ilmu tauhid

Download Ilmu Tauhid

Post on 14-Apr-2016

21 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Ilmu tentang Tauhid

TRANSCRIPT

  • TAUHID

    ( Terutama untuk Para Mualaf )( 2014 )

  • Kata PengantarAuudzubillaahi minasy syaithaanir rajiim

    Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

    Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga salawat dan salamterlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw besertaseluruh keluarganya dan para sahabatnya serta orang orang yangmengikuti jejak mereka dengan baik sampai hari Pembalasan nanti.

    Memahami Tauhid adalah sangat penting. Karena dari sinilah awalnyasetiap orang yang beragama Islam itu paham. Kenapa dia harusmengamalkan perintah-Nya yang tidak sedikit itu, apa kaitannyadengan rezeki, sakaratul maut, alam barzah, hari Kiamat dan surga-neraka.

    Selain itu, memahai Tauhid untuk menjawab kenyataan yang adadi tengah tengah masyarakat :

    1.Masih adanya orang orang yang menggantungkan permasalahanhidupnya kepada dukun / paranormal.2. Adanya anggapan bahwa semua agama itu sama.3. Adanya orang orang yang tidak percaya agama. Karenamenganggap bahwa justru agamalah sumber pemecah- belahmanusia. Justru karena adanya agamalah menurutnya, manusia salingmembunuh.4. Kenapa manusia itu harus beragama, khususnya Islam.5. Dengan sengaja terjadinya pembiaran orang orang yang berdoa( baca : minta sesuatu ) di kuburan hingga saat ini dan entah sampaikapan / berapa generasi lagi hal ini akan dibiarkan.

  • Tauhid menurut terjemahan WIKIPEDIA adalah konsep dalam aqidahIslam yang menyatakan keesaan Allah.

    Pendapat lain menjabarkan ilmu Tauhid sebagai ilmu yang membahaspengokohan keyakinan-keyakinan agama Islam dengan dalil-dalilnaqli maupun aqli yang pasti kebenarannya sehingga dapatmenghilangkan semua keraguan, ilmu yang menyingkap kebatilanorang-orang kafir, kerancuan dan kedustaan mereka (http://www.ilmushare.com/2011/01/ilmu-tauhid.html ).

    Tauhid dibagi menjadi 3 macam yakni (http://www.ilmushare.com/2011/01/ilmu-tauhid.html ) :

    1. Tauhid rububiyah :Beriman bahwa hanya Allah satu-satunya Rabb yang memiliki,merencanakan, menciptakan, mengatur, memelihara, memberi rezeki,memberikan manfaat, menolak mudharat serta menjaga seluruh AlamSemesta.

    2. Tauhid uluhiyahBeriman bahwa hanya Allah semata yang berhak disembah, tidak adasekutu bagiNya.

    3. Tauhid Asma wa Sifat.Beriman bahwa Allah memiliki nama dan sifat baik (asma'ul husna)yang sesuai dengan keagunganNya.

    Islam adalah agama ritual dan spiritual. Ilmunyapun bukan hanyailmu Fiqih. Pemahaman mengenai aspek spiritualnya, basicpenjelasannya ada di ilmu Tauhid ini. Jadi Islam itu agama yang tidakhanya melulu bicara soal-soal : halal-haram, sakaratul maut, siksakubur, hari kiamat dan neraka jahannam saja.

  • Al Quran adalah bahasa langit, sehingga untuk dapat memahamipesan pesan Nya haruslah menggunakan logika langit. Dalamhal ini sangatlah dibutuhkan kepekaan mata batin yang tinggi untukdapat memahami-Nya. Selain juga dibutuhkan kesabarannya dalammemahami ayat demi ayat dan bukannya surat per surat. Dan inimerupakan sebuah proses berjalan dalam sekian puluh tahunperjalanan hidup manusia di dunia ini.

