independent mei 2012

24

Upload: hima-tg-terra

Post on 22-Mar-2016

236 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

Berisikan tentang Wisuda April 2012 dan BPH 2012/2013

TRANSCRIPT

Page 1: Independent Mei 2012
Page 2: Independent Mei 2012
Page 3: Independent Mei 2012
Page 4: Independent Mei 2012

WISUDA APRIL By : Tristantyo Yoga Wicaksono (12310038)

WISNIGHTWisuda kali ini temanya tentang samurai dan namanya “Saigo no Senshi (The Last War-

rior)”. Ok, hari yang ditunggu pun tiba, yaitu hari Jumat. Panitianya dari pagi buat dekor sampe shalat Jumat. Rencananya, setelah Shalat Jumat ngebersih-bersihin mektan buat wisnight. Ternyata setelah soljum masih belum bisa beresin mektan, soalnya masih ada propertinya anak SR. Terus Tole (Luthfi Naufal 12310011) punya ide buat modus ngebantuin anak SR. Abis semuanya beres, baru kita bersih-bersih mektan dan mulai masang-masang dekor. Di tempat yang lain, ada juga yang nyiapin buat arak-arakan sore.

Arak-arakan sorenya mulai sekitar jam setengah 5an, arak-arakan sore ini mirip-mirip binwal. Wisudawannya didandanin udah kayak cater pas binwal. Arak-arakan sorenya punya 3 pos. Yang pertama ada pos inisiasi yang didanlapi oleh peki (Muhammad Faqih Mulyawan 12310008). Di sini wisudawannya dikasih kayak nama cater. Terus ada pas senam sore, danlapnya Helmy Kumis (Helmy Rizki Fauzi 12310010). Terus terakhir ada pos refleksi diri, danlapnya Candi (Rachmantara Tri Chandi 12310035). Di pos ini harusnya suasananya serius, tapi kenyataannya tetep aja gitu. Udah dari pos 3, acara arak-arakan sore selesai, wisudawan/tinya dikasih waktu buat istirahat sampe jam 8.

Jam 8 pun tiba, acara dimulai. Wisnightnya sendiri yang datang rame bener. Sangat tidak ses-uai kayak yang diobrolin sama Ronnie, yang katanya paling yang datang cuma sekitar 150an. Tapi, yang datang itu lebih, gw udah takut sih makanannya kurang, tapi Alhamdulillah sih makanannya cukup sampe akhir. Acaranya sendiri diisi oleh para performer campur-campur dari angkatan 2007, 2008, 2009, 2010. Abis itu juga ada nonton video angkatan. Jam pun sudah menunjukkan pukul 11 malam, dan acaranya masih ada beberapa acara lagi, dan akhirnya gw pun agak panik. Ga berapa lama kemudian yang ditakutkan pun datang “Petugas K3L“. Di sinilah pada akhirnya, tukang bacot 2010 (baca : Argand Bimantara 12310016) ada gunanya. Akhirnya kita dikasih sampe jam 12 malam.Abis semua acara selesai, lalu ada persembahan video dari angkatan 2007, disinilah ga dikit juga wisu-dawan/ti yang jadi nangis. Abis itu acaranya ditutup sama hymne TERRA.

WISUDA HARI-HBesoknya adalah hari H wisuda, yang LO pun sudah sibuk mulai dari jam 6 pagi. Pas jam 7,

wisudawan/ti mulai masuk ke sabuga. Sidang di dalemnya ternyata ngaret, harusnya 11.30 udah selesai, tapi ternyata belom. Pas acaranya yang di sabuga selesai malah ujan. Karena acaranya udah selesai, massa TERRA mulai ke saraga buat nyambut wisudawan.

Abis itu akhirnya ujan berenti dan gak berapa lama kemudian, wisudawan/tinya keluar dari sabuga. Terus Terra-terranya pada push-up di becek-becekan air. Abis itu kita mulai ngarak ke kampus. Abis itu keluar tunnel kita ada perform haka sama push-up. Massa kampus yang diatas pada nontonin. Kelar perform kita mulai ngarak lagi sampe tempat perform di gerbang depan. Di depan kita haka lagi, terus ada orasi danlap dan push-up. Abis itu kita balik ke himpunan, tapi nyangkut di depan tugu Soekarno buat push-up lanjut balik ke BSC B. Di depan BSC B kita ada acara, pertama ada ucapan selamat dari pak Kahim, abis itu kesan pesan dari wisudawan/ti dan orang tua wisudawan/ti. Lalu diakhiri ada perlepasan balon oleh wisudawan/ti. Dan akhirnya selesai acara wisudaan kita kali ini. Sekali lagi gw mau bilang makasih banyak buat Terra-terra yang udah ngebantuin dan yang udah dating buat acara ini. Semoga kedepannya wisuda TERRA akan selalu lebih baik. 1 2 3 !!! TERRA!!! TERRA!!! TERRA!!!

