jambi independent edisi 17 mei 2009

20

Upload: jambi-independent

Post on 11-Mar-2016

317 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

TRANSCRIPT

Page 1: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009
Page 2: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

MINGGU, 17 MEI 2009 Jambi Independent

Ketika ditemui pekan ketiga Februari 2009 yang lalu, penduduk JalanDaeng Tata Satu, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalatte, Kota Makassar, ini baru satu bulan usaimelahirkan anaknya yang ketiga. Namun, ada satu hal yang ia lakukan,yang cukup berbeda dari yangdilakukan ibu-ibu menyusui lainnya.Apa itu? Wanita berusia 28 tahuntidak meminum susu khusus untukibu hamil dan menyusui samasekali. Jadi? Yang ia minum hanyalah ZENA-600, sari bubuk kacanghijau dan kedelai, sejak ia masihhamil. “Saya rutin dua kali seharimeminumnya,” ucap ibu rumah tangga yang bernama Irawati ini. Hasilnya? “Badan bugar, melahirkan

STAMINA MENINGKAT DAN AIR SUSU LANCAR

Ny. Irawati

normal, tidur nyenyak, bayi sehat,dan air susu lancar,” ujarnya. “Selainitu, stamina saya terasa meningkatwalaupun baru habis melahirkan.Buktinya, sekarang saya tidakterlalu lelah dalam bekerja, sepertiibu-ibu lain yang baru melahirkan,”tambahnya.Dalam buku Kacang Hijau, karangan Ir. H. Rahmat Rukmana, dikatakan, permintaan terhadap produksi kacang-kacangan pada masamendatang diperkirakan meningkatsejalan dengan pertambahanjumlah penduduk dan perbaikangizi. Di Indonesia, untuk kacang-kacangan, pengembangan budidaya kacang hijau menempati urutanketiga setelah kedelai dan kacang

tanah. Kandungan gizi kacang hijauadalah protein, lemak, karbohidrat,kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitaminB1, dan vitamin C. Proteinnya terdiri atasasam amino esensialseperti leusin, isoleusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, valin,serta asam amino nonesensial seperti alanin, arginin, asam aspartat, asam glutamat,glisin, triptofan, dantirosin. Senyawa-senyawa ini, yang jugaditemukan pada kedelai, sangat banyak menfaatnya bila

dikonsumsi rutin. Bahkan padakedelai ada senyawa isoflavon yang

menonjol manfaatnya.Selain sebagai antioksidan yang bisa memperlambat penuaansel, ia berperan dalammemperlancar metabolisme dan meningkatkan sistem imuntubuh. Ir. Purwono danRudi Haryono, S. P. didalam buku merekayang juga berjudulKacang Hijau mengatakan, kacang hijau merupakan bahan makanan sumber protein

kedua setelah susu skim kering.

Namun, bila dibandingkan dengankacang-kacangan lainnya, kandungan protein kacang hijau menempati urutan ketiga setelah kedelaidan kacang tanah. Akan tetapi, khusus untuk makanan bayi, selama inibubuk kacang hijaulah yang banyakdigunakan. Walaupun demikian,yang lebih penting untuk dilakukantentu menjaga pola hidup yangsehat, seperti menjaga pola makandengan baik, berolahraga denganteratur, beristirahat dengan cukup,meminum air putih dengan cukup,dan beberapa lainnya. Kendatibelum lama beredar, Zena-600 sudah laku di seluruh wilayah pemasarannya. Hal itu tak lepas dari manfaatnya yang nyata dan produknya

yang diolah higienis. Selain itu, formulanya merupakan penyempurnaan dari formula-formula kedelaibubuk yang selama ini mulai banyakberedar di pasaran. Dan ini amatditunjang oleh mulai sadarnyamasyarakat untuk beralih ke bahan-bahan nabati alami dalam memelihara kesehatan. Tapi, produk ini bukanlah obat melainkan makanan kesehatan untuk memelihara kondisitubuh. Untuk konsultasi kunjungi segera [email protected] atautelepon (021) 70288540 hubungidistributor Prov. Jambi : 08128361642. Subdist Kerinci : 081366360140, Subdist Bangko : 08127350234,Subdist Batanghari : 081274175178, Subdist Tebo : 085274 776210.

Kandidat Mulai Perang Jargon ------------------------- dari hal 1Saya Ini Memilih Siapa? ---------------------------------------------------------------dari hal 1

Senjata Pembunuh dari Oknum Brimob ------------------------------------------dari hal 1

Bun Bunan Tetap Rapi, Burhanudin Rajin Salat Sunat ----------------------dari hal 1Sebelum pintu jeruji besi tah-

anan, ada dua ruangan yangberhadapan. Ruangan kiri danruangan kanan. Di ruangan se-belah kiri ada dua penjagaberkemeja rapi dan berambutcepak. Mereka sedang menon-ton televisi. Di sana kami dim-inta untuk menulis identitas dibuku. Sedangkan di ruanganyang lain di kanan terdapatdua kasur busa.

Setelah menulis identitas dibuku, kami dipersilakan ma-suk ke areal tahanan. Pandan-gan pertama kami tertuju kesebuah ruangan berukuran se-kitar 5x4 meter di balik jerujibesi bercat biru muda. Rupan-ya itu adalah ruangan tahananyang dihuni Lani, salah seor-ang direksi di PT SPS yangmenjadi tersangka kasus dug-aan penggelapan dana nasa-bah. Maret lalu Lani ditangkappolisi dan dijebloskan ke tah-anan itu. Di areal yang dihuniLani terdapat tiga ruangankhusus untuk tahanan wanita.Menurut salah seorang tahan-an, selain Lani, sebelumnya disana meringkuk mantan direk-si Bank Century Lila K Gon-dokusumo dan Artalyta Sury-ani alias Ayin, tersangka ka-sus penyuapan jaksa.

“Kami melihat, saat itu Lanidibesuk dua orang kerabatnyadi ruangan tak jauh dari tempatdia ditahan. Duduk sekitar 2meter dari Lani, Sondang MHGultom. Dia adalah tersangkakasus penggelapan polis asur-ansi di Perum Perhutani senilaiRp 23,4 miliar. Saat itu diamenunggu dibesuk kerabatnya.

Di tempat itulah kami berte-mu dengan orang yang kamibesuk. Kami kemudian diajakmasuk ke ruangan lain yangmemanjang. Luasnya sekitar3x30 meter. Di sana ada sepu-luh meja fiber abu-abu danpuluhan kursi. Tentu bukankursi empuk.

Paling ujung di ruangan terse-but tempat tahanan untuk laki-laki. Di depan pintu tahanan ituterdapat rak piring. Di atasnyaada satu televisi 21 inci.

Rak berwarna biru tua ituberisi puluhan piring dan per-lengkapan makan yang lain.Para tahanan boleh meng-gunakan piring-piring terse-but. “Tetapi harus dikembali-kan dalam keadaan bersih. Se-lain itu, para tahanan menyim-pan beberapa perlengkapanmakan sendiri di kamarnya,”kata teman saya yang sudahbeberapa kali besuk itu.

Di ujung lainnya dari ruan-gan tersebut terdapat musalaberukuran sekitar 3x4 meter.Yang menarik, di sebelah pin-tu masuk musala tertera tulisandi papan kecil yang menye-butkan aliran kas musala itu.Tertulis bahwa kas musala Rp15 juta dengan pengeluaranbulanan Rp 750 ribu. Bisa jadikas Rp 15 juta itu diisi parapenghuninya yang bukan or-ang sembarangan.

Selain musala, di ruanganyang memanjang itu terdapatmeja pingpong, jogging track,lemari es kecil, dan dua lemarikecil berisi beberapa gelas airmineral. “Air mineral itu grat-is. Siapa saja boleh mengam-bil,” ujar teman saya.

Di sela-sela ngobrol denganorang yang saya besuk, sayamelihat mantan Deputi Gube-nur Bank Indonesia (BI) BunBunan Hutapea masuk ke ru-angan tempat kami berada. Diamasih tampak gemuk, rambut-nya tersisir rapi. Tersangkayang diduga terlibat dalamkasus aliran dana YayasanPengembangan Perbankan In-donesia (YPPI) Rp 100 miliaritu rupanya sedang menung-gu dibesuk. Sambil menung-gu, dia membaca surat kabar.

Tak lama kemudian orangyang dia tunggu datang. Diaadalah Eva Riyanti Hutapea,istrinya. Eva datang dengankursi roda, didampingi seor-ang suster. Bun Bunan danEva kemudian duduk berse-belahan, membelakangi pintubesi dan menghadap ke tem-bok. Dua pria menyusul dudukdi hadapan mereka.

Kami sempat mendengarpembicaraan mereka. Intinya,mereka sedang membicarakanseputar persiapan menghada-pi persidangan. Meski denganagak terbata-bata, Eva seseka-li ikut menimpali.

Beberapa saat kemudianmuncul mantan Gubenur BIBurhanuddin Abdullah danmantan Deputi Gubenur BIAslim Tajudin. Keduanya ter-dakwa kasus korupsi dana BI.Burhanuddin saat itu men-genakan Polo shirt biru berga-ris-garis putih. Dia sedangdibesuk istri dan dua pria yangberpakaian safari.

Sedangkan Aslim yang men-genakan kemeja putih gadingjuga dibesuk istrinya. Di ka-langan para mantan pejabat BI,hanya Bun Bunan bersamapara pembesuk yang memilihmenyendiri. Jika meja-mejamereka dibuatkan nomor urut,Burhanuddin duduk di nomor1, Aslim di nomor 3, dan BunBunan di nomor 8.

Berjarak tiga meja dariBurhanuddin duduk seorangpria berkacamata bingkai war-na emas menungu pembesuk.Dia adalah mantan Bupati Pel-alawan, Provinsi Riau, TengkuAzmun Jaafar, yang menjaditersangka korupsi illegal log-ging. Sepuluh menit kemudi-an datang seorang wanitamuda berkerudung. Dia men-geluarkan bungkusan dari tasberisi bakmi gajah mada. Diaadalah putri Azmun.

Tahanan yang saya besukmenceritakan, ketika di taha-nan Bareskrim masih ada Art-alyta dan Robert Tantular(mantan dirut Bank Century),jam makan siang selalu heboh.Dua orang itu, kata temansaya, suka memesan makananmewah dari luar. “Mereka me-mesan kepada keluarganya.Atau kadang pesan sendirimelalui telepon,” ceritanya.

“Artalyta diceritakan jugakerap joging dan aerobik didalam tahanan. Kini tersang-ka penyuapan jaksa kasusBLBI Urip Tri Gunawan itu

berada di Rutan Pondok Bam-bu.

Itu berbeda dari Burhanud-din. Selama mendekam di tah-anan, kata salah seorang pen-jaga, Burhanuddin tak pernahmelewatkan salat berjamaah dimusala. Siang itu, ketika ter-dengar suara azan duhur,Burhanuddin langsung beran-jak meninggalkan para pemb-esuknya dengan sedikit ter-pincang-pincang. Rupanyaibu jari kaki kirinya bengkak,kira-kira tiga kali ukuranaslinya. Dia menuju ke musa-la, diikuti Aslim. Setelahwudu, keduanya bersama-sama melaksanakan salat su-nat sebelum Zuhur. Selanjut-nya, dalam salat berjamaah,Aslim bertindak sebagaiimam. “Dia (Aslim) hampir se-lalu menjadi imam dan khatibsaat salat Jumat,” kata seorangtahanan.

Seperti itulah rutinitas yangdijalani Burhanuddin, Aslim,dan para tahanan yang lain.Bagi mereka, dijenguk kelu-arga dekat dan kerabat adalahsaat yang paling menyenang-kan. Dan ketika jam besukhabis, mereka kembali harusmenjalani hari-hari di dalamruang tahanan.

Mantan Bupati PelalawanTengku Azmun Jaafar mencer-itakan, di antara para tahanansering terlibat obrolan yanghangat. Mereka saling mem-bantu. “Kadang-kadang kamijuga bersama-sama menon-ton tayangan berita di tele-visi. Terutama jika di TVada berita salah seorang diantara kami yang disidangatau disidik KPK atau ke-polisian,” jelasnya.

Ketika sidang, saat palingmenakutkan bagi para tahan-an adalah saat diangkut mobiltahanan yang berterali besi.“Imej kami terasa hancur dihadapan masyarakat. Padahalkami belum tentu bersalah. Ituyang paling kerap dibicarakandan sempat membuat bebera-pa orang di sini shock,” ceritaAzmun.(jpnn)

JK-Win Jalan Kaki, Mega-Pro Pakai ----------------- dari hal 1

Mega dan Prabowo palingseru, sampai detik terakhirmasih saling menawar siapayang menjadi capres. Mega takpunya pilihan lain, karena jum-lah modal kursi harus ditambahGerindra atau Prabowo. Akhirn-ya lahir Mega-Prabowo.

Demokrat yang mengusungSBY, kendati memiliki kursi 26persen, tetap saja mati-matianmencari koalisi. Buktinya, saatPKS protes karena penunjukanBoediono sebagai cawapres,SBY dengan berbagai caramerayu PKS agar tak keluardari koalisi. Pembentukanpasangan capres saat ini jelaslebih rumit dan penuh kejutan.

***Bagaimana dengan pemilih?

Apakah akan rumit menentu-kan pilihan? Rumitnya paraelite menentukan teman koal-isi bakal berimbas dalam sikappemilih menentukan pilihan-nya. Sangat mungkin rakyatjuga akan pusing menentukanpilihan.

Katakanlah saya golonganyang menginginkan pemerin-tahan baru dengan gaya baru.Seperti kerinduan pemilih2004 yang mempunyai hara-

pan baru yang pada akhirnyamemilih SBY-JK. Saat ini sia-pa? Prabowo? Tidak juga te-pat. Dia hanya seorang ca-wapres serta berduet denganMegawati yang dulu juga per-nah menjadi presiden.

Pasangan JK-Wiranto, tidakjuga. Walaupun JK naik pang-kat dari wapres ke cawapres,tetap juga bagian dari pemer-intah saat ini. SBY-Boediono?Belum pas juga, karena SBYadalah incumbent.

Kalau kita menganggap pe-merintah itu sukses serta in-gin melanjutkan kesukse-san, kita juga bingung me-milih SBY-Boediono atauJK-Wiranto . Keduanyasama-sama mengklaim suk-ses dalam pemerintahan. Se-lama pemerintahan lima tahunterakhir, keduanya sama-samaaktif dan sama-sama berkarya.Jelas kita dibingungkan memi-lih SBY atau JK.

Bila kita dari Muhammad-iyah, pada Pemilu 2004 suaramereka kental ke pasanganAmien Rais. Sekarang ke mana?Apakah ke SBY karena di sanabergabung partai yang dekatdengan Muhammadiyah seper-ti PAN. Tapi tunggu dulu, kare-

na elite Muhammadiyah sepertiSyafi'e Ma'arif jelas-jelas men-dukung Jusuf Kalla. Amien Raisyang sempat menyodorkan Hat-ta Rajasa ke SBY, kini pun nada-nadanya ke JK.

Bila kita dari NU, tetap jugabingung. Pada Pemilu 2004sebenarnya para nahdliyin leb-ih bingung karena kader NUada di empat pasangan. AdaHasyim Muzadi, Gus Sholah,Jusuf Kalla, dan Hamzah Haz.Kali ini memang ada JusufKalla yang berasal dari kelu-arga nahdliyin, tapi sejumlahkader NU seperti PKB ber-gabung dengan SBY.

Kalau kita ini kelompok na-sionalis, pada 2004 kiblat uta-ma jatuh ke Mega. Saat ini PDIPmemang berideologi nasiona-lis serta Prabowo sangat na-sionalis. Tapi Demokrat adawarna nasionalisnya. Di kubuSBY juga bergabung partai-partai beraliran nasionalis sep-erti Partai Pelopor yang didiri-kan Rachmawati Soekarnopu-tri dan Partai Demokrasi Pem-baruan (PDP), sempalan PDIP.

Mengapa kita bisa menjadibingung? Yah, karena proseskoalisi yang sangat dangkaldan pragmatis. Partai memben-

tuk koalisi dengan liar. Saatmenjauh saling mengkritik,saat mendekat saling memujisebagai kawan seperjuangan.Demokrat dan PDIP, misalnya,mereka saling mengkritik habis-habisan. Saat saling mendekatmembangun koalisi, merekamerasa kawan seirama. Begitukoalisi mentok, serangan kritikmuncul lagi. Parpol mediokerseperti PAN dan PPP mengala-mi konflik internal bukan kare-na perdebatan untuk menyela-matkan visi dan misi dalamberkoalisi, tapi tarik-menarikhanya untuk menentukan pela-buhan koalisi.

Karena itu, kalau Anda mem-punyai perasaan ideologis,apakah kita masih perlu harusberdarah-darah menjaga pe-rasaan itu? Juga apakah kitaharus berkonflik dengan ala-san ideologi atau memperjua-ngkan visi dan misi tertentu,sementara elite politik kita takpernah berpikir ideologis?Mungkin untuk menjawab sia-pa yang saya pilih, kita harusbersikap rasional dengan me-rekam jejak para kontestan. It-ulah cara terbaik menentukanpemimpin bangsa. ([email protected])

Menurutnya, oknum AB telah melang-gar disiplin dan kode etik prajurit TNI.“Sanksinya dipecat dan dihukum sesuaiaturan hukum yang berlaku,” jelas adikkandung politisi Ruhut Sitompul itu.

Menurut Iskandar, pada Februari 2009,Fransiskus alias Amsi mencari infor-masi cara mencari senjata api. Dalamprosesnya, Amsi bertemu dengan Kop-tu AB, oknum TNI AL yang berdinassehari-hari di Pangkalan Utama TNI ALIII Jakarta. “Dia bukan anggota Marin-ir,” katanya.

AB lantas menghubungi seorang te-mannya, oknum polisi berinisial HDyang berdinas di Mako Brimob, Kelapa

Dua, Depok. “HD lantas meminta Tdan A untuk bertransaksi denganAmsi. AB mengantarkan ke KelapaDua,” jelasnya. Identitas T dan Asendiri hingga kini belum terangbenar, tapi menurut informasi se-mentara mereka warga sipil.

Harga revolver dan sekotak pelurukaliber 38 itu disepakati Rp 12 juta.“Dari jasanya mengantarkan, AB menda-pat Rp 700 ribu. Dia juga dijanjikan akanditambah lagi Rp 2 juta tapi tidak diberi-kan,” kata Iskandar. AB mengaku tidaktahu jika revolver itu akan digunakanuntuk melakukan pembunuhan ter-hadap Nasrudin Zulkarnain pada 14

Maret, sebulan setelah transaksi.Tindakan AB itu melanggar peraturan

TNI AL. “Tidak boleh ada yang jadi per-antara pembelian senjata, apalagi diatidak memiliki surat izin senjata,” kat-anya. Sanksi untuk AB akan diberikansetelah melalui proses pemeriksaan danpersidangan di mahkamah militer.

Menurut Iskandar, pihaknya bergerakmencari AB setelah mendapat informa-si soal keterlibatan oknum TNI AL dalamkasus itu. “Setelah ditangkap dan di-tahan, dia mengaku kalau sebagai per-antara atau penghubung,” katanya.

TNI AL, kata Iskandar, akan meningkat-kan pengawasan disiplin pada setiap pra-

jurit. “Tidak hanya karena kasus ini. Se-benarnya tiap bulan komandan satuanmelakukan pengecekan rutin pada setiapanggotanya,” katanya.

Pengacara Fransiskus, Minola Sebay-ang, menyambut baik penahananoknum Koptu AB itu. “Dari sana bisadiungkap kebenaran. Harus ada pemer-iksaan yang utuh agar masalah ini tidakjadi bola liar dan berkembang ke mana-mana,” katanya.

Minola yang selama ini jadi favoritpengacara artis bermasalah itu mene-gaskan, kliennya tidak tahu senjata apiyang dibeli akan digunakan untuk me-langgar hukum.(jpnn)

“Supaya dilihat sebagai kon-tradiktif dengan pasanganyang lain,” ujarnya.

Selaras dengan itu, deklarasiresmi duet Mega-Prabowo ren-cananya diadakan di kawasankumuh di Jakarta Utara pekanmendatang. “Deklarasinya sed-erhana saja di daerah yangkumuh,” kata Ketua DPPPDIP Tjahjo Kumolo di Ja-karta kemarin. Itu jelas kon-tras dengan deklarasi pasan-gan Poros Cikeas Sus i loBambang Yudhoyono (SBY)-Boediono di Bandung.

“Sengatan” pertama kubuMega-Prabowo itu diresponssantai oleh kubu SBY-Boedi-ono. Ketua DPP Partai De-mokrat Anas Urbaningrummengklaim, dalam lima tahunpemerintahan, SBY terbuktimenjalankan kebijakan yangprorakyat, baik itu dalambidang ekonomi, pendidikan,maupun kesehatan.

“Waktu itu modal politikSBY masih belum kukuh. Se-karang SBY Berbudi (SBY-

Boediono) berangkat denganmodal politik yang kuat. Kare-na itu kebijakan, langkah, danprogram-program prorakyatakan semakin jelas dan ber-jalan baik,” bebernya.

Dengan nada menyindir,Anas mempertanyakan balikjanji prorakyat pasangan Me-gawati-Prabowo. Dalam kam-panye pemilu legislatif lalu,Megawati dan Prabowo jelas-jelas menentang keras pro-gram Bantuan Langsung Tun-ai (BLT). “Padahal itu salahsatu program yang jelas pro-rakyat. Rakyat pasti men-catat,” kata mantan ketum PBHMI itu.

