jambi independent edisi 22 agustus 2009

24

Upload: jambi-independent

Post on 07-Mar-2016

341 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

TRANSCRIPT

Page 1: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009
Page 2: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

sabtu, 22 agustus 2009 Jambi Independent

Standar pengamanan naik pe-sawat militer sangat ketat. Sejak di ruang VIP bandara, semua peserta memakai pengaman kepala dan telinga. Bentuknya mirip helm para astronot. Bagian belakang terbuat dari fiber kar-bon, mirip bahan helm standar sepeda motor. Bagian luar ditulis VIP, bagian dalam dilapisi busa kenyal yang nyaman di kepala. Bagian atas terbuat dari bahan yang sama. Bagian belakang dan atas dihubungkan oleh bahan kain yang kuat dan kenyal.

Tak cukup itu. Kacamata pen-gamanan dilekatkan di helm bagian depan, sementara penutup telinga menyambung dari kedua ikatan bagian depan dan atas helm standar di pesawat-pesawat tempur AS itu.

Selain itu, pengaman yang dikalungkan di leher meman-jang hingga ke perut dilekatkan sebelum naik pesawat. Terbuat dari kain kuat berwarna hijau. Di bawahnya ada kantong yang di-kunci. Pesawat angkut berkapasi-tas 24 penumpang sudah diparkir di depan terminal lama Bandara Sam Ratulangi. Rombongan mulai berjalan. Di dekat pesawat, Chad dan Nick menghentikan rombongan. Keduanya meminta kami membentuk formasi untuk difoto. Momen ini tak dilewatkan untuk kenang-kenangan.

Begitu naik pesawat, seorang awak memeriksa satu per satu. Dia pastikan sabuk pengaman (safety belt) terpasang dengan benar. Berbeda dari safety belt di pesawat-pesawat komersial, penahan sabuk pengaman di pesawat tempur itu berbentuk lingkaran yang punya empat pengikat. Bagian horizontal

mengikat ujung sabuk pengaman dari kiri kanan pinggang. Samp-ing kiri dan kanan atas mengingat sabuk pengaman dari atas bahu. Dengan begitu, seluruh badan aman, ditahan keras dan kuat oleh sabuk pengaman.

Penumpang pesawat angkut tempur tak berpintu itu masuk dari belakang. Berbeda dari pesawat sipil, semua penumpang menghadap ke belakang. Hanya ada satu jendela di pesawat itu, yakni bangku kedua dari depan. Yang lain ditutup rapat dengan bahan-bahan yang kedap suara.

Sebelum lepas landas, pimpi-nan kru pesawat mengingatkan kembali pemakaian sabuk pen-gaman dan prosedur standar di pesawat itu. Kru yang lain memeriksa ikatan sabuk pen-gaman. Lampu di samping kiri kanan atas tempat duduk dima-tikan. Kru menyalakan lampu di bagian tengah pesawat.

Tak ada guncangan saat lepas landas pada pukul 09.20 seperti pada penerbangan sipil pada um-umnya. Itu karena pesawat lepas landas di bandara yang punya runway panjang. Di bangku paling depan tampak, antara lain, Menteri Kelautan Freddy Numberi dan sejumlah pejabat. Saya duduk di samping Yorris Raweyai, salah satu fungsionaris DPP Partai Golkar, di kursi kedua dari belakang.

Tidak sampai sejam kemudian pesawat bersiap-siap mendarat di kapal induk USS George Washington. Sekitar pukul 10.10 roda pesawat diturunkan, per-tanda landing tak lama lagi. Lima menit kemudian pesawat mendarat. Dalam kecepatan tinggi, pesawat seperti direm

dengan keras. Semua penump-ang seperti tertarik ke belakang dengan sangat cepat.

Semua penumpang bertepuk tangan, memberi aplaus kepada kru pesawat. Tapi bisa juga seb-agai pelepas rasa takut dan tegang saat mendarat. Setelah kejadian itu, saya baru tahu mengapa kursi penumpang di pesawat tempur itu menghadap ke belakang, yakni untuk membuat penum-pang aman dan “terlempar ke depan” saat ditahan mendadak dalam kecepatan tinggi ketika mendarat.

Sewaktu turun, kami melihat ada sekitar 60 pesawat parkir, take off, dan landing di empat flight deck (runway) sepanjang 322 meter. Mula-mula kami dibawa ke tempat pesawat lepas landas di flight deck sisi kanan depan pesawat berbobot 97.000 ton itu. Dengan rompi dan helm khusus, kami menyaksikan pesawat yang lepas landas setiap tiga menit dari jarak sekitar 20 meter. Beberapa awak kapal menjaga semua anggota rombongan agar tidak melewati garis putih kedua dari pinggir kapal.

Hampir semua kawasan di flight deck seluas 1,8 hektar itu daerah berbahaya. Hanya empat tempat yang dimungkinkan berdiri melihat-lihat pesawat tempur take off dan landing. Satu di antaranya di flight deck samping kanan depan. Satu di flight deck sisi kiri tengah, bagian tengah depan tower, dan bagian yang tak jauh dari pintu utama. Pen-gaturan itu diawasi oleh bagian kontrol di lantai pertama tower USS George Washington. Kapal itu memiliki tinggi 74 meter atau setara gedung 24 tingkat.

Saat ke flight deck sisi kanan, lebih dari sepuluh awak kapal mengawasi rombongan yang berkunjung. Dengan cekatan, pesawat tempur A 6B Prowler 603 menuju landasan pacu. Pesawat itu berawak empat orang, berbentuk seperti kapsul melengkung. Tiba di landasan pacu, bagian belakang landasan terangkat hingga sekitar 60 de-rajat. Fungsinya untuk menahan hantaman angin kencang yang ditimbulkan pesawat saat lepas landas. Dua petugas landasan memeriksa sayap-sayap pesawat, satu lagi memastikan roda depan sudah pada posisi “pelontar” pesawat.

Beberapa menit kemudian pesawat tempur itu melesat dengan kecepatan sangat tinggi. Lalu mengudara, mengitari USS George Washington sampai radius yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Setelah itu, giliran pesawat-pesawat F18 Hornet berawak satu dan dua orang lepas landas. Setelah mengudara, pesawat-pesawat itu membentuk formasi segitiga atau sejajar. Mereka melintas di sisi kiri dan kanan USS George Washington, lalu mendarat lagi dari bagian belakang kapal. Be-gitulah, setiap sekian menit ada pesawat tempur yang take off dan landing. Bergantian.

Bayangan suasana yang kaku, banyak larangan, dan perlakuan keras harus dibuang jauh-jauh tat-kala menginjakkan kaki di USS George Washington. Disiplin, keteraturan, dan standar prosedur formal di sebuah kapal perang memang terlihat dengan jelas. Tapi pelayanan dan keramahan tetap terasa.

Setelah sampai di bagian ten-gah flight deck, Freddy Num-beri, Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama Willem Rampangilei, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Bekto Suprapto, Ketua DPRD Sulut Syachrial Damopolii, dan rombongan diperlakukan sebagai tamu ter-hormat dan spesial.

Kue-kue ringan, soft drink, dan cold towel (handuk dingin) disajikan sebagai jamuan selamat datang. Di meja sudah disediakan tanda pengenal bertulisan nama masing-masing. Sudah dicetak rapi, bergambar USS George Washington, dan ditulis GW Visitor. Tanpa dibagikan, mas-ing-masing mengambil sendiri tanda pengenal itu dan menga-lungkannya di leher.

Di USS George Washington kami boleh memotret dan men-gambil gambar sepuasnya. Dari semua sisi, mengajak foto ber-sama, meminta tolong dipotret, atau menggunakan tempat duduk komandan. Tidak hanya di ruang general control.

Komandan, para perwira, dan awak di setiap ruang melayani dengan ramah. Kadang mereka memancing canda atau menge-luarkan humor segar di sela-sela penjelasan yang disampaikan. Saat berada di ruang air control, saya meminjam tempat duduk komandan untuk berfoto. Den-gan ramah sambil tersenyum, saya dipersilakan duduk di kursi empuk, tinggi, dan bisa berputar-putar itu. Agar makin akrab, dia memberi saya telepon yang biasa digunakan sebagai alat komunikasi di dalam kapal. “You are my boss,” kata seorang awak kapal.(*)

Mau Tarawih, Tapi -------------- dari hal 1Jawab:Waalaikumsalam wr wb. Dalam

Islam, beramal ibadah seper-ti berinfak dan bersedekah itu sebaiknya disesuaikan dengan

situasi dan kondisi. Ketika fakir miskin lebih memerlukan, infaq dan sedekah kepada mereka lebih diutamakan.(*)

Istri Muhammad Akbar Pradana tersebut berjanji akan berusaha sekuat tenaga menyesuaikan diri dengan dunia barunya sebagai politikus. “Kalau akting, kan aku berpedoman dengan skrip. Kalau politik, pedomannya adalah un-dang-undang dasar,” jelas artis

yang terkenal lewat film Eliana itu.

Rachel juga merasa beruntung karena kiprahnya di dunia politik mendapat dukungan penuh dari sang suami. “Dia selalu dukung. Apalagi dia kenal gue sebagai artis,” ujarnya.(jpnn)

“Jadwalnya sudah ada, se-tiap hari sudah penuh,” ujar H Misbahulwaton saat ditemui di kampus IAIN STS Jambi Telanai-pura, beberapa hari lalu. Misbah merupakan alumnus Universitas Al Azhar Kairo.

Selain Misbah, panggilan Misbahulwaton, alumni Timur Tengah lainnya seperti H Umar Lc yang merupakan alumnus Universitas Syeh Ahmad Kuf-taro, Damascus, Siria. Kemudian ada Abdullah Firdaus dan Husin Abdul Wahab, keduanya tamatan Universitas Al Azhar, Kairo.

Misbah mengatakan, setiap hari selama puasa, dia selalu mengisi kegiatan kultum Subuh di masjid

di Kota Jambi. Ceramah juga sering setelah salat Zuhur, salat Asar, hingga berbuka puasa. “Pokoknya hampir setiap ba’da (usai, red) salat wajib, selalu ada jadwal ceramah di masjid,” ujar pria kelahiran Merangin, 1977, itu. Selain memberikan ceramah, Misbah juga tercatat sebagai dosen IAIN STS Jambi. “Di kampus juga banyak acara yang dibuat mahasiswa. Saya juga terkadang mengisi acara itu untuk memberikan siraman rohani,” ujarnya.

Setelah menamatkan pendidi-kan di Pondok Pesantren Modern Darussalam, Gontor, Jawa Timur, pada 1999, Misbah mendapat

Alumni Timur Tengah menye-bar di Provinsi Jambi. Umumnya berprofesi guru, dosen, pimpinan pondok pesantren, dan lainnya.

Terkait Ramadan, Firdaus yang merupakan koordinator Staf Ahli Bahasa Arab IAIN STS Jambi mengatakan, semua anggotanya mempunyai jadwal safari Ramadan secara pribadi. Untuk kelembagaan, biasanya diawali buka puasa bersama. Selain itu melakukan evaluasi kinerja, apakah sesuai dengan garis agama.

Pembina Ikat Provinsi Jambi Husin Abdul Wahab mengatakan, dengan adanya komunitas itu, dirinya merasakan keakraban dan

bisa berbagi ilmu serta pengala-man. “Kalau kami sudah berkum-pul, biasanya pembicaraan selalu tentang berada di Timur Tengah,” kata alumnus Universitas Al Azhar 1992 itu.

Dengan adanya perkumpulan tersebut, sesama anggota bisa saling membantu untuk melak-sanakan safari dakwah. “Isti-lahnya senasib seperjuangan. Pola itu tetap berjalan hingga saat ini. Kalau hidup di wilayah orang, kita tidak bisa menyendiri, harus bersama-sama dan saling menutupi demi menjaga nama baik diri sendiri maupun bangsa dan negara,” katanya.(roz)

Selesai pemeriksaan kemarin, John yang dikenal ramah pada wartawan terlihat tergesa-gesa menuju mobilnya yang diparkir di luar halaman gedung Kejati Jambi. Disapa, John hanya me-noleh sedikit. Langkahnya tetap tak berhenti. Itu tidak seperti biasa saat dia menjabat Kabag Humas Pemkot Jambi.

John langsung masuk ke mo-bilnya. Dikejar, dia akhirnya sedikit menurunkan kaca mobil. John pun membantah diperiksa. “Saya hanya nemui kawan,” kilahnya. “Bagaimana ini, saya ke Polda (Jambi) dikira diperiksa, di sini (Kejati Jambi) juga begitu. Masak saya tidak boleh ke sini,” ujarnya lagi.

Bahkan John menyebut dirinya berkoordinasi dengan kejaksaan tentang perekonomian sesuai jabatannya saat ini. Setelah itu dia langsung pergi.

Sementara itu, menurut Siregar,

John memang dimintai keteran-gan terkait pengakuan mantan Bendahara Sekretariat (Bensek) Pemkot Jambi Turman terkait ka-sus tersebut. Saat diperiksa pada Selasa (4/8), Turman mengaku uang yang dipersoalkan tersebut dia gunakan untuk membayar utang pejabat-pejabat Pemkot Jambi terdahulu, di antaranya Sekda Kota Jambi Asnawi AB.

“Kita masih nanya soal aliran dana (Rp 770 juta, red),” katanya. Hanya saja, Siregar enggan mem-beberkan lebih jauh, termasuk apa yang dikatakan John dalam pemeriksaan. “Itu sudah masuk ke materi,” ujarnya.

Terpisah, Kasi Penkum Kejati Jambi Andi Ashari mengatakan, masih ada sekitar dua orang lagi yang akan diperiksa dalam kasus dugaan korupsi APBD 2009 di Setda Kota Jambi. “Masih ada dua (yang akan diperiksa), mung-kin pekan depan,” ujarnya.(*)

Dia adalah Amin yang divonis hakim pengadilan khusus tindak pidana korupsi (tipikor) men-jalani masa hukuman kurungan selama delapan tahun. “Kalau ada upaya hukum lain, remisi tak bisa dikasih. Kan masih ada yang banding,” ujar Candran.

Sekadar mengingatkan, mantan ketua DPW PPP Jambi itu ter-sandung kasus alih fungsi hutan Pulau Bintan, Kepulauan Riau, pada 2008. Amin tertangkap tan-gan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menerima uang suap dari Sekda Bintan Azirwan di sebuah hotel pada April 2008. Bersama Amin, ikut ditangkap pejabat penyuap, yakni Sekda Bintan Azirwan, yang pada September 2008 lalu divonis 2,5 tahun hukuman penjara.

Amin sendiri diganjar hakim pengadilan khusus tipikor den-gan hukuman delapan tahun penjara ditambah denda Rp 250 juta subsider enam bulan penjara pada 5 Januari 2009 lalu. Tak puas, pihak Amin mengajukan banding.

Sementara mantan Wakil Gu-bernur Jambi Antony Zeidra

Abidin dijebloskan ke LP Cipi-nang dalam kasus korupsi dana Yayasan Pengembangan Per-bankan Indonesia (YPPI) senilai Rp 250 juta. Saat kasus penyua-pan itu terjadi, 2003, Antony tercatat sebagai anggota Komisi IX DPR RI.

Oleh pengadilan khusus tipikor, Antony divonis hukuman penjara 4,5 tahun pada 7 Januari 2008. Hingga kini pihak Antony be-lum mengajukan upaya hukum lain.

Tokoh Jambi ketiga adalah Chalik Saleh. Mantan sekretaris daerah (sekda) Provinsi Jambi itu divonis pengadilan tipikor dengan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp 150 juta pada 15 Oktober 2008 lalu.

Chalik tersangkut kasus ko-rupsi pada pembangunan Kan-tor Penghubung Pemerintah Provinsi Jambi di Jakarta atau Mess Jambi di Jalan Cidurian, Cikini, Jakarta Pusat. Pada kasus itu, negara dirugikan sebesar Rp 7,3 miliar. Ketiga koruptor Jambi itu kini masih mendekap di LP Cipinang.(nas)

Mantan Kabag Humas --------- dari hal 1KPK Tahan Mantan Menkes Achmad Sujudi

Trio Koruptor Jambi Tidak --- dari hal 1

Ajang Berbagi Ilmu ------------- dari hal 1

Tanpa X-Ray dan Penggeledahan Tas Jinjing --------------------------------------------------------------------dari hal 1

Saling Tukar Jadwal Sesama Anggota -----------------------------------------------------------------------------dari hal 1beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sarjana di Jurusan Ilmu Hadis Universitas Al Azhar. Kuliah di Al Azhar dia selesaikan pada 2004. Namun dia baru kembali ke Jambi pada 2005. Semenjak itu pula dia menekuni pekerjaannya sebagai dai atau juru dakwah.

Banyak pengajian ibu-ibu, pengajian perkantoran, hingga pengajian di sejumlah masjid di Kota Jambi, mengundangnya untuk memberikan ceramah.

Maka tak heran, saat Ramadan tiba, jadwalnya demikian padat. “Kalau ceramah habis Isya, se-belum Tarawih, hampir setiap malam selalu ada. Hanya tiga malam selama Ramadan yang belum terisi,” ujarnya sambil mengingat jadwal ceramahnya. Yang jelas, dari pagi hingga malam, banyak kegiatan.

Misbah mengatakan, jauh-jauh hari sebelum Ramadan tiba,

banyak yang sudang mengorder untuk memberikan ceramah. “Bi-asanya kalau bukan datang lang-sung, pengurus masjid datang ke organisasi. Nanti di Ikadi diatur jadwalnya secara bergiliran,” ujar bapak satu anak yang juga menjabat ketua Ikatan Dai Indo-nesia (Ikadi) Kota Jambi itu.

Bagaimana dia membagi wak-tu? “Tinggal mengikuti jadwal yang ada,” ujarnya. Biasanya orang-orang yang meminta untuk mengisi kegiatan pada Ramadan yang akan menyesuaikan dengan jadwal yang sudah ada.

Bagaimana dengan honor cera-mah? Misbah tidak menetapkan besarnya. Dikatakan, dakwah tidak bisa dinilai dengan uang karena merupakan kewajiban bagi orang yang berilmu un-tuk menyampaikan. “Terserah keikhlasan orang. Kalau tidak diberikan, juga tidak apa-apa,” katanya.

Hal sama dirasakan H Umar Lc. Selama Ramadan, dia makin disibukkan dengan kegiatan pengajian dan siraman rohani. Walaupun tidak penuh, lebih padat dari hari-hari biasanya. Mulai pagi hingga malam, dia memberikan ceramah dan juga imam salat Tarawih. “Biasalah setiap tahun memang seperti itu,” ujar Umar. Dosen IAIN STS Jambi itu juga banyak mengisi pengajian ibu-ibu dan pengajian kantoran. Setiap Jumat, dia se-bagai khatib Jumat. “Itu jadwal rutin selain mengajar,” kata pria kelahiran 1981 tersebut.

Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (Ikat) Provinsi Jambi Abdullah Firdaus menambah-kan, selama Ramadan, waktu untuk berdakwah sangat padat. “Sesama anggota saling bertukar jadwal atau menutupi jika ada anggota yang jadwalnya bertum-buran,” ujarnya.(wra)

JAKARTA - Masa penantian Mantan Menkes Achmad Sujudi sebagai tersangka akhirnya berakhir. Kemarin (21/8) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menje-bloskan bekas menteri di era Presiden Megawati itu ke Lapas Cipinang. Dia ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pengadaan alat kes-ehatan tahun 2003 yang merugikan negara Rp 91 miliar.

Achmad Sujudi menjalani pemeriksaan lebih-kurang sebelas jam. Achmad yang kemarin mengenakan kemeja biru muda digiring ke luar ruang penyidikan seki-tar pukul 19.30. Tak banyak komentar yang keluar dari bekas pejabat kelahiran Bondowoso tersebut. “Pemeriksaan tadi hanya mengulang, konfirmasi dari yang sebelumnya saja,” ujarnya sambil menuju mobil tahanan KPK yang menunggu di depan gedung. “Yang pasti kalau sudah selesai akan dijelaskan, tak ada pertanyaan yang prinsipal,” tambahnya. Sebelum ditahan, Achmad juga diizinkan makan malam terlebih dahulu.

Achmad Sujudi mulai ditetapkan ter-sangka sejak pertengahan Mei lalu. Komisi menjeratnya dengan Pasal 2 ayat 1 UU Pemberantasan Tipikor. Ini merupakan norma yang melarang penyelenggara negara memperkaya diri. Mereka yang terbukti melanggar bisa dijerat hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Saat penyidikan berjalan, KPK juga

telah menerima pengembalian sejumlah uang dari Achmad dan beberapa pejabat Depkes. Mereka berdalih tak mengetahui bahwa uang yang di kantongi berasal dari proyek pengadaan alat kesehatan. Sejauh ini, komisi menerima pengembalian Rp 10,2 miliar.

Telaah KPK atas kasus itu juga cukup mengejutkan. Penyidik menemukan keti-dakwajaran harga dalam 118 item alat-alat kesehatan untuk kawasan Indonesia Timur. Bahkan menurut KPK ada salah satu item barang yang digelembungkan sampai 5.000 persen. Penelusuran penyi-dik di beberapa rumah sakit di kawasan timur Indonesia, alat tersebut juga tak fungsional. “Banyak alat dari hasil proyek yang tak dipakai,” kata Deputi Penindakan KPK Ade Raharja, suatu ketika.

Juru Bicara KPK Johan Budi SP mmen-gungkapkan, Achmad ditahan selama 20 hari pertama. “Ditahan untuk kepentingan penyidikan. Banyak yang perlu kami gali lagi. Tersangka diduga telah mengambil keuntungan secara mmelawan hukum,” katanya.

Selain Achmad, KPK juga menjeb-loskan dua rekanan yang terlibat dalam pengadaan alat kesehatan yang menelan anggaran Rp 190 miliar itu. Mereka bekas Direktur Kimia Farma Trading Gunawan Pranoto dan bekas Direktur PT Rifa Jaya Mulya Rinaldi Yusuf. Dua perusahaan itu menjadi kontraktor dan subkontrak-

yang mengungkapkan bahwa saat audit BPK terhadap proyek itu, ditemukan ke-mahalan harga sekitar Rp 4,5 miliar. “Tapi Kimia Farma Trading juga sudah mengem-balikan kelebihan itu ke kas negara. Ini yang perlu dicatat,” ungkapnya.

Dia juga membantah tudingan KPK bahwa terjadi penggelembungan harga dalam pengadaan alat kesehatan tersebut. “Tidak benar ada kenaikan harga dalam pengadaan alat,” ujarnya. Menurutnya, selisih harga dari agen alat kesehatan dan kontraktor karena digunakan untuk alat transportasi dan penunjang pra instalasi. “Logikanya masak Depkes beli alat hanya cukup diantar saja. Perlu prainstalasi dan pelatihan mereka yang mengoperasikan,” katanya. Dalam proyek itu, Kimia Farma hanya mendapatkan keuntungan 20 persen saja.

Dia menambahkan, dalam proyek itu Kimia Farma sudah menjalin kerja sama dengan Depkes sejak lama. “Rifa Jaya ke Kimia Farma kerja sama. Yang penunjukan langsung itu Depkes ke Kimia Farma. Tidak perlu dilakukan tender, Kimia Farma boleh mencari rekanan mana pun,” ujarnya.

Teuku juga menerangkan, selama mempelajari kasus itu sebenarnya tidak ada kejanggalan. “Kami bingung selama beberapa waktu mempelajari kasus ini kok banyak kerugian,” terangnya.(jpnn)

tor proyek. Sayang, keduanya sama sekali tak

berkomentar saat digiring ke mobil tah-anan. Masing-masing mengunci mulut dari pertanyaan wartawan yang sejak pagi menunggu pemeriksaan itu. Mulai Jumat malam itu, keduanya menginap di tahanan yang berbeda. Gunawan mendekam di Rutan Polres Jakarta Timur, sedangkan koleganya Rinaldi di Rutan Polres Ja-karta barat.

Pembelaan kasus itu datang dari penga-cara Gunawan Pranoto, Teuku Nasrullah,

achmad sujudi

Bersiap Masuk Senayan -------- dari hal 1

Tidak MengidaM dan Mual-Mual lagiKetika wawancara ini berlangsung, pekan ketiga Februari 2009 yang lalu, Nyonya Hadijah sudah dua bulan mengandung anaknya yang ketiga. Tapi, ia mengaku tidak men-gidam dan tidak pula mual-mual. Padahal, juga menurut pengakuan wanita 34 tahun ini, dulu ia selalu mengidam dan mual-mual di saat usia kehamilannya masih muda be-gitu. Mengapa bisa seperti itu? “Se-jak dua bulan yang lalu saya rutin minum ZENA-600 dua kali sehari,” ucap penduduk Desa Padakkalawa, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan, ini. Selain itu, masih ada lagi man-faat sari bubuk kacang hijau dan kedelai itu baginya. Apa itu? “Saya kan sering menjahit pakaian secara kecil-kecilan. Karena itu, pinggang

dan persendian tulang saya sering sakit. Dan itu sudah berlangsung sekitar satu tahun,” ujarnya. Seka-rang, ia mengaku, dengan bantuan ZENA-600 itu keluhan tersebut tidak sering lagi muncul.

Di antara sekian banyak kacang-kacangan, kacang hijau dan kedelai sudah sangat lama dikenal sebagai bahan pangan begizi tinggi. Menu-rut literatur, kadar protein biji ka-cang hijau yang 24% berguna bagi pertumbuhan dan pergantian sel yang rusak. Selain itu, biji kacang hijau juga mengandung zat-zat gizi lainnya. Berbeda dengan jenis kacang lainnya, kadar lemak ka-cang hijau sangat rendah. Menurut penelitian, lemak jenuhnya hanya 27%, sedangkan sisanya tak jenuh.

