jambi independent edisi 14 juli 2009

24

Upload: jambi-independent

Post on 29-Mar-2016

364 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi Independent edisi 14 Juli 2009

TRANSCRIPT

Jambi IndependentSELASA, 14 JULI 2009

KURANG MINUM AIR MEMBUAT PINGGANGNYA SAKITSibuk bekerja sebagai pembantutelah membuat Nyonya Suryanaterkadang lupa menunaikankewajibannya untuk meminum airputih dengan cukup. Akibatnya, sejakpertengahan tahun 2008 yang lalupinggangnya sering sekalimengalami sakit. “Kalau sudahkelelahan, biasanya sakit pinggangsaya itu langsung kumat,” ucapwanita 29 tahun yang bekerjasebagai pencuci dan penyetrikapakaian di sejumlah keluarga ini.Setelah menceritakan apa yang iaalami itu kepada sejumlah kenalannya, satu bulan sebelum wawancara ini berlangsung ada yangmenawarkan ZENA-600 kepadanyauntuk dikonsumsi. Maka, wargaKelurahan Kalianda, KecamatanKalianda, Kabupaten Lampung

Selatan, Provinsi Lampung, ini punlalu membeli kemudian meminumsari bubuk kacang hijau yang telahdicampur dengan sari bubukkedelai itu secara rutin dua kalidalam sehari. Ternyata hasilnyalumayan. Akan tetapi, karena barusatu bulan meminumnya, tentu hasilyang optimal belum bisa ia peroleh.Walaupun begitu, “Sekarang sudahmulai jarang kumat,” ujarnya, saatditemui pekan kedua April lalu.Bila kasus kurang minum air itusampai berlarut-larut, tidak mustahilakan muncul gangguan ginjal. Kalausudah begini, akibatnya bisa gawat.Sebab, manusia memiliki sepasang ginjal. Fungsinya antara lainadalah untuk memproduksi seldarah merah; mengatur kondisi cairan tubuh, garam, asam, dan kandu

ngan darah; serta membuang zat-zat sisa metabolisme yang tidak lagidibutuhkan oleh tubuh. Jika tidakdibuang, zat-zat tersebutdapat menjadi racunbagi tubuh. Jika ginjaltak dapat lagi berfungsidengan baik, sel-sel darah merah tak akan dapat lagi diproduksi secara optimal. Akibatnya,penderitanya akan mengalami kekurangandarah. Akibat lainnyaadalah: zat sisa tidaklagi terbuang sempurnasehingga darah akandipenuhi racun. Untuk membuangnya, penderita harus menjalani cucidarah. Penyakit ginjal bisa diakibatkan tingginya kadar asam urat da

rah, sehingga terbentuk kristal uratyang dapat merusak ginjal. Penyakitdiabetes dan hipertensi juga bisa

jadi penyebabnya. Bilasudah terjadi gagalginjal, kerja jantungakan menjadi berat untuk memompa darahyang sudah tidak encerlagi. Akibat berikutnyaadalah: terjadi gagaljantung. Tahun 1999,seorang peneliti bernama Anderson mengungkapkan bahwaprotein, yang banyakterdapat pada kedelai

dan kacang hijau, mampu menurunkan proteinuria dan menekan fungsiserta kerusakan ginjal. Dari hasilpenelitiannya ia berkesimpulan

bahwa mengingat adanya kemiripan struktur antara isoflavon danestrogen, diduga isoflavon mampuberikatan dengan reseptor estrogenyang terdapat dalam jaringan ginjal,kemudian bekerja seperti estrogenendogenus meski aktivitasnya lebihlemah. Dan isoflavon banyak terdapat pada kedelai, namun juga adapada kacang hijau. Meskipundemikian, yang lebih penting untukdilakukan adalah menjaga polahidup sehat, seperti berolahragasecara teratur, beristirahat dengancukup, minum air putih dengan cukup, tidak merokok, tidak mengonsumsi narkoba, dan sebagainya.Kendati belum lama beredar, Zena-600 sudah laku di seluruh wilayahpemasarannya. Hal itu tak lepas darimanfaatnya yang nyata dan

produknya yang diolah higienis.Selain itu, formulanya merupakanpenyempurnaan dari formula-formula kedelai bubuk yang selamaini mulai banyak beredar dipasaran. Dan ini amat ditunjangoleh mulai sadarnya masyarakatuntuk beralih ke bahan-bahannabati alami dalam memeliharakesehatan. Tapi, produk inibukanlah obat melainkan makanankesehatan untuk memeliharakondisi tubuh. Untuk konsultasikunjungi segera [email protected] atau telepon (021)70288 540 hubungi distributor Prov.Jambi: 08128361 642. SubdistKerinci: 0813663601 40, SubdistBangko: 08127350234, SubdistBatanghari: 0812741751 78,Subdist Tebo: 085274 776210.

Suryana

Berharap Diterima Masyarakat --------------------------- dari hal 1

23 Dewan Setuju Hak Angket ------------------------------ dari hal 1

Dukungan kepada Bambang Terus Mengalir ------------------------------------- dari hal 1

Ada Gesekan Antar lembaga Penegak Hukum ------------------------------------ dari hal 1

Bahagia Pisah dari Ressa ----------------------------------- dari hal 1

Pesta Perpisahan, Gelar Organ Tunggal ---------------- dari hal 1

Pijit Tombol Agar Tidak Merasa Dianaktirikan ---------------------------------- dari hal 1Lalu ada pilihan jawaban di

sebelah kiri. Maka pilihan jawa-ban tersebut bisa digeser-geseruntuk disesuaikan dengan per-tanyaannya. Tulisan-tulisan dipapan itu, yang dipancarkandari proyektor, bisa dipindah kebagian mana pun di papan itutanpa harus menghapus danmenuliskannya lagi.

Saya mencoba menjadi siswadi situ. Saya memegang alatelektronis berbentuk sepertispidol. Alat itulah yang sayapakai menggeser kalimat “hua(dia) Ustman bin Affan” agarsejajar dengan pertanyaan“man hua (siapa dia)?”.

Demikian juga sarana di kelasbahasa Inggris atau matemati-ka. Di kelas bahasa Inggris (danjuga Arab), digunakan soft-ware komik. Setiap siswa meng-hadap ke komputer. Lalu di la-yar masing-masing muncul ko-mik yang tidak ada dialognya.Muridlah yang harus mengisikolom-kolom kosong di komikitu sesuai kalimat percakapanyang dia inginkan. Maka sayalihat kelas bahasa itu sepertianak-anak lagi main game.Alangkah menyenangkan. Se-bagian komik diambil dari serv-er sekolah sendiri dan sebagi-an lagi diambil secara onlinelewat internet.

Di kelas matematika untukkelas 1 ibtidaiyah/SD, alat per-aganya juga elektronis. Di layarproyektor itu ada gambar tim-bangan. Di sisi kiri si guru me-naruh gajah dengan berat 705kg. Di pojok layar yang laintersedia beberapa angka yangbisa dipindah-pindah dengankursor. Tugas si murid menaruhangka-angka itu di timbangansisi kanan. Kalau angka yang

ditimbun di situ sudah samadengan berat si gajah, timban-gan akan seimbang. Kalau be-lum, masih terlihat njomplang.Begitulah. Saya tidak melihatpemandangan sekolah lagi.Saya seperti melihat kios play-house yang besar.

Madrasah tersebut memangbaru menempati gedung barusetelah 40 tahun menyewa ge-dung sekolah yang model lama.Di kompleks baru itu semua ser-bamodern. Di pojok depan adamasjid baru dua lantai yang bisamenampung jamaah hingga2.000 orang. Di sisi kanan adagedung MUIS (lembaga yangmengurus masyarakat Islam diSingapura) delapan lantai. Pen-gadilan agama, urusan haji, dankoordinasi masjid ada di ge-dung tersebut. Gandeng den-gan gedung itu ada bangunanenam tingkat. Paling bawah di-fungsikan untuk lapangan ter-buka. Karena itu, plafonnyasangat tinggi. Di atasnya adakantin sekolah yang dilengka-pi dengan dapur modern.

Di atas kantin terdapat saturuang besar dengan penataanseperti ruang redaksi di JawaPos di Surabaya. Itulah ruangguru. Setiap guru memiliki satumeja yang bentuknya miripmeja redaksi Jawa Pos. Ruangtersebut full AC dengan lantaikarpet. Setiap guru juga memi-liki locker sendiri. Ruang terse-but kelihatan amat “gembira”.Masing-masing (terutama guruwanita) seperti menghias me-janya. Bunga, boneka kecil,mainan anak-anak terlihat disetiap meja. Saya membayang-kan guru seperti itulah yangakan disenangi murid.

Di ruang itu pula guru akan

membahas perencanaan dan per-siapan mengajar. Juga membic-arakan prestasi dan kekurangansantri-santrinya. Melihat ruangguru tersebut, saya langsung ber-mimpi bahwa madrasah yanglagi kami bangun di Magetansekarang (International IslamicSchool Pesantren Sabilil Mutta-qin) kelak juga harus punya ru-ang guru seperti itu. Ruangguru yang bagus tentulah me-nentukan suasana kejiwaanpara guru. Guru yang jiwanyabaik pada gilirannya akanbisa mengajar secara baik.

Di atas ruang guru tersebutmasih ada gedung teater yangdigunakan untuk pertunjukanatau acara-acara sejenis. Di teat-er itu pula malam itu diadakanupacara peresmian madrasahyang dihadiri oleh Perdana Men-teri Singapura Lee Hsien Loong.

Madrasahnya sendiri beradadi kanan teater tersebut. Itulahmadrasah Al Irsyad Al Is-lamiyah Singapura (tidak adahubungannya dengan Al Irsy-ad yang ada di Indonesia), yak-ni bangunan empat lantai yangberbentuk U. Ada dua kelom-pok lift di sekolah tersebut, tapihanya guru dan tamu atau mu-rid yang memerlukan saranakhusus yang boleh lewat lift.Santri biasa harus turun naiklewat tangga.

Sebagai orang yang sejak kecilhidup di madrasah di pedesaan,tentu saya ngiler berada di ma-drasah yang sarana, metode be-lajar, dan pemikirannya begitumodern. Jangan ditanya soal ke-bersihannya. Parit-paritnya sajasudah didesain secara khusus.Apalagi ruang wudu masjidnya.Inilah ruang wudlu yang di set-iap pancurannya disediakan sa-

rana permanen untuk sabun cair.Mirip dengan yang ada di bandarainternasional atau di hotel bin-tang lima.

Demikian juga mukena untukumumnya. Kain sembahyanguntuk wanita itu ditaruh dihanger seperti di tempat laun-dry modern. Dengan sistempenggantungan seperti itu,tidak akan ada mukena yangberbau. Padahal, selama ini,saya selalu hanya melihat muke-na yang justru dilipat, lalu di-masukkan ke lemari. Bisadibayangkan mukena yang dibagian wajahnya pasti basah itu(karena dipakai oleh orangyang baru saja berwudu) men-jadi apak dan berbau.

Saya sebenarnya malu harus“impor” madrasah dari Sin-gapura. Tapi saya juga harusmengakui untuk zaman mod-ern nanti, kita tidak bisa lagitidak menyesuaikan diri.(*)

Menurut Sjafril, tidak sepan-tasnya Wali Kota dipersalah-kan karena telah mengangkatEC Mardjani dan M Sitang-gang. Menurut dia, pengangka-tan para pejabat eselon di kabu-paten/kota merupakan tang-gung jawab serta hak bupati danwali kota. “Kami rasa Wali Kotatidak salah dalam hal ini. Kamisebagai rakyat jadi bingung,siapa yang harus didengar?”katanya.

Sjafril lalu membawa rom-bongan menemui Sekda Pro-vinsi AM Firdaus dan beberapakepala dinas. Selain menyoro-ti masalah konflik Wali Kotadan Gubernur, FPKKJ jugamempertanyakan lima pro-gram Gubernur yang dianggaptanpa hasil hingga saat ini.

Kelima program itu antara lainhutan tanaman rakyat (HTR).Menurut mereka, programyang dideklarasikan langsungoleh Gubernur di hadapan pet-ani pada 17 Maret 2008 lalu itutanpa realisasi sama sekali.“Hingga saat ini tidak ada satupun petani yang menerima pro-gram itu,” ujar Asmakatib, se-orang wakil pendemo. Kedua,proyek replanting karet yangtelah menelan anggaran ratu-

san miliar rupiah. Mereka me-nilai program itu tanpa progresssama sekali. Lalu proyek patinjambal yang dianggap menje-bak rakyat, sebab saat ini hargapatin terus menurun bahkannyaris tidak laku sama sekali.

Program lain adalah penyele-saian Jembatan Batanghari IIyang sampai sekarang tak kun-jung selesai. Selanjutnya, men-genai proyek pembangunanMess Jambi, mereka menilaiGubernur sebagai pihak yangbertanggung jawab. Merekajuga mempertanyakan penga-ngkatan AM Firdaus sebagaisekda yang menurut merekasarat muatan KKN.

Semua pertanyaan pengun-juk rassa tersebut dijawab lugasoleh Sekda Provinsi AM Fir-daus. Soal pengangkatan peja-bat eselon II di Kota, misalnya,menurut Firdaus, bila merujukpada ketentuan, Bambang telahmelakukan kesalahan dalamproses pengangkatan dua peja-bat eselon II tersebut. “Berdasar-kan UU Nomor 32 Tahun 2004,Wali Kota seharusnya mengusul-kan tiga calon, baru kemudiandisetujui oleh Gubernur. Guber-nur belum menyetujui, tetapi dia(Wali Kota, red) sudah melantik.

Makanya dianggap sebagaisalah satu hal yang menyalahiaturan,” jelasnya

Lalu soal pengangkatan di-rinya sebagai sekda, menurutFirdaus, sesuai dengan peratu-ran dan persyaratan yang ada.“Istri saya memang sepupu Gu-bernur, tapi semua proses danpersyaratan menjadi sekdasudah saya lalui. Saya juga tidakpernah mendengar adanya syar-at seorang tidak boleh menjadisekda jika istrinya adalah sepu-pu gubernur. Jika ada, tolongberitahu saya,” katanya.

Wisnu Murti Sarankan Gu-bernur dan Wali Kota Berte-mu

Ribut-ribut antara GubernurJambi Zulkifli Nurdin denganWali Kota Bambang Priyantodinilai pengurus PaguyubanWisnu Murti tidak seharusnyaterjadi. “Ya malulah kita kalauterus begini,” kata seorang pen-gurus Wisnu Murti yang mintanamanya tidak ditulis.

Wisnu Murti merupakan orga-niasasi sosial kemasyarakatanSuku Jawa di Jambi. Sepening-gal almarhum Turimin, Bam-bang Priyanto didapuk menja-di ketua. Ketika Pilwako, Wis-nu Murti diyakini menjadi

salah satu lumbung suara bagiBambang-Sum.

Menurut petinggi Wisnu Murtiitu, apa yang tengah terjadi ant-ara Wali Kota dan Gubernur han-ya perbedaan penafsiran mekan-isme aturan. Dan itu bisa disele-saikan. “Seharusnya kan bisabertemu muka, duduk bersama,”tambahnya sambil meminta na-manya tidak ditulis.

Apalagi Zulkfili Nurdin sen-diri tercatat sebagai penasihatdi organisasi yang diketuaiBambang Priyanto itu. Ditanyadukungan Wisnu Murti kepadaBambang atas kasus itu, sumbertersebut menyebut, sejauh initidak ada dukung-mendukung.Alasannya, Wisnu Murti bukanmembawahi masalah politik.“Kalaupun ada dukungan saatpilkada lalu, itu kan bukansuatu keputusan organisasiyang harus wajib diikuti,” pa-parnya kemarin (13/7).

Ia juga menekankan, soaldukungan kepada Wali Kotatergantung Bambang selakuketua. “Dan itu tentu harusdikomunikas ikan dulu ,”tambahnya. Di akhir pembic-araan, ia berharap perselisi-han yang terjadi bisa segeraberakhir.(viz/dra)

Tampak Juga Hadir JaksaAgung Hendarman Supandji,dan empat pimpinan KomisiPemberantasan Korupsi(KPK), yakni M Jasin, Chan-dra M Hamzah, Bibit SamadRiyanto, dan Haryono Umar.Hadir pula

Menkopolhukam WidodoAS, Menkum HAM Andi Mata-latta, Mensesneg Hatta Ra-jasa, dan Kepala Badan Pen-gawas Keuangan dan Pemban-gunan (BPKP) Didi Widayadi.

SBY mengatakan, tidak adasatu pun lembaga penegak hu-kum yang berniat menggagal-kan pemberantasan korupsi. Iaberpendapat rivalitas antarlem-baga merupakan hal biasa,asalkan bertujuan berbuatyang terbaik. Namun jika per-saingan menjurus ke hal yangnegatif, harus segera dicegah.

“Rivalitas selalu ada, bukanhanya di Indonesia, antaramungkin kejaksaan, kepoli-sian, KPK, dan lain-lain. Rival-

itas itu, sepanjang untuk kebai-kan, prestasi, untuk masing-berbuat yang terbaik, tidakmenjadi hambatan,” katanya.

SBY mencontohkan, saatKetua KPK nonaktif AntasariAzhar menjadi tersangka ka-sus pembunuhan, ada pihakyang menilai itu sebagai up-aya penggembosan danpelemahan lembaga superbo-di itu. “Inilah yang harus kitajernihkan. Kita letakkan padapermasalahan yang benar,supaya masyarakat, rakyat,tidak mendapatkan informa-si yang keliru tentang se-muanya itu,” katanya.

SBY juga membantah dirin-ya bermaksud menggembo-si peran KPK dengan mem-pertanyakan pertanggung-jawaban KPK. Dia mengata-kan, kala itu dia berbicara men-genai check and balancesantarlembaga secara umum.“Saya harus memberikanklarifikasi, tidak mungkin se-

orang SBY, presiden, meng-ganggu upaya pemberan-tasan korupsi,”tegasnya.

Hubungan antara KPK danPolri tengah memanas sejakKabareskrim Komjen Pol Sus-no Duadji mengaku ponseln-ya disadap terkait penyelidi-kan kasus Bank Century-An-taboga. Meski tidak menye-but lembaga yang menyadap,pengakuan itu mengarah ke-pada penyadapan yang di-lakukan KPK.

Sebelumnya, Polri jugasempat memanggil Wakil Ket-ua KPK Chandra M Hamzahsebagai saksi kasus pem-bunuhan Nasrudin Zulkar-naen. Kala itu Chandra di-periksa ihwal perintah peny-adapan beberapa nomorhandphone yang diberikanAntasari Azhar.

Sejak itu hubungan KPK-Polriterus memanas. Berkembanginformasi bahwa Polri akanmenyeret pimpinan KPK se-

bagai tersangka terkait kasus itu.Persoalan penyadapan

makin berkembang tak karu-an. Itu terjadi ketika KetuaBPKP Didi Widayadi tiba-tibapernah datang ke KPK men-gumumkan akan mengauditkinerja termasuk penyadapanke KPK. Reaksi masyarakatbermunculan. Beberapa harikemudian, Presiden SBYkembali turun tangan. Diameminta agar BPKP tak men-gaudit lembaga antikorupsitersebut, sebab wilayah ker-janya hanya mengaudit lem-baga eksekutif di bawah pa-yung pemerintah.

Usai rakor, Kapolri JenderalPol Bambang Hendarso Danurimengatakan, aparat penegakhukum akan saling memperkuatdalam menangani masalah tin-dak pidana korupsi. Bambangmembantah adanya gesekanantara Polri dengan KPK. “Kedepan harus saling mem-perkuat,” kata Bambang.(jpnn)

“Yang jelas hari ini hari ber-syukur,” kata wanita yang kinigenap berusia 45 tahun itu.

Pembebasan Butet berdasar-kan Keputusan Presiden (Kep-pres) RI Nomor 80 Tahun 2008.Menurut Meita dari BagianPembebasan Bersyarat LapasJambi, Butet sudah menjalani2/3 masa hukumannya, yakni13 tahun 4 bulan dari 20 tahun.

Memang Butet sebelumnya di-vonis hukuman seumur hidup.Namun berdasarkan keppres itu,Butet dapat keringanan hanya 20tahun penjara. Mengingat Butetberkelakuan baik selama men-jalani masa hukuman, dia menda-pat keringanan lagi, yakni pem-bebasan bersyarat.

“Tapi dia tetap wajib lapor,”kata Meita. Sebelumnya, KalapasJambi Bowo Nariwono membe-narkan rencana pembebasan Butetitu. “Tanya sama Butet,” kataBowo, persis sebelum masuk kedalam gerbang Lapas, sesaat se-

belum Butet dikeluarkan darigedung penjara itu.

Dari seorang petugas PidumKejari, Netty, diketahui Butetwajib lapor dua kali dalam sem-inggu. Wajib lapor diberlakukanbulan ini. Disarankan Butet tidakdulu ke luar daerah Jambi.

Sebelumnya, sekitar pukul09.00 WIB, Lapas Jambi Kelas IIA di Jalan Pattimura, Kenali Besar,Kotabaru, dipenuhi wartawan.Belasan wartawan telah memenu-hi gerbang masuk Lapas.

Baru sekitar pukul 10.30 WIB,Butet dikabarkan akan segerakeluar. Ditunggu, Butet tak kun-jung keluar. Ketika diintip ke da-lam, tampak Butet sedang menan-datangani kertas persis tak jauhdari pintu gerbang keluar Lapas.

Tahu dilihat, Butet melambai-kan tangannya seraya terse-nyum. Saat itu Butet terlihatmengenakan pakaian terusanwarna putih, celana putih, jil-bab putih, dan kipas angin tan-

gan juga bewarna putih. Tastangannya saja yang bewarnahitam. Dandanan Butet pagi ituterlihat kontras.

Sesekali Butet terlihat me-nyeka keringat dengan tisuyang juga bewarna putih. Usaimenandatangani berkas-ber-kas, Butet digiring ke luar. Barumenginjakkan kaki di luar,Butet langsung disambut blitskamera. Lagi-lagi tersenyum,Butet bergegas menuju ken-daraan yang akan membawan-ya ke kantor Kejaksaan Negeri(Kejari) Jambi di Telanaipura.

Selama perjalanan ke mobilKijang Innova nomor polisi B1665 SM warna putih, dikawaldua petugas Lapas, Butet takbanyak bicara. Sesekali diamenjawab pertanyaan war-tawan. “Kalau soal pembe-basan, tanya petugas saja ya,”katanya tersenyum ramah.Butet raib bersama kendaraanitu menuju Kejari.(nas)

“Tidak masalah, dia tidak maumengakui pertunangan kami.

Tapi aku punya bukti foto-foto per-tunangan kami. Justru setelah

berpisah dengan dia, aku mera-sa hidup aku lebih bahagia. (jpnn)

Selanjutnya hasil penyelidi-kan itu direkomendasikan keMahkamah Agung (MA) se-bagai pihak yang berwenangmemutuskan apakah kebijakanWali Kota sesuai aturan atautidak.

Anggota DPRD Kota JambiErbandi membantah bahwa hakangket yang diajukan anggotaDewan tersebut untuk menjatu-hkan Wali Kota Jambi Bam-bang Priyanto.

“Kalau yang berkembang diluar, hak angket itu untuk men-jatuhkan Pak Bambang. Sebe-narnya bukan itu,” kata politi-si dari PAN itu. Menurut Erban-di, hak angket diajukan untukmengetahui siapa yang benar,apakah Sekjen Mendagri, Gu-bernur, atau Wali Kota.

Dia mengatakan, hak angketakan digunakan Dewan untukmeneliti dan menyelidiki per-soalan pengangkatan jabatandi Pemkot. “Jangan-janganmalah Pak Wali Kota yang be-nar. Itu yang akan kita lihat, biarMahkamah Agung yang mem-benarkan,” kata anggota Frak-si PAN tersebut.

Menurut Erbandi, membawakasus itu ke MA merupakansalah satu jalan tengah penye-lesaikan. Dia menilai keputu-san MA cukup adil untuk ked-ua belah pihak yang kini salingsilang pendapat. Jika itu tidakdilakukan, kedua belah pihaksama-sama merasa benar dantak mau disalahkan. Apalagimasing-masing pihak punyaargumen sendiri-sendiri danmerasa paling benar denganalasan sendiri-sendiri. Kondisiitu juga dipanaskan oleh ko-mentar para pengamat.

“Kita sangat menghargai pen-dapat kedua belah pihak. PakBambang menyatakan alasan-nya. Begitu juga dengan PakZul (Zulkifli Nurdin). Keduanyasama-sama benar. Dewan tidakmemihak di antara mereka. Ma-kanya untuk penyelesaian, harusada jalan tengah agar sama-samapuas,” kata Erbandi.

Menurut dia, salah satu jalanyang diatur UU dalam hal ituadalah menggunakan hak an-gket DPRD. Sejak awal KomisiA DPRD Kota Jambi sudah men-gumpulkan berbagai informa-si, baik dari Pemkot maupunProvinsi Jambi. Dari informasiitu, penyelidikan, pengumpu-lan data, serta kesimpulansudah disampaikan kepadapimpinan Dewan.

“Jadi tidak ada tujuan untuk

menjatuhkan Wali Kota. Se-mua pihak kita mintai tangga-pannya, baik Pemkot maupunPemprov. Saya usulkan per-soalan itu diselesaikan di Mah-kamah Agung. Untuk sampai diMA, tentu ada ketentuan danmekanisme yang harus diiku-ti,” ungkapnya.

Ketentuan itu diatur dalam PPNomor 6 Tahun 2005. Dalam PPitu diberikan hak uji kepadaDPR seperti interpelasi, hakangket, dan pendapat. “Kitaharus membentuk panitiakhusus (pansus), tugasnyamerangkum semua bahan. Se-lanjutnya baru dilakukan ujimateri dan uji publik di MA.Hasilnya, tidak dipermasalah-kan karena siapa yang kalahmerasa tidak dikalahkan. Se-muanya harus legawa dengankeputusan MA. Saya rasa ituadalah cara menetralisasi per-masalahan tersebut,” tegas Er-bandi yang tergabung jugadalam Komisi A DPRD KotaJambi.

Berbeda dari Erbandi, anggo-ta DPRD Kota dari Fraksi PKS,Zayadi, menyarankan pihakPemprov dan Pemkot Jambiduduk bersama mencari solusipersoalan tersebut. Menurutdia, masing-masing kubu harusbijak memandang setiap per-soalan. Selain itu, harus menja-lin komunikasi terbuka.

“Komunikasi terbuka harusmulai dilakukan. Wali Kotadan Gubernur harus bertemu.Kita tidak ingin permasalahanitu menjadi berlarut karenadampaknya sangat luas danyang rugi adalah masyarakatJambi; pembangunan menjaditerhambat,” katanya.

Sementara itu, sejumlah ang-gota DPRD Kota yang ditemuiJambi Independent tidak se-mua sudah menandatanganipersetujuan dilakukan hak an-gket. Anggota Fraksi PAN Ah-mad Fauzi, misalnya. Dia men-gaku belum menandatanganipengajuan hak angket. Namunia mendukung keinginanDPRD untuk memperjelas per-soalan terkait pengangkatanpejabat yang menuai kontra-versi itu.

Anggota Fraksi Partai GolkarSaid Abdullah Kasim mengakubelum membicarakan soal pen-gajuan hak angket di fraksinya.“Tanda tangan apa? Belumada,” ujarnya singkat. Sement-ara itu, anggota Fraksi PDIPBahtiar Chaniago mengakusudah menandatangani penga-

juan hak angket. “Dari PDIPsudah. Kita ingin memperjelaskekisruhan soal pengajuan pe-jabat di Pemkot,” ujarnya.

Terpisah, anggota FraksiGabungan dari Partai PBR, Ab-dul Hamid, mengatakan bahwabelum ada yang mengedarkantanda tangan pengajuan hakangket kepadanya. Hal samajuga disampaikan Abdul Kadir.“Mereka milih-milih. Dak sam-pai ke kitalah,” ujar pria yangjuga hadir dalam acara makanmalam bersama Pemkot Jambimalam kemarin.

