inovasi produk dan manajemen

Click here to load reader

Post on 21-Oct-2014

8.403 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Inovasi Produk dan Manajemen

Inovasi Produk dan

ManajemenINDIKATOR, POLA, SYSTEM: SEBUAH KAJIAN PRAKTIS

SAMERDANTA SINULINGGA, S.ST.PAR., M.PAR.

Tau Akan Informasi Adalah Titik Penting Dalam Melakukan Inovasi

KOMPETENSI DASAR

Memahami Kebutuhan untuk berbagi dan bertukar pengetahuan

Memahami inovasi sebagai proses bisnis inti

Memahami manajemen inovasi produk

Pentingnya Berbagi Dan Bertukar Pengetahuan

Menemukan banyak ide baru

Mengembangkan ide baru

Menguji ide baru

Perusahaan akan mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap suatu masalah/isu

Di akhir tahun 1999 Sumi mencoba resep kue bolu kukus yang didapatkan darisalah seorang saudaranya. Ia mencoba resep tersebut hingga berulang-ulang, sampaiakhirnya menemukan takaran yang pas untuk bolu kukus tersebut. Dibantu olehputra sulungnya Joko Ervianto beserta istrinya (Atin), Sumi menawarkan bolukukus cokelat tersebut sebagai salah satu menu di katering mereka. Berkat kelezatandan cita rasa bolu kukus cokelat yang unik, produk tersebut dengan mudahnyadiminati para konsumen. Melihat permintaan pasar akan produk tersebut sangatlahbagus, pada tahun 2000 keluarga Sumi memutuskan untuk membuka usahabrownies kukus dengan menggunakan merek Amanda di Bandung. Nama tersebutmerupakan singkatan dari Anak Mantu Damai, yang artinya mengharapkan anakdan menantu bisa selalu hidup rukun dan damai.

Apa itu Inovasi ??

Inovasi adalah mengkreasikan dan mengimplementasikan sesuatu menjadi satu kombinasi baru(Schumpeter)

Katanya inovasi itu adalah Ini ??

kreatif dan inovatif adalah suatu kemampuan untuk memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang produktif sehingga memberikan nilai ekonomis.

Apa inovasi kecil yang bisa kita lakukan dari dalam diri?

Memiliki kekhasan / khusus artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan.

Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang memiliki kadar Orsinalitas dan kebaruan.

Program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang tidak tergesa-gesa, namun kegiatan inovasi dipersiapkan secara matang dengan program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.

Inovasi yang digulirkan memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Inovasi mempunyai 4 (empat) ciri yaitu

(cara membaca hal yang berguna):

Kita punya masalah yang berbeda Mancis gas Apple MP3 (ipod)Buktinya apa?? Google

Mereka terkendala & berusaha me-realistiskan kalimat Proses yang tak tergesa-gesa

daftarPrilaku inovatif

Untuk Menghasilkan Perilaku Inovatif, Seseorang Harus Melihat Inovasi Secara Mendasar Sebagai Proses Yang Dapat Dikelola (John Adair, 1996)

Untuk Mengelola Inovasi Seseorang Harus Memiliki: Individu Atau Tim Yang Memiliki Kreatifitas Dan Leadership

Menurut Wess & Farr (Dalam De Jong & Kemp, 2003) Adalah Semua Perilaku Individu Yang Diarahkan Untuk Menghasilkan, Memperkenalkan, Dan Mengaplikasikan Hal-hal Baru, Yang Bermanfaat Dalam Berbagai Level Organisasi

ATM (Amati Tiru Modifikasi)

Belajar dari Pengusaha Kripik MAICIH

(terkait daftar prilaku inovatif)

Kenapa kita belajar dari dia? (karena dalam beberapa kasus, dia bahkan menguji teori)

Contoh:

Kripik adalah makan kesukaannya

Nomaden: Lokasi Penjualan Yang berpindah-pindah (dia membiarkan konsumennya cari sendiri lokasi penjualan)

Kalau buka toko tetap takutnya malah habis, pas orang jauh-jauh datang. Mereka kan tahunya pusat Maicih di Bandung. Pas habis, nanti kami didemo lagi. heheheh Waktu awal-awal, saya sih masih pake sistem cash on delivery (COD), jadi dianterin, mau satu bungkus pun saya anterin. Waktu itu saya percaya, Sekarang saya ngejar-ngejar konsumen, tapi nanti suatu waktu konsumen yang ngejar-ngejar saya. Dan, sekarang terbukti. Karena, memang addict sih yah.

Kenapa agennya disebut Jenderal?

Nah, itu sebenarnya hanya marketing mix. Saya membuat bahasa marketing dengan nuansa yang berbeda supaya lebih menarik dan mereka juga lebih dihargai. Lebih bagus jendral dari pada agen.

Point inspiratif: 1. inget Fanta?? Pada pertama kali jaringan produsen ini sangat memfokuskan diri pada rasa Orange (karena terbukti di beberapa Negara, rasa ini yang paling laris). Tapi tidak di Indonesia, yang paling laris adalah rasa strowbery dengan warnanya yang merah. Dan kita tahu kripik pedas itu warnanya merah. Semakin merah, semakin menggoda. (Indonesia suka warna yang mencolok). 2. Pangsa pasar Indonesia memang sangat suka Pedas.

Omset sebulan adalah 4 Miliar Rupiah

DIMENSI RUANG

Artinya, suatu produk atau jasa dipandang sebagai sesuatu yang baru di suatu tempat namun tidak ditempat lain.

Dimensi waktu

Artinya, kebaruan di jamannya.Misal, candi Borobudur yang merupakan bangunan kuno merupakan suatu karya bersifat inovatif di jamannya.

