independent

Ralat Pada Jambi Independent edisi 17 Juli 2009, terjadi kesalahan penempatan foto pada rubrik “Teras”. Foto atas nama Suparno SPd, guru Fisika SMKN 3, seharusnya foto berikut. Dengan demikian kesalahan telah diperbaiki.

Baru-baru ini ia mengikuti diklat yang diadakan Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Jambi. Diklat itu kian mematang-kannya sebagai wakil kepala sekolah yang menangani kurikulum. “Beberapa hari

lalu saya ikut pelatihan kurikulum tingkat Provinsi Jambi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi,” kata penghobi badminton tersebut.(kin)

Ada juga yang menyebut portir sebagai batas kenyamanan dan kebebasan. “Dengan memasuki pintu itu, berarti raib sudah kes-empatan menikmati kenyamanan hidup dan kebebasan bepergian ke mana-mana,” jelas Taslim di Lapas Kelas II A Jambi, Jalan Pattimura.

Taslim melukiskan setiap jen-gkal lorong masuk Lapas seperti sebuah tempat yang angker, wa-lau sebenarnya tidak. Itu adalah langkah pertama dan momen itu dirasakannya sangat mencekam. Cemas, takut, sedih, menyesal bercampur baur menjadi satu. Lidah menjadi kelu, bicara tiba-tiba jadi tak lancar.

Pendengaran tak lagi bening. Konsentrasi pun menguap entah ke mana. “Tadinya ditanya nama ayah, jawabannya malah alamat rumah. Lantaran keringat dingin, pengambilan sidik jadi pun menjadi susah karena jari terus-terusan basah,” katanya.

Pada masa-masa awal di dalam sel, Taslim merasakan frus-trasi. Namun seiring perjalanan waktu, akhirnya ia pun menemu-kan pencerahan dan menerima hidupnya kini tanpa penyesalan. Di dalam penjara, ada beberapa tempat favorit Taslim dan be-berapa temannya. Tempat itu dia beri nama DPR alias di bawah pohon rindang.

DPR adalah tempat favorit untuk melepas suntuk, salah satunya di bawah pohon mangga di pinggir kali dekat lapangan bola. Menurut Taslim, tempat itu tidak saja rindang, tapi aliran air memberikan rasa teduh. Dari tempat itu pula, banyak aktivitas di penjara dapat dilihat, mulai dari lalu lintas mobil sayur sampai mobil koperasi, dari senam pagi sampai antrean nasi.

“Awalnya hanya tempat kong-kow-kongkow melepas kesuntu-kan. Tetapi lama-lama berubah menjadi tempat diskusi. Berbin-cang apa saja, dari soal putus cinta dan kerinduan, hukum, pendidikan, masa depan anak, sampai soal agama dan kei-manan,” tuturnya semangat. Waktu untuk berkumpul tidak terjadwal, kadang-kadang sebe-lum antre nasi atau setelah pintu blok dibuka. “Sebelum lonceng apel berbunyi, kami sudah mem-bubarkan diri,” tambahnya.

Setelah proses registrasi dan keamanan dilewati, ada satu tahapan yang bikin ciut nyali, yakni pertama kali masuk bui. Proses itu adalah pengantaran penghuni ke blok sel masing-masing. Melewati selasar yang berkelok-kelok di bawah tatapan mata ratusan penghuni yang lebih senior, sungguh dia ra-sakan seperti menguras seluruh keberanian.

“Sedot otaknya! Pecahkan kepalanya!” Begitu celetukan yang keluar dari penghuni Lapas.

Meski hal itu tidak mungkin, mendengarnya dalam keadaan seperti itu benar-benar membuat detak jantung jadi tak teratur. “Sesekali berdegup kencang. Se-sekali rasanya seperti terhenti,” ujarnya.

Berada dalam sel dirasakan sebagai hal yang sangat pilu. Sekeliling hanya tampak tem-bok-tembok pembatas dan bay-angan masa lalu. Ada 14 kamar dalam blok yang dia tempati. Ukurannya berbeda. Ada ukuran kecil untuk satu orang, sedang untuk bertiga, dan besar untuk bertujuh. Itu kapasitas sewa-jarnya. Tapi kalau lagi musim kejahatan seperti menjelang Ramadan dan Idul Fitri, jumlah itu belum seberapa.

Tak hanya memiliki tempat favorit, di Lapas ada juga per-mainan favorit, yakni domino (dom). Permainan itu dia kisah-kan seperti kehidupan. Dom adalah permainan yang sangat mudah dimainkan siapa saja. Orang yang belum tahu pun bisa memainkan permainan itu den-gan cepat. Cukup menyamakan jumlah angka pada ujung batu. Begitu seterusnya.

Tapi Taslim sering kalah dan mendapat hukum jongkok, push-up, telinga diikat karet. Selama permainan, dia tidak pernah berpikir. Batunya asal dijatuhkan saja. Capek dapat hukum, dia akhirnya memutar otak mencari tahu teknik permainan. “Seka-rang saya sering menang. Itu pun bukan karena saya pintar, tapi lawan saya termasuk golongan yang tidak pakai mikir,” tuturnya tertawa.

Buku setebal 240 halaman itu ditulis melalui proses sangat panjang. Hampir dua tahun dia merampungkan tulisan yang awalnya hanya coretan di kertas biasa. Di bagian penutup, dia menyajikan sebuah obat kuat buatan sendiri.

Obat kuat dimaksud Taslim bukan suplemen penambah ke-jantanan pria. Bukan pula ramuan tradisional seperti banyak dijual di toko-toko jamu. Maksud obat kuat adalah obat untuk menguat-kan hati agar tegar dalam meng-hadapi aneka ragam masalah, kesulitan, dan penderitaan. Dan itu dianalogikan sebatang pohon kelapa yang berdiri tegak.

“Meski sering diterpa badai, tak mampu menggoyahkan karena akarnya kuat menghunjam ke bumi dan batangnya yang kokoh menjulang ke langit,” katanya terus bercerita ditemani Kepala Lapas Jambi, Bowo Nariwono.

Kapan merasakan pengala-man yang paling berat? “Ketika menjalani masa persidangan. Itu adalah masa paling berat yang saya rasakan, karena ada banyak hal yang ingin saya sampaikan tapi tidak berdaya,” ungkap Tas-lim mengakhiri percakapan.(*)

“Lebih dari separuh anak di Provinsi Jambi sudah mendapat-kan pendidikan di playgroup atau TK sebelum masuk SD. Seiring perkembangan, orang-tua akan lebih mementingkan pendidikan untuk anak mulai dari usia dini atau prasekolah,” kata Rahmad.

Menurutnya, jumlah peserta yang hadir melebihi target yang ditetapkan panitia. Target panitia peserta diperkirakan hadir sekitar 7 ribu anak. Saat acara, jumlahnya mencapai 21 ribu. “Itu berarti antusiasme anak-anak Jambi menyambut Hari Anak sangat tinggi,” jelasnya.

Rahmad menambahkan, per-ingatan Hari Anak diharapkan meningkatkan kesadaran ma-syarakat tentang pentingnya

pendidikan anak usia dini. “Kalau anak-anak itu dididik dari kecil, akan mudah mendidiknya untuk jenjang pendidikan berikutnya,” ujar Rahmad seusai acara.

