im mfga-24cr, 48cr

Download IM MFGA-24CR, 48CR

Post on 13-Jan-2017

213 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • No.Reg: 19/MG/PDN/III/2003

    Bacalah buku ini seluruhnya sebelum memasang penyejuk ruangan ini. Bila terjadi kerusakan pada kabel listriknya, penggantiannya harus dilakukan olehorang yang khusus yang ditunjuk.Pekerjaan pemasangan harus dilakukan dengan mengikuti Standard kelistrikandan oleh orang yang khusus yang telah ditunjuk.Hubungilah bagian service yang telah ditunjuk untuk perbaikan, pemeliharaanatau pemasangan penyejuk ruangan ini.

    Buku petunjuk pemasangan (manual)

    No.Reg: 19/MG/PDN/III/2003

    Penyejuk ruangan tipe lantai terpisah.

    Model : MFGA-24CR MFGA-48CR

  • DAFTAR ISI

    PERHATIAN

    Bacalah buku petunjuk ini

    Didalamnya anda akan dapatkan petunjuk petunjuk yang berguna untuk bagaimana carapemasangan dan pengetestan penyejuk ruangan secara benar.Seluruh data data teknik dan gambar pada buku petunjuk untuk ini bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu untuk meningkatkan kwalitas produk.

    Hubungi teknisi service yang ditunjuk untuk perbaikan atau membersihkan unit.

    Hubungi tukang pemasangan yang ditunjuk untuk memasang unit ini.

    Penyejuk ruangan ini tidak baik digunakan untuk anak bayi atau orang sakit tanpa pengawasan.

    Jangan biarkan anak kecil bermain main dengan penyejuk ruangan ini.

    Jika kabel listirk perlu diganti, penggantiannya harus dilakukan oleh teknisi atau yang ditunjuk.

    Pemasangan harus mengikuti peraturan instalasi listrik yang berlaku dinegara bersangkutan dan

    dikerjakan oleh tukang yang ditunjuk.

    PERHATIAN UNTUK KESELAMATANPerIngatan ............................. ................................................................................................................ 2Perhatian ................................................................................................................................................ 2

    PETUNJUK PENGOPERASIANPerrlengkapan . . ................................................................................................................................... 3 Menentukan tempat pemasangan ......................................................................................................... 4

    PENYAMBUNGNA PIPA REFRIGERANTPenyambungan pipa refrigerant............................................................................................................. 7Penyambungan pipa pembuang air ..................................................................................................... 10

    PEKERJAAN / PENYAMBUNGAN LISTRIKPekerjaan / penyambungan listrik ....................................................................................................... 11

    TEST PENGOPERASIANTest pengoperasian ................................................................................. 13

    1

  • BERBAHAYA

    BERBAHAYA

    PERHATIAN

    PERHATIAN

    Bacalah PERHATIAN UNTUK KESELAMATAN ini dengan seksama sebelum pemasangan.Penyambungan listrik harus dilakukan oleh pekerja listrik yang ditunjuk. Pastikan tegangan dan pasokan listrik sesuai dengan model yang akan dipasang.Kesalahan pemasangan dengan mengabaikan petunjuk bisa menimbulkan kecelakaan atau kerusakan.

    Tanda ini bisa menyebabkan kematian atau kecelakaan serius

    Jangan melakukan ini.

    1) Pemasangan sebaiknya dikerjakan oleh tukang yang khusus. Bila pemasangan dikerjakan oleh pemakai dan kurang baik, bisa terjadi kebocoran air atau sengatan listrik. 2) Pemasangan harus mengikuti petunjuk ini. Bila pemasangan tidak baik, bisa terjadi kebocoran air, sengatan listrik atau terbakar.

    3) Gunakan perlengkapan khusus yang disediakan untuk pemasangan, bila tidak unit bisa terjatuh, terjadi kebocoran air atau terbakar karena sengatan listrik.

    4) Pasang pada tempat yang kuat dan padat dimana cukup untuk menahan berat dari unit. Bila tidak cukup kuat atau pemasangan tidak benar unit bisa terjatuh dan menimbulkan kecelakaan.

    5) Penyambungan listrik harus mengikuti standard dan ketentuan yang berlaku ditempat dan petunjuk pemasangan ini. Kabel listrik, sekring dan stopkontak harus tersendiri. Bila daya listrik tidak cukup atau terjadi kesalahan pemasangan bisa menimbulkan sengatan listrik atau terbakar.

    6) Pakailah kabel yang baik dan penyambungan terminal harus kuat dan diklem dengan kuat untuk melindungi sambungan apabila kabel tertarik dari luar. Bila penyambungan terminal tidak kuat, bisa menimbulkan panas pada terminal, terbakar pada sambungan atau sengatan listrik.

