glycerol monooleat baru-ce eli

Download Glycerol Monooleat Baru-ce Eli

Post on 21-Jul-2015

205 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

GLYCEROL MONOOLEAT

Elisabeth Christiani Devina Aprilia Richard Hardy Y Agnes Raharjo Filistia Magdalena Vina Indrawati S

6092004 6092013 6092817 6092826 6092833 6092835

WHY GLYCEROL MONOOLEAT???Indonesia mulai mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil mengembangkan energi alternatif terbaharukan. Energi alternatif terbaharukan Biodiesel Kenapa biodiesel?? gas buang tidak beracun kelapa sawit berlimpah Hasil samping biodiesel residu gliserol 33 % produk.

ABOUT GLYCEROL MONOOLEAT

Gliserol monooleat salah satu monogliserida yang termasuk derivative gliserol atau gliserin berbentuk ester. Gliserol monooleat (monoolein) sintetis kimia aktif permukaan digunakan sebagai surfaktan non-ionik dan pengemulsi. Gliserol + asam oleat + katalis ester monogliserida Gliserol monooleat tidak berbahaya bagi lingkungan. Asam oleat diekstrak dari produk alami Gliserol dapat dibuat dari lemak alami atau petrokimia.

Glycerol monooleat merupakan surfaktan zat pengemulsi. Glycerol monooleat merupakan emulsifier untuk industri makanan : ice cream, whipped topping, dll Glycerol monooleat merupakan antifoam dan flavouring agent. Makanan kebutuhan pokok manusia. Populasi kebutuhan makanan kreativitas bidang pangan menggunakan bahan tambahan seperti Glycerol monooleat.

Wujud : cair berwarna jernih kekuning-kuningan atau kuning pucat. Rumus Molekul : C21H40O4 Berat molekul : 356,54 gr/mol Kelarutan : Tidak larut dalam air, sedikit larut dalam alkohol dingin dan larut dalam alkohol panas, kloroform, eter, petroleum eter, serta larut dalam minyak dan bersifat sebagai pengemulsi pada makanan. Rumus struktur :

PERSEBARAN PRODUSEN GLISEROL DI INDONESIA

PERSEBARAN FATTY ACID DI INDONESIA

BAHAN BAKUGliserol Monooleat Gliserol Asam Oleat Gliserol dari : - Produk samping industri sabun spent lye soap - Produk samping biodiesel dari kelapa sawit (CPO) Asam oleat dari produk alami.

DIAGRAM ALIR SINTESA PROSES

SINTESA PROSES

3 metode pembuatan : - Esterifikasi langsung antara gliserol dengan asam-asam lemak. - Reaksi antara gliserol halohidrin dengan garam-garam asam lemak dari logam alkali atau perak. - Esterifikasi antara gliserol dan trigliserida dengan kehadiran katalis, yang memproduksi campuran gliserida.

ESTERIFIKASI LANGSUNG ANTARA GLISEROL DAN ASAM-ASAM LEMAK

Reaksi esterifikasi : reaksi penggantian kedudukan hidrogen pada suatu asam lemak oleh sebuah group alkohol seperti metil alkohol, membentuk metil ester. Dengan katalis asam, misalnya asam sulfat, asam klorida

Reaksi pembentukan gliserol trigliserida :

Asam laurat, stearat dan oleat akan mengalami esterifikasi sempurna dengan gliserol saat dicampurkan dengan pemanasan pada temperatur 2303000C (4464640F) dalam waktu 3 jam

Gliserol direaksikan dengan asam oleat, akan membentuk gliserol monooleat dalam campuran gliserol monooleat, gliserol dioleat dan gliserol trioleat. Reaksi pembentukan Gliserol Monooleat :

REAKSI DENGAN HALOHIDRINSejak awal abad ke-19, para peneliti membuat gliseril ester dari asam lemak dengan mereaksikan gliserol halohidrin dengan alkali atau garam-garam perak dari asam lemak. Metode tersebut memberikan keyakinan bahwa posisi gugus karboksil dapat digantikan oleh ion klorida. Namun, penelitian terakhir menunjukkan bahwa produk akhir tidak dapat diprediksi.

REAKSI DENGAN TRIGLISERIDAReaksi dengan trigliserida +gliserol +katalis berlebih campuran monogliserida dan digliserida ditambah beberapa sisa trigliserida dan sisa katalis yang tidak bereaksi. menggunakan katalis alkohol pada 140-2900C Juga dapat menggunakan katalis gliseroksida dan pengadukan mekanik untuk menghasilkan monogliserida dengan yield yang lebih tinggi. reaksi dilangsungkan dalam keadaan vakum untuk membuang air yang berlebih.

Secara umum, proses pembuatan gliserol monooleat menggunakan proses esterifikasi Menggunakan gliserol hasil samping pembuatan biodiesel dari residu

KEGUNAAN1.

Emulsifier industri makanan (margarine, coklat, mayonnaise, permen, roti), kosmetik, farmasi dan tekstil. Gliserol monooleate mempunyai dua sisi yaitu hydrophilic dan lipophilic berada di daerah interface antara lemak dan air mengurangi ketegangan diantara kedua sisi tersebut homogen.

2.

3.

Antifoam sering dipakai dalam juice processing dimana dihasilkan foam akibat proses blending. Kelebihan udara dalam foam menghalangi proses perpindahan panas pada saat proses pasteurisasi. GMO dengan harga HLB (hydrophilic lypophilic balance) antara 2-8 larut dalam minyak HLB number 14-18 larut dalam air. Penggunaan GMO memecah tegangan permukaan foam menghilangkan kehilangan transfer panas. Flavouring Agent memperkuat rasa pada makanan.

PROSPEK PENGEMBANGAN DI INDONESIAPopulasi kebutuhan makanan jenisjenis makanan Banyak jenis makanan dari lemak butuh pengemulsi agar adonan homogen pengemulsi => Glycerol Monooleat. Kebutuhan tiap tahun rata-rata meningkat sebesar 4 % potensi pasar dalam negeri untuk produk non-ionik surfaktan masih besar.

IMPOR Tahun1998 1999 2000 2001 2002 2003 2004 2005 2006 2007

Massa (kg)3557982 3389557 4759827 5531754 6695132 10766556 11325170 16740175 15408042 14865928

(SUMBER: BIRO PUSAT STATISTIK)

Lokasi pendirian pabrik GMO daerah Medan, Sumatera Utara Karena tersedianya gliserin dan asam oleat yang berasal dari produk samping pabrik oleochemical yang banyak berdiri di Medan. Di masa yang akan datang industri berbasis CPO akan memiliki prospek yang sangat cerah. Karena pemanfaatannya yang beraneka ragam - industri minyak goreng - sabun - bahan baku alternatif untuk bahan bakar atau biodiesel dan tentunya diharapkan akan banyak dipakai dalam industri gliserol monooleat nantinya.

TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA

SEKIAN