Page 5: Independent Mei 2012

KESAN PESAN PANITIA WISUDA 2012

KETUA : TRISTANTYO YOGA WICAKSONO (12310038)

“Seru, soalnya ini pertama kali ikut arak-arakan, dari yang biasa cuma nonton doang, sekarang bisa

ikutan”

BENDAHARA: Rizka Rahayu Putri (12310019)

“Luar Biasa sekali saya dikasih kesempatan untuk kesekian kalinya menjadi seorang bendahara. Pusing puyeng mengatur duit, but it’s challenging! Haha. Semoga kebendaharaan selanjutnya jauh lebih

baik :D”

SEKRETARIS : Dafi’ Imamul Khair Fatharani Sadat

(12310024)“Seru. Pengalaman pertama jadi sekretaris kepani-tiaan :D buat sekretaris berikutnya yang teliti ya bikin proposal jangan seperti saya ahaha”

KADIV PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI : Rangga Gamayudha (12310040)

“ Seru juga masuk dalam kepanitiaan wisuda bareng rekan rekan kerja yang kooperatif. Semoga kedepann-ya bisa lebih baik lagi kepanitiaan yang lainnya tetep semangat lah pokoknya”

KADIV LOGISTIK : Widya Wisesa Pradipta (12310017)

“Heboh banget deh pas persiapan di hari-H, cem panik gitu takut ada yang ketinggalan ato kelupaan, tapi semua baik2 aja kok yaa meskipun harus dipoles sana sini. Pesannya, ya persiapkan

yang terbaik, jangan lupa komunikasi syarat utama supaya semua berjalan lancar”

Page 6: Independent Mei 2012

KADIV KREATIF : Chandra Bakti (12310051)

“wah ga bisa terlukiskan pake kata2 haha. Ya be-gitulah haha yang jelas seru banget, ada seneng sedihnya ya gitu deh panjang kalo mau dtulis tapi

susah diungkapkan haha”

KADIV LAPANGAN : Ramadhan Kautsar (12310020)

“ Arak-arakan yang luar biasa karena par-tisipasi massa yang super !”

KADIV ACARA : Abghia Dini Fanzuri (12310046)

“Pengalaman yang seru dan banyak pembelajaran, walaupun capek dan stress tapi sangat terbayarkan saat acara itu lagi berlangsung. Jadi tau gimana TERRA itu lewat wisuda. Seneng banget bisa bikin

acara bareng-bareng untuk TERRA.”

KADIV PERIZINAN : Argand Bimantara (12310016)

“Kereen si acaranya, bagus semangat massa terra, semoga wisuda masih menjadi salah satu

ajang penyatuan seluruh anggota terra…”

KADIV LO : Muhammad Ibnu Falah Adinugroho (12310007)

“Seneng bisa kenal sama wisudawan2 TERRA yang super. Agak susah belum punya pengalaman apa2 tentang LO lang-sung dihadepin sama banyaknya jumlah wisudawan yang harus dikasih LO satu2, belum bener deh ngoordinasinya. ayo rame2 jadi LO, dijaminbkal dpt pnglaman asik yg blm prnh didapat

sblumnya.. :D 1 2 3, TERRA TERRA TERRA!!!”

KADIV KONSUMSI : Ikramtio Kusuma Nursultan (12310025)

“Acara mantaap, berjalan lancar, cmn mungkin karena baru pertama kali nyiapin wisuda persiapan-nya agak mepet dan terburu-buru, 123 terra3x!”