Terpisah, pengamat politikdari Lembaga Survei Indone-sia (LSI) Burhanudin Muhtadimengatakan, publik segeradisuguhi perang citra antar-kandidat. Dia mencontohkan,pasangan JK-Wiranto yangsudah mulai menebar tagline“Lebih Cepat, Lebih Baik”.“Tagline itu ingin menegaskandiferensiasi dengan karakter

SBY yang dicitrakan lamban,ragu-ragu, dan indecisive(tidak tegas, red),” katanya.

Dari sisi lain, Mega-Prabowojuga memunculkan tagline“Mega Pro Rakyat”. Bukanhanya itu, pilihan perkampun-gan kumuh sebagai tempatdeklarasi merupakan kontrasdari acara deklarasi SBY-Bo-ediono yang digambarkanmewah dan bercitarasa Ameri-ka. “Jadi Mega-Prabowo ituseolah ingin menyindir SBY-Boediono yang lebih cen-derung neolib, mengedepan-kan sistem free market dan takmerakyat,” ujarnya.

Meskipun tensi kontestasi diantara pasangan itu terus men-ingkat, Burhan meyakini bah-wa duet JK-Wiranto dan duetMega-Prabowo tidak akan sal-ing menyerang. “Diam-diammereka bersepakat menjadikanSBY-Boediono sebagai com-mon enemy alias musuh ber-sama,” kata alumnus Austra-l ian Nat ional University(ANU) itu. (jpnn)

JK Win saat pendaftaran ke-marin diusung oleh partaiGolongan Karya dan Hati Nu-rani Rakyat serta sejumlah par-tai pendukung seperti PartaiKebangkitan Nasional Ulama.Sementara Mega-Pro diusungkoalisi Partai Demokrasi Indo-nesia Perjuangan dan GerakanIndonesia Raya. Selain PDIPdan Gerindra, ada tujuh parpolkecil yang juga mendukungpasangan tersebut.

Sementara SBY Berboedididukung koalisi Demokrat,Partai Keadilan Sejahtera, Par-tai Amanat Nasional, PartaiPersatuan Pembangunan, danPartai Kebangkitan Bangsa. Diluar lima partai peraih kursi diSenayan itu, masih ada 17 par-pol kecil yang juga menduku-ng pasangan SBY Berbudi.

Pasangan JK-Win adalahpendaftar pertama kali di KPU.Pasangan yang dideklarasikansejak 10 Mei 2009 itu tiba dikantor KPU sekitar pukul 11.00WIB. Mencoba berbeda dari duapasangan lainnya, JK-Win tibadi KPU dengan berjalan kakidari masjid Sunda Kelapa diMenteng, Jakarta. Keduanyasama-sama berpakaian krem.Mereka terlebih dulu melaku-kan salat Dhuha bersama istrimereka masing-masing.

Perjalanan yang panjangnyakira-kira 1 km itu juga diiringipuluhan simpatisan Golkar.Nuansa kuning khas Golkardan Hanura mengiringi sere-moni jalan kaki tersebut. Alu-nan rebana mengiringi per-jalanan JK-Win bersama pulu-han tim sukses dan simpatisanGolkar dan Hanura.

Saat dilakukan seremonijalan kaki itu, kepolisian ter-lebih dulu mensterilkan jalandari Sunda Kelapa menuju JalanImam Bonjol, tempat gedungKPU berada. Pengamanan yangdilakukan saat perjalanan rela-tif leluasa. Puluhan fotograferdengan leluasa mengambil gam-bar pasangan dari sipil dan man-tan militer tersebut.

Sesuai persyaratan dari KPU,JK - Win datang ke KPU lengkapdengan pasukan tim suksesnya.Tampak bersama mereka SekjenGolkar Soemarsono, Sekjen Ha-nura Yus Usman Sumanegara,ketua tim kampanye nasionalJK-Win Fahmi Idris, KetuaUmum PKNU Choirul Anam,dan Ketua MUI Amidhan. Paratim kampanye nasional JK-Wintidak mengenakan warna kun-ing khas kedua partai. Warna se-ragam yang digunakan adalahmerah, dengan tulisan JK-Wiran-to di belakang seragam tersebut.

Beberapa petinggi dan jugacalon legislator Golkar danHanura juga tampak, sepertiKetua Fraksi Partai GolkarPriyo Budi Santoso, KetuaBappilu Golkar BurhanudinNapitupulu, Ferry MursyidanBaldan, Indra Jaya Piliang,Meutya Havid, dan juga Elza

Syarif. Pendaftaran dan peny-erahan berkas pasangan JK-Win kepada KPU diserahkanoleh Soemarsono dan Yus Us-man. Ada 32 berkas yang harusdilengkapi setiap pasangan.

Menariknya, dua politisi daridua partai yang sejatinya ter-gabung di koalisi PartaiDemokrat juga terlihat di kubuJK-Win. Keduanya adalahpolitisi PAN, Drajad Wibowo,dan Ketua DPP Partai BulanBintang, Ali Mochtar Ngaba-lin. Drajad menyatakan, alasanPAN bergabung dengan JK-Win adalah berdasarkan kesa-maan pandangan. Berdasarkanperyataan Ketua MPP PANAmien Rais, JK selama inidikenal sebagai wapres yanggampang diajak berkomuni-kasi. “Kami memiliki perbe-daan yang mendasar jika harusmendukung Boediono,” kataDrajad.

Sementara Ali Mochtar men-yatakan, hingga kini sejatin-ya PBB belum menentukanarah koalisi. Di tingkat elite PBBmemang condong dukunganadalah ke Demokrat. “Namun digrassroot, dukungan kepada JK-Win,” ujarnya bersemangat.Menurut dia, PBB baru akanmenentukan arah dukunganpada pertemuan petinggi parpolmalam kemarin.

Setelah pasangan JK-Win, gili-ran pasangan Mega-Pro yangmendaftarkan diri ke KPU.Keduanya datang tepat pukul13.00 WIB. Berbeda dari JK-Win yang berpakaian sama-sama krem, Megawati danPrabowo mengenakan warnapakaian berbeda. Mega men-genakan busana bernuansa mer-ah khas PDIP. Sementara Prabo-wo datang dengan pakaian ke-besarannya, safari warna putih-putih, khas Gerindra.

Kedatangan mereka pun lay-aknya seorang pejabat. Megadan Prabowo datang dengansatu mobil, Lexus bernomorpolisi B 8471 BS. Menyusuldi belakangnya mobil parapetinggi PDIP dan Gerindra.Mereka bersama-sama be-rangkat dari kediaman Mega-wati di Jalan Teuku Umar,Menteng, Jakarta.

Beberapa petinggi dua par-tai yang tampak adalah SekjenPDIP Pramono Anung, KetuaUmum Gerindra Suhardi, Wak-il Ketua Umum Gerindra FadliZon, Sekjen Gerindra AhmadMuzani, serta beberapa peting-gi PDIP lain. Tampak pula adikMegawati yang juga KetuaUmum PNI Marhaenisme Suk-mawati Soekarno dan GuruhSoekarnoputra serta KetuaUmum Partai Buruh MuchtarPakpahan.

Pada saat pendaftaran, Mega-wati dan Prabowo terkesantidak begitu akrab. Sambutanyang diberikan pun terkesanmasih menonjolkan visi par-tai masing-masing. Saat sesi

tanya-jawab pun, Megawatitidak bersedia melayani war-tawan dan sesi itu pun lang-sung ditutup.

Hanya sekitar 30 menit pros-es pendaftaran itu berlang-sung. Saat usai, ratusan pen-dukung Mega-Pro ternyatasudah memenuhi halaman luargedung KPU. Mereka memba-wa bendera dan atribut dariPDIP dan Gerindra. Denganberjalan kaki, mereka lantasmenyusul iring-iringan mobilpetinggi PDIP dan Gerindrakembali menuju Teuku Umar.

Dua jam kemudian giliranpasangan SBY Berboedimendaftar ke KPU. Kali ini “pa-sukan” dari pasangan yangsama-sama asal Jawa tersebutlebih banyak. Itu wajar, meng-ingat mereka didukung limaparpol peraih kursi Senayan dan17 parpol kecil. Para petinggidari parpol pendukung SBYBerboedi datang beramai-ramaike KPU. Termasuk Ketua UmumPBB MS Kaban dan SekjenPAN Zulkifli Hasan. Kedatan-gan SBY Berboedi itu dilaku-kan setelah deklarasi koalisiyang dilakukan di kediamanSBY di Cikeas, Bogor.

Sebelum kedatangan SBYBerboedi, ruang sidang tempatmenerima pendaftaran bacapresdan bacawapres harus disteril-kan. KPU memutuskan untukmemasang metal detector tam-bahan. Padahal, di lantai 1,sudah ada alat pendeteksi yangsama sudah terpasang. Pengam-anan yang dilakukan satpamdan kepolisian dari Polda MetroJaya untuk saat itu diambil aliholeh Pasukan Pengaman Pres-iden (Paspampres).

SBY dan Boediono datangdengan mengenakan batikwarna biru. Batik SBY terlihatlebih gelap dibandingkan mil-ik Boediono. Saat memberikansambutan pun, semuanya di-berikan kepada SBY. Boedionohanya berdiri satu langkah dibelakang SBY, mendengarkanpernyataan SBY. Tidak ada sesitanya-jawab yang ditawarkankepada wartawan saat pendaft-aran SBY Berboedi.

Tepat pukul 15.46, bakal ca-pres SBY bersama cawapresBoediono keluar mening-galkan gedung KPU. Sebe-lum masuk mobi l LandCruiser hitam terbaru ber-nopol B 1503 TJA, mantanMenko Polkam tersebutsempat melambaikan tanganpada juru foto yang sedangberada di beranda lantai 2gedung KPU. Sementaracawapres Boediono dibawamobil terpisah, sedan Camryhitam bernopol B 1712 RFS.

Tampak beberapa petinggiPartai Demokrat mengiringikepergian SBY, antara lainKetua DPP Ruhut Sitompuldan Andi Malarangeng sertaKetua Fraksi Partai DemokratSyarif Hasan.(jpnn)

Page 3: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent MINGGU, 17 MEI 2009

Kota JambiTuan Rumah

Apeksi

dangan kepada pihak mereka.Menurut dia, tempat pertemuansengaja diadakan di PolresMuarojambi sesuai janji SekdaMuarojambi H SyaifuddinAnang beberapa waktu lalu.

Saat itu Sekda tidak menentu-kan waktu pertemuan sehing-ga para pedagang kembalimenggelar unjuk rasa. Dalamunjuk rasa itu nyaris terjadibaku hantam antara Ismet danDesnat.

Persoalan yang akan ditun-taskan, kata Sarwono, banyakpedagang yang dulu memiliki

Panitia RampungkanPersiapan MTQ

MUARABUNGO - Perhelatanakbar musabaqah tilawatil qu-ran (MTQ) ke-39 tingkat Pro-vinsi Jambi di Muara Bungopada 23-27 Mei 2009 tak lamalagi. Seluruh persiapan MTQyang telah diupayakan akanrampung dalam waktu dekatini.

Masjid Agung Al-Mubarakmenjadi salah satu pusat keg-iatan pelaksanaan MTQ. Pan-tauan Jambi Independent, pe-lataran depan masjid Al-Mu-barak menjadi tempat pelak-sanaan pembukaan MTQ. Pel-ataran depan masjid diban-gun sebuah panggung raksasa,serta sebuah mimbar tempatseorang qari (pembaca Alqu-ran) membacakan ayat-ayatsuci Alquran.

Wajah Kota Muara Bungojuga dipoles dengan umbul-umbul sebagai ungkapan pen-yambutan bagi kafilah yangakan menjadi tamu pada kegia-tan MTQ. Dalam hal ini, pani-tia kegiatan menghimbau ke-pada seluruh warga masyarakatBungo untuk dapat bersama-sama dapat menyukseskan pel-aksanaan MTQ tersebut.

Selain itu, himbauan kepadamasyarakat untuk memasanglampu-lampu hias. Himbauan

untuk memasang umbul-um-bul serta lampu hias tersebut,tidak hanya ditujukan bagimasyarakat, bagi pihak perusa-haan juga harus dapat berparti-sipasi menyukseskan perhela-tan akbar MTQ ke-39 tingkatProvinsi Jambi. Seluruh unsurMuspida, serta pihak swastadiajak untuk bersama-samaberpartisipasi menyukseskanpelaksanaan MTQ.

Bupati Bungo, Zulfikar Ach-mad optimis bahwa putra ter-baik Bungo yang akan me-ngikuti kompetisi bernuansareligius tahunan tersebut dap-at menyabet prestasi mem-banggakan. Zulfikar tidak akanmemperkenankan adanya pe-serta dari luar, demi untuk me-meroleh gelar juara umum. Zu-lfikar menginginkan agar peser-ta MTQ dari Bungo dapat men-junjung tinggi sportivitas, haltersebut sepatutnya juga ber-laku bagi kafilah atau pesertadari Kabupaten/Kota lainnya.

Kegiatan MTQ Tingkat Pro-vinsi Jambi yang ke-39 pada23-27 Mei 2009, seluruh pani-tia menyatakan kesiapan da-lam pelaksanaan MTQ di Bun-go tersebut. Sekda Bungo, Us-man Hasan mengingatkan agarpenanggung jawab dalam per-

Kabupaten Merangin Kirim 40 KafilahBANGKO - Pemkab Meran-

gin terus mempersiapkan kaf-ilah terbaik Merangin gunamengikuti even relegius MTQtingkat Provinsi Jambi. Infor-masi yang dihimpun koran ini,sedikitnya 40 Kafilah terbaikMerangin siap berlaga dalammomen tersebut.

Bahkan hingga kini, ke 40Kafilah tersebut sudah men-jalani dua kal i pemusatanlat ihan atau akrab dengansebutan Training Center(TC). Tak hanya pelatih dari

dalam daerah, pelatih seni danbaca Al Quran dari ProvinsiJambi, seperti Z Azwar punsengaja didatangkan PemkabMerangin guna menjadi yangterbaik.

“Sebanyak 40 kafilah terbaikMerangin tersebut dipastikansiap berlaga di berbagai kate-gori nomor lomba MTQ yangakan di gelar di Bungo nanti.Tekad Merangin berharap parakafilah dari Bumi Tali UndangTambang Teliti kali ini. Mini-mal dapat memperbaiki per-

ingkat pada momen MTQ satutahun lalu yang hanya mampumencatat peringkat enam,” ujarBupati Merangin Nalim, mela-lui Kabag Kesra Abdul Aziz diruang kerjanya.

Hal yang membanggakan,dari total 40 kafilah yang akanberlaga di Bungo kesemuanyamerupakan warga pribumi taklain putra-putri terbaik Meran-gin. “Sesuai dengan instruksibupati Merangin, apapun hasildalam even MTQ se-ProvinsiJambi nanti, hal yang terpent-

ing para kafilah kita tersebutmerupakan warga asli pribumiyang merupakan putra dan pu-tri terbaik dari Merangin,” kat-anya.

Untuk penginapan para Kaf-ilah Merangin yang tergabungdalam kontingen MTQ Meran-gin akan menggunakan lokasipenginapan komplek TelkomBungo. “Sedangkan total kon-tingen Merangin yang akandiberangkatkan menuju Kabu-paten Bungo, berjumlah lebihkurang 100 kontingen. Sehing-

siapan hingga pelaksanaanMTQ tersebut, dapat berparti-sipasi aktif untuk menyukses-kan MTQ. “Saya mengharap-kan agar seluruh penanggungjawab yang telah ditunjuk da-pat berpartisipasi aktif demisuksesnya MTQ ini,” ujar Sek-da Bungo, Usman Hasan.

Untuk diketahui, para kafilahyang akan menjadi tamu padahelatan akbar MTQ Tingkat

Provinsi Jambi, akan dipon-dokkan di rumah-rumah pen-duduk. Hal tersebut menurutSekda Bungo, diharapkanagar seluruh warga masyarakatdapat berpartisipasi dalam me-nyukseskan pelaksanaanMTQ. Selain seluruh unsurMuspida dapat berpartisipasi.Semua masyarakat Bungo ju-ga diharapkan dapat bersikapramah terhadap seluruh tamu

KOTA JAMBI – Sebuah pre-stasi baru bagi Kota Jambi.Tahun ini Jambi ditunjuk men-jadi tuan rumah pertemuan ca-turwulan I Komwil II AsosiasiPemerintah Kota Seluruh Indo-nesia (Apeksi) se-SumateraBagian Selatan yang diketuaiWali Kota Jambi Rd BambangPriyanto.

Penyelenggaraan Apeksi be-rtepatan dengan HUT ke-36Kota Jambi pada Senin, 18 Mei2009 nanti.

Berbagai persiapan penyam-butan mulai dilakukan Pe-mkot, misalnya penginapan,transportasi, termasuk pen-yambutan kedatangan paratamu dan undangan yang had-ir dalam Apeksi. “Acara iniakan dihadiri Dirjen CiptaKarya Departemen PekerjaanUmum RI,” kata Wakil WaliKota Jambi Sum Indra baru-baruini. “Berbagai persiapan telahdilakukan,” tambahnya.

Salah satu isu yang diangkatdalam pertemuan itu adalahsoal kebersihan kota. Mencarisolusi dalam mengatasi sampah

dan bagaimana strategi pen-gelolaan sampah.

Meski tahun ini Kota Jambibelum berhasil memboyongPiala Adipura, nilai dari tim pe-nilai menunjukkan perubahansignifikan. Perubahan menjadipemicu untuk menjadikanKota Jambi tetap bersih. (ira)

Kinerja PPL Diminta LebihMaksimal

MUARABULIAN- Terkaitmasih banyaknya jumlah lah-an tidur dan tidak pernah diga-rap di Bumi Serentak Bak Re-gam ini, yakni berjumlah ku-rang lebih sekitar 15 ribu hek-tar. Hal ini jelas menjadi tantan-gan sendiri bagi pihak terkaituntuk mengatasi masalah terse-but, hingga akhirnya semua la-han itu dikelola oleh masy-arakat Batanghari. Pihak terkaitdalam hal ini salah satunya ad-alah Badan Pelaksanan Penyu-luh dan Ketahanan Pangan (BP-PKP) Kabupaten Batanghari.Instansi terkait yang satu iniselain Dinas Pertanian jelasbetanggung jawab terkait halini. Untuk itu kepala BPPKPBatanghari, Solhanuddin Rey,mengharapkan agar kinerjapara Petugas Penyuluh Lapan-gan (PPL) memaksimalkan ki-nerja.

Meningkatkan sosialisasi so-sialisasi kepada masarakat.Jika lahan tidak segera dibukamaka program pemkab untukmenjadikan Batanghari swa-sembada beras sulit tercapai.

“Memang masih banyak lah-an sawah yang terlantar, kamidan dinas pertanian jelas tidaktinggal diam saja dengan ma-salah ini. Buktinya, bagi masy-arakat yang mengolah sawah-nya, kami bayar kompensasiuntuk tiap hektarnya. Saya se-lalu mengingatkan kepada PPLsaya agar jangan hanya tiduratau mondar-mandir tidak jelassaja, karena mereka dibayaruntuk melakukan penyulu-han,” ujarnya.

Untuk itu, Solhanuddin me-ngharapkan agar warga terbu-ka pikirannya untuk membukalahan dan bertanya kepada PPLyang ada. “Saya akui kinerjaPPL masih kurang maksimal,karena banyak warga yangmasih mengeluh dan takut ber-tanya kepada PPL. Seharusnyawarga jangan takut, dan kepa-da PPL. Saya terus ingatkanagar tingkatkan kinerja denganterus berikan arahan dan sosial-isasi. Tidak ada alasan lagikarena berbagai fasilitas kamiberikan seperti handphone dansepeda motor,” sebutnya. (aki)

sawah di Desa Bukit Subanmerupakan sawah tadah hujan.Padahal jika irigasi bisa menga-liri sawah petani, kualitasproduksi bisa lebih meningkat.

Terpisah, Kepala Desa BukitSuban Pujiono mengatakan,pihaknya sudah sering me-laporkan hal itu kepada pihakterkait, yakni Dinas PekerjaanUmum (PU). Namun belum adatindak lanjut.

Menurut dia, dam di SungaiPuntikayu dibangun pada1994 lalu. Sementara luas areapersawahan di Desa Bukit Sub-an sekitar 150 hektar.

“Tanaman padi beda dari tan-aman lainnya. Tapi karena sa-luran irigasinya tidak sampaike sawah, sawah di sini semuasawah tadah hujan. Makanyapetani di sini berharap sekaliirigasi diperbaiki, sehinggaairnya bisa mengaliri sawah,”tandas Pujiono.(lis)

SAROLANGUN – Warga Bu-kit Suban, Kecamatan Air Hi-tam, Sarolangun, mengeluhkanirigasi. Sejak dibangun beber-apa tahun lalu, irigasi di desaitu tak bisa mengalirkan air kearea persawahan petani setem-pat. Akibat irigasi tak berjalan,petani terpaksa memanfaatkanair hujan. Slamet (46), wargaBukit Suban, mengatakan bah-wa irigasi hingga sekarang be-lum bisa dimanfaatkan warga.

“Dari pertama dibuat sampaisekarang, airnya tidak sampaike sawah-sawah. Jadi sawah-sawah kita dari dulu adalahsawah tadah hujan. Walaupundi sini ada irigasi, tidak bisa di-manfaatkan,” katanya.

Ditambahkan, pihak terkaithanya bisa membangun dam.Setelah irigasi selesai diban-gun, mereka tidak mau tahu apa-kah irigasi itu bermanfaat atautidak. Secara keseluruhan,

Warga Keluhkan Irigasi

Pedagang Akan Bertemu BupatiSOAL PSOAL PSOAL PSOAL PSOAL PASARASARASARASARASAR Persoalan Pasar Unit I, Desa Sungaibahar, Muarojambi, akan memasuki babak baru. Pembahasan lebih lanjut akan dilakukan di Mapolres

Muarojambi besok (17/5)

selama lima tahun itu tuntas.Mantan Camat Sungai Bahar

Ismet dan mantan kepala desa(kades) Sungaibahar Sri sertaKetua Pasar Sungaibahar De-snat juga turut diundang.Demikian dikatakan Asisten IISetda Muarojambi Roy As-nawi. “Surat undangannya te-lah kita layangkan. Mudah-mudahan dengan pertemuanini semua jadi jelas,” katanya.

