i love my bible series membaca kitab sejarah di embaca kitab sejarah di perjanjian lama akan...

Download I LOVE MY BIBLE SERIES MEMBACA KITAB SEJARAH DI embaca kitab sejarah di perjanjian lama akan membawa…

Post on 20-Mar-2019

212 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

2

MEMBACA KITAB SEJARAH DI PERJANJIAN LAMA AKAN MEMBAWA KITA BELAJAR TENTANG PERJALANAN SEJARAH BANGSA ISRAEL DAN TERUTAMA MELIHAT PERKENANAN TUHAN KEPADA BANGSA ISRAEL YANG DIEKSPRESIKAN SECARA SUPRANATURAL.

Demikian juga hari ini, Tuhan sangat peduli dan memperhatikan segala sesuatu di hidup kita karena kita adalah umat tebusan-Nya.

Satu hal yang harus kita pahami adalah PERKENANAN Allah harus sejalan dengan TANGGUNG JAWAB manusia. Kita tidak dapat begitu saja hidup dalam dosa tetapi masih mengharapkan perkenanan-Nya.

Hiduplah bertanggung jawab di hadapan Tuhan dan jauhilah dosa.

Pertama, Kitab Yosua menceritakan proses bangsa Israel memasuki Tanah Perjanjian. Dari kitab ini kita melihat bagaimana janji Tuhan tidak akan pernah gagalsekalipun generasi berganti, asal kita percaya dan taat, penggenapan janji Allah tetap Ya dan Amin.

Demikian juga janji Allah tidak akan pernah gagal di hidup kita, tetapi kita yang harus

mengenal jalan-jalan-Nya karena ALLAH memiliki banyak cara dan cara-Nya kadang

tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan atau harapkan. Setujulah dengan

apapun yang menjadi cara ALLAH dan kesampingkan cara kita sendiri.

GODS PLAN MUST BE DONE IN GODS

WAY AND GODS TIME (Rencana

Tuhan pasti digenapi dengan

cara-Nya dan waktu-Nya).

Kedua, Kitab Hakim Hakim memperlihatkan kepada kita sebuah pola yang terus diulang : Israel berdosa - Israel dihukum (dijajah bangsa lain) - Tuhan membangkitkan seorang Hakim Israel dibebaskan - Israel bertobat kepada Allah - Hakim tersebut mati - Israel kembali berdosa terhadap Allah, dan seterusnya.

Pola ini terus menerus terjadi dalam kitab Hakim-Hakim. Bagaimana dengan hidup kita? Apakah pola semacam ini juga yang terjadi?

Jika YA, maka bertobatlah dan berbaliklah kepada Allah dengan sungguh-sungguh, jangan jatuh bangun dalam dosa. Semua itu hanya akan menunda rencana Allah tergenapi dalam hidup kita. Bersungguh hatilah mengikut Tuhan dengan setia.

Ketiga, Kitab Ester. Kisah Ester terjadi di kerajaan Persia dimana nama ALLAH hampir tidak pernah disebut. Namun sebuah fakta terindah bahwa Allah tetap bekerja di balik layar memegang hidup bangsa Israel dan orang-orang Yahudi saat itu. Ester memberkati bangsa dimana dia tinggal dan menyelamatkan bangsa Yahudi dengan aksi heroiknya menghadap Raja sekalipun dengan taruhan nyawa dan dengan dukungan Mordekhai, pamannya.

Kitab Ester memberi pesan kuat kepada kita bahwa sekalipun Tuhan nampaknya diam bukan berarti Dia tidak bekerja, sekalipun kita merasa sendiri dalam menghadapi situasi yang sulit bukan berarti Dia tidak menyertai. Allah selalu ada bersama anak-Nya yang selalu ingat kepadaNya.

Selamat membaca kitab Yosua, Hakim Hakim dan Ester, renungkanlah dan dapatkan peneguhan bahwa Tanah Perjanjian itu nyata bagi kita, tanamkan di hati untuk selalu setia kepada-Nya apa pun kondisi hidup yang kita alami. n (Yunus Fransicus - Dept. Edukasi)

I LOVE MY BIBLE SERIES

3

PADA TANGGAL 5 AGUSTUS 2018 LALU, PULAU LOMBOK DIGUNCANG GEMPA BUMI BERKEKUATAN 7 SKALA RICHTER (SR), LALU PADA 9 AGUSTUS 6,2 SR. DAN SAMPAI 15 AGUSTUS PK. 22.00 WITA, TERCATAT DI BMKG TELAH TERJADI 679 GEMPA SUSULAN.

