gerakan kamera

Download Gerakan Kamera

Post on 09-Dec-2015

5 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

semoga bermanfaaat

TRANSCRIPT

Gerakan kamera

Gerakan kameraSefty maulana fazrinGerakan kamera akan menghasilkan gambar yang berbeda. Oleh karenanya maka dibedakan dengan istilah-istilah sebagai berikut: PAN atau PANNING, yaitu pergerakan kamera secara horizontal yaitu gerakan kamera dari kiri ke kanan (PAN KANAN) atau dari kanan ke kiri (PAN KIRI).

TILT atau TILTINGTILT atau TILTING, yaitu pergerakan kamera secara vertikal gerakan kamera dari atas ke bawah (TILT DOWN) atau gerakan kamera dari bawah ke atas (TILT UP).

TRACK INTRACK IN, yaitu teknik pengambilan gambar yang dimulai dengan cara menggerakan kamera mendekati objek.

Dolly, TrackDolly atau track adalah gerakan di atas tripot atau dolly mendekati atau menjauhi subyek.-Dolly in : mendekati subyek-Dolly out: menjauhi subyek

PedestalPedestal adalah gerakan kamera di atas pedestal yang bisa dinaik turunkan. Sekarang ini banyak digunakan Porta-Jip Traveller.-Pedestal up : kamera dinaikan-Pedestal down : kamera diturunkanDegan menggunakan teknik pedestal up/down kita bisa menghasilkan perubahan perspektif visual dari adegan.

CrabGerakan kamera secara atau menyamping, berjalan sejajar dengan subyek yang sedang berjalan.-Crab left (bergerak ke kiri)-Crab right ( bergerak ke kanan)

CraneCrane adalah gerakan kamera di atas katrol naik turun.

ArcArc adalah gerakan kamera memutar mengitari obyek dari kiri ke kanan atau sebaliknya

Zoom

Zooming adalah gerakan lensa zoom mendekati atau menjauhi obyek secara optic, dengan mengubah panjang focal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya.-Zoom in : mendekatkan obyek dari long shot ke close up-Zoom out : menjauhkan obyek dari close up ke long shot

Hal yang harus diperhatikan pada pengambilan gambar:Hal yang harus diperhatikan pada pengambilan gambar: Setiap gerak harus memiliki makna yang mendukung kelebihan produk. Kejelian kamera menampilkan bagian utama dan kelebihan produk atau cara kerja. Urutan terjaga kontinuitasnya. Apabila tidak menggunakan tripod atau penyangga kamera, hindari penggunaan zoom in. Sebaiknya kamerawan mendekati objek sebagai pengganti zoom in. Untuk memfokuskan objek (mengarahkan kamera pada satu titik objek tertentu) lakukan zoom in, pastikan objek sudah fokus kemudian zoom out sampai pada posisi kedudukan semula. Lakukan perekaman gambar.