haluan 18 februari 2012

Download Haluan 18 Februari 2012

Post on 22-Mar-2016

414 views

Category:

Documents

16 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Haluan 18 Februari 2012

TRANSCRIPT

  • SABTUSABTUSABTUSABTUSABTU18 FEBRUARI 2012 M/25 RABIUL AWAL 1433 H

    MEDIA GROUP

    Harga Eceran Rp2.500/eks,Harga Langganan Rp57.000/bulan

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

    TERBIT 24 HALAMANNOMOR 276 TAHUN KE 63

    IIIIIklan 0751 4488700klan 0751 4488700klan 0751 4488700klan 0751 4488700klan 0751 4488700Berlangganan 0751 9559333Berlangganan 0751 9559333Berlangganan 0751 9559333Berlangganan 0751 9559333Berlangganan 0751 9559333

    Pengaduan 0751 4488702Pengaduan 0751 4488702Pengaduan 0751 4488702Pengaduan 0751 4488702Pengaduan 0751 4488702

    05.12 WIB 12.35 WIB 15.52 WIB 18.40 WIB 19.50 WIB

    Dan barangsiapa yang menta'ati Allah dan Rasul(Nya), merekaitu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahini'mat oleh Allah, yaitu : Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-

    orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan merekaitulah teman yang sebaik-baiknya.

    K H A SK H A SK H A SK H A SK H A S

    http://www.harianhaluan.com

    R E F L E K S IR E F L E K S IR E F L E K S IR E F L E K S IR E F L E K S I

    >> EFEKTIVITAS hal 11

    120 Ton Batu BaraMenumpuk........ >> 02By Pass DipenuhiLubang........ >> 13

    Dermaga Pendaratan IkanSegera Dibangun....... >> 19

    (QS An Nisaa' ayat 69)

    Oleh: WENDI

    EfektivitasPajak Progresif

    SALAH satu cara untukmengurai persoalan ke-macetan di DKI Jakartayang kian runyam danparah. Pemerintah Pro-vinsi DKI Jakarta mem-berlakukan pajak pro-gresif kendaraan, baikbagi kendaraan roda duamaupun roda empat milikpribadi. Efektivitas pelak-sanaan pajak progresif ini

    didukung oleh penggunaan Nomor Induk Kepen-dudukan (NIK) atau Sistem Identitas Tunggal.

    Agaknya, mengikuti langkah itu, PemprovSumatera Barat turut mengadopsi langkah-langkahtersebut, agar persoalan yang sama juga menjadisolusi bagi daerah ini, dengan menelurkanPeraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentangPajak Daerah dan ditindaklajuti dengan Pergub

    >> KOLONISASI hal 11

    >> EMPAT hal 11

    >> PEMBUKAAN hal 08

    SISTEM MASIH MANUAL

    Pajak Progresif Belum Efektif

    Kolonisasi Belanda,Drama MemedihkanIndonesiaMENGAPA masa kolonial Belanda di Indonesia tetapmenjadi debat emosional. Begitu muncul peristiwaseperti ganti rugi korban Rawagede dan diskusipembantaian oleh Westerling? Mengapa RatuBelanda tidak bisa menghadiri hari kemerdekaanIndonesia tanggal 17 Agustus? Hingga sekarangBelanda tetap ngotot mempertahankan 27 Desember1949 sebagai hari penyerahan kedaulatan kepadaIndonesia.

    Para veteran Belanda yang pernah bertugas diIndonesia sewaktu perang kemerdekaan selalutersinggung kalau pemerintah Belanda mengakuikesalahannya, misalnya dalam kasus pembantaianRawagede. Kelompok lain yang angkat bicara dalamperdebatan ini adalah warga Indo Belanda yangterpaksa meninggalkan Indonesia, karena diusirPresiden Soekarno. Mereka menyatakan sudah tiba

    YAYASAN Komite Utang Kehormatan Belanda,penggugat Rawagede berencana menuntut Belanda untukbertanggung jawab juga terhadap kejahatan perangBelanda di Indonesia lainnya, termasuk pembantaianWesterling. (http://bungamanggiasih.com)

    HARI JADI KABUPATEN SIJUNJUNG

    Gubernur SumbarDijadwalkan HadirSIJUNJUNG, HALUAN-Gubernur Sumbar, Irwan Prayitnodipastikan hadir pada acara puncak peringatan hari jadiKabupaten Sijunjung ke-63 yang digelar dalam rapatparipurna istimewa DPRD Kabupaten Sijunjung, di gedungPancasila Muaro Sijunjung, hari ini, Sabtu (18/2).