Lemak tak jenuh berguna untuk menjaga jantung. Pada kacang hi-jau juga terkandung kalsium, fosfor, vitamin B1, dan vitamin B2 yang tinggi. Kalsium dan fosfor untuk memperkuat tu-lang. Vitamin B1 (tiamin) untuk pertumbuhan, per-baikan saluran pencer-naan, peningkatan nafsu makan, sumber energi, dan pemaksimalan kerja syaraf. Vitamin B2 (ribo-flavin) untuk membantu penyerapan protein di tubuh. Lalu, kacang hijau, terutama kecambahnya, berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memperlambat proses penu-aan dan penyebaran sel kanker. Selain itu, vitamin E (tokoferol) yang

terkandung pada kacang hijau dan kedelai dapat membantu pening-katan kesuburan. Apalagi dengan adanya isoflavon kedelai. Selain

sebagai antioksidan, se-nyawa yang pertama kali dikenal bermanfaat bagi kesehatan di awal 1990-an oleh ahli Amerika ini juga berfungsi sebagai antiosteoporosis, antia-terosklerosis, penambah imunitas tubuh, pendorong lancarnya metabolisme, dan lain-lain. Nagata, seorang peneliti Jepang, pada 1998 menganjurkan

manusia mengonsumsi isoflavon 50-100 mg/hari. Pada kedelai juga terdapat vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, kalsium, zat

besi, fosfor, dan sodium. Walaupun demikian, yang lebih penting dilaku-kan oleh setiap orang agar tetap se-hat adalah menjaga pola hidup yang sehat, seperti menjaga pola makan dengan teratur, berolahraga secara teratur, beristirahat dengan cukup, meminum air putih dengan cukup, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, dan sebagainya.

Kendati belum lama beredar, Zena-600 sudah laku di seluruh wilayah pemasarannya. Hal itu tak lepas dari manfaatnya yang nyata dan produknya yang diolah higienis. Selain itu, formulanya merupakan penyempurnaan dari formula-for-mula kedelai bubuk yang selama ini mulai banyak beredar di pasaran. Dan ini amat ditunjang oleh mulai

sadarnya masyarakat untuk bera-lih ke bahan-bahan nabati alami dalam memelihara kesehatan. Tapi, produk ini bukanlah obat melainkan makanan kesehatan untuk memeli-hara kondisi tubuh. Untuk konsultasi kunjungi segera [email protected] atau telepon (021) 70288 540 hubungi distributor Prov. Jambi: 08128361 642. Subdist Kerinci: 0813663601 40, Subdist Bangko: 08127350234, Subdist Batanghari: 0812741751 78, Subdist Tebo: 085274 776210.

Page 3: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi Independent SABTU, 22 AGUSTUS 2009

STSTSTSTSTAMINA TETAMINA TETAMINA TETAMINA TETAMINA TETAP PRIMA,AP PRIMA,AP PRIMA,AP PRIMA,AP PRIMA,REZEKI JADI LANCARREZEKI JADI LANCARREZEKI JADI LANCARREZEKI JADI LANCARREZEKI JADI LANCAR

Kondisi prima mutlak diperlukanpekerja bangunan. Jika tubuh kurang fit,kerja terhenti dan rezekipun tersendat. Halini diyakini betul oleh Bapak Udin Samsudin( 51 th) warga Ds. Lebak Jaya Kec. KarangPawitan Kab. Garut yang bekerja sebagaipekerja bangunan. Penyakit khas yangsering menderanya adalah lemas, nyeri danpegal usai bekerja. Dulu hal itu dapatdiatasinya dengan tidur secukupnya. Namunsaat usia menjelang setengahabad, penyakit diatas sulit diatasi.Jadi lemas, nyeri dan pegal taktertahankan , Udin terpaksaberistrirahat beberapa hari untukmemulihkan fisik. Dan itu berarti diatak mendapat upah yangdibutuhkan untuk menghidupikeluarganya.

Derita diatas diperparah olehbatuk akibat kebiasaan merokok.Jika kedua penyakit itu datangbersamaan berarti rezeki terhentilebih lama lagi. Beruntung suatu hariseorang sahabat memberinya minumanGula Aren Gentong Mas. Baru empat hariminum Gentong Mas dengan rutin,manfaatnya langsung terasa.

“ sekarang semua nyeri dan pegal danlemas berangsur reda, tak hanya itu batukyang sangat menyiksa juga terus berkurang,bahkan kini tak datang lagi ..” ucap Udindengan wajah bahagia. Ternyata masih adamanfaat lain dari Gentong Mas. “… GentongMas juga menambah vitalitas sehinggahubungan pasutri kami semakin hangat danmesra “ ujar Udin bangga menutuppembicaraan. .

Menurut Udin kegiatan rutin minumGentong Mas adalah jalan nikmat menujusehat agar rezeki tak terhambat.

Menurut Jeff Gunnent dalam bukunyaPermaculture Plant (2004), Gula Arenmengandung unsur yang melancarkanpencernaan dan tenggorokan. Selain ituGula Aren juga mengandung Riboflavin yangberfungsi melancarkan metabolisme danmembuat sel berfungsi optimal sehingga

stamina dan vitalitas prima.Namun berolah raga danmengurangi rokok juga perludilakukan.

Gentong Mas diproduksi hanyadari Gula Aren murni pilihan dandiproses dengan higienis.Menurut Eksekutif Marketing P.DGentong Mas kini semakinbanyak masyarakat merasakanmanfaat Gentong Mas, sehinggatingkat permintaan terus melonjaksecara signifikan.

Bagi anda yang memerlukannya, kiniGentong Mas sudah tersedia di apotek-apotek/toko obat terkemuka di Kota Jambi.Untuk mengetahui lebih lanjut hubungi telp: 0741-7102944/081366971641, Untukinformasi lebih lanjut telp:

Aptk Murni Jl. Sultan Agung, Aptk PembinaJl. M. Husni Thamrin, Aptk Rotari Jl. JenderalSudirman, Aptk Simp. Kawat Jl. Prof. M. yamin,Aptk Jelutung Jl. Hayam Wuruk, Aptk An-NisaJl. Pattimura, Aptk Telanai Jl. Kol. AmirHamzah, Aptk Sari Indah Jl. SumantriBrojonegoro, Aptk Hidayah Jl. Gajah Mada.P-IRT No. 812320501114

Main Film, Maia DipancingLagu Melankolis

MAIA Estianty harusmenguras air mata dalamdeb u t f i l m n y a , K ataMaaf Terakhir (KMT).Berperan sebagai Dania,

istri yang dikhianati suamiserta sahabatnya, Maia ban-

yak melakukan aktingsedih. Soundtrack

film Sleepless inSeattle, kata Maia,ban y a k m e m -bantunya untukmendalami ka-rakter.

M e n u r u t

Maia, so u n d t r a c k yangsalah satu lagunya berjudulWhen I Fall in Love, dinyanyi-kan duet Celine Dion dan CliveGriffin, itu bisa membawa sua-sana melankolis. “Saya palingtidak bisa menangis di depanorang banyak. Untung, setelahdipancing-pancing denganlagu itu bisa juga,” ujarnya saat

jumpa pers KMT di Planet Hol-lywood kemarin.

Kira kira, jelas Maia, dibutu-hkan waktu sepuluh menit un-tuk mendengar lagu tersebut,baru kemudian efeknya datang.Dia menambah dengan meng-ingat ketiga anaknya, Al, El,dan Dul. “Saya merasa sudahmenjadi ibu yang gagal. (jpnn)

Maia Estianti

Page 4: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi IndependentSABTU, 22 AGUSTUS 2009

DIPAR KUSMI, Kerinci

Perjalanan Nanda, Narapidana yang Lari dari Tahanan

Dijemput Keluarga, hingga Pasrah Kembali ke RutanSepuluh hari dalam masa pe-

larian, Nanda, terpidana kasusperusakan Hotel Jaya saat demo

anarkis di Umah Uhang EmpatJenis, 22 Desember 2008 lalu,berhasil dibawa kembali. KiniNanda telah kembali ke rutan

untuk mempertanggungjawabkanperbuatannya. Bagaimana kisah

pengejaran Nanda?

AWALNYA Jambi Independent ber-usaha menemui Nanda di Rutan Su-ngaipenuh. Namun mengingat Nandamasih dalam pemeriksaan petugas ter-kait pelariannya, koran ini hanya ber-hasil menemui Kepala Rutan Sungai-penuh Sapto Winarno. “Jangan dululah,saat ini Nanda masih menjalani pemer-iksaan di rutan,” ujarnya.

Sapto sendiri sempat menceritakanawal mula Nanda melarikan diri darirutan. Nanda keluar dari rutan atas izinnyakarena berniat menjenguk ibunya, Sisme-li, yang sakit di rumahnya di Desa Aur Duri,Dusun Harapan Jaya, Gang Kito Nia, Ke-lurahan Sungaipenuh. Pihak rutan mem-berikan izin untuk keperluan tersebut.

Karena itu, Sabtu (8/8), Nanda keluar ru-tan dan berangkat ke rumah orangtuanyayang sedang sakit itu. Nanda dikawal seor-ang petugas. Jelang beberapa puluh menitsesampai di rumah sang ibu, tiba-tiba Nan-da melarikan diri. “Nanda kabur ketika pe-tugas yang mengawal lengah,” kata Sapto.

Bagaimana dengan pihak keluarga

Nanda? Jambi Independent berhasilmenemui Sismeli, ibu kandung Nanda.Dari cerita ibunya, setelah melarikan diridari penjagaan petugas, Nanda lang-sung menuju salah satu loket mobil an-gkutan tujuan Kerinci-Jambi.

“Waktu Nanda lari, saya langsungmenuju loket dan ternyata benar Nandatelah memesan tiket tujuan Bungo,” kataSismeli, ibu Nanda, yang ditemui di ke-diamannya kemarin (21/8), Namun wak-tu itu Nanda sedang tidak berada di loket.

Mendapati informasi Nanda memesantiket di loket mobil angkutan umum,Sismeli langsung melaporkan ke pihakRutan Sungaipenuh. Saat petugas me-meriksa keberadaan Nanda di loket,mobil yang ditumpangi Nanda telahberangkat. Beberapa jam kemudian Sis-meli mendapat informasi dari tetang-ganya bahwa mereka melihat Nanda diDesa Muan, Kecamatan Batang Mera-ngin, Minggu (9/8) pukul 11.00 WIB.

Sismeli pun langsung menyusul Nan-da ke daerah Batang Merangin denganmobil sewaan. Sesampainya di BatangMerangin, Nanda tidak lagi berada di

sana. Secara kebetulan Sismeli bertemudua petugas rutan yang juga sedangmengejar Nanda. “Mereka (petugas ru-tan) menggunakan sepeda motor, lang-sung saja saya ajak sama-sama ke Bun-go menyusul Nanda dengan mobilsewaan. Sepeda motor petugas rutandititip di Batang Merangin,” katanya.

Sesampai di Bungo, Sismeli dan petu-gas rutan langsung menuju ke rumahmertua Nanda di sekitar Rumah DinasBupati Bungo. Namun sesampai di sana,hari sudah tengah malam, sekitar pukul00.00 WIB. Sismeli mencoba memanggilpemilik rumah, namun tidak ada yangmenyahut dan membuka pintu. Merekalalu menunggu di depan rumah mertuaNanda sambil duduk-duduk. “Waktu itucukup lama kami menunggu, tapi pintutidak dibuka-buka juga,” sebut Sismeli.

Tidak berapa lama, Sismeli bertemuAnggi, istri Nanda. Sismeli mendapatibaju kotor Nanda di dalam rumah mer-tua Nanda, namun Nanda tidak beradadi sana. “Karena tidak bertemu Nanda,kami pun kembali ke Kerinci,” katanya.

Sementara pihak Rutan Sungaipenuhlangsung berkoordinasi dengan Polres Ker-inci untuk mencari Nanda. Petugas RutanSungaipenuh disebar ke Kota Jambi danberbagai kabupaten di Provinsi Jambi sep-erti Bungo, Tanjab Barat, dan Merangin.

Tidak hanya itu, petugas Rutan Sun-gaipenuh juga diterjunkan ke Kota Padanguntuk mencari Nanda. Namun sudah sepe-kan Nanda melarikan diri, narapidana itutidak juga ditemukan petugas.

Akhirnya pukul 16.00 WIB (18/8),ayah Nanda, Hariadi, mendapat telepondari kakak istri Nanda di Bungo. Diamengatakan Nanda saat itu sedang be-rada di rumah mertuanya di Bungo.Mendapat info tersebut, Hariadi lang-

sung menyewa mobil dan sekitar pukul17.00 WIB ayah Nanda berangkat keBungo bersama Eko, sopir mobil, dandua petugas Rutan Sungaipenuh.

Sesampai di Bungo, tepatnya di rumahmertua Nanda, Hariadi bertemu Nanda.Menurut Sismeli, Hariadi langsungmembujuk anak pertamanya itu untukkembali ke Rutan Sungaipenuh. “Nan-da bersedia dan langsung dibawa keKerinci untuk diserahkan ke pihak Ru-tan Sungaipenuh,” ujarnya.

Nanda pulang bersama ayahnya dandua petugas rutan sampai di KerinciKamis (19/8) pukul 06.00 WIB.

Menurut Sismeli, Nanda belum sempatditanya kenapa dia sampai melarikan diridan ke mana saja dia selama sepuluh hariitu. “Ayahnya tidak mau banyak bertanyake Nanda karena takut Nanda berubah piki-ran dan melarikan diri lagi,” ungkapnya.

Namun perkiraannya Nanda melari-kan diri karena dihasut istrinya. Kabarn-ya, istri Nanda berutang sekitar Rp 2 jutakepada salah satu koperasi dan tak mam-pu membayarnya. Karena tidak mampumembayar, istri Nanda melarikan diri keBungo. “Mungkin istrinya mengajakNanda melarikan diri karena dia tidaklagi berada di Kerinci,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, Anggi, istriNanda, dinikahi Nanda status janda be-ranak satu. “Sampai sekarang Nanda tidakpunya anak dari Anggi,” katanya.

Saat ini Sismeli sangat bersyukur Nandadapat kembali ke Kerinci dan melanjutkanhukumannya di Rutan Sungaipenuh. “Wa-laupun Nanda membenci saya dan ayahnyakarena membuatnya pulang ke Kerinci danmasuk ke rutan lagi, saya tidak apa-apa.Suatu saat dia akan sadar bahwa tujuanorangtuanya agar dia kembali ke rutan un-tuk kebaikan dirinya,” ujar Sismeli.(*)

Puasa, Tempat Hiburandan Petasan Dirazia

Demo Sita DinilaiLanggar AdministrasiDEMONTRASI oleh gerakan Aliansi Kota

(Sita) yang dikomandoi Heri S Mohza, yangmenuding Pemkab Merangin melakukan pe-nyimpangan, beberapa waktu lalu, tanpa izinresmi aparat polisi. Hal tersebut diungkapkan

Kapolres MeranginHudit Wahyudi ke-marin (20/8).

“Jujur saja, aksidemonstrasi yang di-lakukan Sita bebera-pa waktu lalu me-mang tidak ada izinresmi. Bahkan hing-ga saat ini, aksi demon-strasi tanpa izin resmitersebut masih kitadalami,” ungkapnya.

Meskipun hingga saat ini belum satu pun paraaktor demo yang dilakukan pemeriksaan, sanksipembubaran yang dilakukan Polres dinilai sudahcukup. “Persoalannya hanya administrasi saja.Para pendemo tidak dilengkapi administrasi se-suai prosedur hukum yang ada,” tambahnya.

Sekadar untuk diketahui, ada beberapa tun-tutan Sita, yakni soal pengadaan 44 mobil di-nas dengan total Rp 9 miliar serta dua peker-jaan di Dinas PU Merangin yang dituding ter-jadi penyimpangan, yakni pekerjaan swa-kelola bernilai Rp 4 miliar dan pekerjaan men-dahului senilai Rp 3 miliar.

Terkait demo tersebut, Bupati MeranginNalim tetap menyangkal berbagai tudinganyang disuarakan para demonstran. “Apa yang sudahdisuarakan para demonstran tersebut sama sekali tidakbenar. Pembelian mobil dinas dan berbagai hal ter-kait pekerjaan proyek di tubuh Pemkab Meranginsudah dilakukan sesuai prosedur,” katanya.(ctr)

BANGKOBANGKOBANGKOBANGKOBANGKO

LUKMAN HAKIM, Sarolangun

Di Bungo, Satpol PPAmankan 5 Jenis Petasan

DALAM rangka menjaga ketenteramanselama Ramadan, hampir semua daerahmelakukan razia, khususnya pada tempat-tempat hiburan, termasuk mercon.

Pemkab Sarolangun melalui Kantor Kes-bangpol dan Linmas bersama Polres Saro-langun, Kamis malam (20/8), meraziasejumlah tempat hiburan dan warung re-mang-remang yang terdapat di kecamatandi Sarolangun.

Penertiban tempat hiburan tersebut di-mulai pukul 21.00 WIB. Penertiban di-maksudkan untuk menjaga kondisi yangkondusif agar masyarakat dapat khusuk

dalam beribadah selama Ramadan. Takurung sejumlah tempat hiburan dan warungremang menjadi objek penyisiran timgabungan tersebut.

“Kita minta kepada pemilik hiburan iniagar dapat menutup areal permainan daripukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB, agarumat Islam menjalankan ibadah puasa tidakterganggu,” ungkap Kapala Kantor Kesbang-pol dan Linmas Sarolangun Aslami MZ.

Lebih lanjut, kata Aslami, setelah pukul21.00 WIB, kalau memang mau buka lagi,silakan. “Yang jelas, kami meminta agar kitasaling menghargai dan menghormati. Jikaperingatan ini tidak diindahkan, jangandisalahkan jika ada tindakan tegas yangakan kita lakukan,” sebutnya.

Dari pantauan di lapangan, setelah me-nyisir areal permaian biliar, tim yang ber-jumlah 21 orang tersebut langsung melun-cur ke Kecamatan Mandiangin. Di kecama-tan tersebut, ada beberapa tempat hiburan

malam yang masih beroperasi. Bahkan ketikatim datang, masih ada pasangan bermesraan.Sayang, para PSK tersebut kabur duluan.

Terpisah, Wakil bupati Sarolangun CekEndra mengatakan, pemerintah daerah akanmelakukan tindakan tegas terhadap tempat hi-buran yang masih beroperesi selama Ramadan.

“Kita terus melakukan razia dan jika masihada yang beropersi, akan kita tindak tegas,”katanya.

Menurutnya, hal itu penting dilakukanagar umat Islam selama ibadah puasa benar-benar khusuk dan tidak merasa terganguoleh aktivitas lain. “Petasan juga akan kitarazia. Itu mengganggu ketenangan dan jugabisa mengancam keselamatan orang jika tidakdicegah secepatnya,” sambung Cek Endra.

Sementara pihak Satpol PP Bungo kemarin(20/8) melakukan razia untuk meminimal-isasi peredaran petasan atau mercon. Darihasil razia tersebut, diperoleh barang buktisebanyak lima jenis petasan, yakni petasan

jenis korek api, jeni bom mainan, jenis ko-met, petasan dengan ukuran kecil warna-warni, dan petasan yang sering digunakanetnis Thionghoa dalam suatu acara.

“Dari razia tersebut, kita sudah mengam-ankan lima jenis petasan,” kata Kepala KantorSatpol PP Bungo Taufik Khaldy usai razia.

Lebih lanjut, target razia dilakukan mulaidari pedagang besar hingga pedagang dipinggir jalan. “Alhamdulillah razia terse-but berjalan aman. Tidak ada perlawananyang dilakukan pedagang. Kita hanya me-nyiapkan 26 personel Satpol PP,” sebutnya.

Taufik menambahkan, razia petasan di-gelar rutin selama Ramadan. Selama bulantersebut, semua umat Islam dapat menjalan-kan dengan tenteram dan aman.

“Selain razia petasan, kita juga berencanamenggelar razia terkait masalah penyakitmasyarakat (pekat). Target razia seperti biasatempat hiburan maupun hotel yang ada. Wak-tunya, kita tunggu saja,” tambahnya. (*/dwy)

Puasa, Disnak Jamin Bebas Daging OplosanMUARATEBO — Selama puasa dan men-

jelang Idul Fitri mendatang, Dinas Peterna-kan (Disnak) Tebo menjamin kabupaten itubebas daging oplosan. Setiap hari Disnakmelakukan pemantauan sebelum dagingdijual di pasar.

Plt Kadis Peternakan dan Perikanan TeboMuhsin mengatakan, selama ini di Tebobelum pernah terjadi kasus daging oplosan.

“Namun kita tetap melakukan waspada,makanya kami selalu memantau setiaphari,” katanya.

Berikutnya, kata Muhsin, selama ini diTebo juga jarang daging berasal dari luardaerah. “Biasanya daging yang hendak di-jual kita beri stempel untuk menunjukkankepada masyarakat bahwa daging tersebutbaik dan segar,” terang Muhsin.

Menurut Muhsin , peredaran dagingoplosan biasanya karena kebutuhan akandaging meningkat dari hari biasa, sehinggapersediaan daging sapi berkurang. Karenaitu, para pedagang banyak mencampur de-ngan daging hewan lain atau daging yangtelah disembelih dalam waktu lama.

“Ciri daging oplosan tersebut bau yanglebih menyengat, serat biasanya lebih kasar.

Makanya para konsumen harus lebih ber-hati-hati,” harapnya.

Terkait keluhan warga soal harga daging,Muhsin mengatakan wajar. Menjadi hukumdalam dunia perdagangan, ada kala harganaik dan turun. Selama ini, harga daging sapidi Tebo tidak jauh berbeda dari daerah lain.“Yang jelas harga daging di daerah kita cu-kup stabil,” jawabnya.(amu)

Nanda

Hudit Wahyudi

Page 5: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi Independent SABTU, 22 AGUSTUS 2009

MesinPLTGMasihRusak

Melihat Persiapan Arak-arakan Sahur di Tanjab Barat (1)

Satu-satunya di Jambi, Rela Habiskan Jutaan Rupiah

CANDRA PURNOMO,Kuala Tungkal

Tak banyak lagi wargamelestarikan tradisi arak-arakan menjelang sahur.

Namun tidak begitu diKualatungkal, TanjabBarat. Kegiatan arak-

arakan menggunakanberbagai jenis alat musik

masih berjalan. Bahkanmenjadi ajang festivaltahunan. Seperti apa

persiapan para peserta?Berikut liputannya.

TERIK matahari begitu me-nyengat di Tanjab Barat. Disejumlah tempat yang dising-gahi, belum banyak yang me-nyiapkan acara arak-arakanmenjelang sahur. Hampir 30menit mengelilingi kota Kuala-tungkal, akhirnya koran ini ber-temu sekelompok warga yangtengah sibuk menyiapkan alat-alat arakan tersebut. “Kami se-dang menghias gerobak untukpersiapan nanti malam,” kataRahman menyambut Jambi In-dependent kemarin (21/8).

Di rumah berukuran 8x15meter di Jalan Pahlawan No 14,RT 10, Kelurahan Tungkal 4,Kecamatan Tungkal Ilir, Rah-

man sedang menyiapkan se-buah gerobak yang telah dihi-as untuk tampil sempurna da-lam acara pembukaan arak-ar-akan sahur yang akan dibuka Bu-pati Tanjab Barat Safrial MS. “Inibasecame kami. Di sinilah kamiberkumpul untuk menyiapkanperalatan nanti,” ujar Rahmansambil sibuk menghias.

Rahman mengatakan bahwadirinya dan temannya yang ter-gabung dalam persatuan Se-lempang Merah Percussion telahdua bulan mempersiapkan ger-obak doron yang dihias sedemiki-an rupa untuk festival nanti. Sejak2002, awal dilenggarakan festival,mereka tidak pernah absen.

Lalu bagaimana sejarah tradisi

arak-arakan sahur itu? Festivalarak-arakan menjelang sahursudah mulai dibangkitkan lagi se-jak 2002 pada masa kepemimpi-nan Bupati Usman Ermulan. “Pe-merintah mulai mengambil peranagar arak-arakan dijadikan festivaldan diperlombakan,” katanya.

Sebenarnya arak-arakan sahuritu sudah turun-temurun. Or-ang-orang tua dulu bersama-sama berjalan mengelilingi ka-mpung membangunkan wargauntuk segera sahur. “Dari situ-lah awal sejarah hingga dijadi-kan ajang perlombaan sepertisekarang,” ujar Rahman. Tra-disi itu terus berlangsung dandipertahankan hingga kini.

Pria berkulit sawo matang

tersebut mengatakan bahwapertama kali kelompok Selem-pang Merah Percussion meng-habiskan dana Rp 2 juta. Uang itudikumpulkan secara sukarela daripara anggota lalu digunakan un-tuk membeli peralatan-peralatanmenghias gerobak, misalnya un-tuk membeli kain serta membuatbeduk dan gendang. “Peralatankita beli dari uang iuran anggo-ta,” ujarnya.

Meski sudah mengeluarkan ban-yak biaya, niat melestarikan bu-daya dan tradisi tidak menyurut-kan warga Kualatungkal untukberkarya. Dalam kurun waktu tu-juh tahun pelaksanaan festivalarak-arakan sahur, kelompokSelempang Merah Percussion

menghabiskan dana Rp 100 juta.“Sudah banyak kita keluarkan bi-aya untuk bisa melestarikan bu-daya yang cuma ada di ProvinsiJambi,” kata Rahman semangat.