Koordinator lapangan (kor-lap) unjuk rasa pedagang Sun-gaibahar, Sarwono, Kamis (14/5), membenarkan adanya un-

kios sebelum pasar terbakarpada 2004, belum mendapathak mereka. Pedagang yangdulu memiliki 3-4 kios saat inihanya mendapatkan satu kiosbahkan ada yang tidak menda-pat sama sekali. Sedangkankios pedagang yang telahdibangun, jumlahnya lebihbanyak ketimbang kios sebel-umnya.

Selain itu, ada dugaan pemil-ik kios saat ini, dulu bukanpedagang yang memiliki kiossebelum terjadi kebakaranpasar. Hal itu menimbulkan

kecemburuan dan pedagangmerasa diperlakukan tidak adiloleh Pemkab. “SK-nya juga te-lah dikeluarkan Bupati. Inilahyang membuat kita kecewa,”jelas Sarwono.

Dia akan membawa seluruhpedagang dan pihak terkaitlainnya, bahkan lebih banyakketimbang ketika pedagangmenggelar unjuk rasa beberapawaktu lalu. Tujuannya agarpara pedagang yang belummendapat hak mendengar lang-sung keputusan yang diambilnanti.(fes)

ga berbagai kebutuhan parakafilah dalam even tersebutdapat cepat terpenuhi,” tam-bahnya.

Keikut-sertaan Merangin da-lam even relegius ini dapatdidukung segenap warga Me-rangin. “Kita berharap kepadasegenap warga Merangin dap-at memberikan dukungan ter-hadap para kafilah terbaikMerangin, guna mengharum-kan nama besar Merangin da-lam bidang seni dan baca AlQuran,” harapnya. (ctr)

Membahas StatusKios Bermasalah

MUAROJAMBI - PersoalanPasar Unit I, Desa Sungaibahar,Muarojambi, akan diselesai-kan di Polres Muarojambi, Se-nin (18/5). Pemkab Muarojam-bi mengundang seluruh peda-gang yang kiosnya bermasalah.

Para pedagang dan pihak ter-kait tersebut akan dipertemu-kan dengan Bupati Muarojam-bi H Burhanuddin Mahir, agarpersoalan yang berlangsung

undangan yang menjadi kaf-ilah dari 9 Kabupaten lain-nya.Mengenai acara penyamb-utan bagi kafilah juga diren-canakan akan menyajikan pa-duan suara dan kesenian dariBungo. Kafilah juga akan di-berikan souvenir cantik sertamakanan khas Bungo. Dalamhal ini pihak panitia berkoor-dinasi dengan DisperindagkopBungo. (dwy)

sumindra

DOK/JAMBI INDEPENDENT

SUKSES MTQ: Masjid Al-Mubarak Muarobungo tempat penyelenggaraan MTQ Ke-39 Provinsi Jambi.5)

DOK/JAMBI INDEPENDENT

Page 4: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi IndependentMINGGU, 17 MEI 2009All Sport

Sama-sama Berpeluang ke Semifinal

Arembi Cup, Hindari Kevakuman

U-13 PIALA YAMAHA

JAMBI- Kompetisi sepakbo-la U-13 Piala Yamaha 2009 ke-marin (16/5) sudah dilaksana-kan. Dari 10 tim berkompetisidi Stadion Tri Lomba Juangkemarin, baru tiga yang sudahmenyelesaikan seluruhpertandingannya. Yaitu SSBAlimi Putra Bangko, SSB Soba-tik, dan SSB Muarojambi.

Tapi, dari tiga kesebelasantersebut SSB Alimi Putra Bang-ko yang hasil pertandingannyaterbilang memuaskan. Pasaln-ya, tim besutan pelatih Yusranitu mengemas delapan poindari empat pertandingannyatersebut. Hasil dua kali menangdan dua seri.

Meski hasilnya memuaskan,SSB Alimi Putra Bangko yangtergabung dalam Grup I bersa-ma SSB Sobatik, SSB Siginjai,SSB Batanghari, dan SSB Tu-nas Jaya itu belum bisa dipasti-kan melenggang ke semifinal.Nasibnya akan di tentukanhasil pertandingan terakhirSSB Batanghari dan TunasJaya hari ini.

Dua tiket semifinal memangdiperebutkan di Grup I. “Tapi,SSB Batanghari dan Tunas Jayajuga punya kans dan dapat me-nyingkirkan Alimi. SSB Ba-tanghari masih menyisakansatu laga, sedangkan Tunas Jayadua pertandingan lagi. Meskipoinnya kecil, Tunas Jaya bisasaja yang lolos. Kalau duapertandingan sisa merekameraih poin absolute,” kata

koordinator pertandingan U-13 Piala Yamaha Nana Suryanakepada Jambi Independent ke-marin.

“Yang jelas, kepastiannyabesok (hari ini). Karena seluruhpertandingan tuntas,” lanjut-nya.

Di Grup 2, tim yang palingberpeluang merebut tiket semi-final adalah SSB Puma Bungodan SSB Rajawali Bernai Saro-langun. Mengapa? Selain

keduanya masih menyisakandua laga, SSB Puma Bungo danSSB Rajawali Bernai Sarolan-gun juga belum pernah me-nelan kekalahan. Keduanyakini sama-sama mengemas em-pat poin.

Namun Rajawali Bernai selisihgolnya lebih baik dibandingkanwakil Kabupaten Bungo itu.

“Rajawali berhasil mencetak9 gol, mereka berpesta saat mel-awan SSB Muarojambi. Timyang diarsiteki Antoni itumenang 8-0. Dipertandingankedua mereka ditahan imbangPSSP Kota Jambi, 1-1,” jelasNana.

Bagaimana peluang juarabertahan PSSP? “Kita lihat sajabesok.

Kepastian menuju babak em-pat besar bisa diperoleh PSSPasalkan Enggar dkk menang atasPuma Bungo,” pungkasnya.

Kompetisi sepakbola U-13 Pia-la Yamaha 2009 berakhir hari ini.Semifinal dan final langsungdipertandingkan. (dar)

Final Pun Tak Sampai

Klasemen SementaraGrup 1SSB Alimi Putra Bangko 4 2 2 - 5-1 8SSB Batanghari 3 2 1 - 7-1 7SSB Tunas Jaya 2 1 1 - 1-0 4SSB Siginjai 3 1 – 2 1-7 3SSB Sobatik 4 - - 4 0-5 0

Grup 2SSB PSSP Kota Jambi 3 1 2 - 9-2 5SSB Bocah Junior 3 1 2 - 3-1 5SSB Rajawali Bernai 2 1 1 - 9-1 4SSB Puma Bungo 2 1 1 - 3-0 4SSB Muarojambi 4 - - 4 0-20 0

VOLI

JAMBI - Klub voli putri Arem-bi Jambi boleh juga. Tangguhdan pertahanannya cukup so-lid. Akibatnya lawan kewalah-an dan sulit untuk mendapat-kan angka.

Itu terlihat dari pola permain-an yang diterapkan Arembi ke-tika melawan Tim Be A Man(para waria) kemarin (16/5).

Hasilnya, Arembi yangdiperkuat pemain muda itumemenangi pertandingan den-gan dua set langsung.

Tapi, itu bukan pertandingansebenarnya. Duel klub yangberbeda kelas tersebut han-ya ekshibisi sebagai tandapembukaan Invitasi Kejua-

raan Bolavoli Arembi Cup I2009 yang dihelat klub Arem-bi di lapangan voli Arembi diKotabaru ini.

Pembukaan yang dipercepat

sehari ini memperebutkan pia-la tetap plus uang pembinaanRp 10 juta. Namun pesertanyaterbatas. Hanya diikuti 16 timdibagian putra dan 8 tim putri.

Ajang bergengsi yang telahdijadikan agenda tetap ini di-buka secara resmi oleh ketuaumum Arembi Budianto.

Pembukaan dihadiri parapengurus klub yang akanberkompetisi dan undanganseperti utusan Dispora Jambi,ketua umum Forki Jambi Efen-di Hatta, dan Sekum IPSI JambiAmirullah.

Dalam pembukaan tersebutBudianto juga menjelaskanalasannya menggelar invitasi.

“Tujuannya untuk menggeli-atkan kembali olahraga voli,”ujar Budianto yang disambutaplaus para pengurus klub.

Selain itu, dia juga mengajakpara pengurus klub untuk aktifdalam kepengurusan PengcabPBVSI. Dengan begitu, kegia-tan tidak vakum dan roda or-ganisasi berjalan lancar.

Budianto juga menyinggungmasa kepengurusan PBVSIKota yang akan berakhir.

Dalam invitasi ini panitiatidak melarang pemain nasion-al ikut bermain. Namun, klubharus mematuhi semua aturanyang telah disepakati bersamadalam pertemuan teknik. (dar)

SENGIT:Empat tiket semifinal akan ditentukan hari ini di Stadion Tri Lom-ba Juang. Hampir semua tim berpeluang untuk mendapatkannya.

Indonesia Menyerahpada Korea Selatandi Semifinal

GUANGZHOU “ Pupussudah harapan Indonesia un-tuk membawa pulang PialaSudirman kembali ke tanahair. Langkah tim Merah Putihterhenti di semifinal setelahdikalahkan Korea Selatan 1-3 di Guangzhou Gymnasium,Tiongkok, kemarin.

Bagi Indonesia, gagal men-embus final Piala Sudirmanadalah ca ta tan terburuk,menyamai edisi 1997, 1999,dan 2003. Selebihnya, sejakeven i tu d ise lenggarakanpada 1989 tim Merah Putihse la lu menembus par ta ipuncak. Termasuk ketika men-jadi kampiun pada edisi perta-ma.

Dalam laga kemarin, satu-sa-tunya poin disumbangkantunggal pria Sony Dwi Kun-

coro. Pemain asli Surabaya itumengalahkan Park Sung Hwanmelalui perjuangan keras dalamtiga game 14-21, 21-15, 20-22.Sementara, tiga lainnya yaitunomor ganda campuran, tung-gal wanita, dan ganda pria men-jadi milik Korsel.

Korsel memastikan kemenan-gannnya di partai keempat yangmemainkan partai ganda pria.Pasangan Hendra Setiawan/

Mohammad Ahsan yang diberikepercayaan tak mampu me-menangi pertarungan denganLee Yong Dae/Jung Jae Sung.Ketika pengembalian bolaHendra menyangkut d i ne tdan game kedua berakhir21-19, para pemain dan ofi-sial Korsel langsung meray-akannya di tengah lapangan.Di game sebelumnya Hendra/Ahsan menyerah 9-21.

Kekalahan tim Merah Putihmeleset dari prediksi. Pada par-tai pertama ganda campuran,pasangan Nova/Liliyana just-ru kalah dengan mudah Be-gitu juga di tunggal wanitayang dimainkan pada partaiketiga, Maria Kristin Yulian-ti yang berhadapan dengan la-wan dengan kualitas sepadan,Hwang Hye Youn, kalah duagame 21-23, 19-21. (jpnn)

Budianto

GAGAL: Maria Kristin harus mengakui keunggulan Hwang Hye Youn. Maria kalah dua game 21-23, 19-21.

Page 5: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent MINGGU, 17 MEI 2009All Sport

[email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26April 1986

Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100

ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Jumeidi Chairul (Koordinator), Tareju, Sarjono, AbdulAziz . Sirkulasi: Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

Rusia Siap Merangsek ke Persaingan Elite Bulu Tangkis Dunia

Stok Terbatas, Segera DatangkanSigit Budiarto

Lakers Terancam Kehabisan Tenaga

Comeback, PhelpsLebih Cepat

Kabar gembira bagidunia bulu tangkis

berembus dari PialaSudirman 2009 di

Guangzhou. Dari sanaada tanda-tanda olahragatepok bulu kian populer.Sinyalnya adalah suksesRusia menjadi kekuatan

baru dengan juarasubgrup 2B.

KEKUATAN bulu tangkisdunia saat ini masih didomi-nasi negara-negara di kawasanAsia. Buktinya, empat besarPiala Sudirman 2009 ditem-pati negara-negara Asia. Bah-kan, enam di antara delapantim yang menempati grup 1dari benua kuning.

Lainnya berasal dari Eropa,yaitu Denmark dan Inggris.Dua negara itu selama ini barusebatas memberikan gang-guan, bukan untuk bersaingmenjadi yang terbaik. Diajang Piala Sudirman, tidakpernah sekali pun mereka men-jadi juara.

Nah, di Piala Sudirman 2009ini nyaris saja terjadi peruba-han besar. Eropa nyaris me-nambah satu wakilnya di grup1 seandainya Rusia tidak kalahdari Thailand di playoff pro-

mosi. Sayang, dalam pertand-ingan yang berlangsung Jumatlalu (15/5), Rusia kalah 0-3.Ambisi Rusia untuk merang-sek ke jajaran elite pun harustertunda.

“Kesempatan besar ada didepan mata kami. Tapi, kamimemang harus mengakui ke-unggulan Thailand yang leb-ih baik daripada kami,” un-gkap pemain tunggal priaStanislav Pukhov.

Meski kalah telak, Pukhovmenyatakan bahwa timnyasudah berjuang skuat tenaga.Dengan demikian, merekabisa pulang dengan kepalategak. Apalagi, prestasi men-embus playoff promosi meru-pakan capaian terbaik merekasejak pertama mengikuti PialaSudirman pada i tiga edisi se-belumnya. Artinya, dalam set-iap penyelenggaraan merekanaik ke level di atasnya, kec-uali tahun ini.

Pemain berusia 30 tahunyang bermain di tunggal priadan ganda campuran itu men-gatakan, peningkatan yangditunjukkan melalui presta-si Piala Sudirman kali ini se-jalan dengan perkemban-gan bulu tangkis di nega-ranya. Perkembangan yangcukup bagus, menurut dia, ter-jadi sejak dua hingga tigatahun terakhir.

“Dulu tak banyak yang ber-

main bulu tangkis. Ada klubbulu tangkis, tapi jumlahnyasedikit. Sekarang mungkin ditiap kota sudah ada klub,” ter-ang juara nasional Rusia em-pat kali di nomor tunggal priaitu.

Tapi, Pukhov mengakui, re-generasi pemain di negaranyamemang bisa dibilang sangatterlambat. Usia para pemainyang diandalkan saat ini sudahberkisar 30 tahun. Belum adayang menandingi kekuatanpemain-pemain utama. Buk-tinya, kekuatan yang merekabawa ke Piala Sudirman kaliini nyaris sama dengan kekua-tan pada dua edisi sebelumn-ya. Termasuk di dalamnya ad-alah Pukhov, Nina Vislova, danElla Karachkova yang setelahmenikah memakai nama EllaDiehl.

Karena langkanya stok pe-main, para pemain Rusia ker-ap merangkap tugas. Selain ditunggal, mereka bermain gan-da. Contohnya, Pukhov ber-main di tungal dan ganda cam-puran. Vislova bermain di gan-da wanita dan ganda campu-ran. Sedangkan Ella bermaindi tunggal wanita dan gandawanita.

“Kami berangkat ke sini den-gan kekuatan 14 orang. Kare-na masih mengandalkankekuatan para pemain utama,kami harus merangkap tugas

seperti itu,” ujar Vislova.Vislova berharap, dalam be-

berapa tahun mendatang stokpemain yang memiliki ke-mampuan bersaing bertambahdengan pesat. Dengan begitu,pemain bisa berkonsentrasipada spesialisasi masing-mas-ing. Hal itu juga berpengaruhbesar kepada kondisi fisikdalam pertarungan beregu.

“Seperti yang terjadi padapertandingan playoff promo-si. Kondisi kami sudah tak se-gar lagi. Kami sudah bermainall out di penyisihan sub-grup,” ujar Vislova saat dite-mui di sisi lapangan setelahmenyaksikan semifinal antaraIndonesia melawan Korsel ke-marin.

Harapan untuk maju lebihpesat didengar dengan baikoleh pemerintah Rusia. Dalambeberapa bulan mendatang,tim Rusia mendapatkan pel-atih baru yang sudah kenyangpengalaman di dunia interna-sional. Dia adalah mantan pe-main Indonesia Sigit Budiar-to yang pernah juara dunia.Menurut keterangan, diamenangani tim pada Juni.

“Saya mendengar hal itu.Saya kira, dia juga sudah be-berapa kali melihat persiapankami. Semoga itu memberikanhal positif bagi bulu tangkisRusia,” ujar Pukhov, diaminiVislova. (jpnn)

Barkley AnggapNuggets Terbaik diWilayah Barat

DENVER - Los Angeles Lak-ers dan Kobe Bryant adalahsalah satu kombinasi palinglaris di NBA. Bukti terbaruadalah ketika game 6 semifi-nal wilayah barat antara mere-ka melawan Houston RocketsKamis (14/5) lalu, menjadi tay-angan basket paling ditontondi Amerika Serikat.

Laga yang dimenangkanRockets 95-80 itu ditonton7,35 juta pemirsa. Memecah-kan rekor sebelumnya 6,6 jutapemirsa yang terjadi padapertandingan Miami Heat mel-awan Detroit Pistons padagame 6 final wilayah timurpada 2006.

Tidak berlebihan jika kemu-dian Lakers maupun Kobe di-harapkan bisa lolos ke final.Dengan keberadaan mereka dipartai puncak, rekor penontonitu berpeluang pecah. Finalpun bisa mencapai klimaks didalam dan luar lapangan.

Namun, Charles Barkley,salah satu pemain paling ber-bakat yang pernah dimilikiNBA yang kini jadi analis,mempunyai penilaian lain.

Menurut dia, di wilayah baratsaat ini yang terbaik bukanlahLakers. Melainkan DenverNuggets yang telah mengam-ankan tiket final wilayah sete-lah menggasak Dallas Maver-icks 4-1. MVP musim 1993yang pernah masuk All-Starssebanyak 11 kali itu mem-prediksi Nuggets akan ber-hadapan dengan Cavaliers difinal nanti.

“Denver dan Cleveland ad-alah dua tim terbaik yang sayalihat di playoff,” kata Barkleysebagaimana dilansir Associ-ated Press. “Saya rasa Denverakan ke final. Lakers terlaluinkonsisten,” yakinnya.

Penilaian labil terhadap Lak-ers memang tidak berlebihan.Dengan skuad yang lengkap,setelah center Andrew Bynumpulih, mereka dipaksa Rock-ets menjalani game 7 besokpagi WIB. Padahal, Rocketshanya memiliki delapan pe-main setelah banyak pemain-nya cedera. Termasuk dua bin-tang utama Tracy McGradydan Yao Ming.

“Soal skill, Lakers adalah timdengan talenta terbaik. Na-mun, mereka terlalu sombongdengan hal itu,” ulas pria yangpada akhir karirnya membelaRockets itu.

Kobe sendiri sadar denganinkonsistensi yang dialamitimnya. Namun, dia tetap yakinbahwa timnya akan lolos kefinal wilayah.

“Seharusnya kami bisa ber-main lebih baik dan konsistendari apa yang kami tunjukkanselama ini. Yang terpentingadalah menang, bagaimanapun caranya,” tandas Kobe.

Melihat kekuatan Rocketsyang timpang, peluang Lakersuntuk melaju ke final wilayahmemang cukup besar. Tetapi,tantangan mereka di final nan-ti akan begitu berat. Nuggetsakan tampil dengan kekuatanyang lebih bugar karena mere-ka telah beristirahat beberapahari setelah melakoni semifi-nal wilayah hanya dalam limagame.

Tidak hanya itu, secara indi-vidu Nuggets juga memilikikombinasi yang komplet.Mereka dipimpin point guardsarat pengalaman ChaunceyBillups. Seorang pendulangpoin yang ganas Carmelo An-thony. Pemain jangkung yangbisa menusuk jantung pertah-anan lawan Nene danKenyon Martin. Serta bar-isan cadangan yang enerjikJ.R. Smith, Chris Andersen,dan Anthony Carter. (jpnn)

CHARLOTTE - ComebackMichael Phelps di kejuaraanrenang dunia berjalan mulus.Tampil di Charlotte Ul-traSwim sejak Jumat (14/5),dia sudah mengumpulkan duamedali emas dari nomor 200meter gaya bebas dan 100meter gaya kupu-kupu. Ini ad-alah penampilan pertama diadi kejuaraan setelah memanendelapan emas dari OlimpiadeBeijing 2008 lalu.

Debut ini juga terasa istime-wa, karena menunjukkan ke-berhasilan dia melawan rasamalunya sendiri. Seperti diber-itakan, Phelps dijatuhi laran-gan ikut kejuaraan selama tigabulan oleh Asosiasi RenangAS lantaran terpotret mediaInggris tengah mengisap mar-ijuana. Setelah peristiwa itu,dia dikabarkan sempat men-galami penurunan motivasidan tak ingin berenang lagi.

“Saya senang sekali bisa ber-lomba kembali. Apa yang sayarasakan dulu, itu tidak usahdibahas lagi. Yang jelas, saatini saya merasa gembira, danitulah yang paling penting,”papar Phelps sebagaimanadikutip Asoociated Press.“Ternyata saya masih memili-ki dorongan dan keinginanuntuk berlomba lagi,” lanjutdia.

Yang membuat acara come-back ini lebih sempurna, sete-lah skors catatan waktunyajustru meningkat. Di Ul-traSwim, dia berenang lebihcepat daripada saat meraih

medali emas di Beijing, dela-pan bulan silam.