Page 7: Independent Mei 2012

KADIV DANUS : Muhammad Faqih Mulyawan (12310008)

“Capek banget banyak pikiran, karena salah satu yg penting bgt buat kelancaran acara. Tp gw jg agak santai karena wisu-

dawannya jg banyak. Hahahaha tapi sebenernya ga boleh gitu soalnya kita ga boleh memberatkan wisudawan, jadi danusnya itu harus ekstra keras. Tp alhamdulillah semua dana nya ketutup berkat danus jg. Pesennya danus itu 1 angkatan yaaa bukan cuma

divisi danus doang. Semangat buat danus2 selanjutnya”

KESAN PESANWISUDAWAN/WATI

Madaniya Oktariena (12307009)

Wisnite april 2012, acaranya?

sepi. bandnya? lagunya gw ga tau. yang data-ng? ada beberapa yg gw harap datang ternyata engga. makanannya? yaa enak ko, kelebihan malah jumlahnya.

dokumentasi? hanya merasa sedikit blitz mond-armandir, dan bener aja gw cuma ada di kurang dari 5 foto, ga tau deh yang dari panitia. video wawancara? itu video apa laporan pertang-gungjawaban akhir taun dari presiden ke dpr? KESIMPULAN :: gw ga dapet feel graduation night dan yang lagilagi jadi penyelamat acara :: video persembahan wisudawan untuk TERRA dan lagu ganteng ultimatenya Ranu buat 2007, judulnya Kisah di Persimpangan.

kedua, graduation day , arakarakan, yaaa ini ramelah. gw memuji semangat TERRA yang

ikut arakarakan kemarin. gw merasakan adanya keniatan dan ketotalan waktu perform haka atau pas berenti di spot pamer. itu haka jadi sekeren itu ternyata kalo yang perform kompak,

banyak, dan niat! SALUT! Untuk HIMA TG “TERRA” ITB dan semua elemen didalamnya, terima kasih telah menjadi wadah untuk proses memanusiakan manusia. Sebuah stage dimana kita bisa memainkan adegan kehidupan keseha-rian manusia normal dengan segala konflik dan problematikanya dalam bermacam scene yang terus berbeda sehingga pada akhirnya menun-tut kita untuk kreatif mengubah script dengan cepat dan melakukan improvisasi sebagai solusi dari adegan tak diduga agar ending yang dicapai bisa tetap sejalan dengan plot dari skenario yang telah dibuat sebelum shooting dimulai. Ingat, “…dengan semangat juang kita, TERRA kan tetap jaya!”.”

Reni Purnama Sari (12307026)

Makasi TERRA-TERRA untuk

segala keringat dan waktunya dalam acara wisudaan. Mungkin karna udah keseringan ikutan acara wisudaan

kali ya, berasa biasa ajeuu gitu. Smoga acara wisudaan berikutnya bisa dibuat lebih berkesan. Tetap semangat! 123 TERRATERRATERRA!!!

Page 8: Independent Mei 2012

Bilqis Afifah Amatul-lah (12307062)

Kesan:

Keren wisnitenya apalagi pas ara-

k2annya. TERRA nya tetap semangat dan tertib. Terima kasih buat TERRA dan khususnya panitia.

Semoga wisuda yg akan datang lebih baik lagi.

Pesan: Jaga nama baik TERRA, tingkatkan prestasi positif akademis maupun non akad-emis, semangat menyelesaikan tugas2nya sbg TERRA dan jg sbg mahasiswa.

Ryan Adhi Putra (12307037)

Terima kasih kepada TERRA,

khususnya panitia wisuda April 2012 (Terra 2010) atas aca-ra yang telah dibuat

untuk kami. Semangat massa TERRA mantap walaupun pada hari wisudaan sempet hujan.

Semoga acara-acara berikutnya bisa lebih maksimal lagi dengan mengambil yang positif dan mengevaluasi yang negatif dari acara-acara sebelumnya. Untuk seluruh massa TERRA yang masih aktif pertahankan ke-TERRA-an kalian agar TERRA makin jaya. 1....2....3....TERRA.TERRA.TERRA!!! -TERRA07RAP

Ria Adelina P (12307004)

Makasi buat kesediaan pani-

tia wisuda april TER-RA utk ber-repot2 bkn acara wisuda buat kita2.smoga utk acara wisuda dan acara2 TERRA selanjutnya

bisa lebih baik lagi.