Peta kekuatan yang men-dukung pemerintahan Bam-bang mulai terlihat. PartaiDemokrat Kota dengan tegasmenyatakan dukungan padapemerintahan di bawah WaliKota. “Kita mendukung pemer-intahan Bambang. Itu meru-pakan per in tah langsungdari Dewan Pembina Pusatuntuk mendukung pemerin-tahan yang sah,” ujar KetuaFraksi Demokrat Ridwan saatdihubungi melalui telepon se-luler.

Menurut Ridwan, DPRD se-baiknya memikirkan PR yangbanyak tersisa di akhir masa ja-batan sekarang, karena per-soalan itu hanya merugikanmasyarakat. Ia sendiri sudahmemerintahkan anggota DPRDdari Fraksi Demokrat di DPRDuntuk mendukung pemerintah-an Bambang. “Jangan terbawamanuver politik untuk kepent-ingan politik sesaat,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Par-tai PKS Kota Jambi SyafruddinDwi Apriyanto mengatakan,rekomendasi lima partai pen-gusung pasangan Bambang–Sum untuk meminta hak an-gket tidak begitu saja bisa di-lakukan. Hak angket bisa di-lakukan jika sudah melewatihak interpelasi.

Hak interpelasi, kata anggotaDPRD Provinsi itu, sesuai UU,bisa dilakukan jika disetujui ra-pat paripurna. “Kalau votingminimal 50 persen plus satu,”ujar Syafruddin di gedungDPRD Provinsi kemarin.

Dia sudah meminta rekannyadi DPRD Kota untuk tidak ge-gabah. Apalagi latah terhadapmanuver politik yang dilaku-kan partai pengusung. “Itumasalah internal mereka, jadikami tidak boleh gegabah.DPRD merupakan institusiyang bermartabat. Jangan sam-pai kita jadi bahan tertawaanorang,” katanya.(rul/ira)

“Butet mestinya bebas Sabtu ke-marin, tapi karena kejaksaan (Ke-jari) tutup, jadi hari ini dibebaskan,”ungkap Meita menjelaskan soalhari pembebasan Butet tersebut.

Jadi wajar jika Butet mengge-lar pesta perpisahannya padaSabtu lalu. Eka, seorang man-tan narapidana yang baru bebasSabtu lalu, membenarkan soal

adanya pesta perpisahan itu.Beberapa sumber koran ini di

Lapas juga membenarkan adan-ya pesta perpisahaan yang me-riah itu. “Dari pagi sampai sorepestanya, pakai organ tung-gal,” ungkap Eka di depan La-pas kemarin pagi.

Eka punya penilaian tersendiriatas Butet. Menurutnya, Butet ter-

masuk penghuni yang rajin ibadah.Selain itu aktif dalam berbagaikegiatan. Termasuk melatih tari.Butet sendiri disegani kawan-kawannya di “dalam”.

“Butet selalu ikut kegiatan. Diarajin pengajian, dia juga melatihtari. Itu juga yang menjadi dasarpembebasan bersyarat dia (Butet,red),” kata Meita.(nas)

Jambi Independent SELASA, 14 JULI 2009

EKONOMI NASIONAL

Soko Guru Ekonomi Butuh Perhatian n AdvErtorIAL

Koperasi Faktual Sentosa Peduli Nasib Petani

JAMBI-Sejumlah koperasi di Jambi berharap, pemerintah agar melakukan pembinaan dan mem-beri kemudahan terhadap usaha perkoperasian. Dengan demikian, koperasi yang notabene Soko Guru Perekonomian Rakyat dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu, diperlukan figur pemimpin yang peduli rakyat supaya nasib wong cilik bisa diper-baiki tingkat kesejahteraannya.

Keinginan menjatuhkan pilihan pada figur pemimpin yang memiliki perhatian pada masyarakat kecil, dikemukakan Insya Karim Ketua

Koperasi Faktual Sentosa yang kini memiliki 45.000 anggota. So-sok pemimpin mau memberi per-

tani (KT). Bukan sebatas itu, ternyata kadis Kehutanan yang satu sangat peduli memberday-akan masyarakat petani. Bahkan areal yang dicanangkan lebih luas lagi dan akan diperuntukan bagi sembilan Koperasi yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

“Kami menyambut baik upaya pak Agus yang peduli terhadap koperasi dan kelompok tani, ini membuktikan bahwa beliau me-mahami apa yang dibutuhkan rakyat kecil”, papar Insya Karim kemarin. Ia berharap, terobosan serupa dapat dilakukan oleh ka-bupaten lainnya.

Menurutnya sudah saatnya, sistim ekonomi kerakyatan diter-apkan. Artinya, pemerintah ha-rus konsisten memberdayakan program yang berpihak pada rakyat. Siapa yang terpilih menjadi

pemimpin NKRI, kelak jangan lagi menyuarakan slogan pepesan kosong. “Kasihan, dari dulu rakyat cuma diiming-imingi sehingga nasibnya tetap saja memprihat-inkan”, ujarnya.

Di mata pendiri Yayasan Jambi Faktual yang mengakomodir kelompok tani yang tersebar di kabupaten/kota se Propvisi Jambi, melalui jasa koperasi mampu memperbaiki kesejahteraan ma-syarakat. Hal ini sesuai dengan harapan tokoh proklamator Bung Hatta, bahwa koperasi merupakan soko guru guru perekonomian rakyat. Kalau keberadaan kop-erasi diabaikan, maka kehidupan rakyat tetap saja tertingga;.

Menurutnya berdasarkan pen-gamatan di lapangan, kebanyakan koperasi dalam menjalankan aktivitasnya berjalan sendiri-

sendiri. Kalaupun ada pembinaan dari pemerintah, baru sebatas pelatihan dan jumlah koperasi yang dibina jumlahnya relatif ke-cil. Demikian penerima bantuan stimulasi, nominalnnya jauh dari harapan.

Mengingat koperasi sebagai soko guru perekonomian rakyat, sudah selayaknya pemerintah memberi kemudahan terhadap sektor usaha ini. Bila perlu, kop-erasi dibebaskan dari berbagai pungutan. Kalau persyaratan dan pembiayan disamakan dengan perseroan yang memiliki modal berkecukupan, mana mungkin ko-perasi bisa mengimbangi. Sebab, ada yang mendirikan koperasi hanyak bermodalkan semangat idealisme belaka.

Kehadiran koperasi ditengah tengah masyarakat, memiliki

peran yang sangat besar dalam

mengubah pola pikir dan tingkat kesejahteraan. Sektor usaha ini, sifatnya berpihak pada masyara-kat lemah dan lebih mengutamak-an kebersamaan. Terlebih sejak lama, nasip petani kita jauh dari hidup layak. Tingkat kesejahter-aannya jauh di bawah standar dan perlu didongkrak. (wir)

hatian pada misi dan visi koperasi dipastikan memberikan perhatian pada ekonomi kemasyarakatan.

Berkat keseriusannya dalam mewujudkan keinginan, Kop-erasi Faktual Sentosa berhasil mendapatkan lahan yang selan-jutya dijadikan hamparan kebun kelapa sawit dan coklat. Belum lama ini, Koperasi Faktual mem-peroleh tambahan lahan seluas 389 hektar di Petaling yang telah memperoleh ijin dari Departemen Kehutanan melalui SK Menhut No 394 tanggal 10 November 2008 tentang pencanangan areal untuk Pembangunan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) kelompok tani.

Pencanangan lahan itu juga tak lepas peran Kadis Kehutanan Muaro Jambi, Ir Agus Priyanto yang peduli dengan para petani yang tergabung dalam kelompok

Suku Bunga Turun, Saham Properti

Mulai Menggeliat JAKARTA - Penurunan suku bunga BI rate

merupakan angin segar bagi sektor properti. Saham-saham perusahaan properti pun mulai menggeliat.

PT Metropolitan Kentjana Tbk misalnya. Emiten terbaru di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu menutup sesi perdagangan perdananya pada Jumat lalu (10/7) dengan kenaikan harga saham hingga 30,95 persen.

Berdasarkan data dari BEI, harga perdana saham PT Metropolitan Kentjana Tbk sebesar Rp 2.100 per saham. Dan pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu, harga saham perseroan naik Rp 650 per lembarnya, atau di tutup di posisi Rp 2.750 per lembarnya.

Pengamat properti Panangian Simanungkalit mengungkapkan, saat ini industri properti nasional memang menunjukkan tanda-tanda pemulihan menjelang Oktober 2009. Perkiraan tersebut sejalan dengan tingkat inflasi yang stabil serta tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate), yang menurut prediksinya turun hingga enam persen.

“Penurunan bunga akan menggairahkan sek-tor perumahan dan industri pendukungnya,” katanya. Penurunan BI rate bisa diikuti penu-runan tingkat bunga kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi 9,5-10 persen, dari posisi saat ini 12,5 persen.

Penurunan bunga itu menjadi rangsangan bagi konsumen untuk mengajukan KPR atau kredit pemilikan apartemen (KPA). Maklum, hampir 70 persen dari total pembelian tempat tinggal mengandalkan perbankan sebagai sumber pembiayaan.

“Walaupun bunga masih tinggi, saat ini menjadi momentum yang pas bagi masyarakat untuk membeli rumah,” timpalnya.

Agustus nanti, diperkirakan permintaan properti akan melonjak karena bank-bank semakin aktif menurunkan bunga KPR. Meski demikian para investor perlu berhati-hati dalam mengkoleksi saham properti. Investor tetap harus melihat beberapa faktor seperti ren-cana ekspansi para emiten tersebut. Beberapa pertimbangan adalah rencana ekspansi dan rasio utangnya.

“Sektor properti akan mulai menunjukkan pemulihan pada semester II-2009, seiring langkah pemerintah yang terus memacu kinerja perekono-mian nasional,” sambung analis BNI Securities Maxi Liesyaputra. (jpnn)

Gula Rafinasi Rambah Eceran

Toyota Tutup Pabrik Pertama di Amerika TOKYO - Toyota Motor Corp,

raksasa otomotif dunia, ke-mungkinan akan menutup New United Motor Manufacturing Inc (NUMMI). Pabrik yang di-bangun pada 1984 di Fremont, California, ini memiliki arti khusus bagi pabrikan otomotif asal Jepang itu karena merupakan pabrik pertama yang dibangun di Amerika Serikat (AS).

Penutupan pabrik itu dika-renakan mitra patungan Toyota di AS, General Motors Co, me-narik diri dalam kongsi kepemi-likan akibat resesi yang meng-gerus penjualan di AS. “Kami mempertimbangkan berbagai opsi atas pabrik itu termasuk, kemungkinan secara ekonomis untuk membangun mobil sendiri tanpa GM. Dengan situasi bisnis

seperti saat ini, kami menyesal harus mempertimbangkan opsi pembubaran perusahaan patun-gan,” tulis penjelasan Toyota

krutan dan menjadi perusahaan yang mayoritas sahamnya di-miliki oleh pemerintah AS. Pihak Toyota akan memutuskan ma-salah ini akhir bulan ini, apakah menjadi operator tunggal atas New United Motor setelah GM keluar pada 29 Juni.

NUMMI, pada awal operasinya merupakan pabrik mobil rakitan pertama Toyota dan membantu perusahaan mengatasi masalah impor di AS. NUMMI adalah satu-satunya pabrik rakitan ter-besar di West Coast Amerika U t a ra, memiliki kapasitas 420.000 mobil dan pikup per tahun. Resesi dan lonjakan pengang-guran menekan penjualan mobil sampai 35 persen selama semes-ter I/2009 ke level terendah sejak 1976. (jpnn)

Sepuluh Perusahaan Ikuti Tender BBM

JAKARTA - Sepuluh peru-sahaan bakal bersaing dalam pelaksanaan tender penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tahun 2010. Kesepuluh perusahaan yang bersaing dalam tender tersebut adalah PT Medco Sarana Kalibaru, PT Aneka Kimia Raya (AKR) Corporindo Tbk, PT Bumi Asri Prima Pratama (BAPP), PT Pa-tra Niaga, PT Pertamina, PT Petro Andalan Nusantara, PT Petrobas, PT Petronas Niaga Indonesia, PT Shell Indonesia, dan PT Total Oil Indonesia.

Direktur BBM Badan Penga-tur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erie Soedarmo mengatakan, batas waktu pe-ngembalian dokumen tender

pada Jumat (10/7) memang sem-pat diundur dari pukul 16.00 WIB menjadi pukul 24.00 WIB. “Hingga batas waktu, ternyata ada sepuluh perusahaan yang mengembalikan dokumen,” ujarnya saat dihubungi kemarin (12/7).

Sepuluh perusahaan tadi akan mengikuti tahapan presentasi pada 21 - 22 Juli 2009. Kemudi-an, BPH Migas akan melakukan verifikasi ke lapangan mulai 23 Juli-15 Agustus 2009. Sebena-rnya, saat pengambilan doku-men, ada 13 perusahaan yang berminat. Namun, hingga batas waktu pengembalian hanya 10 perusahaan yang mengemba-likan.

Tiga perusahaan yang tidak

mengembalikan dokumen adalah PT Asia Star International, PT Referindo Riverlake, dan PT Humpuss Trading. Erie men-gatakan, pihaknya menyesalkan adanya perusahaan yang tidak mengembalikan dokumen ten-der. “Karena itu, tahun depan, mereka tidak akan diundang lagi,” katanya.

Nantinya, pemenang tender akan mendistribusikan BBM bersubsidi tahun 2010, dengan besaran biaya distribusi dan marjin (alpha) yang sudah disepakati Panitia Anggaran DPR serta pemerintah sebesar rata-rata Rp 556 per liter. Selanjutnya, BPH Migas akan membagi lebih rinci lagi besaran alpha secara regional per kabu-paten atau kota. (jpnn)

SURABAYA - Pemerintah memang telah memasukkan gula rafinasi ke dalam daftar negatif investasi (DNI). Namun, peredaran produk tersebut tetap meresahkan kalangan pabrik gula berbahan baku tebu dari petani. Sebab, keberadaannya tak hanya menyerbu industri makanan minuman, tapi juga masuk ke pasar eceran untuk diperlaku-kan sebagai gula konsumsi.

Menurut Sekretaris Perusahaan PTPN XI Adig Suwandi, gula rafi-nasi berpotensi masuk ke pasaran karena produktivitasnya lebih tinggi dibanding kebutuhan. Saat ini, kapa-sitas industri gula rafinasi impor berbahan baku gula kristal mentah (raw sugar) mencapai 1,8 juta hingga 2 juta ton. Sedangkan kebutuhan industri makanan minuman (mamin) hanya 1 juta hingga 1,1 juta ton.

“Sisanya potensial merembes ke pasar eceran dengan memperlakukan sebagai gula konsumsi. Kondisi itu semakin parah ketika harga gula dunia semakin murah dan industri mamin lebih senang melakukan impor gula rafinasi,” ucapnya kemarin (12/7).

Saat ini, kebanyakan pabrik gula di Indonesia hanya mampu menghasil-kan gula kualitas GKP (gula kristal putih) yang dikonsumsi langsung. Gula jenis itu masih belum memenuhi

syarat untuk digunakan sebagai ba-han baku industri makanan. Karena itu, industri makanan membutuhkan kualitas gula yang lebih baik, dan biasanya diperoleh dari gula rafinasi yang memiliki kualitas kemurnian lebih tinggi.

Adig menambahkan, seharusnya pemerintah membuat regulasi yang melindungi industri dalam negeri terkait peredaran gula rafinasi. “Mis-alnya, gula jenis tersebut harus berasal dari pengelolaan kebun sendiri. Regu-lasi itu diberlakukan untuk pabrik yang sudah berdiri maupun akan ekspansi,” katanya.

Dia berpendapat, impor raw sugar untuk industri gula rafinasi seharus-nya disesuaikan dengan kebutuhan industri mamin dan diperkuat den-gan kontrak pembelian produk dari kalangan pelaku usaha. Selain itu, dalam 2-3 tahun ke depan harus ada kebun tebu bagi industri gula rafi-nasi, sehingga bisa dicapai komposisi bahan baku tebu untuk pembuatan gula rafinasi sebesar 75 persen, se-dangkan sisanya 25 persen impor raw sugar. “Secara bertahap 100 persen bahan baku untuk gula rafinasi harus dipasok dari tebu. Bagaimanapun juga industri gula rafinasi harus dik-endalikan,” ujarnya. (jpnn)

yang disebarkan ke media ke-marin (12/7).

Tindakan Toyota ini diambil setelah GM bangkit dari kebang-

Insya Karim

tUtUP PABrIK: toyota Motor Corp, raksasa otomotif dunia, kemung-kinan akan menutup New United Motor Manufacturing Inc.

IStIMEwA

IStIMEwA

Jambi Independentselasa, 14 juli 2009

>> Hadiah masing-masing Rp 500 ribu dapat diambil di Lantai 2 Graha Pena Jambi, Jalan Jenderal Sudirman No 100 Thehok, Kota Jambi (dengan Sdri Eniwati) dengan menunjukkan bukti identitas (KTP/kartu pelajar). >> Hadiah dapat diambil pada setiap jam kerja (09.00-14.00) pada 1-15 JULI 2009.

TINGKAT SMANo Nama IDENTITaS/aSaL 1 Faramita afriani NO Kartu Pelajar 10029 /

sMaN 1 Kota jambi2 salman al Farizy NO Kartu Pelajar 3574 /

sMa FeRDi FeRY PuTRa3 sita Coryniken NO Kartu Pelajar 7198 /

sMaN 3 Kota jambi4 Nurdiana NO Kartu Pelajar 9110 /

sMKN 2 Kota jambi5 Ratna Wati NO Kartu Pelajar 2982 /

sMK DB 1 Kota jambi

PeNgiRiM KuPON Pgi YaNg MeNDaPaTKaNuaNg TuNai RP 500.000 (TaHaP i)

TINGKAT SDNo Nama IDENTITaS/aSaL 1 Maya Puapa No KTP 1571025204880001/umum2 Kemas Muhammad e s.TP No KTP 157101609820021/umum3 Meylanie No Kartu Pelajar 1784 / pelajar

sDN 1 kota jambi4 Ricky s No Kartu Pelajar 1312 / pelajar

sDN 1 kota jambi5 Meilinda NO KTP 9975230286 / umum

TINGKAT SMPNo Nama IDENTITaS/aSaL 1 asmaneli No ktp 0600820717076 / umum2 Bella s NO Kartu Pelajar 5012

sMP aDHYaKsa 1 Kota jambi3 Raman Dani NO Kartu Pelajar 7794 /

sMPN 9 Kota jambi4 WeDia NO Kartu Pelajar 6416 /

sMPN 10 Kota jambi5 Bobby Ra NO Kartu Pelajar 13645 /

sMPN 1 Kota jambi

Panen Raya jagung di empelun aDveRTORial

MuaRaBuNgO- Kabupaten Bungo merupakan salah satu Kabu-paten memiliki potensi sumber daya alam (SDA) cukup besar, khususnya di bidang pertanian, salah satunya budidaya jagung. Pemerintah Ka-bupaten (Pemkab) Bungo serius meningkatkan potensi tanaman pangan unggulan jagung itu.

Bukti keseriusan Pemkab Bungo, adanya kegiatan panen raya per-dana jagung di Dusun Empelu Kecamatan Tanah Sepenggal, ke-marin (13/7). Panen raya dihadiri langsung oleh Bupati Bungo, Zul-fikar Achmad diwakili Wakil Bupati Bungo Sudirman Zaini. Sudirman Zaini yang didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Bungo, Syaful Azhar, melakukan kegiatan panen raya perdana jag-ung serta penjualan langsung hasil panen kepada pengusaha yang bergerak dalam bidang pakan ter-nak yakni CV Meganti.

Pada saat panen raya tersebut, hadir pula seorang calon anggota

DPD RI Elviana. Selain itu, hadir pula pejabat di tingkat Kecamatan Tanah Sepenggal, dan Dusun Empelu.

Dalam sambutan Bupati Bungo yang disampaikan oleh Wakil Bupati Sudirman, dikatakan peningkatan hasil tanaman pangan merupakan upaya untuk meningkatkan ketah-anan pangan di Bungo. Sudirman menambahkan, pada 2010, ket-ahanan pangan di Bungo harus benar-benar terwujud.

Sudirman juga menyinggung mengenai lahan tidur yang masih banyak berada di Bungo. Menu-rut Sudirman, lahan tidur yang cukup banyak itu otomatis akan lebih bermanfaat bila ditanami dan digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil pertanian di Bungo.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Bungo, Syaiful Azhar dalam sambu-tannya menyambut baik suksesnya pemanfaatan lahan untuk penana-man jagung sebagai pakan ternak,

hingga sampai pada masa panen raya. Syaiful Azhar juga mengajak petani dapat terus menggiatkan hasil pertaniannya.

Sebelum dilakukan panen raya, diadakan sesi tanya-jawab an-ta ra pe jabat yang had i r dan masyarakat petani. Petani meng-harapkan perhatian pemerintah terhadap usaha pertanian mere-ka, dan diharapkan agar fasilitas penunjang untuk peningkatan hasil pertanian dapat tersedia, dan harapan motivasi pemerin-tah terhadap usaha pertanian mereka.

Selain itu, adapula penyerahan piagam penghargaan motivasi pemanfaatan lahan tidur kepada Kepala UPTD Tanah Sepenggal, Penyuluh Pertanian, dan Gabun-gan Kelompok Tani (Gapoktan). Selanjutnya, penandatanganan memorandum of understanding alias nota kesepakatan bagi pengusaha yang bergerak dalam bidang pakan ternak.(dwy)

n aDveRTORial

HeRMaYulis,Sarolangun

Tebo Ditargetkan Masuk Sepuluh Besar Kabupaten Pemekaran Terbaik Nasioanal

dinas/ instansi harus menggen-jot program dan kinerja aparatur sehingga target tersebut dapat tercapai,” ujarnya.

Ditambahkan, agar setiap kepala dinas/instans i leb ih terper inc i melaporkan k iner ja dan pro-gram yang sudah d i lakukan. D e n g a n d e m i k i a n , k e t i k a ada pen i la ian da n e v a l u a s i d a r i t i m e v a l uasi dan verif i-kasi pelaksanaan pemerintahan daerah dari pusat sepert i be-berapa waktu la lu, peni la ian lebih maksimal.

Bupati juga mengimbau pejabat yang baru d i l a n t i k a g a r b i s a m e n u n j u k k a n d e d i k a s i d a n etosker ja. Keberhasi lan sat -uan perangka t k e r j a d a erah dalam menja lankan program j uga d i dukung apa ra t ya n g a d a . “ S a y a h a r a p k a n p a r a p e j a b a t y a n g d i l a n t i k u n t u k b i sa menjalankan amanah yang

telah diberikan sebaik mungkin,” ujarnya.

Bupati juga minta agar para peja-bat yang baru bisa menjaga dis-iplin kerja yang ada. Yang tidak kalah pent ing, meningkatkan kinerja dalam melayani masya-rakat serta menjalankan program yang sudah disusun.

“Jika pemerintah daerah beserta jajaran sudah berusaha maksimal, dengan dukungan seluruh ele-men masyarakat, target untuk men jad i sepu luh kabupa ten pemekaran te rba ik nasional bukan suatu yang tidak mungkin,” tegasnya.

Untuk itu, demi mencapai target tersebut, ia tidak akan segan men-gevaluasi kinerja seluruh pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkab Tebo. Jika memang tidak menun-jukkan prestasi, ia juga tidak akan sungkan mengganti pejabat yang tidak menunjukkan pretasi.(amu)

MuaRaTeBO - Bupati Tebo HA Madjid Mu’az mengimbau agar semua satuan kerja perangkat d a e r a h ( S P K D ) a t a u d i n a s /instansi d i Tebo untuk bahu-membahu meningkatkan kin-erja dalam rangka m e n j a d i k a n T e b o m asuk sepu luh besar kabupaten pemekaran terbaik t ingkat nasional.

Pernyataan itu disampaikan Bu-pati saat melantik puluhan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Tebo kemarin (13/07).

Dalam kesempatan itu, Madjid mengimbau a g a r s e t i a p s a t -uan perangkat ker ja daerah m e n d u k u n g t a r g e t y a n g d i -c a n a n g k a n . “ S e t i a p k e p a l a

Diknas Bakal Panggil 2 UPTDTerkait Siswa yang Terlibat Judi Biliar

GUna menyelamatkan anak usia sekolah dari pengaruh ak-tivitas perjudian berkedok biliar

yang belakangan marak di Keca-matan Singkut dan Kecamatan Pelawan, Dinas Pendidikan Sarolangun akan melakukan penindakan tegas.

Kadis Pendidikan Kabupaten Sarolangun Hefni Zen melalui Kabid Dikdas Anwar Harun mengungkapkan, pihaknya akan memanggil unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Kecamatan Sing-kut. “Kita akan panggil kedua UPTD itu untuk mengklarifikasi benar apa tidak permasalahan

tersebut,” beber Anwar kemarin (13/7).

Pihaknya juga meminta ke-pada masing-masing UPTD di kecamatan mencari kebena-ran informasi mengenai siswa yang ditengarai sering terlibat dalam kasus perjudian biliar itu. Dengan begitu, bisa diteruskan berupa pemanggilan terhadap kepala sekolah yang siswanya terlibat agar dapat menindak tegas siswa mereka yang terbukti melakukan kegiatan judi.

“Ini merupakan kegiatan yang yang sangat memalukan dunia pendidikan dan kita tidak bisa menoleransi aktivitas itu. Kita akan panggil UPTD dan kepala sekolah yang bersangkutan. Ini pasti dikarenakan masih lemahnya pengawasan dari pihak seko-lah sehingga siswanya bebas melakukan kegiatan yang me-malukan itu,” sesalnya.

Jika memang kedapatan ada siswa terlibat, pihaknya tidak saja akan menindak siswa yang

bersangkutan, tapi kepala se-kolah tempat siswa tersebut sekolah juga akan diberi teguran keras dari pihak dinas. Bahkan tak menutup kemungkinan bakal dilakukan mutasi jabatan bagi kepsek yang siswanya terlibat dalam kegiatan yang mencoreng dunia pendidikan itu.

“Ini salah satu bukti kepala seko-lah tidak berhasil dalam mendidik siswa. Hal seperti itu tidak perlu di-pertahankan dan harus ada tindakan tegas,” tandasnya.(*)

30 Pejabat EselonIII dan IV Dilantik

MUaRaTEBO - Sebanyak 30 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Tebo di-lantik, Senin (13/7). Mutasi itu untuk yang kesekian kali sejak HA Madjid Mu’az menjabat sebagai bupati. Bertempat di aula utama Kantor Bupati Tebo, Madjid Mu’az melantik dan mengambil sumpah dua peja-bat eselon III serta 28 pejabat eselon IV.

Dua pejabat eselon III yang di-lantik adalah Abdul Malik SPt ME yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Administrasi PU dan Perhubungan pada Ba-gian Administrasi Pemban-gunan Daerah Setda Tebo.

Kini Abdul menjabat Kabid Pembelanjaan dan Perbenda-haraan pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset Daerah (DPPKAD) Tebo. Lalu H Sumarjo SH yang sebelumnya menjabat Kasi Pengolahan Hasil Hutan pada Dishut, dilantik menjadi Pj Kabid Perlindungan Hutan pada Dishut Pemkab Tebo.

Sedangkan 28 lainnya adalah pejabat yang mendapatkan promosi dari staf biasa men-jadi kasi, kasubid, atau kasubag. Termasuk Safrial Elsyana SE, yang sebelumnya staf biasa, kini menduduki jabatan Kasubag Keuangan di Dinas Pendidikan,

Kebudayaan, Pemuda, dan Olah-raga Tebo.

Madjid Mu’az usai pelantikan mengatakan, mutasi atau perpin-dahan posisi lebih untuk menyin-ergiskan program dengan semua

unit kerja yang ada di jajarannya. “Jadi kita tidak boleh membiarkan ada suatu jabatan yang lowong di satuan kerja yang ada,” ujar Madjid usai pelantikan.

Ditambahkan, guna mengger-

akkan gerbong organisasi pemer-intahan dan pembangunan serta memberikan pelayanan yang prima kepada warga masyarakat, dibutuhkan tenaga-tenaga profe-sional. (amu)

Kadiknas Pastikan Tak Ada Pelanggaran

Pada MOS SMA pengawasan ekstraketat dalam pelaksanaan MOS di masing mas-ing sekolah. Bahkan para orangtua siswa pun diminta tidak sungkan melaporkan ke Diknas Merangin jika terjadi tindak kekerasan pada pelaksanaan MOS.