Dari pantauan Jambi Inde-pendent, dengan didampingi guru, anak-anak yang lugu itu menampilkan sejumlah per-tunjukan seperti nyanyian dan tarian. Mereka juga berbaris dipandu guru masing-masing. Di pengujung acara, mereka melakukan tarian bebek secara bersama-sama.

Yang lebih menghebohkan adalah antusiasme anak-anak bersalaman dengan Gubernur. Entah siapa yang memulai, tiba-tiba saja ratusan anak meng-hampiri Gubernur dan istri untuk berjabat tangan.(wra)

Menurut mantan lurah itu, di wilayahnya permasalahan yang timbul adalah distribusi pangkalan tidak merata. “Masak ada satu pangkalan untuk 13 RT, kan kasihan masyarakat jauh mengambil,” terang Tajudin saat rapat.

Tak heran ia menyebut ada permainan antara agen dan pan-gkalan. Terlebih semasa ia men-jabat lurah, ketika memfasilitasi masyarakat untuk membuat izin pangkalan minyak tanah, selalu mentok.

Pertemuan yang dipimpin Sekda Kota Jambi Kailani terse-but dihadiri perwakilan Per-tamina dan Ketua Hiswana Migas Provinsi Jambi Abdul Fattah. Turut hadir Asisten II Setda Kota

Shopian Wairata serta Kabag Perekonomian Setda Kota John Eka Powa.

Ketua Hiswana Migas Abdul Fattah tak menampik ada pan-gkalan yang nakal. Sayang, pertemuan yang juga mem-bahas kesediaan bahan bakar menjelang Ramadan dan Idul Fitri itu dipenuhi pernyataan off the record.

“Itulah dengan rapat begini kan kita jadi tahu. Kami kan tidak tahu yang terjadi di lapangan,” kata Fatah soal pangkalan nakal.

Sekda Kailani yang disodori laporan masalah dalam distribusi minyak tanah tersebut hanya me-minta agar camat melaporkannya kepada Pemkot. Ia menyatakan, selama ada bukti pelanggaran,

Pemkot tidak akan segan ber-tindak.

Kabag Perekonomian John Eka Powa yang menangani izin pan-gkalan dan SPBU menyatakan akan bertindak tegas terhadap pangkalan atau SPBU yang nakal. Menurutnya, sebelum dilakukan pencabutan izin, tentu mereka akan melakukan pembi-naan terlebih dulu. “Termasuk SPBU yang tidak memenuhi standar Pertamina, akan kita pertimbangkan izin operasional-nya,” kata John. Saat ini di Kota Jambi sedikitnya terdapat 38 agen dan 145 pangkalan.

Mengantisipasi kelangkaan BBM saat puasa, Idul Fitri, Idul Adha, dan Natal yang beruntun, Pertamina telah menyiagakan

minimal 30 tangki angkutan BBM. “Itu mengantisipasi jika nanti debit air sungai turun,” kata John Eka Powa. Soal jumlah itu, Abdul Fattah juga mem-benarkan.

John menerangkan, jika nanti debit air sungai tak bisa dilalui angkutan pembawa BBM, kebu-tuhan BBM baik minyak tanah, premium, maupun solar untuk Kota Jambi akan dipasok melalui darat dari Sumatera Selatan. Selama ini jalur air selalu jadi andalan untuk mendatangkan pasokan BBM ke Kota Jambi.

Adapun Kailani yang mendapat-kan laporan dari Pertamina me-nyatakan, stok BBM untuk Kota Jambi mencukupi jelang puasa dan Idul Fitri. “Kita akan lakukan

koordinasi dengan Pertamina dan Hiswana Migas agar dapat mengantisipasi kelangkaan,” kata dia.

Saat ini, untuk premium, kebu-tuhan 200-250 kiloliter per hari, solar 150-200 kiloliter. Sedang-kan minyak tanah 119 kiloliter per 19 hari kerja. “Jadi untuk minyak tanah ada penambahan hari kerja jadi 19 hari,” terang Jhon di ruangannya.

“Intinya, dari Pertamina dan Hiswana Migas menyanggupi untuk menjaga ketersediaan BBM dan gas dalam menghadapi hari besar agama yang akan datang,” kata John.(*)

Penyerapan APBD di Diknas Minim

Pemprov Buka Peluang Lulusan SMA

21 Ribu Anak Semarakkan ---- dari hal 1

Guru yang Gemar --------------- dari hal 1

Temukan “DPR” hingga ------- dari hal 1Masih Ditemui Pangkalan Nakal ------------------------------------------------------------------------------------dari hal 1

KOTA JAMBI - Memasuki triwulan kedua tahun anggaran 2009, penyerapan APBD dan realisasi kegiatan fisik di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi minim. Kemarin (29/7) dalam paripurna di DPRD Provinsi Jambi, Sekda Provinsi AM Firdaus membeberkan re-alisasi di Dinas yang dipimpin Rahmad Derita tersebut.

“Sampai saat ini realisasi fisik di Dinas Pendidikan mencapai

18,67 persen, sedangkan real-isasi keuangan mencapai 8,60 persen,” beber Firdaus di hada-pan anggota DPRD. Itu kegiatan dengan dana APBD.

Sedangkan dana yang ber-sumber dari APBN, realisasi fisik mencapai 47,26 persen dan keuangan 40,21 persen. “Itu data sampai Juli 2009,” kata Firdaus. Capaian tersebut dinilai Dewan cukup kecil. “Kita akan minta Komisi IV mempertanyakan hal

itu, apa saja kendala yang dite-mukan di lapangan. Harapan kita saat menyetujui anggaran tersebut tentu bisa direalisasikan dengan sebaik mungkin. Tetapi ternyata jauh dari harapan kita,” kritik Ketua Komisi II Mirza Ansori. Menurutnya, anggaran di Diknas tidak sedikit. Ia pun menyay-angkan realisasinya yang cukup kecil. Untuk itu ia menyarankan Komisi IV memanggil Kepala Diknas Rahmat Derita.

Dalam paripurna kemarin, Pemprov juga menjawab se-jumlah pertanyaan dari fraksi yang telah disampaikan pada paripurna sebelumnya. Itu di antaranya soal perubahan tar-get penerimaan pada sejumlah SKPD. Firdaus menerangkan, pengurangan target terjadi pada Dinas Pemuda dan Olahraga. Di Dispora terjadi pengurangan sebesar 18,10 persen, yakni dari Rp 1,414 miliar menjadi

Rp 1,158 miliar. “Lalu Dinas Perhubungan berkurang sebesar 45,11 persen dari Rp 199,5 juta menjadi Rp 109,5 juta.” Sayang, tak dibeberkan mengapa terjadi pengurangan penerimaan.

Menurut Mirza, jawaban yang diberikan eksekutif secara umum sudah menjawab pertanyaan leg-islatif. “Hanya saja memang ada beberapa yang tidak mewakili semua pertanyaan dari fraksi.” terangnya.(viz)

Dalam Seleksi CPNS Tahun Ini

KOTA JAMBI - Meski pemerintah pusat menetapkan pendidikan terendah untuk penerimaan CPNS tahun ini D-2, Pemprov Jambi masih mencari celah agar lulusan SMA diakomodasi. Jika disetuji, itu kabar gembira bagi mereka tamatan SMA sederajat.

