handsout pemrograman berbasis objek 2014

Upload: damar-hadi-tricahyo

Post on 16-Oct-2015

122 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Info

TRANSCRIPT

  • 1 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    Kode Outline : Pemrograman Berorientasi Objek Berbasis Dekstop/Web Bentuk Outline Tugas Akhir Pemrograman Berorientasi Objek Berbasis Dekstop/Web Lembar Judul Tugas Akhir Lembar Pernyataan Keaslian Tugas akhir Lembar Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir Lembar Konsultasi Tugas Akhir Kata Pengantar Lembar Abstraksi Daftar Isi Daftar Simbol Daftar Gambar Daftar Tabel Daftar Lampiran BAB I PENDAHULUAN

    1.1. Latar Belakang Masalah 1.2. Maksud dan Tujuan 1.3. Metode Penelitian 1.4. Ruang Lingkup 1.5. Sistematika Penulisan

    BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Konsep Dasar Program 2.2. Teori Pendukung BAB III PEMBAHASAN 3.1. Tinjauan Perusahaan* (**) 3.1.1. Sejarah Institusi/Perusahaan 3.1.2. Struktur Organisasi dan Fungsi 3.2. Analisis Kebutuhan

    3.2.1. Identifikasi Kebutuhan 3.2.2. Use Case Diagram

    3.3. Perancangan Perangkat Lunak 3.3.1. Rancangan Dokumen 3.3.2. Rancangan Basis Data 3.3.3. Rancangan Antar Muka 3.3.4. Rancangan Arsitektur Perangkat Lunak 3.4. Implementasi dan Pengujian Unit 3.4.1. Implementasi 3.4.2. Pengujian Unit BAB IV PENUTUP 4.1. Kesimpulan

  • 2 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    4.2. Saran Daftar Pustaka Daftar Riwayat Hidup Surat Keterangan Riset/ PKL (Jika riset/PKL) * Lampiran

  • 3 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    Penjelasan Outline Pemrograman Berorientasi Objek Berbasis Dekstop/Web

    BAB I PENDAHULUAN

    1.1. Latar Belakang Masalah Berisikan alasan pemilihan judul TA, dengan cara menguraikan dan menjelaskan

    permasalahan yang diangkat oleh penulis.

    Contoh Latar Belakang Masalah : Semakin banyaknya perusahaan yang ada maka semakin ketat pula persaingan

    dunia usaha. Untuk dapat mempertahankan dan merebut konsumen, maka setiap perusahaan memerlukan strategi untuk dapat menciptakan peluang usaha dan mendapat konsumen yang lebih banyak. Salah satunya melalui persediaan barang(inventory). Inventori (stock barang) merupakan permasalahan operasional yang sering dihadapi oleh perusahaan. Inventory sebagai persedian bahan baku, supplies, komponen, work in process dan barang jadi dalam jumlah besar, inventory sering dijumpai di gudang, lapangan, produksi dan retailer, menurut Ballou (2004:3). Inventori berupa jumlah barang yang disimpan di gudang. Jika jumlah inventori terlalu sedikit dan permintaan tidak dapat dipenuhi karena kekurangan persediaan, hal ini akan mengakibatkan konsumen akan kecewa dan ada kemungkinan konsumen tidak akan kembali lagi.

    Inventori terlalu besar, hal ini akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan karena harus menyediakan tempat yang lebih besar, kemungkinan terjadinya penyusutan nilai guna barang, serta harus menyediakan biaya-biaya tambahan yang terkait dengan biaya inventori seperti biaya pemeliharaan. Karena itu, manajemen harus bisa memutuskan berapa banyak suatu barang harus disiapkan (distock) untuk keperluan perusahaan. Selain itu, manajemen juga harus jeli dalam melihat kebutuhan konsumen sehingga konsumen merasa puas karena mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Atas dasar identifikasi masalah yang telah dipaparkan diatas, maka rumusan masalah pada tugas akhir ini adalah bagaimana membuat program persediaan barang pada perusahaan meningkatkan pendapatan perusahaan. 1.2. Maksud dan Tujuan

    Penulis membuat dua alinea yang menguraikan tentang maksud pembuatan TA dan tujuan penulisan TA. Maksud penulisan TA lebih mengarah pada apa yang ingin dicapai dari penulisan TA. Sedangkan Tujuan Penulisan TA lebih ke arah sebagai salah satu syarat kelulusan Program Diploma Tiga (DIII) Jurusan Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI). Contoh Maksud dan Tujuan :

    Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah : 1. Merancang aplikasi inventory pada perusahaan untuk membantu pengecekan stok

    barang masuk dan barang keluar. 2. Mengimplementasikan aplikasi inventory pada perusahaan sebagai kendali terhadap

    barang masuk dan barang keluar.