Katanya inovasi itu punya ruang dan

Waktu??, apa bener?

Denni Delyandri, Di Batam Tidak Ada Kebun Pisang

Orang: Padang, Dulunya: Karyawan, Perusahaan: Kek Pisang Villa, Ide: Menciptakan oleh-oleh khas kota Batam yang selama ini tidak ada.Membuat Usaha Karena: Terpaksa, Tuntutan Kebutuhan Ekonomi, harus cari penghasilan yang lebih.

Yang Dicermati: 1. kebiasaan orang Indonesia yang menitip buah tangan setiap kali ada kerabat atau sahabat yang berpergian ke tempatjauh. Inilah yang saya lihat sebagai peluang. 2. di Batam tak ada Pisang

Kondisi Usaha: mampu menjual 800 1000 loyang setiap hari dan memiliki 5 toko dengan omzet sekitar Rp. 25 juta per hari.

Penghargaan: juara 3 program Wirausaha Muda Mandiri 2008.

Fokus: Rasa dan Pengemasan,

Pengalaman di Bidang Pemasaran: Dulu awalnya kami sangat bergairah untuk membuat retail, sampai ada 12 rasa yang kami kembangkan.Ada rasa choco, mete, pandan, dan lainnya. Namun setelah kami memposisikan Villa sebagai produk oleh-oleh, jumlah varian sebanyak ituhanyak membingungkan konsumen saja. Selain itu biaya produksi juga akan semakin meningkat. Setelah melewati riset akan rasa apa yangpaling disukai, diperoleh lima rasa utama.

Varian Produk: Blackforest, keju, blueberry, mixed fruit, dan original. Original adalah kek yang belum diberi topping. Perbedaan rasa setiapkue itu terletak di toppingya. Bentuk awalnya bulat, namun agar mudah dibawa dan dikemas secara baik, dimodifikasi menjadi bentukkotak.

Pertimbangan: Saat ini Batam sedang maju. Dulu hanya sekadar kota industri yang masyarakatnya sangat heterogen. Kini Batam menjaditujuan wisata, bahkan menempati posisi nomor 3 setelah Bali. Hampir 1,5 juta wisatawan setiap tahun mampir ke pulau Batam untukmengikuti MICE (Meeting, Invention, Convention and Exhibition), sehingga mobilitasnya tinggi. Maka dari itu kami memilih peluang disana karena belum ada satu oleh-oleh pun yang menjadi ciri khas Batam.

segitiga biru setiap harinya, dibantu oleh 300 orang karyawan di bagian produksi dan ratusan orang yang memasarkan produknya selain di wilayahsekitar Comal juga sampai ke Semarang, Purwokerto, Cilacap bahkan sudah merambah sampai ke Bogor, Jombang, Surabaya, Bali hinggaSamarinda. Itulah sebabnya bagi ayah tiga orang anak ini, soal mematok harga bukan merupakan hal yang rumit, boleh dibilang harga kue pianyasangat ekonomis berkisar antara Rp 300 hingga Rp 500 per buahnya. Ia juga punya pemikiran bahwa mengambil keuntungan tidak harus besar.Karena keuntungan itu tidak bisa dilihat secara harian, bulanan, atau tahunan saja, tetapi lebih luas dari itu. Bisa saja tahun ini keuntungannyamenurun, tetapi tahun lalu atau diharapkan tahun depan untungnya lebih besar katanya menjelaskan. Dari situlah kita bisa mengatur penggunaankeuntungan tersebut secara bijaksana. Tambahnya. Sistem kekeluargaan inipun diterapkan juga pada bagian pemasaran, banyak diantara salesnyabermula juga sebagai karyawan, kepada mereka diberikan pinjaman modal. Setelah mapan, kemudian dilepas agar mereka dapat mengembangkansendiri jangkauan pemasarannya. Sampai pada perkembangannya, melihat peluang yang cukup terbuka, kini banyak tenaga pemasaran yang justrudari kalangan karyawan, bahkan ada dari pegawai negeri, terutama guru, mereka kemudian mengajak para mantan muridnya untuk menjadi subsalesnya.

Menurut pria yang berpenampilan riang ini, paling tidak ada TIGA ALASAN IA MEMILIH MEMBUKA USAHA KUE PIA INI.Pengamatan terhadap peluang pasar menunjukkan bahwa ternyata 1) Pasar Kue Pia Cukup Terbuka di banyak daerah 2) BelumBanyak Yang Mengusahakannya (pengusaha di bidang ini sangat kecil di banyak tempat), Di Samping Itu 3) Sifat Kue Pia YangKering, Bisa Lebih Tahan Lama Masa Daluwarsanya serta pengalaman selama bekerja di perusahaan roti dan kue, menguatkantekatnya untuk membuktikan bahwa dirinya mampu untuk mandiri.

Keberaniannya membuka usaha didasari prinsipyang dipegang sampai saat ini yaitu : Laku karenaMutu. Artinya dalam menjalankan usaha yangharus dijaga terutama adalah kualitas. Biarpunharga bahan bakunya naik turun, tetapi yangpenting adalah mutunya harus standar. Priakelahiran Pangkalpinang 38 tahun lalu inimengelola usahanya sejak tahun 2000. Saat iniuntuk membuat kue pianya, ia mampu melahaplebih dari 100 zak tepung terigu lencana merah dan

Sifat Perubahan Dalam Inovasi Ada 6 Kelompok Yaitu :

1. Penggantian (substitution) (alat goreng yang lama diganti baru)

2. Perubahan (alternation) (produk roti yang hanya dibuat pada saat malam

View more