nbsp; web viewtanaman yang dibudidayakan adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air dalam...

Download nbsp; Web viewTanaman yang dibudidayakan adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air dalam pertumbuhannya, seperti ubi kayu, bawang, tembakau, cabai, dan lain-lain

Post on 29-Jan-2018

220 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Peta Konsep

(Negara kita sering disebut sebagai negara yang kaya sumber daya alam. Tanah yang subur, flora dan fauna yang beragam, serta cuaca yang cerah sepanjang satu semester tiap tahun menjadi salah satu daya tarik negara ini.Ternyata berbagai kelebihan tadi dipengaruhi oleh posisi wilayah Indonesia. Di mana sebenarnya posisi kita? Untuk mempermudah penentuan itu, para ilmuwan menandakan garis lingkaran imajiner dari bumi sebelah timur ke barat yang tidak saling berpotongan, disebut garis lintang. Dari kutub utara dan kutub selatan pun dibuat garis yang dikenal dengan nama garis bujur.) (Diskusikan dalam sebuah kelompok kecil!1. Sebutkan posisi wilayah Indonesia secara astronomis dan geografis!2. Sebutkan jenis-jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia! Berikan pengelompokan!3. Sebutkan beberapa jenis tanah yang terdapat di Indonesia?Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas!) (Adakah terlintas di benakmu berbagai hal berkaitan dengan unsur fisik negara kita?Pertama, tentang posisi wilayah dan pengaruh yang ditimbulkan-nya. Bagaimana posisi Indonesia? Mengapa hanya musim hujan dan kemarau yang datang silih berganti?Kedua, tentang berbagai jenis flora dan fauna di Indonesia. Meskipun beragam, tidak semua jenis flora dan fauna dapat ditemui merata di setiap daerah. Mengapa demikian?Ketiga, tentang tanah di Indonesia. Jenis-jenis tanah seperti apa yang terdapat di Indonesia dan bagaimana persebarannya? Ketiga unsur fisik tersebut akan dipelajari dalam subbab ini. Sebelumnya, bukalah wawasanmu dengan melakukan diskusi kelompok!) (Kepulauan Indonesia membentang sejauh 5.120 km dari timur ke barat sepanjang khatulistiwa dan 1.760 km dari utara ke selatan. Wilayahnya terdiri atas beragam bentukan alam, antara lain gunung, pegunungan, bukit, danau, sungai, laut, dan kawasan pemukiman.Kondisi fisik suatu wilayah sangat mem-pengaruhi kegiatan penduduk. Lahan yang subur cenderung dimanfaatkan sebagai lahan pertanian bagi petani. Nelayan akan memanfaatkan kawasan pantai sebagai tempat mata pencarian. Nah, amati dengan saksama mata pencarian lain yang berkembang berdasarkan kondisi fisik suatu wilayah di muka bumi.Indonesia memiliki potensi alam yang patut untuk disyukuri. Potensi tersebut hendaknya menjadi modal bagi pembangunan. Alam memberikan beragam manfaat bagi manusia.Dengan memperhatikan kondisi dan masalah kependudukan di Indonesia, kita diharapkan mampu memperbaiki kesejahteraan dan kualitas hidup. Hal ini bisa diukur dari tingkat kesehatan, pendidikan, kematian dan lain sebagainya.Untuk menaikkan kualitas hidup itu, tidak hanya kondisi manusia yang harus diperhitungkan, tetapi juga lingkungan hidup. Dengan memiliki dan melestarikan lingkungan hidup yang ada, kualitas manusia juga dapat meningkat.) (KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA) (MASALAH SOSIAL DAN LINGKUNGAN HIDUP DI INDONESIA)

Letak Kepulauan Indonesia

Begitu subur dan makmurnya bumi pertiwi yang kita cintai ini. Posisi Indonesia yang terletak pada garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki tipe iklim tropis yang sesuai untuk difungsikan sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Indonesia dikaruniai tanah air yang subur. Tanahnya yang mengandung banyak unsur hara disebabkan oleh posisi Indonesia yang berada pada jalur pegunungan dunia. Indonesia tepat berada di jalur lalu lintas antarwilayah di dunia. Semuanya tentu akan berdampak pada laju pembangunan yang sedang gencar dilakukan dewasa ini.

Setiap wilayah di permukaan bumi memiliki letak dan luas yang beragam. Faktor letak dan luas dari suatu bentang wilayah di permukaan bumi menjadi unsure penting dalam menunjang pengembangan wilayah yang bersangkutan.

Kepulauan Indonesia memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut.

(Posisi suatu negara sangat ditentukan oleh letak astrono-mis dan letak geografis. Bagai-mana kedua letak tersebut memberikan ciri khusus?)1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik.

2. Sebelah selatan berbatasan dengan Australia, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafura.

3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

4. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini.

Letak astronomis Indonesia

Letak astronomis adalah letak tempat berkaitan dengan garis lintang dan bujur. Kedua garis tersebut dibuat oleh para ilmuwan dunia dengan menghitungkan keberadaan matahari dan bintang (secara astronomis). Menurut perhitungan itu, wilayah Indonesia terletak di antara 6 LU 11 LS dan 95 BT 141 BT. Batas letak astronomis wilayah Indonesia berada pada daerah berikut.

Pulau Papua (batas dengan Papua Nugini) adalah batas untuk Bujur Timur (141 BT).

Pulau We adalah batas Bujur Barat (95 BB) dan batas untuk LintangUtara (6 LU).