Pada nomor 200 meter gayabebas, dia mencatat waktu 1menit, 46,02 detik. Padahal diOlimpiade, jarak itu dia tem-puh dalam 1 menit, 48 detik.Berarti ada peningkatan sig-nifikan sekitar hampir dua de-tik.

Sementara di 100 meter gayakupu-kupu, 50 meter lap per-tama ditempuh selama 24,6detik. Ketika berbalik, diamembukukan 27,1 detik, yangberarti totalnya 51,72 detik.Dalam dua lap itu, catatanwaktunya masing-masing 0,6detik lebih cepat daripadaBeijing.

Hal itu membuat pelatihPhelps, Bob Bowman, sangatgembira. Anak buahnya men-galami perbaikan dalam tigahal, yakni teknik, prestasi, danmental. Menurut dia, Phelpstelah melewati fase-fase sulitdalam karir, dan mampu men-gambil pelajaran dari peristi-wa memalukan tersebut.

“Secara mental, dia masihperenang terbaik. Dia tahandikritik, dan bisa membuatperbaikan,” ucap Bowmanbangga. “Selain itu, dia tahupersis bagaimana meng-gunakan otaknya saat berlom-ba. Semua pelatih pasti inginperenangnya berpikir sepertidia,” lanjut Bowman.

Setelah kemunculan fotonyadengan pipa marijuana mun-cul di The Sun, semua orangmemang kaget. (jpnn)

Sigit Budiarto

Kobe Bryant

Michael Phelps

Page 6: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi IndependentMINGGU, 17 MEI 2009

Page 7: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent MINGGU, 17 MEI 2009

Motor PNSRSUDBungo Raib

JAMBI – Bagi pemilik sepeda mo-tor, hati-hati saat meninggalkan ken-daraan di tempat parkir. Pasalnya,bandit spesialis pencurian kendaraanbermotor kembali beraksi di Bungo.Korbannya kali ini seorang pegawainegeri sipil (PNS) bernama Nurhasanyang tinggal di Lorong Mushala, RT07, Kelurahan Bungo Timur, Kecama-tan Pasar Bungo.

Peristiwa nahas itu menimpa kor-ban, Rabu (13/5). Pada hari terse-but, korban yang sehari-hari be-kerja di Rumah Sakit Umum Dae-rah Muarabungo seperti biasa be-kerja di tempat tersebut. Di sana diamemarkir sepeda motornya di depanPoli Anak.

Kemudian sekitar pukul 11.00 WIBkorban pun berniat untuk pulang kerumahnya. Namun dirinya tidak da-pat menemukan sepeda motor itu ditempat parkir. Awalnya korban beru-saha mencari-cari sepeda motornya disekitar parkiran tersebut.

Namun setelah beberapa lamamencari, usaha tersebut sia-sia.Ya k i n s e peda motornya dicuriorang, korban langsung melaporke polisi. Pada polisi, korban me-ngaku dirinya yakin sepeda motor-nya ditinggalkan dengan setangterkunci.

Kejadian itu dibenarkan Kabid Hu-mas Polda Jambi Ajun Komisaris Be-sar Polisi Syamsudin Lubis kemarin(16/5). “Laporannya sudah kita teri-ma. Kasus ini sedang ditanganiPolres Bungo,” katanya. Didugapelaku mengambil sepeda motortersebut dengan cara merusak kuncisetang.(rib)

Dua BocahTenggelamDi Bungo

3 Karyawan PT KiranaSekernan Ditahan

Uang Rp 55 Juta Raibdi Dalam Mobil

Hanyut diSungaiBatangbungo

MUARABUNGO - Dua bo-cah, Lidiya Lavina (8) dan In-dah (8), warga RT 14, Kelura-han Sungaipinang, KecamatanBungodani, sore kemarin (16/5), tenggelam di Sungai Ba-tangbungo. Peristiwa nahas ituterjadi sekitar pukul 14.00WIB saat dua bocah itu mandibersama bersama dua teman-nya yang sempat menyelamat-kan diri. Sementara Lidiya danIndah yang diduga tidak pan-dai berenang, hilang terseretarus Sungai Batangbungo.

Menurut nenek korban Yar-lis, cucunya bermain-maindengan temannya sekitar pu-kul 13.00 WIB. Tiba-tiba sese-orang mengatakan ada duabocah tenggelam. Mendapatiinformasi itu, Yarlis tak me-nyangka bahwa yang diribut-kan warga adalah cucunya,Lidiya.

Orangtua Indah, Junaidi, jugamengakui hal sama. Merekamerupakan tetangga, jadi anakmereka sudah terbiasa bermainbersama. “Kami tetanggoan,mungkin main basamo,” ung-kap Junaidi.

Warga yang mengetahui ke-

jadian itu langsung berhambu-ran ke sungai untuk mencarikeberadaan korban. Sesuaipantauan, terlihat puluhanwarga berusaha mencari ke-beradaan dua korban denganperalatan seadanya.

Warga sepertinya mengalamikesulitan setelah mencari kor-ban tidak jua ditemukan. Se-lain alat terbatas, juga di loka-si tenggelam kedua bocahtersebut air sangat dalam.Lokasi tersebut bekas penam-bangan pasir. “Mungkin di po-sisi dalam itu. Lokasi itu men-capai 8 meter. Kalau memakaioksigen, mungkin bisa sampaike dalam,” ungkap seorangwarga yang juga ikut mencari.

Setelah melakukan pencari-an beberapa jam dengan alatseadanya, hingga berita ini di-turunkan, kedua bocah terse-but belum ditemukan. Hinggamalam tadi, pencarian yangdilakukan oleh warga terus di-lakukan.

Mendengar anaknya tengge-lam, kedua orangtua korbanhisteris. Orangtua Indah, Efen-di, terlihat sedih karena anaksemata wayangnya tenggelam.“Cuma sikok tulah anak awak,”ujar Efendi lirih. Warga yangmendengar musibah itu kema-rin berdatangan ke rumah kor-ban. Mereka turut mencari kor-ban. (slt)

Terkait PembakaranCamp di KawasanPT Kirana

JAMBI – Tiga orang kar-yawan PT Kirana Sekernan,Jumat (15/5) malam, diaman-kan polisi. Mereka adalahBenli, Asikin, dan Surya. Ke-tiganya merupakan warga Ko-ta Jambi. Penahanan itu terkaitkasus pembakaran sebuahcamp yang dilakukan belasananggota Ikatan Pemuda Ber-satu (IPB) Jambi di kawasan PTKirana Sekernan, Rabu (25/3).Dengan demikian, tersangkadalam kasus tersebut bertam-bah menjadi 14 orang.

Ketiganya diamankan sete-lah penyidik Sat I DirektoratReskrim Polda Jambi memin-ta keterangan dari ketiganyasebagai tersangka kemarin.Kasat I Ditreskrim Ajun Ko-misaris Besar Polisi Agus Su-harnoko saat dikonfirmasi ke-marin (16/5) mengatakan, ke-tiganya ditahan setelah penyi-dik memiliki cukup alat buktiditambah hasil pemeriksaandari ketiganya.

“Setelah kita panggil sebagaitersangka, mereka langsungkita tahan,” kata Agus. Menu-rut Agus, ketiganya saat inidititipkan di tahanan PoltabesJambi. Ketiganya terlibatdalam menyediakan kontrak

kerja dengan pihak IPB. Selainitu, menyediakan dan menga-ntarkan para pelaku pembaka-ran ke lokasi pembakaran.

Peristiwa itu bermula darilaporan Amirudin ke PoldaJambi, Rabu (25/3). Laporanmenyebut ada orang telahmelakukan perusakan campmiliknya sekitar pukul 22.00WIB. Peristiwa itu terjadi diareal milik PT Kirana Saker-nan, Km 73, Jalan Lintas Timur,Muarojambi.

Mendapat laporan itu, polisilangsung menuju ke lokasi ke-jadian. Di sana didapati camptelah rusak dan dibakar. Polisilalu melakukan penyelidikan.Hasilnya, sekitar pukul 23.00WIB, polisi berhasil mengam-ankan 14 orang. Kemudiandari hasil pengembangan, poli-si menangkap Tedi Sarmidi diJalan Raden Wijaya, RT 24,Kelurahan Thehok, Kecama-tan Jambi Selatan, 26 Maretpukul 02.00 WIB.

Semua kemudian diamankanke Polda Jambi. Setelah di-lakukan pemeriksaan, awalnyapolisi hanya menetapkan sepu-luh tersangka. Namun sekitarpukul 17.00 WIB, jumlahnyabertambah satu menjadi se-belas, yakni Nazaruddin .Polisi juga menyita barangbukti berupa 3 handphone, 6parang, 1 tombak, dan 1 sepe-da motor. (rib)

JAMBI – Meninggalkan ba-rang berharga jangan di sem-barang tempat. Meski diting-gal sebentar untuk memperbai-ki mobil di bengkel, uang Ju-lius (39) sebanyak Rp 55 jutaraib. Itu terjadi pada Rabu (13/5) pukul 13.00 WIB.

Pada saat kejadian, Juliusyang sehari-hari bekerja se-bagai pimpro PT ASN yangtinggal di Desa Lubuk Napal,Kecamatan Pauh, Sarolangun,itu pergi ke bengkel milikPasaribu. Julius ingin memper-baiki dinamo cas listrik untukmobil Ford Ranger BK 8070BO yang dikendarainya.

Tiba di bengkel itu, Juliuspun memarkir mobilnya didepan bengkel tersebut. Taklama kemudian, saat dinamomobilnya diperbaiki, tiba-tibaterdengar suara sangat kerasseperti suara tabrakan.

Seketika itu juga korban me-lihat mobilnya. Alangkah ka-

get Julius ketika melihat mo-bilnya. Pintu sebelah kiri mo-bilnya sudah dalam keadaanterbuka dan rusak. Julius lan-tas teringat dirinya menyim-pan uang di dalam mobil.

Begitu diperiksa, uang tunaisebesar Rp 55 juta yang dile-takkan di dalam mobil ternya-ta sudah lenyap. Diduga uangtersebut diambil maling mela-lui pintu kiri mobilnya. Juliuspun melaporkan hal itu kepolisi untuk diproses.

Kabid Humas Polda JambiAjun Komisaris Besar PolisiSyamsudin Lubis ketika di-konfirmasi membenarkan ke-jadian itu. “Kita sudah me-nerima laporannya dari PolresSarolangun,” kata Syamsudindi ruangannya. Menurutnya,kasus itu sedang ditanganiPolres Sarolangun untuk men-cari tahu sang pelaku. “Pelakumasih dalam penyelidikan,”katanya.(rib)

Identitas Pencuri Ternak DiketahuiMUARATEBO – Perburuan sin-

dikat pencuri ternak di KabupatenTebo terus dilakukan Polres Tebo. Parapelaku identitasnya sudah diketahuimelalui pelaku lain yang sudah ber-hasil dibekuk polisi.

Hasil kerjasama Polres Tebo denganPolda Jambi hingga saat ini juga be-lum membuahkan hasil. Penadahyang diduga berada di Jambi hinggasaat ini belum juga terungkap. Soalkerjasama dengan Polda ini diakuiKapolres Tebo, AKBP Franky Harian-to Parapat melalui Kasat Reskrim AKPHerman Suriono.

“Identitasnya pelaku sudah dike-tahui dari tersangka lain yang ter-tangkap,” ujarnya. Menurut Hermandari pengakuan pelaku yang ter-

tangkap beberapa waktu lalu hasilcurian ternak tersebut didistribusikanke sejumlah penadah di Jambi.

Seperti diberitakan, setelah hampirtiga bulan melakukan penyidikan,jajaran tim buser Polres Tebo berhasilmengungkap sindikat pencurian ratu-san ternak kerbau dan sapi yang ma-rak terjadi di Kabupaten Tebo.

Senin (27/4) dini hari sekitar pukul05.00 WIB dua tersangka yakni Gepengwarga Tebo Tengah dan Mukti Sulisty-ono warga Rimbo Bujang, Unit V ber-hasil diringkus. Selain itu polisi jugaberhasil mengamankan BB sebuah mo-bil Avanza warna silver BH 1343 LM.

Berdasarkan hasil pemeriksaan se-mentara, kedua tersangka mengakusedikitnya telah melakukan pencuri-

an ternak dibeberapa tempat, sepertidi daerah Puntikalo Kecamatan Su-may, Tebo Tengah dan Sungai Bengkal.

Dari keterangan tersangka, modusoperandi pencurian ini adalah denganmeracun ternak kerbau ataupun sapidengan racun teodan. Kemudian, den-gan menggunakan mobil yang disewasebelumnya, para tersangka berkelilingmengambil ternak yang mati diracun.

Sapi atau kerbau tersebut kemudiandipotong-potong, isi perutnya di-buang untuk kemudian diangkutmenggunakan mobil.

Diketahui para pelaku sedikitnyaberjumlah 13 orang. Daging ternakhasil curian itu dijual ke sejumlahpenadah di Jambi dengan harga Rp50 ribu perkilo. (san)

ISTIMEWA/JAMBI INDEPENDENT

DIBURU Polisi berhasil mengamankan BB sebuah mobil Avanza warna silver BH 1343 LM.

Page 8: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Macheda

Jambi Independent Minggu, 17 MEi 2009

Dipanggil Azzurri JuniorKABAR bahagia ikut diterima Man­

chester United dari striker muda mereka, Federico Macheda. Yakni dipanggilnya Macheda dalam daftar 40 pemain Timnas Italia U­21 proyeksi putaran final Piala Eropa U­21 di Swedia dari 15 hingga 29 Juni nanti. Macheda yang masih berusia 17 tahun itu dilirik pelatih Azzurri junior (julukan Italia U­21) karena penampilan­

nya bersama United belakangan ini. Nama Macheda mendadak terkenal setelah mencetak gol kemenangan United saat men­galahkan Aston Villa 3­2 di Old Trafford pada 5 April lalu. Laga itu adalah debut Macheda bersama Setan Merah. Tak berhenti di situ. Eks penyerang Lazio junior itu kembali mencetak gol kemenangan United ke gawang Sunderland di Stadium of Light sepekan kemudian (11/5). (jpnn)

08 n HalaMan

�������������inter milan siena

Telat Semenit, Enam Pemain Didenda

BEginilAh secuil gambaran betapa disip­linnya pelatih Josep Guardiola dalam melatih skuadnya. Tak heran jika Barcelona bisa se­tangguh saat ini.

Kemarin, enam pemain dikenai denda karena semenit saja datang terlambat di tempat latihan. Untuk kesalahan sepele itu enam pemain tersebut masing­masing dikenai denda 500 Euro atau sekitar Rp 7 juta.

Guardiola juga tak pandang bulu dalam men­jatuhkan hukuman,. Sebab mereka yang datang terlambat itu adalah para pemain pilar yang selama ini menjadi andalan Barcelona. Mer­eka adalah Lionel Messi, Xavi Henandez, Dani Alves, Samuel Eto’o, Yaya Toure, dan Eidur Gudjohnsen.

Harian Marca melansir bahwa enam pemain datang telat dengan diawasi Guardiola yang berdiri sambil melihat jam tangannya. Sebetul­nya, keenam pemain itu telat juga bukan karena urusan pribadi. Melainkan urusan klub. Yaitu melakukan tes urine untuk kepentingan UEFA. Tapi Guardiola tidak mau tahu karena pemain lainnya yang juga mengikuti tes sudah datang di tempat latihan. Guardiola memang dikenal san­gat disiplin dan taat pada aturan serta tidak kenal kompromi pada siapapun. Apalagi menjelang akhir kompetisi, aturan semakin ketat dan harus dipatuhi. (jpnn)

Dua Klub Milan Berebut Drogba

intEr Milan punya motivasi berlipat jelang bertarung kontra Siena, karena ingin merayakan scudetto di markasnya, Giuseppe Meazza. Daya gempur mereka kian tajam dengan kembalinya Zlatan Ibrahimovic dari sanksi akumulasi kartu kuning. (jpnn)

ASIAN HANDICAP

Di ataS KErtaSPESTA perayaan scudetto ke­17 bisa

digelar Inter Milan di Giuseppe Meazza, dini hari nanti. Bahkan, sebelum mereka bentrok dengan Siena pada giornata (pe­kan) ke­36. (Siaran Langsung Trans7, Pukul 01.30 WIB).

Ya, jika pesaing terdekatnya, AC Milan yang tertinggal tujuh angka kalah dari Udinese di Friuli, dini hari tadi, maka Inter telah dipastikan mengunci gelar. Sebab, Inter unggul tujuh angka dan Milan ting­

gal menyisakan dua laga.Namun, tidak tepat jika Inter menggan­

tungkan harapan pada kekalahan Milan. Penyebabnya, Rossoneri (julukan Milan) sedang berada dalam periode terbaiknya sepanjang musim ini. Inter harus menen­tukan nasib sendiri.

“Bukan kebanggan jika menggan­tungkan harapan kepada hasil tim lain. Sekalipun sejujurnya kami tidak berada pada periode terbaik, kalah sekali, tiga

gelandang Inter.Di sisi lain, Siena sudah tidak lagi

memiliki ambisi besar lantaran tidak mungkin mengejar zona Eropa dan sudah aman dari ancaman degradasi. Mereka sudah terpaut 13 angka dari zona degradasi saat Serie A meny­

isakan dua laga.“Kami sudah tidak lagi te­

rancam degradasi pada musim ini. Sekarang, kami hanya ingin mengakhiri musim ini

dengan hasil yang bagus,” ung­kap Marco Giampaolo, pelatih Siena, seperti diwartakan AFP.

Dia menyadari, akan sulit untuk membendung Javier Zanetti dkk di Giuseppe Meazza, dini hari nanti. Apalagi, dengan motivasi yang berlipat untuk merengkuh scudetto keempat kali beruntun sejak skandal calciopoli mengguncang Italia.

Apalagi, Mourinho sudah bisa menurunkan striker andalannya Zlatan Ibrahimovic yang absen pekan lalu akibat sanksi akumulasi kartu kuning. Ibra (julukan Ibrahi­movic) kemungkinan besar akan ditandemkan dengan Maro Balotelli atau Hernan Crespo. (jpnn)

kali seri, serta hanya sekali menang, dalam beberapa laga terakhir,” kata Jose Mourinho, pelatih Inter kepada ESPNsoccernet.

“Akibat kehilangan beberapa pe­main karena cedera dan sanksi, tim saya tidak bisa bermain selayaknya yang biasa mereka mainkan. Tapi, kami su d a h s a n ­gat dekat dengan target dan butuh kemenangan l a w a n S i e n a , ” l a n j u t M o u r i n h o . Ta p i , I n t e r t idak per lu khawat i r, ka lau­pun Mi lan menang d i F r iu l i a tas Udinese , mereka mas ih bisa memastikan pesta. Tapi, dengan catatan mereka mampu merebut kemenangan atas Si­ena. Berdasarkan rekor bentrok kedua tim, Inter mendominasi kemenangan.

“Kami akan memberikan se­g a l a n y a s a a t m e l a w a n S i e ­n a s a n m e l a k u k a n a p a y a n g kami mampu untuk mengakhiri ketidakpastian ini . J ika kami menang, maka kami akan ber­pesta di lapangan bersama seluruh fans,” bilang Sulley Ali Muntari,

Josep Guardiola

BUKAn sekali Didier Drogba dikait­kaitkan dengan kepindahan ke Inter Milan. Rumor itu terus berembus karena kedekatan striker Chelsea asal Pantai Ga­ding itu tersebut dengan allenatore (pelatih) Inter Milan Jose Mourinho.

Belakangan, Drogba tidak hanya dikait­kan dengan Nerazzurri (julukan Inter), tapi dia juga menjadi incaran tetangganya, AC Milan. Drogba diyakini bakal ber­gabung dengan salah satu klub dari Kota Milan itu musim depan.

Surat kabar ternama Italia Il Corriere Dello Sport melansir, Issa Traore, agen Drogba, pekan ini berada di Kota Milan. Sang agen juga sempat melakukan pem­bicaraan dengan direktur dari Nerazzurri maupun Rossoneri.

Karena itu kendati Drogba punya hubungan spesial dengan The Special One (begitu Mourinho menyebut dirinya), tetap saja Inter tidak mudah mendapatkan Drogba. Apalagi, selain tetangganya, Drogba juga diincar klub lainnya.

Bahkan, beberapa surat kabar di Inggris

berani mengklaim bahwa Manchester City siap menggelontorkan dana sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 212 miliar. Klub asal Prancis Olympique Mar­seil le juga siap menawar dengan harga yang sama. Tapi, Nerazzurri selangkah lebih maju. Kendati sama­sama belum mengajukan tawaran se­cara resmi, beredar kabar pekan lalu, Drogba terlihat mendatangi Milan dan bertemu dengan Javier Zanetti dkk. Tentu saja dengan Mourinho juga.

Berdasarkan kabar yang diwartakan Channel4, Drogba disiapkan sebagai alternatif jika Zlatan Ibrahimovic angkat kaki. Apalagi, striker asal Swedia itu pernah menyatakan ingin mencari pe­ngalaman baru di Liga Primera Spanyol.

Selain Drogba, tim milik Massimo Moratti itu juga mengincar striker Genoa asal Argentina Diego Milito. Namun, bagi Mourinho, Drogba tetap dinilai sebagai sosok yang te­pat untuk menggnantikan posisi Ibra (sapaan Ibrahimovic). (jpnn)

Didier Drogba

BerpestaPesta perayaan scudetto ke-17 bisa

digelar inter Milan di giuseppe Meazza dini hari nanti. itu jika mereka bisa

menang atas Siena.