  • 4 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    Sedangkan tujuan penulisan tugas akhir adalah sebagai syarat kelulusan Program Diploma Tiga (DIII) Jurusan Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI). 1.3. Metode Penelitian

    Menjelaskan metode penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penyusunan TA. A. Metode Pengembangan Perangkat Lunak

    Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model water fall (sommerville, 2007:66) yang terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu: 1. Analisis Kebutuhan

    Tahapan ini menekankan pada masalah pengumpulan kebutuhan pengguna pada tingkatan sistem dengan menentukan konsep sistem beserta antarmuka yang menghubungkannya dengan lingkungan sekitar. Hasilnya berupa spesifikasi sistem..

    2. Perancangan Sistem dan Perangkat Lunak Proses perancangan sistem ini difokuskan pada empat atribut, yaitu struktur data, representasi antarmuka, arsitektur perangkat lunak, dan interaksi antar objek di dalam kelas.

    3. Implementasi dan Pengujian Unit Pada tahap ini, perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian program atau unit program. Kemudian pengujian unit melibatkan verifikasi bahwa setiap unit program telah memenuhi spesifikasinya.

    B. Teknik pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam melakukan

    pengumpulan data untuk pembuatan TA adalah : 1. Observasi

    Menjelaskan tentang kegiatan observasi yang dilakukan meliputi : tempat atau bagian yang diobservasi.

    2. Wawancara Menjelaskan kegiatan wawancara terhadap responden yang terkait dengan topik TA.

    3. Studi Pustaka Menjelaskan tentang studi pustaka yang dilakukan untuk mendukung proses komputerisasi sistem.

    1.4. Ruang Lingkup Adalah batasan masalah yang akan dibahas dalam TA yang penulis buat. Batasan ini

    bertujuan untuk alur atau rel dari pada TA yang dibuat. Batasan dibuat dengan awal mula permasalahan sampai dengan penyelesaian yang dicapai (misal : proses pengolahan master data (data barang, data user, dll), permohonan permintaan barang, transaksi barang keluar sampai dengan pembuatan laporan dengan menggunakan framework Jquery).

    1.5. Sistematika Penulisan

    Menjelaskan mengenai isi dari tiap-tiap bab yang terdapat dalam tugas akhir.

    BAB II

  • 5 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    LANDASAN TEORI

    2.1. Konsep Dasar Program Menjelaskan tentang teori yang berhubungan dengan judul TA yang dibuat (dari

    setiap kata yang diangkat sebagai judul). Penulisan definisi ini diikuti dengan mencantumkan nama penulis, darimana definisi tersebut dikutip (sesuaikan dengan petunjuk penulisan kutipan).

    Contoh teori konsep dasar program : A. Program

    Menjelaskan definisi program dan pemrograman berorientasi obyek (oop). B. Website *

    Menjelaskan tentang definisi internet, website dan aplikasi berbasis web (seperti: web browser, web server).

    C. Bahasa Pemrograman Menjelaskan tentang bahasa pemrograman yang digunakan misal : Java, PHP, HTML, JQuery dan lain-lain.

    D. Basis Data Menjelaskan tentang definisi basis data dan aplikasi basis data yang digunakan pada website yang dibangun.

    E. Model Pengembangan Perangkat Lunak Menjelaskan model pengembangan water fall (air terjun).

    2.2. Teori Pendukung A. Model Pembelajaran Berbasis Web *

    Menjelaskan tentang definisi model pembelajaran berbasis web, kelebihan model pembelajaran berbasis web dan fungsi model pembelajaran berbasis web.

    B. Enterprise Relationship Diagram Menjelaskan tentang definsi ERD, komponen ERD, derajat relationship,LRS dan lain-lain.

    C. Unified Modelling Language Menjelaskan tentang definisi UML, activity diagram, use case diagram, class diagram dan sequence diagram.

    D. Pengujian Program Menjelaskan tentang black box testing.

    Catatan : * Digunakan untuk berbasis web

    BAB III PEMBAHASAN

  • 6 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    3.1. Tinjauan Perusahaan *(**)

    Tinjauan perusahaan dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang proses bisnis berdasarkan sejarah perusahaan, struktur organisasi dan fungsi yang ada di perusahaan. 3.1.1. Sejarah Perusahaan

    Menjelaskan tentang profil dan sejarah perusahaan. 3.1.2. Struktur Organisasi dan Fungsi

    Menggambarkan tentang struktur organisasi yang ada pada perusahaan dengan membuat bagan dari susunan organisasi serta menjelaskan fungsi dan tugas dari masing-masing fungsi (job description). .