“Hasilnya, hingga saat ini tidak satu laporan pun yang masuk ke Diknas Merangin terkait aksi kekerasan yang terjadi pada MOS di Merangin,” ucapnya penuh keyakinan.

Setelah proses MOS berlang-sung, kemarin proses belajar-mengajar di berbagai sekolah yang ada di Merangin sudah ber-langsung.

Hal terakhir yang tak kalah pent-ing disampaikan Fauzi. Sesuai arahan dan batasan pendidikan grat is yang di jalankan Pemk-ab Merangin, sama sekali tidak dibenarkan sekolah melakukan bisnis jual-beli buku paket ter-hadap siswa atau bekerja sama dengan perusahaan penerbitan buku.

“Jika kedapatan melakukan hal itu, tentu sanksi tegas akan diber-lakukan,” pungkasnya.(ctr)

BaNgKO - Kekhawatiran Pemkab Merangin akan adanya tindak ke-kerasan pada pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS) di Bumi Merangin cukup beralasan. Apa-lagi sejauh ini Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Suyanto menegaskan bah-wa MOS tidak diberlakukan lagi.

Kadiknas Merangin Fauzi SPd menegaskan, proses MOS di ber-bagai sekolah di Merangin baru berakhir Sabtu (11/7) lalu. “Sebe-lum berlangsungnya pelaksanaan MOS, kita sudah menginstruksi-kan agar pelaksanaan MOS tidak diwarnai aksi kekerasan,” tegas Fauzi kemarin (13/7).

MOS dengan aksi perpeloncoan dinilai tidak mendidik. “Ingat, itu bukan ajang balas dendam, namun proses pembelajaran guna mem-perkenalkan para siswa baru pada suasana dan proses belajar-men-gajar yang akan mereka jalani,” tegas Fauzi.

Ditambahkan, pihaknya sudah menginstruksikan agar para ke-pala sekolah (kepsek) melakukan

Bupati Tebo Drs H a Madjid Mu’az saat mengambil sumpah jabatan para pejabat.

n aDveRTORial

MOs : sesuai himbauan Diknas Merangin, aksi kekerasan atau per-ploncoan pada pelaksanaan MOs Merangin sudah tidak dibenarkan. Tampak salah satu kegiatan MOs di Merangin.

DW

Y s

eT

YO

Wa

Ti/j

aM

Bi i

ND

eP

eN

De

NT

DOK/jaMBi iNDePeNDeNT

LANTIK

Jambi Independent SELASA, 14 JULI 2009

MUARABULIANMUARABULIANMUARABULIANMUARABULIANMUARABULIAN

FRANCISCUS,Muarojambi

4 Kecamatan Rawan Flu BabiDi Tungkal, PintuMasuk PelabuhanDijaga Ketat

SEBANYAK empat kecamatandi Muarojambi dikhawatirkanrawan virus H1N1. Pasalnya, diempat kecamatan itu, yakni Kum-peh Ulu, Sungaigelam, Mestong, danJambi Luar Kota (Jaluko), populasiternak babi mencapai 4.750 lebih.Untuk itu Pemkab Muarojambi dim-inta waspada dan segera berbuat

sesuatu meredam virus yang sudahsampai ke Indonesia tersebut.

Demikian dikatakan oleh Sek-retaris Lembaga Swa-daya Masyarakat (L-SM) Flora, Muham-mad Jaiz. “Selain dit-ularkan manusia, virusitu juga bisa ditularkanoleh babi,” kata M Jaiz.Ia menyebutkan, hasilpantauan LSM Flora ya-ng berbasis di Muaro-jambi itu, populasi babi di Mua-rojambi selama ini terbanyak diempat kecamatan tersebut.

“Pada 2009, populasi babi diMuarojambi mencapai 4.750 ekorlebih. Terbanyak memang berada

di kecamatan tersebut, terutama diKecamatan Mestong dan Jaluko,”terangnya.

Memang sampai saat ini be-lum terdengar ada babi milik

peternak yang terkon-taminasi virus memati-kan. Namun LSM Flo-ra meminta agar Pem-kab waspada dansegera melakukanlangkah antisipatifuntuk menghin-

dari penyebaran virus H1NI.“Apalagi saya lihat babi dari

Muarojambi juga menyuplai kebu-tuhan di Provinsi Jambi,” katanya.

Selain itu, M Jaiz juga memintapara peternak babi dan masyarakat

tetap mewaspadai berkembang-nya virus flu babi.

Kadis Peternakan dan PerikananMuarojambi Mulyadi baru-baru inimenyebutkan, pihaknya sudah me-lakukan penyemprotan disinfektanpada kandang babi di Muarojambi.

Adapun program yang dijalaniuntuk mengatasi flu babi yaitumelakukan pengawasan peterna-kan babi, melaksanakan biosecu-rity (penyemprotan disinfektan),meningkatkan pengawasan lalulintas ternak, khususnya babi.

Selain itu, Dinas Perikanan dan Pe-ternakan juga melakukan pendekatanpersuasif kepada peternak babi agartidak menimbulkan keresahan mas-yarakat. “Dalam hal ini Dinas Perikan-

an dan Peternakan Muarojambi akanmelibatkan petugas PDSR (petugasyang menangani flu burung). Diimbaumasyarakat untuk melaporkan biladitemui kasus yang mengarah ke pen-yakit flu babi,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Kesehatan Pel-abuhan Kualatungkal, M Fuadimengatakan, hingga kini belumditemukan masyarakat yang mem-punyai gejala-gejala flu babi saatpemeriksaan di pelabuhan. Darikurun waktu tiga bulan terakhir,pihaknya telah melakukan pemer-iksaan sedikitnya ratusan penum-pang kapal dari luar negeri. “Darijumlah itu hingga kini belum adayang terditeksi gejala-gejala H1NI(flu Babi),” katanya. (*)

Kios Minyak Ilegal Akan Ditertibkan

Tunjangan PPL TanjabtimDiusulkan Ditambah

30 Korban Gigitan Anjing

Disperindag Diminta Evaluasidan Cek Perizinan Pangkalan

Pemkab Yakin Tak Merugi

MUARASABAK – Peningkatankesejahteraan penyuluh atau duludisebut Petugas Penyuluh Lapan-gan (PPL) menjadiperhatian seriusPemkab TanjabTimur. Dalam pen-ingkatan kesejah-teraan ini, pemkabtelah mengusulkanke pemerintah pu-sat untuk disetujuidan tinggal menu-nggu keputusan fi-nal saja.

Wakil BupatiTanjab Timur, MJuber menuturkan,upaya peningkatan kesejahteraanpenyuluh. Ini merupakan upayapemerintah dalam meningkatkankinerja penyuluh selaku ujungtombak keberhasilan KabupatenTanjab Timur sebagai lumbung pan-

gan Provinsi Jambi. ‘ 'Kita sudah men-gajukannya ke Departemen Pertanian,Perkebunan, sesuai dengan bidang-

nya masing-mas-ing, " tutur Juber.

Penambahan tun-jangan ini, jelas Ju-ber, hendaknya jugamenjadi motivasibagi para penyuluhdalam meningkat-kan kinerja dan ke-sejahteraan bagi pe-nyuluh dilapangan.‘ 'Semuanya tergan-tung pemerintah pu-sat. Yang jelas, kitaingin ini menjadi

motivasi agar mereka dapat men-jalankan tugasnya lebih baik lagi," harapnya.

Keberhasilan pelaksanaan pro-gram yang dilakukan di desa mau-pun kecamatan bahkan kabupat-

en, terang Juber, tidak terlepas darikerja keras dan upaya yang dilakukan penyuluh. Makanya, kebe-radaan Penyuluh ini harus mutlakada di setiap Desa atau Kecamatan.Tak hanya akan melakukan pem-binaan dan penyampaian infor-masi soal pertanian ke masyarakatpetani, Penyuluh juga lebih me-ngetahui kondisi di lapangan.

Juber menegaskan, pelatihan danpeningkatan fasilitas kebutuhanpenyuluh dalam melaksanakantugasnya juga akan terus dilaku-kan guna menujang tugas dan pro-gram yang dilaksanakan dilapan-gan. Kedepan, kata Juber, penyu-luh yang di lapangan dan telahmemasuki usia pensiun akan dipin-dahkan ke kantor PPL setiap kecama-tan dan yang masih muda akan di-terjunkan ke lapangan. ‘ 'Tujuannyaagar mereka lebih eksis dan bisa bek-erja maksimal, " tandasnya. (usr)

MUAROJAMBI – Pemkab Mua-rojambi yakin tidak akan rugi ataskerja sama penyuplaian air bersihdari Pemkot Jambi. Pasalnya, se-lain untuk pelayanan kepadamasyarakat, PDAM Tirta Muaro-jambi juga mendapat kompensasidari penjualan air PDAM TirtaMayang Kota Jambi tersebut.

Demikian dikatakan BupatiMuarojambi H Burhanuddin Ma-hir kemarin (13/7). “Untuk penye-diaan air bersih, tim kita sudahmembicarakan dengan Pemkot.Mudah-mudahan bisa cepat terca-pai kesepakatan,” ujar Bupati diRumah Dinas.

Sesuai rencana, wilayah Muaro-jambi yang berlokasi dekat denganKota Jambi akan mendapat suplaiair dari PDAM Tirta Mayang KotaJambi. Hal itu tidak terlepas dari kesu-litan PDAM Muarojambi mencarisumber air bersih. “Untuk sarana fisikseperti saluran pipa primer, kita yangbangun,” jelasnya.

Lebih lan ju t Burhanuddinmenje laskan, Pemkab akan

memberikan kontr ibusikepada Pemkot atas airyang disuplai. “Yang ter-penting kebutuhan air ber-sih masyarakat kita dapatterpenuhi,” terangnya.

Tentang penyesuaian tarif, menu-rut Bupati, hampir final. PerdaTarif sudah dicabut oleh DPRD,sedangkan peraturan bupati soaltarif baru sedang digodok. Terkaitkenaikan tarif PDAM, Bupati me-minta agar masyarakat menerima.

“Tujuannya untuk meningkat-kan pelayanan. Dengan adanya tam-bahan dana, pelayanan tentu akan leb-ih baik. Namun yang pasti tarif PDAMkita masih termurah jika dibanding-kan daerah lain,” jelasnya.

Dengan penyesuaian tarif, lanjutBupati, Pemkab juga akan terban-tu. Apalagi selama ini subsidi un-tuk PDAM cukup besar. Denganpenyesuaian tarif, subsidi bisaberkurang.

Selain itu, PDAM sebagai peru-sahaan yang melayani kebutuhanvital warga tentu memerlukan paso-kan investasi agar pelayanan dapat di-optimalkan. Dari sisi produksi, PDAMtidak akan mampu meningkatkandevisa, tetapi bisa membantu kegia-tan sosial dalam hal pasokan air mi-num untuk warga.

Burhanuddin juga meyakiniPDAM Muarojambi akan melay-ani pelanggan dengan baik, mes-ki pasokan dana untuk mengelolaperusahaan air minum daerah terse-but belum memadai.(fes)

MUAROJAMBI – Sedikit-nya 3 kecamatan di muaro-jambi masuk dalam kategorirawan gigitan anjing (Rabies).Tiga kecamatan itu adalah Ke-camatan Jambi Luar Kota,Kumpeh dan Kecamatan Me-stong. Ini dikatakan KepalaDinas Peternakan dan Peri-kanan Muarojambi, Mulyadi.

Data yang dimiliki dinas kese-hatan sendiri, korban gigitan an-jing beberapa bulan terakhir inicukup lumayan. Tercatat 30 kor-ban gigitan anjing yang telah di-tangai oleh Dinas KesehatanMuarojambi. Dari jumlah itutidak ada yang sampai mening-gal dunia. Korban dinyatakan se-mbuh oleh dinas kesehatan.

Ditemui di rumah dinas bupati,Senin (13/7), Muliadi mengata-kan, jika dilihat dari setiap kasusyang terjadi, korban gigitan ke-banyakan terjadi di 3 daerah ini.Sementara 5 kecamatan lainnya,jumlahnya tidak sebanyak di tigakecamatan tersebut. “Mungkinkarena daerah tersebut beradadipinggiran kota, sehingga kuatindikasi anjing liar dari kota ma-suk ke lokasi,” katanya.

Untuk mengatasi peningka-tan gigitan anjing ini, dinas pe-ternakan dan perikanan Muaro-jambi selalu rajin melakukanvaksinasi. Hewan peliharaanmilik warga katanya selalu ra-jin di vaksin dinas peternakan.“Yang menjadi persoalan penan-ganan anjing liar. Soalnya pemil-iknya tidak jelas, tentu vaksinasitidak bisa dilaksanakan,” katanya.

Terhadap anjing liar ini, DinasPeternakan hanya bisa me-nghimbau warga untuk lebihhati-hati. Warga juga diminta su-paya tidak mendekati anjing yangtidak dikenalnya. “Kalau tindakanmenembak anjing liar belum biaskita laksanakan,” ujarnya.

Penanganan kasus gigitananjing, dinas peternakan danperikanan selalu berkoordina-si dengan dinas kesehatan. Pen-anganan anjing ditangani dinaspeternakan sedangkan penan-ganan korban (orangnya) di-tangani dinas kesehatan. Hal inidiakui oleh Kadis KesehatanMuarojambi, Abdul Manaf. “Ka-lau kami menangani manusianya,kalau hewannya ditangani dinaspeternakan,”katanya. (fes)

M Juber

Sumur Air Panas BisaDijadikan Objek WisataTIGA titik sumur air hangat di areal Komple-

ks Air Panas Kelurahan Rengas Condong,Muarabulian, segera disurvei Pemkab Batang-hari. Pengecekan untuk mengetahui sejauhmana potensi wisata yang dapat dikembangkan.Selain itu, untuk mengetahui sumber utamapenyebab air panas, termasuk kadar belerang yangterkandung dalam kaitannya dengan kesehatan.

Bila hasil survei menunjukkan lokasi terse-but layak dan memiliki manfaat jelas sebagaiobjek wisata, Pemkab Batanghari menyatakanbersedia mengelola danmenjadikan areal sumursumber air panas itu sebagaiaset dan sumber PAD.

Demikian dikatakanSekreteris Daerah (Sek-da) Batanghari Erpan.“Ya, rencananya dalamwaktu dekat ini akan me-lakukan survei kelaya-kan tiga titik sumur itu.Kalau ternyata sumur itulayak untuk dijadikanobjek wisata, segera benahi dan kita kembang-kan lokasi itu,” katanya kemarin (12/7). Men-yangkut teknis, akan dibicarakan terlebih duludi internal Pemkab.

Untuk diketahui, sumur itu kini tidak dikel-ola maksimal. Menurut warga setempat, daerah ti-tik sumur air panas tersebut berpotensi sebagai tem-pat wisata. Bagi warga setempat, sumur itu diman-faatkan sebagai tempat pemandian umum. Suhupanas tersebut mengandung kadar belerang yangdianggap bisa mengobati penyakit kulit.

“Kalau sore-sore banyak yang mandi karenazat air hangat itu dipercaya dapat mengobatipenyakit kulit seperti kadas dan cacar,” ujarSuandi, seorang warga.

Berdasarkan pantauan Jambi Independentkemarin, dari beberapa titik yang ada, terlihattiga sumur berisi air panas hingga mengeluar-kan asap. Setiap sumur memiliki kedalamansekitar 2 meter. Sumur itu awalnya seperti sebuahkawah kecil berisi air berwarna hitam. Sumur dite-mukan sekitar 1980. Karena airnya panas, wargasetempat takjub dan mengabadikan daerahtersebut sebagai Kompleks Air Panas.(aki)

Retribusi IPJ BelumCapai Target

PENDAPATAN pajak retribusi izin peng-gunaan jalan (IPJ) Batanghari belum menca-pai target. Fluktuasi pendapatan yang masukke kas daerah (kasda) dari sektor itu kini hanyamampu berada pada kisaran Rp 300 ribu hing-ga Rp 500 ribuan per bulan.

Sementara target capaian pendapatan yangakan dikejar pada 2009 mencapai Rp 12 jutaper tahun. “Saat ini kita belum mencapai tar-get, sekarang baru sekitar 60 persen dari pen-capaian itu,” terang Kabid Teknik Sarana danPrasarana Dinas Perhubungan Batanghari Su-parmono kemarin (13/7).

Menurut Suparmono, jumlah perolehantahun ini tidak jauh berbeda dari perolehanpendapatan pada 2008 lalu. Kadis Perhubun-gan Batanghari Jonny menyebut, belum terca-painya target tersebut disebabkan beberapafaktor, seperti banyaknya jalan keluar-masukkendaraan pengangkut bahan baku tambang.

Hasil perkebunan yang lebih dekat menuju loka-si pembongkaran membuat sejumlah penggunajalan lebih memilih jalan tersebut ketimbang mela-lui pos-pos retribusi IPJ yang disediakan.

“Sedangkan pos retribusi IPJ di Batangharihanya tiga unit, di Karmeo, Durian Luncuk, danDesa Jebak. Kita sekarang tidak diperbolehkanlagi membuat pos tambahan di ruas jalan nega-ra dan jalan provinsi, kecuali jembatan tim-bang. Apalagi satu unit kendaraan hanyadikenakan Rp 1.000 sekali lewat,” jelasnya.

Selain itu, kata Jonny, faktor sumber daya alamdan kualitas jalan juga menjadi pemicu rendahnyapemasukan daerah dari sektor IPJ.(aki)

Erpan

MUARASABAK - Wakil Bupati Tanjab Timur M Jubermemerintahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) untuk mengevaluasi dan meneliti kembaliadministrasi pangkalan minyak yang beroperasi di wi-layah Tanjab Timur. Evaluasi sangat penting karena di-duga ada pangkalan atau kios tidak resmi yang menjualbahan bakar minyak (BBM) secara ilegal.

Parahnya lagi, kios-kios tersebut berada di permukimanpenduduk yang padat dan sangat berbahaya jika terjadimusibah kebakaran. “Ini yang perlu kita antisipasi. Sayaminta Disperindag turun dan benar-benar melakukanpengecekan di setiap desa hingga RT,” tegas Juber.

Disperindag diminta benar-benar teliti dan tegas ter-hadap kios dan pangkalan tanpa dilengkapi izin. Selainmenginventarisasi dan mengecek langsung kios-kios tan-pa izin itu, Wabup memerintahkan agar pangkalan yangberada di permukiman penduduk dan masih memiliki izinuntuk mencari lokasi aman jauh dari permukiman pen-duduk yang padat.

“Kios atau pangkalan itu seharusnya memiliki tempatkhusus dan jauh dari rumah induk maupun rumah tetang-ga sekitar. Tujuannya jika terjadi musibah kebakaran dikios atau pangkalan itu, tidak merembet pada rumah in-duk atau rumah tetangga di sekitarnya,” ujarnya.

Menurut Juber, Disperindag bersama dinas terkait jugaharus sering melakukan inspeksi mendadak (sidak) ter-hadap jenis usaha itu, agar kegiatan penjualan minyak il-egal bisa selalu dipantau. Selain itu, pengurusan izin pel-aku bisnis pangkalan minyak juga benar-benar diteliti.

Izin operasi dan nama pemilik usaha juga harus bisadipertanggungjawabkan. Tujuannya agar ketika terjadi

masalah, pemilik usaha dapat diminta pertanggungjawa-ban. Hal itu untuk menghindari terjadinya permainan oleh

pemilik pangkalan maupun konsumen. “Artinya, agar kedu-anya saling menguntungkan,” tandasnya.(usr)

DOK /JAMBI INDEPENDENT

TINJAU: Bupati Tanjabtim Abdullah HIch(dua kiri) meninjau lokasi kebakaran

beberapa waktu lalu. Penyebab kebakarandiduga berasal dari mesin diesel. Wakil

bupati M Juber minta Disperindag menert-ibkan kios dan pangkalan minyak yang tak

ada izin.

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

BERLAKU

14- 16 JULI 09

Jambi IndependentA . D . V . E . R . T . O . R . I . A . LsELAsA, 14 juLI 2009

fOTO-fOTO:jOhAn/jAMBI InDEPEnDEnT

nusantara

Madjid Mu’az Bersilaturahmi dengan Masyarakat Mersam

BuPATI Tebo Drs HA Madjid Mu’az terus mendekatkan diri ke masyarakat. Jumat (10/7), Madjid Mu’az memenuhi undangan tokoh masyarkat Mersam, Kabu-

paten Batanghari. Majid bersi-laturahmi dengan tokoh masyarakat Mersam. Acara diisi dengan diskusi dan makan siang bersama di rumah H Ridwan Saleh, tokoh masyarkat

setempat. Sebelum bersilaturahmi, Madjid Mu’az menyempatkan diri menunaikan salat Jumat dan men-jadi khatib di Masjid Raya Kembang Paseban, Mersam. Pada silatur-

ahmi itu, masyarakat Mersam di-wakili Guru Fahmi, tokoh masyarakat Mersam, menyatakan dukungan kepada Majid Mu’az untuk maju dalam Pilgub Jambi 2010.(amu)Bupati Tebo Madjid Mu’az berfoto bersama tokoh masyarakat Mersam dan pengurus Masjid Raya

Madjid Mu’az saat menjadi khatib. Berpamitan seusai acara. Perwakilan tokoh masyarakat Mersam yang menyampaikan pertanyaan.

Ridwan saleh dan tokoh masyarakat Mersam berfoto bersama dengan Bupati Tebo.

Madjid Mu’azKunjungi

sekretariat hMICabang jambi

DALAM rangka mendekat-kan diri dan menyerap semua respons dari berbagai elemen masyarakat, termasuk dari ka-langan mahasiswa, Bupati Tebo Drs HA Madjid Mu’az menyem-patkan diri mengunjungi sek-retariat Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jambi, Minggu (12/7) malam. Dalam kunjungan-nya, Madjid Mu’az disambut Ketua Badan Koordinasi Him-punan Mahasiswa Islam (HMI) Jambi Hadi Suprapto Rusli didampingi Ketua Umum Him-

punan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jambi Nanda di Sekre-triat HMI Cabang Jambi, Jalan Karya Maju, Lorong Kayu Manis II, Kelurahan Simpang IV Sipin, Kota Jambi. Kunjungan bupati Tebo itu diformat dalam bentuk silaturahmi dan diskusi dengan kader HMI dan perwakilan Korps Alumni HMI Propinsi Jambi mengenai seputar keber-hasilan kepemimpinan Madjid Mu’az di Tebo dan niatnya untuk maju pada Pilgub Jambi tahun depan.(amu)

suasana diskusi yang berlangsung santai.

Drs hA Madjid Mu’az meninjau sekre-tariat hMI Cabang jambi.

Dari Kiri, nanda, Buapti Tebo Drs hA Madjid Mu’az, hadi suprapto Rusli, dan moderator.

Bupati Tebo Drs hA Madjid Mu’az berfoto bersama pengurus Badko hMI jambi dan pengurus hMI Cabang jambi.

fO

TO

-fO

TO

:jOh

An

/jAM

BI In

DE

PE

nD

En

T

4 Ton Solar Tumpah di Sungai RokanUJUNG TANJUNG- Empat

Ton solar industri milik PT Ruas Utama Jaya (RUJ) tumpah di Sungai Rokan Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan setelah kapal ponton yang baru siap isi

mengalami kebocoran dibagian lambung yang menyebabkan ka-pal tersebut tenggelam. Insiden naas itu terjadi Jumat (10/7) sekitar pukul 20.00 WIB yang mengakibatkan tumpahan min-

yak meluas.Ponton pengangkut solar yang

siap isi di pelabuhan Tanah Putih Tanjung Melawan tersebut sedi-anya langsung bergerak menuju base camp PT RUJ di dalam

kawasan Kecamatan tersebut. Namun baru beberapa ratus me-ter bergerak, kapal mulai oleng dan tenggelam setelah lambung kapal mengalami kebocoran cukup serius. Empat ton solar yang bakal digunakan untuk sejumlah kegiatan perkebunan dalam kawasan PT RUJ tumpah

menggenangi sungai.Humas PT RUJ Zulkifli di-

hubungi menjelaskan, kejadian tersebut mengakibatkan keru-gian yang cukup besar. Dis-amping itu, tumpahan solar sempat membuat sungai menjadi terkontaminasi, namun tidak menyebabkan kerusakan ter-

hadap biota sungai. “Belum ada kabar yang menimpulkan terjadi kontaminasi baik hewan maupun tumbuhan di sungai,” tukas Zulkifli, Senin (13/7) kemarin.

Saat ini bangkai kapal ponton yang tenggelam tak jauh dari PT Asia Citra yang mengek-

sploitasi kayu lapis dikawasan tersebut sudah dapat ditarik hing-ga kepinggir dermaga milik RUJ. Evakuasi memerlukan waktu yang cukup panjang setelah sebelumnya sempat dilakukan penyulingan minyak dan air yang memenuhi tangki pengisian BBM di lambung kapal. (jpnn)

Jambi Independent SELASA, 14 JULI 2009

[email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Jumeidi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Prawoto (Kabag), Tareju, Sarjono, Setiadi . Sirkulasi:Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

21 CPNS Keracunan Makanan ----------------------------------------------------------- dari hal 8 Adik Bunuh Diri, Kakak Tenggelam ---------------------- dari hal 8Sementara Iwan yang ikut ter-

jun ke sungai kemungkinanbermaksud menyelamatkanadiknya. Setelah terjun, Iwanterlihat berhasil menyusul danmenangkap Andi yang terlihathanyut. Tapi belum sampai ketepi sungai, keduanya tengge-lam dan tidak muncul lagi.

Setelah keduanya tidak mun-cul lagi ke permukaan, wargasekitar berteriak minta tolonghingga ratusan warga berham-buran ke jembatan. Di TKP,warga menemukan baju dansepeda motor yang diduga mi-lik kedua orang yang terjun kejembatan itu. Dan dari sepeda

motor itu diketahui, keduanyaadalah warga Pasar Dusun Tuo,Desa Balairajo.

Kepala Desa (Kades) Balaira-jo Abdul Hakim ketika dikon-firmasi terkait hal itu di lokasikejadian membenarkan bahwayang terjun dari jembatan ituadalah Andi dan Iwan. Namunketika ditanya penyebab kedu-anya terjun ke sungai, dirinyatidak bisa memastikan. Tapi diamenduga lantaran ada per-masalahan keluarga. “Tampa-knya lagi ada masalah di kelu-arganya. Andi lagi depresi se-hingga nekat terjun ke sungai.Dan memang keduanya tinggal

di Balairajo hanya berdua sajadengan saudara-saudaranya.Kedua orangtua mereka belumlama ini pergi ke Pekanbaru,”terang Abdul Hakim.

Sementara sesaat setelah ke-dua orang itu terjun, warga se-kitar belum dapat melakukanpencarian karena keterbatasanperalatan. Setelah dicek, ke-dalaman air lebih dari 5 meter.Akhirnya pencarian dilaku-kan se te lah t im SAR dar iTebo. Tim SAR yang datangsore kemarin telah berusahamencari, namun hingga pu-kul 18.00 WIB keduanya be-lum ditemukan. (amu)

Vonis 20 Tahun, Keluarga Korban Ngamuk ------------ dari hal 8Selebaran Kasasi Pimpinan Dewan Beredar ------------- dari hal 8

Sebelumnya, beberapa ang-gota DPRD dan mantan anggo-ta DPRD Kerinci telah diek-sekusi oleh Kejaksaan NegeriSungaipenuh. Beberapa ang-gota DPRD Kerinci yang telah

dieksekusi seperti Ferri Siswan-di, Zainal Arifin, Mat Ramawi,dan Mad Sadri serta Firmansyahyang merupakan panitia angga-ran DPRD Kerinci. Mereka telahmenjalani hukuman di Rutan Su-

ngaipenuh selama 1,6 tahun. Se-lain itu, ada anggota DPRD yangmasih dalam status DPO, seperti HjKhadijah, Sawir Samad, danYusuf Sugoro yang disebut-se-but lari ke Malaysia.(dip)

Baik terdakwa maupun kelu-arga korban dengan saksamamemerhatikan putusan yangdibacakan hakim secara bergan-tian itu. “Karena pengacara (ter-dakwa) tidak hadir, kita minta per-setujuan terdakwa apakah dilan-jutkan atau tidak (pembacaan vo-nis),” tanya hakim Hidayat Ha-syim. “Apakah ini bisa dilaku-kan tanpa dihadiri pengacara?”ulang Hidayat. “Langsungsaja,” ungkap Samsudin pelan.