Page 9: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent minggu, 17 mei 2009

perhotelan (15) Griya (19) reFreShinG (13)

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Hotel Kian Bersaing Ketat Di Kota Jambi terdapat sejumlah hotel-hotel berbintang, sebut saja Abadi Suite, Hotel Abadi, Novotel, Ratu Hotel, Grand

Hotel, Royal Hotel, dan Hotel Cosmo.

Padukan Relief dan Aneka Bunga

tiDaK mesti dengan barang mewah, cukup dengan pemasangan perabot

dengan perpaduan yang pas.

Nikmati Makanan Sambil Mancing

Saung Kuring merupakan salah satu tempat yang menyediakan suasana

alami yang nyaman bagi pengunjung.

��������

Matahari1. Sepatu dan sandal pria JIM Joker diskon 50+20 %. harga diMulai

darirp.139.000–rp.849.000.2. Sepatu kelme dan adidas diskon 40 persen, harga untuk

sepatu ini,Mulaidarirp.96.000–rp.499.000.

3. Celana jeans Mobil Power Girls diberikan hargaspecialyaknirp.49.000.4. Jean wrangler diskon50%hargaMulairp.229.

900–rp.269.000.5. Pakaian remaja putra Hassenda diskon 50 %, harga Mulai dari

54.000–rp.231.900.6. Batik Karunia diskon50+20%.hargaMulaidari

99.900–rp.329.000.7. Pakaian anak Nick Nock diskon50+20%hargaMulaidari

rp.49.900–169.900.8. Pakaian anak Little M hargaspecialrp.15.900.9. Pakaian anak JSP Baby dan Kids diskon20+30%hargaMulaidari

rp.49.900.10. Under wear Tulip diskon50persenhargarp.15.900

–170.000.

Warga Ramaikan Jambi Bertabur Diskon

Grand Final Audisi Presenter JTV Meriah

JamBi Bertabur Diskon (JBD) yang diselenggarakan Dinas Perin-dustrian dan Perdagangan (Disperin-dag) Provinsi Jambi kembali dibuka. Acara pembukaan diselenggarakan di halaman Museum Negeri Jambi, ke-marin (16/5) pukul 16.00 WIB, dibuka oleh gubernur Jambi yang diwakili Sekda Provinsi Jambi AM Firdaus.

Dalam sambutannya, Sekda me-ngatakan, pemerintah sangat men-dukung kegiatan JBD. Kegiatan itu bisa meningkatkan perputaran eko-

nomi serta menumbuhkembangkan kecintaan terhadap produk dalam negeri. “Event ini untuk memperke-nalkan kepada masyarakat luas tentang produk lokal,” ujarnya.

Menurut Kadisperindag Hasan Basri, ada beberapa kegiatan yang dilakukan Disperindag dalam memeriah-kan JBD. Pertama, pencanangan bulan diskon yang telah dimulai dari 1 Mei. “Kita telah mengimbau seluruh pelaku usaha untuk memberikan diskon kepada

masyarakat Jambi,” katanya. Kegiatan berikutnya yang telah

dilakukan Disperindag adalah me-masang spanduk-spanduk berisi im-bauan agar masyarakat menggunakan produk dalam negeri serta ikut berperan serta dalam menyukseskan acara JBD dan juga ulang tahun Kota Jambi serta ulang tahun Dewan Kerajinan Nasional. Acara berikutnya adalah pameran dan ba-zar yang dimulai hari ini. “Kita siapkan 60 stan untuk kegiatan bazar dan

pameran,” ujar Hasan.Ditambahkan, saat acara JBD,

panitia akan menjual sembako den-gan harga murah. Sembako antara lain minyak goreng, telur, mi instant, dan lainnya.

Sedangkan peserta bazar dan pameran selain kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, juga provinsi lain. Seperti dari Surabaya memamerkan batik dari Pekalongan, kemudian dari Jakarta menjual pakaian jadi,

dari Sumatera Barat yang menjual kain bordir, NTB menjual mutiara asal NTB.

Berdasarkan pantauan Jambi Independent, ratusan orang sudah memadati halaman dan auditorium Museum Negeri Jambi. Tidak sedikit di antara mereka tertarik dengan ba-rang yang dipajang di bazar. Namun yang paling heboh dan paling banyak dikunjungi nadalah stan sembako murah.(cr01)

Grand final ataupun puncak acara audisi Presenter Jambi TV (JTV) 2009 digelar kemarin (16/5) . Se te lah melewat i beberapa tahapan tes, para juri menentukan para finalis. Acara dihelat di halaman Graha Pena Jambi Indepen-dent, Jalan Jenderal Sudir-man No 100 , Ke lu rahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan.

Sebanyak 30 finalis hadir lebih awal sebelum acara d i m u l a i . A c a r a d i g e l a r pukul 13.00 sampai 18.00 WIB dan ditayangkan lang-sung oleh Jambi TV.

Sebelum acara dibuka, be-berapa grup band lokal ha-dir menghibur penonton. Hingar-bingar memeriahkan acara itu. Ditambah lagi pa-nitia mendatangkan dancer dari SMA favori t di kota Jambi, menambah kemeri-ahan acara.

Pada saat audisi, peserta menampilkan kemampuan satu per satu. Bak presenter profesional, mereka mem-bawakan acara sesuai bagian mereka masing-masing. “Ada dua kategori presenter, yaitu hiburan dan berita,” ujar Rahmi,

ketua panitia.Sementara dari 30 finalis, akan

dipilih 12 pemenang, yaitu 9 presenter berita dan 3 presenter hiburan. “Mereka yang terpilih nanti akan dikontrak oleh Jambi TV selama enam bulan,” kata dia.

Dilanjutkan, tiga dewan juri yang memberikan penilaian pada acara itu adalah GM Jambi TV Dulpiah, Wakil GM Sa-

man, dan Pemimpin Redaksi Jambi TV Mutadi Putra. “Setiap penampilan finalis akan dinilai oleh dewan juri,” ujar rahmi.

Berdasarkan pantauan Jambi Independent, peserta begitu bersemangat mengikuti audisi. Sebelum dipangil ke pen-tas, mereka terlihat mem-praktikkan acara yang akan mereka bawakan saat audisi. “Sedikit deg-degan, apalagi

saya akan tampil pertama,” ujar Dina Fatrian, seorang finalis.

Menurut Dina, mengikuti audisi adalah upaya mening-katkan kemampuan yang di-miliki. Selain itu untuk me-numbuhkan keberanian dan untuk menguji nyali. “Soal menang atau kalah, bukan hal utama, tapi saya tetap berusaha dengan sebaik-baiknya,” kata Dina.(cr01)

am Firdaus

Hasan Basri

alDino/JamBi inDepenDent

WiRa/JamBi inDepenDent

area lokasi yang dijadikan sebagai tempat Jambi Bertabur Diskon Stan penjualan mutiara lombok, di Jambi Bertabur Diskon (JBD)

Page 10: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

08 00 Big BoutiqueIn The City

08 30 I Gosip Pagi09 30 Animal Nightmare10 30 Prestines Kidz Show11 00 Nikki Bikers12 00 I Gosip Siang12 30 Si Bolang13 00 Si Unyil13 30 One Stop Football14 00 Galeri Sepak Bola14 30 Sanyo Dealer

Gathering15 00 FastMax15 30 6 Trial Game

Motocross16 00 Mancing Mania17 00 Theater Spesial19 00 MotoGP Awards20 45 Liga Italia23 00 Saksi Hidup

Hari Pahlawan

07 00 Tom & Jerry08 30 Dora Emon08 30 Crayon Sin-Chan09 00 Mulan11 00 Silet12 30 Sergap13 00 Dasyat

SpesialMinggu

15 30 PenyegaranRohaniKristen

16 00 Kabar Kabari16 30 Katakan Cinta17 30 Aqsa dan Madina19 00 Cerita SMA20 00 Khanza21 30 Yasmin22 30 Box Office Movie

War of the World00 00 Delik01 00 Liga-live

07 00 Insert Pagi07 30 Cerita Anak08 00 Sahabat Khatulistiwa08 30 Good Morning09 30 Mr Bean10 30 Griya Unik11 00 Insert11 45 Jelang Siang12 30 Ceriwis13 30 Pesona Indonesia15 00 Penting Banget16 00 John Pantau16 30 Reportase Sore17 00 Insert Sore17 30 Jika Aku Menjadi18 15 Termehek-mehek19 00 Happy Family

Me vs Mom20 00 Prime Time!21 00 Musik Spesial22 30 Bioiskop

Trans TV

07 00 The Land Before Time07 45 Simba The King Lion08 30 Popeye Original09 30 Kuis Bintang

Pintar Ultra 210 00 Espresso Weekend11 00 Pacar Usil11 30 Topik Siang13 00 Hubungan

Tanpa Status13 30 My Special Date14 00 World Kick-Off14 30 Demian

Sang Ilusionis17 00 Topik Petang17 30 Hari Yang Aneh18 00 Pacar Usil

Selebriti18 30 Kena Deh20 00 Cagur Naik Bajaj21 00 Tawa Sutra XL22 00 Star Movies

07 30 Cookies10 00 Hip Hip Hura!11 00 Hot Shot11 30 Buser Minggu12 00 Liputan 6 Siang12 30 Usaha Anda12 34 Sigi 30 Menit13 00 Gala Keluarga15 30 Cinta Lama

Bersemi Kembali16 30 Investigasi

Kasak Kusuk17 00 Playboy Kabel17 30 Liputan 6 Petang18 00 Cinta Jangan

Marah19 00 Melati Untuk

Marvel20 00 Karissa21 00 Gala Sinema

Spesial23 00 Aviator

07 30 Fairly Odd Parents08 00 Transformers08 30 Dancouga Nova10 30 MTV Ampuh12 00 SineTV

Motorku Antik,Cewekku Cantik

13 30 Cari-Cari Pacar14 00 Garasi14 30 Masak Yuk16 00 Sentuhan Kasih

Khatolik16 30 Berita Global17 00 Big Movies

Super BabbiesBabbies Genuises II

19 00 Abdel & TemonBukan Superstar

20 00 Grand FinalPop MieCheerleadance

21 30 Big Movie

*ACARA TELEVISI SUATU WAKTU DAPAT BERUBAH TANPA PEMBERITAHUAN DARI PIHAK TVC A T A T A N:

06:00 Selamat PagiNusantara

07:00 Sinegolek07:30 Varia Anak08:00 Silang Presiden

Harteknas10:00 Berita Nusantara11:00 Untukmu Ibu

Indonesia12:00 Berita Siang13:00 Dialog

InformasiSeputarParlemen

14:00 PerempuanBerkarya

15:00 Bahasa Indonesia17:00 Fisika Itu Mudah18:00 Ormas

Kebangsaan19:00 Berita Nasional22:30 Indonesia Bisa

07 00 Pokemon08 00 Detective

Conan08 30 Ryukendo09 00 Dragon Ball10 00 Naruto

Shippuuden11 00 Bleach12 00 Ben 1012 30 Fokus Siang13 00 Layar Indonesia

Mawar Tak Berduri15 00 Sinema Keluarga

Lutung Sakti17 00 Tasbih

Cinta18 00 Muslimah19 00 Jihan20 00 Sinema Utama

Maaf untuk Mama00 00 Seven

Swordsman

07 05 IndonesiaThis Morning

07 30 MetroXin Wen

09 05 e Lifestyle09 30 Agung Sedayu

Group10 05 Oprah Winfrey

Show12 05 Metro Siang12 30 Archipelago13 05 12 PAS17 05 Showbiz

on Location18 05 Metro

Hari Ini18 30 Metro

This Week23 05 Metro

Sports23 30 Metro

Malam

07 00 BimbinganRohani

07 30 Layar Asyik09 30 Ronaldowati10 30 Grebek Pasar11 30 Sidik Kasus12 00 Jendela

Wisata12 30 Go Show

Minggu13 00 Layar Asyik-115 00 Layar Asyik16 30 Lintas - 517 00 Sinema Asyik19 00 Sinetron Asyik

Ta Aruf20 00 Sinema Asyik

Musikal21 30 Petualangan

Malam23 00 Sinema Pilihan24 00 Galaxy

06 30 Apa KabarIndonesia Pagi

08 30 Property AgungSedayu Group

09 00 HBO World BoxingJoe Calzaghe VSRoy Jones Jr

12 00 Kabar Siang12 45 A1 Grand Prix

China15 25 Copa Djisamsoe

Indonesia 2008PERSELA VS PSMP

17 30 Whacked Out Sport18 00 Kabar

Petang19 00 World Deadliest

Creatures20 00 Theater One Locust -

Day Of Destruction22 00 Bukan Rahasia23 00 Tatap Muka

Jambi IndependentInformasi Dunia Hiburan TerkiniMINGGU, 17 MEI 2009

Charlie ST 12 MembukaMisteri Lagu ‘Saat Terakhir'

Maia EstiantyTak Pernah Mati Gaya

Ussy Sulistiawaty Niat Golput

INILAH saat terakhirku me-lihat kamu. Jatuh air matakumenangis pilu. Hanya mampuucapkan. Selamat jalan kasih.

Masih ingat dong denganpenggalan lirik ini, aku mem-buatnya dua tahun lalu. Laguini paling special dari lagu-lagu yang telah aku buat sela-ma ini. Ya, lagu ini mengand-ung misteri, rasa sayang dankematian.

Berawal di tahun 2007, tele-pon genggamku berdering.Charlie: “Ini aku Bunga (se-but aja begitu maaf aku tidaksebut namanya) aku kenalkamu loh dulu sebelum kamuterkenal. Masih ingatkan?”Ah, aku berpikir sejenak, tapimemang aku tidak mengenalnama itu, suaranya pun cukupasing untukku. Namun ternya-ta obrolan pun terjadi, aku ber-pikir ini adalah fans ST 12.

Namun aku kaget ketika diabilang, “Aku sayang kamuCharlie”, ah, aneh, aku punakhirnya menutup pembicar-aan tentunya dengan baik dan

sopan. Memang tidak hari itusaja, hampir setiap hari akumendapat telepon seperti itu.Memang macam-macam per-lakuan fans, namun kita harusmenghadapinya. Charlie tidakmau sombong, karena Charlieawalnya dari orang susah.

Tapi kenapa, si Bunga inimalah mengganggu pi-kiranku. Bukan karena ber-pikiran yang negatif. Tapi darisuaranya, seperti ada masalahyang complicated (lengkap,red) dalam dirinya.

Namun tak bisa aku pungki-ri memang hanya satu yangpaling kusayang dalam hidup-ku. Ya, Regina, istriku yangselalu mendukungku dalamhidup. Regina yang bisa mem-buat Charlie bisa sepertisekarang ini.

Hampir setiap menit Bungamenelponku, aku tidak maumengangkat, namun dia begi-tu gigih, hingga akhirnya set-elah dua hari aku pun menga-ngkat telepon. Ah, lagi-lagidia mengungkapkan perasaan-

nya, ya, Bunga menceritakankalau dia selalu mengawasikuketika aku masih bermain dikafe-kafe Bandung.

Aku pun penasaran siapakahgadis Bandung ini? Hinggaakhirnya ada temanku yangmenceritakan kalau Bunga

adalah seorang pengusahayang memiliki beberapa peru-sahaan di Bandung. Umurnyamasih muda sekali, sekitar 26tahun.

Temanku cerita kalau diaingin sekal i ber temu de -ngan Charlie. Dia sangat in-

gin sekali mengenal lebihdekat sosok aku. Ah, akupun penasaran , h inggaakhirnya aku selalu mener-ima teleponnya. Aku ingintahu kenapa dia begitu kerasingin mengenal sosok Char-lie. (jpnn/Bersambung)

MENJELANG pemilihan presiden, artis UssySulistiawaty terang-terangan tidak akan memberi-kan hak suaranya, alias golput. Lho?

Dengan tegas Ussy ogah memilih salah satu daritiga pasangan capres yang ada. Menurutnya, tidakada pasangan yang membuat hatinya tergerakuntuk memilih.

“Nggak ketiga-tiganya. Gue bingung sih harusmelihatnya dari segi yang mana. Semuanyasama-sama menjanjikan perubahan. Tapi ng-gak tahu benar atau nggak,'' ujar Ussy, belumlama ini.

“Jadi gue mau golput aja deh ketimbang bin-gung,” sambung janda Yusuf Sugianto.

Ternyata keputusan golput ini diterapkan-nya pula dalam pemilihan legislatif.

Malas memikirkan urusan pesta demokrasi, Ussyhanya ingin fokus kepada karier musiknya. “Men-yanyi sudah jadi lahir batin. Aku memang kons-en di dunia ini,” jelasnya.

Kostum seksi pun kerap ia kenakan untukmendukung penampilan. Hal yang tidak per-nah Ussy lakukan dulu. Awalnya pelantunKlik ini mengaku risih mengenakan kostumterbuka seperti itu. (jpnn)

MAIA Estianty, dikenal takpernah '˜mati gaya''. Gaya ber-busananya kerap mencuri per-hatian pengemarnya. Meskimenyandang status ibu daritiga anak, Maia selalu ingintampil seperti remaja. Di set-iap penampilannya, Maia se-lalu Mix dan match pakaian-nya untuk mendapatkan pe-nampilan yang lebih baik.

Awal karirnya, wanita cantikkelahiran Surabaya ini tampilbersama Ratu dengan memakaigaya sexy dan girlie. Sejumlah Pi-lihan busana yang centil menjadiciri khas Maia dan partnernya,Pinkan Mambo. Seperti, stocking,tutu, korset dan sepatu detaildengan motif berbunga-bungamenjadi pilihannya kala itu.

Namun kini, metamorphosis

mantan istri pentolan dewa 19 initerus berubah. Pelantun lagu sangjuara terus membuktikan kemam-puannya untuk berani tampilfashionable di muka umum.

Bahkan, bertambahnya usiadan proses alami yang dih-adapinya. Tidak membuat dirin-ya takut untuk mengunakan busa-na yang beda dari wanita-wanitayang seumurnya. ''Aku kan ibu-ibu yang funky, '' terang wani-ta kelahiran Surabaya, 27 Jan-uari 1977 itu.

Diakui Maia, tidak ada yangbisa menghindari proses pen-uaan. Semua itu pasti terjadi seir-ing berjalannya waktu. Namun,jika kita bisa menampilkan se-suatu yang berbeda, bisa jadi,semua itu bisa menghilangkankesan tua. (jpnn)

MaiaEstianty

ST12

UssySulistiawaty

Page 11: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

MINGGU, 17 MEI 2009Jambi Independent

Efek Rentang Usia Anak yang JauhCiptakan Iri,Sulit Berbagi

SAUDARA memiliki arti penting didalam setiap keluarga. Selain menja-di sandaran, juga dapat dijadikantempat curahan hati bagi saudaralainnya. Jumlah saudara yang dimi-liki tiap keluarga berbeda, demikianpula halnya dengan karakter sertajarak usia antar saudara itu.

Lalu, bagaimana jika dalam sebuahkeluarga jarak usia antar saudara jauhsekali berbeda? Hal ini terkadangmenjadi permasalahan tersendiri bagihubungan antar saudara. Terlebihrentang usia yang terlampau jauhsekali. Keiasaan dikeluarga itu punberubah, sehingga membuat anak-anakmenghadapi dilema yang berbeda.

Seperti yang dialami oleh Robi (22),mahasiswa satu perguruan tingginegeri di Jambi, tadinya dia adalahanak satu-satunya di keluarganya.Namun, ketika dirinya menginjakusia 15 tahun, hadir seorang adik pe-rempuan di keluarganya. “Agak anehrasanya,” ujarnya mengisahkan.

Terlebih, kata Robi, dia saat initengah menginjak usia remaja. “Se-dang egois-egoisnya,” ungkapnya.Menurutnya ada perasaan cemburuketika orang tua lebih mengutama-kan sang adik yang baru saja lahir.

“Merasa sama sekali tidak diperha-tikan,” katanya. Namun, seiring ber-jalannya waktu, Robi mengaku adahikmah tersendiri dari itu semua. Iamengaku menjadi lebih dewasa darisebelumnya, “karena aku kemarin putrasatu-satunya, jadi agak manja,” katanya.

Demikian pula dengan yang diala-mi Maulana (23). Anak kedua 3 ber-saudara ini memiliki adik perempuansaat dirinya duduk di bangku SMPkelas 2. “Mana adik itu cewek lagi,”

UtamakanKebijaksanaan

SEMUA orang tua selalu berusaha memberikan kasih sayang yangutuh dan sama banyaknya untuk anak-anaknya. Berapun jumlah anakyang dimiliki. Namun, bagi sang anak, terkadang kasih sayang itucenderung berbeda antar satu dengan yang lainnya. Terlebih jika rentangusia antar saudara berbeda jauh.

Pada saat anak mengalami situasi yang seperti ini, orang tua tentunyadituntut untuk lebih bijak dalam menyikapi hal tersebut. Karena jikasang anak sudah menganggap orang tua telah melakukan pilih kasihterhadap kasih sayang yang diberikan, sepertinya memang agak sulituntuk menjalankannya.

Rosna (51), seorang ibu yang memiliki anak yang berbeda jarak usiayang cukup jauh antar satu dengan lainnya mengatakan, “awalnyamemang sulit,” katanya. Terlebih ketika sang adik lahir, kakak barusaja menginjak masa remaja.

“Persaan iri itu pasti ada, bahka mungkin lebih dari itu,” terangnya.Namun, sebagai orang tua sikap bijak perlu diambil, ketika mengh-adapi permasalahan tersebut. “Kakak-kakaknya yang lain juga dapatmembantu memberi pengertian,” kata ibu tiga orang anak ini.

Menurutnya, penerimaan status dari yang seharusnya menjadi anakpaling kecil yang biasanya selalu dimanja membuat mereka yang barusaja memiliki adik di usia remaja menjadi cemburu, “karena kagetdengan kebiasaan baru yang harus diterima,” katanya.