Hingga kini kelompok Se-lempang Merah Percussion telahmemiliki sedikitnya 50 anggota.Jumlah itu terus bertambah daritahun ke tahun sejak berdiri pada1999. Tahun ini Rahman cs telahmenyiapkan tujuh gerobak dor-ong hias. Setiap gerobak dilapisikain-kain berwarna merah, kun-ing, dan lainnya. Tak hanya itu, ger-obak itu nanti akan dilengkapiberbagai lampu hias. “Kita jugapakai lampu sorot,” ungkapnya.

Selain itu, untuk membuatlebih meriah, sejumlah alatmusik seperti beduk, kenton-gan, rebana, dan gong disiap-kan. “Termasuk baju-baju adat,kita akan tampil habis dalamacara festival nanti,” jelas Rah-man menceritakan sejumlahpersiapan kelompok. ”Kita te-lah menyiapkan penari japindan mereka akan tampil pada ac-ara tersebut. Kita harapkan festivalberlangsung meriah,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pemuda,Olahraga Seni, Kebudayaan,dan Pariwisata Tanjab Barat,Hasbi Zainal mengatakan, fes-tival arak-arakan sahur harusterus ditingkatkan dan merupa-kan tradisi masyarakat TanjabBarat. “Kita sudah daftarkandan tercatat di Dinas Pariwisa-ta,” katanya.(Bersambung)

Lahan TidurTetap Prioritas

MESKI program optimasi lahan tidur dikabupaten tersebut belum berjalan maksimal,Pemkab Muarojambi tetap memprioritaskanprogram satu itu. Selain menciptakan ketaha-nan pangan, program tersebut dinilai dekatdengan masyarakat yang lebih dari 60 persenpetani. Demikian dikatakan Bupati Muaro-

jambi H Burha-nuddin Mahir ba-ru-baru ini. ”Opti-malisasi lahan tidurtetap jadi prioritasutama kita,” tegas-nya.

Bupati menga-takan, denganprogram itu, pi-haknya optimisMuarojambi bisaswasembada diakhir 2010. Diam e n e r a n g k a n ,meski ada beber-apa program ya-ng dijadwal ul-ang, optimalisasilahan tidur tidak

bakal terganggu. “Kita punya skala prioritas,jadi program yang dinilai tidak prioritaslahyang kita rescheduling,” tegasnya.

Kepala Bappeda Muarojambi Sudirmanmengatakan, pihaknya hingga kini masihmenunggu masyarakat yang ingin lahan mere-ka dibukakan. “Saat ini memang baru berjalan500 hektar, namun bukan kurang maksimal.Hanya saja kita akan melakukan survei duluke lokasi pembukaan lahan. Kadang-kadangada lahan yang diajukan masyarakat itukurang atau hal lain, tergantung pengajuanmasyarakat,” tutur Sudirman.

Dijelaskan, sebenarnya target optimasi lah-an tidur sebanyak 300 ribu hektar. Namun kare-na kendala pengajuan lahan, sekarang barubisa tercapai 500 hektar. “Kita sebenarnyasudah siap, bahkan kita juga sudah memben-tuk tim yang terdiri atas dinas/instansi terkaituntuk mengurus program itu,” katanya.

Lebih lanjut Sudirman mengatakan, danaprogram optimalisasi lahan tidur, sekitar Rp 12miliar, merupakan hibah dari pemerintah pu-sat. “Setiap warga yang membuka lahan tidur,baik itu berbentuk ladang atau sawah, akandiberi modal sebesar Rp 5 juta per orang. Modalitu untuk membeli bibit pupuk dan lainnya,”terang Sudirman.(fes)

MUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBI Jalan Provinsidi Batanghari

RusakMUARABULIAN – Kerusakan ruas jalan di

Muarabulian hingga kini dikeluhkan warga.Pasalnya, di beberapa titik di ruas jalan tersebutterdapat lubang-lubang cukup dalam, antara laindi ruas jalan di depan Terminal Muarabulian.

Dikhawatirkan, jika tak segera diperbaiki,lubang itu semakin dalam dan membahayakanwarga yang melintas. Dari pantauan koran inikemarin (21/8), kerusakan ruas jalan milik pemer-intah provinsi tersebut saat ini memang parah.

Apalagi letak kerusakan masih berada di dalamwilayah Muarabulian. Sayang, meski rusak sejakbeberapa waktu lalu, hingga sekarang jalan itu takkunjung diperbaiki. Padahal kerusakan tersebutsudah membuat aktivitas lalu lintas terganggusejak beberapa waktu lalu.

Menurut penuturan warga yang ditemui kemar-in, jika lubang yang menganga di tengah jalan itutidak segera diperbaiki, dikhawatirkan mem-bahayakan keselamatan pengguna jalan. “Cobalihat, lubang jalan itu sudah semakin dalam. Ka-lau tidak berhati-hati, bisa berbahaya,” ungkapAndi, seorang warga.

Kerusakan jalan tersebut kian diperparah den-gan kendaraan bertonase tinggi yang lalu lalang.Selama ini disinyalir kerusakan jalan disebabkankendaraan bertonase tinggi yang melintas dariarah Muaratembesi ke arah Jambi. Hal itu terbuktikarena rata-rata ruas jalan yang mengalami kerusakanberada di sisi kiri jika meluncur ke arah Jambi.

“Jalan sudah rusak seperti ini, tapi kendaraanbermuatan tinggi tetap lewat terus. Jadinya ya tam-bah parah rusaknya,” kata warga lainnya.(lis)

Burhanuddin Mahir

CANDRA PURNOMO, Kuala Tungkal

TIGA unit mesin PLTG yang dimiliki PT Tan-jung Jabung Power (TJP) kini tidak berfungsi danrusak total. Anehnya, sampai saat ini belum adakepastian kapan mesin tersebut akan normalkembali. Padahal batas waktu perbaikan yangdijanjikan pihak perusahaan pasokan listrik ad-alah 27 Juli lalu. Termasuk perpanjangan waktuperbaikan satu bulan yang diminta perusahaanjuga sudah habis.

Manajer Engineering PT TJP Diky mengakuibahwa perbaikan tiga unit mesin PLTG yangrusak belum rampung. “Mesin-mesin itu masihdalam perbaikan,” kata Diky.

Diky menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkanmesin sewa untuk pengganti mesin yang rusak, namunmesin itu belum bisa dibawa ke Kualatungkal. Menu-rut dia, ada beberapa administrasi yang harus ditanga-ni langsung oleh Direktur PLTG Bambang Sutejobelum rampung dikerjakan.

“Pihak asing tidak mau melepas mesin tersebutkalau tidak langsung sama direktur, padahal mes-in itu sudah stand by di Jakarta,” jelasnya. “Tad-inya sudah klop. Lantaran Bambang Sutejo ditah-an, rencana itu gagal kembali,” ungkap Diky.

Terpisah, Bambang Sutejo mengatakan, untukmemaksimalkan kembali mesin PLTG, pihaknyasudah menyewa mesin lain. “Fungsinya sebagaipengganti mesin yang rusak. Tapi karena keburusaya ditahan, rencana itu gagal. Pihak asing tidakmau melepas mesinnya kalau tidak langsungsama saya. Apalagi kalau melihat saya ditahanpolisi, urusannya pasti lain,” terang Bambangbeberapa waktu lalu.(*)

Sehari Jelang Puasa, Harga Sembako NaikMUARABULIAN – Menjelang bulan

puasa, harga sembako di pasar tradision-al Keramattinggi, Muarabulian, mulaimerangkak naik. Dari pantauan koran inikemarin (21/8), harga beberapa jenis sem-bako yang selama beberapa hari sebelum-nya masih stabil, kini mengalami pen-ingkatan harga. Kenaikan tersebut mem-buat warga mulai cemas.

Salah seorang pedagang di Pasar Kera-mattinggi, Rahmat, mengatakan bahwaharga beberapa jenis sembako menjelangpuasa mengalami kenaikan. Dia menconto-hkan, harga cabe yang sebelumnya hanya Rp15 ribu per kg, kini menjadi Rp 20 per kg.Begitu juga harga daging ayam kampung

yang sebelumnya Rp 35 ribu per kg,sekarang naik menjadi Rp 40 ribu per kg.

Kendati demikian, kenaikan tidak ter-jadi pada semua komoditas sembako se-cara serentak. Pasalnya, masih ada beber-apa jenis sembako yang tetap stabil den-gan harga beberapa hari sebelumnya.“Harga sayur sekarang juga mulai men-galami kenaikan. Tapi harga beras tampa-knya masih stabil,” katanya.

Kenaikan harga beberapa jenis barangtersebut menimbulkan kekhawatiran bagiwarga setempat. Nina, seorang ibu rumah tang-ga yang didapati sedang berbelanja di PasarKeramattinggi, menuturkan bahwa dirinyamerasa waswas dengan adanya kenaikan

harga barang menjelang puasa.Seperti tahun-tahun sebelumnya, jika me-

masuki bulan puasa, beberapa jenis barangsembako kerap mengalami kenaikan. Pada-hal selama bulan puasa dan menyambut Leb-aran, kebutuhan yang perlu dicukupi jugasedang menumpuk. “Payah, barang mulaibanyak yang naik. Padahal kebutuhan jugobanyak yang harus dibeli,” ujarnya.

Yati, warga lainnya, mengungkapkanhal serupa. Namun demikian, dia hanyaberharap agar kisaran kenaikan yang ter-jadi selama bulan puasa tidak terlalu ting-gi selisihnya dari harga semula, sehing-ga tidak terlalu menyusahkan warga den-gan ekonomi lemah.(lis)

BERBAHAYA

CA

ND

RA

PU

RN

OM

O /

JAM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

HERMAYULIS /JAMBI INDEPENDENT

MENGHIAS:KelompokSelendangMerahPercussionsedangmenyiapkangerobak hiasuntuk acaraarak-arakansahur.

Salah satu titik lobang yang membahayakan penggunajalan. Hingga kini belum ada perbaikan dari PemerintahProvinsi Jambi

Pengadaan MesinBaru Terkendala

Page 6: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi IndependentSABTU, 22 AGUSTUS 2009

FACHRUL ROZI,Kota Jambi

Besok, Caleg Terpilih DPRD Kota DilantikGubernurTandatangani SK

masih kurang bisa menyusul,”ujar Kepala Biro pemerintahanSetda provinsi Jambi Ali Redo,kemarin (21/8).

Menurutnya, Pemprov tidakakan mempersulit penerbitanSK. Apalagi, semua proses ber-kas caleg sudah dipenuhi padatahapan penetapan caleg ter-pilih yang lalu. Apalagi, untukkasus di Kota Jambi di luar ken-dali manusia. “Jadi tidak adayang perlu diributkan lagi,” te-gasnya.

Bagaimana dengan kabupa-ten lainnya? Ali menegaskansemua SK sudah ditandatanga-

ni Gubernur. Apalagi, memangberkas dari Kabupaten tidakada masalah lagi. “Sekarangt inggal penomoran sura t .Merangin rencananya bakalambil hair ini (kemarin,red),”tambahnya.

Untuk DPRD provinsi, pi-haknya juga telah menyampai-kannya ke Mendagri, kemarin.“Jadi yang terkait SK caleg,sudah tidak ada masalah,” kat-anya.

Terpisah, Ketua KPUD KotaJambi Ratna Dewi sudah me-ngetahui jika SK DPRD Kotasudah tidak ada masalah, mes-

ki pengumpulan berkas barudiselesaikan kemarin. “Alham-dulillah, semua bisa sesuia jad-wal,” ujarnya.

Untuk itu, pelantikan calegterpilih b i sa d i laksanakansesuai jadwal. Ini berart itahapan akhir dar i pe lak-sanaa pemilu legis la t i f diKota Jambi bisa diselesai-k a n sesuai dengan waktu-nya dan tanpa ada kendalayang bisa mengganggu jadwalpemilu legislatif. “Rencana-nya besok (hari ini,red) kitagladi lagi untuk persiapanakhir,” ujarnya. (nid)

JAMBI - Setelah sempat ter-ancam tertunda, akhirnya ca-l e g t e r p i l i h D P R D K o t aJ a m b i b i s a d i l a n t i k s e -sua i j adwa l , yakn i be sok( 2 3 / 8 ) .

G u b e r n u r J a m b i Z u l -k i f l i Nurdin akh i rnya me-n a n d a t a n g a n i m e s k i a d aberkas caleg terpilih yang be-lum lengkap.

“Gubernur sudah tanda tan-gan. Soal jika ada berkas yang Ali Redo

KPUD Provinsi BentukDewan Kehormatan

Terkait MantanNapi MenjadiDewan

TERKAIT caleg terpilih Sar-daini dari PKPI untuk DPRDSarolangun yang merupakanmantan narapidana yang per-nah dihukum di atas lima tahunpenjara, putusan yang dilaku-kan di PN Muarabungo itu ter-nyata berbuntut panjang.

KPUD Provinsi Jambi ke-marin (21/8) sudah menetap-kan pembentukan dewan ke-hormatan untuk membahasmasalah tersebut. Ketua de-wan kehormatan DPRD Pro-vinsi Jambi tersebut yakniNuraida Fitri Habi dengananggota Yaser Arafat dan An-sorullah.

“Pembentukan sesuai UUNomor 22 Tahun 2007,” un-gkap Nuraida. Alasan pem-bentukan dewan kehorma-tan untuk menindaklanjutikasus mantan narapidanayang lolos jadi anggota de-wan pascakeputusan Mah-kamah Konstitusi (MK).

“Prinsipnya tetap akan kitaproses. Ini saja baru terbentuk.Yang jelas kita teruskan hing-ga adanya penyelesaian, danhasilnya nanti melalui rapatpleno sesuai rekomendasidari dewan kehormatan,” ka-tanya.

Berikutnya, kata Fitri, pi-haknya juga akan melakukanpengumpulan data-data se-hingga b isa menja lankanproses tersebut hingga ada-nya solusi.

Bagaimana dengan posisiKPUD Sarolangun? MenurutFitri, pihaknya te t a p a k a nm e n g k a j i p e r s o a l a n n y a .“Tetap akan ki ta kaj i , na-

mun kasih waktu dulu kare-na kami baru terbentuk,” se-butnya.

Terpisah, Ketua KPUD Sa-rolangun Desy Arianto ketikadikonfirmasi mengaku tetapakan mempertahankan posisiSardaini. “Namanya tetap kitaajukan untuk segera melaku-kan pelantikan,” katanya.

Terkait pembentukan dewankehormatan KPUD ProvinsiJambi, dia tetap pada keputu-sannya. “Silakan saja, yangjelas kami siap dipanggil mau-pun diperiksa,” katanya.

Sekadar mengingatkan, sebe-lumnya KPUD Sarolangunmengkaji permasalahan terse-

but. Selain UU Nomor 10 Tahun2008 tentang Pemilu yangmelarang, keputusan MK mem-perbolehkan narapidana di atashukuman lima tahun masukdalam bursa caleg.

Dalam Pasal 50 huruf g di-sebutkan, bakal calon anggotaDPR, DPRD provinsi , danDPRD kabupaten/kota harusmemenuhi persyaratan, yaknitidak pernah dijatuhi hukumanpidana penjara berdasarkanputusan pengadilan yang te-lah mempunyai kekuatanhukum tetap, karena melaku-kan tindak pidana yang di-ancam dengan pidana penjaralima tahun atau lebih.(*)

Page 7: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

[email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Jumeidi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Prawoto (Kabag), Tareju, Sarjono, Setiadi . Sirkulasi:Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

Jambi Independent SABTU, 22 AGUSTUS 2009

Kasus Bansos, SeretPejabat BPD ---------------------- dari hal 8

Setelah bernegosiasi, akhir-nya tanpa tanda tangan Saf-rizal pada bilyet giro serta tan-pa konsultasi dengan UL, danatersebut dicairkan. “SetelahSekda Maaruf Kari, Syukur KelaBrajo (SKB), asisten SetdaDamhar, serta Kabag HukumAdli SH dan Kadis DPPKADSyamsurizal membuat suratjaminan pada Senin, 2 Maret2009, dana bansos dicairkan.Tahap pertama sebesar Rp 1,75miliar dan tahap kedua Rp 400juta lebih. “Hingga kasus inidiusut Kejaksaan Negeri Su-ngaipenuh, bilyet giro tersebutbelum ditandatangani,” jelassumber itu.

Sumber yang tidak ingin na-manya ditulis di koran tersebutmengatakan, pejabat BPD Ke-rinci seharusnya berpikir untukmencairkan dana bansos terse-but karena selain giro yangtidak ditandatangani pihakpengguna anggaran (PA), pim-pinan cabang juga harus me-mikirkan kenapa pencairandana itu diusulkan sehari men-jelang berakhirnya jabatan bu-pati saat itu.

Pj Pinca BPD Kerinci Sudir-zan SE saat dikonfirmasi me-ngatakan, pihaknya tidak ber-hak memberikan keterangankepada pers. Wartawan yanghendak mengonfirmasi diper-silakan berhubungan denganDirektur Kepatuhan BPD Jam-bi H Edi Kusuma. “Di BPD se-perti itu aturannya, silakan keJambi untuk konfirmasi. Tidakboleh melalui telepon atau HPkarena di BPD tidak diper-kenankan berhubungan de-ngan HP,” ujarnya.

Untuk diketahui, terkait danabansos 2009, pihak KejaksaanNegeri Sungaipenuh belummenetapkan tersangka. Pasal-nya, APBD 2009 belum diauditoleh BPKP Provinsi Jambi. Se-mentara untuk dana bansos2008, pihak Kejari Sungai-penuh telah menetapkan satutersangka, yakni mantan Asis-ten II Pemda Kerinci SyukurKela Barajo. Dalam proses pe-nyidikan, kejaksaan mengakumembuat berita acara pemerik-saan (BAP) terpisah antaradugaan kasus korupsi danabansos 2008 dan dana ban-sos 2009. “Berkasnya ter-pisah,” kata Kepala Kejak-saan Negeri Sungaipenuh DaruTrisadono. (dip)

Pencuri 300 Gram Emas Diringkus --------------------------------------------------- dari hal 8Peristiwa ini sendiri terjadi

pada Rabu 4 Maret lalu sekitarpukul 10.00 WIB, saat korbantak berada di rumah. Informa-sinya, kala itu tersangka Mu-hammad Usman, Tabroni, Mas-hadi, Riko serta Roman yang

baru ditangkap menuju ke ru-mah korban Abdul Wahab.

Untuk memuluskan aksi ini,mereka berbagi peran. Masha-di dapat tugas berjaga-jaga disimpang atas samping Telkomsambil mengamati situsasi, se-dangkan Riko dan MuhammadUsman berjaga-jaga di luar ru-mah. Sementara Roman danAtip bertugas melakukan ek-sekusi masuk rumah dengancara terlebih dahulu mencon-gkel pintu samping belakang.Setelah berhasil masuk, mere-ka kembali merusak pintu ka-mar korban.

Dalam aksi itu, tersangkamengambil perhiasan emasyang ditaksir jumlahnya seki-tar 100 mayam. Antara lainberupa gelang plat enam buah,gelang rantai lima buah, gelangkeroncong 10 buah, gelang

selisih tiga buah, gelang muti-ara putih tiga buah dan gelangmutiara hitam satu set. Kemu-dian gelang mutiara merah satuset, gelang bernama Willia satubuah, gelang bernama Dwi Msatu buah, kalung panjang be-serta mainannya empat buah,kalung pendek beserta mainan-nya enam buah, cincin laki-lakitujuh buah.

Tidak hanya itu, tersangkajuga mengambil jam tanganlaki-laki satu kotak berisi 15buah, anting-anting enam pa-sang, HP Merek Nokia type1208 warna hitam, serta bukutabungan beserta ATM-nya.Kerugian yang diderita olehpasangan suami istri Abdul Wa-hab- Hj Aslinda itu mencapaiRp 100 juta.

Di hadapan Jaksa PenuntutUmum (JPU) Khaerul Hisam

saat pelimpahan Selasa (18/8)lalu, tiga tersangka Mashadi,Muhammad Usman, dan Tibro-ni sempat menyangkal perbua-tan yang dituduhkan padanya.Mereka menyebutkan, yangmelakukan itu adalah tersang-ka Riko Ariadi. Atas bantahanitu, JPU Khaerul Hisam menye-butkan itu adalah hak dari ma-sing-masing tersangka. “Untukmembuktikan kalian bersalahatau tidaknya di persidangannanti,” kata Khaerul Hisampada ketiga tersangka itu.

Keempat tersangka sendiriberhasil ditangkap beberapahari setelah kejadian di tempatberbeda. Dalam kasus ini keem-pat tersangka dijerat denganpasal 363 ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP dengan ancaman pi-dana penjara paling lama tujuhtahun. (*)

Sengketa Lahan,Kuasa Hukum -------------------- dari hal 8

Untuk itu, dirinya berharapdengan surat yang ditujukan kePolda tersebut, laporannya da-pat lebih diperhatikan. Semen-tara itu, Kabid Humas PoldaJambi Ajun Komisaris BesarPolisi Syamsudin Lubis ketikadikonfirmasi mengatakan bah-wa laporan tersebut sedang di-pelajari.

“Kita akan segera melakukankoordinasi dengan Polres Saro-langun. Jika memang ada ke-janggalan, akan kita tanyakandi mana hambatannya dalammelakukan penyelidikan lapo-ran tersebut,” kata Lubis.(rib)

Page 8: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi Independentsabtu, 22 agustus 2009

baca Niat hal 7

lintas

Pencuri 300 Gram Emas Diringkus

TahananKabur Belum

TertangkapDiduga Sudah ke Luar Kota Jambi

Sengketa Lahan, Kuasa Hukum Lapor ke Polda

Bandit Curanmor Beraksi Lagi

fauzi, Muarabungo

4 Tersangka Lain Sudah Digulung Sebelumnya

PELarian Abdurahman alias Roman bin Anwar berakhir. Pria berusia 29 tahun yang sehari-hari berprofesi sebagai buruh bangu-nan, ditangkap oleh tim Buser Polres Bungo dikediamannya, Kampung Lubuk, Dusun Mang-gis, Kecamatan Bathin III, Rabu (19/8).

Dia diduga kuat adalah salah satu

dari lima pelaku pencurian emas sekitar 100 mayam (300 gram) di rumah Abdul Wahab Lorong Putri Ayu, Jalan Teuku Imam Bonjol RT 11/04 Kelurahan Pasir Putih pada 4 Maret lalu. Sedangkan empat rekannya, Mashadi alias Edi Semak(37) warga RT 14/05 Kelu-rahan Sungai Pinang, Riko Ariadi alias Riko bin Muhammad Nur

(22) warga RT 13/04 Kelurahan Sungai Pinang, Muhammad Us-man alias Bujang Teging bin An-war (34) warga RT 09/05 Sungai Pinang dan Tibroni alias Atip bin Ahmad Majid (36) warga RT 11/04 Sungai Pinang, sudah lebih dahulu ditangkap. Dan sudah dilimpah-kan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Khaerul Hisam, dalan dalam waktu

dekat segera menjalani persidangan di PN Muarabungo.

Kapolres Bungo AKBP Yasir melalui Kasat Reskrim AKP Pra-setyo Adhi Wibowo membenar-kan penangkapan ini. Saat ini ka-tanya, tersangka masih menjalani pemeriksaan secara intensif oleh penyidik. n

baca Pencuri hal 7

JaMBi – Tertangkapnya Nanda, napi yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Sungaipenuh, Sabtu (8/8) lalu, berbeda dari pengejaran terhadap Hendri. Pemuda berusia 39 tahun yang tinggal di Lorong Karya, Kelurahan Pematangsulur, Kecamatan Telanaipura, itu kabur usai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jambi, Selasa (11/8) lalu.

Sebelumnya polisi telah berusaha mencari Hendri ke rumahnya. Namun upaya tersebut sia-sia karena Hendri tidak ditemukan di sana. Kepala Satuan Reserse Kriminal Poltabes Jambi Ajun Komisaris Polisi Henry Posma Lubis kemarin (21/8) men-gatakan, pencarian terhadap Henry saat ini masih terus dilakukan.

Hanya saja pencarian lebih fokus dilakukan Satuan Narkoba Poltabes. “Karena kasusnya mengenai kepemilikan psikotropkika, jadi Satuan Narkoba yang mencari ,” katanya. Sementara itu, informasi yang diperoleh dari kepolisian menyebutkan, kemungkinan Hen-dri melarikan diri ke luar Kota Jambi. Hanya saja, sumber tersebut enggan menyebut arah pelarian Hendri.

Kepala Satuan Narkoba Ajun Komisaris Polisi Agus Suryono, membenarkan bahwa pihaknya memang sedang memburu Hendri. “Masih dicari, belum dapat,” katanya. Hendri kabur sekitar pukul 15.30 WIB usai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jambi. Hendri sebenarnya tidak sendiri. Ada Yoga yang kabur bersamanya. Namun Yoga kembali diciduk polisi sekitar 30 menit kemudian. Saat ini Yoga masih dititipkan di tahanan Poltabes Jambi.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Hendri dan Yoga tiba di PN Jambi menggunakan mobil tahanan untuk mengikuti persidangan. Hendri dihadirkan de-ngan agenda pembacaan dakwaan, sedangkan Yoga pemeriksaan terdakwa.

Usai sidang, Hendri dan Yoga digiring ke sel tahanan PN Jambi untuk dibawa ke Lapas Jambi sambil menunggu tahanan lainnya selesai sidang. Saat dikeluarkan dari sel untuk dibawa ke mobil tahanan dengan tangan terborgol itulah, Hendri dan Yoga kabur melalui halaman belakang PN. Namun Yoga berhasil ditangkap lagi selang beberapa jam kemudian.(rib)

JaMBi – Merasa pe-nyidik polisi tidak serius menangani laporan kli-ennya, Ilhamni SH selaku kuasa hukum H Husin melayangkan surat pada Kapolda Jambi melalui Dir Reskrim Polda Jam-bi.