    3.2. Analisa Kebutuhan Mengidentifikasi kebutuhan fungsional program disertai dengan penggambaran use

    case diagram dan skenario use case yang terkait dengan proses bisnis yang diusulkan. 3.2.1. Identifikasi Kebutuhan

    Identifikasi kebutuhan diperoleh berdasarkan kebutuhan pengguna dan kebutuhan sistem dari aplikasi e-Learning untuk sekolah menengah dan sederajat. Contoh Analisa Kebutuhan : A. Kebutuhan Pengguna

    Dalam aplikasi inventory terdapat dua pengguna yang dapat saling berinteraksi dalam lingkungan system, yaitu: Bagian gudang, dan manajer. Kedua pengguna tersebut memiliki karakteristik interaksi dengan system yang berbeda-beda dan memiliki kebutuhan informasi yang berbeda-beda, seperti berikut :

    A1 Skenario Kebutuhan Bagian Gudang a) Mengelola data barang b) Mengecek stok barang c) Membuat Surat Permohonan Barang d)

    A2 Skenario Kebutuhan Manajer a) Administrator dapat melihat laporan stok barang b)

    B. Kebutuhan Sistem 1) Pengguna harus melakukan login terlebih dahulu untuk dapat mengakses

    aplikasi ini dengan memasukkan username dan password agar privasi masing-masing pengguna tetap terjaga keamanannya.

    2) Pengguna harus melakukan logout setelah selesai menggunakan aplikasi. 3) Sistem melakukan kalkulasi stok barang.

    3.2.2. Use Case Diagram Pemodelan use case diagram dapat digambarkan use case diagram dalam bentuk

    sea level untuk overview (pilih yang paling mudah).

  • 7 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    A. Use Case Diagram Dalam Bentuk Sea Level

    uc Use Case ModelEA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    Bagian Gudang

    Mengelola Data Barang

    Membuat surat permohonan barang

    Membuat Retur Barang

    Entry Transaksi Barang Masuk

    Membuat Laporan Rekap Barang

    Membuat Surat Barang Keluar

    Mengecek Stock Barang

    Tampilkan Reminder Data Barang Dengan

    Stock Minimum

    Manajer

    Melihat Laporan Stok Barangextend

    Gambar III.1. Use Case Diagram Sea Level Sistem Inventory

  • 8 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    Contoh Deskripsi Use Case Mengecek Stok Barang :

    Tabel III.1. Deskripsi Use Case Mengecek Stok Barang

    Use Case Name Mengecek Stok Barang Requirements Bagian Gudang dapat mengecek stok barang Goal Bagian Gudang mengecek stok barang secara

    online melalui web Pre-Conditions Bagian Gudang telah melakukan login Post-Conditions Daftar data barang yang kurang dari stok

    minimum Failed end Condition Bagian Gudang tidak dapat mengecek stok

    barang Actors Bagian Gudang Main Flow/ Basic Path 1. User memilih kriteria pencarian

    2. User mengetikan nama atau kode barang 3. Sistem menampilkan data barang yang dicari

    Alternate Flow/Invariant A A1. Bagian Gudang memilih tombol reminder A2. System menampilkan data barang yang stoknya

  • 9 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    3.3. Perancangan Perangkat Lunak Perancangan lunak ini difokuskan pada empat atribut, yaitu struktur data,

    representasi antarmuka, interaksi antar objek dan arsitektur perangkat lunak di dalam kelas. 3.3.1. Rancangan Dokumen

    Menjelaskan secara rinci setiap rancangan dokumen pada program yang dihasilkan dan uraian parameter-parameter dokumen tersebut. Contoh parameter rancangan dokumen : 1. Nama Dokumen : Retur Barang

    Fungsi : Untuk mengetahui daftar barang yang diretur Sumber : Bagian Gudang Tujuan : Supplier Media : Kertas Jumlah : 1 lembar Frekuensi : Setiap terjadi pengembalian atas barang yang rusak Bentuk : Lihat Lampiran A.1

    2.

