jambi independent 10 januari 2010

Click here to load reader

Post on 30-Mar-2016

306 views

Category:

Documents

31 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • MINGGU, 10 JANUARI 2010 Jambi Independent

    KINI, GEJALA SAKIT MAAG-NYA ITU SUDAH MULAI BERKURANGDi usianya yang kini sudah 64tahun, wanita yang punya empatanak ini sudah sering merasakankembung di perutnya akibatpenyakit maag yang mulaimerongrong. Tapi, karena belumbegitu lama dan belum begituparah, wanita asal Pariaman,Sumatera Barat, ini mengakumampu mengatasi keluhannya itudengan cara meminum kedelaibubuk secara rutin dua kali sehari.Namun, setelah sekian lamamengonsumsi produk tersebut,sang produk mulai langka dipasaran di akhir 2008 yang lalu.Lalu, di awal 2009 ini, ada yangmenawarkan Zena-600 kepadapenduduk Kelurahan PematangKandis, Kecamatan Bangko,Kabupaten Merangin, ProvinsiJambi, ini. Barangkali, karena

    manfaatnya yang tak begituberbeda dengan produksebelumnya, ia pun rutin pulamengonsumsi sari bubuk kacanghijau yang sudah dicampur dengansari bubuk kedelai itu. Juga dua kalidalam sehari. Hasilnya? Setelahempat bulan meminumnya, nenekempat cucu ini mengaku gejala sakitmaag-nya sudah berkurang. Tapi,gejala pegal-pegal pada kaki yangakhir-akhir ini juga mulai seringsaya rasakan sampai sekarangbelum berkurang, lanjutnya saatditemui pertengahan Mei 2009yang lalu.Sakit maag adalah sakit yangditimbulkan oleh kelebihan asamlambung yang dapat menyebabkanterjadinya iritasi alias luka padaselaput lendir lambung. Dalamkondisi normal, asam lambung

    diperlukan untuk membantupencernaan dalam mengolahmakanan yang kita makan.Namun, produksinya bisameningkat bila adapemicunya. Misalnyamemakan yang pedas-pedas dan berminyak,makan tidak teratur, makanterlalu cepat atau dengantergesa-gesa, meminumkopi, merokok,mengonsumsi alkohol danobat-obatan tertentu, stres,atau kena serangankuman. Gejala yangdirasakan biasanya nyeridi ulu hati, perut terasa kembung,muncul perasaan mual, seringkeluar sendawa, dan sebagainya.Terkadang, lambung penderita sakitmaag bisa mengalami iritasi atau

    infeksi. Lalu, dengan mengonsumsijenis-jenis makanan tertentu, iritasi

    bisa makin parah danm e n g a k i b a t k a npendarahan yangberlebihan. Bila hal iniyang terjadi, penderitamakin stres. Betapa tidak.Tinja yang keluar ketika iabuang air besar bisabercampur dengan darah.Dan akibat stres, tidakmustahil penyakit lain akanbermunculan. Bisakahpenyakit ini diatasi denganmengonsmsi kacang hijaudan kedelai? Dalam biji

    kacang hijau dan kedelaiterkandung vitamin B1, yangberfungsi untuk membantukelancaran proses pencernaandalam lambung dan membuat usus

    lebih baik. Dengan demikian, masapengosongan lambung menjadidipersingkat sehingga gejala sakitmaag dapat ditekan. Sedangkanpegal-pegal di kaki mungkindisebabkan oleh kadar asam uratyang tinggi. Pada kasus asam urat,problem utamanya adalahterganggunya fungsi sendi. Hinggasaat ini belum ada obat buatmenyembuhkan penyakit ini. Obathanya bisa mengatasi gejalanya.Karena itu, yang perlu dilakukanadalah menekan gejala itu. Salahsatunya dengan terapi herbal.Mengonsumsi bubuk kacang hijaudan bubuk kedelai, yang kaya akanprotein, lemak tak jenuh, isoflavon,asam amino, vitamin, dan mineral,adalah salah satunya.Zena-600 sudah laku di seluruhwilayah pemasarannya. Ini tak