    Dengan memahami Tauhid ini akan terjawab dengan gamblangbahwa adanya kesamaan di antar semua agama yang ada, seperti :saling tolong menolong / mencintai sesama manusia / kepeduliansosial. Kemudian percaya adanya surga neraka. Bukanlahsebagai pembenaran bahwa semua agama adalah sama.Mengingat jelas jelas setiap agama itu tuhannya berbeda danritualnya juga berbeda.

    Di sinilah dijabarkannya apa yang membedakan Tuhannya Islam dantuhan dari agama yang lainnya. Apa yang membedakan ritualnyaIslam itu dengan agama agama yang lain. Inilah yang akanmenyebabkan end resultnya berbeda secara lahir batin dandunia akhirat.

    Ada baiknya juga untuk melihat ajaran dari agama agama yang lainyang ditayangkan melalui televisi. Ada agama yang filosofinya sudahbagus. Tetapi tidak ada penjabaran tehnisnya, amalan amalan apasaja yang harus dilakukannya dalam kesehariannya dan bertuhankanmanusia / patung. Ada agama yang menjadikan nabinya sebagaituhannya dan mencampuradukkan kitab sucinya antara firmantuhannya dan pendapat pribadi manusia.

    Dengan melihat tayangan dari agama agama yang lain yangditayangkan melalui televisi tersebut, akan paham apa yang secara

  • sangat mendasar / prinsip yang membedakan Islam dengan ajarandari agama agama yang lainnya. Dan dapat memahami kebesaranagama Islam dengan gamblang. Selain juga akan menjadi pribadi yangarif dan bijaksana dalam mensikapi keberagaman hidup ini.

    Di sini pulalah tergambarkan dengan jelas bahwa menjadi manusiayang beragama Islam saja tidaklah cukup. Tetapi juga haruskonsekuen dalam kesehariannya untuk mengamalkan perintah Nyayang tidak sedikit itu.

    Ada orang yang mana dia memperoleh hidayah terlebih dahulu untukberagama Islam. Baru kemudian dia mempelajari / mendalami ilmu-Nya. Tetapi ada juga orang yang mana dia mendalami dulu seperti apaIslam itu. Baru kemudian yang bersangkutan menyatakan dirinyamasuk Islam. Hal ini sepenuhnya adalah kuasa Yang Maha Esa dengancara apa memberikan petunjuk / hidayah-Nya kepada umat-Nya.

    Membumikan Islam dalam keseharian secara lahir-batin kepadaorang orang yang ada disekitar kita seperti misalnya kepada anak.Tidaklah cukup hanya dengan menyekolahkan mereka di sekolah sekolah yang berpendidikan Islam saja dan tidak cukup pula hanyadengan memanggil guru ngaji ke rumah.

    Tetapi pada saat yang bersamaan juga harus dimintakan secaraterus menerus kepada Tuhan YMK yang menciptakan manusia,agama Islam dan alam semesta ini agar supaya memberikanpetunjuk dan hidayah-Nya kepada orang orang yang kita cintai,yang ada disekitar kita; apakah kepada anak anak, suami / istri,orang tua, kakak-adik atau sahabat/tetangga kita. Ini adalah sebuahproses berjalan dalam sekian puluh tahun perjalanan hidupmanusia di dunia ini.

  • Oleh karena itu, marilah diri kita masing masing untuk selalusaling mendoakan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang orang yang ada disekitar kita / untuk orang orang yang kita cintai.Agar supaya Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Pengasih Dan Maha Kayaini memberikan petunjuk dan hidayah Nya, memberikan ilmu - Nyakepada kita semua. Amin.Karena dari sinilah awal terbukanya jalan yang lurus untukmenuju kepada adanya kemudahan dalam segala urusan manusia baikdi dunia ini, pada saat menghadapi sakaratul maut, di alam barzahmaupun juga di hari Kiamat nanti. Selain juga Insya Allah akanmenjadikan diri kita,mulia dunia dan akhirat.AMIN.