    3.3.2. Basis Data Perancangan basis data menghasilkan pemetaan tabel-tabel yang digambarkan

    dengan Entity Relationship Diagram (ERD). Contoh Entity Relationship Diagram : A. Entity Relationship Diagram

    Gambar III.2. Entity Relationship Diagram

  • 10 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    Gambar III.3. Logical Record Structure

    B. Spesifikasi File Menjelaskan tentang file atau tabel yang terbentuk dari transformasi ERD (dan atau

    file-file penunjang untuk web). File-file ini tersimpan pada dengan parameter-parameter sbb : Contoh Spesifikasi File :

    Menjelaskan tentang file atau tabel yang terbentuk dari transformasi ERD (dan atau file-file penunjang untuk web). File-file ini tersimpan pada dengan parameter-parameter sbb : 1. Spesifikasi File

  • 11 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    Panjang record : Kunci Field : kodeBarang Software : Mysql

    Tabel IV.1.

    Spesifikasi File Barang No Elemen data Nama Field Tipe Size Ket 1. Kode Barang kodeBarang Char 5 Primary Key 2. Nama Barang namaBarang Varchar 20 3. Stock Stok Int 8

    3.3.3. Rancangan Antar Muka

    Menjelaskan rancangan antar muka (interface) yang terdapat pada aplikasi elearning untuk sekolah menengah dan sederajat. A. Rancangan Antar Muka Login Admin

    Gambar III.4. Rancangan Antar Muka Login Admin

    B. Rancangan Antar Muka Data Barang

    Gambar IV.5. Rancangan Antar Muka Data Barang

    XXXXX

    XXXXXXXXXXXXXXXXX

    999999999

  • 12 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    3.3.4. Rancangan Arsitektur Perangkat Lunak Menjelaskan kelaskelas yang terdapat pada e-learning untuk sekolah menengah dan

    sederajat dan menggambarkan sejumlah objek dan pesan-pesan yang dilewati diantara objek-objek ini dalam suatu use case.

    Contoh Class Diagram dan Sequence Diagram : A. Class Diagram

    Gambar III.6. Class Diagram

    class modelsEA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    User

    - password :String- userId :String- userName :String

    property get+ getPassword() :String+ getUserId() :String+ getUserName() :String

    property set+ setPassword(String) :void+ setUserId(String) :void+ setUserName(Stri ng) :void

    BagianGudang Manajer

    BarangMasuk

    - detailBarangMasuk :DetailBarangMasuk- noMasuk :int- tglMasuk :Date- user :User

    + delete() :void+ getRecord() :void+ insert() :void+ update() :void

    property get+ getNoMasuk() :int+ getTglMasuk() :Date+ getUser() :User

    property set+ setNoMasuk(int) :void+ setTglMasuk(Date) :void+ setUser(User) :void

    DetailBarangMasuk

    - barang :Barang- qty :int

    property get+ getBarang() :Barang+ getQty() :int

    property set+ setBarang(Barang) :void+ setQty(int) :void

    BarangKeluar

    - detailBarangKeluar :DetailBarangKeluar- noKeluar :int- tglKeluar :Date- user :User

    + delete() :void+ getRecord() :void+ insert() :void+ update() :void

    property get+ getDetai lBarangKeluar() :DetailBarangKeluar+ getNoKeluar() :int+ getTglKeluar() :Date+ getUser() :User

    property set+ setDetailBarangKeluar(DetailBarangKeluar) :void+ setNoKeluar(int) :void+ setTglKeluar(Date) :void+ setUser(User) :void

    DdetailBarangKeluar

    - barang :Barang- qty :int

    property get+ getBarang() :Barang+ getQty() :int

    property set+ setBarang(Barang) :void+ setQty(int) :void

    Barang

    - kodeBarang :Stri ng- namaBarang :String- stock :int

    + delete() :void+ getMinimumStock() :void+ getRecord() :void+ insert() :void+ update() :void

    property get+ getKodeBarang() :String+ getNamaBarang() :String+ getStock() :int

    property set+ setKodeBarang(String) :void+ setNamaBarang(String) :void+ setStock(int) :void

    1

    mengelola1

    1mengelola

    1

    1

    berisi1

    1

    berisi

    1

    1

    terdiri

    1..*

    1

    terdiri

    1..*

  • 13 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    B. Sequence Diagram sd InteractionEA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    EA 9.0 Unregistered Trial Version EA 9.0 Unregistered Trial Version

    Bagian GudangFormCekStock

    Barang

    alt

    [recordCount>0]

    [else]

    pi lih_cri teria()

    ketikkan_keyword_yang_dicari()

    getRecord()

    data_Barang()

    pesan_data_tidak_ada()

    Gambar III.7. Sequence Diagram

    3.4. Implementasi dan Pengujian Unit 3.4.1. Implementasi A. Implementasi Rancangan Antar Muka

    Implementasi rancangan antar muka pada aplikasi inventory berdasarkan hasil rancangan antar muka.