“Kami hanya ingin keadilan,” kata Ilham kemarin (21/8). Menu-rutnya, saat ini kliennya masih menunggu proses penanganan laporan du-gaan kasus tindak pidana penggelapan surat jual-beli tanah atas nama almarhum Abdul Ro-zak yang merupakan orangtua Husin.

Menurut Ilham, kasus itu telah dil-aporkan ke Polres Sarolangun dengan laporan nomor STPL/B-80/V/2009/SPK. “Sudah lebih tiga bulan kasus ini

dilaporkan, tapi tidak ada perkembangan,” katanya.

Menurutnya, saat ditan-yakan, penyidik selalu beralasan sibuk karena banyak kasus yang dita-ngani. Hal itu menimbul-kan kesan kasus tersebut tidak ditangani secara serius dan transparan.

Dicer i t akan , da lam kasus itu, Husin telah melaporkan Majma ke Polres Sarolangun. Pang-kal masalahnya, menurut Ilham, Majma memiliki surat tanah milik Husin.

“Tanah tersebut saat ini sudah diserobot orang lain dan didirikan bangunan. Kita butuh surat yang ada di Majma untuk menggugat penyerobotan tersebut,” katanya. n

JaMBi - Pencurian sepeda motor (curanmor) kembali terjadi. Korbannya kali ini Esti Setiawati (38), warga Jalan Budi Saring, RT 12, Kelurahan Talangbakung, Kecamatan Jambi Selatan, dan Yuldalina (26), warga Kelurahan Rawasari, Kecamatan Kotabaru.

Keduanya kehilangan sepeda motornya pada waktu berbeda. Esti Setiawati, ibu rumah tangga, kehilangan sepeda motor Yamaha Jupiter Z HJ 2364 MD miliknya, Kamis (20/8) pukul 17.15 WIB.

Saat itu Esti pergi ke Lorong Makmur, Kelura-han Pasirputih, Kecamatan Jambi Selatan. Tiba di sana, dia memarkirkan sepeda motornya. Saat ditinggal, Esti yakin setang sepeda motor-nya dalam keadaan terkunci. Namun ketika dia kembali ke parkiran, sepeda motornya sudah tak ada.

Sementara itu, sehari sebelumnya atau Rabu (19/8), Yuldalina kehilangan sepeda motornya. Sepeda motor nopol BH 6643 MW tersebut hilang di depan rumahnya di Jalan TP Sriwi-jaya, RT 20, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Kotabaru.

Menurut informasi, sekitar pukul pukul 23.00 WIB, korban memarkirkan sepeda motornya di depan rumahnya. Namun saat korban keluar dari rumah, sepeda motor tersebut sudah raib. Atas kejadian tersebut, Esti mengalami kerugian sekitar Rp 8 juta dan Yuldalina Rp 11 juta.

Kedua kasus tersebut saat ini telah dilapor-

kan ke polisi. Kabid Humas Polda Jambi Ajun Komisaris Besar Polisi Syamsudin Lubis ketika dikonfirmasi membenarkan adanya laporan terse-but. Menurutnya, kasus tersebut saat ini sedang ditangani Poltabes Jambi. “Laporannya sudah kita terima dan dipelajari,” katanya.(rib)

baca Kasus hal 7

Kasus Bansos, Seret Pejabat BPD

SUnGaiPEnUH - Penyidikan Kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial yang dianggarkan dalam APBD 2009 sebesar Rp 2 miliar lebih untuk rumah ibadah terus bergulir. Kasus itu diduga melibatkan banyak pejabat di Kerinci. Bahkan kasus tersebut diduga juga menyeret sejum-lah nama pejabat di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jambi Cabang Kerinci.

Sumber Jambi Independent menyebutkan, mantan pejabat BPD inisial UL serta Kepala Pemasaran dan Pelayanan Sudirzan SE juga bakal terseret. Pasalnya, dalam proses pencairan dana, kedua petinggi BPD Ca-bang Kerinci tersebut merupakan penentu kebijakan dicairkan atau tidak dicairkannya dana itu.

“Sesua i b i rokras inya , sura t per in tah pencairan dana (SP2D} diajukan DPPKAD Kerinci melalui kepala Pemasaran BPD. Setelah itu dilanjutkan ke pimpinan BPD dan seterusnya dana dicairkan,” kata sumber tersebut.

Informasi lain yang diperoleh menyebutkan, pencairan dana bantuan sosial tanpa tanda tangan Kabag Kesra dan Bagian ADM Sekda Kerinci selaku pengguna anggaran (PA) di bilyet giro. Bahkan permohonan pencairan dana bansos itu dimasukkan Pemda Kerinci pada Sabtu, 28 Feb-ruari 2009. Karena alasan kas tutup di hari libur, pemegang kas tidak bersedia mencairkan dana bansos tersebut.

Proses pencairan dilanjutkan pada Senin, 2 Maret 2009. Tapi pihak BPD juga menolak mencairkan dengan alasan bilyet giro tidak ditan-datangani Safrizal selaku Kabag Kesra dan ADM pada Sekda Kerinci selaku pengguna anggaran. “Tanda tangan itu menjadi persyaratan mutlak, berarti bukan surat perintah pembayaran (SPP) yang dibuat DPPKAD,” jelas sumber itu.

Dengan alasan Bupati Kerinci sangat mem-butuhkan dana, Maaruf Kari atas nama Pemda Kerinci dan selaku penanggung jawab anggaran (PA) via telepon melakukan negosiasi dengan UL. Maaruf Kari beserta kedua asistennya dan Kabag Hukum serta Kadis DPPKAD membuat surat jaminan bahwa bilyet giro tersebut akan di-tandatangani Safrizal setelah pulang dari Jakarta karena Kabag Kesra Safrizal dan staf ADM Sekda sedang ke Jakarta. n

baca sengketa hal 7

syamsudin Lubis

gRafis:sujatmiKo/jambi indePendent

belum tertangkap Yoga saat diamankan polisi setelah berhasil kabur. Henri, tahanan Kejari jambi yang kabur hingga kemarin belum tertangkap, diduga sudah kabur ke luar Kota jambi.

eddY junaedY/jambi indePendent

Page 9: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi Independent sabtu, 22 agustus 2009

belanja Murah Rezeki umrah di HypermartDiskon Langsung10-40 Persen

JaMbI-Mau belanja murah dan lengkap? Kemana lagi kalau bukan di Hypermart. Dengan berbagai produk top brand, Hy-permart WTC Batanghari selalu menghadirkan berbagai produk terbaru dengan penawaran me-narik. Sesuatu yang menarik ditawarkan Hypermart adalah “Be-lanja murah rezeki umrah”, berlaku untuk dua orang. Untuk dapat umrah bersama Hypermart, Anda cukup menukarkan struk pembe-lian produk buah-buahan senilai Rp 50 ribu (berlaku kelipatan) di Hypermart dan foodmart dengan satu kupon undian rezeki umrah. Isilah kupon dengan lengkap dan benar, masukan ke dalam kotak yang tersedia di seluruh Hyper-mart dan foodmart. Program ini berlaku mulai tanggal 9 Agustus-24 September 2009.

“Baru tau kalau ada hadiah umrahnya, ikutan ah, kali saja aku

berutung,” ucap Nina, saat sedang membeli berbagai buah-buahan untuk keperluan keluarganya se-lama bulan Ramadan.

Selain memberikan rezeki um-rah, Hypermart WTC Batanghari pun kembali menawarkan program belanja murah penuh diskon lang-sung sebesar 10-40 persen. Diskon 10 persen berlaku untuk pembelian makanan, minuman, pembersih, perawatan tubuh, baby diapers, khusus untuk pembayaran meng-gunakan kartu kredit Mandiri.

Mau diskon yang lebih besar? Untuk semua pembelian produk elektronik seperti microwave, sharp dan Panasonic, rice cooker, kompor gas portable, toaster, blender, juicer, mixer, dan dis-penser portable, Hypermart menawarkan potongan sebesar 15-25 persen. Bayangkan saja, dengan diskon sebesar itu, tentu harga jual akan menjadi lebih mu-rah, bahkan Hypermart menjamin termurah di pasaran.

Memahami kebutuhan masya-rakat Jambi akan datangnya bulan

Ramadan, Hypermart menawar-kan berbagai keperluan selama puasa. Misalnya buah kurma segar curah hanya Rp 1.590 per 100 gram, butter cookies 908 gram hanya Rp 51.732, minuman mizone 500 ml Rp 2.950 plus gratis satu untuk setiap belian sebanyak lima botol.

Untuk para ibu rumah tangga, yang ingin menyiapkan berbagai tajil menggunakan santan. Hyper-mart menawarkan santan kelapa murni merek Cocomas berat 200 ml dengan harga Rp 4.575 beli satu gratis satu. “Disini hargonyo memang murah-murah nian, ayam boiler sikok be (satu_red) cuma Rp 18.975,” imbuh Melda sambil memilih berbagai keperluan yang hendak dibelinya.

Diskon paling besar yakni 40 persen diberikan untuk setiap pem-belian detergen Attack plus sorftener 800 gr hanya Rp 15.990. Begitu juga shampoo clear 360 ml dari harga Rp 28.575 diskon 30 persen menjadi Rp 19.975.

Khusus bagi Anda yang membu-

tuhkan baju mosleem untuk sholat atau ibadah lainnya, kini koleksi busana muslimah Zyra, menawar-kan harga spesial Rp 39.900. Baju muslimah koleksi Zyra ini sangat pantas bila dikenakan saat sholat tarawih.

Semua program diskon terse-but berlaku selama periode 21-23 Agustus. Jadi, dengan berbelanja di Hypermart banyak keuntun-gan didapat. Belum lagi jika Anda mendapatkan stamp saat belanja. Dengan mengkoleksi stamp be-lanja di Hypermat, Anda bisa mendapatkan alat masak kontem-porer Eropa terkemuka, Royalukb. Anda akan hemat lebih dari Rp 5 juta. Periode pengumpulan stamp 20 Agustus-23 Desember 2009, dan periode penukaran stamp 20 Agustus 2009-6 Januari 2010. Dapatkan pula double stamp khusus transaksi selama periode 21-23 Agustus 2009. Nah, tunggu apalagi. Buruan sekarang juga ajak keluarga Anda untuk berbe-lanja berbagai keperluan di Hyper-mart, selagi masih diskon. (ynn)

Telkomsel DukungRio Haryanto ke F-1

JAKARTA-Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64, Tel-komsel menghadirkan layanan bagi pelanggan untuk mendu-kung pembalap muda nasional Rio Haryanto untuk berkiprah di ajang balap mobil internasional Formula Satu (F-1). Pada acara yang turut dihadiri oleh Meneg-pora Adhyaksa Dault, Direktur Utama Telkomsel Sarwoto At-mosutarno mengatakan, be-berapa tahun terakhir ini prestasi olahraga nasional kita kurang menggembirakan. Padahal ban-yak atlet muda potensial yang dapat berprestasi di ajang in-ternasional, namun kekurangan dana. “Pada momen peringatan hari kemerdekaan ini, Telkom-sel secara khusus berkomitmen mendukung pembalap muda Rio Haryanto untuk mengharumkan nama bangsa di pentas internasi-onal sampai ke ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, yakni F-1.” Ujarnya.

Adhyaksa menambahkan, “Semoga dukungan untuk Rio terus mengalir, karena Rio san-gat potensial untuk dapat tampil di F-1 dan mengharumkan nama Indonesia di kancah interna-sional. Saya berharap langkah Telkomsel ini juga diikuti pe-rusahaan-perusahaan lain demi kemajuan olahraga nasional.”

Telkomsel memberikan duku-ngan penuh untuk seluruh per-siapan race serta menyediakan akses bagi pelanggan yang ingin mendukung Rio Haryanto, di mana seluruh bantuan tersebut akan dialokasikan langsung kepada Rio untuk mendukung kemajuan prestasinya di arena balap mobil internasional.

Untuk mendukung Rio Har-yanto, pelanggan Telkomsel cukup mengirimkan SMS, ketik RIO <kata-kata dukunganmu>, contoh: RIO Kamu pasti bisa! Ayo semangat! dan kirim ke 8088. Pelanggan juga dapat menikmati info terbaru serta wallpaper Rio, cukup ketik REG RIO, kirim ke 8088. Pelanggan akan dikenakan tarif Rp 2.000/SMS.

Rio Haryanto adalah pembalap nasional berusia 16 tahun yang mengawali kiprah profesional-nya di ajang Karting Champi-onship. Sukses menjadi juara nasional, karir pemuda kela-hiran Solo ini melesat hingga menjadi juara termuda se-Asia dan peringkat ke-3 dunia pada Kejuaraan Formula Asia 2.0.

Kini Rio memuncaki klasemen sementara Kejuaraan Formula BMW Pacific 2009 setelah me-nyapu bersih kemenangan di 4 seri yang digelar di Sirkuit Sen-tul akhir pekan lalu (15-16/8). Kesuksesan di kejuaraan terse-but akan memuluskan langkah

Rio menuju ajang yang lebih tinggi, yakni F-3 bahkan F-1.

“Saya berterimakasih atas per-hatian penuh yang ditunjukkan Telkomsel kepada saya. Semoga berkat dukungan Telkomsel dan seluruh pelanggannya, saya dapat terus berprestasi dan bah-kan bisa mewujudkan impian saya untuk tampil di F-1,” un-gkap Rio.

Dalam hal ini Rio dan Tel-komsel memiliki kesamaan misi, yakni selalu berupaya mengharumkan nama bangsa In-donesia di kancah internasional. Kalau Rio berprestasi di arena balap mobil, maka Telkomsel mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui inovasi dan prestasinya dengan salah sa-tunya menciptakan inovasi BTS Pico berbasis VSAT IP pertama di dunia untuk melay-ani masyarakat hingga pelosok dan jalur laut. Bahkan kini Telkomsel menjadi operator terbesar ke-6 di dunia dengan pelanggan lebih dari 77 juta,” pungkas Sarwoto. (*/ynn)

telkoMsel Dukung RIo: Direktur utama telkomsel sarwoto atmosutarno (kiri) saat memberikan dukungan bagi pembalap muda nasional Rio Haryanto (kanan) disaksikan oleh Menegpora adhyaksa Dault (18/8).

n aDveRtoRIal

Foto-Foto: IstIMewa

seRba MuRaH: belanja murah rezeki umrah hanya ada di Hypermart. Dapatkan juga berbagai keun-tungan lainnya plus diskon men-arik 10-40 persen untuk pembelan-jaan hingga 23 agustus 2009.

Fo

to

-Fo

to

:Ro

la

nD

a H

as

Ibu

an

/JaM

bI In

De

Pe

nD

en

tPROGRAM BELANJA MURAH DI HYPERMART

Periode 21-23 Agustus 2009Produk Diskon Harga spesialmakanan, minuman, pembersih, baby diapers, perawatan tubuh 10% -Detergen Attack softener 800 gr 40% Rp15.990Santan kelapa Cocomas beli satu gratis satu - Rp 4.575Kurma segar curah per 100 gr - Rp 1.590Busana mosleem Zyra - Rp 39.900Shampoo Clear 360 ml 30% Rp 19.975Ayam boiler - Rp 18.975(masih banyak lagi program menarik lainnya di Hypermart)

Page 10: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Pengasuh: Rosefina

"Lebih baik maka sepiring sayur dengan saling mengasihi dari pada makan lembudengan saling benci "

Jambi IndependentSABTU, 22 AGUSTUS 2009

Angka 4 Merupakan Angka Sial

Makna Angka bagiWarga Tionghoa

JAMBI – Angka memilikimakna masing-masing. Tidakhanya bagi masyarakat umum,warga Tionghoa juga jugamemiliki kepercayaan ter-hadap makna angka yang ada.

Dalam budaya Tionghoa, an-gka 4 adalah angka sial, karenaitu angka 4 sebisa mungkintidak digunakan. Pada aparte-men-apartemen atau bangunan-bangunan tinggi lainnya diSingapura, lantai di atas lan-tai beridentifikasi angka 3adalah lantai dengan identi-fikasi angka 5, walaupun se-sungguhnya lantai tersebutberada di urutan ke-4.

Tabu menggunakan angka 4telah menyebabkan lantai ke-4itu diberi label lantai 5. Angka4 mendapat predikat sial, di-karenakan bunyi pelafalannyadalam bahasa Mandarin yangmirip pelafalan kata “mati”.Kemiripan bunyi itulah yangmenjadikan alasan penghinda-ran penggunaan angka 4.

Selain angka-angka sial, tern-yata juga dikenal angka-angkayang diyakini sebagai angkakeberuntungan dalam tradisiTionghoa. “Angka yang berun-tung dinobatkan sebagai ang-ka keberuntungan adalah ang-ka 8 dan 9,” ujar Agwan, pengu-rus utama Kelenteng Hok Li-ong Kiong.

Angka 8 dianggap beruntungkarena pelafalan dalam bahasaMandarin “ba” (pa) yang men-dekati bunyi kata “fa” yangartinya “berkembang” atau“tumbuh”. “Sedang predikatkeberuntungan angka 9 seringkali dikaitkan dengan pendap-at bahwa angka yang palingbesar dari semua angka tunggaladalah angka 9,” ungkapnya.

Selain itu, angka 9 dinyata-kan memiliki keutamaan kare-na melambangkan kepenuhanlangit dan bumi. Angka 9 tidakpernah berubah meski dikali-kan dengan angka berapapun. Dengan kata lain, angka9 dikalikan dengan angkamana pun, hasilnya tetap 9.Sebagai misal, 9×3=27, kemu-dian tambahkan 2+7=9, demiki-anlah hasilnya tetap 9.

Untuk sebagian bangsa-bang-sa Asia, khususnya di bagianutara mulai dari daratan Cina ketimur, angka 4 dipercaya meru-pakan simbol bencana, tidakmendatangkan keberuntun-gan, dan berbagai kepercayaanyang mengarah pada sebuahkegagalan. Dalam sebagianbesar bahasa Asia Timur, angkaempat 4, seperti pada bahasaMandarin dan berbagai dialekbangsa Cina lainnya, berbunyi“si” (se) yang juga mempunyaiarti lain, yaitu mati.

Itu sebabnya di sebagian be-sar lift yang ada di Hongkongatau nomor-nomor apartemendi Taiwan, angka 4 jarang sekalidigunakan. Seperti angka 13yang dipercaya membawa cela-ka di berbagai negara lain, an-gka 4 adalah tabu.

Kepercayaan itu dianut bukanoleh kalangan orang awam saja,bahkan perusahaan Canon diJepang pun takut oleh angka 4sehingga untuk model digitalcameranya, mereka tidak bera-ni menggunakan nama modelPowerShot G4, melainkan lang-sung melompat dari PowerShotG3 menjadi G5.(lyn)

SIAL

AL

DIN

O/J

AM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

Salah satu tokoperalatansembahyangumat Konghu-cu. Angka 4merupakanangka sial bagiumat Konghu-cu. Merekasangat berhati-hati dalammemilih angka,termasukdalam membu-ka usaha.

Page 11: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

JAMBI-PALEMBANG SETIAP JAM KERJA

JAMBI-BENGKULU 09.00 & 20.00

JAMBI-PADANG 08.00 & 20.00

JAMBI-BANGKO 10.00 & 17.00

JAMBI-PEKANBARU 10.00 & 20.00

JAMBI-TEMBILAHAN 10.00 & 18.00

JAMBI-BUNGO 10.00 & 16.00

JAMBI-LAMPUNG 20.00

BERANGKAT DENGAN MOBIL KIJANG KAPSULMENERIMA JASA TITIPAN (PAKET/BARANG) UNTUK SEMUA JURUSAN

PO. RATU INTANJl. Prof. M Yamin (depan Hotel Harisman)Telp: (741) 20784, 27876 HP: 81174378

PO. TOPJl. HOS Cokroaminoto No. 3 Simpang Kawat

Telp. 40653,43160

JAMBI-PALEMBANG 07.00, 08.00, 09.00,11.00, 12.00, 14.00,16.00, 18.00, 20.00,EXTRA

JAMBI-PEKANBARU 10.00, 20.00JAMBI-DUMAI 10.00, 20.00JAMBI-LAMPUNG 12.00, 20.00JAMBI-MA BUNGO 07.00, 09.00, 11.00

17.00, 20.00, EXTRAJAMBI-PADANG 10.00, 16.00, 20.00

MA. BUNGO-PEKAN BARU 10.00 dan 20.00

MA. BUNGO-PALEMBANG 09.00, 12.0015.00, 20.00

JAMBI-SAROLANGUN 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,

EXTRAJAMBI-BANGKO 07.00, 09.00, 11.00,

13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BENGKULU 10.00 dan 20.00

PO. TRANSTARJl. Mayor A. Marzuki (Simpang Kawat)

Jambi Telp. (741) 41888 - 438

JAMBI - PALEMBANG 07.00 S/D 20.00TIAP JAM

JAMBI - LAMPUNG 17.00, 20.00

JAMBI - PEKANBARU 09.00, 15.00 & 20.00

Jambi Independent SABTU ,22 AGUSTUS 2009

Puasa, Hotel BerlombaTawarkan Paket

JAMBI – Bulan Ramadan tak ingindilewatkan pengelola hotel di Jambi.Sejumlah hotel berbintang mulaimempromosikan paket Ramadan.

Abadi Hotel Group, misalnya. Bu-kan saja menyediakan promosi paketkamar, tapi juga paket makan denganragam masakan khas ala Ramadan.Promo digelar di Padamaran CoffeeShop dan Rose Garden Café mulai dariharga Rp 45 ribu hingga Rp 70 ribunett per orang.

Aneka pilihan hidangan pembukadisediakan seperti kurma, kolak, escendol, es koktail, ice longan tahu,aneka puding, kurma, serta aneka buahsegar dan masih banyak lagi. Untuk san-tapan utama, pengunjung dapat menik-mati aneka hidangan oriental mulai darisapi lada hitam, ayam ala Thai dan anekaikan, serta sayuran segar. Selain itu, tidakketinggalan kesempatan untuk menik-mati sup tomyam ala Abadi Suite diRose Garden Cafe.

Sementara di Abadi Hotel & Con-vention menyajikan hidangan uta-ma khas ala Jambi. Disajikan diPadamaran Coffee Shop, ada tem-poyak patin, sate kerang bumbubelawar, dan belut goreng bumbu se-mur, yang dilengkapi dengan takjilsegar pembuka puasa bisa Anda nik-mati.

Bagi pengunjung yang menginap di

hotel selama Ramadan, disediakanjuga khusus menu untuk sahur buffetmenu yang sudah termasuk Paket ka-mar mulai harga Rp 352 ribu hinggaRp 585 ribu nett per malam. Sedang-kan bagi yang ingin menikmati ber-buka puasa dengan hidangan menu alaoriental, juga disediakan di LotusRestaurant, yang menyediakan paketshabu-shabu dan menu lain yang san-gat bervariasi dengan harga Rp 75 ribunett per orang, sudah termasuk takjildan Sabak Restaurant dengan hargaRp 65 ribu nett per orang.

Suasana Ramadan sangat kentalterasa di area lobi hotel dengan adan-ya berbagai macam dekorasi khas Ra-madan, mulai dari dekorasi gapurareplika masjid yang menawan sertabeduk yang ditabuh untuk menanda-kan waktu buka puasa tiba. Untukberbagai hantaran Idul Fitri, ClarinaBakery juga menyiapkan berbagaicake, cokelat, dan aneka kue keringyang menggoda selera.

Selain itu, pengunjung dapat meni-kmati alunan musik hidup yangdibawakan grup gambus kontempor-er pada hari tertentu. Untuk mengada-kan buka puasa bersama, dapatmelakukan reservasi di 0741–25600(Abadi Hotel & Convention Center)dan 0741–7555800 (Abadi Suite Ho-tel).(*/lyn)

Pemerintah Akan MenaikkanTarif Cukai Rokok

JAKARTA - Harga jual rokok tahundepan bisa naik lagi. Itu seiring rencanapemerintah yang akan menaikkan tarifcukai rokok berkisar 5-10 persen. DitjenBea dan Cukai Departemen KeuanganAnwar Suprijadi mengatakan, kenaikantarif cukai tersebut merupakan salah satuusulan pemer in tah yang d imasukkandalam draf RUU APBN 2010. “Kenaikancukai ini bagian dari strategi optimalisasipenerimaan,” ujarnya saat ditemui di Ge-dung DPR kemarin (20/8).

Dalam RAPBN 2010, pemerintah menar-getkan penerimaan cukai sebesar Rp 57,0triliun atau naik 4,5 persen dari perkiraanreal isas i pener imaan cukai 2009 yangsebesar Rp 54,5 triliun. Target penerimaancukai te rsebut mayor i tas berasa l dar irokok, sedangkan sebagian kecil lainnyadari produk ethyl alcohol hingga minumanberalkohol.

Tarif cukai rokok sendiri , sebetulnyasudah naik per 1 Februari 2009 antara 7-37 persen. Namun, menurut Anwar, pemer-intah berencana menaikkan kembali cukairokok antara 5-10 persen, karena laju in-flasi tahun depan diproyeksi sekitar 5 per-sen. “Selain i tu, kenaikan cukai rokokyang berarti menaikkan harga jual diharap-kan bisa menekan jumlah perokok. Inimerupakan concern pemerintah di bidang

kesehatan,” timpalnya.Masih rendahnya penerimaan cukai rokok

sempat menjadi sorotan DPR. Anggota Komi-si XI DPR Nursanita Nasution mengatakan,saat ini cukai rokok di Indonesia termasukyang terendah dibandingkan negara-negaralain. Dari survei di sembilan negara Asia,India merupakan negara yang cukairokoknya paling tinggi, yaitu 72 persen.Kemudian disusul Thailand (63 persen),Jepang (61 persen), Malaysia (49-57 pers-en), Filipina (46-49 persen), Vietnam (45persen), Tiongkok (40 persen), dan Indo-nesia (37 persen). Kamboja menjadi satu-sat-unya negara yang tarif cukai rokoknya lebihrendah dari Indonesia, yakni 20 persen. “Mes-tinya cukai rokok masih bisa dinaikkan mini-mal sama seperti Vietnam, yakni 45 persen,”katanya.