    lepas dari manfaatnya yang nyatadan produknya yang diolahhigienis. Selain itu, formulanyamerupakan penyempurnaan dariformula-formula kedelai bubukyang selama ini banyak beredar dipasaran. Dan ini amat ditunjangoleh mulai sadarnya masyarakatuntuk beralih ke bahan nabati alamidalam memelihara kesehatan.Tetapi, produk ini bukanlah obatmelainkan makanan kesehatanuntuk memelihara kondisi tubuh.Untuk konsultasi kunjungi segerapurwati-s@centrin.net.id atautelepon (021) 70288 540 hubungidistributor Prov. Jambi: 08128361642. Subdist Kerinci: 081366360140, Subdist Bangko: 08127350234,Subdist Batanghari: 081274175178, Subdist Tebo: 085274 776210.0741-7116595.

    Hj. Sumarni

    Kesaksian Susno Mendapat Dukungan ------------------------------------------------------------------------- dari hal 1

    Absen 50 Hari -------------------- dari hal 1

    Satgas Mafia Kawal ------------ dari hal 1

    Sejarah, Dibutuhkan ---------- dari hal 1

    Dapat Nasi Goreng Plus Kembali Rp 20 Ribu ---------------------------------------------------------------- dari hal 1Nilai tukar satu dirham saat

    ini setara dengan sekitar Rp 29ribu.

    Lalu, dari mana warga di sanabisa mendapat dirham? Lewatjaringan Wakala (Pusat DinarDirham) yang berfungsi se-bagai pusat distribusi dinardan dirham yang kini tersebardi berbagai kota.

    Sofyan Aljawi, pemilikWakala Al-Faqi, penyedia di-nar dan dirham di Cilincing,mengungkapkan, dirhammudah diterima di masyarakatsetempat. Di sini banyak or-ang Betawi. Mata uang mere-ka dulu ya perak. Bahkan, hing-ga sekarang mereka menyebutrupiah dengan uang perak,''katanya berkelakar.

    Sofyan menuturkan, sosial-isasi penggunaan mata uangdirham tersebut memang barudimulai dari kampung si Pi-tung itu. Saya yakin akan se-makin banyak yang mau meng-gunakan dirham. Sebab,dirham sekaligus menjadi sa-rana menabung,'' ujarnya.

    Upaya menggunakan dinardan dirham sebagai alat pem-bayaran tidak hanya terbatasdi Cilincing. Adalah JaringanWirausahawan Pengguna Di-nar dan Dirham Nusantara(Jawara) yang kini getol me-masyarakatkan penggunaankeping emas dan perak itu lay-aknya mata uang.

    Jaringan tersebut ditopangoleh penyedia penukaran di-nar-dirham bernama WakalaInduk Nusantara yang saat inimemiliki 60 cabang yangtersebar di DKI Jakarta, JawaBarat, Jogjakarta, Jawa Ten-gah, Jawa Timur, dan Bali. Ca-bang lainnya juga ada di Kal-imantan, Sumatera, serta Su-lawesi.

    Namun, Wakala tidak hanyadimaksudkan sebagai tempatpenukaran dinar dan dirham(nilai tukar keping logam bua-tan anak perusahaan PT Ane-ka Tambang itu bisa diikutisecara online). Mereka jugamenyosialisasikan bahwakeping emas dan perak bukansekadar sarana investasi.

    Itulah yang membedakankami dengan penyedia dinardan dirham yang lain. Di sinibenar-benar menyediakan ak-tivitas transaksi dengan dinarmaupun dirham,'' jelas ZaimSaidi, direktur Wakala, yangjuga pendiri Jawara, saat dite-mui di kantonya di Depok,Jawa Barat.

    Saat ini, konsumen memangbisa mudah mendapatkankeping dinar dan dirham. Ter-masuk di sejumlah toko emas.Namun, umumnya hanya di-gunakan untuk sarana investa-si, bukan transaksi. Hanyaditimbun. Padahal, prinsipdasar mata uang itu untuk tran-saksi. Banyak yang mengata-snamakan syariah saat men-jual dinar dan dirham. Pada-hal, itu hanya untuk investa-si,'' kata Zaim.

    Satu dinar adalah keping emasseberat 4,25 gram atau jika diru-piahkan setara sekitar Rp 1,447juta. Satu dirham adalah kepingperak seberat 2,975 gram atausetara Rp 29.000.