Sikap bijak juga diambi oleh Roni (52) kepada anak-anaknya. “Ter-utama dalam hal pendidikan,” katanya. Karena menurut Roni, kalauurusan kasih sayang, tentunya pasti diberikan tanpa ada kekurangansatu sama lainnya.

“Namun, kebutuhan pendidikan anak kan beda-beda, jadi harus lebihekstra dalam memberi pengertian,” katanya. Seperti ketika ia memberiperhatian lebih kepada anak yang tengah duduk di bangku kelas 3SMA, “yang masih SMP kelas 2 pasti cemburu, atau sebaliknya,” tan-dasnya. (lyn)

Dian Apriyatni

Tetap HarusMandiri

KKKKKAAAAATTTTTA PSIKA PSIKA PSIKA PSIKA PSIKOLOLOLOLOLOGOGOGOGOG

KETIKA seorang kakakmemiliki adik di usia remaja,atau terpautjarak usiayang jauh,m e m b u a tsag adiktadi menja-di lebihdiberi per-hatian yanglebih. Bah-kan terlaluprotect baikdari orang tuaataupun parakakaknya.

M e n u r u tp s i k o l o gDian Ap-riyatni, halitu dinilai tidak begitu baikdengan sikap tersebut. “Ituhanya membuat anak tidakdapat mandiri kedepannya,”katanya.

Dian mengatakan, orang tuasudah seharusnya memberi-kan perhatian yang sama dan

mengajarkan kemandirian.“agar sang anak juga memil-

iki tang-g u n g -jawab,” un-gkapnya.

Hal yangserupa jugaharus di-lakukan olehpara sau-d a r a n y a .“ K a r e n b at e r k a d a n gsaudara yanglebih tua leb-ih mengatursang adikd e n g a nkeras, initidak baik

untukkepribadiannya,” ter-angnya lagi.

Untuk itulah, kata Dian,orang tua dan kakak harusdapat melindungi anak danadik kecilnya, tanpa melupa-kan pendidikan secara mena-diri dan tanggungjawab.(lyn)

katanya yang di dalam keluarganyahanya ibu adalah satu-satunya pe-rempuan.

Maulana juga merasakan perasaansedikit iri, karena kehadiran sang

adik. “Soalnya dulu apa-apa biasadimanja, sekarang tidak lagi, agaksedikit bingung saja,” katanya. Sikapegois tidak dipungkiri Maulana, terk-adang hadir di dalam dirinya.

Namun, ia bersyukur memiliki or-ang tua yang memberikan pengertiankepadanya. “Dulu sempat tidak in-gin melihat adik sama sekali,” ujarMaulana yang kini mengaku selalu

siap untuk menjaga sang adikhingga kapanpun.

Soal pendidikan, menurut Maulanadan Robi, mungkin tidak bisa dilaku-kan sharing dengan sang adik yang

terpaut jauh usianya. “Tapi, benar-benar terasa menjadi kakak ketika dia(adik, red) minta diajarkan pelajaranyang tidak diketahuinya,” ujarnyaseraya tersenyum ramah. (lyn)

SULIT KOMUNIKASIAkibat usia antar saudara yang cukup jauh, komunikasi sering terpu-tus. Namun, dari aspek belajar mengajar, persaudaraan yang beda umurcukup jauh malah lebih baik. Foto: proses belajar mengajar.

AKRAB: Meski beda usia, namun tetap akrab. (foto diperankan model).

Page 12: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi IndependentMINGGU, 17 MEI 2009

Page 13: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent MINGGU, 17 MEI 2009

MenikmatiMakanansambilMancingDi Saung KuringRimbo Tengah

TAMAN pemancingan Saung Kuring merupakansalah satu tempat yang menyediakan suasana alamiyang nyaman bagi pengunjung. Saung Kuring yangterletak di Jalan Sultan Hasanuddin, Rimbo Tengah,sederetan dengan Kantor PU Muarabungo, memangagak masuk ke dalam lorong untuk sampai di lokasi.

Itu yang menjadikan Saung Kuring memiliki suasa-na tenang dan jauh dari kebisingan kendaraan bermo-tor. Hal itu menjadi salah satu faktor kenyamanan pen-gunjung untuk menikmati suasana alami dan santai dipemondokan yang disediakan di sekitar taman.

Suasana alami deretan pepohonan hijau nan asri, den-gan taman bunga menghiasi sekitar tempat makan. DiSaung Kuring disediakan 16 pondokan dari bahan kayudengan atap rumbia, 10 lesehan, serta 7 pondokan yangmenyediakan tempat makan dengan meja dan kursi sertasatu aula besar tempat memesan aneka makanan.

Saat memasuki Saung Kuring, mata pengunjungmenjadi segar karena keadaan tanah tidak rata. Itumenarik.

Makanan dan minuman yang dapat dinikmati disana cukup terjangkau. Resep menu makanan yangdapat dinikmati mulai hidangan khas Sunda danmenu seafood.

Pengunjung di Saung Kuring mulai dari remaja, ke-luarga, hingga perusahaan swasta atau pemerintah yangmengadakan acara makan atau hanya kumpul keluar-ga. Saung Kuring menjadi tempat kongkow remaja diMuarabungo.

Saat menuruni tangga hingga bagian bawah SaungKuring, pengunjung akan mendapati kolam ikan cuk-up luas, yang menjadi salah satu sudut yang ada ditempat makan tersebut. Jadi bagi Anda yang inginmenikmati aneka makanan dengan suasana alami, da-pat mengunjungi Saung Kuring.(dwy)

NUANSA ALAMI: Pondokan dengan latar belakang perbukitan ditambah indahnya tempat memancing, menjadikan SaungKuring layak dikunjungi.

FOTO-FOTO DWY SETIYOWATI

Page 14: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

MINGGU, 17 MEI 2009 Jambi Independent

Page 15: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent MINGGU, 17 MEI 2009

May 17, 2009

Peluang kerja Spanyol & Amerika utkpabrik, pengalengan ikan & bengkel kpl.Gj 1800 USD s/d 2000 USD, umur max.40 th, proses cpt, bisa potong gj. Hub.PT. BBM, 021-42874490/08561439919Ibu Sundari/Bp. Hardy. Bth sponsor.

JI0913 | 21-21/05

Jika anda llsn SMU/sederajat inginberkarir di dunia anak, ikuti pendidikansingkat calon guru TK/Playgroup. Ph.0741-7163636.

JI0913 | 16-16/06

Dibthkan sgra Koord. Therapyst wanita,usia max. 35 th, pengalaman min. 2 th.Lmrn ditujukan ke PO BOX 595 Jbi.

JI0913 | 05-17/05

DicarI pria, usia 18 s/d 30 th, berpenampilan menarik, tgp tgp pth. Lmrn antarke JI kode MAP PL. Cantumkan no HP.

JI0913 | 16-22/05

Supermarket Department Store bthwanita, brpnglman krja dbidang : 1.Promosi, 2. General Asisten Store Man-ager, 3. Supervisor, 4. Purchasing, 5.Marketing, 6. Visual Mrchandising.Dtmptkan di Jambi. Lmrn dkirim ke POBOX 88888.

JI0913 | 16-31/05

Dbthkn kary u/ posisi: Pengemudi, pria,min. 23 th, min SLTA, SIM B, ft copyijazah, KTP, pengalaman, pas foto, CV,plg lbt 5 hr stlh iklan ini ke PO BOX 40.

JI0913 | 12-18/05

Dibthkan karyawati, penampilan menarik,min. SMA. Lmrn antar langsung ke TB.Gloria Pasar Jambi.

JI0913 | 13-18/05

Dibthkn Akutansi/ Syrt: S1 Akuntansi,pria, menguasai komputer, berbdn sht,berklkn baik, bersedia dimutasikan keselrh cab, berpglmn, umur 30 th. Lmrnke PO BOX No. 10 JBI 360001.

JI0913 | 17-23/05

Prshn yg brgrk dbdg dstrbtr & aplktorkuda2 bj rgn, mmbthkn tng Acc & PngwsLpngn. Syrt: u/ acc; wnta, min. D3 Akt,u/ pngws lpngn; pria, min. SMU, pnykndrn sndr, mngrti bngunan. Krm cv &lmrn ke PT. Graha Citra Metalindo, al. Jl.Pattimura No. 34 Sipin, Jambi, dpnkuburan cina, plg lmbt 2 hr stlh ikln initrbt.

JI0913 | 13-18/05

Perush sdg berkmbg mmbk 3 ktr cab brdi Jbi mmbthkn Adm, Kasir, SPG, Sopir,Spv, Ass Mgr & Mgr Cab. Min. SMAsdrjt, diprioritas yg br lls, max. 28 th,tdk sdg kuliah/bekrja ditpt lain, pglmntdk diutmkn dan siap utk ditraining. Atrlmrn lsg ke PT. Dexpansindo Raya Jl.Sultan Agung No. 01 Simp. Pulai pukul10-15 WIB.

JI0913 | 10-12. 16-18/05

Resto Pempek Selamat yg hadir berbagai kota. Dicari sgr, SPV, Waiter/ss,Delivery. Syrt: brpnmpln menarik, minSMA/Sdrjt, W/P, wanita T/B 158/50, PriaT/B 165/60, usia 18-25 th, khsus Spvdiutmkn brpglmn dibid resto & hotel min1 th & dpt menguasai prgm Word & Excell,usia 22-27 th, khsus Delivery mengetahui daerah Jbi, SIM C. Krm lmrn plg lbt17 Mei ke Pempek Selamat Thehok.

JI0913 | 15-20/05

Sbh perush mmbthkn tenaga akunting &pembukuan pend. min D3, wanita, blmmenikah, menguasai Excell & Word &perush biro perjalanan mmbthkn tenagawanita usia max. 25 th, pend. SMK/SLTA,menguasai Excell & Word. Lmrnditujukan ke HM. Yamin No. 17 D Jambi.Ph. 667340.

JI0913 | 12-17/05

MARKETINGDibutuhkan Marketing P/W min SMA,max. usia 27 thn, punya mtr sendiri.Lamaran ditujukan ke Soilingen Jl.Hayam Wuruk No. 15 Jambi.

JI0913 | 16-22/05

Dbthkn Marketing pria, tmtn SMA, max.27 th, ulet, jujur, komunukatif, punyamotor sendiri. Lamaran diantar ke CV.Triguna d/a Perum Puri Mayang ClusterAnggrek Blok C No. 11.

JI0913 | 12-17/05

Dibthkn krywn utk Marketing, min. D1.Lmrn diantar ke Danamas Simpan PinjamJl. Hayam Wuruk No. 28 C Jelutung.

JI0913 | 14-20/05

JAKARTADicari Stokist fashion tanpa resiko profit& bonus sangat menguntungkan. SMSMama & Alamat lngkp atau hub ke081319606096.

JI0913 | 16-18/05

JAMBIMencari Bigar/Bigas Bambu. Hp. 0811609186.

JI0913 | 08-22/05

Dijual Sony VCD, 3 disc/ tape minicompo 2600 pmpo TV 14” Samsung.08136647 9702.

JI0913 | 13-18/05

Kami menyediakan perhiasan aslimutiara lombok di Jambi. Hub. Evis,085266131457/Isna, 085266918931.

JI0913 | 08-22/05

Anda ingin kaya!!! Selamat dunia akhirat.Kirimkan copy KTP + 3 lbr prangko kilatke Bpk. Mudiono Jl.Tekun Desa SukaDamai Kec. Tebing TInggi WKS anjabBarat Jambi.

JI0913 | 10-10/06

Kemuning Java menjual produk perawatan tubuh utk salon 7 spa. Tersedia sekarjagat, pembelian min 100 pcs. Hp. 081366106898.

JI0913 | 08-08/06

AGEN PEMASARANDicari segera agen pemasaran rokok Hy-Five “Rokok Kretek mini yang diminatitua/muda. Hub. CV. Aryanti Citra Haqiqi.Hp. 081949019999.

JI0913 | 14-19/05

ALAT BERATDirentalkan alat berat Buldozer D6G, thn2007. Hubungi, 0741-668250/0811749813.

JI0913 | 12-19/05

ALAT KARAOKEDijual seperangkat alat karaoke, 1.Speaker bmb 2 bh, 2. Ampli mixer bmb,3. Subwoffer, 4. Wireliess mix martinroland. Hp. 081274088883/7000085.

JI0913 | 17-23/05

BIRO JASABiro Jasa SIM, STNK, BPKB, Mutasi luardaerah, atr jemput. Hp. 081366466343.

JI0913 | 15-20/05

R U M A HDijual RUMAH di Villa Karya Mandiri 2tkt, 4 kt, 2 km, keramik & garasi. Lt. 150M2, bangunan cor, SHM, hrg 198 jt/nego.Hp. 081274304187.

JI0913 | 24-20/05

Dijual RUMAH T 70/120 Lok. PerdanaRaya (Paal V) hrg 175 jt nego. Hp.0811746736.

JI0913 | 01-20/05

Dijual RUMAH di Kosera luas tanah 18tbk, luas bangunan 300 M2, hrg 1 M/nego. Hub. Indra, 08192400902.

JI0913 | 13-18/05

Jual RUMAH 2 lantai, 4 kt, Jl. Haji Badar,hrga 200 jt nego. Hp. 081274971888.

JI0913 | 14-19/05

Dijual RUMAH 2 lt Kl. Nias Handil Jyluas tnh 5 tbk pgr keliling, h Rp. 550 jt/nego. Hp. 081366576965.

JI0913 | 29-21/05

Dijual RUMAH Jl. Citra SimpangPuskesmas Rt. 22 Kel. Kenali Atas Kec.Kotabaru. Hp. 081366528931.

JI0913 | 16-22/05

Dijual cpt!! RUMAH di Lrg. Siswa type125, ls tn 245 M2, Km td 3, km md 1, ltikrmk, dek gypsm, 200 jt nego. Hp.081326982571.

JI0913 | 16-22/05

Dijual/dikontrakkan RUMAH type 43renov di Puri Mayang Casablanca. Hp.081366641875.

JI0913 | 16-22/05

Dijual RUMAH di Perumahan TanjungPermata Blok K/5 15 mnt k bandra. Hub.Heru, 081366943737.

JI0913 | 03. 05. 07.09.11.13.15.17.19.21.23.25.27.29.31/05

Dijual RUMAH tropis mnmlis Jl. Ser. UDSyawal 86 (3 mnt dr bdr St. Thaha) Lt/Lb560/300 M2, 4 kt, 2 km, 2 kt pembantu+ 1 km, r. tamu, r. vt, r. sholat/baca, dpr+ kitchen set, gdg, garasi 2 mbl, su murbor, PLN 2200 kwh, hrg 700 jt. Hp.081532277700/08127418686.

JI0913 | 03. 05. 07.09.11.13.15.17.19.21.23.25.27.29.31/05

Djl cpt RUMAH di Perum Bambu KuningNo. 5 Jl. Mulawarman Kel. Tl. Banjar Rt.20/03. Peminat hub. 0741-20881.

JI0913 | 10-19/05

Dijual RUMAH lok. Griya Aur Duri IndahBlok D No. 364 type 36. Ph. 7140071,hrg 65 juta.

JI0913 | 00-00/00

Dijual RUMAH lok. simp. Pulai Rt. 27/08No. 21 Lt. 4 tbk, 4 kt, 2 km, pgr, harga290 jt/nego. Hp. 081274084807.

JI0913 | 08-08/06

Dijual RUMAH tnh 2 tbk atap genteng, 3kamar, lok. sebelah SMA, 180 jt ng. Hp.08127430336.

JI0913 | 14-19/05

Jl cpt RUMAH cck utk ktr/rmh di Jl.Pattimura No. 35 Lt. 300 M sdh siappakai. Fas. lkp, kmr 6, r ktr, garasi, hrg535 jt nego. Hp. 081378120666/08127480399.

JI0913 | 06-06/06

Dijual RUMAH di Perum Pesona MayangBlok H No. 5 type 36 jadi 90 lt 2 sdh dicor hrg 160 jt. Ph. 0741-7140071.

JI0913 | 00-00/00

Dijual RUMAH 4 tbk, 3 kt, 3 km + perabot,teralis, sumur (sanyo), PLN. Jl. KH. Ismail Malik Rt. 24 No. 39 Kel. MayangMangurai, hrg 225 jt. Hp. 081367716729.

JI0913 | 17-22/05

R U K ODijual RUKO 2 lantai Villa Kenali P BlokMI No. 21. Hp. 08127850877.

JI0913 | 14-19/05

ELECTRONICJual alat pemanggil walet canggih multimax. Ph. 021-70577500/08159123172.

JI0913 | 16-18. 22. 23/05

JARINGAN INTERNETJaringan i�net sedia peralatan pointing &hot spot, tower, antenna omni 10 db-grid 24 db, pig tail wireless lan 100 rb.Ph. 0741-7132488.

JI0913 | 16-22/05

KEHILANGANTelah hilang tercecer sebuah BPKB mobilBK 10 CA an. Litta Muniati Sihaloho dgno BPKB 8559929 di sekitar LebakBandung. Bagi yg menemukan haraphub. PT. Mitra Laksagrata Jl. M. YaminNo. 8-10 Lebak Bandung, 0741-22087akan diberikan imbalan sepantasnya.

JI0913 | 12-17/05

KURSUS B. JEPANGKursus Bhs Jepang ut pemula, tmp Japa-nese Food Goji. Hp. 085839335252.

JI0913 | 28-28/05

M-KIOS DREAM CELLKami hadirkan seusatu yg baru, utk andadi kota Jambi. M-Kios yg bisa utkmengisi Simpati, AS, IM3, Mentari, XL,Flexi, Esia, Three & Ceria...!!! Pendftrngratis. Hp. 085266060708/081274641234. Yg minat menjadi dealer dan subdealer hub. 085266252525.

JI0913 | 28-28/05

PELUANG BISNISUS Comb bth 5 org serius, part time/fulltime, income 3-10 jt/bln, utk IRT/Pegawai/Mhsw, Hp. 081274114746.

JI0913 | 14-19/05

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Fotuner, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0913 | 12-12/06

WIJAYA RENTAL. Taft Hi-Line, L-200 DC4x4, Kijang Kapsul, Panther Kapsul,Rocky. Harian, Mingguan, Bulanan. Ph.7041200/08127406668.

JI0913 | 15-15/06

CERIA AUTO. Menyewkan Jam2an,harian, mingguan, bulanan. ArmadaInnova, LGX, Xenia, Panther, APV. Hp.08127870 210/7048555/085266435778.

JI0913 | 18-18/05

SH RENTAL. Avanza, Xenia, LGX.Harian, Mingguan, Bulanan. Ph. 581706/085266116128.

JI0913 | 25-25/05

SAFIR RENTAL. Menyewakan Harian,Bulanan. Kjg Kapsul, Innova, L-200, DCRanger. Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0913 | 07-07/06

FAJAR RENTAL. Kijang Kapsul, Innova.Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0913 | 05-05/06

AMEL RENTAL. Sewakan Kijang LGX,Krista. Harian/Bulanan. Ph. 570502/65551/7006839/0816398939.

JI0913 | 05-05/06

AMANAH RENTAL. Disewakan KijangLGX, Luxio, Oddys sey. Rp. 250 rb (Hr,Mg, Bln). Tanpa sopir. Ph. 7134155/445662.

JI0913 | 23-23/05

RENO RENTAL. Kijang Innova, L200,DMAX, For Ranger, Ford Everest, StradaTriton. Ph. 0741-7119777.

JI0913 | 01-01/06

ADH RENTAL. Mywkn Kijang LGX, Innova. Harian, Bulanan. Ph. 0741-7048421/081366556045.

JI0913 | 23-23/05

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mingguan, Bulanan. Hp. 085266749975.

JI0913 | 23-23/05

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova,LGX. Harian, Bulanan. Hp. 081366383337/0741-7142213.

JI0913 | 12-25/05

SERVICEMAJU JAYA SERVICE. Mnrm pemasangan per baikan pemeliharaan AC baru/AC bekas, Kulkas, msn cuci, dll. Hp.081366356788/0741-7012343/081366000515.

JI0913 | 00-00/00

DAIHATSUTAHUN 2004

Dijual XENIA Li 2004 w. silver metalik.Hp. 081367784542.

JI0913 | 13-18/05

TAHUN 2008XENIA Xi Sporty 08 htm, ex. dokter.Hp. 081366520465/08117405535.

JI0913 | 12-25/05

H O N D ATAHUN 2004

Dijual Honda CRV manual th 04 plat B,silverstone. Ph. 0741-7150488/081366345555.

JI0913 | 10-23/05

Dijual Honda JAZZ Matic i-DSi 2004 &2006 V-TEC, w. hitam. Ph. 7043099.

JI0913 | 06-20/05

TAHUN 2005JAZZ 05 wrn hitam, tng I dr baru, simpanan, mulus. Ph. 7070055.

JI0913 | 15-20/05

NEW CRV 2.4 th 05 (2 unit). X-TRAILST th 04. AVANZA G th 08. JAZZ V-Techth 06. XENIA Xi VVTi th 06. KIJANGLGX Diesel th 01. GRANDMAX th 08.Hp. 081366299200/08127481871.

JI0913 | 16-22/05

TAHUN 2006Honda JAZZ i-DSi th 06. XENIA Xisporty th 05. KUDA SUPER EXCEED

Dsl th 00/01. BALENO th 97. PANTHERPU th 05. Hp. 08127411388/7003500.

JI0913 | 12-17/05

Honda JAZZ manual V-TEC, airbag,ABS, plat B th 06, hitam. 7150488/081366345555.

JI0913 | 10-23/05

TAHUN 2008Dijual NEW JAZZ silver green 08 s-matic. Ph. 7148687.