Pratio Argarizka (12307045)

Kesan gw waktu di-

arak kmrn, massa terra nya rame, antusias, perform nya juga gahar. Walaupun acara wisnite nya masih harus ditingkatin

lagi, tapi overall,acara wisudaan kemaren sukses kok ;)pesan: 1. TERRA2 senior tolong bimbing adek2nya wkt wisnite, adek2 kita ini butuh pendampin-gan ketika ngadain acara. jadi mhn partisipas-inya ya.2. Tetep dateng ke acara2 terra selain wisuda, dan tetep saling bantu 1 sama lain.3. Jgn ngerasa minder, kita terra, kita 1 kelu-

arga, jadi tetep lakuin yg terbaik buat TERRA.

Rexy Hamza Sub-roto

Bwt gw, ke-san wisudaan

TERRA kmrn overall bagus, bikin berkesan, dan cape, hhe.. Arak2annya seru, cm pas acara di dpn ganesha kok kesannya kaya yg

orasi, pdhal secara pribadi gw lg pengen hepi2.. Trs klo bisa yg berikutnya TERRA jgn cm haka doang andalan show offnya.. Bikin yg lebih kre-atif sm yg lbh menghibur.. LO gw, Monique, the best abis.. Tim yg bikin video jg mantep!! Pertahanin yg bgs2, klo perlu lbh inovatif lg, perbaikin yg kurang.. Sukses terus k depannya y.. TERRA3x!!

Page 9: Independent Mei 2012
Page 10: Independent Mei 2012
Page 11: Independent Mei 2012
Page 12: Independent Mei 2012
Page 13: Independent Mei 2012
Page 14: Independent Mei 2012
Page 15: Independent Mei 2012
Page 16: Independent Mei 2012

Sepenggal Sejarah dari by Rizky Firmansyah 12309043

Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) = impresi ataukah kaderisasi? Se-benarnya apa sih hasil yang ingin dicapai

dengan adanya kegiatan ini? Apakah cuma sebatas menggelar acara rutinitas saja? Bagaimana jika keg-iatan ini tak perlu ada? Memangnya dengan mengi-kuti OSKM akan melahirkan mahasiswa ‘ideal’ se-bagai insan akademis? Eh emangnya ini acara siapa sih?

Eitsss… kawan-kawanku, sebelum kita ber-bicara panjang lebar dan menanyakan arti dan tu-juan OSKM, alangkah bijaknya bila kita melihat ke belakang tentang sejarah terbentuknya OSKM ini.

Yuk marilah buat ruang duduk yang nyaman, rehatkan pikiran dari bayangan aktivitas apapun dan simaklah bacaan di bawah ini dengan baik ya guys

OSKM ituuu….

Kalian pasti sudah tahu kan bahwa OSKM itu adalah acara rutinan tiap tahun dari Kabinet KM-ITB di bawah Kementrian PSDM. Sebelum bercerita sejarah OSKM, kita track-back ke be-lakang dulu ya, dimulai dari sejarahnya Kemaha-siswaan dan KM-ITB terlebih dahulu.

Pada tahun 1982, terbentuk Forum Ketua Himpunan Jurusan (FKHJ) dan Badan Koordi-nasi Satuan Kegiatan (BKSK) yang mengkoor-dinasikan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan ter-pusat ITB. Kuatnya represifitas birokrasi kampus terhadap kegiatan kemahasiswaan menyebabkan munculnya kelompok-kelompok studi. Kegiatan kemahasiswaan mengarah pada studi mendalam mengenai ideologi, politik, hukum, ekonomi, so-sial dan budaya, apalagi setelah aliran filsafat pos-modernisme masuk ke Indonesia.

Kemahasiswaan ITB mulai mendapat mo-mentumnya saat Sekjen FKHJ Duddy Sona Les-mana (PL’89) diskorsing tahun 1991. Kompromi mahasiswa dan rektorat saat mengadakan Orien-tasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) 1992 dan 1994 yang dilegalkan oleh Rektor Prof. Wi-ranto Arismunandar. Sempat terjadi kasus skors-ing Yos Alfa dan Muhammad Melyana (FT’90) yang menyebabkan aksi pengunduran diri Deny (SI’88) sebagai bentuk protes atas represifitas bi-rokrasi kampus. Aksi ini didukung oleh ribuan mahasiswa ITB dan juga mahasiswa kampus lain yang sedang mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di ITB.

Pada tanggal 20 Januari 1996, FKHJ dan BKSK ITB mendeklarasikan berdirinya Keluar-ga Mahasiswa ITB berikut kelengkapannya yaitu Kongres dan Kabinet KM ITB.