    Contoh Implementasi Antar Muka : 1. Halaman Login Admin

    Administrator harus melakukan login terlebih dahulu untuk dapat menggunakan modul-modul yang tersedia Jika login berhasil, maka menu-menu yang sesuai dengan kategori user tersebut akan ditampilkan.

  • 14 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    Gambar III.8 Login Admin

    2.

    B. Spesifikasi Sistem Komputer

    Berikut ini adalah spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak minimum yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan aplikasi inventory untuk sekolah menengah dan sederajat. Contoh spesifikasi sistem komputer : 1. Spesifikasi Perangkat Keras a. Server

    1) CPU (a) Processor Intel Pentium Core 2 Duo (b) RAM DDR2 4 GB (c) Hard Disk 500 GB

    2) Mouse 3) Keyboard 4) Monitor dengan resolusi layar minimum 1024x768 5) Koneksi internet dengan kecepatan 2 Mbps.

    b. Client 1) CPU

    (a) Processor Intel Pentium 4 (b) RAM DDR2 1GB (c) Hard Disk 20 GB

    2) Mouse 3) Keyboard 4) Monitor dengan resolusi layar minimum 1024x768 5) Koneksi internet dengan kecepatan 56 kbps.

    2. Spesifikasi Perangkat Lunak 1. Server

    a. Sistem operasi yang umum digunakan seperti: Microsoft Windows atau Linux (Ubuntu, Fedora, dll).

    b. Aplikasi bundle web server seperti: Xampp, WampServer, php2triad yang terdiri dari beberapa komponen, diantaranya: (1) Aplikasi Apache Server v2 (2) Aplikasi PHP Server v5 (3) Aplikasi MySQL Server v5

  • 15 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    (4) Aplikasi phpMyAdmin v3 c. Aplikasi Web browser seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer,

    Google Chrome. 2. Client

    a. Sistem operasi yang umum digunakan seperti: Microsoft Windows atau Linux (Ubuntu, Fedora, dll).

    b. Aplikasi web browser seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer, Google Chrome.

    3.4.2. Pengujian Unit Pengujian terhadap program yang dibuat menggunakan blackbox testing yang

    fokus terhadap proses masukan dan keluaran program. Contoh Pengujian Unit : A. Pengujian Terhadap Form Login

    Tabel IV.28 Hasil Pengujian Black Box Testing Halaman Login

    No. Skenario pengujian Test case Hasil yang diharapkan Hasil pengujian

    Kesimpulan

    1. User Id dan password tidak diisi kemudian klik tombol login

    User Id : (kosong) Password: (kosong)

    Sistem akan menolak akses user dan menampilkan User Id dan password tidak dikenal

    Sesuai harapan Valid

    2. Mengetikkan user ID dan password tidak diisi atau kosong kemudian klik tombol login

    User ID: 1001 Password : (kosong)

    Sistem akan menolak akses user dan menampilkan User Id dan password tidak dikenal

    Sesuai harapan Valid

    3. User ID tidak diisi (kosong) dan password diisi kemudian klik tombol login

    User Id: (kosong) Password: 1998-03-31

    Sistem akan menolak akses user dan menampilkan User Id dan password tidak dikenal

    Sesuai harapan Valid

    4. Mengetikkan salah satu kondisi salah pada user ID atau password kemudian klik tombol login

    User ID: 1001 (benar) Password: 1998-3-31 (salah)

    Sistem akan menolak akses user dan menampilkan User Id dan password tidak dikenal.

    Sesuai harapan

    Valid

    5. Mengetikkan user ID dan password dengan data yang benar kemudian klik tombol login

    User ID: 1001 (benar) Password: 1998-03-31 (benar)

    Sistem menerima akses login dan kemudian langsung menampilkan menu utama.

    Sesuai harapan

    Valid

  • 16 | H a n d o u t T u g a s A k h i r J u r u s a n M a n a j e m e n I n f o r m a t i k a

    BAB IV PENUTUP

    4.1. Kesimpulan Menguraikan tentang solusi dari permasalahan yang ada pada objek yang menjadi

    tema tugas akhir.

    4.2. Saran Menguraikan saran yang mendukung keberhasilan dari implementasi program yang

    diusulkan serta pengembangan ke arah yang akan datang.