Akhirnya Hidayat membaca-kan putusan. Terdakwa diputustelah bersalah dan meyakinkantelah melakukan pembunuhanberencana terhadap korban.

Untuk itu terdakwa dihukum20 tahun penjara dikurangimasa tahanan. “Ada upaya hu-kum lain. Diterima, banding, ataupikir-pikir?” tanya Hidayat.“Pikir-pikir,” jawab Samsudin.

Sidang diakhiri ketukan paluoleh hakim ketua. Samsudin di-borgol seorang petugas dari ke-polisian. Matanya terlihat mer-ah ketika berdiri dari kursi pe-sakitan. Nah, ketika Samsudindigiring ke luar sidang, tepat-nya baru lewat pintu ruangan,massa yang tak lain keluargakorban tak terkendali.

Berkali-kali massa berusahamerengsek barisan polisi yang

memagari Samsuddin. Adayang memukul, menendang,bahkan menyerang dengantiba-tiba dengan jarak dekat.Untung petugas cekatan, Sam-sudin segera dilarikan ke bagi-an belakang gedung PN Jambi.

Beberapa anggota keluargakorban masih mengejar ke be-lakang. Lagi-lagi petugas si-gap. Dengan cekatan petugasmenghalau aksi massa yang kiantak terkendali itu. “Dio enak di-hukum 20 tahun, kalau anaksayo dak balek lagi!” hardikseorang wanita yang belaka-ngan diketahui bernama Nur-hasanah kepada petugas. (nas)

Lelaki itu mengenakan jaketwarna hitam. Dia bertanya-ta-nya kepada petugas soal pasienyang diduga keracunan maka-nan tersebut. Diintip, dari cata-

tan yang dipegang, terteranama-nama sebanyak 21 orang.Pria itu menanyakan biaya ber-obat pasien. “Disatukan semua,”ungkapnya. Ketika dikonfirmasi,si pria hanya bungkam. Dia lang-sung mengaku tidak tahu-me-nahu. Tak berapa lama, pria itumenjauh dari kerumunan orangdi ruang ICU tersebut.

Lantas apa diagnosa semen-tara dokter? “Intoksikasi (ker-acunan, red),” ungkap seorangdokter, yang di ID labelnya ter-tera nama dr Monalisa, kepadaperawat di sebelahnya, singkat.“Mungkin kita akan memang-

gil BPOM,” tambah si perawat.Terpisah, Kepala Diklat Jam-

bi Rasid via ponselnya mem-bantah soal dugaan keracunanmakanan yang menyebabkanpuluhan peserta diklat terba-ring lemas itu. “Paling tigaorang, mungkin kena di rumahmasing-masing,” ungkap Ra-sid dengan nada keras. “Maka-nan enggak ada masalah, (pe-serta) yang lain masih belajarkok,” tambah Rasid singkat.

Benarkah korban terkena in-toksikasi di rumah masing-masing? Ditanya kembali kepa-da korban, Tanuji mengaku

sudah berada di Kota Jambi se-jak Kamis (9/7) malam. Arti-nya, sejak Sabtu lalu, dia sudahberada di Diklat.

“Pelatihan sejak 1 Juli, kitacuma pulang buat Pilpres. Ka-mis malam sudah di Jambi,”tandas Tanuji.

Beberapa nama pasien terke-na keracunan makanan itu an-tara lain Kusmira, Siti Khadi-jah, Ladiah, Indah, Tanuji,Mido Khobri, Inawati, Hini Pus-pita, Luniati, Ratu Raymawar-di, Ratna, Imin, Rina, Wiwid,Seto, Endra, Khuzaimawati,Septo, dan Suparno.(*)

Pemilik -- dari hal 8Kemudian saat berada di ko-

ordinat 00 049’50” S–10324’00” T, kapal milik Dit PolAir Babinkam Polri yang diper-bantukan di perairan Jambi meli-hat sebuah kapal motor.(rib)

Ibu Rumah Tangga Tewas Kecelakan --------------------- dari hal 8Hanya dalam hitungan detik,

darah segar pun mengucur darimulut korban. Dari keteranganbeberapa saksi mata kejadian,dugaan kejadiannya begitu,”ungkap Kanit Laka Aiptu Kos-madi kemarin.

Usai kejadian, lanjut AiptuKosmadi, korban sempat dilar-ikan pengemudi sopir Kijangnahas tersebut ke RSD Bangko.

Lantaran korban terus menga-lami pendarahan, sekitar pukul11.30 WIB, korban hendak diru-juk ke RS di Jambi. Sayang,dalam perjalanan ke Jambi, te-patnya sampai Pauh, Salora-ngun, korban mengembuskannapas terakhir.

Kapolres Merangin AKBP DrsHudit Wahyudi MHum MSimelalui Kasatlantas Polres

Merangin AKP M Ali membe-narkan korban lakalantas terse-but tewas.(ctr)

Jambi Independentselasa, 14 juli 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

lintasSelebaran Kasasi

Pimpinan Dewan BeredarSUNGAIPENUH - Kabar terbitnya kasasi kasus

korupsi dana tunjangan kesehatan tahun 2004 Rp 1,4 miliar dengan terdakwa unsur pimpi-nan DPRD Kerinci, yaitu terdakwa H Nasrul Madin, H Z Arifin Adnan, dan Syamsu Arifin, hingga kemarin (13/7) masih kabur.

Meski kabur, di Kerinci telah beredar sele-baran mengatasnamakan putusan MA yang disebut-sebut diambil dari situs Mahkamah Agung. Selebaran putusan tersebut mengenai info perkara MA RI dengan nomor register 133 K/PIDSUS/2008 yang menyatakan perkara terdakwa Z Arif in Adnan telah diputus.

Selebaran yang disebut-sebut hasil putusan MA itu berbunyi, kasasi yang diajukan tiga unsur pimpinan itu ditolak. Dalam surat tersebut, tercatat tanggal masuk perkara ke MA 28 Januari 2008, sementara amar putusan dijatuhkan oleh MA pada 31 Maret 2008. Kemudian dalam surat tersebut juga disebutkan bahwa kasasi JPU dari Kejaksaan Negeri Sungaipenuh juga ditolak MA.

Menanggapi itu, panitera muda pidana khusus MA Suhadi SH via telepon seluler membenarkan bahwa kasasi yang diajukan ketiga anggota DPRD Kerinci tersebut telah diputuskan. “Kasasi anggota DPRD Kerinci atas nama Z Arifin Adnan cs memang telah diputuskan,” katanya. Walaupun telah dipu-tus, berkas putusan tersebut belum diterima Bagian Pidana Khusus (Pidsus) MA dari tim sehingga belum bisa dikirim ke Pengadilan Negeri(PN) Sungaipenuh.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Su-ngaipenuh Barita Saragih SH MLL melalui staf Humas PN Sungaipenuh Anton Setiawan SH mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima petikan putusan kasasi tiga unsur pimpinan DPRD Kerinci tersebut. “Kita belum menerimanya. Kita tidak mau mengatakan apakah telah diputus atau tidak sebelum kita menerima,” kata Anton.

Saat dikonfirmasi, Zainal Arifin membena-rkan terbitnya kasasi MA terkait kasus yang membelitnya itu. Hanya saja hingga kemarin dia belum menerima petikan putusan kasasi tersebut. “Informasi yang saya dapat, saya dan rekan-rekan bebas. Tapi kita lihat saja nanti,” terangnya. n

21 CPNS Keracunan Makanan

Vonis 20 Tahun, Keluarga

Korban Ngamuk

Akui HabisMakan MiKatering

SEBANyAK 21 peserta pendi-dikan pelatihan prajabatan CPNS golongan 1 dan 2 angkatan I eks honorer Kabupaten Tebo di gedung Diklat Kotabaru, diduga keracunan makanan. Mereka terbujur di dipan ruang ICU Rumah Sakit Raden Mat-taher (RSRM) Jambi kemarin (13/7) sekitar pukul 15.00 WIB.

Di ruang itu, tampak sekitar 13 peserta yang merupakan calon PNS itu terbaring lemah. Mengenakan pakaian seragam putih bawahan hitam, semua memegangi perut. Sambil meringis, dokter jaga di RSRM sibuk memasangi infus ke tangan mereka satu per satu.

Dari pengakuan beberapa korban, mereka keracunan makanan setelah mengonsumsi makanan yang dise-diakan panitia, yakni mi putih ketika sarapan pagi.

Seperti diterangkan Khuzaimawati, seorang korban, pada pagi hari mer-eka diberi makanan berupa mi serta snack. Usai makan, reaksi belum terasa. “Tapi pagi tadi ada yang ping-san,” ungkap Khuzaimawati, peserta pelatihan, dengan suara pelan.

Tanuji, peserta yang lain, juga mengakui baru terasa geja la lain pada tubuhnya setelah me-nyantap sarapan pagi berupa mi. Bedanya, reaksi baru terasa setelah pukul 10.00 WIB, se-mentara sarapan sekitar pukul 08.00 WIB.

Menjelang makan siang, aku Tanuji, dia merasakan mual pada perutnya. Bahkan berkali-kali dia harus buang air besar bersama rekan-rekannya yang lain.

Karena korban kian berjatuhan,

akhirnya mereka dilarikan ke RSRM Jambi untuk mendapatkan perto-longan. Sekitar pukul 15.00 WIB, ruang ICU rumah sakit itu penuh. Bukan saja pasien korban keracu-nan, wartawan pun mengerubungi ruang itu.

Dokter tampak hilir-mudik mem-bawa kebutuhan obat bagi pasien. Dari petugas, diketahui yang posi-

tif mendapat tindakan rawat inap sekitar sepuluh orang. Sementara yang lain bersikeras pulang. “Total belum dihitung,” ungkap seorang perawat.

Menariknya, ketika suasana kian tegang itu, muncul seseorang ber-pakaian dinas sipil, dengan kemeja dan celana warna krem. n

Pemilik Kapal Ditetapkan sebagai Tersangka JAMBI – Nurhadi (26), pemilik

kapal, warga Desa Teluk Nilau, Kecamatan Pengabuan, Tan-jab Barat, akhirnya ditetapkan sebaga i t e r sangka t e rka i t kasus 5 ton bahan bakar mi-nyak (BBM) jenis solar yang diamankan anggota Direktorat Polisi Air (Dit Pol Air) Polda Jambi , Minggu (28/6) lalu. Direktur Pol Air Ajun Komisaris

Besar Polisi Bambang Irianto kemarin (13/7) mengatakan, saat ini kasus tersebut dalam pengem-bangan. “Berkasnya belum kita limpahkan, masih dilengkapi dan dikembangkan lagi,” katanya.

Dalam kasus tersebut, tersang-ka telah melanggar Pasal 53 huruf b UU 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (Migas). “Kasus itu masih berlanjut,”

katanya.BBM ilegal tersebut saat dia-

mankan diangkut satu unit kapal motor tanpa nama. Menurut informasi yang diperoleh, solar tersebut diamankan sekitar pukul 00.30 WIB oleh KP Cendrawasih nomor lambung 626 di wilayah perairan Sungai Pengabuan, Tanjab Barat. n

Adik Bunuh Diri,Kakak Tenggelam

adiknya Andi, telah lebih dulu berada di jembatan.

Pemuda itu duduk termenung di pinggir jembatan. Kemudian datang lagi seorang lelaki yang diduga ka-kaknya, Iwan, menghampiri Andi. Anehnya, setelah Iwan mendekati, Andi langsung terjun ke sungai. Melihat adiknya terjun ke sungai, Iwan terlihat melepas baju dan lang-sung ikut terjun ke sungai. ”Orang pertama yang datang ke jembatan itu sebelumnya duduk lama sekali di besi sebelah luar jembatan itu. Setelah datang lagi satu orang, orang pertama langsung terjun, dan orang kedua juga langsung buka baju dan ikut terjun,” ujar seorang warga.

Diduga Andi terjun dari jembatan itu dengan maksud ingin bunuh diri. n

Terjun dari Jembatan ke Sungai Batanghari

MUARATEBO - Andi (18) dan Iwan (27) , warga Dusun Tuo Ulu, RT 01, Desa Balairajo, Ke-camatan VII Koto Ilir, kemarin (13/7) hanyut dibawa arus Sun-gai Batanghari. Kakak beradik itu nekat terjun dari Jembatan Pulau Musang, Dusun Pulau Musang, Desa Teluk Kepayang Pulau Indah, Kecamatan VII Koto Ilir, Tebo.

Menurut informasi yang dihimpun di TKP, sekitar pukul 09.00 WIB warga sekitar jembatan Pulau Musang kaget melihat ulah kakak beradik itu.

Menurut keterangan warga se-tempat, sebelum terjun ke sungai, salah satu dari mereka, yang diduga

alpadli monas,Kota Jambi

eddy junaedy/jambi independent

DiaManKan dua orang pria diamankan polisi kemarin (13/7) usai sidang vonis kasus pembunuhan m nur ikbal di pn jambi.

baca pemilik hal 7

baca adik hal 7

baca 21 Cpns hal 7

baca Vonis hal 7

Sidang TerdakwaPembunuh M Nur Iqbal

JAMBI – Sidang pembunuhan M Nur Iqbal, dengan terdakwa Samsudin alias Wawan, ke-marin (13/7) di Pengadilan Negeri (PN) Jambi, berlangsung ricuh. Dalam sidang itu terdakwa divonis 20 tahun penjara, keluarga korban tak terima, lalu menyerang terdakwa.

Sebelumnya, puluhan keluarga korban sudah berkumpul di gedung PN Jambi di Telanaipura sejak pukul 11.00 WIB. Hingga pukul 14.00 WIB, keluarga korban sudah membanjiri ruang sidang, menunggu kedatangan ter-dakwa. Petugas dari kepolisian berseragam lengkap pun sudah berjaga-jaga di dalam ruang sidang.

Sidang dengan agenda pembacaan vonis itu berlangsung sekitar pukul 14.30 WIB. Majelis hakim yang diketuai Hidayat Hasyim dengan anggota Elly dan Nazar itu mulanya berlangsung aman dan lancar. n

baca selebaran hal 7

Ibu Rumah Tangga Tewas Kecelakan

baca ibu hal 7

BANGKO - Rina Sari (32), ibu rumah tangga (IRT), warga RT 10, Desa Sungai Ulak, Ke-camatan Nalo Tantan, Meran-gin, kemarin (13/7) tewas ke-celakaan. Dugaan sementara, Rina tewas setelah motor Suzuki Smash nopol BH 6167 FC yang dia kemudikan menabrak sisi kiri mobil Kijang Krista dengan nopol BH 1555 LF yang dike-mudikan Rista Roni (35), warga IBRD, Bangko.

Peristiwa berdarah tersebut terjadi di Jalinsum Km 3, depan Simpang KONI, di simpang Perumahan Jaksa, Bangko, sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, dari Unit Laka Polres

Merangin terungkap bahwa sebelum kejadian, Rina maupun pengemudi mobil Kijang bergerak satu arah dari Bangko menuju arah Bungo. Keb-etulan mobil Kijang yang dikemudi-kan Roni berada di depan Rina.

Saat berada di tempat kejadian perkara (TKP), tiba-tiba penge-mudi mobil Kijang berbelok arah menuju kawasan Perumahan Jaksa. Dan di saat bersamaan, motor yang dikemudikan Rina menyalip dari sisi jalan sebelah kiri mobil Kijang. Tak ayal, ta-brakan pun tak dapat dielakkan. “Usai kejadian, korban terjatuh da r i motor dan t e rempas ke selokan. n

KeRaCunan: Cpns peserta diklat prajabatan yang keracunan makanan saat dirawat di ruang iCu Rsd Raden mattaher jambi.

eddy junaedy/jambi independent

Jambi Independent SELASA,14 JULI 2009

Luna Maya ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

Besok DimintaUntuk Rujuk

Vira Yuniar - Teuku Ryan

PASANGAN selebritis ViraYuniar dan Teuku Ryan akanbersanding di Pengadilan Ag-ama Jakarta Selatan pada besok(15/7). Di awal persidangan,mereka diminta untuk mediasi.

"Sidang sudah ditetapkantanggal 15 Juli 2009 menda-tang dengan agenda mediasi,"kata Harum Rendeng, jurubicara Pengadi lan AgamaJakarta Selatan, saat ditemuidi kantornya di Jalan Ramb-

utan No. 7 Pejaten, Jakarta Se-latan, Senin (13/7).

Harum berharap sidang be-sok akan dihadiri kedua be-lah pihak, terutama Vira se-bagai penggugat. Vira meng-gugat c e r a i Ry a n p a d a 3Juli lalu setelah sebelum-nya pisah ranjang selama 3bulan. Mengenai penyebabperceraian, keduanya masihbelum memberikan keteranganyang pasti.(jpnn)

Beli Rumah 3 M untuk MeritBIASANYA Luna Maya paling sebal jika ditanya kelanjutan hubungannya dengan ArielPeterpan. Tapi baru-baru ini berembus kencang kabar dia sebentar lagi siap menikah.

Lihat saja buktinya, Luna membeli rumah seharga Rp 3 miliar yang isunya untuk di-tempati jika sudah menikah nanti. Rumah model town house itu berada di Kompleks

Kalila Residence di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Barat.Saat dikonfirmasi, manejer Luna, Vita, membantah isu tersebut.“Saya enggak tahu ya kabar itu datang dari mana. Yang saya tahu, uang Luna

diinvestasikan untuk cafenya di Bandung,” bantah Vita ketika dihubungi.Bantahan Vita diamini penjaga rumah Kaila Residence. “Luna tidak pernah

mendatangi rumah itu. Tapi rumah ini memang kalau dijual seharga 3 miliar.Tapi bisa juga dikontrak. Tapi saat ini semuanya sudah terisi penuh,” terangIslami.

Sebagai salah satu orang terdekat artis berdarah Bali itu, Vita merasa herantidak mengetahui uang Luna lari ke mana. Karena itu ia menduga lain.

“Itu gosip aja kali supaya rumahnya laku,” tegas Vita.Meskipun tidak ada bukti rumah mewah tersebut dibeli presenter acara

musik Dahsyat tersebut, kabarnya nama Luna sudah tercatat sebagaiwarga kawasan Jeruk Purut. Itu terbukti dari daftar pemilihan tetap (DPT)pada Pilpres kemarin.

Dalam DPT yang dikeluarkan ketua RT 006, Luna Maya tercantum besertanomor KTP-nya, yakni 095306660883703.

“Enggak benar itu. Pak RT-nya saja kurang kerjaan,” tutup Vita.(jpnn)

Jambi Independent

selasa, 14 juli 2009

Pengasuh: Rosefina

“ Jawaban yang lemah lembut meredahkan kegeraman tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah”

koko

ahong

Bertobat dengan Namaskara Seribu BuddhaLafalkan Nama Buddha sambil Bersujud

Upacara itu biasanya digelar sekali dalam setahun. Umumnya dilakukan di awal tahun baru Imlek sehingga tahun baru disambut kehidupan baru yang lebih baik. “Itu sudah menjadi jadwal tetap yayasan dalam menggelar acara ini,” ujarnya.

Tujuan upacara, kata Asiang, agar umat bisa merenungkan sifat-sifat yang dimiliki Buddha sesuai nama yang dilafalkan. “Agar kita bisa mengikuti sifat-sifat yang dimiliki Buddha. Upacara harus diikuti oleh hati yang tulus dan bersih sehingga kita sendiri bisa mencapai kebuddhaan atau Bodhisatwa sesuai amal yang kita lakukan di dunia,” katanya.

Biasanya upacara dilanjutkan meng-gelar Api Homma. Upacara Api Homma adalah pemberian makan bagi makhluk hidup di alam berbeda dari manusia. Arti-

nya, memberikan makan untuk makhluk yang sudah meninggal yang berada di sekitar kita, hanya saja kita tidak bisa melihat dengan mata t e rbuka . “Di dunianya, ada makhluk yang juga merasakan kelaparan sehingga kita perlu memberi makanan sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari,” ungkapnya.

Dalam upacara itu, makanan yang telah disedi k a n a k a n d i b a k a r s e c a r a b e r -sama-sama. Akan dibuat satu tempat pembakaran, kemudian satu per satu makanan dibakar. Makanan tersebut a k a n d i m a n f a a t k a n o l e h m a k h l u k yang kasa t mata a tau para le luhur yang t e l ah men ingga l . “Seh ingga mereka bisa memenuhi kebutuhan mer-eka sehari-hari,” tandasnya.(lyn)

JAMBI - Upacara Namaskara Seribu Buddha (Pai Seribu Buddha) adalah upacara memberikan penghormatan dan melakukan pertobatan kepada seribu Bud-dha. Caranya dengan melafalkan nama Buddha yang berjumlah seribu. Tiap satu nama harus bernamaskara atau bersujud sekali. Biasanya acara dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama bernamaskara sebanyak 500 kali. Setelah istirahat, ta-hap selanjutnya dilakukan dengan sujud sebanyak seribu kali. “Jadi umat akan melakukan sujud sebanyak seribu kali di hadapan Buddha,” ujar Asiang, pengurus Yayasan Buddha Amithaba Jambi.

Lebih 10 Tahun Aktif di Kelenteng

Ahong, pria kelahiran Jambi, 12 Juni 1976, sudah lebih dari sepuluh tahun aktif meng i k u t i b e r b a g a i kegiatan di Kelen t e n g S i u San Teng. Sehari-hari pria yang me-miliki usaha sendiri itu mengaku mendapatkan berkah selama aktif di kelenteng. “Jika tidak ada kegiatan, saya sering menghabiskan waktu di kelenteng, membantu beberapa kegiatan yang ada,” ujarnya ra-mah.

Ahong mengaku mendapatkan banyak manfaa t dan pe la ja ran s e l a m a b e r a d a d i k e l e n t e n g , t e ru tama memperda lam agama

Konghucu. “Melihat orang setiap hari sembahyang , t en tu membawa energ i positif bagi saya. Paling tidak saya bisa semakin dekat dengan Tuhan dan sema-kin rajin sembahyang,” bebernya.

Selain itu, meskipun tidak tercatat se-

bagai pengurus resmi, wiraswastawan itu acap membantu beberapa pengurus mempersiapkan segala sesuatu berkaitan persiapan sembahyang. “Seperti mem-persiapkan kertas sembahyang, garu, dan keperluan lain,” bebernya.(lyn)

SUJUDaldino/jambi indePendent

umat buddha sedang melakukan sembahyang di Yayasan buddha amithaba.

Jambi Independent SELASA, 14 JULI 2009

JAMBI-PALEMBANG SETIAP JAM KERJA

JAMBI-BENGKULU 09.00 & 20.00

JAMBI-PADANG 08.00 & 20.00

JAMBI-BANGKO 10.00 & 17.00

JAMBI-PEKANBARU 10.00 & 20.00

JAMBI-TEMBILAHAN 10.00 & 18.00

JAMBI-BUNGO 10.00 & 16.00

JAMBI-LAMPUNG 20.00

BERANGKAT DENGAN MOBIL KIJANG KAPSULMENERIMA JASA TITIPAN (PAKET/BARANG) UNTUK SEMUA JURUSAN

PO. RATU INTANJl. Prof. M Yamin (depan Hotel Harisman)Telp: (741) 20784, 27876 HP: 81174378

PO. TOPJl. HOS Cokroaminoto No. 3 Simpang Kawat

Telp. 40653,43160

JAMBI-PALEMBANG 07.00, 08.00, 09.00,11.00, 12.00, 14.00,16.00, 18.00, 20.00,EXTRA

JAMBI-PEKANBARU 10.00, 20.00JAMBI-DUMAI 10.00, 20.00JAMBI-LAMPUNG 12.00, 20.00JAMBI-MA BUNGO 07.00, 09.00, 11.00

17.00, 20.00, EXTRAJAMBI-PADANG 10.00, 16.00, 20.00

MA. BUNGO-PEKAN BARU 10.00 dan 20.00

MA. BUNGO-PALEMBANG 09.00, 12.0015.00, 20.00

JAMBI-SAROLANGUN 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,

EXTRAJAMBI-BANGKO 07.00, 09.00, 11.00,

13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BENGKULU 10.00 dan 20.00

PO. TRANSTARJl. Mayor A. Marzuki (Simpang Kawat)

Jambi Telp. (741) 41888 - 438

JAMBI - PALEMBANG 07.00 S/D 20.00TIAP JAM

JAMBI - LAMPUNG 17.00, 20.00

JAMBI - PEKANBARU 09.00, 15.00 & 20.00

DP Rp 800 Ribu,Langsung BawaPulang Honda BladeSalah Satu ProgramSambut Ajaran Baru

JAMBI – Sinar Sentosa main diler ofHonda motorcycle Jambi sekali-gus sebagai market leader ,kembal i menyediakan pro-gram khusus untuk para kon-sumen setia Honda. Programini diperun-tukkan bagisiapa saja danapapun pro-fesinya.

P r o g r a mitu hanyab e r l a n g -sung selamaempat hari,yakni mulai15-18 Juli2009. Pro-gram yangd i t a w a r k a nhanya denganmembayar uangmuka/down payment (DP) Rp 800ribu konsumen bisa membawa pulangHonda Blade 110 R.

Dalam program itu konsumen menda-patkan subsidi Rp 700 ribu dan hematRp 1.780.000. Demikian dikata-kan Andrew Attan,marketing Si-nar Sentosa.“Program inikhusus untuk Hero Honda Blade dan pe-nggemarnya,” katanya.

Ditambah pula dengan memasukitahun ajaran baru, sehingga anak-anaksekolah dapat bersekolah dengan meng-gunakan motor baru. Program ini meru-pakan salah satu bentuk penunjang ke-mudahan bagi masyarakat.

Hingga kini Hero (sebutan bagi produkHonda, red) yang disediakan Honda

masih merupakan juara di kelasnya mas-ing-masing. “Astra Honda Motor pastisudah memperhitungkan motor yang se-suai dengan kebutuhan konsumen,” ter-ang Andrew.

Dia mengatakan saat ini beberapaHero Honda seper-ti Absolute Revo

dan Honda Blademengalami persai-ngan yang cukupketat dengan pesa-ing sekelas lain-nya. “Sedangkanuntuk jenis SupraX series penjua-lan masih cukup

baik,” katanyalagi.

U n t u kjenis S-k u t e rMatic,k a t aA n -drew,

Honda se- b a g a ip e l o p o r t e c h -nology skut- er maticsendiri me- m i l i k iteknologi khusus yang tidak dimiliki

oleh kompeti-tor lain.“Salah satun-ya adalah par-king break lockatau rem tan-gan, side stand-

switch, yakni sensor otomotif yang manaarus mesin motor otomatis terputus keti-ka standar samping ditegakkan,” un-gkapnya dengan bangga.

Dari sekian banyaknya Hero yang telahmenjadi unggulan Honda, akankah Hon-da mengeluarkan Hero terbarunya?“Tunggu saja tanggal mainnya,” tegasAndrew meyakinkan. (lyn)

Mobil Seken denganKualitas Baru

Di PT RilexindoMobil Sentosa

JAMBI - Satu lagi showroom mobilbaru hadir di Jambi. PT Rilexindo Mo-bil Sentosa yang terletak di Jalan GajahMada Nomor 4, 5 dan 6, Jelutung, KotaJambi, dapat dijadikan pilihan bagimasyarakat yang ingin membeli mobil sek-en dengan kualitas yang masih bagus.

Pimpinan PT Rilexindo Mobil SentosaOniwaty mengatakan, di showroom-nyabergerak di bidang jual beli mobil be-kas berbagai tipe dan merek. “Dengankondisi yang masih bagus,” terangnya.Di antaranya, merek Toyota, Honda,Daihatsu dan merek lain.

Stok yang tersedia, kata Oni, terdiri

dari banyak pilihan. “Kami juga menye-diakan fasilitas track ini dari showroomDaihatsu,” ujarnya.

Sehingga dapat memudahkan bagi kon-sumen yang ingin mengganti mobil la-manya dengan mobil yang baru. Untukharga, Oni mengatakan, sangat bersaingdengan kompetitor lain. “Yang terpent-ing disini kita sangat memperhatikan kon-disi mobil secara keseluruhan,” ungkapnya.Di PT Relixindo Mobil Sentosa juga tersedialayanan pembelian secara kredit.