    Kasubag Protokol Setdakab Sijunjung, Hendri Nurka,S.Sos kepada Haluan di ruang humas Pemkab Sijunjung,kemarin mengatakan, selain menghadiri rapat paripurnaistimewa, Gubernur Sunbar juga di jadwalkan akanmeresmikan gedung baru Bank Nagari Cabang Sijunjungdi jalan Prof.M.Yamin Muaro Sijunjung.

    Selain meresmikan gedung baru Bank Nagari,sambungnya, Gubernur didampingi Bupati Sijunjung, Yuswir

    Empat Bank BersediaTurunkan Bunga KPR

    SUAP WISMA ATLET

    Rosa Ngaku AdaMenteri Minta Jatah8 Persen

    POLITIK UANG KONGRES PD

    Golkar dan PKSMenyumbang AnasJAKARTA, HALUAN Pengakuan sejumlah pihak yangmenerima dana untuk memenangkan Anas Urbaningrumdi Kongres Partai Demokrat di Bandung, tak lepas daribanyaknya uang masuk untuk memenangkan mantan KetumHMI itu. Golkar dan juga PKS, malah disebut-sebut Timsukses Anas sebagai partai yang ikut menyumbang danauntuk membiayai usaha memenangkan Anas.

    Sumber dana bisa dipertanggungjawabkan dan berasaldari mana-mana, dari kami tim sukses dan semua partner,termasuk Golkar dan PKS, kata Umar Arshal. Pengakuansalah satu tim sukses Anas Urbaningrum dalam KongresDemokrat tersebut disampaikan di Gedung DPR RI,Senayan, Jakarta, Jumat (17/2). Kami semua berkeringat.

    Pelaksanaan pajak progresif diSumbar belum efektif. DPKDbelum punya data sahihpotensi pajak progresif tersebuthingga tidak bisa ditentukanberapa besar pajak yang akandiperoleh.

    PADANG, HALUANPajak progresif diSumbar sudah diterapkan sejak awal Januari2012 lalu. Tetapi pelaksanaannya belumdidukung sistem komputerisasi yang memadaihingga tidak bisa digambarkan berapa banyakwajib pajak progresif ini dan berapa potensipajak yang akan diperoleh.

    Yang jelas, sejak diterapkan pajakprogresif ini, memang terjadi peningkatanpenerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB)tahunan pada Januari 2012 dibanding padabulan yang sama tahun lalu, kata KepalaBidang Pajak Daerah, Dinas PengelolaanKeuangan Daerah (DPKD) Sumbar,Efniyanti,SH kepada Haluan Jumat (17/2),di ruang kerjanya

    Pada Januari 2011, target PKB tahunan

    >> PAJAK hal 11

    PADANG, HALUAN LangkahDPD Real Estate Indonesia (REI)Sumbar memperjuangkan penuru-nan suku bunga Kredit Pemilikanrumah (KPR) mendapat anginsegar dari pusat. Empat bank besarnasional sudah bersedia menurun-kan suku bunga KPR untuk me-ringankan beban masyarakatdalam mendapatkan rumah.

    Empat bank tersebut yakniBank Nasional Indonesia (BNI),Bank Rakyat Indonesia (BRI), BankMandiri dan Bank Tabungan Ne-gara (BTN). Untuk tiga bank yakniBNI, BRI dan Bank Mandiri ber-sedia menurunkan suku bunga dari8,25 persen tahun lalu menjadi 7,25persen tahun ini. Sedangkan BTNhanya bersedia 7,9 persen.

    Kami sudah mendapatkankabar bahagia ini dari pusat.Kemarin (Rabu-red) telah terjalinkesepakatan penetapan suku bungaKPR ini antara pihak perbankandengan Kempera. Dalam minggudepan dilaksanakan MoU Perjan-jian Kerjasama Operasi FasilitasLiquiditas Pembiayaan Perumahan(PKO-FLPP). Kesepakatan inisesuai jadwal yang ditargetkan PKOtuntas Februari ini., kata KetuaDPD REI Sumbar, Alkudri kepadaHaluan, Jumat (17/2).

