islam dan tasawuf

Click here to load reader

Download islam dan tasawuf

Post on 13-Apr-2017

644 views

Category:

Education

76 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Islam Dan TasawufKelompok 12:Risda Auliana 041502503125018Raishatul Hanida 041502503125008Megawati

    041501503125003Fia handria 041501503125008

    Dosen Pembimbing : Bpk. Mursali, S.Fil.I, MM

  • PENGERTIAN ISLAMIslam(Arab:al-islm, ) adalah agama yang mengimami satu tuhan yaitu Allah SWT.Islam memiliki arti penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Pengikut ajaran Islam disebut Muslim(Laki-laki)/Musliamah(Perempuan) yang berarti seorang yang tunduk kepada Tuhan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para Nabi dan Rasul utusan-Nya dan meyakini menyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah Nabi dan Rasul terakhir yang Allah utus di muka bumi.

  • Pengertian TasawufTasawuf(Bahasa Arab : , )adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memporoleh kebahagian yang abadi.Sedangkan pengikut alirannya disebut dengan Sufisme/Sufi.

  • Pandangan Ahli Sejarah Islam Tentang Asal Usul TasawufKata sufi berasal dari kata shafa => bersih, suci, dan bening. Kata sufi berasal dari kata suffiah, => nama serambi mesjid di Madinah Kata sufi berasal dari bahasa Yunani, yaitu shofia => kebajikan. Kata sufi berasal dari kata Ibnu Sauf,=> orang Arab yang salehKata sufi berasal dari sufiah, => ijazah yang digunakan untuk naik haji. Istilah sufi berasal dari kata shuf => bulu domba yang besar dan kasar.

  • Aliran dalam Tasawuf

    QadiriyahRifaiyahSammaniyahSyattariyahNaqsyabandiyah

  • Ajaran Pokok TasawufProses penyucian jiwa dan pendekatan diri kepada Allah swt.

    Tujuh Maqamat yang harus dilalui seorang shufi :

    Tobat, Zuhud, Sabar, Tawakal, Ridha, Mahabbah (cinta) dan Marifat.

    Hal pokok tentang Tasawuf yang disepakati oleh

    semua pihak :Kesucian jiwa untuk menghadap Allah sebagai Zat Yang Maha Suci.Upaya pendekatan diri secara individual kepada Nya.

  • Berdasarkan obyek dan sasarannya, Tasawuf diklasifikasikan menjadi:

    1. Tasawuf akhlaqi : tasawuf yang menekankan nilai-nilai etis (moral)2. Tasawuf Amali : tasawuf yang lebih mengutamakan kebiasaan beribadah.3. Tasawuf Falsafi : tasawuf yang menekankan pada masalah-masalah filsafat dan metafisika. tasawuf ini disebut juga dengan irfani (bersifat pengetahuan diri).

  • Ajaran pokok tasawuf adalah sebagai berikutZuhudZuhud artinya mennjauhkan diri dari segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia.MarhabbahTokoh marhhabbah yang terkenal adalah Rabiah Al-AdawiyahFana dan baqaFana artinya sina, hancur, lebur atau hilang. Sedangkan baqa artinya kekal abadi dan senantiasa ada.IttihadIttihad yaitu pengalaman kesatuan seorang sufi dengan Allah pada saat ia sedang mabuk dalam kenikmatan bersatu dengan-Nya.HululTokoh yang terkenal dalam hulul adalah Abu Mansur Al-Hallaj .Hulul ialah bertempatnya sifat ketuhanan kepada sifat kemanusiaan.Wahdatul wujudDoktrin ini bertolak dari pandangan bahwa semua wujud hanya mempunyai satu realitas, dan realitas tungal itu ialah Allah SWT.Tokoh yang terkemuka dalam wahdatul-wujud adalah ibnu arabi.