“Kita akan mengirim berkas yang meminta tamatan SMA agar diberikan kesempatan untuk mengikuti tes CPNS,” kata Sekda Provinsi Jambi AM Firdaus setelah acara penyampaian RAPBD-Pe-rubahan 2009 di gedung DPRD Provinsi Jambi kemarin (29/7).

Firdaus menegaskan, Pemprov akan meminta formasi tersebut secara khusus kepada pemerintah pusat. Menurut man-tan kepala Dispenda Provinsi tersebut,

formasi SMA dibutuhkan untuk Satpol PP dan penanggulangan bencana alam. “Kita sedang membutuhkan tenaga itu, makanya dalam waktu dekat kita akan mengirim berkas untuk meminta formasi baru,” bebernya.

Firdaus menambahkan, saat ini panitia penerimaan CPNS sedang dibentuk. Pemprov juga akan mengirim kembali formasi sebanyak 342 CPNS yang telah ditetapkan Mendagri. “Formasi tersebut

akan kita kirim kembali dan secepatnya kita akan mengadakan penerimaan CPNS untuk Pemprov, kabupaten, dan kota,” katanya.

Soal jadwal seleksi CPNS, Firdaus belum bisa memastikan. “Sekarang kita sedang melakukan persiapan. Sekitar awal atau pertengahan Agustus akan dilakukan penerimaan. Pokoknya secepatnya akan kita lakukan,” ujarnya.(viz)

Jambi Independent kamis, 30 juli 2009

arianto,mPd Kepala SMAN 5 Kota Jambi

n advertorial

machmud, sPd Guru SMPN 1 Kota Jambi

n advertorial

arianto,mPd

machmud, sPd

kepemimpinan yang efektif di sekolah

sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu kepemimpinan dan bagaimana menjadi pemimpin yang efektif, kita perlu tahu apa arti dari kepemimpinan itu sendiri. Kepe-mimpinan telah menjadi topik yang sangat menarik dari para ahli sejarah dan filsafat sejak masa dahulu. Sejak saat itu para ahli telah menawarkan 350 definisi tentang kepemimpinan. Salah seorang ahli menyimpulkan bahwa “kepemimpinan merupakan salah satu fenomena yang paling mudah diobservasi, tetapi menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk dipahami” (Richard L Daft, 1999).

Mendefinisikan kepemimpinan meru-pakan suatu masalah yang kompleks dan sulit, karena sifat-dasar kepe-mimpinan itu sendiri memang sangat kompleks. Akan tetapi, perkembangan ilmu saat ini telah membawa banyak kemajuan sehingga pemahaman tentang kepemimpinan menjadi lebih sistematis dan objektif.

Untuk lebih mempermudah pema-haman kita, maka akan diajukan satu definisi yang kiranya mampu menjadi landasan untuk membahas kon-sep kepemimpinan itu sendiri. Kepe-

mimpinan adalah sebuah hubungan yang saling memengaruhi di antara pemimpin dan pengikut (staf) yang menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersamanya (Joseph C Rost, 1993).

Kepemimpinan melibatkan hu-bungan pengaruh yang mendalam, yang terjadi di antara orang-orang yang menginginkan perubahan signifikan, dan perubahan tersebut mencerminkan tujuan yang dimiliki bersama oleh pemimpin dan pengi-kutnya (staf). Pengaruh (influence) dalam hal ini berarti hubungan di antara pemimpin dan pengikut se-hingga bukan sesuatu yang pasif, tetapi merupakan suatu hubungan timbal balik dan tanpa paksaan. Dengan demikian, kepemimpinan itu sendiri merupakan proses yang saling memengaruhi.

Pemimpin memengaruhi stafnya, demikian sebaliknya. Orang-orang yang terlibat dalam hubungan tersebut menginginkan sebuah perubahan sehingga pemimpin diharapkan mampu menciptakan perubahan yang signifikan dalam sekolah dan bukan mempertah-ankan status quo. Selanjutnya, perubahan tersebut bukan meru-pakan sesuatu yang diinginkan pe-mimpin, tetapi lebih pada tujuan yang diinginkan dan dimiliki bersama.

Tujuan tersebut merupakan

sesuatu yang diinginkan, yang diharapkan, yang harus dicapai di masa depan sehingga tujuan ini menjadi motivasi utama visi dan misi sekolah. Pemimpin memen-garuhi pengikutnya untuk menca-pai perubahan berupa hasil yang dinginkan bersama. Kepemimpinan merupakan aktivitas orang-orang, yang terjadi di antara orang-orang, dan bukan sesuatu yang dilakukan untuk orang-orang sehingga kepe-mimpinan melibatkan pengikut (followers).

Proses kepemimpinan juga meli-batkan keinginan dan niat, keterli-batan yang aktif antara pemimpin dan pengikut untuk mencapai tujuan yang dinginkan bersama. Dengan demikian,

baik pemimpin ataupun pengikut men-gambil tanggung jawab pribadi (per-sonal responsibility) untuk mencapai tujuan bersama tersebut.

Salah satu stereotipe yang bias adalah bahwa pemimpin meru-pakan orang yang harus lebih ber-kualitas dan berbeda dibandingkan stafnya. Akan tetapi, kenyataannya kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif adalah juga dibutuhkan oleh stafnya. Untuk bisa berhasil, sekolah juga membutuhkan para staf yang berkualitas. Sebab, tanpa staf yang berkualitas, pemimpin akan melangkah dengan timpang. Staf yang efektif bekerja dengan antusiasme, dinamis, kreatif, dan mempunyai komitmen yang tinggi pada tugasnya dan sekolah. Mer-eka meninggalkan kepentingan pribadi, dan berani melakukan tin-dakan yang tepat. Staf yang efektif bukan staf yang bertipe “yes boss” atau “asal bapak senang” yang secara buta mengikuti apa yang diinginkan pemimpinnya.

Pemimpin efektif dan staf efektif merupakan manusia yang sama, tetapi memiliki peran yang berbeda pada waktu yang berbeda. Idealnya, kepemimpinan dimiliki dan diperankan baik oleh pemimpin dan staf yang secara individual terlibat aktif dan ber-tanggung jawab atas tugasnya.(*)

televisi membuat anak judes menonton acara bermuatan

pendidikan seperti Sesame Street 1 sampai tiga jam seminggu, efeknya terbukti positif bagi kecerdasan

anak. Namun menonton acara hiburan dan film kartun lebih lama, nilai akademik anak rendah. Perilaku judes pun menambah panjang daftar

efek negatif TV setelah kegemukan, agresivitas, dan inatensi. “Kenapa ya anak-anak sekarang kok judes-judes, kalau diajak bicara lebih galak daripada kita orangtuanya? Padahal, kita tidak pernah mengajarkan begitu,” tanya seorang ibu kepada temannya. Teman itu menimpali, “Oh, memang lain dibanding zaman kita kecil dulu. Boro-boro galak, ngomong pun sama orangtua mesti sopan dan halus. Mana berani kita memban-tah?”