Adapun fasilitas lain, bagi konsumenyang telah membeli mobil di showroommiliknya akan disediakan layanan pe-masangan accesori mobil dengan hargakhusus di Rilexindo Auto Accesories.Sehingga, mobil yang dibeli dapat lebihdipercantik.(lyn)

ALDINO /JAMBI INDEPENDENT

BARU BUKA Terlihat mobil seken dengan kualitas baru di PT Rilexindo MobilSentosa. Showroom pimpinan Oniwaty ini baru hadir di Jambi

selasa, 14 juli 2009 Jambi Independent

SELASA, 14 JULI 2009Jambi Independent

July 14, 2009

Jika anda llsn SMU/sederajat inginberkarir di dunia anak, ikuti pendidikansingkat calon guru TK/Playgroup. Ph.0741-7163636.

JI0914 | 17-16/07

Dicari Konsultan dan Asisten Kesehatanseluruh kabupaten dan kota Jambi. SMSidentitas ke 085266195445.

JI0914 | 17-17/07

Lowongan kerja HDR PO BOX 88888new staf Adm, Supervisor, Accounting,Marketing Leader, Assisten Manager.Usia min. 25 th, max. 35 th.

JI0914 | 26-25/07

Dibthkan krywt bisa facial berdomisili disekitar Jambi Timur, penampilan menarik, single. Almt Jl. P. Polim No. 25 Rt.24 Kel. Rajawali. Ph. 21271.

JI0914 | 05-18/07

Yayasan pendidikan Unggul Sakti bth grEko, Kimia, Mtk, Komputer, B. Ing,Pustakawan. Lamaran antar ke Jl. P.Antasari No. 18 Tl. Banjar.

JI0914 | 03-16/07

Dicari mahasiswa/i kerja part time,penghasilan 1-3 jt/bln. Hp. 085263414089.

JI0914 | 11-16/07

Dbthkn krywn utk 1. Cuci mobil minSMK/SMU, laki2 max. 25 th, SKCK, srtkshtn, 2. Cleaning Service min SMP.Syrt lain sama. Lmrn krm ke Derici KbnJeruk Jl. Sumantri Brojonegoro Jbi.

JI0914 | 11-16/07

Dicari SPG/SPB part time inc. 100 rb-300 rb/hr, serius hub. 081919020015.

JI0914 | 11-16/07

Dibthkn kary (pria) yg brpglmn bkrja dirmh makan, min 1 th. Hub. HidanganTaraso Jl. Kol. Amir Hamzah No. 66Telanaipura Jambi. Ph. 0741-667773.

JI0914 | 11-16/07

Edam Burger, mmbthkan kary wanita,blm menikah, max. 28 th. Hp. 081274816858.

JI0914 | 11-16/07

Dbthkn Marketing Leader & Adm, min.D3, marketing min SMA. Krm lmrn kePT Adira Quantum dpn ex bioskop murni.

JI0914 | 12-25/07

Apotek KF Jambi membutuhkan segeralulusan SMF/AKFAR. Lamaran diantarlangsung ke Jl. Sumantri BrojonegoroNo. 1 Jambi. Ph. 7078571.

JI0914 | 14-27/07

PT. DS Int. kembali mmbk kesmpatankerja brgrk dibid management dg syrt:srt lmrn, FC. KTP, FC. Ijazah, biodata,min SMU sdrjt, max. 27 th. Atr lmrnanda ke PT. DS Int. Jl. Brigjen. KatamsoNo. 177 Kasang Jambi. Info: 081366364555. Buka 10-15 Wib.

JI0914 | 14-19/07

Dicari karyawati berpengalaman untuksalon. Ph. 26575.

JI0914 | 14-19/07

Dicari 5 org serius full time income 5-10jt/bln, siap training, khusus domisili Kab.Bungo. Hp. 081539847577 (tdk melayaniSMS).

JI0914 | 14-00/07

Perush perkebunan kelapa sawit mmbthkn tenaga krj u/ bag : legal & humas(legal & public relations). Syrt: S1(Hukum), memahami ttg perizinan, dptbersosialisasi dg baik, pria, max. 30 th,diutamakan bs mengendarai mobil, brsdiadi tempatkan di mana saja. Lmrn via KtrJambi Independent dg kode “SPMJ”, plglbt 23 Juli 2009.

JI0914 | 14-19/07

Dibutuhkan karyawan salon. Ph. 221116.Salon Alexander.

JI0914 | 14-27/07

Dibthkan karywn/ti untk konter Hp. MinSMA, antr ke Indocell Abadi No. 11.

JI0914 | 11-16/07

Dibthkn Pria pend. SMA/STM u/ dibengkel las/konstruksi/machinery diLingkar Selatan (samping SMS Mini Mar-ket). Hub. Handy Gunawan. Hp. 085230044599.

JI0914 | 11-16/07

Resto Pempek Selamat membthkn sgrbag: 1. Waiter/ss, brpnmpln mnrk, minSMA/sdrjt, wanita/pria + 18 th, 2. Ac-counting berpengalaman, min sarjana,wanita/pria, usia + 25 th. Lmrn plng lmbttgl 15 Juli 2009 ke Pempek Selamatterdekat Thehok, Sipin, Tlg Banjar.

JI0914 | 10-15/07

Dicari Tukang Gypsum, Tralis & bangunan & Kaligrafi untk partner krj. Hp. 081366806669.

JI0914 | 09-15/07

ADMINISTRASIDbthkn Adm wanita, min. SMA, max. 25th, blm menikah, bs komputer. Lmrn krm ke CV. Surya Jaya Prima. Ph. 62659.

JI0914 | 10-16/07

Workshop Teknik Laundry ditunda tgl12 Juli 2009, tempat Hotel Abadi Jambi.Info 087 877 109 364 / 7140090.

JI0914 | 13-19/07

Jual isi warnet br 6 bln 10 comp P4,LCD, server, kursi, UPS, dll. Rp. 40 jt.Hp. 081927661578.

JI0914 | 10-15/07

BIRO JASABiro jasa SIM, STNK, BPKB, KIR mutasiluar daerah. Jl. Yunus Sanis No. 35.081366466343.

JI0914 | 02-15/07

BULDOZERDirental : Buldozer D6G thn 2007. Dijual: Excavator EX-100 thn 2000. Hp.0811719813/0741-668250.

JI0914 | 08-20/07

BUTUH DANA TUNAIJaminan BPKB mobil mulai th 85 bungamulai 0,575%/bln. Hub. Adi, 7070448/081366027500.

JI0914 | 08-15/07

Dicari bisnis/usaha yg dijual besertabangunannya. Hp. 08176583137.

JI0914 | 10-10/08

ELEKTRONIKJual alat pemanggil walet canggihmultimax. 021-70577500/08159123172.

JI0914 | 07-07/08

KEHILANGANTelah hilang sertifikat tanah a/n H.Asniwarni No. 1033 Ds. Tangkit, bg ygmenemukan. Hp. 081366596899.

JI0914 | 11-17/07

Tlh hilang BPKB motor type NF125 sd/Honda BH 4623 HE an. Fadril Aziz IsnainiJl. Lgkr Selatan Rt 22/08 Pl Merah KtJmb. Bg yg menemukan hub Bp. Junaidi,081274105718.

JI0914 | 10-16/07

MESIN BUBUTDijual cpt Mesin Bubut L5 panjang 2 M,siap pakai. Ph. 0741-7011651/081927456471.

JI0914 | 08-17/07

PULSA ELEKTRIKBisnis pulsa elektrik modal 50 rb. Bisajual AS, SImpati, XL, IM3, Mentari, Flexi,Three, Esia, Ceria, dll. Hub. 085266060708/085266252525 atau langsung sajake Dream Cell Simpang DB 4 dpn KedaiKopi Espreso Kota Baru.

JI0914 | 03-03/08

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Fotuner, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0914 | 14-14/07

SAFIR RENTAL. Menyewakan Harian,Blnn. Kjg Kapsul, Innova, L-200, DCRanger. Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0914 | 08-07/08

R U M A HDjl RUMAH Blok N5N6 Villa Kenali tipe36 jadi 70 sdh renovasi, hrg 150 jt. Hp.08127407519/9702099.

JI0914 | 23-23/07

Dijual RUMAH lok. Griya Aur Duri IndahBlok D No. 364 type 36. Ph. 7140071,hrg 65 juta.

JI0914 | 00-00/00

Dijual RUMAH Lt. 304 M2, Lb. 132 M2,Km 4, PLN, PAM, Telpon. Lok. Broni.Hp. 081312158888.

JI0914 | 16-20/07

Dijual Perum Ratu Daha 3 Ps Putih tipe70. Kt 3, Km 2, l. tnh 180, listrik 1300 W,pagar keliling, Rp. 150 jt. Sertifikat. Hp.08127846996.

JI0914 | 14-27/07

Dijual RUMAH T 36/240 M2 di PerumAur Duri, sertifikat, PAM, PLN. Hp. 085266012828.

JI0914 | 12-17/07

Dijual RUMAH Jl. Manyar Raya Perumnas Kota Baru sdh renovasi. Hp. 081365632255.

JI0914 | 13-20/07

Dijual! Perum Barcelona Blok H 14 type30/125M lok di sudut, hadap timur, adakelebihan tanah. Harga Rp. 79 jt. Hp.081919145777.

JI0914 | 10-24/07

Dijual! Perum Puri Mayang, ClusterCasablanca Blok E 6 type 50/135 M, lokhadap taman luas, gaya minimalis. Cash/KPR. Hp. 08127412710.

JI0914 | 10-15/07

Dijual RUMAH Lt. 363 M3 Lb. 140 M hrgnego, Lrg. Pinang Sebatang Thehok. Hp.081366549697.

JI0914 | 05-24/07

Perumahan 8 x 16 M siap huni depan PTAbun Sendy Lrg. Kapak, Handil. 0741-7139858.

JI0914 | 10-15/07

DAIHATSUTAHUN 2003

Sedan CERIA thn 03 w. hitam, Rp. 45 jtneg. Hp. 08197400520.

JI0914 | 14-15/07

TAHUN 2008Dijual XENIA LI th 08 VVTi. Ph. 0741-7175862.

JI0914 | 06-19/07

H I N OTAHUN 2001

Dijual Hino 2001, Tronton, pajak baru,plat BH, mulus, hrg nego. Hp. 081213676869.

JI0914 | 14-14/08

H O N D ATAHUN 1991

Dijual H. ACCORD MAESTRO 91 AC,PS, PW, tape, abu-abu met, 39 jt ng.081218324337.

JI0914 | 14-19/07

TAHUN 2002Dijual Honda STREAM 2002 BH pilihan.Hp. 081366533768.

JI0914 | 14-19/07

TAHUN 2004JAZZ i-DSI matic th 04 cok muda. Ph.7078899. Bisa kredit via KKB BCA 5,3%1 th.

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 2006JAZZ V-Tech edition th 06 mls, lkp, hrgnego. Ph. 7034562.

JI0914 | 14-19/07

TAHUN 2007NEW CRV 07/08 matic 2.0 cc mulus.Ph. 7078899. Bisa kredit via KKB BCA5,3% 1 th.

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 2008JAZZ NEW RS matic 08 htm, BH, 210jt. Ph. 3002888. Bisa kredit via KKBBCA 5,3% 1 th.

JI0914 | 13-18/07

HYUNDAITAHUN 1996

Djl Hyundai CAKRA/ELANTRA th 96/97, 95/96 wrn htm, bd mls, hls, ors.081274477645.

JI0914 | 07-16/07

I S U Z UTAHUN 1995

PANTHER Hi-Grade 95 AC dbl/PW/PS/TP. Nego. Hp. 081218725777.

JI0914 | 12-17/07

MITSUBISHITAHUN 1995

GALANT VR MPi th 95 silver, AC/PS/PW/CL/TV/DVD, 49 jt (nego). Hp. 081366723728.

JI0914 | 14-19/07

TAHUN 2003Mitsubishi COLT T 120 SS th 03 mini-bus, bisa DP 15 jt. Hp. 081366313139/08127833355.

JI0914 | 14-15/07

TAHUN 2008Dijual Mits. TRITON GLX th 08 plat BH,mulus. Hp. 0811747364.

JI0914 | 10-15/07

Jual 2 bh Mitsubishi TRITON th 08 kond.bgs, mesin trwt, full acss. Hp. 081349477021.

JI0914 | 11-16/07

N I S S A NTAHUN 2004

X-TRAIL ST htm th 04. Ph. 3002888.Bisa kredit via KKB BCA bunga 5,3% 1th.

JI0914 | 13-18/07

S U Z U K ISuzuki X-OVER BH, htm pjk baru. Hrg160 jt. Ph. 3002888. Bisa kredit via KKBBCA bunga 5,3% 1 th.

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 1994Over kredit JIMNY KATANA GX th 94 catasli, wrn mrh met, DP 23,5 jt nego. Angs27 bln lg x 1,3 jt. Hp. 081274292121.

JI0914 | 08-15/07

Jl KATANA th 94 w. biru metalik, plat B,hrg 38 jt. Ph. 3001970.

JI0914 | 14-24/07

TAHUN 1996Dijual KATANA GX th 96 w. ungu, mulus.Hp. 085222055568.

JI0914 | 12-17/07

Over kredit BU KATANA th 96 BH msnsht, w. biru gelap. Ph. 7163877/08127407519.

JI0914 | 11-27/07

WIJAYA RENTAL. Taft Hi-Line, L-200 DC4x4, Kijang Kapsul, Panther Kapsul,Rocky. Harian, Mingguan, Bulanan. Ph.445008/08127406668.

JI0914 | 15-15/07

MP RENTAL. Kijang LGX, Kuda. Mulai200 rb/hr. Ph. 0741-7142806/081366969866.

JI0914 | 03-03/08

ICHA RENTAL. Murah Kijang Krista, 300rb + sopir. Harian, Mingguan. Hp. 081366987757.

JI0914 | 09-18/07

DION RENTAL. Mywkn Kijang LGX,Innova. Harian, blnan. 0741-7048421/081366556045.

JI0914 | 26-26/07

CERIA AUTO. Menyewakan jam-jaman,harian, Mingguan, Bulanan armadaInnova, LGX, Xenia, Panther, APV. Hp.08127870210/7048555/085266435778.

JI0914 | 22-22/07

FAJAR RENTAL. Kijang Kapsul, Innova.Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0914 | 06-06/08

AMEL RENTAL. Sewakan Avanza,Kijang, LGX, Krista. Harian/Bulanan.(0741) 570502/7006836/0816398939.

JI0914 | 06-06/08

SH RENTAL. Avanza, LGX, Innova, Die-sel. Hran, Mgguan, Blnan. 581706/08526611 6128.

JI0914 | 10-10/08

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mingguan, Bulanan. (0741) 085266749975/081366680440.

JI0914 | 24-24/07

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova,LGX. Harian, bulanan. Hp. 081366383337/7142213.

JI0914 | 02-01/08

SERVICESERVICE PANGGILAN. AC, Kulkas, Freezer, Show case, M. Cuci, dll. Jasa Teknik. Hp. 081393243370/081319160180.

JI0914 | 14-19/07

MAJU JAYA SERVICE. Mnrm pemasangan per baikan pemeliharaan AC baru/AC bekas, Kulkas, msn cuci, dll. Hp. 081366356788/0741-7012343/081366000515.

JI0914 | 02-01/08

MENTARI JAYA. TERIMA JUAL BELIAAC SECOND. Service AC panggilan/pemasangan AC/pemeliharaan/cuci AC.Ph. 0741-7006537/75512356.

JI0914 | 22-22/07

TERIMA KOSTTerima kost putri mahasiswi pasar ter-minal Rawasari. Hp. 08129180083.

JI0914 | 04-17/07

INNOVA G Gold BH th 06 A/T, bunga6,9%. Hp. 081366345555/081366901122.

JI0913 | 08-15/07

INNOVA G hitam th 05 M/T, bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0913 | 08-15/07

INNOVA G hitam th 05 M/T, bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0913 | 08-15/07

INNOVA G hitam th 05 M/T, bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0913 | 08-15/07

AVANZA G hitam th 08, bunga 6,9%. Hp.081366345555/081366901122.

JI0913 | 08-15/07

JAZZ VTEC silverstone th 06 A/T, bunga6,9%. Hp. 081366345555/081366901122.

JI0913 | 08-15/07

AVANZA G hitam th 07, bunga 6,9%. Hp.081366345555/081366901122.

JI0913 | 08-15/07

Info Kredit, hub. Adi Hp. 0741-7070448/081366027500.X-TRAIL ST silver th 03, 170 jt, bunga6,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

KIJANG LGX silver th 03, 135 jt, bunga6,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

KIJANG LGX hitam th 01, 118 jt, bunga8,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

KIJANG LGX biru th 00, 112 jt, bunga8,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

AVANZA G silver th 08, 140 jt, bunga6,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

AVANZA G sampanye th 04, 112 jt, bunga6,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

Suzuki CARRY Minibus abu-abu th 04,60 jt, bunga 6,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

PANTHER pick up hitam th 04, 80 jt,bunga 8,9%. Hp. 08127415537/0741-7045122.

JI0913 | 08-15/07

KREDIT VIA BCA FINANCEInformasi Kredit mbl bekas via BCAFinance. Hub. Welly, 0741-7121329/0811741329. Zolan, 0741-7110700/085266461682.

JI0913 | 13-28/07

KIJANG LGX 02 silver, mulus, Ok. Hub.Mercyano 228 Mob. Hp. 08127498099/0741-7002598, 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

KARIMUN 00 DX biru met, BH, mulus,Ok. Hub. Mercyano 228 Mob. Hp. 08127498099/0741-7002598, 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

Honda CIVIC VTiS 01 htm solid, plek 18crm Ok. Hub. Teratai Mob. Hp. 081366597777/0741-7073777, 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

Honda CIVIC VTi 01 silver, mulus, Ok.118 jt net. Hub. Cendra Motor. Hp. 081539814294. 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

VIOS 03 hitam, kndsi mulus, Ok. Hub.Cendra Motor. Hp. 081539814294. Bunga8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

RUSH S 09 hitam, BH. Hub. PahlawanMobilindo. Hp. 081274229992/08192581800. 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

JAZZ S 09. JAZZ Vtch 07 A/T, hitam,BH. Hub. Pahlawan Mobilindo. Hp. 081274229992/08192581800. 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

INNOVA G 04 akhr silver, B. Hub. Pahlawan Mobilindo. Hp. 0812 74229992/08192581800. 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

KUDA Dmnd 1.6 05 silver, BH. Hub.Pahlawan Mobilindo. Hp. 0812 74229992/08192581800. 8,5% 1 th.

JI0913 | 13-28/07

BUTUH MOBIL ???Ready!!! Xenia, Luxio, Grandmax. Disc.9 jt. DP 12 jt, 5 th. Fitri, 081366166072/7093833.

JI0914 | 10-24/07

BELI MBL BUNGA RINGANXenia DP 16 jt, krdt 5 th, disc 8 jt. Granmax MB DP 12 jt. PU, Terios 22 Nila,081274063978.

JI0914 | 05-18/07

RENTAL DUMP TRUCKDirentalkan Dump Truck PS chanter 125thn 08, 10 unit. Hp. 081274848600.

JI0913 | 20-21/07

KATANA 96 hitam, BG, AC dingin, lkp,hrg 46 jt. Hp. 081274845775.

JI0914 | 11-16/07

TAHUN 2003Jl ESCUDO 1.6 th 03 BH, coklat met,TV, sound sistem, hg 118 jt ng. 08127430336.

JI0914 | 13-18/07

Dijual Suzuki XL 7 warna hitam, BH th2003, kondisi isitimewa. Hp. 0811742270.

JI0914 | 09-14/07

TAHUN 2007Dijual Suzuki KARIMUN ESTILO th 07knd. orsnl, wrn htm, hrg nego. Hp. 085266120088.

JI0914 | 10-15/07

TOYOTATAHUN 1994

Jual cepat sedan GREAT COROLLA 94merah, Rp. 35 jt. Hp. 085266718014.

JI0914 | 10-15/07

TAHUN 1995Dijual Toyota KIJANG super G th 95,lkp. Hp. 08127394153.

JI0914 | 13-22/07

TAHUN 1997Dijual COROLLA All New 97 abu-abumet, VR. BR, AC dingin, BH, lkp. Hp.08127818975.

JI0914 | 07-09. 13-15/07

KIJANG Kapsul 97 bgs/lkp/siap pakai,hrg 99 jt nego. Hp. 081532222600.

JI0914 | 11-16/07

TAHUN 1998Dijual KIJANG Krista 98 biru, BH, ansendiri. 081539836233.

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 2001Dijual KIJANG pick up th 2001 pjk baru,BH. Hp. 081366621444.

JI0914 | 10-15/07

Dijual KIJANG Krista solar 01 & HARD-TOP solar 82. Hp. 0811744460.

JI0914 | 14-19/07

TAHUN 2002Dijual KIJANG LGX th 02 Diesel silver,tgn I, BH, f. system. Hp. 08192557830.

JI0914 | 12-17/07

TAHUN 2003Dijual Kj LGX 1.8 th 03 war silver, platBH, pjk baru. Hp. 08127838775.

JI0914 | 14-19/07

LGX 2003 bensin, 1.8 hitam, mulus. Hp.085266066220.

JI0914 | 01-14/07

Dijual NEW KIJANG Krista th 03, BH,pajak baru. Ph. 41102.

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 2004Dijual AVANZA G th 04 wn silver, tgn I drbaru. Hp. 08127838775.

JI0914 | 10-23/07

KIJANG LGX solar th 04 silver. Ph.7107772. Bisa kredit via KKB BCA 5,3%1 th.

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 2005Dijual KIJANG INNOVA thn 05 type Gwn silver, pjk baru, tng I. Hp. 081366585567.

JI0914 | 12-17/07

Dijual INNOVA th 05 type V, plat BH,biru mulus. Hp. 0811747364.

JI0914 | 10-15/07

TAHUN 2006AVANZA G 2006 warna hitam, istimewa.NO SMS 081366675858.

JI0914 | 12-17/07

INNOVA G 06 hitam mulus. Ph. 7078899.Bisa kredit via KKB BCA (bunga 5,3% 1th).

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 2007INNOVA G silver euro 2. Ph. 7107772.Bisa kredit via KKB BCA 5,3% 1 th.

JI0914 | 13-18/07

INNOVA V 07 hitam euro 2, TV. Ph.7107772. Bisa kredit via KKB BCA 5,3%1 th.

JI0914 | 13-18/07

TAHUN 2008FORTUNER G solar 08/09 BH, htm mls.Ph. 7078899. Bisa kredit via KKB BCA(bunga 5,3% 1 th).

JI0914 | 13-18/07

Dijual AVANZA 1500 S th 2008 hijaumetalik. Hp. 085266255741.

JI0914 | 14-19/07

AVANZA G th 08. ESCUDO 1.6 th 06.AVANZA G th 06. XENIA Xi th 07. AVANZA G th 05. CRV 2.4 th 05. NISSAN TERRANO SPIRIT th 04. JAZZ i-DSI th06. JAZZ i-DSI th 04. ESTILO th 95. ESTILO th 94. CIELO th 97. Hp. 08127481871/081366299200.

JI0914 | 14-19/07

AVANZA 08/09 G hitam. Ph. 7107772. Bisa kredit via KKB BCA bunga 5,3% 1 th.

JI0914 | 13-18/07

Toyota RUSH S th 08 w. silver. Ph.3002888. Bisa kredit via KKB BCA bunga5,3% 1 th.

JI0914 | 13-18/07

KREDIT VIA SIMAS FINANCEInfo Kredit via Simas Finance. Hub.Hendriansyah Hp. 0812-74766338.

JI0913 | 08-15/07

ASISTEN APOTEKERDicari 1. Asisten Apoteker (P/W), 2.Kary u/ merangkai bunga/bunga papan(P/W), berpengalaman. Ph. 0741-7078218/7553068.

JI0914 | 10-15/07

INSTRUKTURJEC English Course bthkn Instruktur B.Inggris, min D3, kreatif & berdedikasi.Lmrn diantar ke JEC Jl. KH. WahidHasyim No. 9. Ph. 23662.

JI0914 | 13-18/07

MEKANIKDbthkn sgr Mekanik brpengalaman dibidAC mobil/mesin. Hub. Candi Motor Jl.Dara Petak. Ph. 22752.

JI0914 | 10-15/07

Dicari Mekanik motor, berpengalaman.Ph. 7552018.

JI0914 | 12-17/07

S A L E SPrshn asesoris HP mmbthkn Sales. Syrt;min SMA, rajin, jujur, suka tantangan,SIM C, max. 25 th. Lmrn Jl. SlametRiyadi Komp. Puri Anugrah 38 Broni.

JI0914 | 09-16/07

SALES EXECUTIVEDibthkan SE dgn gapok + tnjgn + insentive yg mnrk, min SMU, punya kndrn,pglmn, bs berkmksi, pnmpln mnrk. Krmlmrn ke Daal Derop Jambi Jl. A.Mangkurat No. 04 Tj. Pinang Jambi. Ph.33939.

JI0914 | 07-14/07

S O P I RDicari Sopir. Hubungi Atong, 0741-7043358.

JI0914 | 08-13/07

S P GPT. ITP Distributor rokok mmbthkn SPG.Syarat: pnmpln menarik, disiplin, adakndraan (lbh dutmkn). Lmrn antar kePT. Wicaksana 01 Jl. Sentot Alibasa No.40 Payo Selincah. Hub. BPk. Henry,081366614305. Plng lambat 4 hari stlhiklan trbt.

JI0914 | 08-13/07

Dijual RUMAH di Tanjung Sari, tipe 140/210 M2. TP, hrg nego. Ph. 7088581.

JI0914 | 13-18/07

Dijual 1 unit RUMAH 6 kmr tidur, fullrenovasi, hrg 550 jt/nego. Hp. 081919106888.

JI0914 | 10-24/07

Jual cpt RUMAH di Villa Kenali Permai,sdh renovasi T 90 Blok I 7 No. 01. Hp.081366683302.

JI0914 | 11-16/07

Dijual RUMAH & TANAH lok. Jl. NusaIndah III Lr. Indah Rt. 10 No. 16 SipinJambi. Hp. 081366236122.

JI0914 | 14-19/07

Dijual RUMAH 1 1/2 lantai, keramik diBudiman Tl. Banjar, hrg nego. Hp. 08127413189.

JI0914 | 14-24/07

Dijual RUMAH di Perum Pesona MayangBlok H No. 5 type 36 jadi 90 lt 2 sdh dicor hrg 160 jt. Ph. 0741-7140071.

JI0914 | 00-00/00

T A N A HDijual TANAH & RUMAH tinggal lt.10.0666 M2, SHM, listrik, Telp, tnh 1.324M Jl. Raya Lingkar Selatan 1 Pal MerahKota Jambi (dkt Perum PSUD). Hp.081398315357.

JI0914 | 03-03/08

Dijual cpt TANAH SHM luas 35271 M2lok. Ds. Sei Gelam sblm Pal 8 70 mt drJl. aspal. Asnawi Hp. 081366995232/7120736.

JI0914 | 30-31/07

Jl cpt TANAH 12 tbk, bs/tbk, Transito.Hp. 081372800991/0751-7059839. TP.

JI0914 | 10. 13-17/07

Dijual TANAH SHM, luas + 10.000 Mlokasi + 100 M dari Perumhn KasangPudak Permai. Hp. 0811745563.

JI0914 | 07-13/07

Dijual sgr TANAH 7,35 tbk SHM, Komp.DPR Jl. Rd Perang, Telanaipura Jbi. Hp.08127400082.

JI0914 | 02-15/07

Dijual TANAH lt. 1055 M2 lok. Kota Baru,9 jt/tbk. Ph. 0741-7152359/26634(Santi).

JI0914 | 11-16/07

Dijual TANAH SHM u/ prmhn. 1. Jl. H.Ibrahim Pattimura 101 tbk. 2. Jl. Palembang Km 12 sebelah kios bensin 76 tbk.3. Gang Subur Candra 46 tbk. Ph. 671013/667412/572918.

JI0914 | 13-18/07

Dijual TANAH kosong Ls + 15 tbk,sebelum jembatan Aur Duri + 200 M, hrgnego. Hp. 08127413189/0741-50155.

