gema utama>> ekonomi kerakyatan >> figur >> gema filedalam pidato politik itu,...

Click here to load reader

Post on 27-Jun-2019

223 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • PPATK menemukan 2000 transaksi mencurigakan yang mayoritas melibatkan anggota Banggar DPR.

    Wah, wah Adakah ini bukti kalau Banggar memang biangnya korupsi?

    Hasil survei Political Economic Risk Consultancy yang berbasis di Hongkong menempatkan Indonesia menjadi negara terkorup dari 16 negara di kawasan Asia Pasifik.

    Juara bertahan ni ye.

    patuk...!

    Ekonomi kErakyatan >>13

    Indonesia RayaG e m a

    GEma utama>>04

    Empat tahun partai GErindraSejarah Akan Membenarkan Perjuangan Gerindra

    pasar kaGEtPasarnya Rakyat

    GElora

    rEvalina s tEmat Pengantin Anti Korupsi

    FiGur >>15

    tErbit 16 halaman/Edisi 11/tahun ii/marEt 2012

    KeTuA Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menegas-kan bahwa Partai Gerindra didirikan untuk memberi pilihan yang baru ke-pada rakyat Indonesia. Partai Gerindra didirikan bukan untuk melahirkan po-litisi-politisi, melainkan pejuang poli-tik. Kita ingin Partai Gerindra menjadi partai yang bersih. Kita tidak mau me-lahirkan koruptor-koruptor dari Partai Gerindra, tandasnya dalam pidato po-litik pada Peringatan ulang Tahun ke-4 Partai Gerindra di Kantor DPP Partai Gerindra, Jl. R.M. Harsono, Ragunan, pada Senin, 6 Februari 2012.

    Dalam pidato politik itu, Prabowo Subianto kembali mengingatkan kader-kader Partai Gerindra agar tidak men-cari kekayaan dari politik. Kalau ingin mencari kekayaan dari politik, cari partai lain saja. Jangan tinggal di Partai Gerindra, kata Prabowo yang disambut tepuk tangan dari ribuan kader Partai Gerindra yang hadir.

    Menurut mantan Pangkostrad itu, korupsi di Indonesia sudah meraja-

    lela. Setiap aspek kehidupan dipenuhi dengan sogok-menyogok, suap, kolusi, korupsi, dan nepotisme. Mencari pekerjaan harus nyogok. Mau jadi guru harus nyogok. Mau jadi polisi harus nyogok. Mau jadi tentara harus nyogok. Saya kaget diberitahu, untuk masuk ten-tara sekarang tarifnya Rp 100 juta. Ne-gara ini negara yang aneh. Orang daftar mau mati untuk negara harus nyogok, ujarnya heran.

    Karena itu, Prabowo mengungkap-kan bahwa dari awal dia bertekad ingin mendirikan partai yang bersih, partai pejuang yang berjuang untuk melurus-kan apa-apa yang keliru dalam masyara-kat. Kita ingin membersihkan yang ti-dak bersih. Kita juga akan memperbaiki yang rusak. Dengan Partai Gerindra, kita ingin memberi harapan kepada rak yat Indonesia, kata mantan Danjen Kopassus ini.

    Partai Gerindra, lanjut Prabowo Su-bianto, juga tidak menginginkan rakyat putus asa. Jika putus asa maka rakyat su-dah tidak lagi percaya pada pemerintah,

    tidak lagi percaya pada hakim-hakim, bupati, walikota, polisi, tentara, dan se-bagainya. Akibat keputus-asaan rakyat itu maka akan terjadi anarki. Karena itu Partai Gerindra harus menjadi par-tai yang memberi harapan, solusi, dan masa depan kepada rakyat. untuk itu Partai Gerindra harus bersih. Diri kita harus bersih, ucapnya.

    Putra begawan ekonomi Sumitro Djojohadikusumo itu menambahkan, jika ingin memimpin rakyat Indonesia maka kita harus terlebih dulu mem-benahi diri sendiri. Saya ingatkan kader-kader Partai Gerindra yang su-dah menempati posisi-posisi penting, seperti anggota DPR, anggota DPRD provinsi ataupun kabupaten, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati. Saudara sudah diberi amanah. Jagalah amanah dan kepercayaan rakyat. Jangan saudara terlibat dalam kasus-kasus yang melanggar hukum. Jangan terlibat aksi-aksi penyelewengan dan korupsi, tegas calon presiden Partai Gerindra ini. t Budi Sucahyo

    Partai Gerindra JanGan Lahirkan koruPtor

    PRAbowo SubiAnto

    APAKAH demokrasi kita berada di jalan yang benar sesuai konstitusi dan harapan para pendiri bangsa?