Zaman memang telah berubah, yang berani sama orangtua bukan hanya anak si A atau si B, tetapi sudah menjadi fenomena umum. Begitu juga gaya bicara anak yang semakin ceplas-ceplos, terkesan judes, suka membentak, dan seolah tanpa sopan santun.

Banyak orangtua menuding TV sebagai sumber perubahan tersebut. Lebih-lebih acara bermutu yang pas buat pendidikan dan hiburan anak kelewat sulit ditemukan di TV, meski jumlah saluran semakin banyak.

Program Pendidikan

Kita memang tidak bisa gegabah menggeneralisasi bahwa TV itu buruk bagi kepentingan tumbuh kembang anak. Tak lain karena begitu banyak saluran televisi dan sedemikian rupa ragam bentuk dan

isi acara yang dapat dipilih.Jika kedua ibu di atas dapat menga-

tur anak hanya menonton acara TV yang bermutu, mungkin mereka tak akan menghadapi problem berkaitan dengan perilaku negatif anak.

Sebuah penelit ian di Texas, Amerika Serikat, yang dilakukan selama lebih dari tiga tahun ter-hadap 200 anak usia 2-7 tahun menunjukkan hasil yang memberi nuansa optimistis. Anak-anak yang berasal dari keluarga kelas sosial ekonomi bawah dan menengah itu secara periodik mendapatkan tes membaca, matematika, per-bendaharaan kata, dan kesiapan bersekolah.

Anak-anak yang menghabiskan waktu beberapa jam saja setiap seminggunya untuk menonton pro-gram pendidikan seperti Sesame Street, Mister Rogers’ Neighbor-hood, Reading Rainbow, Cap-tain Kangaroo, dan Mr Wizard’s World ternyata memeroleh nilai akademik lebih baik tiga tahun ke-mudian, dibandingkan anak-anak yang tidak menonton program pendidikan itu.

Riset tersebut juga menemukan, anak-anak yang banyak menonton program hiburan dan film-film kartun terbukti memeroleh nilai akademik lebih rendah, dibanding anak-anak

yang sedikit saja menghabiskan waktunya untuk menonton program yang sama.

Kalau diperhatikan alokasi wak-tunya, anak-anak memang meng-habiskan waktu lebih sedikit untuk menonton program pendidikan. Rata-rata anak-anak tersebut me-nonton 1-3 jam program pendidikan setiap minggu, jika dibandingkan rata-rata 10 hingga 16 jam anak-anak menonton program hiburan, dan 5 sampai 8 jam menonton film kartun.

Karena itu, peneliti tidak dapat memastikan apakah seandainya anak-anak itu menonton program pendidikan lebih lama juga akan

menimbulkan efek negatif, dengan lebih banyak waktu terbuang untuk duduk di depan TV.

Hasil positif juga dipaparkan dari ri-set tersebut, berkaitan dengan tingkat usia anak. Pada anak-anak yang lebih kecil, usia 2-3 tahun, efek program pen-didikan itu jauh lebih kuat.

“Program pendidikan yang bagus memberikan keuntungan jangka panjang pada semua usia, tetapi khususnya pada anak-anak yang belum mendapat pendidikan di sekolah, kebiasaan menonton yang baik itu dibentuk sejak usia dini,” ungkap Aletha C Houston PhD dari Universitas Texas di Austin, yang memimpin riset.

Pelajaran judes

Di samping memberikan efek berupa nilai akademik yang buruk, ternyata televisi juga menyuburkan perilaku negatif lain pada anak-anak, yaitu suka membentak alias judes.

Menurut Journal of the American Medical Association belum lama ini, anak-anak usia empat tahun yang menerima dukungan emosional dan rangsangan kognitif dari orang-tuanya tidak menunjukkan gejala berperilaku judes. Sebaliknya, anak-anak usia sama yang lebih banyak “didukung dan dirangsang” oleh televisi terbukti lebih judes.(*)

kamis, 30 juli 2009 Jambi Independent

�����

�����

KAMIS, 30 JULI 2009

PROFILUSIA JENIS KELAMIN

JUMLAH RESPONDEN

PENDIDIKAN

COWOK 20 %

CEWEK 80 %

100 Siswa dan Mahasiswa

Perguruan Tinggi di Jambi

S1 30 %

SMA 70 %

13-15

tahun

(11,90 %)

16-18

tahun

(79,77 %)

19-21

tahun

(8,33 %)

PUNYA KISAH?

Siswa SMA/SMK dan MA serta mahasiswa juga dapatberbagi kisah gaul dan pengalaman menarik, unik danberharga lewat tulisan di Bianglala! Tulisan kamu harussesuai tema minggu depan:

Korban IklanModel Tas

Ungkapkan Rasa Meski Tak JadianKetemu Teman LamaKu Tunggu Jomblo mu

Panjang tulisan tidak lebih dari 1 halaman kuarto dike-tik dengan spasi 1,5. Tulisan harus diterima Bianglalapaling lambat pada 30 Agustus 2008 di Lantai II GrahaPena Jambi (Kantor Jambi Independent) Jalan Jender-al Sudirman No. 100, Tehhok, atau kirim melalui [email protected]. Sertakan foto (dilarangpakai pas foto) sertai, biodata lengkap dengan alamatsekolah atau kampus dan alamat rumah.

The Crew

Minul-Palcomtech

Opi-SMA Unggul Sakti

Melda-SMAN 8

Riko-Stephen

WINDA-SMAN 6

Diana-Poltekkes

Dini-PGRI 2

Riski-SMAN 9

Qori-SMAN 2

Cholida -MAN Model

Minul-SMAN 8 Cholida -Man Model

[email protected]

Nemenin PacarKe Salon???

Cinta Itu Berawal Dari....AWALNYA cinta itu datang dengan tiba-

tiba. Kita gak tau bagaimana caranya cintaitu datang. Ada awalan yang mengesankandan ada juga awalan yang bikin kita sebel..

Dan itu tergantung pada keberuntungankita. Banyak orang yang ber-pendapat bahwa awalan perte-muan dengan seseorang itu san-gat berkesan buat kita..Karnaada juga pertemuan yang mem-buat mereka jadi bersama-sama..

Menurut ahli pakar cinta,awalan itu kebanyakan pertama-tama ditumbuhi dengan rasa ben-ci kemudian rasa benci itu berubah menja-di rasa cinta. Cinta itu membuat seseorangberubah dengan cepat.

seiring dengan hari-hari yang mengikutiarahnya…

Awalan cinta itu terjadi karna cinta padadiri kita,kadang-kadang cinta yang kitamiliki,sangat lah egois dan ada juga yang

mau menang sendiri.Dan apakah awalan cinta itu

bertakhir dengan bahagia..danitu tergantung pada kita dan ter-gantung pada perasaan kita. Adaawalan yang sangat baik danawalan yang ngk baik. Jadi den-gan adanya awalan cinta itu be-lum tentu membuahi hasil yangbaik yang kita harapkan.

Awalan cinta itu membutuh kan prosesdan tahap dan kita ngk boleh menyalahkanawalan cinta itu sendiri. (Melda)

Pacar Qu Hobby Nyalonjaan, ya gak sobat ??