Sementara itu, Menteri Keuangan sekali-gus Plt Menko Perekonomian Sri MulyaniIndrawati mengatakan, selain menaikkantarif cukai, upaya mengamankan peneri-maan negara dari pos cukai juga dilakukanlewat peningkatan pengawasan sepert ioperasi pasar, pemeriksaan lokasi pabrik,peningkatan security features pita cukai,serta peningkatan pengawasan peredaranminuman mengandung ethyl alcohol im-por. “ In t inya adalah law enforcement(penegakan hukum, red),” ujarnya.(jpnn)

Kebun PTPN VI Paling ProduktifMeneg BUMNPuji PTPN VI

SUCI IDEALIN,Kota Jambi

MENTERI Negara BUMN Sofy-an Djalil memuji PT PerkebunanNasional (PTPN) VI (persero) Jam-bi-Sumbar sebagai kebun yangpaling produktif dibandingkanPTPN lainnya di Indonesia. Pada-hal, perusahaan BUMN itu memil-iki lahan sawit yang relatif kecildibandingkan PTPN lainnya.

Hal itu ia katakan ketika melaku-kan kunjungan kerja ke gedungperkantoran PTPN VI di JalanLingkar Barat, kawasan Pal X, Jam-bi, kemarin (21/8). Menurutnya, dibawah kepemimpinan KomisarisUtama PTPN VI Marzuki Usmandan Direktur Utama (Dirut) Iskan-dar Sulaiman serta bantuan pemdadi Provinsi Jambi, perkembanganPTPN IV sangat bagus.

“Kebun yang paling produktif diIndonesia adalah kebun yang di-miliki PTPN VI,” katanya. Ia men-

gatakan, produktivitas kebunPTPN IV tak lepas dari inovasi yangtelah dilakukan kedua petinggiPTPN VI itu, seperi melakukankerja sama dengan pemkab danPemprov Jambi.

Sofyan berterima kasih atasdukungan serta partisipasi pemk-ab dan Pemprov Jambi yang sudahikut membesarkan PTPN VI. Me-neg juga meminta agar PTPN VIJambi–Sumbar terus melakukankerja sama dengan BUMN lainuntuk memperluas perkebunan.

“Kalau tidak, nanti yang akankita temukan di sepanjang jalantrans Sumatera, trans Kalimantan, dandaerah lain hanya kebun Malaysia.Jadi kerja sama dengan BUMN lainharus ditingkatkan,” harapnya.

Besarnya PTPN VI tidak terlepasdari pengelolaan yang baik, den-gan adanya pengawasan KPKhingga pengelolaan BUMN men-jadi good governance yang baik ter-us ditingkatkan. Meneg juga memin-ta agar PTPN VI terus bersinergi den-gan pemda agar lebih mendatangkanmanfaat bagi masyarakat.

“Begitu juga dengan karyawanBUMN, termasuk PTPN VI, tun-

jukkan kemampuan terbaik Andadan siap bersainglah dengan mere-ka dari badan usaha swasta,” ter-angnya. Dalam kesempatan itu,

Meneg juga melakukan peresmianmasjid dalam kompleks kantor PTPNVI yang baru di kawasan Pal X.

Dalam kunjungan kerja itu, Me-

neg didampingi Sekda ProvinsiJambi AM Firdaus melakukanpeninjauan ke beberapa stan di ko-mpleks kantor PTPN VI.(*)

TANDA TANGAN

LEZAT:Menu yangpernahdisajikanHotel Abadibelum lamaini. Ra-madan kaliini, Abadijugamenyedia-kan anekapaketmenarik.

ALDINO / JAMBI INDEFEDENT

Meneg BUMN Sofyan Djalil menandatangani prasasti peresmian masjid di Komple-ks PTPN VI di Jalan Lingkar, kemarin (21/8).

DO

K /J

AM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

Page 12: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

SABTU, 22 AGUSTUS 2009 Jambi Independent

Page 13: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

SABTU, 22 AGUSTUS 2009Jambi Independent

Anda ingin uang melimpah? hutangsegera lunas? nasib segera berubah?menghilangkan kesialan di dalamhidup? ingin segera dapat jodoh? danberbagai masalah pribadi lainnya...

Berfungsi selamanya samapi anakcucu, aman tanpa resiko. Dibuktikansiapa saja walau tidak percayasekalipun. Yang berminat hanyamengganti biaya ritual dan keperluanlain Rp. 55.000 dan ongkos kirim Rp.15.000, luar negeri Rp. 100.000. Tulisnama lengkap + ibu kandung danpermasalahan.

“KUNCI RAHASIA KEHIDUPAN”Pak Hartono

Wesel + surat: PO BOX 1119 - Jambi

August 22, 2009

The Great Opportunity bth tng krjsupervisor adm gudang, ast mngr, min.SMU/SMK - S1 max. 26 th, tdk sdgkuliah, lmrn antar lsg ke PT. AIG Jl. ARSaleh 56 Asembiring No. 03 cucian kel.thehok (samp. R. Makan Maulana I)jam 09-15 WIB.

JI0914 | 12-19/09

Membthkan tenaga kerja utk mencucimobil & adm bs kerja secara tim, rajin,jujur, lmrn dikirim ke cucian mobilPalimo Jl. Pangeran Hidayat No. 888samp. Pom Bensin Pal V plg lmbat 3 hristlh iklan terbit.

JI0914 | 13-19/09

Prush brgrk dbdg cash dan kreditelektronik dan furniture bth surveyor,hub. Interyasa Jl. Sultan Agung 20smpng Lepindo simp. Pulai.

JI0914 | 13-14/09

Perusahaan retail nasional bth mngrpromosi, adm, pembelian brg, skrtrs,mngr operasional sdm, security, TknsiLstrk Berpengalaman. Diutmkn wntaberpenglman krj min 1 th, krm lmrnindependent PO BOX 248.

JI0914 | 12-12/09

Dicari S1 Teknik Sipil DPT OperasiAutoCad, Hit Rad, ukur kontur, krmPT. PDPDE Jl. Kap. Rivai No. 26Palembang Hp. 081366878927.

JI0914 | 13-19/09

Dbthkn karyawan/i lamaran ditujukanke RM Rasa Sunda Thehok hub. 26227/7104777.

JI0914 | 14-20/09

Dbthkn sgr 1.Sales canvasser syrt Pria(dutmkn Tionghoa) pnddkn min SMUmmlk kndrn brmtr dan SIM C/wnt pddknmin D3, mmlk leadership, brpglmn,mmliki kndrn brmtr & SIM C, 2. AreaSls Officer syrt, Pria, wnt, pndk minD3, mmlk leadership, brpnglmn, mmlkkndrn brmtr & SIM C, lmrn antar ke PTCipta Reksa Pitama Jl. Gatot SubrotoNo. 145 (Okeshop dpn SMPN 2)

JI0914 | 14-21/09

Dcr karyawan pangkas rambut pria &pijat refleksi hub. 085266256222.

JI0914 | 16-24/08

Pershn Consumer Good membthkan sgrbag. ADM dan Gudang, syrt: penglmanmin 2 th, penddkn min SLTA, SPG (SIMC) Tukang antar (SIM A). Lamran ke Jl.Sentot Alibasa No. 52 Payo SelincahJambi. Telp. 0741-7019196.

JI0914 | 19-24/08

Dicari 1. Sopir berpengalaman min 25 th2. Sales Sparepart berpengalaman min22 th, kendaraan roda dua. Lamaran keJl. DI Panjaitan No. 76, Kebon AndilJambi.

JI0914 | 19-24/08

Dicari Agen utk pemasaran produk cairananti ban bocor, bth info dan mnt hub.081366874825.

JI0914 | 20-29/08

Dicari lk, penlm, instalasi jaringan danpembangkit listrik tegangan menengahu/ ditempatkan di PLTD daerah merlung.Peminat yang suka kerja keras hub.081366661964.

JI0914 | 20-25/08

Dibutuhkan kary/ti u/ laundry hub.085266715893 (no SMS).

JI0914 | 22-27/08

BABY SITTERDcr Babysitter & PRT, suami isteri, gj900rb-2 jt hub Budi M,Hp. 081371033035.

JI0914 | 26-26/08

MARKETINGDbthkn sales door to door, P/W, min.

GRAND VITARA JLX th 07, NISSANLIVINA XV th 07, AVANZA G th 07,TERANO Spirit th 04, JAZZ th 04 CRVth 03 LGX Diesel th 00, ESTILO th 94,hub. 08127481871/081366299200.

JI0914 | 15-22/08

Djl 13 unit Isuzu D-MAX SC 3.0 Turbo intth 06, 2 unit PANTHER MB LS 25 MT th06, X-TRAIL ST AT th 06, FORDRANGER DC Base 2.9 th 05, L200Strada DC th 06. Hp. 081274666639.

JI0914 | 18-28/08

DAIHATSUTAHUN 1987

Dijual TAFT GT 4x4 th 97 Independent-biru hitam met hub. 081366366806.

JI0914 | 20-25/08

TAHUN 1994Djl FEROZA 94 htm (Orisinil), P. Win-dow, P. Stering, AC, tape, BH hub. 081366675010.

JI0914 | 21-26/08

TAHUN 2000Djl TAFT 4x4 Indepedent th 00 BH kond.siap pakai hrg 110 jt nego, Hp. 08127430336.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 2001

JI0914 | 11-24/08

DIJUAL BIBIT SAWITDijual bibit sawit, ada 7000 btg jenismarehat umur 1 th, di Desa Suka Damai,kec. Tebing Tinggi WKS, Jambi. Pembelihub. Bpk Mudiono Hp. 081366155155.

JI0914 | 19-19/09

KEBUN SAWITDjl sgr BU kbn swt + 90 Ha, sdh berbuahTM I bibit, sertifikat marihat sgt subur,tanah mineral datar hanya suratsporadik, akta notaris, lok. simp kiriTanjabtim + 1 KM dari jalan raya dpnKec. Mendaha ra Ulu hub. 0811213684/081366854854 tp hny melayani serius.

JI0914 | 23-24/08

KEHILANGANTelah hilang sertifikat Tanah an. Ny.Sadarni Amiir Husin, No. 22/1977 bagiyang mnmkn hub. 60441 (H amir Husin).

JI0914 | 22-00/08

LAPTOPJl cpt BU Laptop merk acer, aspire core2 dua 25Hz, 1 GB, 160, DVD RW,webcam, kondisi msh br (grs) 4,6 jt. Ph.0813320923797/3010130.

JI0914 | 22-23/08

OBAT TELAT BULANAnda telat bulan? Dijamin bergaransisampai tuntas, hub. 081359084520.

JI0914 | 31-31/08

ORGAN TUNGGALDjl 1 set organ tunggal komplit KN 2600Genset 10000 Watt, Hp. 081366102055.

JI0914 | 12-28/08

PELUANG USAHABisinis modal 50 rb, investasi bagi hasilklik web http://www.limapuluhribu.com/?id=aslan.

JI0914 | 16-22/08

Plg Bsns 1ntnet prkts dg 2 lkh mdh hub.081366263363.

JI0914 | 22-00/08

PULSA ELEKTRIKOCTOPUS PULSA ELEKTRIK.Siapapun dan dimanapun anda semuabisa jualan pulsa hanya dengan modalawal 50 rb transaksi lancar, depositcepat & stok lengkap. Dapatkan hadiahTV! Kulkas! DVD! dll!! Hp 085266252525/081927505550, yg mau menjadidealer unit daerah anda (tanpa modal)hub. 081274641234.

JI0914 | 09-09/09

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Fotuner, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0914 | 15-15/09

SAFIR RENTAL. Menyewakan Harian,Blnn. Kjg Kapsul, Innova, L-200, DCRanger. Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0914 | 08-07/09

ICHA RENTAL. Murah, Kjg Krista 300 +Sopir, harian, mingguan, 081366987757.

JI0914 | 07-27/08

AMEL RENTAL. Sewakan Avanza,Kijang, LGX, Krista. Harian/Bulanan.(0741) 570502/7006836/0816398939.

JI0914 | 07-07/09

FAJAR RENTAL. Kijang Kapsul, Innova.Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0914 | 07-07/09

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mingguan, Bulanan. (0741) 085266749975/081366680440.

JI0914 | 26-26/08

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova,LGX. Harian, bulanan. Hp. 081366383337/7142213.

JI0914 | 04-03/09

FEROZA 94 Mrh hati, AC, VR, BH, pjk 1thn ban bsr, Gagah, Ph. 0741-9707080.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 2006Dijual XENIA XI- VVTi sporti th 06 w.hitam kondisi terawat, hub. 7107159.

JI0914 | 20-22/08

H O N D AJl Honda JAZZ IDSi mulus 118jtcash&credit hub. 7107772.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 20011 unit CRV manual wrn hitam th 04 platB. 081366901122/081366345555.

JI0914 | 20-02/09

TAHUN 2005Dijual Honda CITY Vtec matic thn 05,plat BH, hub. 081366873001.

JI0914 | 22-10/09

I S U Z UTAHUN 2003

Jl Black PANTHER 2,5 CC th 2003, Rp.130 nego Hp. 081366675858.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 2006Jl PANTHER PU 06 hitam, jrg pakai, tgnI, AC, PS, Sound System, ban 14, hrgnego, hub. 081219644517.

JI0914 | 14-22/08

S U Z U K ITAHUN 1989

Dijual KATANA th 89, BH, AC, tape hrgnego, hub. 08127419862.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 1992Djl Szk KATANA th 92 wrn htm + HyundaiCKRA th 96 wrn hitam mls, Hp. 081274477645/081366927366.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 1996Jual KATANA GX 96 w ungu BH & KATANAGX 2001 hitam BH Hp. 085222055568.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 1997Dijual ESCUDO 97 Merah, BH, mls, 84Jt, Hp. 085266544444.

JI0914 | 21-26/08

TOYOTATOYOTA 100% BARU. Ready Stok dealerresmi, info peme sanan 7004809.

JI0913 | 24-24/08

TAHUN 1983Tyt HARDTOP asli diesel th 83, VR,ban 31 strg, plat D mls, 081213568111.

JI0913 | 12-22/08

TAHUN 1988Dijual cpt Toyota TWINCAM 88 harganego hub 0741-7008483.

JI0913 | 22-27/08

TAHUN 1990STARLET 1.3 SE 90 biru, mls, istmw, intkulit, full audio, Ph. 081366465746.

JI0913 | 20-25/08

Dijual KIJANG SUPER th 90 5 spd hrg45 jt (nego) Hp. 085266460746.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 1994Dijual Great COROLLA 94 merah, BH,hrg nego Hp. 0741-63869/7040434.

JI0914 | 21-26/08

TAHUN 1995Jl Land CRUISER VX 95 hijau BU,mulus, sound system hub. 717022.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 1997Kjg LGX th 97 wrn biru met, BH, bnsn,atas nama sndr, Hp. 081539836233.

JI0914 | 21-26/08

TAHUN 1998Djl Kijang KRISTA 98 wrn hijau 1.8, hmtBBM, BH, atas nama sendiri Hp. 081539836233.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 2001Djl cpt BU KJG LGX diesel th 01, hub.081366355108.

JI0914 | 14-23/08

TAHUN 2002Dijual KIJANG LGX 2002. 08129252357,pajak panjang.

JI0914 | 28-27/08

Acctg Srvcs (GL) pajak (PPn, PPh, SPT,NPWP) rancang sistem & web halamanhub. 0811-934971/0741-571444, pnglmn(Tokuan).

JI0914 | 24-24/08

GROSIR PRODUK FASHION. UntukLebaran, Hp. 0811744136.

JI0914 | 10-25/08

Sporf: Sewa kamar harian (kondominium)bersih dekat Novena/Bis/Mrt/Orchad,Dapur, AC, TV, Call 074133015/081366533533.

JI0914 | 21-03/09

AGEN KUE KERING BANDUNGAgen Ina Cookies, kue kering bandung+ 100m dari SD 47, depan MM Kambang,telp. 081366015950.

JI0914 | 04-04/09

BIRO JASARada Jasa SIM, STNK, BPKB, KIR, mtsiluar daerah,Jl. yunus Sanis No 35, Hp.0813 66466343, antr jmpt.

JI0914 | 19-01/09

BORE PILEAnda butuh Bore Pile? Hub. beben,0811743327 u/ fondasi gedung, tower,dll. Spec alat: bor kering.

JI0914 | 23-23/08

BUKU BSE/BUKU MURAHDistributor BSE/buku murah, bkreferensi, alt prg, seragam, atk, CV. BimaSakti, komp. Villa Kenali Permai Blok H8 No. 3 Kel Mayang Mangurai, kec. KotaBaru Jambi. Tlp/Fax. 0741-669615 Hp.08127414727/ 081310841793.

JI0914 | 13-13/09

DIBUTUHKAN RUKODbthkn ruko/rumah didaerah Bulian,sengeti, R. Bujang, Srlgn, Kerinci,Sabak, Bangko, beransuransi dgnfasilitas 3 KM, max 3 KT 7 miliki halamanckp utk 3 mbl box/engkel yg akan djdknsbg mes. Kirim ke alamat via pos PT.Bintang Suryasindo Jl. UD. SyaringSrikayangan No. 503 Kel. Talang Bakung,Jbi Sltn Kota Jambi, telp. 0741-573017.

GUDANGDijual GUDANG/TANAH lok. strategis,anda bth kontraktor utk bikin gudang,Konstruksi baja hub. CV Agung Karya,Hp. 081274141318.

JI0914 | 07-06/09

R U M A HDijual RUMAH lok. Griya Aur Duri IndahBlok D No. 364 type 36. Ph. 7140071,hrg 65 juta.

JI0914 | 00-00/00

Dijual RUMAH di Perum Pesona MayangBlok H No. 5 type 36 jadi 90 lt 2 sdh dicor hrg 160 jt. Ph. 0741-7140071.

JI0914 | 00-00/00

Djl RMH 4 KM, ls. 328 M, pgr kllng, diKasan Jaya, hg ng, hub. 081366783535.

JI0914 | 31-31/08

Djl RMH cck utk ktr, 3 kmr, 1 r. ktr, 1 r.meeting, garasi, fas. lenkp, lt. 300 m2,hrg mrh, lok dkt htl Grand, hp. 081378120666.

JI0914 | 02-02/09

Dijual RMH dkt masjid Nurul Janah,TAC, lb. 143M2, lt. 425M2, PLN, PAM,sumur, pagar keliling,sertifikat, hub.08121241263.

JI0914 | 06-11/09

Djl RMH tipe 70 ls. bgnan 70 lt. 180 M2,listrik 1300W, full keramik, lok. PerumRatu Daha III dpn SMU Pelita Raya ps.putih, hrg 150 Juta net, sertifikat. hub.08127846996.

JI0914 | 11-27/08

Dijual RMH siap huni Jl. Lingkar Selatan,nego, hub. 0741-7008483.

JI0914 | 09-14/09

Dijual RUMAH 1 1/2 lantai beton, 3 KM,PAM, PLN, lok Jl. Ir. Budiman, Tlng Bnjar,hub. 0741-7550155/08127413189.

JI0914 | 12-22/08

Djl RUMAH bru type 43/120 Puri MayangCasablanca G/30 hub. 081316581409.

JI0914 | 15-27/08

Jl cepat RMH Villa Kenali Blok L No. 16Hp. 081174033/081274239240, Tp.

JI0914 | 20-25/08

Dijual cepat! RUMAH di komplek PuriMayang Cluster Casablanca blok E 6type 50, hadap taman Rp. 236 jt, Hp.08127412710.

JI0914 | 14-22/08

Djl RMH di Villa Gading Myng Blok H-14type 131, 2 lantai Hp. 081274577878/0741-667493.

JI0914 | 20-25/08

Djl RUMAH uk 7x15 lt, 8 tbk, 3 KT, 2 KM,keramik, PLN, sumur, lok RT 10 Pagardrum, hrg 250 jt nego, TP, hub. 081263771416.

SMA, Mrktng Leader, min. D3, krm lmrnke PT. Adira Quantum dpn ex. BioskopMurni.

JI0914 | 08-22/08

Dibutuhkan Staf markting pria/wanitapnddkn min SMA pria diutamakanberkendaraan bermotor. Langsung in-terview ke Mall WTC Batanghari CV.Mitra Mandiri lantai dasar Blok D. No.12/15 (bkn sales) Hp. 7837212.

JI0914 | 08-22/08

SALESDibthkn Salesman task force (motoris)dgn syarat: Pria max. 25 th, ijazak minSMA, pny kendaraan sendiri, memilikiSIMC, siap ditempatkan di Kabupatendi Provinsi Jambi, diutamakan PutraDerah, lmrn krm ke PT. BintangSuryasindo, Jl. UD. Syaring Srikayangan No. 503, Talang Bakung, Jambi,telp. 0741-573017.

JI0914 | 11-24/08

Dcr Saleman/exhibition, pria/wanita,SMA sdrjt, umur 25-30 thn, pnmplnmnark, mau bkerja keras, hub. CV Cen-tral Bajaj, adipura Thehok, 0741-571333.

JI0914 | 20-25/08

Mazda Jambi bth salesman & salescounter pengalaman, otomotif min SMAwalk interview tlp. 0741-446072.

JI0914 | 16-22/08

Dbthkan Sales/SPG/Cleaning Service.Berpenampilan menarik, rajin, ulet, jujur.Lmrn krm ke PT Excel Indonesia (DpnUnbari) Telp. 0741-60862.

JI0914 | 20-25/08

JI0914 | 22-29/08

Dijual cpt RMH siap huni bkn perumahanlok. Lingkar selatan hub. 0741-7008483.

JI0914 | 22-27/08

RUKOOver kontrak RUKO 2,5 thn lagi, Jl.Pangeran Hidayat RT 3 No 1 Pal 5 KotaBaru (sebelah Amelia salon) BU, hub.081274517333.

JI0914 | 15-23/08

Djl RUKO 2 pintu 10 x 20, 3 lantai,parkir luas, dkt Perum Liverpool, 081366423737.

JI0914 | 14-23/08

Djl RUKO 2 1/2 lti, komp Villa GadingMyg A4, full lramik, plapon gitsum siappakai + 2 AC wather hiter, pintu kaca 2ml, hub. 08127417377 (Jambi).

JI0914 | 18-23/08

Dijual RUKO Jl. Adam Malik Hp. 081274190708.

JI0914 | 21-01/09

T A N A HDijual TANAH SHM 5 tbk tl. Bakung, Hp.081366316060.

JI0914 | 08-13/09

Djl cpt TNH 10,5 tmbk lokasi dkt markasBrimob, hub. 081366254577.

JI0914 | 11-22/08

Dijual TANAH kebun pinang, sudahmenghasilkan/berbuah. Luas 52 tbk/5250 M2. Alamat simp. Tugu TalangBakung Jambi Selatan, berminat hub.085266800686/081274016076.

JI0914 | 10-22/08

Dijual cpt TNH 7,5 tbk kbn Kopi simpangSerdang sblh TK. Taruna bisa utk Bangunruko Hp. 081366869799.

JI0914 | 21-26/08

Jual murah BU TNH SHM 1400 M2 Jl.Lintas Tbsi Bungo cck ut rmh mkn/rukohub. 7134155/081274860001.

JI0914 | 21-26/08

Jl TNH 24 tbk samp. LIA lr. Cadas pgrjalan besart, Tl. Pura, Ph. 31497/081274049512.

JI0914 | 22-27/08

DIKONTRAKKANDikontrakkan PERUM Villa Kenali PermaiBlok M5/9, hub. Budi telp. 7017005.

JI0914 | 06-11/09

DION RENTAL. Mnywkn Kijang LGX,Inova, Harian, Bln 0741-7048421/081266556045.

JI0914 | 01-30/08

MP RENTAL. Kjg LGX, Kuda. Mulai 200rb/hr. Ph. 0741-7142806/081366969866.

JI0914 | 03-03/08

SERVICEMENTARI JAYA SERVICE. Spesialispemasangan, service, cuci AC, dll, Hp.0741-7006537/0812742557891/081919043911.

JI0914 | 25-25/08

MAJU JAYA SERVICE. Mnrm pmasanganperbaikan pmlhrn AC baru/AC bks,Kulkas, msn cuci dll Hp. 08 1366356788/0741-7012343/081366000515.

JI0914 | 04-03/09

Dijual KJG KAPSUL LX 02 wrn silver,BH, hrg 90 jt Hp. 081366834359.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 2003Dijual Kijang LGX 1.8 mrh mrn th 03,130 jt nego, Hp. 0813661191147.

JI0914 | 20-25/08

TAHUN 2004Jl AVANZA silver G th 2004, Rp. 111 Jt,nego, Hp. 081366675858.

JI0914 | 19-24/08

Jl AVANZA G Gold 04, pjk pnjng, ass lkp,Ph. 445408/7008396.

JI0914 | 21-22/08

TAHUN 20051 Unit Toyota INNOVA type V th 05 wrnhitam Hp. 081366901122.

JI0914 | 20-02/09

Dijual AVANZA type G wrn silver th 05tgn I hub. 08127838775.

JI0914 | 22-27/08

TAHUN 2006Jl Kijang INNOVA G th 06 mulus, cash &credit hub. 7078899.

JI0914 | 22-27/08

BUTUH MOBIL?READY! Xenia, Luxia, Gran Max, disc 8jt, DP 12jtan. fitri 081366166072/7093833.

JI0914 | 13-27/08

BELI MOBIL BUNGA RINGAN!READY! Xenia, DP 12 jt angs 2,5 jt/5th, disc 8 jt Gran Max MB PU DP 13 jtTerios 22 Nila 081274063978.