Pada tanggal 7-10 Juni 1998 diadakan Musyawarah Kerja KM ITB di Ciwidey. Pada Muker 1998 ini Konsepsi Organisasi Kema-hasiwaan serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ITB disahkan. Konsep Organisa-si Kemahasiswaan mengacu pada Konsep Pemer-intahan Mahasiswa dan visi Masyarakat Madani yang ditulis oleh Fandy Wijaya (GD’94)

Kabinet kedua dipimpin oleh R. Sigit Adi Prasetyo (IF’95) mengalahkan Nurul Wajah Mu-jahid (KL’95), Zaid Perdana Nasution (TL’96), Arief Wicaksono (TI’95), Iqbal Alfajri (DS’96), Dedi Apriadi (GL’97). Kabinet Sigit berkontri-busi dalam mengadakan Olimpiade Olahraga dan Seni Budaya I, penerbitan buletin Soul of Campus, serta Public Lecture yang menghad-irkan Nurul Izzah sebagai pembicara. OSKM 2000 yang diketuai Alfari Firdaus (TI’96) hanya dihadiri oleh 400 peserta pada hari pertama dan 900 peserta pada hari terakhir, hal ini terjadi

OSKM, INKM, PROKM

Page 17: Independent Mei 2012

akibat Rektor Prof. Lilik Hendradjaja melarang mahasiswa baru angkatan 2000 untuk mengikuti OSKM.

Pemilu Raya Maret 2002 menghasilkan pemenang Alga Indria (DS’98) sebagai Presiden mengalahkan Abdi Robbi Sembada (SI’98), M. Hanif (TI’98), Dwi Lesmana (PL’99), dan Andy Hartono (TK’98). Ketua Kongres saat ini adalah Teguh Prasetya (FT’98) dan Anggota MWA Wakil Mahasiswa yang terpilih adalah Indra Madyana (FT’98) mengalahkan Sandy Maruto (SI’98).OSKM 2002 yang diketuai Ahmad Mukhlis Firdaus (KL’99) adalah OSKM per-tama yang dilegalkan oleh Rektorat karena ada perubahan mendasar antara lain ditiadakannya acara Swasta, perubahan metode dari penindasan menjadi pendisiplinan, dan pembukaan OSKM oleh Rektor.

Pemilu Raya 2003 menghasilkan Ahmad Mustofa (TK’99) sebagai Presiden mengalahkan Muhammad Syaifullah (SI’99), Hendro (TA’99), sedangkan Adi Nugroho (FI’99) mengundurkan diri sebelum pemungutan suara berlangsung. Ketua Kongres 2003-2004 adalah Indra Sembada (EL’2000), dan Anggota MWA Wakil Mahasiswa adalah Fantri Azhari (MS’99). Berlangsungnya

OSKM 2003 yang bertemakan “Kreativitas Mem-bangun Integrasi” diakhiri dengan insiden pem-bubaran di acara penutupan. Hal ini diakibatkan dinyanyikannya lagu kampus dengan gaya rock.

Pemilu Raya 2005 dimenangkan oleh Syaiful Anam (EL’01) mengalahkan Wiyono K. Saputro (TA’01). Kabinet Anam mulai mengalami isu le-galitas kaderisasi, kasus skorsing Timbul Harahap (FI’02) dan Ridwan H. K. (FI’02), Ketua Dewan dan Ketua PPAM HIMAFI akibat kasus PPAM HIMAFI 2004, kasus pembekuan IMG, serta pe-rubahan nama OSKM 2005 menjadi Pengenalan Satuan Akademik dan Kemahasiswaan (PSAK). OSKM 2005 yang diketuai Fitrah Dinata (SI’02) adalah OSKM pertama yang dibayang-bayangi isu legalitas kaderisasi.

Pemilu Raya 2006 diwarnai insiden kecil akibat pengulangan proses Pemilu. Pemilu kali ini diikuti oleh 5 kandidat yaitu Dwi Arianto Nugro-ho (TK’02), Andi Mulyadi Adiwiarta (GM’02), Hendrajaya (IF’02), Syahfitri Anita (KI’02) dan Muhammad Lutfi (FT’03). Kontroversi Pemilu ini bertambah akibat diikutkannya TPB 2005 se-bagai hasil amandemen AD ART KM ITB 2006. Pemilu ini dimenangkan oleh Dwi Arianto Nu-groho.