    Tekad menjadikan dinar dandirham sebagai alat bertran-saksi membuat Zaim dansejumlah rekannya menggagasjaringan bisnis terbuka yangmenampung para wirausa-hawan yang mau menerimadinar dan dirham sebagai alatbertransaksi. Kini, sudah adasekitar 200 wirausaha yangbergabung,'' ungkap lulusanIPB dan peraih master publicaffairs di Department of Gov-ernment and Public Adminis-tration, University of Sydney,Australia, tersebut.

    Pebisnis yang bergabung be-rasal dari beragam bidang.Mulai toko pakaian, jasa kat-ering, biro perjalanan, penye-dia peranti lunak, hingga de-sain grafis. Zaim mengakutidak bisa memantau nilai tran-saksi perdagangan di antaraanggota jaringan itu. Yangjelas, transaksi itu terus ber-jalan. Sebab, prinsip dasarnyasukarela menggunakan dinardan dirham,'' ujar ayah limaanak tersebut.

    Dia menuturkan, banyak ke-

    untungan yang diperoleh den-gan menggunakan dinar dandirham sebagai alat transaksi.Sebab, mata uang itu terkenalpaling stabil dan bisa melawanganasnya inflasi. Kita ini di-paksa menggunakan rupiah diIndonesia. Lalu, ketika ke Sin-gapura dipaksa menggunakandolar Singapura,'' ujar Zaimyang juga ketua PIRAC (Pub-lic Interest Research and Ad-vocacy Center) itu.

    Padahal, kata dia, nilai set-iap rupiah yang kita pegangakan terus jatuh. Tidak diram-pok pun, nilai uang yang kitasimpan di bank terusberkurang,'' tegas Zaim yangsudah menulis lebih dari sem-bilan buku tersebut.

    Saat ini, kata dia, banyakyang memegang dinar dandirham karena percaya hargaemas akan terus naik. Karenaitu, mereka berpotensi mem-peroleh gain (keuntungan).Konsep itulah yang menjadi-kan dinar sebagai alat investa-si dan komoditas murni.

    Menurut Zaim, harga emasterus melambung karena uangkertas tergerus inflasi cukuptinggi. Dia mengilustrasikan,pada 2000, ongkos naik hajihanya Rp 21 juta atau dengankurs saat itu setara 71 dinar.Saat ini, ongkos menunaikanibadah haji malah turun jikamenggunakan dinar, yakni 24dinar atau Rp 35 juta. Jadi,kalau memegang dinar, justruongkos berhaji turun. Tapi,kalau dengan rupiah, naiknyasangat tinggi,'' jelasnya.

    Dia menegaskan, usahanyamemopulerkan penggunaandinar dan dirham sebagai alatpembayaran bukan ditujukanuntuk melawan pemerintah.Kami tidak melawan siapapun. Ini prinsip dasarnyasukarela,'' tegas pria kelahiran22 November 1962 tersebut.

    Dia mengakui, penggunaandinar dan dirham tidak cocokdengan sistem perbankan.Bahkan dengan bank syariahsekalipun. Sebab, mata uangkertas selalu termakan inflasi,sehingga menuntut adanya

    suku bunga. Hal itu berband-ing terbalik dengan dinar dandirham yang nilainya justrunaik.

    Menurut Zaim, tak masalah jikaselama ini dinar dan dirham tidakterhubung dengan sistem per-bankan. Lagi pula, berapapersen sih di antara seluruhpenduduk di Indonesia yangmengguankan sistem perban-kan?'' ungkapnya.

    Dalam sejarah, penggunaanuang kertas memang baru beru-sia 300 tahun. Bahkan, lebihdari separo umur uang kertasitu dulu masih menggunakandeposit emas sebagai jaminan.Emas itu secara riil disimpanbank sentral. Namun, sejaksistem Bretton Woods yangditandai lahirnya Dana Mon-eter Internasional (IMF) danBank Dunia pada 1944, jami-nan riil emas di bank sentraldihapus. Dengan lahirnya

    sistem baru tersebut, bank sen-tral bisa mencetak uang tanpadikaitkan