JI0914 | 14-28/08

DIJUAL ANGKOTDjl ANGKOT jurusan Perumnas KotaBaru th 96, berminat hub. 08127409142.

JI0914 | 22-27/08

DIJUAL ESKAVATORDijual ESKAVATOR KOMATSU thn 2001tipe PC200-6, hubungi 081366100723.

JI0914 | 16-22/08

DIJUAL MOTORMotor BAJAJ 180 CC wrn hitam th 07buatan India hub. 081366002219.

JI0914 | 22-27/08

15 Bank Pangkas Bunga SimpananUpaya MenekanBiaya Dana

nesia (IBI) Agus Martowardojo,kesepakatan 15 bank itu dica-pai dalam pertemuan yang di-fasilitasi oleh BI kemarin.“Diperkirakan keselarasan itudapat tercapai dalam jangkawaktu tiga bulan ke depan,”ujar Agus yang juga direkturutama Bank Mandiri itu.

Meskipun tidak ada publikasinama-nama 15 bank itu, namunbeberapa bank besar yang dipasti-kan ikut dalam kesepakatan diant-aranya, Bank Mandiri, BNI, BTN,BRI, Bank Danamon, dan BCA.

Agus menjelaskan, penuru-

nan suku bunga simpanan inidilakukan agar biaya dana (costof fund) bank-bank tersebutbisa turun, sehingga suku bun-ga kredit bisa diturunkan sep-erti yang menjadi harapanmasyarakat dan para pelakuusaha. Seperti diketahui, saatini meskipun BI Rate sudah tu-run hingga berada di posisi 6,5persen, namun rata-rata suku bun-ga kredit perbankan masih bera-da di posisi 12 persen ke atas.

Saat dikonfirmasi, Dirut BRISofyan Baasir membenarkanadanya pertemuan di BI dan la-

hirnya kesepakatan memang-kas bunga simpanan. “Betulsekali, kita baru ketemu. Kesim-pulannya kita sepakat dan bu-kan intervensi BI. Penurunan-nya single digit, dilaksanakansegera dalam 3 bulan ke depanuntuk deposito,” ujarnya diGedung BRI. Menurutnya, haltersebut merupakan keinginandari perbankan sendiri. “Jikaada yang melanggar, nanti BItindak lanjuti,” imbuh Sofyan.

Sementara itu, KementerianNegara Badan Usaha MilikNegara (BUMN) menyatakan

siap mendukung penurunansuku bunga perbankan. Ment-eri Negara BUMN Sofyan Dja-lil mengatakan, pemerintahsangat mendukung upaya men-ciptakan biaya ekonomi rendah.“Untuk itu kami akan rapat den-gan Pak Darmin pekan depan,”ujarnya usai penekenan notakesepahaman Pelindo dengan 11mitra strategis, di kantor kemen-terian BUMN, Jakarta.

Sofyan memastikan, PT BankMandiri (Persero) Tbk sebagai bankterbesar akan ikut dalam penurunansuku bunga serentak itu. (jpnn)

JAKARTA - Sebanyak 15bank besar dalam negeri sepa-kat untuk memangkas sukubunga dana pihak ketiga (DPK), yakni deposito, tabu-ngan, dan giro. Langkah ini di-lakukan agar suku bunga DPKselaras dengan suku bungaacuan Bank Indonesia (BI rate).

Menurut Ketua HimpunanBank-Bank Negara (Himbara)dan Ketua Ikatan Banker Indo-

Page 14: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

SABTU, 22 AGUSTUS 2009 Jambi IndependentPUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

HINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTANANANANANSPESIALIS SYAWAT DAN MATATANPA OPERASI UNTUK UMUM

Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

Praktek setiap hari hari pukul 08.00 Wib sampai21.00 Wib Hari Libur Tetap Buka

JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr Keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arahSimpang Kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsung dariGunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten -Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar - Ambieyen-Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - RabunDekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - MudahPerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan palingmujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasildisembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhansoal syawat dan mata segera konsultasikan kepadakami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisadisembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling pentingdalam hidup.

Ramuan kami alami tanpa efeksamping, cukup satu kaliberobat dijamin sembuh untukselamanya, kami bisa berikangaransi untuk itu.

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobatipenyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat Ke-Luar , Sperma encer, memperbesar jaka(btg), tidak mempunyai keturunan, Kencingmanis, Sakit pinggang, kurang gairah dalamhubungan suami istri, juga tersedia ramuanambein khusus pria dan wanita tanpa operasidan menghilangkan bau badan pria dan wani-ta. Juga tersedia ramuan untuk memperbesarpayudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangantunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami

dapat memberikan kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap

hari, hari libur tetap buka.Hp. 081274373700

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

Alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpaoperasi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk pe-nyakit mata min-plus, matamerah, rabun jauh/dekat, ka-tarak, mata berkunang-ku-nang akibat diabetes baikpria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PUSAT PENGOBATAN

TRADISIONAL INDIA

- COBRA SUPER (USA) TL 054515281, MPBdan MPP Venis Pria secara cepat, alami, permanen selamanya

- PENINGGI BADAN SUPER (TR. 022514301),Menambah tinggi Hormon Pertumbuhan tulangsehingga menambah tinggi postur tubuh 5 -10 cm.

- FAT LOSS/EASYSLIM (TR RI 862704011486),Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut,paha dan seluruh tubuh, 100% natural danaman.

- PENGGEMUK BADAN (TR RI 024516871),Tablet spesial penggemuk badan, penambahnafsu makan badan anda lebih gemuk dan macho.

- HAI MHA JIANSHEN/ TR. RI 953476411,Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal,lemah syahwat, impotent dan menambahstamina.

- PROCOMIL/CIALIS Khusus Tahan Lamaberulang-ulang semalam suntuk.

- KONDOM DURI/DUREX. Kondom duri,Sungut lele untuk kepuasan pria & wanita

- BREAST CREAM / TB. VACUM (TR. 1007490091), Cream payudara bikin payudara besar, kencang, montok dan berisi.

ANDA INGIN CEPAT LANGSINGFAT LOSS / EASY SLIM

ANTAR KE ALAMAT GRATIS (DALAM KOTA)

“SIMSON” SIMPANG KAWATJl. Hos Cokroaminoto 42 Sp. Kawat

(Samp. Terminal Lama) Telp. 669652 Jambi

Page 15: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

15

SABTU , 22 AGUSTUS 2009Jambi Independent

Gigi Patah Tetap Bisa Dipertahankan

DONI (15) mengalami kecela-kaan yang membuat gigi de-pannya patah. Keadaan itumembuatnya merasa rendahdiri. Terutama saat berbicaradengan teman-temannya. “Ka-lau sakit masih bisa ditahan,tapi rasa malunya. Apalagi ka-lau lagi berbicara dengan yanglain,” ujarnya.

Apa yang dialami Doni wajarkarena jika gigi patah, akanmengganggu estetika gigi. Se-lain tak sedap dipandang, jugabisa membuat kuman makinmudah menerjang dan bersa-rang di dalamnya. Akibatnya,sejumlah masalah gigi lain punakan bermunculan.

Menurut drg Polisman Sitang-gang MKes, gigi patah tidakhanya disebabkan trauma. Per-awatan gigi yang kurang baiksehingga menyebabkan kariesgigi (gigi berlubang) juga bisamenyebakan gigi rusak dan

TergantungTingkatKeparahan

SITI MASNIDAR, Kota Jambi

akhirnya patah. “Jika gigi pa-tah, masih bisa diberikan solu-si, tergantung tingkat keparahan,”ujarnya di Rumah Sakit AbdulManap Kota Jambi kemarin.

Jika kondisi patahnya hinggamengenai akar gigi atau lebihdari separuh, mau tidak mau harusdicabut dan diganti dengan gigipalsu. Tapi jika masih bisa diper-tahankan, ada beberapa alternatif

yang bisa dilakukan. Namunsebelumnya tetap harus dilaku-kan perawatan. “Jika patahpada daerah mahkota, tentubeda penanganannya jika yangtinggal hanya akarnya,” jelasdokter yang berpraktik di JalanGatot Subroto itu.

Pada kasus trauma sepertikecelakaan, perlu dilakukanfoto roentgen terlebih dahulu.

Hal itu mutlak dilakukan untukmelihat kondisi gigi dan tulangpendukung. “Pengikatan gigibiasanya dilakukan pada gigiyang mengalami kegoyanganyang parah,” tambah Sitanggang.

Pada kasus mahkota gigi yangpatah sebagian, penambalangigi bisa jadi alternatif. Hal ituuntuk menyambung bagiangigi yang patah.

Tapi jika patah lebih dari duaper tiga, jaket crown dapatmenjadi pilihan. Itu dilakukanbila gigi yang patah sudah san-gat parah atau perawatan den-gan penambalan diperkirakantidak akan cukup kuat untukmenahan beban pengunyahan.

Itu juga dapat dilakukan padagigi patah yang hanya meny-isakan akar, yakni akar gigiyang tinggal berfungsi sebagairetensi. “Tapi jika akarnyasudah rusak hingga di atas duaper tiga, mau tidak mau harusdicabut,” imbuh mantan Ka-subdin Promosi Kesehatan Di-nas Kesehatan Kota Jambi itu.

Sementara itu, pembuatangigi palsu tersebut dilakukan bilagigi tidak lagi dapat diselamatkandan pasien tidak ingin tampakompong di depan publik. Perawa-tan dilakukan dengan mencabutgigi dan gigi palsu langsungdipasangkan tanpa menunggupenyembuhan luka.(*)

Jaket Crown Pilihanuntuk Gigi Rusak

SERING KALI orang tidakmau melakukan pencabutan kare-na takut ompong. Dengan jaketcrown atau dikenal sarung gigi,masalah itu bisa diatasi dan pasientak perlu menahan sakit terus-me-nerus lantaran tak mau ompong.

Gigi yang jaringannya tinggalsedikit pun, misalnya hanya me-nyisakan akar yang panjang, bi-asanya diberi perawatan gigi den-gan penjaketan. Biasanya padagigi yang sudah mati dan jaringa-nnya tinggal sedikit, pasien tidakmengalami banyak keluhan. Iahanya merasa tak nyaman ter-hadap runcingan yang biasanyatertinggal dari sisa-sisa gigi.

Menurut drg Polisman Sitang-gang, gigi yang perlu diberi crownakan dijaketi dengan gigi-gigibuatan yang bahannya bisa dipil-ih. Crown ada yang seluruhnyaterbuat dari keramik, ada juga yangdilapisi metal (emas, perak, ataucampuran keduanya).

Yang paling mahal adalahcrown emas, karena pelapisanemas dihitung tiap per gram.Selain itu, emas adalah logammurni yang memiliki dayaadaptasi paling baik dengangusi. Crown emas juga sangatkuat. Karena itu, ia biasanyadigunakan pada gigi-gigi bela-kang yang sangat aktif dalammelakukan kegiatan kunyahdengan penekanan yang kuat.“Dengan begitu, gigi buatan tidakmudah pecah. Sayang, crown emasmenimbulkan warna yang kurangalami lantaran berkesan kekuning-kuningan,” jelasnya.

Begitu pun dengan crown metaldari perak. Bahan itu juga terma-suk kuat dan cocok dipasang un-tuk mengganti gigi belakang yangcopot. Namun, dibanding emas,perak tentu saja lebih murah harg-anya. Sayang, perak juga memili-ki warna rada keabu-abuan, tidaksenatural keramik.(nid)

EDDY DJUNAEDY /JAMBI INDEPENDENT

GIGI Seorang dokter bisa sedang memeriksa gigi pasiennya. Gigi patah, tetap bisa diperta-hankan.

Page 16: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi IndependentA . D . V . E . R . T . O . R . I . A . L

nusantara

SEBAGAI tindak lanjut program integrasi perkebunan kelapa sawit dan peternakan sapi, PT Inti Indosawit Subur (IIS) Kebun Tungkal Ulu memberikan pelatihan pembuatan abon dan dendeng dari daging sapi, Rabu (19/08) di Satuan Permukiman (SP) 6 Desa Adi Purwa, Kecamatan Merlung, Tanjab Barat.

Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh PT IIS untuk merangsang munculnya unit-unit usaha kecil menengah (UKM), sebagai penghasilan tambahan bagi perekonomian petani plasma binaan PT IIS.

Dalam pelatihan itu, PT IIS kembali menggan-deng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang kali ini diwakili Satrio Krido untuk men-gajarkan para petani plasma, khususnya para ibu, membuat abon dan dendeng dengan biaya murah, enak, bersih, dan higienis. Dalam pemaparan-nya, Satrio mengatakan bahwa dalam memulai sebuah usaha kecil, yang perlu dimiliki adalah rasa keingintahuan akan sesuatu serta peluang usaha. Sedangkan yang lain seperti teknologi, modal, dan pasar akan menyusul.(*)

Dua ibu menjadi sukarelawan dalam pembuatan abon dan dendeng. Peserta mendapat pengarahan dari Satrio Krido.

fOTO-fOTO:IST/jAmBI InDEPEnDEnT

Puji L Sitompul memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan.

Agus Sebayang beserta peserta yang lain mengikuti seminar pelatihan pembuatan abon dan dendeng sapi.

Puasa, Daya Beli Masyarakat Menurun Terkait Dengan Naiknya Harga Sembako

PADANG - Pedagang sem-bako di pasar-pasar tradisional Kabupaten Pasaman Barat (Pas-bar) mengeluhkan daya beli masyarakat menurun dua hari jelang memasuki bulan puasa. Kondisi ini berbanding ter-balik, dibandingkan tahun lalu, dimana H-2 memasuki bulan puasa tingkat daya beli masyarakat naik hampir 50 persen.

Hal ini terungkap saat tim dari Dinas Koperindag dan UKM

Pasbar, berdialog dengan peda-gang di Pasar Simpangempat sekaligus meninjau keterse-diaan stok sembako jelang memasuki bulan puasa di Pasar Simpangempat.

Des (35) salah seorang peda-gang di pasar setempat, men-gatakan meski akan memasuki bulan puasa, namun daya beli masyarakat cenderung menu-run dibandingkan hari-hari biasanya untuk membeli kebu-tuhan pokok. Akibatnya, para pedagang mengaku keuntu-ngan yang mereka dapatkan menipis.

“Saya tidak tahu penyebabnya apa. Yang jelas kondisi ini jauh berbeda dibandingkan ketika

menyambut bulan puasa pada tahun lalu,” ujarnya.

Dari hasil sidak, persediaan sembako seperti beras, minyak goreng, gula, cabe merah, dan beberapa kebutuhan lainnya di pasar-pasar tradisional mencu-kupi untuk kebutuhan selama puasa. Namun, harganya naik mencapai 25 persen.

Di antaranya, beras kualitas I dengan harga rata-rata Rp 8.100 per Kg, naik menjadi Rp8500 per Kg. Cabe merah dari Rp 17 ribu per Kg, naik menjadi Rp 20 ribu per Kg. Minyak goreng curah dari Rp 8.500 per Kg, menjadi Rp 9.500-10 ribu per Kg. Gula pasir dengan harga rata-rata berkisar Rp 8.500 per

Kg, bawang merah Rp 19 ribu per Kg, dan harga daging sapi dari Rp 60 ribu per Kg, menjadi Rp 70 ribu per Kg.

Kepala Dinas Koperindag dan UKM Pasbar, Mendrial mengatakan stok sembako di pasaran cukup untuk me-menuhi kebutuhan masyarakat selama puasa. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyara-kat agar tidak usah takut dan khawatir terhadap ketersediaan sembako di pasaran.

Pasar Pabukoan di Jalan Syahrir

Di Pariaman, Dinas Kope-rindag dan UKM Kota Paria-man bersama UPTD Pasar

bakal menata kawasan pasar pabukoan di sekitar kawasan pusat Kota Pariaman. Hal ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, di mana pasar pabukoan yang ada belum lagi tertata sedemikian rupa, melainkan hanya berjalan apa adanya.

“Dengan didukung kehadi-ran UPTD Pasar kita tentunya akan lebih leluasa menata para pedagang yang berjualan di sekitar kawasan pasar pabu-koan,” ungkap Kepala Dinas

Perindagkop dan UKM Kota Pariaman Armen didampingi UPTD Pasar Darman menjawab koran ini kemarin di Balaikota Pariaman.

Armen menyebutkan pasar pabukoan tersebut nantinya akan dipusatkan di sepanjang ka-wasan Jalan St Syahrir Pariaman. “Semula lokasinya memang direncanakan di sekitar kawasan Masjid Nurul Bahari Pariaman, namun karena sesuatu hal, akhirnya lokasinya ditetapkan sama dengan tahun lalu yaitu

di sepanjang jalan Sutan Syah-ril Pariaman,” terangnya.

Darman menambahkan pene-tapan lokasi pasar pabukoan tersebut ditetapkan berdasar-kan hasil rapat koordinasi di lingkungan Pemko Pariaman yang berlangsung baru baru ini. “Karena itu kita akan mengupay-akan agar pasar suasana pasar pabukoan tersebut nantinya benar-benar nyaman bagi pen-gunjung, makanya kita berupaya menatanya sebaik mungkin,” terangnya. (jpnn)

Penyaluran Raskin Terlambat

Tunjangan DPRD Lama Dicabut

Empat Ranperda Belum Dibahas

MEDAN - Realisasi penyal-uran raskin periode Juli 2009 ke sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara mengalami keterlambatan. Salah satu pe-nyebabnya adalah penerbitan SK Gubsu yang tidak tepat waktu. Kendati begitu, data terkini mencatat, persentase distribusi raskin sudah menca-pai sekitar 89 persen dari total keseluruhan atau 82.700 ton dari kuota 98.460 ton.

“A k i b a t k e t e r l a m b a t a n penerbi t a n S K G u b e r n u r bebe rapa waktu lalu, akh-irnya realisasi terpaksa ter-lambat,” kata Kepala Seksi Humas Perum Bulog Divre

Sumut Rusli kemarin. Untuk menutupi keterlam-

batan tersebut dilakukan pe-nyaluran dalam satu bulan dua kali hingga tepat penyaluran-nya sesuai bulannya. Itu telah tercapai sekarang,” tuturnya. Dia menuturkan, untuk wi-layah I mencakup Medan, Ser-dang Bedagai, Langkat, Karo, Pakpak Bharat, dan Tebing Tinggi sudah disalurkan sebe-sar 39.015 ton atau 91,8%.

Kemudian, untuk wilayah II mencakup Simalungun, Tapanuli Utara, dan Pema-tang siantar, realisasi pada periode yang sama sebesar 11.557 ton atau 75,9 persen.

Di wilayah III Kisaran telah realisasi sebesar 10.655 ton atau 79,1 persen dari rencana 13.459 ton, sedangkan untuk wilayah IV Padangsidimpuan realisasi sebesar 21.471 ton atau 79,6 persen dari rencana 27.319 ton.

“Penyaluran Januari hing-ga Juli hampir sudah selesai semua. Diperkirakan bisa sele-sai tepat waktu. Kalaupun ada keterlambatan, itu disebabkan keterlambatan pengajuan surat pengajuan alokasi (SPA),” tandasnya. Mengenai stok, saat ini total stok yang ada di Perum Bulog sebesar 53.800 ton. (jpnn)

PADANG - Anggota DPRD Sumbar periode 2004-2009 yang periode berikutnya terpilih di DPRD kabupaten/kota atau DPR-RI, dipastikan tidak me-nerima sejumlah tunjangan dan pembiayaan lainnya. Dengan catatan, sebelum masa jabatan-nya selesai 28 Agustus men-datang, ia telah dilantik dengan jabatannya yang baru.

Sekretaris DPRD Sumbar Nas-ril Anas memastikan hal itu telah menjadi perhatianya sejak 1 Agustus lalu, saat pembayaran gaji dan sejumlah tunjangan bulan Juli lalu. “Hingga seka-rang, baru dua anggota DPRD Sumbar yang lama mendapat-kan kondisi seperti itu. Satu dilantik di DPRD Kabupaten Pasaman dan satu lagi di DPRD Kota Pariaman,” ujarnya Ka-

mis (21/8).Dua anggota DPRD terse-

but, Fetris Oktri Hardi dari F-PPP yang dilantik menjadi anggota DPRD Pasaman dan Herizal Lazwan dari F-PKS, di Kota Pariaman. Sejak di-lantik, kata Nasril, keduanya juga tidak aktif lagi sebagai anggota DPRD Sumbar den-gan serangkaian aktivitasnya. “Dengan demikian, masa tugas mereka di DPRD Sumbar telah berakhir,” ungkapnya.

Selain dua orang itu, anggota DPRD lain yang pindah tugas adalah Taslim. Anggota F-PAN ini akan menjabat sebagai ang-gota DPR-RI. “Kalau untuk Taslim, masa jabatannya yang baru kan baru dijabat setelah keanggotaan DPRD Sumbar-nya berakhir,” lanjutnya.

Terpisah, Pengamat Hukum Tata Negara dari Universitas An-dalas, Suharizal membenarkan apa yang telah dilakukan Sekwan DPRD itu. Prinsip utamanya, jika yang bersangkutan masih menerima hak dari dua tempat sekaligus (DPRD Sumbar dan DPRD yang baru, red), berarti telah terjadi duplikasi peneri-maan.

“Jika hal itu terjadi, berarti ia telah melakukan korupsi,” ujarnya. Selain hak, tunjangan dan penggajian, jika sudah di-lantik, anggota DPRD yang dimaksud, secara administrasi juga harus mengundurkan diri dari jabatan lamanya. “Selain soal aturan, hal ini juga terkait dengan aturan,” jelasnya.

Artinya, baik penggajian, uang representasi, tunjangan keluarga,

tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan kesejahteraan, tunjangan panitia musyawarah, tunjangan Komisi, tunjangan Panitia Anggaran, tunjangan Badan Kehormatan dan tunjangan alat kelengkapan lainnya plus uang duka serta tetek bengek take home pay yang mereka dapat di jabatan lamanya, bukan hak mereka lagi

Kordiv Sosialisasi KPU Sum-bar Husni Kamil Manik juga menyatakan hal serupa. Jika anggota DPRD yang bersang-kutan melakukan duplikasi pe-nerimaan, sama saja dengan ko-rupsi. “Tapi, hal ini kemungkinan terjadinya kecil dalam jumlah be-sar. Artinya, dalam jumlah kecil, hal ini sudah menjadi perhatian Sekwan,” tukasnya. (jpnn)

PADANG - Belum tuntas pe-nyusunan tata tertib dewan, 45 anggota dewan sudah punya seabrek agenda yang menung-gu untuk dibahas. Yakni dua ranperda yang diusulkan Pem-ko, ranperda KUA-PPAS dan APBD 2010.

Dua ranperda yang diusulkan Pemko tersebut, yakni ran-perda perubahan kedua atas Perda No 14 tahun 2001 tentang retribusi parkir di tepi jalan umum dan ranperda perubahan

kedua atas Perda No 13 tahun 2001 tentang retribusi tempat khusus parkir.

Ketua DPRD Kota Padang sementara, Zulherman tak menampik banyaknya agenda yang harus segera dibahas DPRD. Tapi hingga saat ini, DPRD masih fokus untuk membahas tata tertib dan alat kelengkapan dewan. “Kalau tak ada, bagaimana mau memba-hasnya,” kata Zulherman.

Hingga saat ini, DPRD me-

lalui perwakilan fraksi sudah mulai melakukan pembahasan tata tertib dewan, namun me-mang belum ada finalisasinya. Targetnya, akhir September seluruh agenda awal ini tun-tas. “Baru dilanjutkan dengan agenda lain,” tandasnya.

Soal apa agenda yang akan jadi pr ior i tas , Zulherman mengatakan tetap mengacu pada aturan yang ada. Apa-lagi nanti rencananya DPRD akan memiliki Badan Leg-

islasi, sehingga badan itulah nanti yang menentukan tar-get prioritas pembahasan dan agenda DPRD.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD sementara, Budiman men-gatakan, mengacu pada ke-giatan DPRD sebelumnya, DPRD periode 2009-2014 akan melakukan evaluasi dan merealisasikan semua agenda yang harus dituntaskan. “Tapi tentunya sesuai mekanisme yang ada,” ujarnya. (jpnn)

SABTu, 22 AGuSTuS 2009

Petani PT IIS Tungkal ulu Belajarmembuat Dendeng dan Abon

Page 17: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

fo

to

-fo

to

: r

ol

an

da

ha

sib

ua

n/j

am

bi i

nd

ep

en

de

nt

Saksikan tayangannya di JAMBI TV, Minggu (23/08)

pukul 16.00 WIB.

Jambi Independent sabtu, 22 aGustus 2009

belanja Keluarga bonifisius andi

Keluarga bonifasius andiUmur : 49 tahun

Istri : MorryUmur : 38 Tahun

Anak : 1. Christoper Umur : 12 tahun

2. Agneserin Umur : 11 tahun3. Ricardo Umur : 1 tahun

Keponakan :1. Melly Umur : 40 tahun

Alamat : Jalan Otto Iskandardinata No 17-18 Kota Jambi

>> profilKeluarGa

Sering Kerja Sama dengan

Jambi IndependentBonIfaSIuS mengaku sudah cukup

lama berlangganan harian pagi Jambi In-dependent. Itu sejak dia dan keluarganya membuka beberapa usaha dan bisnis se-hingga harus mengetahui perkembangan Provinsi Jambi. “Kira-kira lebih dari lima tahun sejak kita membuka usaha,” ujarnya.

Nah, sebagai pengusaha, Boni mengaku sering menjalin kerja sama dengan Jambi Independent. “Baik iklan maupun kerja sama lainnya,” ujarnya.