Nah ngomong2 tentang salonnehh, akuu mao bagi kisah akutentang mantan aku yang hob-by nya kesalon,yah kejadian nyaudah berapa bu-lan yang lalu wak-tu aku en dia blmputus.

Doi itu orang nya sangat2menjaga kecantikan banget,maklum lah anak tunggal, ham-pir sebulan 2 kali deh dia ke-salon, udah kayak minum obataja pakai jadwal2 gt. Tapi

KE salon?? bagi para wamitamungkin gak asing lagi lah,yaiyah lah, cewek gitu nah.Kalu cowok sih palingan kesa-lon tuh kalau lagi bener2 pent-ing gt, ataw gak palingan cumanemeni doi nya nyalon, yagak??.

So pasti para cewek2 pernahlah nyalon, mustahilkan gakpernah, walaupun hanya po-tong rambung doank, kan intin-ya kesalon jg kan. Hehehe, Bi-asanya kalau udah kesalon tuhbetah deh mao berapa jam,apalagi kalau lagi gak ada ker-

emang iya loh sobat.Nah misalnya nehh dia lagi

libur sekolah atau ngerasa adayang kurang di dia terutama ten-

tang kecantikan,uhh langsung dehtuh kesalon, sang-gup tuh berapa jamdi salon.

S a m p e - s a m p embak-mbak yang disalon tuhdah kenal banget ama dia, enudah paham deh apa yang diamau.

Sebelum jadian dengan diaaku sih udah tau kalau hobby

dia nyalon, jadi aku udah gakheran lagi, yah gak apa2 dehdia gt, dari pada dia ngelakuinhal negatif, mendingan dia nya-lon aja kan.

Dan kalo dia senang aku kanjuga senang, apalagi kalau diatambah cantik gitu, hehehehehe,..

Tapi sayangnya karna adasatu salah paham di antara akuen dia, jadinya kami putus ditengah jalan, duh koq udah kay-ak di sinetron2 gt yah. Hehhe

So,biarin aja deh kalau doikalian hoby nya nyalon, se-lagi yang doi lakukan ber-

BIY

Jaga penampilanItu Perlu

BAGI sebagian orang men-jaga penampilan itu pentingsekali dilakukan. Tidak perlub e r l e b i -

han, yang sewajarnyasaja. Karena hal itutidak hanya berdamp-ak positif bagi diri kitasendiri, melainkanjuga berdampak positifbagi orang-orang disekitar kita. Orang-or-ang disekitar kita pasti-nya akan nyaman bera- da di dekat kitajika penampilan kita baik dan tidak ber-lebihan. Untuk itulah, sebagai manusia,kita wajib juga untuk menjaga pe-nampilan kita. (lyn)

Dendi DenmarkEntertainer

Ikutan NyalonBETE nemenin pacar ke salon?. Hmm... kay-

aknya sobat perlu dikasih tips yang TOP nech,biar nemenin pacarnya ke salon jadi gak nge-bete-in...

1. Baca-baca. Biasanya kan di salon ada ma-jalah-majalah mode yang disediakan,nahhh..sobat bisa baca-baca tuh majalah modeyang tersedia. So, bored yang melanda bisa il-ang, sekalian menambah pengetahuan kita ten-tang mode.

2. Anter-Jemput. Yuuppp...kalo sobat ngera-sa bosan nungguin doi di salon, sobat bisa bi-lang aja ke doi, gak bisa nungguin, tapi soalanter-jemput doi jadi tanggungjawab sobat.

3. Ikutan Nyalon. Nahhh...bukan berarti yangnyalon itu perempuan semua lho. Sobat jugabisa ikutan nyalon, seperti potong rambut orcreambath. Asik lho, kalo kita bisa nyalonbareng pacar, jadi ntar fresh-nya bisa bareng-bareng. (lyn)

FUN TAK TIK

THINK IT

Jadi Tambah Pede Punya Pacar DiaMUNGKIN banyak sobat yang ngerasa

bosen nemenin pacarnya ke salon. Tapi,ada banyak manfaatnya lho nemenin pac-ar ke salon itu...

Salah satunya kita yang jadi tambah pedekalo jalan sama pacar yang abis ngelakuinperawatan di salon. Yuppp...gimana eng-

FANDRISUNJA

MELDASMAN 8

No Problemo....SALON !!! Yupzz tempat kesenangan

cewek2 banget gak sobat biy !!! Salon, itutempat dimana para hairstyle memadupadankan ke hebatannya.hehehe...

juga tuh. Itung-itung nge-recover pe-nampilan sobat, yahhh mungkin selama inisobat agak males nge-rawat diri.

Inget lho,..perawatan tuh gak cuma milikkaum perempuan lho. Banyak banget manfaat-nya bagi kita yangikutan nyalon. Jadi lebihnambah fresh penampilan kita nech..(lyn)

Biasanya sih kebanyak cewek tuh yangpaling sering kesalon, kalau cowok sijarang lah palingan hanya nemenin pacarnya doank, ya gak sobat ???

Hmm di salon tuh banyak hall oh sobatyang kita dapat misalnya mau crembath,potong rambut, manipedi, banyak deh…

Gimana gak coba, semua tentang ke-cantikan para wanita bida didapat

disalon. Apalagi kalo hairstyle nyayang udah berpengalaman dalam

bidang kecantikan. Biasanyakalo yang namanya cewek udahkesalon, betah deh tuh ampe be-

berapa jam gt…Ini neh pacar yang setiayang termasuk kedalam

44,9 % sobat biy yang

dengan setia nya nemeni pacarnya kesa-lon. Yang penting bisa ngebahagiakan doi.Zaman sekaorang masih adakah cowokyang mau nemeni pacarnya ke salon ?? yaada dunk!!

Andi, mahasiswa Unja bilang.. “karna lagigak ada kerjaan aku mau nemeni doi kesa-lon”. Hasilnya capek, ngebosenin. Tapihati seneng juga coz doi tambah cantik enkelihatan tambah fresh.

Alasan yang sama juga di nyatakan dg40,5 %. En 38,2 % sobat biy alasannya kar-na gak ada yang nemeni doi. , 21,5 % sobatbiy menyatakan terpaksa.

“Aku kadang terpaksa nemeni doi nya-lon, yaelah pasti yang ada ntr aku malahduduk sendirian menunggu, menung-gu dan menunggu,” kata Rian cowok

manis yang kuliah disalah satu perguruantinggi Jambi ini.

Meskipun masih banyak yang merasangebosenin, but mereka tetap aja nemenidoinya nyalon sobat, seperti yang dirasa-kan ama 35,9 persen yang mengaku sedi-kit ngebosenin abis, en 41,8 persen ngaku-nya biasa aja tuh.

Yaelah kita gak boleh gt dunkkk sobat,seharusnya sobat memperlihatkan rasakesetian soba tama doi, walupun didalamhati agakn seditik males gt.