Pulau Roti (NTT) adalah batas untuk Lintang Selatan (11 LS).

Berbagai pengaruh yang ada oleh letak astronomis tersebut adalah sebagai berikut.

a. Pengaruh akibat letak lintang

Karena letak lintangnya, Indonesia mendapat pengaruh iklim tropis, sebagai berikut.

Hanya memiliki dua jenis musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Memiliki curah hujan dan kelembaban tinggi, akibatnya Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang luas dengan segala potensinya.

Pemanasan matahari berlangsung sepanjang tahun (temperatur rata-rata 26,3 C).

Panjang waktu siang dan malam relatif sama dan tetap sepanjang tahun.

b. Pengaruh akibat letak bujur

Karena wilayahnya menempati 95 BT -141 BT, Indonesia memiliki tiga daerah waktu. Bagaimana hal itu terjadi? Setiap selang 15 terdapat selang waktu satu jam, sebab setiap satu jam, bumi berputar sejauh 15 ( 360/24). Jadi, Indonesia yang memiliki lebar bujur 46 terbagi menjadi tiga daerah waktu.

Berpedoman pada 0o yang ditetapkan di Greenwich (Greenwich Mean Time/GMT), Inggris, tiga daerah waktu Indonesia adalah sebagai berikut.

Waktu Indonesia Barat (WIB) = GMT + 7 jam, meliputi Sumatera, Jawa, Madura, dan Kalimantan Barat dan Tengah.

Waktu Indonesia Tengah (WITA) = GMT + 8 jam, meliputi Kalimantan Timur dan Selatan, Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara.

Waktu Indonesia Timur (WIT) = GMT + 9 jam, meliputi Maluku dan Papua.

Letak geografis Indonesia

Letak geografis adalah letak suatu wilayah ditinjau dari kenyataannya di muka bumi. Letak tersebut berkaitan dengan posisi relatif suatu wilayah terhadap wilayah lain di sekitarnya. Kondisi geografis dipengaruhi letak astronomis. Perhatikan gambar berikut!

Indonesia terletak di antara dua samudera dan dua benua

Posisi di antara dua samudera menjadikan Indonesia sebagai jalur lalu lintas perdagangan internasional.

Posisi di antara dua benua membuat Indonesia memiliki keanekaragaman flora fauna, serta keuntungan politis.

Secara keseluruhan Indonesia terletak di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta di antara Benua Asia dan Benua Australia. Namun dalam lingkup kecil, setiap pulau memiliki batas geografis berbeda. Perhatikan kembali gambar. Sebagai contoh:

Pulau Sumatera dan Jawa berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian barat laut dan selatan, namun tidak demikian dengan Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Pulau Papua berbatasan dengan Samudera Pasifik di bagian utara. Di bagian selatan Papua dan Nusa Tenggara berbatasan dengan Benua Australia, sedangkan pulau-pulau di bagian barat Indonesia berbatasan dengan Benua Asia.

Perubahan musim Indonesia akibat letaknya

Bagaimana posisi memengaruhi terjadinya perubahan musim di Indonesia?

a. Indonesia di wilayah iklim tropis

Pembagian daerah iklim dunia berdasarkan penyinaran matahari adalah sebagai berikut.

Iklim tropis (23 LU 23 LS), memiliki dua musim.

Iklim subtropis (23 35 LU/LS), dengan musim dingin samar-samar.

Iklim sedang (35 66 LU/LS), memiliki empat musim : panas, gugur, dingin, dan semi.

Iklim kutub (66 - 90 LU/LS), mengalami dingin sepanjang tahun. Suhu 10 C.

Wilayah Indonesia berada pada daerah iklim tropis, karena berada pada daerah lintang antara 23 LU 23 LS. Lihat gambar di bawahuntuk mengetahui letak Indonesia berkaitan dengan iklimnya !

Pembagian iklim menurut penyinaran Matahari

Oleh pengaruh letak astronomis, secara geografis Indonesia berada pada posisi strategis. Indonesia terletak di antara dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik) dan dua benua (Benua Asia dan Benua Australia). Posisi strategis Indonesia memberikan berbagai pengaruh sebagai berikut.

Indonesia dipengaruhi oleh angin muson sehingga musim berganti tiap enam bulan sekali.

Indonesia berada pada pertemuan dua jalur pegunungan muda. Akibatnya memiliki banyak gunung api, rawan terhadap gempa bumi, dan kaya bahan tambang.

Dari gambar di atas kamu dapat melihat beberapa negara lain yang termasuk dalam daerah iklim tropis. Namun, meskipun berada dalam satu wilayah iklim ternyata perubahan musim di Indonesia tidak tepat sama dengan negara-negara tropis lain. Hal itu dipengaruhi oleh letak geografis!

b. Pola Pergerakan Angin Muson

Angin muson berembus setiap setengah tahun sekali dan selalu berganti arah. Setiap enam bulan sekali terjadi perubahan musim seiring dengan berembusnya angin muson. Berikut ini dijelaskan mengenai pola pergerakan angin muson di Indonesia.

1. Benua Asia mengalami kondisi tekanan tinggi

pada NovemberApril, sedangkan Benua Australia mengalami tekanan udara rendah. Angin muson berembus dari Benua Asia ke Benua Australia. Indonesia saat itu mengalami musim penghujan. Pergerakan angin tersebut disebut angin muson barat.

2. Benua Australia mengalami tekanan tinggi pada Mei Oktober, sedangkan di Benua Asia mengalami tekanan

Recommended

View more >