Untuk itu Boni tertarik mengikuti program Belanjo Asyik yang digelar Jambi Independent. “Sudah sejak lama kita selalu memasukkan kupon belanja, baru kali ini kita mendapatkan hoki bisa memenangkan program itu,” ujarnya semringah.

Ada beberapa rubrik yang menjadi favorit keluarganya, salah satunya hala-man utama, bisnis, dan pendidikan. “Itu sangat penting, selain menunjang usaha saya, saya juga jadi mengetahui semua perkembangan yang ada di wilayah Provinsi Jambi,” beber pria pemilik Prima Citra Komputer dan kursus Fonem itu.(viz)

belanjo asyik Keluarga bonifasius andi

Slow But Sure, Rp 1 Juta Ludesbila peserta belanjo asyik selama ini selalu diburu waktu, berbeda

dari keluarga bonifasius yang kemarin menjadi peserta program Jambi Independent tersebut. tak perlu tergopoh-gopoh, yakin,

dan hasilnya: rp 1 juta ludes dipakai. mantap kan!?

SuaSana Hypermart satu hari memasuki bulan Ramadan

kemar in (21/8) dipadat

pengunjung. Membe-ludak dari biasanya. Di tengah kepadatan pengunjung mal di tepi Sungai Batanghari itulah, keluarga Bonifasius mencoba peruntungan.

Sebelum belanja dimulai, Bonifasius (49), Mory (38) dan Mel-

l y

(40), terlihat cukup santai. Bahkan mereka mengaku tidak memiliki persiapan apa-apa

untuk belanja. “San-tai saja, tidak ada persiapan apa-apa. Yang penting nanti apa yang ada itulah yang akan kita am-

bil,” ujar Boni enteng.Mori, sang istri, mengaku akan lebih fokus

pada kebutuhan sehari-hari rumah tangga dan beberapa alat elektronik. “Sekalian kebutuhan anak,” ujarnya. Pukul 15.20, stopwatch dihidup-

kan dan mereka bertiga berlarian. Tidak jauh berbeda dari peserta sebe-

lumnya, kali ini k e l u a rg a B o n i langsung menu-

ju stan produk elektron-

i k . S a a t b e -

r a d a di stan

t e r s e -but, mer-

eka hanya mengambil

s a t u k i p a s angin . Langsung b e r a n j a k k e

produk makanan.

Boni terlihat sangat santai. Bahkan saat mendorong troli, dia tidak berlarian seperti peserta umumnya. Hanya sesekali berlari kecil . Hal sama juga dilakukan kedua peserta lainnya. Tidak jauh meleset dari rencana semula, ketiganya mengambil be-berapa produk rumah tangga seperti Rinso, Energen, Kecap Bango, dan Blue Band. Tak ketinggalan, untuk keperluan sang bayi, mereka mengambil Mamy Poko Pant.

Setelah berkelil ing, rasa haus cukup dirasakan sehingga ketiganya menyambar beberap jenis minuman di hadapan mer-eka. Mory mengambil ABC Millenium dan Jungle Orange. Setelah cukup letih

berkeliling, tepat pada menit 4 lewat 17 detik, ketiga berlari ke kasir dan dengan sigap mengeluarkan semua barng yang di-dapatkan. Kali ini jumlah belanjaan sebesar Rp 1. 078.265.

Itu berarti mereka harus menombok sebe-sar Rp 78.265. “Cukup capek tadi keliling-keliling. Tapi enggak apa-apalah, kita san-gat senang,” ujar Mori semringah.(viz)

Beberapa Produk di Luar

RencanaMeSKIPun cukup banyak produk yang

berhasil mereka dapatkan, Mory mengaku ada yang tidak sesuai rencana semula. Itu karena saat belanja digelar, ketiganya mengaku men-gambil semua produk yang ada di hadapan mereka. “Memang apa yang direncanakan banyak yang di luar dugaan kita. Tapi enggak apa-apalah, apalagi semua dikasih dengan gra-tis. Kita malah senang,” ujarnya.

Menurut Boni, program Belanjo Asyik yang digelar harian pagi Jambi Independent sangat positif. Itu karena merupakan salah satu pro-gram yang langsung menyentuh pelanggan sehingga pelanggan bisa merasa lebih diman-jakan dan diuntungkan. “Membaca koran Jambi Independent memberikan ilmu dan informasi

yang sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga. Selain itu, mereka juga memberikan hadiah bagi

pelanggannya. Jadi pelanggan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat,” ujarnya.(viz)

Sekai desk fan 97.900

Baygon aer kuing 28.075

Jungle jc orange 31.500

Milo 3in1 37.000

Bango kecap manis 11.800

Sunco cookngoil 63.900

Ceres hg warna 16.125

Indocafe cefmix 73.400

Mamy poko pants 93.995

Regal biscuit 91.600

Blue band tinned 64.600

Sipulen long grain 55.125

Gf. Coat/butter 29.750

Wijsman butter 73.995

Sanremo tmt 38.050

Nusantara klengkeng 83.250

Rinso anti noda 11.750

Fiesta golden spy 43.150

Campina ic neopolita 19.975

Cip coerned beef 12.350

Gulaku kuning 9.750

Energen vanila 20.525

Abc millenium 10.900

Kkm miller sauce 56.300

Pop mie 3.500

Total 1.078.256

PUASsesi wawancara usai belanja. boni dan

keluarga semringah.

TIDAKNGOYO

bonifisius andi beser-ta angota keluarganya tampak santai mencari barang incaran. uang rp 1juta berhasil mereka habiskan.

Page 18: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

SABTU, 22 AGUSTUS 2009 Jambi Independent

Ketika Orangtua Melatih Anaknya Berpuasa

Diberi Hadiah hingga KesulitanMembangunkan untuk Sekolah

WIRA HADI, Kota Jambi

Hari ini (22/8), umatMuslim sudah mulai

menjalankan ibadah puasaRamadan 1430 H. Tidak

semua orang diwajibkanmenjalankan ibadah itu,

termasuk anak kecil yangbelum balig. Tapi ke-

biasaan kita sedari kecilanak sudah diajarkan

berpuasa.

“MENGAJARI anak-anakuntuk berlatih puasa itu gam-pang-gampang susah.” Ka-limat itulah yang diutarakanMulyadi (46), warga Jalan As-paragus, RT 05, Kelurahan Be-liung, saat ditanya cara dia me-ngajari anaknya puasa.

Dari pernikahannya denganYetri Yeni, Mulyadi memilikiempat anak. Dua di antaranyabelum diwajibkan berpuasa,yakni Jorgi (8) dan Abi (2). Di-temui di kediamannya, pria yangberprofesi sebagai kontarktor itumengatakan, melatih anak ber-puasa tidak bisa secara spontan.

Ada tahapan sesuai umuranak. Ia mengenang ketikamengajari anak pertamanya,Lisadora (16), berpuasa. “Saatdia masih umur lima tahunsudah diajarkan puasa, tapi yasemampunya dulu. Jangan di-paksakan,” katan Mulyadi di-amini istrinya.

Itu pulalah yang kini ia terap-kan kepada Jorgi yang kini

duduk di kelas 3 SD. Namunkini mereka memiliki trik agarsang anak betah berpuasa. Yetrimembeberkan, itu dilakukan de-ngan menghidangkan masakanyang paling disukai sang anak.

“Terutama pada saat sahur,karena membangunkan anakitu yang paling susah,” terang-nya. Ia mengibaratkan, maka-nan tersebut sebagai pan-cingan agar anaknya tergerakbangun dan makan sahur.

Mulyadi tak mau ketingga-lan, cara paling ampuh adalahmemberikan si anak hadiah bilapuasanya sukses. Bisa berupatunjangan hari raya alias THR.“Tapi sebetulnya memberikanimbalan berpuasa itu tidak ba-gus, tapi untuk memberikansemangat saja. Kalau sudahbesar, ya tidak diberi imbalan,”katanya tertawa.

Tak jauh beda, Abdullah Fir-daus, seorang ustaz alumnusUniversitas Al-Azhar, Mesir,1997, juga mengakui gam-pang-gampang susah. “Anak-anak kan kebanyakan melihatdan meniru apa yang dicontoh-kan. Untuk itu dalam mengajarianak-anak berpuasa, orangtuayang harus lebih dulu mencontoh-kan kepada anak-anak,” kata dia.

Mencontohkan bukan seka-dar berdiam diri, melainkan di-sertai memberikan pengertiantentang apa yang dikerjakan.“Untuk apa puasa, kenapa ber-puasa, orangtua harus tahu danbisa memberikan penjelasanyang bisa diterima oleh anak. Ter-

gantung orangtua,” bebernya.Lalu bagaimana dengan anak

yang berbohong, mengakupuasa padahal tidak berpuasa?Ia menilai itu merupakan polapermainan anak. Ia menyaran-kan orangtua harus betul-betulmemerhatikan anak. “Saatanak-anak berpuasa, sebaik-nya d idamping i meskipunorangtua sedang tidak berpuasa.Jangan sampai anak tahu ibun-ya tidak berpuasa,” kata bapakdua anak itu. Mulyadi sependa-pat dengan hal tersebut.

Terpisah, Kabag KeuanganSekretariat DPRD Kota JambiJumisar mengaku anaknya ti-dak kesulitan dalam berpuasa.“Yang sulit itu membangunkananak saat sahur,” kata dia.

Kesulitan lain masih ada. Bilausai sahur atau salat Subuh di-lanjutkan tidur, bapak tigaanak itu sedikit kerepotanmembangunkan anaknya.“Kan mereka tidak terbiasa,untung sekolahnya tidak telat.Tapi itu paling minggu-ming-gu pertama,” kata bapak yangsejak anaknya berumur limatahun sudah diajari puasa.

Dari tiga anaknya, dua diantara mereka masih belajarberpuasa. “Tapi syukur anaksaya yang kedua, MuhammadMufli, tahun lalu puasanyapenuh,” akunya. Ia menilai, ituturut didukung lingkungansekolah anaknya. Mufli yangberusia delapan tahun itu kiniduduk di kelas 4 SD Islam AlFalah. (dilengkapi Deddy R)

Capaian KB PriaMasih Rendah

KOTA JAMBI - Kaum priatampaknya masih enggan me-ngikuti Keluarga Berencana(KB). Peserta KB lebih didomi-nasi para istri. Data yang dilan-sir BKKBN Provinsi Jambi me-nyebutkan, peserta KB pria jauhtertinggal dibanding KB wanita.

Sampai akhir Juni, capaianpeserta KB pria baru 1.511 pe-serta atau 13,95 persen darisasaran. Padahal BKKBN me-nargetkan peserta KB pria se-banyak 10.828 peserta.

“Bandingkan dengan pesertaKB wanita yang sudah menca-pai setengah dari yang kita tar-

getkan,” kata Firmansyah,salah satu kabid di BKKBNJambi. Itu disampaikan padapertemuan ikatan penulis KBbeberapa hari lalu.

BKKBN mencatat peserta KBwanita hingga Juni sebanyak55.512 peserta dari target se-banyak 93.796 orang. Menu-rutnya, KB wanita didominasiKB jenis suntik yang persen-tasenya mencapai 54,7 persen.Lalu KB pil 35,5 persen. “Se-dangkan metode KB lain se-perti implant, IUD, dan MOWkontribusinya di bawah 10 per-sen,” terangnya.(dra)

Dinkes Jamin PesertaJamkesmasda Terlayani

Meski PutusKontrak denganAskes

iriyanto, Selasa (18/8) lalu.Dinkes sendiri masih ber-

sikukuh dengan Kepres 80 bah-wa pengelola Jamkesmasdaharus ditenderkan. Ia menga-ku, Dinkes sudah berkonsulta-si ke BPK. “Saat ini mereka te-ngah memeriksa Jamkesmasda2008,” katanya.

Bahkan Erwan juga memasti-kan, Jamkesmasda periode Sep-tember-Desember 2009 akanditenderkan. Kini mereka te-ngah menyiapkan prosesnya.

“Jika nanti gagal, ya kita swa-kelola. Itu kemungkinan ter-buruk,” kata pria berambutpendek itu.

Sementara Asisten II PemkotJambi Shopian Wairata me-ngaku belum tahu perkemba-ngan kisruh Jamkesmasda. Di-temui kemarin, ia menyatakanhingga kini belum mendapat-kan laporan terbaru, meskipundirinya memimpin rapat tera-khir antara Dinkes dan Askes.

Program Jamkemasda kerja

sama Pemkot dan Askes telahdimulai sejak November 2008.Awalnya pembayaran klaimberjalann lancar. Namun kare-na pada note kerja sama tidakdisebutkan dana untuk periode2009, Dinkes enggan mem-bayar. Padahal Askes telahditagih oleh rekanan atas pe-layanan peser ta J a m k e s -masda. Kini klaim Jamkes-masda di RSU Raden Matta-her kepada Askes mencapaiRp 600 juta.(dra)

KOTA JAMBI - Silang pen-dapat antara Askes CabangJambi dan Dinas Kesehatan(Dinkes) Kota Jambi soal Jami-nan Kesehatan MasyarakatDaerah (Jamkesmasda) terus ber-lanjut. Keduanya bersikukuh de-ngan pendapat masing-masing.

Tapi Kabid Jaminan, Sarana,dan Informasi Kesehatan Din-kes Kota Jambi Erwan Mujiomenolak pernyataan ManajerAskes Jambi Mairiyanto. “Mes-kipun nanti kerja sama Pemkotdan Askes dalam Jamkesmas-da, Jamkesmasda tetap jalan.Masak masyarakat miskin tidakboleh sakit dulu,” kata Erwandi kantornya kemarin (21/8).

Menurutnya, solusi yangakan ditempuh adalah menga-lihkan pengobatan Jamkesmas-da ke Rumah Sakit Umum Daer-ah Abdul Manap. “Prosesnyakan begitu dari puskesmas kerumah sakit tingkat II, baru kerumah sakit provinsi,” terangErwan.

Sebelumnya, Askes mengan-cam akan memutus kerja samapengelolaan Jamkesmasda.Penyebabnya, hingga kini me-reka tak menerima pembayaranklaim dari Dinkes. Sementararekanan Askes juga menagihklaim tersebut ke Askes. “Kalaudiputus, ya risikonya masya-rakat miskin peserta Jamkes-masda jadi susah,” kata Ma-

ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

PUASA: Abdullah Firdaus dan anggota keluarganya. Meski sanganak belum cukup umur, ia tetap mengajarkan mereka berpuasa.

PELAYANANPasien di RSU Raden Mattaher didorong dengan kursi roda. Meski Askesmenghentikan kerjasama dengan Pemkot dalam menangani Jamkesmasda,Dinkes kota mengklaim pelayanan program tersebut tetap berjalan.

ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

Page 19: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi Independent SABTU, 22 AGUSTUS 2009

Pengebom LockerbieDisambut Seperti Pahlawan

TRIPOLI- Kepulangan satu-satunya terpidana tragedi Lock-erbie, Abdelbaset Ali Mohmet al-Megrahi disambut bak pahlawankampung halamannya, Libya.Sementara kekecewaan keluargakorban pengeboman pesawat PanAM penerbangan 103 semakin takterbendung, termasuk PresidenAS Barack Obama.

Massa di jalanan Tripolimemberikan selamat atas be-basnya pria 57 tahun tersebut.Ratusan orang berhamburanmendekati landasan terbangsaat pesawat yang ditumpangial-Megrahi mendarat. Sebagi-an diantara mereka melambai-kan bendera. Sementara lain-nya tampak memberikankarangan bunga kepadanya.

Megrahi tak lagi mengena-kan baju training yang dikena-kannya saat keluar dari penjaraGreeenock. Dia tampak men-genakan setelan berwarna ge-lap, saat bertemu dengan putrapemimpin Libya Muamar Gad-dafi, Seif al-Islam. Keduanyalalu berjabat tangan. “Saya in-gin bertermakasih kepada pe-

merintah Skotlandia atas kebe-raniannya mengambil keputu-san (bebas) tersebut dan mema-hami kondisi khusus (yang di-alami Megrahi),” ujar Seif al-Islam Gaddafi.

Pengadilan Skotlandia mem-bebaskan Megrahi atas dasarkemanusiaan, karena terpi-dana pengeboman 1988 di lan-git Lockerbie itu mengidapkanker prostate stadium akhir.Muncul kesadaran kolektifyang semakin membesar bah-wa Megrahi tidak bersalah ataskasus tersebut.

Bebasnya terpidana teroristersebut langsung menuai ke-caman dan kemarahan luas darikalangan kontra. PresidenBarack Obama menyatakanperubahan vonis delapantahun penjara menjadi bebasadalah sebuah kesalahan. Diajuga menyatakan bahwa pe-merintahannya telah mengaju-kan protes terhadap Libya ter-kait penyambutan bak pahla-wan kepada Megrahi.

Obama menambahkan, pe-merintah Libya seharusnya tak

membebaskan begitu saja Me-grahi. Tapi memberlakukantahanan rumah kepadanya. ASwajar kecewa atas keputusantersebut. Karena mayoritas 207korban tragedy Lockerbie ad-alah warga negara Amerika.

Seperti dilansir Agence Fran-ce Presse pemerintah Obamamengingatkan bahwa penyam-butan Megrahi akan meng-ganggu hubungan bilateralkedua negara. “Kami telah ber-bicara dengan pemerintah Skot-landia. Menunjukkan bahwakami tidak setuju dengan kepu-tusan (bebas) ini. Dan kamipikir, ini adalah kesalahan,”terang Obama dalam sebuahwawancara di Gedung Putih,kamis (20/8).

Presiden 47 tahun itu melan-jutkan, “Kami juga sedangberkomunikasi dengan pemer-intah Libya dan ingin memas-tikan bahwa Megrahi tidak dis-ambut dengan cara tertentu danseharsunya dilakukan penaha-nan rumah,” tandasnya.

Menteri Luar Negeri InggrisRaya David Miliband menga-

takan sisi penyambutan Megra-hi di ibu kota Libya sangatmengganggu perasaan keluar-ga korban. “Tentu saja sisi pe-mandangan adanya seorangpembunuh massal layaknyapahlawan sangat mengaget-kan, sekaligus mengecewa-kan,” katanya kepada BBC.

Stephanie Bernstein, yangsuaminya tewas dalam pem-boman tersebut menyatakanbahwa perasaannya telah tersa-kiti oleh pemerintah Skotlan-dia. Dia juga menyatakan bah-wa Presiden Obama sangat naùjika menginginkan Megrahibisa dijatuhi tahanan rumah.

“(Permintaan Obama) Ituhanya menunjukkan kenaifan,dimana sebagian besar orang(warga Libya) menganggapkebebasan Megrahi adalahkeputusan yang tepat. Kamimelihat dia disambut sepertipahlawan di Tripoli pagi ini,(kemarin,Red) dan dengan san-gat menyesal saya katakan,presiden kami (Obama) jugasangat naif” keluhnya sepertidikutip CNN. (jpnn)

Karzai dan Abdullah Klaim MenangKABUL - Hasil paling awal

pemilihan presiden (pilpres)Afghanistan baru bisa diket-ahui hari ini. Tapi, kubu duakandidat terkuat, Hamid Karzai

dan Abdullah Abdullah, sudahsaling mengklaim sebagai pe-menang kemarin (21/8). Komi-si Pemilihan Independen (IEC)menyayangkan klaim yang ter-

lalu dini tersebut.“Kami yakin dia (Karzai) akan

mencapai lebih dari 50 persen,”kata Seddiq Seddiqi, Juru BicaraTim Sukses Karzai, seperti dilan-sir Associated Press kemarin.

Dia menyatakan, klaim ke-menangan tersebut didasarkanpada temuan awal timnya dilapangan. Juga, laporan darisekitar 29.000 pengawas yangmereka sebar.

Optimisme senada dipapar-kan Ketua Tim Sukses DeenMohammad kepada Reuters.Bahkan, dia yakin Karzai tidakperlu kembali bertarung padaputaran kedua untuk kembalimenjabat presiden.

Tapi, klaim Karzai itu dimen-tahkan kubu Abdullah. “Yangdiklaim kubu Karzai tidak be-nar,” tepis Sayyid Agha Hus-sain Fazel Sancharaki, Juru Bi-cara Tim Sukses Abdullah.

Tidak mau kalah, dia pun lantasmengklaim Abdullah sebagai pe-menang dalam pilpres langsungkedua Afghanistan tersebut. Diamenambahkan bahwa Abdullah

menang mutlak dan tidak akanada putaran kedua.

Namun, klaim penuh emosidua kandidat terkuat itu ditang-gapi dingin Ketua IEC DaoudAli Najafi. Kemarin (21/8) pagi,dia menegaskan bahwa komisiyang dipimpinnya baru mener-ima sebagian kertas suara dariKabul saja. “Saya mengimbaukepada seluruh kandidat untukbersabar dan menunggu sampaiprosedur penghitungan suarasempurna sehingga hasil res-minya bisa diumumkan,” pa-parnya. Saran yang sama disam-paikan Juru Bicara KedutaanBesar Amerika Serikat (AS),Fleur Cowan.

Lebih lanjut, Najafi mengata-kan bahwa saling mengklaimkemenangan itu hanyalah bagi-an dari permainan ekspektasikubu Karzai dan Abdullah.Sebab, jumlah perolehan suaratidak mungkin bisa diketahuisebelum hari ini. Itu pun barusebagian hasil awalnya. Kare-na, belum semua laporan peng-hitungan suara masuk.(jpnn)

Page 20: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

sabtu, 22 agustus 2009 Jambi Independent

Page 21: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

SABTU, 22 AGUSTUS 2009

[email protected]

Sebulan Serunya Rame-rametuh jadi berasa istimewa karenhawa-hwanya tuh enak, kanhawa orang puasa tuh mantabgitu. Bau-bau surga gimanaa.Jadi bawaanny selalu kepinginibadah dengna lebih baik lagi.Cieeeee...

Gak itu aja, banyak juga keg-iatan yang emang lazimnya

RAMADHAN t iba euy...senangnyaa.a.......

Alangkah beruntungnya bisaketemu lagi ama bulan yangsatu ini. Setiap bulan puasatiba pasti bawaannya senang,adem, bahagia, dan gembira.

Hm... kenapa begitu? Kalomenurut aku sih bulan puasa

Isi Dengan Halyang Bermanfaat

BULAN Ramadhan adalahbulan yangpenuhr a h -

mat. Untuk ituhendaklah padabulan tersebut dii-si dengan hal-halyang bermanfaat.Karena pada bulanyang penuh denganberkah dari AllahSWT itu, kita dibukakan pintu berkah yangluar biasa. Banyak hal yang dapat dilakukanguna mengisi hari-hari di bulan puasa. Per-banyaklah berbuat baik, agar bulan iniselalu dilimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. (lyn)

Angraini,SpdGuru SMP 4

THINK IT

Cuma dilakuin pas puasa aja.Kayak makan maghrib-magh-rib, nyicipin kolak sebelum ma-kan, sholat tarawehany bareng,makan subuh-subuh. Dan tentu-nya tadarussan rame-rame.

Di bulan ini, kita bisa berib-adah sekaligus ngejaga tali sil-aturahmi ama keluarga dan te-

My Life Is In PursuitHEHE… berat neh tema hari ini. Bener

gak sih yang saya bilang tuh? Hidupku(bukan Cuma saya aja sih, se-mua dari kita) dalam pengeja-ran. Kita selalu dikejar-kejar.Dikejar oleh waktu, dikejaroleh ambis i , d ike jar o lehpemikir ian-pemikiran k i tasendiri. Dan nggak sedikit jugayang dikejar -kejar hutang(saya turut prihatin).

Sesungguhnya, hidup yang melelah-kan dan selalu berlari ini, nggak perlujadi melelahkan jika kita ingat untukmelakukan satu hal. Istirahat.

Berhanti sejenak untuk menarik nafas,memikirkan apa yang telah kita raih dan apa

yang sedang kita kejar. Mengevaluasi dirikita akan apa yang telah kita perbuat. Me-

nentukan determinasi kita agar se-muanya menjadi jelas dan nggakbikin kita ngerasa sedang beradadalam pelarian yang sia-sia.

Terakhir yang mau sayasampein adalah jangan terlalubanyak berencana. Kenapa?Karena opa John Lennon bilang“live is what happens to you while

you busy make a plan” dan itu bener. I t ’ syours to think… (cholidah)

Merenung dan Lakukan yang Terbaik

Minul-Palcomtech

Opi-SMA Unggul Sakti

Melda-SMAN 8

Riko-Stephen

WINDA-SMAN 6

Diana-Poltekkes

Dini-PGRI 2

Riski-SMAN 9

Qori-SMAN 2

Cholida -MAN Model

Minul-SMAN 8 Cholida -Man Model

PROFILUSIA JENIS KELAMIN

JUMLAH RESPONDEN

PENDIDIKAN

COWOK 20 %

CEWEK 80 %

100 Siswa dan Mahasiswa

Perguruan Tinggi di Jambi

S1 30 %

SMA 70 %

13-15

tahun

(11,90 %)

16-18

tahun

(79,77 %)

19-21

tahun

(8,33 %)

PUNYA KISAH?

Siswa SMA/SMK dan MA serta mahasiswajuga dapat berbagi kisah gaul dan pengala-man menarik, unik dan berharga lewat tulisandi Bianglala! Tulisan kamu harus sesuai temaminggu depan:

Korban IklanModel Tas

Ungkapkan Rasa Meski Tak JadianKetemu Teman Lama

Ku Tunggu Jomblo mu

Panjang tulisan tidak lebih dari 1 halamankuarto diketik dengan spasi 1,5. Tulisan harusditerima Bianglala paling lambat pada 30 Agus-tus 2008 di Lantai II Graha Pena Jambi (Kan-tor Jambi Independent) Jalan JenderalSudirman No. 100, Tehhok, atau kirim melaluiemail [email protected]. Sertakanfoto (dilarang pakai pas foto) sertai, biodatalengkap dengan alamat sekolah atau kampusdan alamat rumah.

