idk 1 blok gus

Click here to load reader

Post on 16-Feb-2016

18 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

hipospadia

TRANSCRIPT

Hipospadia

HipospadiaKARTIKA YULIANTI 1310211028 DefinisiHipospadia merupakan defek kongenital pada penis yang menyebabkan perkembangan yang tidak lengkap pada anterior uretra.

Hipospadia adalah suatu kelainan bawaan dimana meatus uretra eksternus terletak di permukaan ventral penis dan lebih ke proksimal dari tempatnya yang normal pada ujung glans penis.

Embriologi

EpidemiologiAngka kejadian 1 untuk setiap 300 kelahiran bayi laki-laki. 20% kejadian ditemukan pada bayi dengan riwayat keluarga hipospadia Klasifikasi

KlasifikasiKlasifikasi hipospadia berdasarkan letak dari meatus uretra:- Anterior (60-70%)- Middle (10-15%)- Posterior (20%)

Etiologi Penyebab pasti hipospadia tidak diketahui secara pasti. Beberapa etiologi dari hipospadia telah dikemukakan, yaitu : Faktor genetik, Faktor endokrin, dan Faktor lingkunganFaktor genetikUsia ibu saat melahirkan dapat menjadikan salah satu faktor resiko terjadinya hipospadia. Berdasarkan penelitian, pada keluarga yang memiliki kelainan hipospadia, maka risiko hipospadia yang akan terulang.Faktor hormonalFaktor hormon androgen atau estrogen sangat berpengaruh terhadap kejadian hipospadia karena berpengaruh terhadap proses maskulinisasi masa embrional. Manifestasi klinisTanda-tanda klinis hipospadia: Lubang orifisium urethra externa tidak berada di ujung glans penis.Biasanya jika penis mengalami kurvatura (melengkung) ketika ereksi, maka dapat disimpulkan adanya chordee, yaitu jaringan fibrosa yang membentang hingga ke glans penis.Dapat timbul tanpa chordee, bila letak meatus pada dasar glans penis. arah dan pancaran berkemih yang tidak normalpenatalaksanaanTerdapat beberapa cara penatalaksanaan pembedahan untuk merekonstruksi hipospadia.Tujuan penatalaksanaan hipospadia, yaitu Memperbaiki kelainan anatomi dengan keadaan bentuk yang melengkung (kurvatura) karena pengaruh adanya chordee. Menghasilkan bentuk yang baik secara kosmetik. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam mencapai keberhasilan tindakan operasi bedah hipospadia: Usia ideal untuk repair hypospadia, yaitu usia 1,5 2 tahun (sampai usia belum sekolah).Tipe hipospadia, besarnya penis, dan ada tidaknya chordee.Tindakan operatif hipospadiaSemua tindakan operasi bedah hipospadia dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:Eksisi chordeeTahap pertama ini dilakukan pada usia 1,5 2 tahun. Eksisi chordee bertujuan untuk meluruskan, akan tetapi meatus masih pada tempatnya yang abnormal.

UrethroplastyUrethroplasty yang dikerjakan 6 bulan setelah tahap pertama. Teknik reparasi yang dilakukan oleh dokter bedah plastik adalah teknik modifikasi uretra. Kelebihan jaringan preputium ditransfer dari dorsum penis ke permukaan ventral yang berfungsi menutupi uretra baru.

KomplikasiStriktur uretrastenosis uretra

PrognosisPrognosis hipospadia tergantung pada berat ringannya kasus dan keberhasilan pembedahan. Perawatan post operasi juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi prognosisnya.

Epispadia Definisi Epispadia merupakan suatu kelainan bawaan pada bayi laki-laki, dimana lubang uretra terdapat di bagian punggung penis atau uretra tidak berbentuk tabung, tetapi terbuka.

Etiologi

epidemiologiSangat jarang terjadi Kejadian pada 1 dari 30.000 kelahiran bayi laki-laki Klasifikasi Terdapat 3 jenis epispadia yaitu:Lubang uretra terdapat di puncak kepala penis.Seluruh uretra terbuka di sepanjang penis.Seluruh uretra terbuka dan lubang kandung kemih terdapat pada dinding perut.

1. Balanica atau epispadias kelenjarAdalah malformasi terbatas pada kelenjar, meatus terletak pada permukaan, alur dari meatus di puncak kepala penis. Ini adalah jenis epispadias kurang sering dan lebih mudah diperbaiki.2. Epispadias penisDerajat pemendekan lebih besar dengan meatus uretra terletak di titik variabel antara kelenjar dan simfisis pubis.3. Penopubica epispadiasVarian yang lebih parah dan lebih sering. Uretra terbuka sepanjang perpanjangan seluruh hingga leher kandung kemih yang lebar dan pendek.