  • TOKOH-TOKOH SUFIIbnu ArabyMuhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Abu Bakar. Muhyiddin ibnu Araby Al-Hatimi At-tahi. Lahir di Mercia (Andalusia) 17 Ramadhan 560 H. (28 Juli 1165 M) dan meninggal di Damaskus tahun 1240 MIbnu TaimiyahTaqiuddin Abdul Abbas bin Abdul Halim bin Abdussalam bin Abdullah bin Muhammad bin Taimiyah. Lahir di Harran pada senin tanggal 10 Rabiul Awal 661 H (22 Januari 1263 M), dan meninggal di Damaskus pada tahun 726 H (1328 M).

  • Al GhazaliNama besarnay Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Al- Imam Al-Jahl, Abu AHmid Ath Thusi Al-Ghazali. Populair dengan gelar Hujjatul Islam, karena banyak pembelaannya kepada keislaman. Beliau lahir di Thusia pada tahun 450-505 H (1058-1111 M.).

  • tasawuf timbul dalam Islam sesudah umat Islam mempunyai kontak dengan agama Kristen, filsafat Yunani dan agama Hindu serta Buddha, muncullah anggapan bahwa aliran tasawuf lahir dalam Islam atas pengaruh dari luar.Ada yang mengatakan bahwa pengaruhnya datang dari rahib-rahib(pemuka agama) Kristen yang mengasingkan diri untuk beribadat dan mendekatkan diri kepada Tuhan di gurun pasir Arabia.

    Hubungan Antara Islam & Tasawuf

  • Faktor faktor Dalam Islam Mengenai Ajaran TasawufDalam ajaran agama Islam sendiri ditemukan ayat-ayat tertentu yang membawa pada paham Tasawuf. Demikian juga perilaku nabi Muhammad SAW. Berkembangnya Tasawuf dalam dunia Islam adalah karena ajaran Islam Memberi tempat bagi pengembangan sifat-sifat yang baik seperti orang-orang yang bertaubat atas segala dosa,, sabar, tawakkal, dan ridha atas segala apa yang diberikan Allah kepada kita dalam kehidupan ini.

  • Sungguh, bahagialah orang yang menyucikan jiwanya (Q.S. Asy-syam 91:9)

    Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku, matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada) Allah (Q.S. Al Anam:162)

    Perilaku hidup Rasulullah, seperti amanah, shiddiq, fatanah, tabligh, dsb., merupakan bentuk praktis dari cara hidup seorang sufi.

    Dasar tasawuf dapat dikatakan mensucikan diri dari dosa, mencari ridha Tuhan, selalu dalam kefakiran atau zuhd, memenuhi hati dengan cinta/mahabbah dan menghias diri dengan akhlak mulia.

  • Unsur Non Islam:

    Nasrani: Cara kependetaan dalam hal latihan jiwa dan ibadah.Yunani: Unsur filsafat tentang masalah ketuhanan.Hindu/Budha: mujahadah, perpindahan roh dari satu badan ke badan yang lain.

  • Fungsi Tasawuf dalam Kehidupan Sehari-HariPedoman moral dan etika dalam menjalani kehidupan sehari-hari.Alat untuk menyensor berbagai pengaruh dan dampak yang dibawa oleh arus modernisasi, dengan mengambil yang baiknya serta menolak yang jeleknya.Sebagai media untuk mengingat Allah dalam situasi dan kondisi apapun.Menjaga utuhnya jati diri dan harga diri seorang muslim.

  • Menurut Syekh Al-Junaidi Al-Baghdadi bahwa perilaku tasawuf itu dapat digambarkan kepada 8 kategoriPerilaku dermawan terhadap sesama.Perilaku ridla terhadap apa yang diterimaPerilaku sabar terhadap apa yang menimpa pada dirinya.Perilaku simbolik dan sadar menerima perintah aturan Allah SWT.Perilaku menyendiri dan tidak mencintai hal-hal dunia.Perilaku berpakaian yang sederhana dan tidak memuja materi.Perilaku yang menjalankan perintah rohani yang tulus dengan menuntut ilmu agama dan shaum.Perilaku untuk bersikap hidup sederhana dan juga ikhlas.

View more