The Crew

Jangan Males SahurRAMADHAN dah tiba neh sobat,..banyak

banget hal yang terbaik yang bisa sobat semuaperbuat. Untuk itulah biy dengan senang hatimemberikan tips, supaya sobat biy bisa nge-jalanin puasa dengan afdhol..

1. Siap Fisik dan Mental. Ini memang hal yangpaling wajib dijaga oelh sobat semua. Coz,dalam menjalankan puasa emang harus siapfisik dan mental.

2. Perbanyak Amal. Iya neh sobat,..Allah pastikasih kita pahala berkali lipat jika melakukan ke-baikan di bulan puasa. Nah..ayo sobat semua ber-lomba untuk melakukan yang terbaik.

3. Jangan Males Ahur. Iya..biy tahu pasti so-bat banyak yangngantuk kalo bangun sahur, jad-inya gak makan sahur, ini gak boleh sobat, coz ma-kan sahur itu penting banget biasar kondisi sobatsemua lancar dalam ngejalanin puasa. (lyn)

CHOLIDAMAN MODEL

FUN TAK TIK

Ramadhan datang alampun riang menyabutbulan yang berkat…

WAH… ramadhan udah datang lagi nehsob… hmmm senangnya… Entah kenapabulan yang satu ini selalu dinantikan amasemua umat muslim. Yaiayalah secara ra-madhan itu Cuma sekali setahun, jadi past-inya selalu berasa istimewa. Segala sesua-tunya bakal berasa beda.

Cuma di ramadhan kita bisa ngerasaintarawehan bareng, buka bareng keluarga,sahur sambil ngantuk-ngantuk, jail-jailanpas tadarusan, nonton sinetron religi…hmmm bener-bener khas ramadhan.

“Pas lagi ramadhan biasanya keluarga kitapasti pada ngumpul, apalagi kalo lagi nung-gu buka… hmmm pastinya asyik banget tuhmantengin makanan yang udah tersaji diatas meja… belum lagi tarawehan barengama temen-temen. Pokoknya ramadahn tuhemang bulan penuh berkat deh… selalumembawa kebahagiaan!” ujar Utjok man-tan MAN Model…

Yup… ramadhan selalu membawakebahagiaan dan kenikmatanbagi semua orang. Bulan iniadalah saat yang tepat buatngumpul bareng keluarga.Karena di saat buka dansahur biasanya pasti di-lakuin bersama-sama ke-luarga.

“Aku senengnya tuh or-ang tua pasti selalu ngum-pul di rumah dan kita makansatu meja. Kalo hari-hari biasa kanjarang banget bisa kayak gitu. Soalanyaorang tua aku dua-duanya kerja, jadi kesem-patan buat makan bareng adalah kemewah-an tersendiri buat kita,” katanya.

Tapi jangan ampe kehebohan ngumpulbareng keluarga dan pernak-pernik ra-madhan lainnya itu justru bikin kitalupa juga ama esensi dari bulanini, yaitu berbuat baik sebanyak-banyaknya, karena semua kebaikankita akan dihitung berkali-kali lipatdaripada biasanya. Dan buat setan-setan yang berkeliaran di luar sana…siap-siap dikerangkeng ya…

Biy ngucapin met puasa buatyang menjalankan. Sebulan inipokoknya kita mesti menjadi pri-badi yang lebih baik yah sob…Marhaban ya ramadhan… Bulanpenuh ampunan.. (Cholidah)

Marhaban Ya Ramadhan!!!FACHRURROZI MAN

MODEL JAMBI

MERENUNG. Itu yang semestinyakita lakuin tiap kita berjumpa lagi den-gan bulan ramadhan. Kenapa? Yah se-harusnya kita jadi in ini momen yangtepat buat bersyukur kepada Allah, kare-na kita masih dikasih umur yang pan-jang nyampe bisa ber temu lagi den-gan bulan yang luar biasa special ini.

Hura-hura yang menyertai ramadhanemang sayang banget buat dilewatin.Ngumpul ama keluarga, buka barengtemen-temen, tarawehan ama gebetan…tapi itu semua nggak seharusnya men-

BIY

jadi porsi utama kita. Melainkan, kitaseharusnya menjadikan itu semua se-bagai penambah nikmat aja. Dengan ni-kmat utama tentu aja mengabdikan dirisepenuhnya untuk beribadah pada AllahSWT.

Dan yang paling utama sekali adalahsobat semua harus melakukan yang ter-baik bagi diri sendiri dan orang lain.Salah satunya dengan cara meningkat-kan amal ibadah kepada Allah SWT den-gan cara berbuat baik kepada siapa saja.(Cholidah)

man-teman , karena banyakbanget momen yang sayangkalo dilewatin sendirian, dan ng-gak lazim dilewatin sendirian (bisabayangin buka puasa sendirian?)It’s a fun month!! (cholidah)

Sobat JalankanPuasa Penuh?Iya 99%

Enggak 1%

Kenapa?Itu sudah suatu kewajiban 40,4%

Berpahala pastinya 37,6%

Hanya datang satu kalidalam satu tahun 22%

Yang kamu lakukan?Perbanyak perbuatan baiktentunya 67%

Ikutan pesantren kilat 20%

Tarawih dan tadarusan 12%

Reaksi orang disekitarmu?Biasa aja 32%

Kasih nasehat 30%

Support banget 38%

Menurut kamutentangseseorang yangberpuasasekaligusberibadah?Penting banget38,6%

Pastinya muslimyang taat36%

Jauh dari perbuatandosa25,4%

DJA

TM

IKO

/JAM

BI IN

DE

PE

ND

EN

T

DJA

TM

IKO

/JAM

BI IN

DE

PE

ND

EN

T

Page 22: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi Independentsabtu, 22 agustus 2009

Page 23: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

23

Jambi Independent All Sport SABTU, 22 AGUSTUS 2009

Formasi Pelatih Sudah PenuhKONI

JAMBI – Penerimaan CalonPegawai Negeri Sipil (CPNS)tahun anggaran 2009 memangbelum dibuka. Kendati begitu,gambaran yang akan mengisiformasi pelatih olahraga sudahterlihat. Farmasi khusus terse-but bahkan sudah penuh.Sebab, sudah ada 27 pelatih danolahragawan yang telah men-gajukan berkas ke SekretariatKONI Jambi untuk diangkatdan menjadi CPNS tahun ini.Mereka berasal dari 13 cabangolahraga (cabor).

“Semuanya dari cabor unggu-lan. Prestasinya jelas ada, cabortersebut juga sudah melahirkanatlet-atlet nasional,” ungkapSulaiman Bujang, kepala Sek-retariat KONI Jambi kemarin.

Dari 27 berkas yang diterimasekretariat, cabor dayung pal-

ing banyak mengajukan wak-ilnya. Mereka mengajukanempat nama, salah satunya pe-dayung putri Rasima.

“Kalau lainnya di bawah da-yung,” ujar Sulaiman. Caborlain yang dimaksud adalahwushu, judo, PABBSI, renang,polo air, senam, tinju, atletik,kempo, gulat, dan BPOC.

Semua peminat PNS tersebut,sambungnya, telah memenuhipersyaratan yang ditetapkanoleh Kementerian Negara Pe-muda dan Olahraga (Kemeneg-pora). Persyaratannya itu men-gacu pada peraturan Menegpo-ra tentang persyaratan penga-ngkatan olahragawan dan pel-atih olahraga berprestasi men-jadi CPNS. “Diantaranya ber-prestasi. Umurnya variatif, yanamanya pelatih pasti usianya

sudah tua,” tegasnya.KONI, tambah dia, sifatnya

hanya mengakomodir danmengarahkan peminat untukmelengkapi persyaratan. Sete-lah itu, KONI menyerahkanberkas olahragawan dan pel-atih tersebut ke Dispora.

“Jadi, berapa pelatih yangakan diterima bukan kewenan-gan KONI. Kami hanya ber-harap tahun ini lebih banyakdari tahun lalu,” terangnya.

“Ya, itu sudah termasuk utusanBPOC. BPOC tahun ini mengusul-kan dua orang,” timpalnya.

Sulaiman Bujang juga men-gatakan pengangkatan olahr-agawan dan pelatih yang ber-prestasi itu bertujuan men-ingkatkan prestasi olahraga diProvinsi Jambi. Pengangkatantersebut sesuai dengan amanat

Undang-Undang No 3 Tahuntentang Sistem KeolahragaanNasional Pasal 86 Ayat 1 dan 3.

Pada Pasal 86 ayat 1 UU SistemKeolahragaan Nasional men-yatakan bahwa setiap pelakuolahraga, organisasi olahraga,lembaga pemerintah/swasta,dan seseorang yang berpresta-si dan memajukan olahragadiberi penghargaan.

Lebih lanjut dia berharap

pengangkatan tersebut dapatlebih memacu semangat parapelatih maupun atlet untukbekerja lebih serius lagi. “Mere-ka diharap akan bersungguh-sungguh lagi meningkatkanprestasi olahraga mereka baiktingkat nasional maupun re-gional,” katanya.

“Kemudian pelatih yangmenjadi CPNS akan lebih fokuslagi dalam berlatih dan ber-

prestasi. Pasalnya merekasudah memiliki jaminan yanglebih pasti,” tambahnya.

Untuk diketahui pada 2007Kemengepora telah menga-ngkat 7 pelatih dan atlet.

Tak hanya itu, Menpora jugatelah memberi 100 unit rumahsetiap tahun kepada atlet danpelatih berprestasi. Pada 2008,Kemenegpora juga menyedia-kan 75 tempat bagi pelatih dan

atlet untuk diangkat menjadiCPNS. Tetapi yang lolos selek-si 67 atlet dan pelatih.

Mengenai kuota untuk atletdan pelatih di daerah berdasar-kan masukan dari KONIProvinsi dan BKD Provinsi.Selanjutnya, KementerianPemberdayaan Aparatur Nega-ra (KemenPAN) yang akan me-mutuskan kuota CPNS daerahtersebut.(dar)

Habiskan Rp 1,6 M untuk Promosi ke PublikJAKARTA - KON/KOI beker-

ja dengan serius untuk men-jadikan atlet sebagai bintangiklan. Untuk mempercepat jalan-nya program itu, payung organisa-si olahraga tanah air tersebut gen-car melakukan iklan. Termasukmemasang iklan di layar kaca

Iklan tersebut sudah mulaidiputar 16 Agustus lalu. Adaempat televisi nasional yang men-jadi mitra KON/KOI. Yaitu, Trans,Trans 7, Indosiar, dan TPI. Promisitersebut bakal digeber hingga 29Agustus nanti.

"Seperti janji kami sebelum-nya, program kami ini pun te-lah kami launching ke publikmelalui iklan di televisi. Untuk

kepentingan ini, mengeluar-kan dana Rp 1,6 miliar," ujarRosihan Arsyad, sekretaris jen-deral (Sekjen) KON, kemarin.

Mantan Gubernur SumateraSelatan (Sumsel) itu menutur-kan kalau biaya itu ditang-gung pihak Dentsu. Dentsumerupakan perusahan adver-tising asal Jepang yang menja-di penasehat untuk KON/KOI.Dentsu juga merupakan patnerkerja komite olahraga Jepang.

Ide KON/KOI untuk menjadi-kan atlet sebagai bintang iklanmuncul karena keterbatasandana yang disediakan pemer-intah. Dalam program itu, KON/KOI menawarkan beberapa at-

let kepada perusahan untuk men-jadi duta produk mereka. Selainitu, perusahaan bisa memasanglogo, maskot, dan slogan AyoIndonesia, di produk mereka.

Untuk ikatan kerjasama sela-ma setahun, KON/KOI mema-tok nilai kontrak Rp 500 juta. Darinilai kontrak itu, atlet yang men-jadi bintang iklan akan mendapatbagian Rp 5 juta per bulan.

"Disamping kami sudah mulaimempromosikan program ini kepublik. Saat ini kami juga telahmelakukan penjajakan secara in-tens dengan beberapa perusah-an," papar Rosihan tanpa maumenyebutkan nama-nama pe-rusahan yang dijajaki. (jpnn)

Pelatih tinju Wahyudi (kiri) saat mengasah kemampuan anak didiknya di SasanaGaruda Putih, Sungaikambang, belum lama ini.MINAT PNS

Page 24: Jambi Independent edisi 22 Agustus 2009

Jambi Independent sabtu, 22 agustus 2009

Totti Saja Tidak Cukup

Francesco totti

24 n Halaman

AS Roma datang ke kandang MFK Kosice dengan kepercayaan diri selangit. Kapten sekaligus playmaker mereka, Francesco Totti sudah pulih dari cedera dan siap diterjunkan dalam laga tersebut. Tapi ternyata, Totti saja belum cukup untuk mengungguli tuan rumah. Tanpa enam pilar lain yang masih cedera, Gial-orossi (sebutan Roma) harus puas dengan hasil imbang 3-3. Dalam pertandingan

yang dihelat di Lokomotivy v Cermeli, Kosice, itu, Roma memang tidak di-perkuat Juan, Doni, Julio Baptista, Sim-one Perotta, Cicinho, dan Mirko Vucinic. Tak heran kalau pelatih Luciano Spalletti juga sedikit kesulitan melakukan rotasi pemain. Sebaliknya, dalam keadaan ti-dak diunggulkan tuan rumah tampil lebih rileks. Mereka berhasil memanfaatkan kegugupan Roma. (jpnn)

ARSENAL mengawali musim ini dengan mulus. The Gunners - julukan Arsenal - menghajar Everton 6-1 di partai pembu-ka Premier League Sabtu lalu (15/8). Empat hari kemudian (19/8), jagoan Skotlandia Celtic FC ditekuk 2-0 di leg pertama playoff Liga Champions. Hebatnya, dua kemenangan itu dicatat di luar kandang.

Alhasil, ekspektasi tinggi ditu-jukan kepada tim asuhan Arsene Wenger saat melakoni home perdana musim ini. Yakni saat Cesc Fabregas dkk menjamu Portsmouth dalam lanjutan Pre-mier League di Stadion Emirates malam nanti (siaran langsung TV One mulai pukul 20.30 WIB).

Jika di luar kandang saja Ar-senal tampil superior, apalagi di kandang sendiri. Begitu kira-kira yang ada dalam benak fans The Gunnersl. “Wajar apabila fans menginginkan penampilan terbaik dari tim kesayangannya di laga home,” kata Robin van Persie, striker Arsenal asal Be-landa, di situs resmi klub.

“Kami tampil bagus di dua laga awal karena tidak mematok

�����������������target tinggi. Dengan banyak kritik dan kera-guan, kami justru lebih solid sebagai satu kesat-

uan tim,” sambung striker yang genap berusia 26 tahun pada 6 Agustus lalu itu. Seiring tren yang menanjak, harapan fans Arsenal menikmati kemenangan home pertama sepertinya akan terealisasi. Apa-l a g i P o r t s m o u t h dalam kondisi ber-tolak belakang. The Pompey - julukan Portsmouth - kalah terus di dua laga awal Premier League. Masing-masing 0-1 dari Fulham (15/8) dan Bir-mingham City (19/8).

Tuan rumah makin optimis-tis karena komposisi starting eleven tidak diganggu prob-lem cedera. Wenger sangat berharap tidak ada lagi pe-main yang menambah daf-tar cedera Arsenal yang diisi Theo Walcott, Samir Nasri, Tomas Rosicky, dan kiper Lukas Fabianski sejak awal musim.

Wenger ikut lega dengan perkembangan striker Kroasia kelahiran Brazil, Eduardo da Sil-va. Eduardo mengalami masalah

pangkal paha saat menjalani pemanasan dalam laga lawan Celtic. Namun, dia dinyatakan fit dan siap dimainkan lawan Portsmouth.

“Dengan tidak ada pemain yang cedera, skuad kami juga tetap kompetitif saat menjamu Celtic

(leg kedua playoff Liga Champions pada Kamis dini hari WIB atau 27 Agustus nanti, Red),” ujar Wenger seperti dilansir Daily

Telegraph.Dari kubu tamu, Portsmouth

musim ini jauh menurun di-bandingkan musim lalu. Pada-hal, musim lalu Pompey finis di peringkat ke-14. Internal klub jawara Piala FA 2008 itu terganggu karena belum tun-tasnnya transisi kepemilikan dari pengusaha Rusia Alexandre Gaydamak ke taipan Uni Emirat Arab Sulaiman Al Fahim.

Dampaknya, pemain pilar su-dah mengambil langkah seribu dengan hengkang ke klub lain seperti Peter Crouch ke Totten-ham Hotspur dan Glen Johnson (Liverpool). Sedangkan defen-der kawakan dan kapten tim musim lalu, Sol Campbell, habis masa kontraknya. (jpnn)

aRsEnal tidak pernah kalah dari Portsmouth se-lama 51 tahun terakhir. Jika Arsenal memenangi dua laga pertamanya musim ini baik di Premier League dan Liga Champions, Portsmouth kalah di dua laga awal di Premier League.

buRsa asian HandicapArsenal v Portsmouth 0 : 2

KlasEmEn sEmEntaRa1. Tottenham 2 2 0 0 7-2 62. Chelsea 2 2 0 0 5-2 6 3. Arsenal 1 1 0 0 6-1 34. Liverpool 2 1 0 1 5-2 35. Man City 1 1 0 0 2-0 36. West Ham 1 1 0 0 2-0 3 7. Wigan 2 1 0 1 2-1 38. Fulham 1 1 0 0 1-0 39. Birmingham 2 1 0 1 1-1 310. Man United 2 1 0 1 1-1 311. Sunderland 2 1 0 1 2-3 312. Burnley 2 1 0 1 1-2 313. Wolves 2 1 0 1 1-2 314. Stoke City 2 1 0 1 2-4 3 15. Bolton 1 0 0 1 0-1 016. Aston Villa 1 0 0 1 0-2 017. Blackburn 1 0 0 1 0-2 0 18. Portsmouth 2 0 0 2 0-2 019. Hull City 2 0 0 2 2-7 020. Everton 1 0 0 1 1-6 0

daFtaR top scoRER3 gol : Jermain Defoe (Tottenham Hotspur)2 gol : Darren Bent (Sunderland), Didier Drogba (Chelsea), Cesc Fabregas (Arsenal), Stephen Hunt (Hull City)

di atas KERtas aRsEnal

02-05-2009 Portsmouth v Arsenal 3-0 28-12-2008 Arsenal v Portsmouth 1-026-12-2007 Por tsmouth v Arsenal 0-002-09-2007 Arsenal v Portsmouth 3-113-05-2007 Por tsmouth v Arsenal 0-0

KEtERangan : Arsenal dan Portsmouth telah bertemu 58 kali di berbagai ajang dengan Arsenal menang 30 kali, draw 24 kali, dan Portsmouth menang 14 kali.

lima bEntRoK tERaKHiR (pREmiER lEaguE)

Momem Pembuktian LeonardoPERFORMA tidak meya-

kinkan AC Milan selama pra-musim menghadirkan kera-guan atas kinerja pelatih anyar Milan Leonardo. Rossoneri (julukan Milan) hanya dua kali menang dari 11 pertandingan pramusim.

Milan memulai sebuah era baru tanpa pelatih Carlo Ancelotti yang pindah ke Chelsea, Kaka hijrah ke Real Madrid, dan Paolo Maldini yang pensiun. Sejauh ini, Milan di bawah kendali Leonardo belum memberikan bukti.

Nah, roda kompetisi Serie A Liga Italia bergulir hari ini. Saatnya melupakan pramusim dan melangkah ke kompetisi sejati. Andrea Pirlo dkk akan bertandang ke Artemio Franchi-Montepaschi, menantang Siena, dini hari nanti WIB.

Inilah kesempatan yang tepat bagi Leonardo memberi bukti bahwa Milan masih pantas di-jagokan sebagai kandidat scu-detto. Karena itu, Andrea Pirlo dkk memiliki tuntutan untuk memulai musim ini dengan hasil maksimal.

“Kami ingin melakukan yang terbaik di hari pertama musim ini. Sungguh, itu adalah hal yang sulit, tapi saya berharap kami bisa memulai musim ini dengan

benar,” ungkap Marek Janku-lovski, pemain Milan, kepada Milan Channel.

Meski di atas kertas Milan lebih diunggulkan, tapi mer-eka bermain di kandang lawan. “Selalu sulit menghadapi Siena di kandangnya. Mereka memi-liki keunggulan dan antusiasme penonton. Itu meningkatkan motivasi mereka,” lanjut Janku-lovski.

Leonardo punya beberapa problem ketika bertamu ke Siena. Mereka tidak bisa menurunkan beberapa pemain utamanya seperti Clarence Seedorf, Daniele Bonera, dan Klaas Jan Huntelaar. Kondisi Ronaldinho dan Alesan-dro Nesta juga belum fit 100 persen. Di bawah mistar gawang Milan, tidak ada nama Dida dan Christian Abbiati yang selama ini kerap mengisi po-sisi itu. Mereka masih cedera. Pilihan yang dimiliki Leonardo hanyalah Marco Storari dan kiper anyar Flavio Roma. Sedangkan

di lini depan, tanpa Huntelaar, opsi terbaik ada pada duet Al-exandre Pato-Filippo Inzaghi. Hanya saja, Inzaghi belum tentu

sanggup tampil 2x45 menit. Pelapisnya adalah Marco Borriello, yang musim lalu kerap cedera. Di sisi lain, Siena yang

dilatih Marco Giampaolo ha rus d iwaspada i Mi lan . Mereka memang bukanlan tim yang selevel de ngan Milan. Sudah begitu, mereka juga tidak punya rekor bagus saat menghadapi Milan. Tapi, ke-jutan bisa saja terjadi. (jpnn)

siEna (4-3-1-2)pEmain : 85-Curci (g); 77-Ficagna, 13-Ros-setini, 15-Brandao, 3-

Del Grosso; 8-Vergasolla, 10-Codrea, 2-Genevier; 17-Fini; 9-Paolucci, 32-Maccarone cadangan: 31-Pegolo, 5-Parravicini, 7-Reginaldo, 11-CalairÚ1Ü4-Filipe, 21-Rossi, 27-CorviapElatiH : Marco Giampaolo

ac milan (4-3-1-2)pEmain: 30-Storari (g); 15-Zambrotta, 13-Nesta, 33-Thiago Silva, 18-Jankulovski; 8-Gattuso,

21-Pirlo, 16-Flamini; 80-Ronald-inho; 7-Pato, 9-Inzaghi cadan-gan : 31-Roma, 4-Kaladze, 5-Onyewu, 19-Favalli, 20-Abate, 22- Borriello, 77-AntoninipElatiH: Leonardo

perkiraan pemain

Real - Barca Favorit JuaraBABAK kualifikasi Liga Champions

sudah memasuki tahap akhir, yakni playoff. Setelah leg kedua pekan depan, siapa saja peserta fase penyisihan grup sudah bisa diketahui. Bursa taruhan pun mulai marak membuat prediksi siapa yang bakal mengangkat trofi di partai puncak, Mei tahun depan. Sejauh ini, duet raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid difavoritkan sebagian besar bandar taruhan. Paling tidak, dua bandar besar William Hill dan Ladbrokes menempatkan musuh bebuyutan itu sebagai favorit juara. Dua rumah taruhan itu juga berani memprediksikan par-

tai final bakal menjadi medan El Classico, alias duel klasik Real kontra Barcelona.

Pertimbangannya gampang saja. Bar-celona adalah juara bertahan, dan sangat berambisi mempertahankan gelarnya. Mereka tidak banyak mengubah skuad, hanya menambahkan striker tajam

Zlatan Ibrahimovic. Secara keseluruhan, kekua-tan mereka tidak berkurang.

Pertimbangan untuk Real berbeda. Klub berju-luk Los Galacticos itu memang mendatangkan banyak pemain baru, dan itu membuat soliditas mereka berkurang. Namun, nama-nama yang didatangkan sungguh berbahaya, antara lain Cristiano Ronaldo, Kaka, dan Karim Benzema. Ditambah lagi gelandang Xabi Alonso. Mereka bisa menjelma kekuatan yang luar biasa.

Ini mencerminkan ambisi serius presiden Flo-rentino Perez untuk merebut kembali trofi Liga Champions. Mereka terakhir kali memenangkan gelar tersebut pada 2002. Saat itu mereka masih diperkuat Zinedine Zidane dan Luis Figo. Real jelas tidak ingin rekor belanjanya musim ini sia-sia.

Di bawah dua klub Spanyol itu, klub-klub Ing-gris lebih difavoritkan daripada Italia. Urutan-nya, Manchester United, Chelsea, dan Arsenal. Baru setelah itu juara Serie A Inter Milan.

Penempatan ini masuk akal, mengingat klub Inggris tidak banyak bermanuver dalam bursa transfer. Dua tahun lalu, final di Moskow me-mang menjadi milik MU dan Chelsea, tapi masa keemasan Inggris di Eropa dianggap sudah habis.

Italia lebih nelangsa lagi. Klub Negeri Pisa yang terakhir jadi juara adalah AC Milan pada 2007. Tapi hasil-hasil memalukan di sejumlah laga pramusim membuat bursa taruhan ogah mengunggulkan mereka. Inter pun difavoritkan hanya karena kini mereka ditangani Jose Mourinho yang pernah sukses di Chelsea. (jpnn)

Siena v AC Milan

arsenal portsmouthv

Pasti Bisa

William gallas (kiri) bersele-brasi dengan

Robin Van persie usai

mencetak gol ke gawang

Everton.

FaVoRit: bomber barca lionel messi dan pep guardiola (kanan).

moncER: Ketangguhan pato kembali diuji di laga perdana ac milan melawan siena di seri a italia.

gRaFis:suJatmiKo/Jambi indEpEndEnt