Page 18: Independent Mei 2012

OSKM 2006 yang diketuai Zamzam Badruzaman (FI’03) adalah OSKM ilegal dan hanya diikuti oleh 136 mahasiswa angkatan 2006. Selain dibayangi ancaman DO kepada Presiden dan Ketua OSKM, angkatan 2006 yang mengikuti OSKM juga terancam DO. Pada hari kedua OSKM tanggal 21 Agustus 2006, Kelu-arga Mahasiswa ITB mengadakan aksi demon-strasi menyikapi penutupan kampus dan anca-man DO. Penutupan OSKM juga yang diakhiri aksi masuk ke dalam kampus juga diikuti oleh ratusan mahasiswa ITB.

Pemilu Raya 2007 dimenangkan oleh Zulkaida Akbar (FI’03) mengalahkan Army Al-ghifari (MS’04). Kasus yang berkembang pada masa Kabinet Izul adalah kasus parkir, skorsing Presiden KMSR, Ketua Kaderisasi 2006 dan Ketua Angkatan SR’06, dan Draft SK Senat Akademik yang menyatakan bahwa organisasi kemahasiswaan ITB bertanggung jawab kepada ITB. OSKM 2007 yang diketuai Agung Thaufi-ka (MA’04) diubah namanya menjadi PMB 2007 dan akhirnya dilegalkan dengan banyak perubahan konsep dan metode, dengan pertim-bangan agar angkatan 2007 dapat berinteraksi dengan seniornya.

Pemilu Raya 2008 dimenangkan oleh Shana Fatina Sukarsono (TI’04) mengalahkan Gilang Widyawisaksana (GD’04) dan Fikri (MG’05). Pemilu ini memakai sistem pasangan calon Presiden dan calon anggota MWA Wakil Ma-hasiswa. Wahyu Bagus Yuliantok (PL’04) men-jadi Anggota MWA mengalahkan Bobby Rah-man (PL’04) dan Ruly (GL’05). Kabinet Shana memulai program kerjanya dengan menyatakan sikap menolak kenaikan harga BBM, mendeklar-asikan Rumah Belajar, audiensi dengan Menko Kesra dan Mensesneg terkait kebijakan menaik-kan harga BBM, serta KonsolidasI BEM Selu-ruh Indonesia. Ketua PMB terpilih adalah Aulia Ibrahim Yeru (SR’05) di mana nama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) diubah menjadi Inisiasi Keluarga Mahasiswa (INKM).

Kabinet 2009 dipimpin oleh Ridwansyah Yusuf Achmad (PL’05) dimana saat itu aku men-jadi mahasiswa TPB. Di INKM tahun itu ban-yak hal yang aku pelajari, dari mengenal budaya

kampus, hakikat mahasiswa, realitas bangsa, dll. Penutupan yang semarak di Sabuga dengan di-iringi upacara lilin dan lagu mentari memberi-kan kesan yang sangat mendalam pada acara ini. Senandung mentari ini pun menjadikan lagu favorit bagiku

Mentari menyala disiniDi sini di dalam hatiku

Gemuruhnya hingga di siniDi sini di urat syarafku

Meskipun tembok yang tinggi mengurungkuBerlapis pagar duri di sekitarku

Tak satupun yang sanggup menghalangikuMenyala di dalam hatiku

Hari ini hari milikkuJuga esok masih terbentang

Dan mentari kan tetap menyalaDi sini di dalam hatiku…

Pada Kabinet Tizar Bijaksana (PL’07) nama INKM telah berubah menjadi Pengenalan Ruang dan Orientasi Keluarga Mahasiswa ITB (PROKM) dengan taglinenya “Semangat berkemahasiswaan untuk Indonesia”. Pada masa ini hubungan antara rektorat mahasiswa sudah tidak berjalan harmonis dikarenakan insiden pada tahun sebelumnya. Konsep materi dan metode banyak yang berubah.

Demikianlah sekelumit cerita tentang OSKM yang dapat kuceritakan

“…dan perjuangan adalah sepenggal kata-kata”

Salam Ganesha: “Bakti kami untukmu Tuhan, Bangsa, dan Almamater... MERDEKA!!”

Page 19: Independent Mei 2012
Page 20: Independent Mei 2012
Page 21: Independent Mei 2012
Page 22: Independent Mei 2012
Page 23: Independent Mei 2012
Page 24: Independent Mei 2012