    Selasa Pon, 3 Juni 2014

    Wassalam

  • Daftar IsiKata PengantarPendahuluan.1Islam adalah Agama Ritual dan Spiritual..12Petunjuk-Hidayah Nya15Tanda Tanda Kebesaran-Kekuasaan Allah SWT22Tuhan adalah Allah SWT...27Tentang Berhala.....33Tentang Nabi Isa as41Kesimpulan.49Penutup...55

  • 1( Az Zumar 39 : 1 - 2 )Diturunkan Al Quran dari Allah yang MahaPerkasa lagi Maha Bijaksana.

    Sesungguhnya Kami menurunkan Al Qurankepadamu dengan sebenarnya, makasembahlah Allah dengan mengikhlaskanagama bagi Nya.

  • 2( Asy Syuuraa 42 : 13 )Allah telah mensyariatkan ( memerintahkan ) agamasebagaimana telah diwasiatkan Nya kepada Nuh, dan yangKami wahyukan kepadamu dan yang Kami wasiatkan kepadaIbrahim, Musa dan Isa, ( yaitu ) Tegakkanlah agama danjanganlah kamu berpecah belah padanya.Berat bagi orang orang musyrik, agama yang kamu serukanmereka kepadanya. Allah memilih kepada agama itukepada siapa yang Dia kehendaki dan memberipetunjuk kepada agama itu orang yang kembali kepada Nya.

    ( An Nisaa 4 : 126, Al Hajj 22 : 64, An Nuur 24 : 42 & AlFurqaan 25 : 2 )

    Dan milik Allah apa yang di langit dan apa yang dibumi. Dan Allah adalah meliputi tiap tiap sesuatu.

    ( Al Mumin 40 : 61)Allah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamutenteram padanya, dan ( menjadikan ) siang untuk melihat (berusaha ). Sesungguhnya Allah mempunyai karunia atasmanusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.

    ( Al Mumin 40 : 64)Allah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap danlangit sebagai atap; dan Dia membentuk kamu lalu Diamembaguskan bentuk kamu, dan Dia memberi kamu rezekidari yang baik baik; itulah Allah Tuhan kamu; maka MahaBerkat Allah Tuhan semesta alam.

  • 3( Al Ambiyaa 21 : 19 - 20 )Dan bagi Nya apa apa yang di langit dan di bumidan siapa yang di sisi Nya ( malaikat ), tidak sombonguntuk beribadat kepada Nya dan tidak merasa lelah,mereka bertasbih malam dan siang tidak terputus.

    ( Ar Ruum 30 : 26 ). Semuanya tunduk kepada Nya.

    ( Al Mumin 40 : 62 63 )Itulah Allah Tuhan kamu Pencipta segala sesuatu, tidak adaTuhan selain Dia. Maka bagaimanakah kamu dapatdipalingkan ?Demikianlah dipalingkan orang orang yang mengingkariayat ayat Allah.

    ( As Sajdah 32 : 7 - 9 )Itulah ( Allah ) yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata,Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik baiknya, dan Dia memulai kejadian manusia dari tanah.Kemudian Dia menjadikan keturunan manusia dariair mani yang hina.Kemudian Dia menyempurnakannya dan meniupkankepadanya dari ruh Nya, dan Dia menjadikan untuk kamupendengaran, penglihatan dan hati. Sedikit sekali kamubersyukur.

  • 4( An Nuur 24 : 41 & Al Hadiid 57 : 1 )Tidaklah kamu tahu bahwasannya Allah: kepada-Nya bertasbih apayang di langit dan di bumi dan (juga) burung denganmengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara)sembahyang dan tasbihnya dan Allah Maha Mengetahui apa yangmereka kerjakan.

    ( Al Israa 17 : 44 )Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbihkepada Allah..Tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbihmereka..

    ( Al hadiid 57 : 4 - 6 )Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa,kemudian Dia bersemayam di atas arasy. Dia mengetahui apa apa yang masuk ke dalam bumi dan apa apa yang keluardari padanya, apa apa yang turun dari langit dan apa apayang yang naik kepada Nya dan Dia