Yah demi doi gak apalah berkorban sedi-kit, kan sobat jg yang senang klu doii tam-bah cantik. Yoi gak tuh !!!! (Ana)

dampak posi t ive yah gakapa deh.toh kan kalau diaseneng kita juga pasti se-neng kan , ya gak!! (Ana)

Sobat Pernah nemeni doinyalon ?Ya 44,9 %Gak 55,1 %

Kenapa ?Karna terpaksa 21,5%Lagi gak ada kerjaan 40,5 %Karma gak adayang nemeni doi 38,2 %

Perasaanmu ?Biasa aja 41,8 %Ngebosenin 35,9 %Seneng 22,3 %

Kalau gak kenapa ?Males ah 37,6 %Gah mau 20,9 %Keberatan 41,5 %

Tentang nemeni doi kesalon ?Wihhh pacar yang setia 38,9 %Biasa aja 24,3 %Ih,, malu tuh 36,8 %

ak, pacgak, pacar kita jadi jauh lebih fresh dan can-tik pastinya.

So, bagi sobat yang pacarnya minta dite-menin ke salon gak ada salahnya koq. Kandi salon juga biasanya banyak majalah, jadikita juga bisa ikutan up to date of mode juga.

Selain itu, sobat juga bisa ikutan nyalon

Jambi IndependentKAMIS, 30 JULI 2009

All SportKAMIS, 30 JULI 2009Jambi Independent

Gelar Kursus Wasit Lisensi CJAMBI – Kesempatan kembali diberikan Per-

satuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jam-bi bagi insan sepakbola maupun warga yang in-gin berkarier menjadi wasit. Otoritas tertinggiolahraga sepakbola di Provinsi Jambi itu akanmenyelenggarakan pelatihan kursus wasit C-3dan C-2. Sesuai jadwal, penataran bagi kalanganpengadil di lapangan hijau sudah digelar pada 3Agustus ini, di Hotel Pundi Rezeki.

Menurut ketua panitia, Syofriadi, kursus yangakan memakan waktu lima hari ini tidak hanyauntuk lingkup Jambi saja. Pihaknya juga men-gundang provinsi tetangga, jadi terbuka bagi sia-pa saja.

Terpenting, sambungnya, harus memenuhi per-syaratan yang telah ditetapkan panitia. Salah satusyaratnya pendidikan minimal SMU.

“Usia juga mendapat perhatian dari kami, yangpenting jangan sepuh,” ujarnya.

Dia menambahkan kursus wasit yang segeradigelar pihaknya bukan pertama. Kursus ini yangkedua. Kali ini pesertanya diperkirakan menca-pai 80 orang.

Mereka nanti dibagi dua kelas, sesuai denganlisensi yang diinginkan (C-3 atau C-2).

Istrukturnya berlensesi nasional, yakni Sukis-no dari Pengprov PSSI Sumsel. Dia merupakanmantan wasit nasional. “Jadi, kualitasnya tidakperlu diragukan lagi. Apalagi, PSSI Pusat telahmerekomendasikan Sukisno,” katanya.

Dia menjelaskan kegiatan ini sengaja dilaku-kan pihaknya untuk mencari wasit-wasit barusebagai persiapan menggantikan wasit yang adasaat ini karena faktor usia yang sudah tidak mudalagi. Disamping itu, memenuhi kebutuhan wasitkarena jumlahnya masih minim.

“Wasit menjadi salah satu pendukung suksesn-ya sebuah pertandingan sepakbola. Kemudianwasit-wasit yang kita punya sekarang belum ide-al jumlahnya,” jelasnya.

“Total, 57 wasit saat ini. Namun jumlah itu tidakcukup. Apalagi kompetisi reguler PSSI sudah ber-tambah dan memerlukan banyak wasit,” katawakil ketua umum PSSI Jambi, Zulhendri kepa-da Jambi Independent kemarin.

Idealnya, tambah Zulhendri, satu kabupatenharus memiliki 10 wasit. Sekarang ini, palingbanyak lima wasit. Bahkan ada kabupaten yangtidak mempunyai pengadil lapangan. (dar)

SEPSEPSEPSEPSEPAKBOLAAKBOLAAKBOLAAKBOLAAKBOLA

Posisi Madani UtamaBelum Aman

JAMBI – Posisi Madani Utama be-lum aman. Bisa-bisa mereka tersingkir

dari pentas VolleyBall CompetitionBirkobar Jambi Cup2009. Itu menyusulhasil negatif yang di-tuai Zulkarnaen dkkpada laga terakhirn-

ya dipenyisihan Pool B kemarin (29/7), di GOR Kotabaru. Mereka menyer-ah 0-3 atas Raja.

Meski kalah, Madani Utama memangberhasil menguasai puncak klasemendengan mengemas enam poin. Tapi,mereka tidak bisa menambah poin lagi.Pertandingannya sudah habis.

Sementara pesaing terdekatnya Rajadan IKMB masih menyisakan pertandin-gan. Berarti, kedua tim masih bisa menam-bah poin dan menyalip Madani Utamadengan 7 poin. Catatannya, dipertandin-gan terakhir kemenangan absolut harusdipetik kedua tim tersebut.

Melihat materi pemain, peluang Rajamenuju semifinal yang lebih besar.Karena, di atas kertas, tim besutan pel-atih Robin itu bisa mengatasi IKMB dilaga terakhir pada Kamis (30/7) ini.

Kekalahan Madani Utama atas Rajakemarin bukan tanpa sebab. Palingpatal, Zulkarnaen dkk lambat panasdalam pertandingan sengit tersebut.

Akibatnya Raja yang diperkuat Cici,Rendra, dan toser Omte yang telah me-nemukan irama permainannya itu me-menangi tiga set sekaligus. Pada set per-tama, mereka menyudahi pertandingandengan skor 25-19. Berikutnya unggultelak 25-15, sedangkan set ketigamenang 25-21.

“Kemenangan kedua ini karena selu-ruh pemain tampil bagus. Saling meng-isi, makanya tidak ada tempat kosongbagi lawan menyarangkan bola,” katapelatih Raja, Robin usai pertandingan.

Dengan kemenangan tersebut, peluangRaja belum tertutup. Robin bahkan optimis-tis Zulkarnaen dkk yang akan mendamp-ingi EGP di babak empat besar nanti.

Dipertandingan sebelumnya, BankMega juga melapangkan jalannyamenuju semifinal. Mereka mengalah-kan Gama 3-0, dilaga pamungkasnyaitu. Meski demikian, kelolosan BankMega ditentukan Birkobar versus IKGS.Sampai berita ditulis pertandingan ked-ua tim itu masih berlangsung.(dar)

MAIN HARI INIPUTRI

Birkobar v Bukit Tinggi

PUTRAGapera v EGPIKMB v Raja

UNGGUL:Bank Megakembalimenunju-kanketanggu-hannya diBilkobarJambi Cupdenganmenaklu-kan Gama3-0 kemarin.