Sebagai bentuk kasih terhadap saudara-saudara di daerah terdampak, Yayasan Sentuhan Kasih Bangsa (YSKB) berafiliasi dengan Gereja Mawar Sharon (GMS) Mataram di Pulau Lombok memberikan bantuan kepada korban gempa. Donasi bantuan dibuka pada 7 Agustus 2018. Banyak jemaat baik dari GMS Mataram, GMS Sidoarjo sebagai Regional, dan GMS Surabaya, ikut mengambil beban berupa dana maupun logistik. Bantuan pertama YSKB, GMS Mataram dan GMS Sidoarjo adalah nasi bungkus, obat-obatan, sembako, pampers, mie instan, selimut, baju bekas, susu UHT, terpal, air mineral, dan lain-lain.

4

I

Rekaman kotbah MSTV dapat dipesan melalui

Pustaka Rajawali dengan menghubungi

031.6000.7000 ext. 204 @GMStv www.mstv.tv

Saksikan MSTV via mobile di iPhone/ iPad & Android:

http://mstv.tv

* Tayangan recorded dapat berubah sewaktu-

waktu kecuali Live Streaming

Recorded at MSTV.TV

Ibadah Live & MSTV.TV

September 2018

Before 30 Show (Miracle Edition) / Before30 EnglishPk. 08.00, 11.00, 14.00, 16.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

Mawar SharonWomenPk.10.00 WIBLt. 13, Vision Building,Marvell City Complex

17 18 19SENIN SELASA RABUTayangan Ulang Ibadah Minggu IGMS Pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

Mazmur 91 Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Sukirno Tarjadi

Tayangan Ulang Ibadah Minggu II GMS Pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

3 Perjumpaan Yesaya dengan Tuhan Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Sukirno Tarjadi

Tayangan ulang Ibadah Minggu III GMS PusatPk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

KuatirPk.02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Sukirno Tarjadi

Tayangan ulang Ibadah Minggu IV GMS PusatPk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

Pelajaran KehidupanPk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Sukirno Tarjadi

Doa MalamPk.19.00 WIBSIBEC Conv. Hall-ITCJl. Gembong 20-30, SbyPdp. Emelda Pau Pau

Sunday ServicesPk.07.00, Pk.10.00, Pk.16.00, Pk.19.00 WIB SIBEC Conv. Hall-ITCJl. Gembong 20-30, Sby

EagleKidzjadwal lihat di hal. 11

Army of GodYouth ServicePk.13.00 WIBSIBEC Conv. Hall-ITCJl. Gembong 20-30, SbyPdp. Margaret Wu

Before 30 Show Miracles Edition Pk.14.00 WIBwww.mstv.tv

Doa FAJAR Pk.05.00-07.00 WIBR. Sanctuary, Vision Build-ing lantai 1,Marvel City ComplexJl. Raya Ngagel 123, Sby

Before30 English(Re-run) Miracles Edition Pk. 08.00, 11.00 WIBwww.mstv.tv

Army of GodTeen ServicePk.16.00 WIBSIBEC Conv. Hall-ITCJl. Gembong 20-30, SbyPdp. Margaret Wu

Young ProfessionalQuantum LeapPk.19.00 WIBSIBEC Conv. Hall-ITCJl. Gembong 20-30, SbyPdt. Timotius Adi Tan

20 21 22 23KAMIS JUMAT SABTU MINGGU

Selanjutnya obat-obatan menjadi prioritas dikarenakan di lokasi pengungsian sangat membutuhkan posko kesehatan.