JI0914 | 14-24/07

Jl TANAH 24 tbk samp. LIA Lr. Cadaspgr jalan besar Telanaipura. Ph. 31497.

JI0914 | 12-17/07

Dijual TANAH SHM 53,3 tbk lok Ds KotaKarang Kumpeh, hrg 130 jt nego. Hp.081274255009.

JI0914 | 07-07/08

Dijual TANAH lt + 2300m2 lok. strategis,pinggir jln dkt lampu merah KM 5 KtBaru, Hp. 0811720744 hrg nego.

JI0914 | 27-27/07

RUKODijual 1 unit RUKO 3 lt, l. 480, P. 30 M.Lok. Tl. Banjar & 3 unit ruko 2 lt lok. PsrBaru. Ph. 0741-7550307.

JI0914 | 14-19/07

Jl/sewa RUKO, Jl. MH. Thamrin (dpnMall Kapuk). Jl. Dewi Sartika. 33940/085266 235166.

JI0914 | 14-19/07

DISEWAKANDisewakan RUKO 2 lt lokasi Handil, dpnSMP Bina Kasih. Hp. 08567835881.

JI0914 | 01-14/07

Dikontrakkan RUMAH 5 kmr tdr, 2 AC,fas. tlp, lstrk, pagar keliling, garasi. MinatHub. 081270131110/081274052340.

JI0914 | 09-28/07

Disewakan RUMAH 2 lantai, cocok utkkantor, mini market dan usaha lainnya.Lok. di samp. dpn RSJ. Hp. 0812799912.

JI0914 | 14-28/07

Dikontrakkan RUMAH dg isi lok. dpnAsrama Haji. Ph. 7175919/08127496963.

JI0914 | 14-19/07

Disewakan RUMAH Sei Sawang, 4 kt, 4km, Lb 128 M2 Lt. 6 tbk. Fas. garasi utk2 mbl, lstrk 3300 watt, Telp, PAM &Sumur (mesin) AC 2 bh. Ph. 40641/0813664 20208.

JI0914 | 11-17/07

Disewakan RUKO 3 lti, 2 kmr Jln. GajahMada. Ph. 7552018.

JI0914 | 12-17/07

KEBUN BUAHDijual Kebun Buah unggul yg sdhberproduksi (dominan buah Naga &Jambu Citra) Lt. 7,2 Ha, SHM lok. DesaTalang Kerinci, Kec. Sungai Gelam Ma.Jambi + 13 Km dr arah Thehok, cocok

utk pengembangan bibit buah unggul &rmh walet. Minat hub. 08127417414.

JI0914 | 07-14/07

GUDANGDijual Gudang/Tanah. Fasilitas ada linetelpon, listrik, lokasi strategis, dr pasar15menit. Hub. CV. Agung Karya. Hp.081274141318.

JI0914 | 14-06/08

ESDM Minta Setoran Royalti Tambang NaikJAKARTA - Pemerintah kem-

bali mengupayakan optimalisa-si penerimaan negara dari sek-tor tambang. Kali ini, merekaberencana meminta kenaikansetoran royalti dari perusahaantambang.

Staf Khusus Menteri Energidan Sumber Daya Mineral (ESDM) Simon Sembiring me-ngatakan, upaya meminta ke-naikan setoran royalti masihada dalam koridor kontrak. “Kamiakan negosiasi minta kenaikan,”ujarnya setelah melakukan pem-bahasan Rancangan PeraturanPemerintah (RPP) UU tentangMineral dan Batu Bara (Mi-nerba) kemarin (13/7).

Menurut Simon, negosiasiakan dilakukan dengan semuaperusahaan tambang, baik mi-neral maupun batu bara, yangsaat ini sudah beroperasi. “Mi-

salnya Freeport dan Newmont.Kita akan minta mereka me-naikkan setoran royalti ke pe-merintah,” katanya.

Selama ini, nilai setoran ro-yalti perusahaan tambang mi-neral sangat beragam, tergan-tung kesepakatan pada saatpembahasan Kontrak Karya(KK) dan kandungan mineralyang ditambang. Namun, rata-rata besarannya di bawah 5 per-sen. Sedangkan royalti perusa-haan tambang batu bara disetoroleh pemegang Perjanjian Kar-ya Pengusahaan PertambanganBatu Bara (PKP2B) dalam ben-tuk Dana Hasil Penjualan Batubara (DHPB). Rata-rata sebesar13,5 persen dari hasil tambang.

Simon mengatakan, dalamUU Minerba yang baru, ada ke-tentuan untuk tidak mengutak-atik soal keuangan. Meski de-

mikian, sebagai partner kerja,pemerintah bisa saja berinisia-tif untuk mengajak negosiasiguna meminta kenaikan seto-ran royalti. “Sah saja kalau kitameminta. Toh mereka juga ban-yak meminta (insentif, red).Lagi pula, ini dasar hukumnyalebih tinggi, yakni UUD 1945, dimana kekayaan negara diman-faatkan sebesar-besar untuk ke-makmuran rakyat,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, dalamkontrak juga disebutkan, jikapemerintah meminta kenaikansetoran royalti, maka perusa-haan wajib melakukan kalku-lasi finansial. “Jika setelah di-hitung mereka tidak sampairugi, maka tidak ada alasan un-tuk menolak,” jelasnya.

Simon mengakui, perubahanbesaran royalti bisa terbenturkesepakatan perusahaan tam-

bang dengan para lender yangmemberikan pendanaan. “Ka-rena itulah perlu duduk ber-sama. Kita ingin win-win so-lution,” ujarnya.

Dirjen Mineral, Batu Bara, danPanas Bumi Departemen ESDMBambang Setiawan menam-bahkan, pemerintah memangberkeinginan untuk mening-katkan penerimaan negara den-gan cara menaikkan royalti.Namun, upaya pemerintah un-tuk meminta kenaikan setoranroyalti tampaknya akan alot.Ketua Indonesia Mining Asso-ciation (IMA) Priyo PribadiSoemarno mengatakan, perusa-haan tambang akan menggu-nakan pasal dalam kontrak terkaitkepastian usaha, termasuk be-saran setoran royalti. “Jadi, kamitetap ingin tidak ada kenaikanroyalti,” tegasnya. (jpnn)

selasa, 14 juli 2009 Jambi IndependentPUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

HindustanSPESIALIS SyAwAT DAN mATA TANPA

OPERASI UNTUk UmUm

Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

Praktek setiap hari hari pukul 08.00 wib sampai 21.00 wib Hari Libur Tetap Buka

JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arah Simpang kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsung dari Gunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten -Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar - Ambieyen -Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - Rabun Dekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - Mudah PerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan paling mujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasil disembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhan soal syawat dan mata segera konsultasikan kepada kami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling penting dalam hidup.

Ramuan kami alami tanpa efek samping, cukup satu kali berobat dijamin sembuh untuk selamanya, kami bisa berikan garansi untuk itu.

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobati penyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat KeLuar , Sperma encer, memperbesar jaka (btg), tidak mempunyai keturunan, Kenc-ing manis, Sakit pinggang, kurang gairah dalam hubungan suami istri, juga tersedia ramuan ambein khusus pria dan wanita tanpa operasi dan menghilangkan bau badan pria dan wanita. Juga tersedia ramuan untuk memperbesar payudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangan tunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami dapat memberikan

kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap hari, hari

libur tetap buka.

Hp. 081274377000

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

Alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58 Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpa oper-asi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk penyakit mata min-plus, mata merah, rabun jauh/dekat, katarak, mata berku-nang-kunang akibat diabetes baik pria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PusaT PeNGOBaTaN

TRADISIONAL INDIA

- Cobra super (usa) Tl 054515281, MPB dan MPP Venis Pria secara cepat, alami, per manen selamanya- peninggi badan super (Tr. 022514301), Menambah tinggi Hormon Pertumbuhan tulang sehingga menambah tinggi postur tubuh 5 - 10 cm.- faT loss/easyslim (Tr ri 862704011486), Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut, paha dan seluruh tubuh, 100% natural dan aman.- penggemuk badan (Tr ri 024516871), Tablet spesial penggemuk badan, penambah nafsu makan badan anda lebih gemuk dan ma cho.- Hai mHa JiansHen/ Tr. ri 953476411, Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal, lemah syahwat, impotent dan menambah stamina.- proComil spray from german Spesial spray tahan lama, berulang-ulang.- breasT Cream / Tb. vaCum (Tr. 1007 490091), Cream payudara bikin payudara be sar, kencang, montok dan berisi.

kHusus unTuk memperbesar, panJang dan permanen

vAcum hANSAp

anTar ke alamaT graTis (dalam koTa)

“simson” simpang kawatJl. Hos Cokroaminoto 42 sp. kawat

(samp. Terminal lama) Telp. 669652 Jambi

SELASA, 14 JULI 2009Jambi Independent

SITI MASNIDAR ,Kota Jambi

Hepatitis, HindariKonsumsi Ubi

Juga Makanandengan BumbuTajam

SECARA umum diet yang di-anjurkan adalah berpedomanpada gizi seimbang. Hanyasaja, bagi yang memiliki peny-akit tertentu, pola ma-kan disesuaikan den-gan keadaan penyakityang dimiliki. Terma-suk penderita penyak-it hati atau hepatitisatau sirosis.

Menurut dr Idet Har-yanto SKM MKes, ba-gi penderita hepatitis,tujuan diet untuk me-mperbaiki keadaan gizi pasiendengan makanan seimbang na-mun tidak membahayakan pe-nyakitnya. Termasuk mence-gah terjadi kekurangan gizi.

Adapun prinsip diet yangharus diikuti yakni tinggi kal-ori yang berasal dari bahan ma-kanan tinggi hidrat arang. Le-mak diberikan yang mudah

dicerna dalam jumlah terbatas.Protein disesuaikan dengankondisi pasien. Kemudian ren-dah garam bila ada edema padapunggung dan bengkak di pe-rut. “Makanan juga harus mu-dah cerna dan tidak banyak me-makai bumbu-bumbu yangtajam,” ujar Idet.

Adapun bahan makanan yangdianjurkan untuk sumber hid-rat arang adalah nasi, kentang,roti, mi, macaroni, bihun, gula,tepung-tepungan yang dibuat

bubur atau pudding.Sumber protein he-

wani adalah dagingtak berlemak, ikandan bayam. Nabati daritempe, tahu, kacanghijau, dan kacang-ka-cangan lain.

Kemudian sayuranyang tidak banyak se-rat dan tidak mengand-

ung gas seperti bayam, labu siam,wortel, kacang panjang. Buah-buahan rendah serat dan rendah le-mak. Teh manis dan sirup susu skimtetap dianjurkan. “Untuk bumbu-bumbuan, dianjurkan salam, laos,serai, dan bawang,” jelasnya.

Sedangkan sejumlah makan-an harus dibatasi, yakni garamdapur, margarine, mentega,

Hindari Memasak dengan Cara DigorengMEMILIKI diet khusus ti-

daklah mudah untuk mematu-hi. Apalagi makanan yangharus dihindari merupakanmakanan yang disenangi se-belumnya. Karena itu perlucara spesial dalam penyajiansehingga tetap menarik seleramakan penderita.

Menurut Idet Haryanto SKMMKes, sebaiknya makanandiberikan dalam porsi keciltapi sering. Untuk cairan,tetap diberikan. Namun jikaada edema dan asites, harusdibatasi. “Hindari juga pem-berian bumbu tajam seperticabe, merica, pala, dan ke-tumbar,” ujarnya.

Untuk cara memasak, seba-iknya masaklah dengan caramerebus, mengukus, memang-gang, atau membakar. Bila me-masak daging, pilihlah dagingyang tak berlemak.

Kemudian hindari makananyang dimasak dengan cara dig-oreng. Kalaupun harus meng-goreng, gunakan minyak kede-lai atau minyak jagung untukmenumis.

Untuk memasak sayuran, se-baiknya tidak menggunakansantan kental karena bisa mem-perparah kondisi penyakit.“Gunakan santan encer tapi di-batasi,” tambahnya.

Terakhir, tetap konsultasi

dr Idet Haryantominyak goreng, dan santanencer. Sementara bahan makanyang benar-benar harus dihindariyakni sumber hidrat arang sepertiberas ketan, ubi, singkong, dan ta-las. Sumber protein hewani dagingberlemak, daging babi, kambing,keju, dan es krim.

Untuk sayur-sayuran yangberserat dan menimbulkan gasseperti kol, sawi, lobak, daun

singkong, nangka muda, kem-bang kol. Buah-buahan yangberserat dan tinggi lemak jugatidak dianjurkan seperti nang-ka, nanas, durian, dan alpukat.

Makanan dari goreng-go-rengan, santan kental, kela-pa, tape, dan kue yang gurihjuga harus dihindari. “Minu-man soda dan alkohol jugatidak boleh,” jelasnya.(*)

dengan dokter terkait kondisitubuh. Hindari kelelahan yang

bisa memperberat kerja ha-ti.(nid)

selasa, 14 juli 2009 Jambi Independent

siTi MasNiDaR, Kota Jambi

n aDveRToRial

Madjid Mu’az

SAMPAI 18 JUNI

logistik Pe-milihan Presiden 8 juli lalu di KPuD Kota jambi.

eDDy DjuNaeDi/jaMbi iNDePeNDeNT

KPUD Minta Tim Kamda Serahkan Laporan

Paling Lambat 18 Juli

KPUD Provinsi Jambi meminta tim kampanye daerah (kamda) tiap calon presiden dan wakil presiden segera menyampaikan laporan akhir dana penerimaan dan pengeluaran dana kampanye paling lambat 18 Juli. Lapo­

ran itu nanti akan disampaikan ke kantor akuntan publik untuk diaudit.

Koordinator Pokja Kampanye Azhar Mulia mengatakan, untuk penyerahan laporan dana kampanye, pihaknya sudah menyurati seluruh tim kamda.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 50 Ta­hun 2009, kata Azhar, laporan dana kampanye paling lambat diserah­kan ke KPP paling lambat 14 hari setelah tanggal berakhirnya masa kampanye. “Masa akhir kampanye 4 Juli, berarti batas akhirnya 18 Juli,” ujarnya kemarin (13/7).

Tim audit yang ditunjuk, kata Azhar, saat ini sedang dalam proses tender. Se te l ah t im kampanye menyam­paikan ke KPUD, laporan itu akan diserahkan ke kantor akuntan publik yang ditunjuk.

Selain itu, penyampaian laporan ke kantor akuntan publik paling lambat tujuh hari setelah KPUD menerima laporan. Dengan demikian, kewajiban KPUD menyerahkannya pada 25 Juli mendatang. “Setelah itu, baru me­nunggu hasil audit untuk diumumkan ke masyarakat,” pungkasnya.

Bagaimana dengan KPUD kabupaten dan kota? Azhar mengatakan, KPUD kabupaten dan kota juga harus meminta laporan tim kampanye tingkat kota dan kabupaten. Laporan itu nanti diserahkan ke KPUD Provinsi untuk diaudit serentak.

Terpisah, Koordiantor Pokja Kampa­nye KPUD Kota Jambi Ferry Prayitno mengaku akan menyurati tim kam­panye daerah di wilayahnya. “Peny­erahan laporan ke KPUD Kota, juga diserahkan ke tim kampanye Provinsi. Audit tetap di Provinsi,” jelas Ferry di kantornya.(nid)

Ambiar Mulai Lobi Parpol

JAMBI ­ Kesiapan Ambiar Usman untuk turun dalam laga suksesi wali kota Sungaipenuh semakin serius. Mantan anggota DPRD Provinsi yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Pem­kot Jambi itu sudah mulai melobi sejumlah parpol.

“Untuk komunikasi awal, sudah ada ke beberapa par­pol,” ujarnya di sela acara makan malam bersama an­tara Pemkot Jambi dan ang­gota DPRD Kota.

Meski demikian, ia masih enggan menyebut parpol yang sudah ditemui. Yang jelas, kata Ambiar, dia dulu pernah menjadi anggota DPRD dari Fraksi Golkar . “A r t i n y a , saya sudah ada moda l da r i s i s i p e n g a l a m a n p o l i t i k . Bukan berarti komunikasi ke satu partai saja, semua saya

jalin,” ujarnya.Apakah sudah melakukan sos­

ialisasi ke warga Sungaipenuh? Suami ketua DPD Golkar Saro­langon itu mengaku sudah sering turun. “Waktu masih di DPRD, saya dari dapil kerinci. Jadi me­mang sering turun,” jelasnya.

Ia sendiri juga sudah me­nyiapkan d i r i un tuk maju melalui calon independen jika t idak mendapatkan perahu parpol . Dari Desa Pondok Tinggi sebagai daerah asal­nya , i a mengk la im sudah mendapatkan dukungan.

Daftar pemilih tetap dae­rah i tu diperkirakan 9.000 orang, sementara DPT Sun­gaipenuh hanya 60 ribu. “Jika memang masyarakat men­dukung, 9 .000 sudah jad i modal penting buat saya,” pungkasnya.(nid)

Madjid Mu’az Raih Dukungan Tokoh Masyarakat Mersam

Maju dalam Pilgub 2010

k o h m a s y a r a k a t M e r s am, seperti Ridwan Saleh, Syarifudin, Hamdi Rahmat, bersama tokoh mas y a r a k a t l a i n n y a , b e r ­temu dengan ratusan warga d i r u m a h R i d w a n Sa l e h , s e o r a n g tokoh masyarakat Mersam.

Silaturahmi tersebut diisi dis­kusi dan penyampaian tanggapan

masyarakat Mersam. Ridwan Saleh selaku tokoh masyarakat mengucapakan terim a k a s i h p a d a M a d j i d y a n g s u d a h m e m e n u h i u n d a n g a n m a ­s y a r a k a t . “ I n i lah bukti dari ketokohan seorang pemimpin yang merakyat,” ujarnya.

Terlepas dari momen polit ik apa pun, katanya, Madjid me­rupakan salah satu figur pemimpin t e r b a i k y a n g d i miliki Jambi. Ia juga menyatakan bahwa m a s y a r a k a t M e r s a m s i a p m e n d ukung Mad j i d da lam Pilgub 2010 mendatang. S e ­m e ntara i tu, Madj id Mu’az yang dikonfirmasi usai acara mengucapkan ter ima kasih a tas undangan masyarakat Mersam. “Saya menyambut baik dukungan masyarakat,” ujarnya.

Dengan semak in besarnya d u k u n g a n m a s y a r k a t , s e m a k i n m e m a n t a p k a n n i a t n ya untuk maju dalam Pemi l ihan Gubernur Jambi 2010.(amu)

MuaRaTebo ­ Pemilihan Gu­bernur Jambi b a r u d i m u l a i p a d a 2 0 1 0 n a n t i , n a m u n upaya untuk merebut posis i BH 1 Jambi tersebut semakin gencar dilakukan.

Hal itu juga yang dilakukan oleh Bupati Te b o M a d j i d M u ’ a z . D e m i m e r a i h s i m p a t i r a k ­yat Jambi , M a d j i d i n t e n s i f m e l a k u k a n p e n d e k a t a n k e m a s y a r a k a t . S a l a h s a t u n y a b e r s i l a t u r a h m i d e n g an masyarakat Keca­matan Mersam, Batanghari, Jumat (10/7).

Sekitar pukul 08.30 WIB, Mad­jid berangkat dar i rumah d i ­nasnya menuju Mersam un­t u k m e m e n u h i u n d a n g a n . S e t e l a h m e l a k u k a n s a l a t J u m a t b e r s a m a d i M a s j i d Raya Mersam, Madjid lang­sung didaulat beberapa to­

Ciptakan Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris DARTO SIMANJUNTAK adalah pemimpin

Lembaga Pendidikan Millenium Kota Jambi yang beralamat Jalan Otto Iskandardinata No 50 atau di samping lapangan tenis KONI Jambi. Pria kelahiran 23 November 1972

itu mulai berkecim­pung dalam kursus bahasa Inggris se­jak 1990 saat masih berstatus sebagai pelajar SMAN 1 Ti­ga Dolok, Sumate­ra Utara. “Sejak SMA saya sudah kursus bahasa Ing­gris. Memang hobi sekali bahasa Inggris. Saya tertarik karena merupakan bahasa internasional,” ujar

ayah dua anak itu.Suami Indah M tersebut semakin tekun

belajar bahasa Inggris di salah satu tempat kursus terkemuka di Siantar, Sumatera Utara. Kemudian dia pindah ke Jambi dan mengajar di tempat kursus. Sejak itu Darto mengonsentrasikan diri dalam kursus bahasa Inggris dan lebih banyak belajar serta aktif di organisasi­organisasi pendidikan, misalnya menjadi wakil ketua IEACTA Jambi, pendidik dan pelatih di HISSPI. n

Jambi Independent SelASA, 14 juli 2009

baca Cuti hal 18

baca Kemarau hal 18

AlDinO/jAmbi inDepenDenT

baca mos hal 18

teras

pendidikan

GepenG DiDiK: Anak-anak yang biasa mengemis di jalanan diberikan pembinaan dan pendidikan di Kantor pmKS Kota jambi.

D SimAnjunTAK

MOS, Sekolah DilarangLakukan Kekerasan

mASA orientasi sekolah (MOS) dibuka secara serentak di seluruh sekolah kemarin (13/7). Rangkaian kegiatan MOS baru akan dimulai hari ini (14/7). Dinas Pendidikan Kota Jambi memberikan peringatan kepada selu­ruh sekolah agar tidak melakukan kekerasan dan pemaksaan dalam MOS.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi M Shahir mengatakan akan menurunkan petugas dari dinas untuk memantau MOS di seluruh sekolah. Shahir juga akan melakukan pengawasan terhadap sekolah yang mengambil pungutan di luar biaya yang ditentukan.

Dia berharap seluruh siswa baru agar melaporkan ke dinas jika ada sekolah yang melakukan kekerasan atau pemakssan un­tuk mengikuti MOS. Menurut Shahir, MOS merupakan periode mengenalkan sekolah kepada siswa baru. Atas dasar itu, sekolah harus melakukan kegiatan­kegiatan yang mengarahkan kepada siswa agar lebih melakukan pendekataan kepada sekolah seperti mengenal lingkungan sekolah, mengenal kakak kelas, dan mengenal guru di sekolah. Dalam MOS, sekolah dilarang meminta pungutan. Selain uang yang sudah ditetapkan, seperti seragam sekolah, tidak ada pungutan untuk kegiatan MOS. n

Dana BOS Triwulan III Segera Cair KOTA JAMBI – Dana Bantuan Opera­

sional Siswa (BOS) tahap ketiga Provinsi Jambi segera cair. Sekolah sudah bisa mengambil dana BOS sejak 15 Juli di setiap kantor pos cabang kabupaten/kota. Jumlah pencarian tahap ketiga Rp 55,93 miliar, lebih besar dari tahap kedua Rp 55,84 miliar.

Demikian dikatakan Manajer Op­erasional PT Pos (Persero) Jambi Ahmad Sumaryadi. Menurut dia, penambahan dana BOS terjadi karena ada penamba­han jumlah sekolah. Di Muarobungo ada penambahan satu SD dan enam SMP. Lalu di Muarojambi ada penambahan tiga SMP penerima BOS.

Berdasarkan data PT Pos, total dana BOS triwulan ketiga Rp 55,933 miliar. Namun setiap kabupaten/kota menerima BOS berbeda. Terbesar penerima BOS

adalah Kota Jambi Rp 9,49 miliar. Ke­mudian Muarojambi Rp 5,63 miliar, Batanghari Rp 4,24 miliar, dan Tanjab Timur Rp 3,53 miliar.

Lalu Tanjab Barat Rp 4,74 miliar, Tebo Rp 5,28 miliar, Bungo Rp 5,89 miliar, Sarolangun Rp 4,61 miliar, Merangin Rp 6,55 miliar, Kota Sungaipenuh Rp 1,66 miliar, dan Kerinci Rp 4,26 miliar.

Dana BOS dikirimkan ke rekening seko­lah. Syarat pencairan, dana harus diambil kepala sekolah dengan membawa SK asli dengan menyerahkan fotokopi kepada petugas kantor pos. Juga membawa identitas diri dan menyerahkan fotokopinya. Terakhir menyerahkan memorandum of understanding (MoU) asli yang ditandatangani ketua tim dana BOS kabupaten/kota. “Tidak ada batas waktu pencairan. Sejak tanggal pencairan, dana sudah bisa diambil,” ujarnya.(ira)

Kemarau Pengaruhi Distribusi Air

KRISIS air bersih karena mu­sim kemarau berakibat debit Sungai Batanghari menurun. Walaupun dalam beberapa hari terakhir sempat hujan, belum bisa menambah debit air sungai terpanjang di Sumatera itu.

Hal itu memengaruhi peny­aluran air bersih PDAM Tirta Mayang. Tidak hanya tersendat, PDAM harus bekerja ekstra un­tuk mengatasi beberapa wilayah yang terkena dampak krisis air.

Direktur PDAM Tirta Mayang Agus Sunara melalui Kasi Hu­mas PDAM Tirta Mayang Eri Suganda tidak menampik bahwa salah satu kendala yang dihadapi PDAM saat ini adalah kemarau yang mengakibatkan air Sungai Batanghari surut. n

Mandi, Warga Beli Air GalonKeluhkan Air PDAM yang Sering Mati

WiRA HADi, Kota Jambi

SEBAGIAN warga Kota Jambi mulai kekurangan air bersih. Itu karena mereka mulai kesu­litan mendapatkan pasokan air dari PDAM yang belakangan sering tersendat. Kalau­pun mengalir, ali­ran yang keluar dari pipa sangat kecil. Bahkan tidak bisa m e m e n u h i k e ­butuhan rumah tangga untuk keperluan sehari­hari seperti minum, memasak, mandi, dan keperluan lain.

Beberapa daerah yang mulai sulit mendapatkan air seperti Kelurahan Simpang III Sipin, Kelurahan Beliung, Mayang, dan beberapa kelurahan lain. Keluhan yang sama hampir merata di semua perumahan, seperti Vila

Gading, Vila Kenali, Peruma­han Bougenvile, Perumahan Kotabaru, dan sejumlah peruma­han lain.

Novita, warga RT 26, Kelurahan Simpang III Sipin, mengatakan bahwa di tempat dia tinggal, PDAM sering tidak mengalir. Terutama pada sore hari hingga malam, air sering tidak mengalir. Kalaupun mengalir, air yang

keluar sangat sedikit. “Untuk memenuhi 1 l i ter saja harus menunggu puluhan menit,” ujarnya.

Yang lebih parah, kata dia, air PDAM pernah tidak mengalir

selama dua hari berturut­turut. Itu tentu menyusahkan warga. Un­tung Novita bisa mendatangi rumah warga yang memiliki sumur bor. “Kalau telepon ke PDAM, katanya rusak. Terus pernah juga alasannya mati lampu, sehingga mesinnya (PDAM) ndak jalan,” ujar No­vita. n

baca mandi hal 18

KeSuliTAn AiR: pedagang air isi ulang membawa pesanan bagi warga perumahan Kotabaru yang mulai kesulitan air. untuk mandi pun tak jarang warga di sana membeli air galon.

eD

zi j

un

Ae

Dy

/jA

mb

i in

De

pe

nD

en

T

Menelusuri Gepeng Usia Sekolah Kota Jambi (Habis)

Cuti Mengemis, Takut Tak Kebagian Bantuan

baca Ciptakan hal 18

T2 Akan Gebrak Kota Jambi, Meriahkan Malam Grand Final PPI (2­Bersambung)

Lagu­lagunya Centil dan Nakal Vokalis duo T2 yang kini sedang dielu-elukan penggemarnya

sebagai “pengganti” Ratu, benar-benar kian ngetop. Kota jambi bakal mendapat kehormatan disinggahi dua cewek ma-nis yang gemar menyuguhkan lagu-lagu “nakal” itu. mengapa

mereka suka lagu-lagu “nakal”?