AL

DIN

O/JA

MB

I IND

EP

EN

DE

NT

�����������

Jambi Independent kamis, 30 juli 2009

Zenit Dekati Mancini 24 n Halaman

Roberto mancini

karena kontraknya di Inter belum terputus dan masih menerima gaji sebesar 6 juta euro (sekitar Rp 85,5 miliar, kurs 1 euro=Rp 14.255) per tahun, membuat Mancini kerap kesulitan untuk bernegosiasi dengan klub lain. Selain Mancini, Zenit juga sedang menyelesaikan transfer kapten Torino Ales-sandro Rossina. Winger berusia 25 tahun itu ditransfer seharga 8 juta euro (sekitar Rp 114 miliar). (jpnn)

KONTRAK Dick Advocaat sebagai pela-tih klub Rusia Zenit St. Petersburg berakhir Desember mendatang. Tactician asal Belanda itu enggan memperpanjang kontrak. Karena itu, Zenit mencari pelatih baru. Berdasarkan kabar yang diwartakan Sportmediaset.it, Zenit sudah melakukan pembicaraan dengan Ro-berto Mancini, mantan pelatih Inter Milan. Kebetulan, Mancini sudah menganggur sejak dipecat Inter awal musim lalu. Tapi,

PELATIH Chelsea Carlo An-celotti tidak menyerah untuk menggaet Andrea Pirlo dari AC Milan. Kemarin, The Blues -sebutan Chelsea- secara resmi menawar Pirlo kepada manaje-men Milan. Berdasarkan kabar yang diwartakan Daily Mail, Chelsea mengajukan tawaran sebesar 10 juta euro (sekitar Rp 142 miliar dengan kurs 1 euro = Rp 14.255) plus meminjamkan striker Claudio Pizarro dan bek muda Michael Mancienne.

Tapi, Rossoneri (julukan Mi-lan) menolak tawaran Chelsea. Meski begitu, Milan masih mem-buka pintu negosiasi. The Sun melansir, Milan hanya akan me-lepas Pirlo dengan harga tinggi sekitar 35 juta euro (sekitar Rp 498 miliar).

Bukan rahasia lagi jika An-celotti sangat menginginkan Pirlo bergabung bersamanya di Chelsea. Kehadiran gelandang tim nasional Italia tersebut di Chelsea akan memudahkan An-celotti menerapkan strateginya di lapangan.

“Pirlo itu pemain Chelsea, maksud saya pemain Milan.

Tentu saja, pemain Milan,” canda Ancelotti ketika di-wawancarai setelah laga Chelsea kontra Milan di World Football Challe-nge pada 24 Juli lalu, seperti dikutip So-ccernet. Tidak mudah bagi A n c e l o t t i untuk menda-patkan Pirlo. Penyebabnya, pelatih baru Mi-lan Leonardo tidak mau melepas Pirlo. Pirlo menjadi bagian penting dari strategi yang diterapkan Leon-ardo pada musim depan. Apalagi, sebelumnya Mi-lan telah kehilangan Kaka yang bergabung dengan Real Madrid. Gara-gara negosiasi transfer Pirlo, Leon-ardo langsung me-lakukan pertemu-an dengan Adria-no Galliani, wakil presiden Milan, meminta penjelas-

an. “Saya tidak mau mengatakan apa pun karena saya memang tidak tahu sama sekali tentang penawaran itu,” ketus Leonardo, seperti dikutip Tribalfootball.

Dia mengakui, Milan mem-butuhkan striker dan kehadiran Pizarro dapat memenuhi kebu-tuhan Milan. Namun, dia tidak mau jika Pirlo harus dilepas. Se-lain itu, rencana mendatangkan Pizarro sedikit terhalang karena Silvio Berlusconi, owner Milan, kurang berkenan. (jpnn)

Hleb Pilih Stuttgart,Mourinho Minta DecoPENOLAKAN Alexander Hleb untuk ber-

gabung dengan Inter Milan, membuat pelatih Jose Mourinho berburu gelandang di bursa transfer. Hleb ogah dijadikan paket transfer striker Inter Milan Zlatan Ibrahimovic ke FC Barcelona.

Dalam kesepakatan awal pertukaran Ibra (sapaan Ibrahimovic) ke Nou Camp, El Barca (sebutan FC Barcelona) menyodorkan uang 46 juta euro ditambah striker Samuel Eto’o serta Hleb dengan status pinjaman.

Proses pertukaran Ibra dengan Eto’o berja-lan lancar. Tapi, situasinya berbeda dengan Hleb. Sky Sport Italia melansir, gelandang asal Belarusia itu ogah bergabung ke Gi-useppe Meazza (markas Inter Milan). Hleb lebih memilih dilepas ke klub Jerman VfB Stuttgart.

Stuttgart bukan klub asing bagi Hleb. Dia pernah membela klub itu selama lima musim (2000-2005). Di klub itulah namanya meroket dan menjadi bidikan klub elite Eropa. Kemu-dian pada 2005 dia bergabung ke Arsenal.

Awal musim lalu, El Barca menggaetnya dari Arsenal. Sayang, selama semusim di Nou Camp, Hleb lebih banyak menghuni bangku cadangan. Dia juga tidak menjadi bagian dari rencana masa depan Josep Guardiola, pelath Barca. “Kepindahan Hleb ke Inter tidak berjalan karena kami tidak menemui kesepakatan dengan Barcelona. Tidak ada masalah dengan Inter, problemnya ada pada Barcelona,” kata Maurizio Gaudino, agen Hleb, seperti dikutip Tribalfootball. Jika akhirnya Hleb benar-benar t idak jadi bergabung ke Giuseppe Meazza,

m a k a M o u rinho harus mencari gelandang anyar. The Special One (begitu Mourinho menyebut dir-inya) tampaknya kem-bali melirik gelandang Chelsea Deco. Sebel-umnya, Nerazzurri (ju-

lukan Inter) pernah mengajukan tawaran

untuk menggaet De-co dari Chelsea.

Tapi , ke t ika itu, The Blues menolaknya. (jpnn)

Kebijakan Transfer Baru AC Milan yang Bidik Pemain Muda

Kontrak dan Gaji Lebih MurahSekaligus Investasi

kabar ini mungkin sudah lama ditunggu

tifosi aC milan. Terhitung mulai bursa transfer

musim panas ini, milan bakal memprioritaskan

perekrutan pemain usia dibawah 23 tahun dan menolak pemain usia

kepala tiga.

ERA baru AC Milan telah dimulai. Hal itu diserukan Silvio Berlusconi, pemilik klub yang biasa disebut Rossoneri terse-but, kemarin (29/7). Berlusconi mengatakannya dalam kaitan-nya dengan kebijakan transfer Rossoneri.

Berlusconi yang juga perdana menteri Italia itu menginginkan agar tradisi Milan mendatangkan pemain “tua” atau yang berusia kepala tiga dihentikan. Dengan kata lain, pria 62 tahun menginginkan agar Rossoneri lebih melirik pemain muda.

“Kami akan mulai mencari pemain-pemain berbakat yang masih berusia di bawah 23 tahun. Kami tidak akan lagi tertarik dengan pemain berusia 30 tahun ke atas,” ungkapnya kepada La Gazzetta dello Sport.

Di mata Berlusconi, pemain muda akan lebih menguntung-kan Milan dari sisi keuangan. “Kami tidak harus mengeluarkan bujet besar untuk kontrak dan gaji. Pemain muda sekaligus

bisnis bagus bagi klub (investasi, Red),” tambah Berlusoni yang memiliki Milan sejak 1986 itu.