Terhitung sejak tanggal 1015 Agustus, tim dari GMS Sidoarjo, GMS Mataram dan YSKB telah melakukan kunjungan dan pembagian bantuan ke beberapa lokasi pengungsian: Dusun Guntur Macan, Kec. Gunung Sari, Kab. Lombok Barat (1200 jiwa), Dusun Loco (200 jiwa) yang terletak di Senggigi, dan Ds. Penimbung, Lombok Barat. Di sana, terdapat 368 KK atau sekitar 1500 jiwa yang hampir semua rumahnya rata dengan tanah. Bantuan juga diberikan kepada orang-orang Flores yang mengungsi dari Pulau Gili Trawangan (100 jiwa), karena ketiga Pulau Gili mengalami kehancuran yang cukup besar sehingga harus dievakuasi dan dikosongkan total.

Di kunjungan kali ini, selain membagikan bantuan, tim GMS Mataram juga mendoakan mereka (sebagian besar adalah anak-anak Tuhan).

Setelah itu, tim GMS Mataram terus bergerak untuk mencari lokasi pengungsian yang belum / masih sedikit mendapat bantuan, karena kendala yang dialami pengungsi adalah bantuan yang tidak merata.

Kebutuhan saat ini bervariasi per lokasi pengungsian, tetapi ada 1 hal yang paling dibutuhkan, yaitu selimut. Karena lokasi pengungsian dan sebagian wilayah terdampak berada di dataran tinggi (kaki gunung Pusuk, Lombok Barat maupun kaki gunung Rinjani, Lombok Utara & Lombok Timur), maka suhu udara sangat dingin. Selain selimut, kebutuhan lainnya adalah makanan dan obat-obatan, serta air bersih untuk mandi dan untuk dikonsumsi. n

Bagi jemaat yang ingin memberikan donasi:BCA VeteranAC. 010.401.7777AN. Yayasan Sentuhan Kasih BangsaKode unik khusus di belakang nominal (u/ bantuan Gempa Lombok) : 7Contoh: Rp. 200.007,-

5

Pada bulan April 2018 lalu, saya bertemu dengan klien yang sudah berhubungan cukup baik sejak tahun 2017. Klien ini adalah fasilitator untuk dana bantuan dari luar negeri untuk pembangunan desa-desa di Jawa Timur.

Saya ditawari untuk masuk tender proyek tersebut. Nilai yang ditawarkan sangat besar dan menjanjikan keuntungan fantastis. Tapi dengan syarat: (1) Harga dinaikkan, (2) Keuntungan dari selisih harga dibagikan ke beberapa orang dan desa, (3) Memasukkan beberapa nama PT bodong sebagai peserta tender, sehingga pemenangnya hanya saya.

Sempat terpikir bahwa hal ini sah-sah saja, tapi saya tidak mendapatkan damai sejahtera.

Sewaktu mengikuti retret 4D, saya mendapatkan rhema bahwa Roh Kudus di dalam hati sudah memberitahukan jawaban yang benar, hanya kita yang sering berkompromi untuk membenarkan keputusan kita yang salah. Saya mendapat peneguhan bahwa kita akan diuji untuk mengukur sampai mana kita bisa dipercaya oleh Tuhan.

Akhirnya saya memutuskan untuk melepas tender tersebut dan berjalan bersama Tuhan. Saya menyampaikan kepada klien tersebut bahwa kami bisa mengikuti asal sesuai prinsip yang benar dalam perusahaan kami. Seketika itu juga saya merasa plong dan damai sejahtera. Saya percaya, Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. (2 Taw. 6:9).

Namun, Tuhan Yesus sungguh baik, hanya dalam waktu singkat (1 minggu), Tuhan mempertemukan saya dengan orang lain yang memberikan saya proyek pemerintah dengan jumlah yang tidak kalah potensial, tanpa mark up.

Teristimewa lagi, pertengahan Agustus 2018 lalu, klien pertama tetap order di perusahaan kami tanpa embel-embel korupsi apa pun.

Saat hamba dengan 5 talenta dan 2 talenta

setia dengan menjalankan kepercayaan dari Tuannya, maka mereka dipercayakan lebih banyak talenta. Dan bergembira dalam kebahagiaan Tuannya. (Matius 25:14-30). n (Nirwan Tan, anggota CG P217 dan pendoa GMS Surabaya)

6

GMS MalangIbadah Umum + Pro-M +