TRiOnO junAiDi, Kota jambi

DUA lagu nakal “Lelaki Cadangan” dan “Berondong Manis” (Brownies), menjadi andalan T2. Kedua lagu itu, dan lagu­lagu top mereka lainnya, akan disuguhkan pada malam grand final PPI Provinsi Jambi 2009 di gedung Abadi Convention Center (ACC), Sabtu, 25 Juli. n

Dalam beberapa pekan terakhir, pengemis dan

anak jalanan yang berke-liaran di Kota jambi agak

sedikit berkurang. Teruta-ma di simpang bi Telanai-

pura, yang biasa dijadikan anak usia sekolah sebagai

tempat mencari peng-hidupan dengan menge-

mis. bagaimana aktivitas mereka yang seolah-olah

terhenti?

mis. Terutama anak­anak usia sekolah yang menadahkan tangan mengharap recehan

dar i para pengguna ja lan . Di persimpangan jalan dan tempat trafick light, hanya

terlihat para pengguna jalan dan beberapa penjual koran eceran. Tapi anak­anak pengemis sama sekali tidak terlihat.

Di simpang BI Tenalaipura, misalnya. Anak­anak usia se­kolah dasar yang mengemis, sama sekal i t idak ter l ihat . Sebenarnya sangat mudah mencari dan mengetahui ke­beradaan mereka. Rata­rata mereka t ingga l d i dae rah sama, yaitu RT 07, Kelurahan Telanaipura, Kota Jambi. Per­sis di belakang kampus Unja Telanaipura.

Di sana ditemui beberapa anak­anak yang sering mang­kal d i s i m p a n g B I u n t u k mengemis. Mereka adalah Nadya, Arif, dan Ijal. Masih banyak lagi anak lain yang belum kelihatan. n

baca lagu-lagunya hal 18

WiRA HADi, Kota jambi

TIDAK seperti biasa, hampir setiap ruas jalan di Kota Jambi terlihat sepi dari para penge­

SELASA, 14 JULI 2009 Jambi Independent

Kontak Person: Fitri (08117404800), Lisha (08127477133)

Tiket Masuk Malam Grand Final PPI 2009- Kelas VIP Rp 200.000,-- Kelas Theater Rp 30.000,-

- Gedung Graha PenaThehok (Lisha)

- Hotel Abadi (Yuke)- Radio El John (Era)- MM Sipin (Nining/Evi)- Toko Buku Gloria- Yutan Gallery (Lebak

bandung)

- Toko Buku Sandy (Mimin)- Kampung Radja (Daud)- Salon Lettisia Gianti

Cabang:

* Sipin (Ena)* Hayam Wuruk (Mei)* Telanaipura (Endah)

Tiket Box ada di:

Pemesanan tiket dari 27 Juni - 25 Juli 2009

MOS, Sekolah Dilarang Lakukan Kekerasan ------------------------------------dari hal 17

Mandi, Warga Beli Air Galon ---------------------------- dari hal 17

Kemarau Pengaruhi Distribusi Air --------------------------------------------------dari hal 17

Lagu-lagunya Centil dan Nakal ------------------------------------------------------dari hal 17

Cuti Mengemis, Takut Tak Kebagian Bantuan ------ dari hal 17

Ciptakan Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris ------------------------------------dari hal 17

Acara tersebut digelar HarianPagi Jambi Independent.

Menurut Ketua Panitia PPIProvinsi Jambi 2009 Fitri, pi-haknya memang sengaja men-yuguhkan dua penyanyi den-gan vocal yang ceria dan ma-nis-manis manja itu. Menurut-nya, yang menarik dari grup itumemang performance pang-gung yang mampu menghi-dupkan suasana ceria, ditam-bah lagu-lagunya yang cukupcentil dengan syair yang nyer-empet “nakal”.

“Selama ini para remaja dankawula muda gak ada yangenggak kenal dengan lagu

‘Brownies' atau ‘Lelaki Cadan-gan'. Lagu tersebut memangmenggelitik di telinga, apala-gi juga dinyanyikan dengangaya yang ceria dan centil, be-nar-benar sangat menghibur,”tambah Fitri sekaligus manajerevent organizer (EO) koran ini.

Lagu “Brownies” dalam ke-sempatan memeriahkan malamgrand final PPI itu bakal disug-uhkan berbeda dari biasanya.“Pasti lebih ceria lagi,” kataTika usai tampil di Zince CaféPalembang Square (PS), Palem-bang, Sumatera Selatan, belumlama ini. Lagu-lagu andalanlain yang akan mereka suguh-

kan adalah “Tua-tua Keladi”,“Jangan Ganggu Aku”, “Jan-gan Lebay”, “Karena AkuYang Memilih”, “I Got That”,“Malu-malu Dong”, “MasaLalu”, “Ok”, “Perjalanan”, dan“Surat Cinta”.

Duo vocalis yang dibentukpada 2007 itu bermula dariajang AFI di Indosiar. MeskiTika dan Tiwi bukan juara, pe-nampilan mereka cukup dike-nal dan diingat publik. Tikaberada di posisi kesembilan,sementara Tiwi berada di posi-si ketujuh. Sebagai grup duo,keduanya merilis album per-dana Ok pada 2007 dengan laguandalan berjudul sama.

Warna musik pop diklaim se-bagai genre T2 dalam albumperdananya yang diproduksiNagaswara. Pun dengan lirik dialbum yang berisi sepuluh lagutersebut dibuat sedemikianrupa agar mudah dicerna.

Tak ketinggalan pula merekamelibatkan sejumlah musisi ter-nama. Dengan demikian, meskipendatang baru, mereka menda-

patkan banyak sekali masukanberharga dan juga back-up yangcukup kuat sebagai modal untukbisa bersaing di tengah makinmaraknya grup-grup musik barutanah air.

Berkat upaya-upaya itu, mere-ka bisa menampilkan karyamusik yang “beda” dari yang lain.

“Coba simak di hit singleyang berjudul Ok! Di sana san-gat terasa karakter kami meng-isi ceruk melodius magis lagutersebut. Makanya perbedaanbenar-benar datang dari ko-laborasi teman-teman sesamamusisi yang terlibat di albumini,” papar Tika.

Pada kesempatan tampil diACC Jambi nanti, T2 akan tetapeksis di jalurnya dengan sugu-han yang tetap ceria. “Mudah-an-mudahan ini akan menjadipengobat rindu para pengge-mar T2 di Kota Jambi. Selamaini T2 hanya bisa dinikmati disaluran televisi. Saat ini kita ha-dirkan langsung untuk meman-jakan para penggemar musik diJambi,” ujar Fitri.(*)

Dia juga aktif di bidang pen-didikan dan penelitian HIP-KI Jambi serta tekun meng-gali pengalaman baik ilmubahasa Inggris maupun ma-najemen kursus.

Ayah dari Putri Syekina danCarina Cinta itu aktif dalamkegiatan seminar dan work-

shop tentang bahasa Inggris.Otomatis pengalamannyapun bertambah. Sete lahberkecimpung lama dalamdunia kursus, dia melihatada kesalahan tentang pen-erapan kursus.

Dia melihat siswa sedikitsulit menguasai bahasa Ing-

gris dengan cepat. Sejak itudia tertarik membuat sebuahpenelitian tentang apa yangdihadapi siswa sulit belajarbahasa Inggris. Dia mulaimerumuskan masalah, ke-mudian mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, terma-suk penyebab masalah itu.

Kemudian dia membuathipotesa atas masalah yangdihadapi siswa. Lalu menam-bah bahan yang diperlukandan membuat ujicoba, seh-ingga dia mendapatkan be-berapa temuan dalam bidangpendidikan yang sudah di-jalankan saat ini. (kin)

Jika itu terjadi, intake PDAMyang ada di Broni dan Bentengsulit menyadap air. Untuk me-meroleh air, harus dicari tempatyang lebih dalam. Alasannya,sumber air baku PDAM berasaldari Sungai Batanghari. “Nor-malnya kedalaman air di intakeadalah 1,7 meter. Kalau kurangdari itu, perlu ditambah mencaritempat lebih dalam. Kondisi itu

sudah berlangsung sejak duahingga tiga bulan terakhir. Jikadebit air berkurang, tingkatkekeruhan semakin tinggi,”ujar Eri kemarin (13/7).

Penyebab lain, kata dia, masihterjadi pemadaman listrik. “Pe-madaman listrik terjadwal berpen-garuh bagi kita (PDAM),” ter-angnya. Bagaimana antisipasiPDAM bagi daerah krisis air?

Menurut Eri, pihaknya menyia-gakan mobil tangki air. Jumlah-nya lebih banyak dari kondisiair normal. Selain harga lebihmurah, PDAM memberikanlayanan air bersih gratis bagiwarga yang mengalami krisisair. Untuk mendapatkan layan-an itu, harus melalui prosedurdengan mengajukan usulanmelalui RT. “Ada beberapa

daerah yang saat ini sedangmengalami krisis air. Kita me-nyediakan layanan tangki air un-tuk warga. Kalau usulan melaluiRT, dapat air gratis,” ujar Eritanpa menyebut daerah yangmulai mengalami krisis air.

PDAM ikut menawarkan airuntuk kepentingan sosial den-gan harga lebih murah, yakniRp 55 ribu per tangki. (ira)

“Nanti dinas akan cek ke se-tiap sekolah. Jika ada yangmeminta pungutan akandiberi sanksi,” ujarnya.

Dari pantauan Jambi Inde-pendent, siswa baru sudahberkumpul dari pagi untukmendapatkan pengarahan darisekolah mengenai pelaksanaanMOS. Semua siswa baru itu

mengenakan baju seragamdari masing-masing sekolah.

Di SMAN 4 Kota Jambi, mis-alnya. Puluhan siswa mengi-kuti kegiatan latihan upacarayang dipandu pembina danpengurus OSIS. Siswa men-dapatkan penjelasan men-genai tata tertib dan pelaksan-aan MOS di sekolah.

Rosmadah, guru SMAN 4Kota Jambi sekaligus pembinaOSIS, mengatakan baru melaku-kan pembukaan MOS. Dia men-yatakan, pelaksanaan MOSnanti akan dipandu OSIS dandiawasi guru. Sementara saatpelaksanaan MOS, siswaakan mengikuti berbagaimacam kegiatan dan game

yang dipandu OSIS.Saat MOS, siswa diharus-

kan membawa peralatandan atribut yang ditentukanOSIS, misalnya siswa barumemakai topi terbuat darikertas karton yang dibuatlancip dan runcing ke atas.“Tidak ada kekerasan,”ujarnya.(wra)

Alasan mereka tidak turun kejalan adalah mengharap bantu-an yang dijanjikan Pemkot. “Ka-lau turun ke jalan, tidak dapat ban-tuan dan uang jajan dari dinas,”ujar mereka dengan polos.

Nadya menceritakan kegiatanyang dilakukan selama tidakmangkal di jalan. Sambil me-nyeka peluh di wajahnya sehabisbermain kejar-kejaran dengan te-man-teman sebaya, dia mengakubeberapa hari ini bersama puluhananak lain mengikuti kegiatanyang diselenggarakan dinas.

Namun mereka tidak tahupasti apa nama dinas yang men-didik mereka itu. “Tidak tahu,po-koknya dinas,” ujar Nadya.Tiba-tiba dari dalam rumah ke-luar seorang wanita dan lang-sung menyambung pembicar-aan. “Dari Dinas Sosial,” ujarwanita itu, yang ternyata ibukandung Nadya.

Menurut dia, anak-anak yangsering mangkal akan diberi bantu-an pakaian dan seragam sekolahplus uang jajan. Karena itu, untuksementara anak-anak tidak adayang ke jalan. Namun sebagianmemang sudah ada yang berhen-ti. Demikian dikatakan ibuNadya yang bernama Erni.

Dari keterangan Erni diket-ahui anak-anak jalanan di tem-pat itu mengikuti berbagai keg-iatan yang diselenggarakanDinas Sosial dan Tenaga KerjaKota Jambi. Kegiatan itu dilak-sanakan dari pagi hingga sore.“Coba tanya Nadya, apa aja

yang dia ikuti,” ujar wanita ituseraya pamit karena mau men-cuci di rumah warga lain.

Nadya menjelaskan, selamabeberapa hari ini, pada pagihari mereka mengikuti kegia-tan olahraga seperti karate, se-nam, dan latihan berbaris. Ke-mudian siang sampai sore me-ngikuti kegiatan membaca Alqu-ran dan belajar salat. “Ada gurun-ya langsung, ibu-ibu yang nga-jarin,” beber Nadya polos.

Dia mengaku senang mengi-kuti kegiatan itu. Dia mengakumengemis bukan karena ke-mauan sendiri, tapi ikut-ikutananak lain. Apalagi Na-dya san-gat senang bila memerolehuang dari hasil mengemis. Bah-kan uang yang selama ini diper-oleh Nadya disimpan ibunya.“Kalau sudah dapat Rp 15 atau20 ribu, langsung pulang. Tapikalau anak lain kadang-kadangdapatnya banyak,” bebernya.

Sepertinya Nadya sudah tidaksabar lagi ingin melanjutkanbermain dengan teman-teman-nya yang sudah menunggu se-jak tadi. Dia kemudian pergimenuju kumpulan anak yang asy-ik bermain karet di gang sempittidak jauh dari rumahnya itu.

Masih di tempat sama, Ijal,anak yang sering mangkal disimpang BI, mengaku menge-mis hingga ke Simpang Pulai.Tidak jauh dari rumah Nadya,Ijal masih berada di rumah. Ijalsaat itu sedang sendirian di ru-mahnya dan bersiap-siap ingin

keluar rumah. Ijal mengakusering mangkal di SimpangPulai, terkadang sampai Pasar.

Apa yang menyebabkan Ijalmengemis? Dari pengakuanIjal diketahui, dia disuruh or-angtuanya mengemis. Awaln-ya memang coba-coba. Tapikarena penghasilan lumayan,lama-kelamaan bocah itu ket-agihan karena uang yang dida-patkan dari mengemis cukupbanyak. Selain puas jajan, uangIjal bisa diberikan kepada or-angtua. “Mamak senang kalauaku cari duit,” ujarnya.

Saat ini Ijal sedang cuti me-ngemis. Pasalnya, di jalananmasih rawan. “Sering razia,”katanya. Ijal mengaku pernahterjaring razia dan orangtuan-ya pernah dipanggil petugas.“Jadi sekarang ndak jalan dulu,lagian katanya mau diberi ban-tuan,” bebernya. Dari pen-gakuan sejumlah anak-anakjalanan itu, diketahui merekaberhenti karena akan diberikanbantuan oleh Dinas Sosial.

Kepala Dinas Sosial dan Ten-aga Kerja Kota Jambi Masturomengaku sudah berupaya men-datangi rumah warga yang pun-ya anak pengemis. Pemkot punmemberikan bantuan baju se-ragam agar anak-anak bisa ber-sekolah. Termasuk memberikanuang jajan Rp 65 ribu per anak.“Kita sudah melatih mereka,seperti belajar olahraga dan pel-atihan keagamaan, misalnyasalat, mengaji, dan lainnya. (*)

Bukan hanya Novita yangmengeluhkan kesulitan air.Sejumlah tetangga Novita men-gatakan hal sama. “Kalau untukminum kan kita masih sanggupbeli. Kalau untuk mencuci ataumandi ya tidak sanggup kalaubeli. Kalau mencuci, masih bisaditangguhkan sampai air men-galir. Kalau untuk mandi, itu

yang repot,” ujar tetangga No-vita.

Di tempat lain pun sama.Isel, warga Kelurahan Beli-ung, mengatakan hal senada.Isel mengaku juga mengala-mi kesulitan mendapatkan airdari PDAM. Apalagi PDAMsering tidak mengalir. “Hampirtiap hari mengalir sebentar, ke-

mudian mati lagi,” katanya.Bahkan beberapa hari lalu,

kata dia, sampai dua hari airPDAM tidak mengalir. Untungmasih ada warga yang memili-ki sumur sehingga masih me-numpang di sana. “Kalau sianghari tidak mengalir sama seka-li. Kalau pagi, terkadang nga-lir,” ujarnya. (*)

Jambi Independent selasa, 14 juli 2009

Tercepat dan spektakuler di Dunia

Memupuk semangat Belajar

leMBaga pendidikan millen-nium (LPM) yang terletak di Jalan Oto Iskandardinata No 50 Samp-ing Lapangan Tenis Koni depan SD/SMP Taman Budaya Kota Jambi merupakan lembaga pen-didikan yang berkual i tas dan benar-benar bertanggung jawab terhadap kemajuan peserta di-diknya. Lembaga ini menawarkan tiga program meliputi program bahasa ingris TES (targeting Eng-lish studies), program bimbingan belajar (Bimbel) dan program ung-gulan khusus Bimbel konsentrasi kedokteran atau teknik. Semua program ini merupakan penemuan baru setelah melakukan penelitian bertahun-tahun yang dilakukan oleh Darto Simanjuntak yang m e r u p a k a n p e m i m p i n L P M . “Program-program ini merupak-an hasil penelitian saya setelah bertahun-tahun berkecimpung dalam kursus-kursus yang saya jalani, mengapa siswa itu dibuat lama mengerti kalau dalam waktu singkat bias,” kata pimpinan LPM ini.

Program bahasa Ingris TES merupakan suatu program yang ditemukannya berkat penelitian-nya secara mendalam selama mengajar di tempat-tempat kursus terkemuka di Sumatra Utara dan Jambi. Program ini diperuntuk-kan bagi siswa mulai dari kelas 5 dan 6 SD, SMP, SMA atau SMK sederajat, hingga mahasiswa dan PNS/swasta. “Program ini menggunakan sistem target, jadi setiap siswa yang masuk ke LPM akan di tes kemampuan dasarnya, apabila berdasarkan tes siswa itu mendapatkan nilai 6-6,9 maka masuk kelas taget 12 bulan, ka-lau nilainya berkisar 7-7,9 maka masuk kelas target 9 bulan, kalau nilainya 8-8,9 maka cukup masuk kelas target 6 bulan, sedangkan kalau siswa itu mendapatkan nilai 9-10 maka cukup masuk kelas target 3 bulan,” bebernya.

Menurut Darto Simanjuntak pimpinan LPM ini bahwa setiap ke-las kuotanya hanya 10 orang siswa dengan tujuan agar guru pembimb-ing benar-benar memberikan bimbingan secara maksimal dan dapat mengetahui kendala dan kesulitan yang dihadapi siswanya. Sedangkan pertemuan dua kali seminggu sekali pertemuan dua jam. “Jadi diharapkan orang tua dan siswa benar-benar bekerja sama dalam mensukseskan pen-didikan anaknya ini, jadi setiap dua kali seminggu itu wajib hadir, kalau mengambil ekstra bisa juga tambah hari atau jam belajar tanpa ada penambahan biaya dengan demikian kita bisa menjamin sela-ma target yang telah ditentukan itu siswa dapat lulus dan dites secara langsung kemampuan bahasa Inggrisnya setelah selesai target, terutama speaking, translating, listening dan writing, oleh orang tua dan atau native speaker setiap orang tua boleh membawa tutor sendiri untuk mengetesnya,” kata ayah dua orang anak ini.

Program ini memang benar-benar menjamin kemampuan bahasa ingris anak sesuai target yang telah ditentukan, bukan mengada-ngada. “Banyak tem-pat kursus saya lihat itu sengaja

melama-lamakan programnya, untuk apa berlama-lama kalau kita bisa cepat, hanya cukup 10 menit siswa dapat menguasai 16 macam tenses dengan 48 rumus,” kata ayah putri Syekina dan Carina Cinta ini.

Program ini memang tidak bo-hong, Sabtu (11/07) diadakan kegiatan presentase di LPM bagi lima orang siswa yang sudah me-nyelesaikan program targetnya dan orang tua terlibat dalam acara itu. Dalam acara ini orang tua siswa membuktikan secara langsung kemampuan anak-anaknya yang dititipkan di Millennium tanpa ada rekayasa sedikit pun dari Millen-nium. Berdasarkan pantauan Jambi Independent masing-ma-sing siswa yang akan lulus ini mempresentasekan makalahnya satu persatu dengan menggu-nakan bahasa Ingris kemudian siswa yang lainnya mentranslate ke dalam bahasa Indonesia agar orang tua mereka mengerti.

Tak hanya itu saja, orang tua siswa juga ikut mengetes dengan mengungkapkan pertanyaan ke-pada salah seorang siswa tersebut kemudian siswa tersebut men-translate ke dalam bahasa Inggris dan siswa yang lain menjawab dengan bahasa Inggris. “Setelah melihat kemampuan masing-ma-

sing anak kami, kami sangat ter-haru sekali melihat keberhasilannya, mereka bisa secara kompresesion bagus, translating bagus, speak-ingnya juga, kami berterima kasih kepada bapak Darto Simanjuntak selaku pimpinan di sini,” kata Imron Hasibuan orang tua Saidah program target 12 bulan yang juga sebagai guru di SMPN 1 Kota Jambi.

Menurut Imron Hasibuan, Millen-nium memang sangat membantu sekali, apalagi anaknya sekolah di

SMPN 1 Kota Jambi yang meru-pakan sekolah RSBI yang meng-gunakan bahasa pengantar pelajar dengan bahasa Inggris. “Bahasa pengantar berbahasa Inggris untuk tiga mata pelajaran yakni matema-tika, fisika dan biologi, kursus ini sangat membantu sekali, kami baru puas sekarang ternyata apa yang ditargetkan tercapai,” kata Saidah siswa SMPN 1 Kota Jambi.

Maka dari itu bagi orang tua siswa yang menargetkan anaknya untuk

masuk ke sekolah RSBI atau SBI lebih baik dari sekaranglah men-daftarkan anaknya ke Millennium su-paya kelak anaknya memang sudah betul-betul siap masuk sekolah RSBI atau SBI baik SMP maupun SMA.

Sedangkan untuk program Bim-bel yang diperuntukan bagi siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK yang mengikuti program UN dan SNMPTN. Mereka di jamin lulus 100 persen, apabila tidak lulus maka uang dapat diambil kembali. Satu

kelas hanya 10 orang siswa. Program unggulan khusus ini

berupa program Bimbel bagi siswa dimulai dari kelas 2 dan 3 SMA juru-san IPA dan IPS sederajat untuk mem-persiapkan anak tersebut menghadapi ujian PTN konsentrasi kedokteran dan teknik yang berkiblat sukses di PTN mana saja dan jurusan apa saja diseluruh Indonesia.

Program ini menggunakan metode belajar “IAS” dan teori belajar “Physi-coautomotoric” gaya terbaru dan ter-

canggih temuan Millennium mampu mengubah pola pikir dan meng-gali intelek siswa saat mengerjakan soal-soal.

Selain itu juga rupanya masih ada program lain yang tidak kalah menariknya yakni Program Inter-com Entrepreneur keahlian 1 tahun komputer-Bahasa Ingris lulus pasti kerja dikhususkan bagi siswa tamatan SMA/SMK yang ingin cepat langsung dapat kerja. “Millennium lambang idealisme kualitas,” ujarnya. (kin)

acuan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTsP)

MenuruT kemandirian belajar peserta didik, maka guru pada saat tatap muka diharapkan tidak hanya membahas materi pelajaran saja. Namun dituntut juga untuk melak-sanakan peran bimbingan konseling dalam memupuk semangat belajar

M.silaban sPd,

Guru SMPN 10 Kota Jambi

peserta didik.Semangat belajar adalah salah

satu situasi penting untuk dapat menggairahkan belajar siswa. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk memupuk se-mangat bela jar . Yang pal ing efekt i f adalah meningkatkan motivasi untuk belajar. Motivasi adalah dorongan pada diri in-dividu untuk melakukan suatu kegiatan atau aktifitas.

Motivasi ada dua macam, yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstr insik. Motivasi instr insik adalah motivasi yang berasal

dari dalam diri individu, sedan-gkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang datang dari luar. Untuk memupuk semangat be-lajar, kedua jenis motivasi ini perlu dipupuk secara bersamaan dalam proporsi yang seimbang.

Motivasi belajar yang berasal dari dalam diri peserta didik ha-rus ditimbulkan sedini mungkin oleh pelaksana pendidikan serta peserta didik melalui pemaha-man dan menyadar i manfaat belajar yang dikaitan dengan kehidupan dan pencapaian cita-cita peserta didik. Dengan mera-

sakan pentingnya art i belajar dalam kehidupan, peserta didik diharapkan termotivasi untuk belajar dengan baik.

Motivasi yang berasal dari dalam diri peserta didik hendaknya terus ditingkatkan agar tidak terjadi pe-rubahan minat/semangat belajar dalam menjalankan proses pendidi-kan. Sedangkan motivasi dari luar diri siswa dapat dilakukan oleh guru atau pelaksana pendidikan melalui : pemberian contoh atau didik. Hadiah atau penghargaan tidak harus berupa materi, tapi dapa t be rupa rasa puas atau

bangs, pemberian pujian atau uca-pan selamat dengan meningkatkan perhatian secara ikhlas oleh pelak-sana pendidikan. Dengan demikian, peserta didik akan merasa dihargai dan termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi dalam belajar.

Berkenaan motivasi belajar ini, ke-pada peserta didik diharapkan tidak mengharapkan motivasi dari luar untuk menimbulkan semangat be-lajar, karena itu datangnya dari luar diri peserta didik, belum tentu dapat diberikan oleh orang lain, yang paling baik motivasi belajar itu datangnya dari diri sendiri. (*)

n aDverTorial

n aDverTorial

M.silaban

TINGKAT SMA SEDERAJATNo NamaGURU NamaSEKoLaHDUKUNGaN1 Zulmaleni s.Pd sMan 10 jambi 1312 nursita Maulidaa s.Pd sMa FerDY FerrY 03 Hamdani sMan 2 jambi 694 Miyanto sMK Harapan Bangsa 05 Mikran sMan 1 jambi 106 Casroni sMan 4 jambi 2007 H. Budra Patrun, sT sMKn 3 jambi 08 acep sutoyo s.Pd M.Pd sMan 4 jambi 2009 Drs sahat sianturi sMKn 1 jambi 010 Bambang setiawan sMK PeliTa raYa 011 rina novita s.Pd sMan 5 jambi 012 Drs sugiyono M.Pd sMan 4 jambi 20013 noormasri Karyawans.Pt sMan 1 jambi 014 Ziko Mandalo s.Pd sMK Yadika jambi 015 Zul azmi a.Md sMK Taruna 016 Helniyati s.Pd sMan 6 jambi 017 roosmauliPurba s.Pd sMan 1 Batanghari 018 syakban sMan 5 jambi 50319 Dra. Hj. suhita sulastriM.Pd sMKn 4 jambi 020 elvi Mardani s.Pd sMan 6 jambi 0 Total 1313

s/d 13 Juli 2009TINGKAT SD SEDERAJATNoNamaGURU NamaSEKoLaH DUKUNGaN

1 eha Zulaiha sDn 78 Kota jambi 1102 ismail s.Pd sDn 141/iv Kota jambi 33 Hj sur irama s.Pd sDn 1/iv Kota jambi 184 Maliki s.Pd sDiT al aZHar 05 rosmiati s.Pd sDn 09 Kota jambi 126 nuryana sDn 184 Kota jambi 3077 isdar ismail sDn no 02 Kota jambi 128 asmardi, s.Pd sD aTTauPiQ Kota jambi 49 nurahayati Min Ma Bulian 010 eppa sosiawan s.Pd sDn 25 Kota jambi 011 sugiyono sD al FallaH 012 ratini Ds. s.Pd sDn 1/iv Kota jambi 013 Misgiawati sD aDHYaKsa 1 Kota jambi 014 sayuti sD iT al aZHar 015 Yeni Yeti sDn 168 Kota jambi 016 alimin sD aDHYaKsa 1 Kota jambi 017 Hj elita a Ma.Pd sDn 221 jambi selatan 26518 Hendriansyah s.Pd sDn 1 Kota jambi 7719 nyimas salmah/ayu sDn 64/iv Kota jambi 020 Hidayat sDn 25 Kota jambi 0 Total 808

TINGKAT SMP SEDERAJATNo NamaGURU NamaSEKoLaH DUKUNGaN1 siti aminah P s.Pd sMPn 5 Kota jambi 162 Yuniar Z sMP aDHYaKsa 1 Kota jambi 2033 Machmud s.Pd sMPn 1 Kota jambi 1004 l Manik sMPn 10 Kota jambi 05 alamsyah Bani sMPn 1 Kota jambi 856 Yenni Puspa Dewi sT sMPn 5 Batanghari 07 M silaban sMPn 10 Kota jambi 2038 MHD Dong se sMPn 23 Ma.jambi 49 Burhanuddin sMPn 21 Kota jambi 10010 anggraini s.Pd sMPn 4 Kota jambi 5111 s. silaban s.Pd sMPn 8 Kota jambi 012 Dra. Hj asmiati M.Pd sMPn 3 Kota jambi 20413 Harsiyati sMPn Xaverius i Kota jambi 014 Harlinawati Marbun s.Pd sMPn 5 Kota jambi 015 Drs. H. M Yusuf sMPn 5 Kota jambi 20016 Yerniwati sMPn 5 Kota jambi 017 siswa s.Pd sMPn 2 Kota jambi 018 amril alFarabi s.Pd sMPn 9 Kota jambi 019 Hj unaida s.Pd sMPn 9 Kota jambi 30220 P simamora s.Pd sMPn 7 Kota jambi 0 Total ` 1468

sPeKTaKuler: suasana belajar di lembaga Pendidikan Millenium. aTraKTiF: Dua siswa sedang berdialog.FoTo-FoTo: ali saDiKin/jaMBi inDePenDenT

Darto simanjuntak

sElasa, 14 juli 2009 Jambi Independent

Lalui Dengan PenuhSemangat

MASA orientasi…wahhh…pastinya itu meru-pakan masa yang sangat menyenangkan di haripertama masuk sekolah. Tapi, ada juga sobatyang masih ragu untuk menghadapinya…inidia tips terbai dari Biy…

1. Harus Sehat. Untuk mengikuti MOS, sobatBiy pastinya sudah harus sehat baik fisik mau-pun mental. Ini dilakukan, agar MOS dapat di-lakukan dengan lancar.