JI0913 | 16-22/05

HYUNDAITAHUN 1996

Djl Hyundai CAKRA/BM th 96 wrn sil-ver/htm mtlk 2 unt Jl. TP. Sriwijaya pgrdrum. Hp. 081539499908.

JI0913 | 16-24/05

TAHUN 2004Dijual mobil Hyundai ATOZ 04 biru, platBH. Hp. 081994447999.

JI0913 | 16-22/05

I S U Z UTAHUN 2001

Dijual Isuzu PANTHER L5-Higrade 2001,w. coklat muda metalik. Hp. 085213685713.

JI0913 | 13-18/05

K I ATAHUN 2002

Jual mobil KIA CARENS Matic th 2002.Hp. 085266577965.

JI0913 | 14-19/05

MITSUBISHITAHUN 1982

Jual Mitsubishi GALANT 82 body kaleng,pjk baru. Hp. 081366712288.

JI0913 | 12-17/05

TAHUN 1999/2000Dijual Mits GALANT HIU 99/00 tgn I, jokklt, hijau met, 82 jt. 081994363462.

JI0913 | 12-17/05

TAHUN 2000Mits KUDA Diesel th 00 wrn ungu met,mls. Hp. 081213568111.

JI0913 | 13-22/05

O P E LTAHUN 2005

Dijual BLAZER th 05 wrn htm, mulus,km rendah. Hp. 081366139236.

JI0913 | 16-22/05

S U Z U K ITAHUN 1996

Jl KATANA GX 96 ungu. GX 01 hitam.GX 02 merah 100% ors cat. Hp. 085222055568.

JI0913 | 14-19/05

TAHUN 2004Suzuki ESTEEM 1.3 th 94 orsnl, P. steer,DVD + sound system, 41,5 jt ng (TP).Hp. 081366688813.

JI0913 | 13-18/05

Jual ESCUDO 1.6 th 04 silver, BH asli,tgn I, mulus. Ph. 9703777.

JI0913 | 16-19/05

TAHUN 2005Jual Suzuki CARRY MB AC th 2005,biru, BH Jbi, hrg nego. Hp. 08127418680.

JI0913 | 13-18/05

TAHUN 2006Dijual ESCUDO th 2006 type 1.6 hitam,kondisi mulus, tape/CD/TV, hrg 140 jtnego. Hp. 085266184242.

JI0913 | 16-22/05

TOYOTATOYOTA 100% NEW ready stock, dealerresmi Toyota. Info, 0741-7004809.

JI0913 | 12-23/05

Dijual KIJANG KRISTA. PANTHERROYAL. FORD LASER 98. Hrg damai.Hp. 08127875873/081274927771.

JI0913 | 13-18/05

TAHUN 1978Jl HARDTOP th 78 tgn I, bensin, F2standar, BR, hrg nego. Hp. 081366217236/7092572.

JI0913 | 12-17/05

TAHUN 1990Dijual KIJANG th 90 AC/Tape/Plat B,hrg nego. Hp. 085266004696.

JI0913 | 14-19/05

Dijual Toyota STARLET th 1990 wrn biru,36 jt nego. Hp. 08127487673.

JI0913 | 15-20/05

TAHUN 1993Dijual mbl Toyota KIJANG th 93 akhirsdh modifikasi. Hp. 085266008992.

JI0913 | 16-22/05

TAHUN 1994Jual KIJANG GRAND 94 short Rp. 65jt. LGX 00 Rp. 112 jt. NO SMS. Ph.0741-7040434.

JI0913 | 17-23/05

Jual KIJANG pick up 94 BH, 42 jt. CARRYpick up 03 over kredit. Hp. 08127305330.

JI0913 | 16-22/05

Dijual sedan GREAT COROLLA th 94BH, nego. Hp. 085266185122.

JI0913 | 12-17/05

TAHUN 1995KIJANG GRAND 1.8 th 95 AC ND, PS,PW, TV, DVD, VR, abu2 met. Ph. 7087681.

JI0913 | 15-20/05

Dijual KIJANG GRAND th 95 abu2, AC,kondisi siap pakai. Ph. 0741-3009297.Harga nego.

JI0913 | 17-23/05

TAHUN 1997Jual KIJANG kapsul jantan solar long 97AC dbl, PW, BH, Rp. 75 jt nego. NOSMS. Hp. 085266544444.

JI0913 | 14-19/05

TAHUN 2002Jl KIJANG LGX 02 diesel BH, tgn I,sound system. Hp. 085722494666.

JI0913 | 14-19/05

TAHUN 2003Dijual cepat mobil KIJANG th 2003 dan95. Hp. 081366355108.

JI0913 | 14-19/05

TAHUN 2004Dijual KIJANG LGX 1.8 th 2004 w. hitam,mulus, terawat. Hp. 085266840108.

JI0913 | 13-18/05

Dijual KIJANG LGX 1.8 manual thn 04,wrn silver met, orisinil dan dijual AVANZA1.3 G manual th 07 wrn hitam met orisinil,harga nego. Hp. 081366585567.

JI0913 | 17-23/05

Dijual sedan VIOS GM/T th 04, 07 dan08. Ph. 0741-7005599.

JI0913 | 15-20/05

TAHUN 2005FORTUNER 2005 G silver, km msh 20rb, mulus, tgn I, hrg nego. 0741-711412/0812 74030093.

JI0913 | 05-20/05

KIJANG INNOVA tipe V th 05 plat B,hitam. 081366901122/08136645555.

JI0913 | 10-23/05

Dijual INNOVA G 05 wrn htm. ESCUDONOMADE 97 wrn silver, BH. Hp. 0811743800.

JI0913 | 13-22/05

Toyota AVANZA tipe G th 05 plat B, sil-ver, full accessories. 081366901122/081366345555.

JI0913 | 10-23/05

TAHUN 2007Dijual AVANZA 1.3 G VVTi th 07 w. sil-ver, mulus sekali, harga 133,5 jt. Ph.7107159.

JI0913 | 12-17/05

TAHUN 2008Dijual INNOVA G th 08 hitam, plat BH,mulus skl. Hp. 08192497777.

JI0913 | 16-22/05

TAHUN 2009NEW AVANZA G th 09 hitam, lkp, variasi,gres, mbl baru, hrg nego. Ph. 7029444.

JI0913 | 12-17/05

BUTUH MOBIL ???Ready!!! Xenia, Pick Up, MB, dll. DP 14jtaan, 5 th. Fitri, 081366166072/0741-7093833.

JI0913 | 17-27/05

DIJUAL ANGKOTDijual cepat BU angkot Simpang KawatCarry 1.5 th 04, pjk & KIR baru, 43 jt.Hp. 08123358382.

JI0913 | 08-18/05

DUMP TRUCKDump truck, chasis Toyota Dyna all type.Ph. 7048098/081366648828.

JI0913 | 16-15/06

MOTOR DIJUALOver kredit mtr BAJAJ 180 cc th 07, Rp.7,5 jt/nego. Sisa 15 bln. 081366002219.

JI0913 | 12-17/05

Mokas KAWASAKI berkualitas DP hny1 jt, TP Blitz, Zone ZX 130. Angs mulaidr 233.000 s/d 349.000. Hub. sgr DealerKawasaki Sipin (0741) 65704, Riszki(081274860565), Rini (08199453773).

JI0913 | 15-20/05

Obral cepat motor bekas termurah. Satuan & partai besar. Hub. 0741-7116664,085266414022. Khusus Bungo, Bangko.

JI0913 | 15-20/05

Yamaha JUPITER MX CW 135 cc 08,biru, 10 jt nego. Hp. 085276018499.

JI0913 | 14-19/05

Dijual 1 unit RUKO 3 lt, L 480 P 30 M,lok. Tl. Banjar & 3 unit RUKO 2 lt lok.Psr Baru. Ph. 0741-7550307.

JI0913 | 14-19/05

Dijual cepat RUKO 3 pintu, 3 lantai, sdhmenyatu blong cocok utk kantor,minimarket atau showroom. Lok. Simp.Lampu Merah Pasir Putih, dpn BengkelTrijaya. Hp. 087896973688.

JI0913 | 14-14/06

Dijual RUKO/TANAH untuk bikin kantor/gudang/rumah dll. Lok. Anda yg menentukan. Hub. CV. Agung Karya Utama.Ph. 7158003.

JI0913 | 30-30/05

T A N A HDijual TANAH + 16 tbk L + 50 M P + 32 Mlok. Jl. Tidore blkg kanan Global School,samp. Yoehaz Advertising, dpn BengkelAlam Kbn. Handil, hrg 50 jt/tbk, nego.Hp. 081366878888.

JI0913 | 12-19/05

Ada jl cpt TANAH 12 tbk Transito SPN/PTMRA, strategis cck & ok. Hp. 081366567099.

JI0913 | 14-19/05

Dijual TANAH lt + 2300 M2, lok. strategis,pinggir jalan dkt lampu merah Km. 5 Kt.Baru. Hp. 0811720744. Hrg nego.

JI0913 | 15-04/06

Jual TANAH 2 Ha dekat lap. golf simpangantar Jl. A. Thalib & Jl. Julius Usman.Hp. 0817626602/0811855925.

JI0913 | 15-20/05

DISEWAKANDikontrak Perum Teguh Permai LimaBlok F7 Pasir Putih Jbi Selatan. Ph.7554808.

JI0913 | 13-18/05

Disewakan RUMAH 5KT, 3KM, 3Gdg,Hal ls, dpn/blg trali, pgr kel, garasi, smrbor, tel, PLN, cocok u/ ktr/mess, lok.palmrh lm, Hp. 081366786747.

JI0913 | 04-17/05

Disewakan 1 RUKO 3 lt, dpn Psr Buah.Ph. 7150133/7108179.

JI0913 | 18-23/05

Disewakan RUMAH beserta isi lkp, 2 kt,1 km, garasi 2 mbl, PDAM, PLN, Komp.Teguh Permai 4 Blok E 8. 081366904666.

JI0913 | 07-21/05

KEBUN KARETDijual KEBUN KARET luas 6 Ha diSungai Bertam. Hp. 081318911549/081366226801.

JI0913 | 03-03/06

LELANG RUMAHLelang rmh tinggal 3 pintu d Paal MerahRp. 95 jt/unt bisa kredit. Ph. 7134155/08175110888.

JI0913 | 16-22/05

PENGASUH ANAKDibuthkan wanita, 16-26 th pengasuhanak umur 3 th, gaji ³ 600 rb/bln. Ph.0741-445340.

JI0913 | 15-20/05

SALESDibthkan Sales SIM C, SPV, pglmn 2 thdistributor. Lmrn ke Jl. Lombok No. 7Kebon Handil Jambi.

JI0913 | 13-20/05

Dibutuhkan Sales fas. gaji, u. makan,minyak + bonus. Lmrn ke Dream CellSimp. DB 4 Kobar dpn Kedai Espero.

JI0913 | 13-18/05

SALES MARKETINGCV 168 Movie (Rental DVD Original)membutuhkan segera!! Sales Market-ing. Syarat: minimal ijazah SMP, SMA,punya SIM & Motor sendiri, gaji memuaskan. Hub. sgr 0741-64388/081366605555.

JI0913 | 15-20/05

SALES REPRESENTATIVEPerush procipal rokok mmbthkan, 1.Sales Representative, P/W. P max. 30th & SPG wanita max. 25 th, 3. SalesKoordinator max 35 th. Lmrn ditujukanke PT. Wicaksana OI Jl. Sentot AlibasaNo. 40. Ph. 0741-571449/570608.

JI0913 | 16-22/05

SALESMANDcr Salesman aneka kue syrt: SIM C,mnguasai wil Jmb, kndraan mtor sndri.Hp. 081366651855.

JI0913 | 13-18/05

SOPIRDbthkn krywn u/ posisi : Sopir (min 21th), Helper (max. 28 th) utk distributorsnack. Lmrn ditujukan ke PO BOX 6868JBI.

JI0913 | 16-24/05

SURVEYORDbthkn Surveyor. Syrt: laki2, min SLTA,diutmkan D3/S1, kendrn sendr. Lmrnatr lsg ke Interyasa Jl. Sudirman No.21 Psr Lama Bulian (samp. Yamaha SbgRaya). Ph. 0743-21844.

JI0913 | 15-20/05

MENTARI JAYA. Service AC panggilan/pemasangan AC/pemeliharaan/cuci AC.Ph. 0741-7006537/75512356.

JI0913 | 18-18/05

SONY PLAY STATIONBrother of Games PS 2 HDD 160 Gigabr = 2425. PS 2 br/bks 1375/11 core,mls, stik murah!! Dan terima servicePS 3/2/1. Hp. 081320923797/085721196962.

JI0913 | 14-24/05

Persaingan Hotel di Kota Jambi KetatJAMBI - Pembangunan

sektor pariwisata di ProvinsiJambi menggeliat. Untuk lebihberkembang, pembangunansektor pariwisata tentu tidakterlepas dari kebutuhan akanketersediaan sarana hotel danpenginapan.

Di Kota Jambi terdapatsejumlah hotel-hotel ber-bintang, sebut saja AbadiSuite, Hotel Abadi, Novotel,Ratu Hotel, Grand Hotel, RoyalHotel, dan Hotel Cosmo.

Ada juga hotel-hotel lainseperti Hotel Matahari, HotelSafera, Hotel Marisa, HotelHarisman, Hotel Jambi Raya,Hotel Adipura, Hotel MatahariII, Hotel Pinang, Hotel KartikaJaya, Hotel Sederhana I, HotelKursina, Hotel Mega Indah,Hotel Penawar.

Yang lain Hotel Makmur,Hotel Surya, Hotel Marina,Hotel Palem, Hotel Anggrek,Hotel Dahlia, Hotel Perdana,Hotel Mayang Sari I, HotelNusa Wijaya, Hotel Formosa,Hotel Tepian Angso, HotelTepian Batang Hari, HotelAini, Hotel Wisata, dan HotelYuliana Noor.

Kemudian Hotel Sovia, HotelSumatera, Hotel Mexicana,Hotel Jayakarta, Hotel Cat-telya, Hotel Muslim, HotelMandamin, Hotel Sederhana II,Hotel 88, Hotel Merpati, HotelMahkota Baru, Hotel AndaJaya, Hotel Sukajaya.

Lalu ada Hotel Amanah, HotelPutri Pinang Masak, HotelKatan Jayo, Hotel Sarina, HotelLido, Hotel Camar, HotelMayang Sari II, Hotel Murni,Hotel Danis, Hotel QQ/99,

Hotel Bungo Kerinci, HotelNaga Permata 189.

Selain sebagai sarana ako-modasi dan rekreasi yangmendukung sektor pariwisata,beberapa hotel, terutama yangberklasifikasi bintang, memi-liki fasilitas ruang rapat atauconference room, bahkanconvention hall, yang seringdimanfaatkan oleh berbagaiperusahaan swasta maupuninstansi pemerintah sebagaisarana penyelenggaraanacara lokakarya, sarasehan,ceramah, seminar, dan pameran.Sedangkan masyarakat padaumumnya menyewa fasilitas ituuntuk menyelenggarakan resepsipernikahan atau reuni.

Tumbuhnya industri perho-telan yang terus berkembangdi Kota Jambi memberikankontribusi positif pada strukturperekonomian kota dan mem-berikan kesempatan terbu-kanya lapangan kerja baru bagimasyarakat.

Ketua Persatuan Hotel danRestoran Indonesia Arkanisebelumnya mengatakan, hotel diJambi akan terus berkembang. Halitu seiring terus membaiknyaperkembangan ekonomi diProvinsi Jambi. “Asalkan situasikeamanan Jambi tetap kondusifseperti sekarang, bisnis hotel diJambi akan tetap maju,” terangnyabelum lama ini. (adi)

BERSAINGSalah satu hotel berbintang di

Kota Jambi. Kini persainganhotel kian ketat.

ED

DY

DJU

NA

ED

Y/J

AM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

Page 16: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

MINGGU, 17 MEI 2009 Jambi Independent

- COBRA SUPER (USA) TL 054515281, MPBdan MPP Venis Pria secara cepat, alami, permanen selamanya

- PENINGGI BADAN SUPER (TR. 022514301),Menambah tinggi Hormon Pertumbuhan tulangsehingga menambah tinggi postur tubuh 5 -10 cm.

- FAT LOSS/EASYSLIM (TR RI 862704011486),Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut,paha dan seluruh tubuh, 100% natural danaman.

- PENGGEMUK BADAN (TR RI 024516871),Tablet spesial penggemuk badan, penambahnafsu makan badan anda lebih gemuk dan macho.

- HAI MHA JIANSHEN/ TR. RI 953476411,Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal,lemah syahwat, impotent dan menambahstamina.

- PROCOMIL SPRAY FROM GERMAN Spesial spray tahan lama, berulang-ulang.- BREAST CREAM / TB. VACUM (TR. 1007

490091), Cream payudara bikin payudara besar, kencang, montok dan berisi.

KHUSUS UNTUK MEMPERBESAR,PANJANG DAN PERMANEN

VACUM HANSAP

ANTAR KE ALAMAT GRATIS (DALAM KOTA)

“SIMSON” SIMPANG KAWATJl. Hos Cokroaminoto 42 Sp. Kawat

(Samp. Terminal Lama) Telp. 669652 Jambi

PUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

HINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTANANANANANSPESIALIS SYAWAT DAN MATATANPA OPERASI UNTUK UMUM

Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

Praktek setiap hari hari pukul 08.00 Wibsampai 21.00 Wib Hari Libur Tetap Buka

JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr Keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arahSimpang Kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsungdari Gunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten-Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar -Ambieyen -Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - RabunDekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - MudahPerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan palingmujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasildisembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhansoal syawat dan mata segera konsultasikan kepadakami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisadisembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling pentingdalam hidup.

Ramuan kami alami tanpa efeksamping, cukup satu kaliberobat dijamin sembuh untukselamanya, kami bisa berikangaransi untuk itu.

Page 17: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent MINGGU, 17 MEI 2009

Ragam Hidangan Dari Kota Makkasar

Rasa Khas yangMengunggah Selera

Coto MakassarBahan:· 1 kg daging sapi bagian sengkel (Pilih yang empuk)· 1/2 kg paru (digoreng, pisahkan, masukin toples)· 2 liter air cucian beras/tajin· 5 batang serai, memarkan· 5 lembar daun salam· 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan· 3 sdm minyak goreng, untuk menumis· 5 cm jahe, memarkan· 1 ruas lengkuas, memarkan

Bumbu yg dihaluskan:· 10 siung bawang putih· 8 butir kemiri disangrai· 1sdm ketumbar disangrai· 1 sdt jintan disangrai· 1 sdm garam· 1 sdt merica butiran.

Es PallubutungBahan-bahan:· 6 buah pisang kepok, kupas kulitnya· 200 gr tepung beras yang masih baru· 2 sdm tepung sagu· 2500 cc santan dari 1 btr ke lapa· 100 gr gula pasir· 1/2 sdt garam· 4 lbr dan pandan, simpulkan

Bahan Pelengkap:Es serutSirup pandan warna merah

Cara Membuat:Masak semua bahan kecuali

pisang dalam panci, hinggamenjadi bubur. Aduk terushingga bubur mengental. An-gkat daun pandan dari bubur,masukkan potongan pisangrebus. Masak bubur sambil

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengo-bati penyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Ce-pat KeLuar , Sperma encer, memperbesarjaka (btg), tidak mempunyai keturunan, Kenc-ing manis, Sakit pinggang, kurang gairahdalam hubungan suami istri, juga tersediaramuan ambein khusus pria dan wanita tanpaoperasi dan menghilangkan bau badan priadan wanita. Juga tersedia ramuan untuk mem-perbesar payudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangantunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami

dapat memberikan kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek

setiap hari, hari libur tetap buka.Hp. 081274377000

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

Alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpaoperasi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk pe-nyakit mata min-plus, matamerah, rabun jauh/dekat, ka-tarak, mata berkunang-ku-nang akibat diabetes baikpria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PUSAT PENGOBATAN

TRADISIONAL INDIA

INDONESIA memang kayadengan kuliner yang khas.Salah satunya di Sulawesi Se-latan. Dari daerah ini, sejum-lah makanan dan minumankhas sudah dikenal luas olehmasyarakat nusantara. Untukmakanan yang menyegarkan,

ada dua jenis makanan yangcukup familiar yang bahanbakunya dari pisang dan te-pung. Menu ini cocok untukmakanan selingan di sore hari.

Untuk melengkapi menu dimeja makan Anda, pilihan re-sep Coto Makassar akan mem-

diaduk hingga padat, angkat.Letakkan bubur dalam mang-kuk, tiap mangkuk berisi 1buah pisang/lebih. Dinginkandalam lemari es.

Cara Menghidangkan:Bila ingin dihidangkan, tam-

bahkan es serut dalam tiapmangkuk.

Kemudian siram dengan 2-3sdm sirup pandan, hidangkan.