    7) Penempatan kabel diatur dengan baik sehingga penutup tempat penyambungan terminal bisa terpasang dengan baik. Bila penutup tempat penyambungan terminal tidak terpasang dengan baik, bisa menimbulkan panas pada terminal, terbakar atau sengatan listrik.

    8) Jangan merubah panjang kabel listrik atau memakai kabel penyambung, dan jangan memakai stopkontak bersamaan dengan alat listrik lainnya. Bisa menimbulkan terbakar atau sengatan listrik.

    1) Unit ini harus tersambung dengan kabel bumi dan pasangkan pemutus arus listrik bila ada kebocoran arus listrik. Bisa menimbulkan sengatan listrik bila penyambungan kabel bumi tidak baik. 2) Jangan pasang unit pada tempat yang mungkin terjadi kebocoran gas yang mudah terbakar, bila terjadi kebocoran gas dan terkumpul pada sekeliling unit ini, bisa terjadi kebakaran.

    3) Pasang pipa pembuang air seperti pada petunjuk pemasangan ini. Bila tidak kemungkinan air akan masuk kedalam ruangan dan merusak furnitur.

    Tanda ini bisa menyebabkan kecelakaan, kerusakan bangunan.

    Keseriusan akibat yang bisa terjadi diberi tanda seperti berikut:

    Hal hal yang harus dilakukan diberi tanda seperti berikut :

    PERHATIAN UNTUK KESELAMATAN

    2

  • PETUNJUK PEMASANGAN

    Perlengkapan

    1 Kunci pengaman 1

    2 Skrup kasar 3.9 x 25 2

    3 Ring pipih 4

    4 Penutup ring silinder 1

    5 Silinder peredam suara / panas 2

    6 Penyumbat 1

    7 Penyambung pembuang air 1

    8 Silinder untuk sambungan kabel 2

    9 Pengikat 2

    10 Selang pembuang air 1

    11 Batu baterei 2

    12 Pengatur jarak jauh 1

    13 Kabel penyambung 1

    14 Busa penyumbat 1

    15 Ukuran bagian cair Diameter 9,52 mm Diameter 12,7 mm

    14 Ukuran bagian gas Diameter 16 mm Diameter 19 mm

    Bila ada perbedaan antara list diatas dengan daftar perlengkapan dari unit, maka daftar perlangkapan

    dari unit yang menjadi pedoman.

    Kapasitas

    NO. Nama < 48000 Btu > 48000 Btu

    No. Nama perlengkapan Jumlah Gambar.

    Sebelum memasang, periksalah perlengkapan yang disertakan seperti pada daftar dbawah ini.Simpanlah perlengkapan yang tidak terpakai.

    3

  • PETUNJUK PEMASANGAN

    4

    Menetukan tempat pemasangan

    1-1 Unit dalam ruangan

    1-2 Unit luar ruangan

    Unit luar ruangan harus ditempatkan dimana sirkulasi udaranya baik dan ada ruang untukmembersihkan,menyambung kabel listrik dan pengisian bahan pendingin.Bisa ditempatkan diatas lantai, diatas atap yang rata atau digantung pada dinding, perhitungkankekuatan tempat pemasangan dengan berat unit dan tidak menyebabkan timbulnya getaranpada dalam ruangan.

    (1) Sebelum memasang unit luar ruangan anda harus : Apakah akan dibuat atap penutup untuk melindungi dari sinar matahari langsung atau hujan, perhatikan untuk keluaran udara panas dari condenser tidak terhalang. Pilihlah tempat dimana mudah untuk penyambungan kabel dan pipa dari unit dalam ruangan. Hindari tempat yang bisa terjadi kebocoran gas. Perhatikan keluar / jatuhnya air dari unit luar ruangan sewaktu pengoperasian HEAT. Pastikan akan ada ruang / celah yang cukup pada sekeliling unit. Perhitungkan berat unit luar ruangan untuk menentukan tempat pemasangan agar suara berisik dan getaran menjadi minimum.

    Berilah jarak seperti ditunjukkan dengan arah panah dari tembok, plafon atau penghalang lainnya.Jangan ada sumber pemanas atau uap dekat dengan unit.Jangan ada penghalang yang menutup sirkulasi udara.Tempatkan dimana sirkulasi udara pada ruangan baik.Tempatkan dimana mudah untuk membuang air.Jangan pasang unit pada / dekat jalan.Dimana unit tidak terkena langsung sinar matahari. Sinar matahari bisa merusak, merubahbentuk bagian plastiknya dan membuat kusam. Bila tidak bisa dihindari pakailah tirai atau gorden.

    (1) Tempatkan unit pada lantai yang padat dan rata Sediakan ruang pada bagian belakang untuk keperluan pembersiahan dan perbaikan.

    (2) Periksa perbedaan ketinggian antara unit dalam ruangan dengan unit luar ruangan, panjang dari pipa penyambung dan jumlah posisi tekukan pipa yang tidak boleh lebih