    Meskipun belum tercapai penu-runan 6,5 atau 7 persen, namunpenurunan suku bunga 1 persendari 8,25 tahun lalu itu cukupbesar. Apalagi, perjuangan REIdalam menurunkan suku bunga

    KPR ini cukup berat, karena disaat memperjuangkan penurunan,justru pihak perbankan berupayaminta menaikan suku bunga.

    Seperti BTN misalnya, sebelum-nya bank yang selama ini dikenaleksis di kredit perumahan gigih

    JAKARTA, HALUAN Mindo Rosalina Ma-nulang, terpidana kasussuap wisma atlet SEAGames, siap membong-kar pejabat-pejabatkementerian yang didugamenerima dana daripengerjaan proyek ter-kait perusahaan milikMuhammad Nazaruddin. Kuasa hukum Rosa, AhmadRifai, mengungkapkan, ada menteri yang pernah memintafee 8 persen kepada Rosa.

    Adalah, ada yang Bu Rosa ketemu sama menteridi Widya Chandra dan menteri itu minta 8 persen,kata Rifai di Jakarta, Jumat (17/2).

    Menurut Rifai, menteri itu meminta fee 8 persenke Rosa sebagai syarat Permai Grup mendapatkanproyek di kementeriannya. Dia (Rosa) diminta ketemusama menteri dan minta 8 persen, dia telepon kalaukamu gak setor, proyeknya gak dikasih sama kamu,kata Rifai menirukan kata-kata menteri itu.

    Rifai mengatakan, Rosa yang juga anak buahMuhammad Nazaruddin itu mengaku pernah mengurusi

    >> GUBERNUR hal 11

    >> GOLKAR hal 08

    >> ROSA hal 11

    MINDO ROSALINA MANULANG

    PAJAK PROGRESIFPemberlakuan pajak progresif selain menambah pendapatan daerah juga untuk mengatasi kemacetan lalu lintas seperti yang terjadi di kawasanPadang Lua KM 4 dari Kota Bukittinggi ini. Memiliki kendaraan lebih dari satu dikenakan pajak secara bertingkat mulai 1,5 persen sampai 3,5 persen. HASWANDI

    Pembukaan Padang Executive SongCompetition Meriah

    PADANG, HALUANSekitar40 para eksekutif Kota Pa-dang menguji kebolehannyadalam olah suara pada acaraPadang Executive Song Com-petition 2012 yang berlangsungdi Premier Basko Hotel,Jumat (17/2) malam. Acaraini akan dilangsungkan selamatiga hari, berakhir pada 19Februari 2012.

    Basrizal Koto, Owner Bas-ko Group mengatakan, pro-gram ini merupakan ajangsilaturahim eksekutif di Pa-dang. Tapi ditargetkan tingkatnasional, kata Basko dalamsambutannya sembari mem-perkenalkan General ManagerPremier Basko Hotel RizaVillano Satria Putra kepadatetamu yang hadir.

    Ketua PWI Sumatera Ba-rat, Basril Basyar menilai,

    ajang Padang Executive SongCompetition sangat perludiadakan untuk refreshing paraeksekutif yang lelah setelahberaktivitas.

    Adanya wadah para ekse-kutif berkumpul tentu akanbanyak melahirkan hal-halpositif, ujar Basril Basyar.

    Sementara itu, Riza Villa-no Satria Putra mengatakanacara ini digelar awal untukmelahirkan wadah dan komu-nitas bagi para eksekutif.

    Premier Basko Hoteldijadikan tempat berkumpulpara eksekutif di SumateraBarat dan juga nasional,sehingga para eksekutif bisamelirik daerah SumateraBarat sebagai target pasarnya.Hal ini pasti akan berdampak

    BASRIZAL Koto, Owner Basko Group memperkenalkanGeneral Manager Premier Basko Hotel Riza Villano SatriaPutra kepada tetamu pada pembukaan iven PadangExecutive Song Competition, Jumat (17/2) di Premier BaskoHotel. AMIRUL MUSSADAT LUBIS

    ALKUDRI

  • U TA M A2 SABTU,SABTU,SABTU,SABTU,SABTU, 18 FEBRUARI 2012 M25 RABIUL AWAL 1433 HKILAS PENERTIBAN TONASE