Es Pisang ijo Makassar

bawa Anda berpetualang rasa.Dengan bumbunya yang khasakan memberikan citarasayang berbeda. Ditambah de-ngan bolukambu yang menam-bah segar menarik makan ber-sama Anda dengan keluarga.Selamat mencoba.(nid)

Bolu Kambu dan Acar Mangga(Untuk 3 Porsi)Bahan-bahan:· 350 gram Ikan bandeng (1 ekor)· 50 gram Bawang merah· 40 gram Bawang putih· 3 gram Ketumbar· 2 gram Lada utuh· Secukupnya Garam· 750 mililiter Minyak goreng· 1 buah Kelapa, diparut· 5 butir Telur (2 butir untuk isian bandeng dan 3 butir untuk dikocok lepas)· 1 sdm Kecap asin ABCCara membuat:1. Potong bandeng menjadi 3 bagi

an lalu keluarkan daging bandenglalu rebus,

2. Haluskan bawang merah, bawangputih, ketumbar, lada, sangrai kelapa parut, sampai warnanyacoklat lalu angkat

3. Buang tulang bandeng, kemudian haluskan daging bandeng

4. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, parutan kelapa yg telahdisangrai 2 butir telur kedalamadonan bandeng yang telah dihaluskan, aduk hingga merata,tambahkan garam beserta lada

5. Masukkan kembali adonan ked

alam bandeng, padatkan, kemudian celupkan adonan potonganbandeng pada kocokan telur, kemudian digoreng hingga matang

6. Sajikan bandeng isi diatas sambalmangga

Acar ManggaUntuk 6 PorsiBahan-bahan:· 50 gram Cabe merah besar, iris me manjang, buang isinya· 30 gram Kemiri· 250 gram Mangga (1 buah)· 100 mililiter Minyak goreng· 2 gram Garam

Cara membuat:1. Goreng kemiri, irisan cabe merah, de

ngan api kecil hingga layu, tiriskan.2. Ulek hingga halus,3. Kupas mangga kemuian iris julienne

(setebal korek api), kemudian masukkan garam, diamkan beberapa saat atauhingga cairan dari mangga keluar.

4. Cuci mangga dengan air matang,untuk membersihkan rasa asin, kemudian peras hingga kering.

5. Masukkan mangga yang telah kering kedalam campuran sambal.

6. Aduk hingga rata, tempatkandibawah ikan bandeng isi.

Bahan-Bahan :· 40 gr tepung beras· 1/2 sendok teh garam· 300 ml air· 100 ml air daun suji· 3 tetes pewarna hijau atau pastapandan· 175 gr tepung beras· 5 buah pisang raja yang tua· es serut· sirup merah (cocopandan)

Bahan Saus:· 650 ml santan· 50 gr tepung terigu· 75 gr gula pasir· 1 lbr daun pandan· 1/4 sendok teh garam

Cara Mengolah :· Aduk tepung beras, garam, air, air

daun suji, pewarna hijau lalu rebussambil diaduk sampai mendidih,angkat.

· Tambahkan tepung beras, aduk ratalalu aduk lagi sampai kalis (tidaklengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.

· Kukus pisang selama 20 menit.Angkat dan sisihkan.

· Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.

· Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.

Es Pallubutung

Bahan:· 6 buah pisang kepok, kupas kulit nya· 200 gr tepung beras yang masih baru· 2 sdm tepung sagu· 2500 cc santan dari 1 btr kelapa· 100 gr gula pasir· 1/2 sdt garam· 4 lbr dan pandan, simpulkan

Bahan Pelengkap:Es serutSirup pandan warna merah

Cara Membuat:Masak semua bahan kecuali pisang

dalam panci, hingga menjadi bubur.Aduk terus hingga bubur mengen-tal. Angkat daun pandan dari bubur,masukkan potongan pisang rebus.Masak bubur sambil diaduk hinggapadat, angkat.

Letakkan bubur dalam mangkuk,tiap mangkuk berisi 1 buah pisang/lebih. Dinginkan dalam lemari es.

Cara Menghidangkan:Bila ingin dihidangkan, tambahkan

es serut dalam tiap mangkuk.Kemudian siram dengan 2-3 sdm si-rup pandan, hidangkan.

Pelengkap:· Bawang goreng· Irisan daun bawang· Irisan seledri

Sambal Tauco:- Haluskan 10 buah bawang merah, 5 siung bawang

putih, 10 buah cabai keriting yang direbus sebentar.- 100 gram tauco yang ditumis dengan 6 sdm mi

nyak goreng hingga matang, tambah garam dangula merah secukupnya. Campur sama bahan yangudah dihaluskan barusan.

Cara membuat:1. Jika memakai babat atau hati, rebus terpisah hing

ga lunak, angkat, tiriskan, potong dadu.2. Rebus daging sapi bersama air tajin, serai,

lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matangangkat, tiriskan, potong dadu.

3. Panasin minyak, tumis bumbu yang dihaluskanhingga harum, masukkan ke dalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.

4. Penyajian: Siapkan mangkuk, isi dengan dagingdan ati dan babat dan juga paru yg dari toplestadi. Taburi bawang goreng, irisan daun bawangdan seledri, sajikan dengan ketupat dan sambal taoco.

5. Sajikan hangat.

Page 18: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

hal 18

MINGGU, 17 MEI 2009 Jambi Independent

Page 19: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

Jambi Independent MINGGU,17 MEI 2009

Padukan Relief dan Aneka BungaDirancang Sendiri,Hanya denganBaca Majalah

SAROLANGUN – Banyak carayang dilakukan pemilik rumah mem-buat huniannya nyaman. Tidak mes-ti dengan barang mewah, cukup den-gan pemasangan perabot denganperpaduan yang pas, dengan me-madukan susunan interior serasi.

Evi Firdaus yang beralamat JalanSMAN I, Kelurahan Aurgading, Sa-rolangun, punya rumah berbentukmoderen. Namun Evi Firdaus men-gaku tidak sependapat barang me-wah itu akan membuat rumah kianmenarik dipandang mata. “Tergan-tung kita memadukan interior yangserasi, bisa dengan menambahkankembang sehingga memberikankesan menarik dan eksotis,” terangnyakemarin (16/5).

Selain menata interior dengan te-pat, Evi Firdaus mempercantik ru-mahnya dengan tambahan relief ditembok-tembok rumah atau di tem-bok pagar. Selain menarik dipandang,juga dapat memberikan kepuasantersendir i . Akan lebih menariklagi kalau diselingi keberadaantaman bunga di setiap pojok danteras rumah.

Selain berguna untuk mempercan-tik penampilan, kehadiran anekabunga tersebut juga dapat memberi-kan kenyamanan dan menghilang-kan rasa bosan. Dengan demikianrumah tak hanya berfungsi sebagaitempat berteduh dari hujan dan panastapi juga sebagai tempat rekreasikeluarga jika suntuk datang. Keinda-han susunan interior dan daya tarikyang diberikan relief dan bunga-bunga yang menghiasi setiap pojokruangan berguna memulihkan piki-ran dari kejenuhan dan kesuntukansetelah larut dalam aktivitas sehari-hari.

Menciptakan tempat hunian asri dannyaman tak harus menguras pundi

keuangan untuk membayar para ar-sitek. Tapi dapat dirancang sendirisesuai keinginan sang empu rumah.Jika merancang sendiri, pemilik jugaakan merasakan kepuasan tersendiridengan hasil buah karya mereka.

Walau tidak memiliki keahlian

khusus, saat ini pengetahuan terkaithal itu dapat diakses siapa saja dariberbagai sumber yang gampang dida-pat. “Rumah ini hasil rancangan sendi-ri, tidak menggunakan jasa arsitek.Kami dapat ide dari membaca majalahGarden,” ujar Evi Firdaus, diamini

istrinya, Sugiarti.Suasana rumah yang dibangun se-

jak 2006 silam tersebut tampak asridan nyaman. Keadaannya tambahcantik dengan kehadiran taman-taman di sekeliling rumah hingga kebagian teras, antara lain terdiri atas

bunga jenis aglaunema,antorium, adenium, dan sansifera.

“Awalnya saya memang suka bunga,kemudian bikin taman-taman,” kataSugiarti.

Lebih jauh dia mengatakan, konseprumah yang mereka rancang untuk

menciptakan sebuah rumah yang bisatampil unik dan tidak membosankansehingga nyaman ditempati. “Kamiingin bentuk rumah yang unik dantidak membosankan. Kalau meran-cang sendiri seperti ini, rasanya san-gat puas,” pungkasnnya.(lis)

Desain Rumah Minimalis

Si Mungil Yang ArtistikPERKEMBANGAN dunia

properti saat ini sangat pesat,hal ini ditandai dengan bany-aknya pembangunan unit-unitproperti, misalnya: apartemenatau kondominium eksklusifyang super mewah atau pem-bangunan rumah-rumah mu-ngil yang sederhana.

Bersamaan dengan perkem-bangan dunia properti tersebut,kebutuhan masyarakat akanrumah belakangan ini sangattinggi. Jika budget kurangmencukupi untuk membelirumah yang middle end, rumahmungil atau sederhana puntidak menjadi halangan untukmewujudkan keinginan memi-liki rumah. Hampir semuapengembang menawarkan kav-ling atau produk rumah mungil,karena tingginya kebutuhanmasyarakat akan rumah/tempattinggal, maka hanya dalamwaktu singkat mampu terjualratusan unit rumah. Masalah-nya, banyak pengembang me-manfaatkan momentum terse-but dengan membangun rumahmungil dengan fasilitas danlingkungan yang ala kadarnyaseperti yang selama ini kitakenal, yaitu Rumah SangatSederhana (RSS).

Mendeskripsikan rumah mu-ngil dengan kondisi seperti itu

sudah waktunya diubah. Kon-sumen adalah raja, manusia jugayang selayaknya diberikanyang terbaik. Rumah harus in-dah, sehat, dan bersahabat den-gan lingkungan. Itulah katakunci membangun rumah uku-ran apa pun, termasuk memban-gun atau memilih rumah mu-ngil. Rumah mungil yang di-pasarkan biasanya memilikiluas maksimal 100 meter perse-gi dengan ukuran variasi 6 X 15m, 7 X 15m, atau 8 X 12 m, danbentuk bangunan rumah standar.

Indah tidak harus selalu ma-hal. Kreativitas desain yang arifdan cerdas justru mampu mewu-judkan rumah mungil yanghemat bahan bangunan danmenyiasati segala keterbatasan,baik dana maupun lahan. Kon-sep indah dapat diterjemahkandalam bentuk denah rumahyang lugas dan mudah pemeli-haraan. Keterbatasan lahanmendorong pembangunan ru-mah mungil bertingkat.

Denah ruang terbuka danminim dinding pembatas, baiktembok, dinding, atau pintu, mem-buat ruang terasa lapang. Peng-gabungan fungsi ruang disesuai-kan dengan kebutuhan penghuni.

Carport, teras, dan tamandepan difungsikan sebagai ru-ang tamu, ruang bermain anak,

parkir kendaraan, bahkan rapatRT/RW. Ruang dalam diopti-malkan sebagai ruang keluargadan ruang makan. Fungsi ruangkeluarga, ruang belajar, dankamar tidur anak-anak jugadapat ditempatkan di lantai atashingga ke kolong atap (attic).Taman dan teras belakang di-manfaatkan sebagai ruangmakan terbuka, ruang keluar-ga, dan ruang belajar anak,dengan waktu berbeda.

Kamar mandi merupakan ru-ang yang memerlukan penan-ganan dan pemeliharaan khu-sus, mulai utilitas sanitasi, per-anti utama, dan pemilihan ba-han. Bahan lantai dari keramikatau teraso bertekstur kasardimaksudkan agar tidak terpe-leset dan berukuran kecil untukmemperluas kesan ruang. Ket-erbatasan luas dapat dibuatkamar mandi kering denganshower box tertutup berdind-ing kaca atau tirai plastik. Pen-empatan septic tank meskiditempatkan di taman depan,namun jaraknya masih relatifdekat dengan pompa air sehing-ga untuk jangka panjang dapatmencemari air tanah. Untuk itu,perlu dipertimbangkan ulangpenempatan septic tank kolek-tif dialihkan di taman-tamanlingkungan.

Penataan dapur serba praktismenyatu dengan ruang makanatau di teras belakang (ruangmakan terbuka).

Konsep umum rumah menye-diakan kamar tidur dan kamarmandi pembantu di belakang,di bawah, atau di atas dekatruang servis, mencuci, danmenjemur. Kini desain ruangservis, mencuci, dan menje-mur, kamar tidur dan kamarmandi pembantu serta dapurkotor ditempatkan di bagiandepan rumah, bersebelahandengan ruang keluarga meng-hadap carport.

Tampilan artistik rumah tidakmembutuhkan bahan mahal.Dinding rumah dari batako danbatu bata dengan penyelesaiandinding ekspos atau kombinasiplesteran atau kamprotan den-gan pengerjaan hati-hati danrapi, atau dapat pula mema-kai dinding pelat baja. Ke-ramik KW-2, KW-3, a tauteraso yang unik juga takkalah menariknya memper-cantik lantai rumah. Ketidak-presisian bahan masih dapat di-siasati dengan nat-nat lebar.

Isi perabotan rumah harusserbaguna, sesuai dengan pri-oritas kebutuhan keluarga, danproporsional antara ukuranperabot dan luas ruang.(jpnn)

MegahRumah yang memadukan relief dan bunga milik pasanganEvi Firdaus dan Sugiarti.

DESAIN rumah akhir-akhir ini men-galami perkembangan yang sangatcepat. Kita bisa mendapati berbagaijenis desain rumah yang berkembangdi masyarakat dewasa ini, antara laindesain rumah minimalis, modern,mediterania, klasik, dan sebagainya.Hal ini merupakan keharusan sesuaiperkembangan jaman, kita semakinmenyadari bahwa peran desain danarsitek sangat berpengaruh bagikeindahan desain rumah kita. Desainrumah bergaya minimalis adalahyang perkembangannya sangat pe-sat akhir-akhir ini. Biasanya kalan-gan yang tertarik untuk menggu-nakan gaya minimalis adalah darimereka yang masih berjiwa muda. Paraeksekutif muda menyukai gaya min-imalis, karena gaya yang ini dipan-dang praktis dan dapat mewakili gayahidup modern mereka.

Sebenarnya, gaya minimalis bukan-lah sebuah gaya arsitektur saja. Na-mun di balik itu, gaya ini memilikijawaban atas tantangan zaman yaitumendapatkan “hasil maksimal darisesuatu yang minimal”. Bisa jadi inimerupakan dana pembangunan yangminim, atau gaya hidup yang dimin-imalkan. Sering kali gaya ini dipakaikarena keterbatasan dana, namun

menjadi sangat menarik karenadengan keterbatasan ini kita masihdapat mengikuti mode tren arsitekturterkini.

Simak saja tampilan rumah tanpaornamen berlebihan, memakai bah-an-bahan material yang diekspossehingga terkesan jujur dalam pe-nampilannya, tidak berlebihan. Biladicari ibaratnya, seperti seorang ek-sekutif muda yang hendak pergikekantor, dengan pakaian eleganyang tidak berlebihan, bersih, danpraktis. Namun karena hal itu meru-pakan mode, kita masih merasa “me-miliki bagian” dari mode yang sedangberkembang saat ini. Bagi banyakorang, hal ini sangat menyenangkan(mungkin Anda juga senang denganmengikuti mode saat ini).

Gaya minimalis pada intinya meru-pakan suatu jawaban atas keadaanyang dicetuskan oleh orang-orangyang menganut paham minimalismesebagai protes atas keadaan mas-yarakat yang tidak menghargai sum-ber daya alam dengan mengek-sploitasi habis-habisan sumberdayaalam untuk hal-hal yang tidak perludalam kehidupan sehari-hari. Gera-kan minimalisme ini merupakangerakan back to basic atau kembali

kepada kesederhanaan, konon gera-kan ini timbul di Amerika yangmerupakan suatu hal yang dapatdianggap positif dari suatu gerakanzaman modern.

Gambar di atas merupakan salah satucontoh sudut ruangan yang “mini-malis”, ruangan ini sama sekali tidakterlihat berhias namun jujur apa adan-ya. Dengan desain ini kita justru bisamerasakan suatu ruang yang lapangdan lega. Istilahnya tidak ribet.

Bagi kita yang menyukai gayahidup modern, gaya ini bisa jadimerupakan pilihan untuk melengka-pi gaya hidup sehari-hari kita. Mis-alnya bila pasangan suami-istri dalamsatu rumah sama-sama bekerja danterbiasa dengan gaya hidup yangcepat, simpel, dan praktis.

Meski demikian, dalam desain ru-mah bergaya minimalis, kita perlumemperhatikan kesesuaiannya den-gan iklim. Gaya minimalis merupa-kan gaya modern yang sangat seder-hana dan berasal bukan dari negeri kita,kita perlu memperhatikan faktor-faktoriklim tropis seperti hujan dan panasmatahari, antara lain dengan membuatrumah kita bisa berhadapan dengantampias matahari ataupun panas yangmenyengat.(jpnn)

Page 20: Jambi Independent edisi 17 Mei 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi Independentminggu, 17 mei 2009

Defrico Audy Rilis Gaun Pengantin Muslim

DEFRICO Audy dikenal sebagai perancang yang sukses menciptakan busana cocktail. Na-mun di ajang Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2009, perancang muda yang kini bergabung dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu membuat kejutan dengan memamerkan koleksi busana muslim.

Koleksi busana muslim karya Audy kali ini memang bukan kategori busana siap pakai atau ready to wear. Audy secara khu-sus membuat busana pengantin muslim.

“Peluang bisnis busana muslim sangat besar, khususnya busana pengantin. Untuk itulah saya tertarik menawarkan desain busana pengantin muslim yang berbeda dari karya perancang lain,” tuturnya.

Secara singkat, Audy menjelaskan kara-kterist ik rancangan busana pengantin muslim yang diberi nama Puan. Busananya lebih banyak menampilkan potongan long-gar dan tidak memeluk badan. Selain itu, dia juga banyak memanfaatkan material bahan sifon dan satin silk berwarna putih serta aplikasi detail macam beads, batu-batu alam, dan kristal swarovski.

“Puan adalah label ketiga saya. Sebelumnya saya memperkenalkan koleksi first line, Defrico Audy, dan Aute by Audy yang membidik pasar anak muda,” tambahnya.

Kendati sudah banyak perancang yang meng-geluti bisnis busana pengantin muslim, Audy mengaku tidak berkecil hati terus melaku-kan inovasi. Dia optimistis koleksinya bisa menjadi busana impian pengantin muslim di Indonesia. (*)

Tip Memilih BedakBEDAk adalah sahabat sejati wanita. Tetapi

tak semua jenis bedak cocok untuk setiap jenis kulit. Kenali jenis-jenis bedak plus seluk-beluk pemakaiannya.

1. Loose PowderDikenal sebagai bedak tabur, dalam bentuk bubuk yang halus. Dikenakan setelah alas bedak.Kelebihan: Mudah menyerap minyak di wajah dan menutupi pori-pori wajah lebih sempurna.Kekurangan: Mudah tumpah, kurang praktis. Maksimal penggunaan dua tahun.2. Compact PowderBentuknya sangat padat, digunakan setelah pemakaian alas bedak.Kelebihan: Cepat menyerap sekaligus mengurangi minyak. Bentuknya beragam, tidak mudah tumpah hingga praktis dibawa ke mana-mana.Kekurangan: Bila dipulas berulang-ulang akan membuat wajah terlihat seperti memakai topeng. Sebaiknya pulaskan tipis-tipis saja. Bisa dipakai hingga 15 bulan.3. Shimmering PowderBentuknya bubuk, berwarna, dan berglitter. Digunakan sebagai sentuhan akhir selesai berhias. Bedak jenis ini bisa dipulaskan di punggung, leher, lengan jika Anda memakai pakaian terbuka.Kelebihan: Wajah dan tubuh tampak berkilau dan bercahaya. Tersedia dalam aneka warna, dapat disesuaikan dengan tema tata rias.Kekurangan: Hanya bisa dipakai pada acara-acara khusus. Penggunaan maksimal 15 bulan.4. Meteorite PowderBentuknya bulat kecil berwarna-warni. Digu-nakan setelah make-up sebagai sentuhan akhir. Dipakai dengan memakai kuas besar, bukan dengan spons. Sapukan ke seluruh wajah.Kelebihan: Wajah terlihat lebih bercahaya dan segar.Kekurangan: Harganya sangat mahal, karena belum banyak produsen yang mengeluarkan produk itu. (*)

Bergaya dengan Anting-anting Panjang AnTInG adalah salah satu

aksesori penting yang bisa mem-buat wajah lebih cantik, menarik, dan cling. Kini begitu banyak pilihan, wajar jika Anda dibuat bingung memilih yang pas. Model anting-anting saat ini hadir dengan ukuran lebih panjang. Umumnya terdiri atas mutiara atau batu-batu dengan warna lebih terang. Ben-tuknya pun beragam, mulai dari oval, bulat, love, hingga berbentuk bintang.

Penggunaan anting-anting se-benarnya bisa disesuaikan dengan bentuk wajah. Sebagai contoh, bagi Anda yang memiliki wajah oval, anting-anting yang cocok untuk digunakan adalah ant-ing berbentuk chandeliers dan drops. Selain itu, khusus wajah oval, cocok menggunakan ben-

tuk anting apa saja.Bagi Anda yang memiliki wajah

berbentuk persegi, sebaiknya Anda menggunakan anting berukuran bulat dan kecil. Itu akan membuat wajah persegi Anda terlihat lebih menarik. Sebaliknya, hindari ant-ing-anting dengan model yang berat dan bertumpuk-tumpuk, karena model itu akan memperjelas tulang pipi dan rahang Anda yang lebar. (viz)

JEnIS pakaian satu ini tentu bukan merupakan hal baru bagi masyarakat kita. Tren pakaian saat ini sudah mulai muncul sejak awal ta-hun lalu. Semakin hari model dan bentuknya semakin bera-gam. Itu membuat konsumen lebih bebas memilih sesuai keinginan dan kepribadian mereka.

Selain itu, pemilihan mod-el dress yang digunakan disesuaikan dengan bentuk tubuh dan lokasi yang akan kita datangi. Salah satunya model dress yang di-dominasi motif bunga dan boneka. Warna pun bisa disesuaikan dengan selera mas-ing-masing. Bagi para remaja, um-umnya mereka lebih memilih warna lebih cerah. Itu akan berpen-garuh pada penampilan mereka yang semakin aktif dan menarik. (viz)

Model : Maya dan LarasFoto: Eddy JuneidyLokasi : Graha Pena Jambi Independent