2. Atur Strategi. Sebaiknya memang ada suatustrategi khusus yang dirancang sebelum mela-lui MOS hari pertama. Ini dilakukan agar tidakkaget, jika sobat Biy nantinya mendapat keju-tan dari kakak-kakak senior.

3. Lalui Dengan Penuh Semangat. Yup…iniadalah bagian terpenting. Pokoknya apapunyang terjadi, tetaplah semangat mengahdapiMOS tahun ini. (lyn)

Berikan yangTerbaikSETIAP manusia sudah se-

harusnya memberikan yangterbaik yang ia punya untuk

semua orang.Tidak terlepasdari tingkatanusia dari orangtersebut. Namun,itu semua terjaditidak dengan se-cara instan, me-lainkan butuhsuatu prosespembelajaran.Untuk itu, sung-guh sangat baikjika dimulai den-

gan apapun yang akan dilalui dan dilaku-kan, manusia harus selalu berusahauntuk memberikan yang terbaik yang iamiliki.

Drs.H.SulaimanKepsek MAN Model

MOS…??? Uaahseru niy !!!

Gaul Ala Friendster

SELASA, 14 JULI 2009

THINK IT

FUN TAK TIK

PROFILUSIA JENIS KELAMIN

JUMLAH RESPONDEN

PENDIDIKAN

COWOK 20 %

CEWEK 80 %

100 Siswa dan Mahasiswa

Perguruan Tinggi di Jambi

S1 30 %

SMA 70 %

13-15

tahun

(11,90 %)

16-18

tahun

(79,77 %)

19-21

tahun

(8,33 %)

PUNYA KISAH?

Siswa SMA/SMK dan MA serta mahasiswa juga dapatberbagi kisah gaul dan pengalaman menarik, unik danberharga lewat tulisan di Bianglala! Tulisan kamu harussesuai tema minggu depan:

Korban IklanModel Tas

Ungkapkan Rasa Meski Tak JadianKetemu Teman LamaKu Tunggu Jomblo mu

Panjang tulisan tidak lebih dari 1 halaman kuarto dike-tik dengan spasi 1,5. Tulisan harus diterima Bianglalapaling lambat pada 30 Agustus 2008 di Lantai II GrahaPena Jambi (Kantor Jambi Independent) Jalan Jender-al Sudirman No. 100, Tehhok, atau kirim melalui [email protected]. Sertakan foto (dilarangpakai pas foto) sertai, biodata lengkap dengan alamatsekolah atau kampus dan alamat rumah.

The Crew

Minul-Palcomtech

Opi-SMA Unggul Sakti

Melda-SMAN 8

Riko-Stephen

WINDA-SMAN 6

Diana-Poltekkes

Dini-PGRI 2

Riski-SMAN 9

Qori-SMAN 2

Cholida -MAN Model

Minul-SMAN 8 Cholida -Man Model

[email protected]

“Hmmm MOS niy…!!!”BIY

“Melatih Agar Dapat Lebih CepatMenyesuaikan diri”

MOS mungkin menjadi salah satu hal yangpaling ditunggu ato gag bakal dilupainsama sobat Biy. Yaa karena di MOS ini qtabelajar gimana menyesuaikan diri dan men-genal lingkungan baru. Qta pun dilatih bek-erja sama dalam berbagai kegiatan yang di-adain.

Karena dimana pun qta berada qta harusbisa berbaur dengan lingkungan tersebut.Melalui MOS qta pastinya bakal diajarinbuat lebih mengenal sekolah baru yang qtamasuki. Apalagi tentunya diisi dengangame-game yang seru. Uaah pasti asyik nbikin ngakak.

KARTUNIS Peter Steiner pernah bi-lang, “Di Internet tak seorang pun tahukamu adalah seekor anjing”. UngkapanSteiner ini menggambarkan ketidakjela-san pergaulan di Internet.

Kita tidak bisa benar-benaryakin siapakah yang beradadibalik layer monitor, yangmenulis email atau chattingdengan kita. Kita tidak pernahtahu persis apakah dia itu seorang pe-rempuan atau lelaki dengan karakterseperti yang kita bayangkan.

Begitu lho, di Internet khan semakin

banyak tu situs-situs yang bisa meng-hubungkan antara yang satu dengan yanglain. Contohnya Friendster yang bisa men-ghubungkan seseorang dengan teman

chattingnya yang dirinya sendiritidak tahu jelas tentang status temanchattingnya tersebut.Dan terkadang banyak juga

yang membuat orang menjadi sese-orang yang berbeda banget sifat atau

karakter aslinya. Internet itu bukan hanyamerusak pergaulan anak muda zamansekarang. Tetapi selain ada dampak nega-tive Internet juga bisa berdampak positif.

Serunya MOS …MASA Orientasi Siswa ato yang lebih

sering disingkat MOS, pastinya sobat Biyudah pada sering denger kan?. Masa Ori-entasi bisa diartiin sebagai masa perke-nalan. Setiap kita memasuki wilayah, tem-pat-tempat ato lingkungan baru, otomatisqta perlu melakukan penyesuaian nperkenalan, Nah oleh karena itu ketika qtamasuk ke sekolah yang baru qta tentunya

juga perlu perkenalan n penyesuaian. MOSinilah wadah dimana kita bisa belajar sal-ing mengenal n bisa belajar menesuaikandiri.

Jadi, udah kebayang kan alasannya kena-pa rata-rata malah hampir di semua sekolahselalu ngadain MOS, karena pada masa atowaktu ini lah kita diajarkan untuk mulaimenyesuaikan diri dengan lingkungansekolah baru kita.

Kegiatan-kegiatan di MOS biasanya dii-si dengan acara pekenalan sekolah, inras-truktur sekolah, denah sekolah, apa aja ek-skul2 di sekolah itu n gag ketinggalan di-isi sama kegiatan-kegiatan yang asyik,lucu, gokil, seru n menghibur n tentunyamulai membantu qta menjalin kerjasamadengan teman2 baru qta. Uaah seru yaa…

“Uahh,, kalo aku siy seneng banget kaloudah menjelang deket-deket MOS, bany-ak persiapan yang udah dilakuin,” Jauha-rie dari clasix SMAN 6 Jambi ini. Sepertiyang ditunjukkan oleh sobat biy yangudah ngelakui persiapan untuk menghada-pi MOS sebanyak 90 persen.

Selain itu, kata Jauhari, banyak tantan-gan yang bakai ia dapetin saat dirinyamengikuti MOS. “Kayak MOS yang akualamin dua taun yang lalu. Huuah serubanget,” ungkapnya. Yang jelas banyakhal-hal seru yang akan dialami semua siswasaat MOS tiba.

“Haa. Seru lah yang namanya MOS. Tapiyaa aku agak malez ajaa kalo ada kakakkelas yang mulai ngasih hukuman yangterlampau malu2in,” Kata Indah Ayu Les-tari, siswi SMAN 3 Jambi. Tapi siy seben-ernya, kata Indah, hukuman itu emank buatngelatih mental qta siy.

RIKOSTEPHEN

WINDASMAN 6

Contohnya anak Sekolah yangmendapat tugas dari gurunya dan diatidak tahu harus mencari dimana lagisumber untuk tugasnya, dan dia punmencarinya lewat Intenet. Dan tern-yata Internet mempunyai dampakyang positif dan negative, dan itu se-mua tergantung dari orang yangmenggunakan fasilitas tersebut.

Benar atau ga yang jelas Internet itusewatu-waktu bisa menjadi temanyang baik dan terkadang dia juga bisamenjadi teman yang sangat jahat tan-pa kita sadari. (RIKO)

Yaa sebenernya kegiatan semacam initergantung gimana qta menikmatinya,mau nikmatin dengan happy2 atoboring2an. Jadi nikmatin ajaa yang qtahadapi sekarang. (Winda)

Apalagi didalam MOS juga bi-asanya diisi dengan kegiatanyang menghibur n bikin ngakakwalopun kadang qta suka diker-jain ama kakak kelas. Saat-saatMOS di SMA menjadi salah satu

pengalaman yang mengesan-kan buat aku, coz waktu MOSSMA ini, aku terdaulat menjadisalah satu finalist dari 10 kan-didat dalam KING n QueenMOS pada waktu itu. Huh wa-lopun gag menang tapi aku san-gat senang mendapat penge-

MOS (Masa Orientasi Siswa).Selama yang aku rasain niy yaasobat biy, aku selalu senengbanget kalo udah ngomonginyang namanya MOS. Kenapa?Karena sepanjang MOS yangpernah aku alamin dari SMP nSMA semuanya selalu seru nninggalin pengalaman yang gagterlupakan. Karena di MOS ad-alah masa dimana qta berori-entasi dengan temen-temenbaru, kakak-kakak kelas nguru-guru serta warga sekolah.

tahuan baru n menjadi merasakalo aku ini punya kemampuan.

Meskipun pada saat MOS ban-yak sekali kakak–kakak kelasyang memberikan qta perintah-perintah konyol dan membuatqta malu, tapi tetep ajaa kegi-laan-kegilaan itu yang selalungebuat aku rindu sama MOS.

Dan pada tahun ini aku bakalmenjadi senior di sekolahku,Classix. Secara aku pengurusOSIS n menjabat sebagai Ke-tos n aku udah kelaz 12 tahun

ini. Walopun tahun kemarenwaktu kelas 11 aku udahngerasain gimana rasanya jadisenior tapi aku tetep ajaa se-lalu antusias buat MOS disekolahku ntar.

Sebenernya aku udah punyamisi buat MOS di sekolahkutaun ini, secara sekarang akulagi jomblo jadi gag ada salah-nya kan kalo aku pengen nyaricewek adeg-adeg kelas kuntar. Uump udah ada yang ber-minat gag niy.? Hee. (Winda)

“Jadi aku gak kapok kug ikut MOS. Malahpenglaman MOS yang pernah aku dapetbakal aku inget teruz, yang penting persiapanfisik dan mental harus kuat,” katanya. Sepertiyang kebanyakan dilakukan para sobat biy saatakan mengikuti MOS, yakni mempersiap-kan fisik dan mental (40 persen).

Yaa sebenernya siy segala kegiatan itupas t inya punya manfaat negat ive npositifnya. Tapi kalo MOS ini siy pastibanyak segi positifnya dibanding seginegatifnya, asal jangan pake kekerasanajaa. (lyn/Winda)

Sudahkan Sobat mengadakanpersiapan untuk mengikutiMOS?

Iya 90%Enggak 10%

Kenapa?Pastinya, kan banyaktantangan saat MOS37,8%Banyak hal seruyang didapetin32%Back to school again30,2%

Yang kamu lakukan?Siapin Fisik danMental dunk40%Kroscek perlengkapanMOS32,1%Berangkat Barengteman yang dulunyasatu sekolah27,9

Reaksi orangdisekitarmu?

Biasa saja26%

Ikutan heboh27,6%

Kasih Tips46,4%

Menurut kamu tentang MOS?Tetap Semangat dunk 33%Penuh tantangan dan Seru 32,9%Ketemu teman baru, ibu enbapak guru, kecengan baru hehe 34,1%

Jambi IndependentsElasa, 14 juli 2009

Jambi Independent All SportSELASA, 14 JULI 2009

BILIARBILIARBILIARBILIARBILIAR

Sudah Tiga Pebiliar yang LolosJAMBI – Tak hanya Rizki

Subagi yang akan bertandingpada babak utama JambiOpen 2009. Suileng, Rico,dan Sadikin juga dipastikantampi l . Sebab, ke t iganyasudah mengantongi t ike tutama kejuaraan berhadiahtotal Rp 41,6 juta tersebut.Ketiganya adalah juara pooldalam kualifikasi daerah ke-marin (13/7).

Kualifikasi yang berlangsungdi Club 9 billiard itu Suilengsebagai terbaik Pool A. Ricojawara Pool B, sedangkanSadikin kampiun Pool C.

Meski ketiganya sudah me-lenggang ke babak utama, bu-kan berarti Suileng dkk dalamkualifikasi kemarin menangmudah. Tiket diperoleh mere-ka lewat pertarungan sengit. Itukarena lawan-lawannya jugamenginginkan tiket tersebut.

Berkat ketenangan yang luarbiasa, Suileng, Rico, danSadikin mampu memupuskanharapan lawan-lawannya itu.

“Suileng di Pool A menghen-tikan ambisi Iin. Kalau Ricomenumbangkan Saini, sedangSadikin menaklukan Acil. Na-mun skor kemenangan keti-ganya tidak begitu mutlak,”kata penyelenggara JambiOpen Sayumin Teng kepada

Jambi Independent di Club 9Billiard kemarin.

Pebiliar yang akan maju kebabak utama melalui kualifika-

si bakal banyak. Sebab, penitiamencari sebanyak-banyaknya.Apalagi, waktu kualifikasi pe-biliar masih panjang.

“Kita berharap 16 pool yangdirencanakan bisa terisi semua.Berarti, nantinya ada 16 pebi-liar dari kualifikasi,” terangSayumin Teng.

Selain itu, pebiliar lokal yangmendapatkan wildcard jugaada. Namun, menurut spesialissnooker tersebut, jumlahnyatak banyak. Mereka pilihan.

“Heryanto (Ani), Rudi Har-tono, dan Toni. Semuanya pe-biliar Tanjab Barat, secara kual-itas, ketiganya memang pantaslangsung masuk babak utama,”kata Sayumin.

“Saya sudah melihat permai-nannya di Batam Open lalu.Bagus dan tidak mengecewa-kan,” timpalnya.

Sedangkan pebiliar top Indo-nesia yang sudah dipastikantampil diantaranya Siauw Wie-to (PAL), Angelia (PAL), VaniLestari (PAL), Imran Ibrahim(Kepri), M Bewi (Riau), JimmyJusman (DKI), Adam dan Edwar(Jabar), Robbie Suwarli (Sum-bar), dan Rudi Susanto (Banjar-masin). Pebiliar Filipina VictorArpileda dan Ibrahim Bin Amir(Malaysia) juga positif datang.

“Bisa jadi mereka tergiur ha-diahnya, sebab juara pertamamemperoleh Rp 12 juta. Jugamendapat stik dari sponsor,”pungkas Sayumin.(dar)

Persiapan Tidak Ada KendalaPOLO AIRPOLO AIRPOLO AIRPOLO AIRPOLO AIR

JAMBI – Semua persiapanseri kedua Liga Polo Air Indo-nesia 2009 sudah beres. Terma-suk skuad tuan rumah putra/putri diyakini telah siap tem-pur. Berarti, kini tinggal pelak-sanaannya saja.

Event yang akan berlangsungpada 17 Juli ini, di KolamRenang Tanggorajo, Kotabaru,pesertanya terbanyak daripadaseri pertama. Skuad putra telahpositif diikuti delapan tim darisembilan Pengprov PersatuanRenang Seluruh Indonesia(PRSI). Yaitu DKI Jakarta, Su-lawesi Selatan, Sumatera Barat,Sumatera Utara, Sumatera Sela-tan, Jawa Barat, Jawa Timur,dan tuan rumah Jambi.

Bagian putrinya lima Peng-prov PRSI. Mereka adalah Jam-bi, DKI Jakarta, Sumatera Sela-tan, Jawa Barat, dan Jawa

Timur. Dengan banyaknya pe-serta tersebut membuat per-saingan bertambah sengit.

Lebih itu, menurut ketua pa-nitia Atma Jaya, gengsi ligayang akan berjalan lima seritetap terjaga. “Kita patut ber-syukur Jambi dipercaya mam-pu menyedot perhatian semuadaerah,” kata ketua harian PRSIJambi ini.

Pertandingan diberlangsung-kan mulai pagi hingga sore.Tidak sampai malam. Karenafasilitas lampu kolam tak me-madai.

“Lampunya masih kurang,”ujarnya. Mengenai skuad tuanrumah, Atma menyatakan bisabersaing dengan tim tamu. Bah-kan, dia optimis hasil terbaikbisa diraih Jambi nantinya.

“Ada pemain senior yangmemperkuat skuad Jambi.

Kualitas dan kemampuannyasudah tidak diragukan lagi. Diputra, pemain seniornya salahsatunya Olsen,” jelasnya. Sam-pai kemarin, tim putra dan pu-tri Jambi yang dipersiapkan keliga tersebut masih terus lati-han. Semua pemain bahkan te-lah diinapkan.

Menurut Atma Jaya, langkahitu diambil agar persiapannyalebih bagus lagi. Pengawasanjuga bisa kontinu.

“Dengan diinapkan kosentra-si mereka tidak buyar. Apalagi,makanan dan istrirahat merekanantinya bisa cukup dan mema-dai,” tandasnya. (dar)

SERUKualifikasi Jambi Open 2009 kemarin berlangsung ketat. Se-mua pebiliar yang mendaftar menunjukan ketangguhannyauntuk melenggang ke babak utama.

BERES:Seri kedua Liga Polo Air Indonesia 2009yang berlangsung di Jambi dengan peserta 8Pengprov PRSI, mulai 17 Juli ini pasti sukses.

Jambi Independent selasa, 14 juli 2009

Pulang Kampung ke LA 24 n Halaman

David Beckham

societyn aDvertorial

resepsi Pernikahan agung - rieke meriah

iPtu Pol Joko Agung Purnomo yang selama ini bertugas di Mapolres Merangin, akhirnya mengakhiri masa lajangnya. Putra bungsu dari Budi Wiratno dan Ny Sri Mulyani itu mem-persunting Rieke Penawari SE, anak ketiga dari lima saudara pasangan suami-istri Ketua DPRD Merangin Drs HA Karim Hasan dan Ny Hj Nurjani. Akad nikah berlangsung di

kediaman Ketua DPRD Merangin, Jalan Pangeran Tumenggung No 14, Bukit Keramat, Bangko, Sabtu (11/7), disusul resepsi pernikanan di kawasan Biduk Amo Bangko, Senin (13/7). Resepsi diwarnai upacara tradisi pedang pora. Hadir dan turut berbahagia dalam resepsi pernikahan tersebut Kepala Bappeda Provinsi Jambi Fauzi Ansori, Bupati Merangin

Nalim serta Ketua TP PKK Merangin Ny Hj Sukmajaya Nalim, Kapolres Merangin AKBP Drs Hudit Wahyudi MHum MSi beserta istri serta tak ketinggalan para unsur Muspida dan ribuan tamu undangan. “Alhamdulilah prosesi demi prosesi pernikahan anak kami ini berjalan sesuai harapan,” ujar Ketua DPRD Merangin Karim Hasan. (ctr )

Para perwira tampak berfoto bersama pengantin usai digelar upacara tradisi pedang pora.Wakil Bupati merangin Hasan Basri Harun (HBH) serta unsur mus-pida saat berfoto bersama pengantin.

Bupati merangin nalim dan Ketua tP PKK merangin Hj sukmajaya terlihat turut berbahagia dengan berfoto bersama pengantin.

Kedua mempelai pengantin berfoto bersama kedua orangtua.Kapolres merangin aKBP Drs Hudit Wahyudi mHum msi bersama ibu Bhayangkari Polres merangin turut berfoto bersama.

foto-foto:novaDiansyaH/jamBi inDePenDent

Kejari Bangko Gelar apel Kesetiaan jaksa ri Kejari Bangko, Senin (13/7), meng-

gelar Apel Kesetiaan Jaksa Indonesia. Apel yang digelar di lapangan Kantor Kejari Bangko itu sekaligus mengu-capkan Ikrar Jaksa Indonesia. Apel

untuk menindaklanjuti surat Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI). Upacara yang berlangsung hikmad itu diikuti Kejari Bangko Syafrudin Djamain SH yang bertindak sebagai

inspektur upacara. Syafrudin Djamain membacakan amanat Jaksa Agung RI Hendarman Supandji.

Ia mengatakan, Ikrar Jaksa Indonesia yang berintikan tiga pilar dinanti oleh

masyarakat untuk mewujudkan ikrar tersebut. “Olah karenanya, saya minta agar obor yang telah menyala itu tidak sekadar untuk dilihat dan dipandang, tapi harus tetap dinyalakan dan tidak bisa

padam dan menjadi obor nurani abadi guna menerangi langkah pasti pelaksa-naan tugas pelayanan masyarakat secara prima, yang berkepastian hukum dan berkeradilan,” tegas Kejari.(ctr)

Kejari Bangko syafrudin Djamain saat membacakan amanat jaksa ri Hendarman supandji. tampak suasana pembacaan ikrar jaksa indonesia. Para kasi di jajaran Kejari Bangko saat apel Kesetiaan jaksa ri. menyanyikan mars adyaksa dan lagu perjuangan.

foto-foto:novaDiansyaH/jamBi inDePenDent

��������������

ENAM bulan lamanya David Beckham dipisahkan oleh Samudra Atlantik dari istri dan tiga anaknya. Seiring peminja-mannya ke klub Italia AC Milan, pemain LA Galaxy itu pun harus tinggal di Negeri Spageti itu. Sementara sang istri, Victo-ria, bersama Brooklyn, Romeo, dan Cruz tetap tinggal di Los Angeles, AS. Kendati Victoria kerap mengunjungi sang suami di Milan, tetap saja keluarga kecil itu

merasakan sesuatu yang istimewa ketika bisa berkumpul lagi. Untuk merayakan kembalinya David ke LA, Victoria dan tiga anaknya menjemput sang kepala keluarga ke Milan. David dan Victoria sempat liburan berdua ke Republik Seisel, sekaligus merayakan 10 tahun pernikahan mereka. Sementara Brooklyn dan adik-adik-nya dititipkan ke rumah nenek mereka di London. (jpnn)

TARGET memasang target maksimal di musim perdananya bersama Real Madrid. Pemain yang baru saja didatangkan dari AC Milan dengan nilai 67 juta Euro itu mengatakan akan bermain maksimal untuk mem-bantu Real Madrid meraih treble winners (Liga Primera, Copa del Rey, Liga Champins) di musim 2009/2010.

Terkesan Ronaldo Masih Beri Tempat Raul

“Kami menargetkan treble. Mimpi saya adalah memberikan gelar Liga Champions kesepuluh untuk Madrid. Tapi saya sa-dar bahwa kompetisi tersebut adalah yang paling sulit untuk dimenangi,” kata Kaka seperti dilansir situs Goal.

Pemain terbaik dunia 2007 ini menyatakan jika gelar tim adalah prioritas utamanya. Kaka

mengaku jika gelar pribadi bukan yang utama. “Jujur saja, saya lebih senang memenangi treble daripada memenangi Ballon d’Or (pemain terbaik Eropa) lagi,” sambungnya.

Pemain 27 tahun ini me-ngungkapkan bukannya tidak berminat lagi untuk memenangi trofi Ballon d’Or, tapi saat ini yang lebih dikedepankan adalah

target tim. Saat mendapatkan trofi Ballon d’Ori dua 2007 lalu Kaka berhasil mengungguli rekan setimnya saat ini, Cristiano Ronaldo, dan bintang milik Bar-celona, Lionel Messi. Namun, Kaka gagal mempertahankannya se­tahun ke­mudian dan trofi te­rse­-but giliran disabet Ronaldo. Gelandang timnas Brasil ini juga mengakui bahwa rival abadi Madrid, FC Barcelona, tetap men-jadi pesaing utama untuk meraih tiga trofi musim depan. Los Blaugranas ( (julu-kan Barcelona )disebut Kaka juga memiliki peluang besar untuk mempertahankan tiga trofi yang me­re­ka raih di musim 2008/2009.

“Barcelona layak memenangi semua trofi yang mereka raih musim lalu. Untuk bisa melam-

paui mereka, kami harus me-ngeluarkan kemampuan terbaik kami,” tegas Kaka.

Sementara itu dalam wawan-cara dengan harian Marca, Kaka menjawab kritik yang banyak diterima El Real karena me-lakukan pembelian pemain yang nilainya gila-gilaan, ter-masuk dari Presiden UEFA, Michel Platini. “Jika Real Madrid memutuskan untuk membayar uang sebanyak itu untuk kami, itu karena kami layak mendapatkannya, begitu bukan - Kami telah menunjuk-kan dengan permainan kami dalam beberapa tahun tera-khir,” beber Kaka. Menurut mantan pemain Sao Paulo itu uang besar yang dikeluarkan El Real tak ubahnya sebuah inveatasi. “Kami berada dalam dunia olahraga, di mana pembayaran setinggi ini bisa menjadi sebuah investasi,” cetusnya.

Presiden El Real, Floren-tino Perez sebelumnya juga mengungkapkan jika klubnya akan mengantongi keuntungan besar dengan mendatangkan pemain-pemain bintang ke

Estadio Bernabeu. Konsultan Bisnis Weber Shan-dwick Sport mengestimasi jika hanya mendatangkan seorang Kaka saja dalam satu musim Los Merengues

(Real Madrid) akan men-dapat keuntungan sebesar USD 100 juta dari penjualan jersey, sponsorship dan penjualan tiket pertandingan. Tapi Real Madrid juga mendatangkan Cristiano Ronaldo juga Karim Benzema. Jadi bisa dibayangkan sendiri besarnya pemasukan yang akan diterima El Real. (jpnn)

BARu dua kali latihan bersa-ma dengan Cristiano Ronaldo, pelatih Real Madrid langsung terkesan dengan pemain ter-mahal dunia itu. Menurut Pel-legrini, Ronaldo adalah pemain ‘biasa’ meski berstatus ‘istime-wa’ dan begitu bersemangat berlatih bersama tim.

“Dia pemain normal. Ronaldo yang pertama tiba di tempat latihan. Berbaur dengan rekan-rekan barunya, dan sama sekali tidak memperl ihatkan dir-inya seperti bintang,” kata Pel legr in i seper i d i lans i r situs Goal. Mantan pelatih Villarreal ini mengakui jika Ronaldo adalah pemain de-ngan kemampuan luar biasa. Dia juga yakin Ronaldo masih akan terus berkembang ber-

sama Real Madrid.Menjawab pertanyaan soal

rencana untuk kapten Raul Gonzales, Pellegrini men-gatakan bahwa Pangeran Ber-nabeu itu masih bisa menun-jukkan kelasnya. Pellegrini juga menyatakan bahwa semua pemain memiliki kesempatan sama di Madrid.

Sementara itu, meski sudah berhasil mendatangkan empat bintang baru ke Santiago Ber-nabeu, Pellegrini mengatakan jika timnya masih butuh tiga pemain lagi. Los Blancos ( sebutan Real Madrid) yang berposisi sebagai gelandang dan winger. “Saya ingin tiga pemain i tu bisa diperoleh sebelum 27 Juli,” paparnya. (jpnn)

TinggiKaka mulai pas-

ang target meraih treble winners.

temPat raul: Pelatih real madrid

Chilean manuel Pellegrini (kanan) sedang berbicara

sama kapten tim raul Gonzalez (kiri) pada sesi latihan belum

lama ini. raul masih dipercaya sebagai penyerang madrid.