inisiasi 6

Download Inisiasi 6

Post on 16-Apr-2017

217 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • INISIASI 6 PENGERTIAN, PENDEKATAN, DAN MODEL DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DR. LAILATUR ROHMAH, M.SI UNIVERSITAS TERBUKA2016

  • *Mahasiswa dapat memahami konsep pembiayaan pendidikan Mahasiswa dapat memahami pendekatan yang digunakan dalam pembiayaan pendidikan.Mahasiswa dapat memahami model yang digunakan dalam pembiayaan pendidikan

  • *Biaya pendidikan merupakan salah satu komponen instrumental (instrumental input) yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan (di sekolah). Biaya dalam pengertian ini memiliki cakupan yang luas, yakni semua jenis pengeluaran yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan, baik dalam bentuk uang maupun barang dan tenaga yang dapat dihargakan uang (Supriadi, 2000).

  • *Biaya dalam pendidikan meliputi : Biaya langsung (direct cost) terdiri dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk keperluan pelaksanaan pengajaran dan Inisiasi siswa seperti pembelian alat-alat pembelajaran, penyediaan sarana pembelajaran, biaya transportasi, gaji guru, baik yang dikeluarkan pemerintah, orang tua maupun siswa sendiri. Biaya tidak langsung (indirect cost) berupa keuntungan yang hilang (earning forgone) dalam bentuk biaya kesempatan yang hilang (opportunity cost) yang dikorbankan oleh siswa selama belajar, contohnya, uang jajan siswa, pembelian peralatan sekolah (pulpen, tas, buku tulis,dan lain-lain).

  • *Keuangan dalam pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan yang diimplementasikan dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Penghitungan biaya pendidikan meliputi total cost mencakup: fixed cost dan variable cost, unit cost per program studi atau per siswa/mahasiswa, average cost, marginal cost (Fattah: 2009).

  • *Dalam menghitung biaya pendidikan ini, faktor input dan output dari pendidikan serta proses yang ada di dalamnya yang dikaitkan dengan program pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi, dapat dihitung menggunakan teknik (cost analysis): 1)productifity measurement atau analisa cost-effectiveness atau 2)analisis cost-benefit. Hasil perhitungan biaya pendidikan dapat mengevaluasi apakah investasi tersebut menguntungkan atau tidak baik untuk individu tersebut (private rate of return) ataupun untuk masyarakat secara luas (social rate of return).

  • *Dalam pembiayaan pendidikan terdapat prinsip- prinsip pembiayaan pendidikan, yakni: prinsip keadilan, prinsip kecukupan, prinsip keberlanjutan. Pembiayaan pendidikan disusun dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi pemihakan terhadap masyarakat miskin, penguatan otonomi dan desentralisasi pendidikan, serta pemberian insentif dan disinsentif

  • *Model Flat Grant Foundation Plan Power-equalizing Plan Weighted Student Plan Model Perencanaan Pokok Jaminan Pajak (Guaranted Tax Base Plan) Model Persamaan Persentase (Persentage Equalizing Model) Model Pendanaan Negara Sepenuhnya (Full State Funding Model)

  • *Model Sumber Pembiayaan (The Resources Cost Model) Model Surat Bukti/ Penerimaan (Models of Choice and Voucher Plans) Model Berdasarkan Pengalaman (Historic Funding) Model Berdasarkan Usulan (Bidding Model) Model Berdasarkan Kebijaksanaan (Descretion Model)

  • *(1) Sumber pembiayaan pendidikannya berasal dari pajak yang memiliki fungsi budgeter dan fungsi pengaturan. Sementara itu, di negara Eropa seperti Jerman, ciri khas belajar di Jerman adalah mengenai biaya pendidikan tiap semesternya. Untuk semua jenis sekolah publik tidak dipungut biaya.

  • *(2) Di Inggris, kebanyakan sekolah-sekolah di sana beragama anglican, selanjutnya Katolik Roma dan Yahudi. Sekolah-sekolah tersebut mendapat alokasi dana yang cukup, sementara untuk agama seperti Hindu dan Islam, dukungan finansial dari pemerintah dirasa kurang. Hal ini menjadi isu utama di daerah Bradford dan daerah-daerah yang terdapat banyak warga muslim. Khusus untuk perguruan tinggi, pemerintah menyediakan berbagai beasiswa (scholarship) bagi yang kurang mampu.

  • * PENUTUP

  • *Penilaian umum tentang penguasaan materi tutorial. Rangkuman tentang materi yang telah dibahas Saran pendalaman materi dan diskusi Rencana tutorial selanjutnya

  • *TERIMA KASIH