Bukti pemain muda adalah investasi menguntungkan adalah kasus bintang Brazil Ricardo Kaka. Saat mendatangkan Kaka dari Sao Paulo pada 2003, Milan hanya merogoh 8,5 juta euro atau sekitar Rp 121 miliar (kurs 1 euro = Rp 14.225). Ketika Kaka dilepas ke Real Madrid di musim panas ini, banderolnya naik hampir delapan kali lipat

alias 67,2 juta euro atau setara Rp 958 miliar !

Masalahnya, kebijakan Ber-lusconi sejatinya terlambat. Berlusconi seolah baru sadar ketika Rossoneri ditinggal Paolo Maldini yang pensiun akhir musim ini. Plus hengkangnya allenatore (pelatih) Carlo Ance-lotti ke Chelsea sehingga Milan memilih pelatih minim pengala-man, Leonardo.

Lihat saja skuad Milan saat ini yang 60 persen masih dipadati

para serdadu tua. Empat kiper Il Diavolo Rosso - julukan Milan - bahkan berusia di atas 30 tahun. Memang, kebanyakan kiper di Eropa justru matang di usia ke-pala tiga ke atas. Tapi, alangkah lebih baik jika Milan punya back-up kiper muda.

Lini pertahanan Milan juga tak berbeda jauh. Kedatangan Thiago Silva, membuat starting eleven empat pemain belakang Rossoneri tak lagi disebut sekum-pulan benteng rapuh. (jpnn)

Pemain Milan kepala Tiga

Giuseppe Favalli 37 tahunZeljko Kalac 36 Filippo Inzaghi 35 Dida 35Alessandro Nesta 33Clarence Seedorf 33Massimo Oddo 33Massimo Ambrosini 32Gianluca Zambrotta 32Christian Abbiati 32Marek Jankulovski 32Marco Storari 32Kakha Kaladze 31Gennaro Gattuso 31Andrea Pirlo 30

non kepala Tiga

Ronaldinho 29 tahun Daniele Bonera 28

Marco Borriello 27 Oguchi Onyewu 27 Luca Antonini 26Mathieu Flamini 25 Thiago Silva 24Ignazio Abate 22Davide Di Gennaro 21Alexandre Pato 19Gianmarco Zigoni 18

TIM bertabur bintang Real Madrid mulai unjuk gigi. Kemarin dini hari WIB (29/7), Real men-galahkan klub Ekuador LDU Quito 4-2 (0-0) di ajang pramusim Peace Cup 2009 di Stadion Santiago Bernabeu. Ke-menangan itu meloloskan Los Merengues ‘julukan Real’ ke semifinal.

Kemenangan itu sedikit banyak mengurangi kritik atas performa Real di awal musim ini. Sebab, di dua laga sebelumnya, Real tampil memble. Yakni saat ber-main imbang 1-1 Al Ittihad di laga perdana Peace Cup (27/7). Lalu, hanya menang 1-0 saat beruji coba lawan juara Irlandia Shamrock Rovers (20/7).

Di sisi lain, kemenangan atas LDU bisa jadi karena tekanan menang bagi Cristiano Ronaldo dkk. Seri apalagi kalah, Real akan tersisih dari Peace Cup. Sebagai catatan, Peace Cup yang dihelat di lima kota di Spanyol itu dikuti 12 klub yang terbagi dalam empat grup. Hanya juara grup yang berhak ke semifinal.

Bukti Real tampil dibawah tekanan sangat kentara di babak pertama. Tampil dengan skema 4-4-2 dengan Ronaldo dan Karim Benzema sebagai starter, Los Merengues tak berkutik menem-bus pertahanan LDU yang juara Copa Libertadores 2008 itu.

Gol pertama Real baru tercipta di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-48. Itu pun lewat hadiah penalti setelah Ronaldo dijatuhkan Norberto Araujo di kotak terlarang. Ronaldo, pe-main termahal dunia (sekitar Rp 1,34 triliun), mampu menuntas-kannya sekaligus gol perdananya bersama Los Merengues. “San-gat menyenangkan mencetak gol pertama bagi Real Madrid karena Anda seperti lepas dari beban,: ucap winger 24 tahun Portugal itu sebagaimana dilansir di situs resmi klub.

Real menggandakan keung-gulan pada menit ke-53 lewat Esteban Granero, disusul gol Christoph Metzelder (71) dan Alvaro Negredo di in-jury time. Sedangkan gol

balasan LDU diborong Enrique Vera di menit ke-61 dan 86. Kemenangan Real kemarin juga di-raih minus Kaka, Raul Albiol, Iker Casillas, Sergio Ramos. Dua nama pertama adalah peng-gawa baru Los Blancos

(julukan lain Real). Di semifinal Sabtu dini hari WIB (1/8), Real akan ditantang juara grup A Juventus.

Tapi, Real tidak akan tampil home lagi, melainkan di Sta-dion Ramon Sanchez Pizjuan yang notabene kandang Sevilla. Sebagai catatan, Juve mampu memecundangi Real dua kali di fase grup Liga Champions musim lalu. Masing-masing 2-1 di Turin, Italia, pada 21 Oktober

2008 dan 2-0 di Bernabeu pada 5 November 2008.

“Lawan Juventus akan menjadi ujian berat kami. Meski kami menargetkan juara Peace Cup,

target utama tidak sekadar menang. Melainkan bagai-mana kami mencapai peak performance (penampilan puncak, Red) ,” papar Ronaldo yang kemarin bermain hingga menit

ke-73 sebelum digantikan Lassana Diarra.

Opini senada disuarakan Manuel Pellagrini, entrena-dor Real. Pelatih berkebang-saan Cile itu mengakui untuk mencapai peak performance, timnya butuh banyak pembena-han. “Kami sudah menunjuk-kan progres positif di beberapa aspek. Namun, kami harus lebih improve lawan Juventus karena mereka tim yang sudah solid,” terang entrenador yang musim lalu menangani Villar-real itu.

Terpisah, pelatih LDU Jorge

Susunan PemainReal madRid :

Dudek (g); Salgado, Pepe, Metzelder, Marcelo; Ronaldo/Lass (73’), Gago, Guti/Dren-the (79’), Robben/Granero (41?); Higuain/Raul (73’), Benzema/Negredo (59’).

ldu Quito : Cevallos/Dominguez (g/47’); Jairo Campos, Ambrossi, Araujo, De La Cruz; Calde-ron, Espinola, Vera, Reasco, Lara/Graf (76’); Bieler.

Alexander Hleb

real madrid ldu quitov4 2

Fossati yakin Real akan segera menemukan penampilan ter-baiknya. “Real tinggal se-langkah lagi menjalani musim luar biasanya. Mereka sudah memiliki grup pemain dan pelatih top dunia. Hanya ting-gal menerapkannya dengan kondisi maupun taktik tepat di lapangan,” urainya kepada Reuters. (jpnn)

Deco

Thiago SilvaThiago Silva

Carlo Ancelotti

Andrea Pirlo

MenAngPemain termahal Ronaldo mencetak gol perdananya di Real madrid dari kotak penalti.

Chelsea Tawar Pirlo, Milan Menolak