    Pertanyaan ini mungkin klise. Sejak dulu sudah ada kritik terhadap demokrasi yang prosedural, demokrasi kebablasan, demokrasi tak bertanggung jawab atau demokrasi yang makin mahal. Belakangan juga diperkenalkan istilah demokrasi kriminal. Saya menambahkan istilah baru: demokrasi hitam.

    Kenyataan demokrasi Indonesia sekarang ini memang mengarah pada anarki dan politik uang. Biaya politik makin tinggi dan perdagangan politik menjadi transaksi sehari-hari. Demokrasi diwarnai kompetisi menghalalkan segala cara merebut kuasa. Targetnya jangka pendek. Partai politik menjelma semacam perusahaan yang melakukan jual beli layaknya barang. Semakin langka diskursus ideologi apalagi idealisme mencapai cita-cita perbaikan untuk rakyat. Kekuasaan dan jabatan adalah ujung pertaruhan.

    Lihat saja pemilu Presiden menghabiskan dana ratusan milyar hingga trilyunan rupiah. Pemilukada gubernur dan bupati/walikota menghamburkan biaya tak masuk akal. Padahal gaji yang didapatkan tak kan mencukupi biaya politik itu. Mereka akhirnya mencari rente dengan korupsi yang telanjang. Dari pejabat menjadi penjahat. Dana rakyat dikuras dan dirampok secara gotong royong.

    Demokrasi mestinya suatu pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Pemerintahan dengan kekuasaan tertinggi di dalamnya berada di tangan rakyat dan dijalankan langsung atau tak langsung melalui sistem perwakilan. Ada semangat dan konsensus bahwa setiap orang punya hak yang sama, di depan hukum maupun hak ekonomi politik.

    Oligarki adalah pemerintahan yang dikuasai minoritas kelompok kaya, golongan hartawan. untuk membedakan demokrasi dan oligarki, Aristoteles dalam Politics, menyatakan bahwa demokrasi artinya kekuasaan rakyat jelata yang banyak, sedangkan oligarki adalah kekuasaan orang kaya yang sedikit.

    Dalam setiap demokrasi selalu ada oligarki. Namun jangan sampai kaum oligark mengambil alih demokrasi. Jeffrey Winters menyampaikan data menarik. Top 500 orang kaya Amerika Serikat memiliki kekayaan 20.000 kali masyarakat biasa. Di Singapura, rasionya 25.000 kali lebih kaya. Sementara di Indonesia, 500 orang terkaya 600.000 kali lebih kaya ketimbang rakyat biasa. Artinya kekayaan hanya terkonsentrasi pada sedikit orang. Kesenjangan sangat tinggi. Itulah fenomena demokrasi yang dimakan oligarki.

    Hal ini sebenarnya bisa dihindari jika kita kembali pada semangat demokrasi yang sesuai jati diri bangsa. Demokrasi Indonesia bukan semata soal kebebasan dan hak individu atau demokrasi politik. Demokrasi politik harus bersamaan dengan demokrasi ekonomi, yaitu persamaan hak dan kesempatan untuk hidup layak, sejahtera dan bahagia. Demokrasi kita adalah gabungan demokrasi ekonomi dan politik yaitu demokrasi sosial. Demokrasi kita adalah hidup dalam tolong-menolong, kata Bung Hatta. Nilai itu yang hilang.

    Ketika para politisi dan partai politik sudah korupsi dan tak bertanggung jawab, maka demokrasi mati dilahap oligarki. t Fadli Zon

    dEmokrasi dan oliGarki

    Foto

    mu

    Sta

    Fa R

    am

    li/Jawa

    Po

    S

    www.partaigerindra.or.id

  • karikatur :Segenap Pengurus DPD Gerindra Provinsi Maluku utara Mengucapkan Selamat HuT ke-4 Partai Gerindra

    Semoga Tetap eksis dalam Perjuangan

    H. SAmPEnA H. YuSuP LAgoti, SH

    (Ketua)mAnSuR

    SAngAdJi, SH (Sekretaris)

    Selamat HuT ke-4 Par-tai Gerindra

    DPD Komite War-tawan Reformasi Indonesia (KWRI) mengucapkan: Selamat HuT ke-4 kepada Partai Gerindra, teristimewa Kanda Prabowo.

    JoE FRitz, makassar

    Sulawesi Selatan

    Selamat ulang tahun semoga panjang umur, murah rezeki, sehat selalu dan sukses segala apa yang dicita-citakan. Amin.

    nuRHAYAti SitAC, Palembang, Sumatera Selatan

    Happy Birthday Panjang umur . Diberikan Kesehatan. Murah Rezeki . Sukses Slalu. Amin.

    RAtiH WuLAndARi, malang, Jawa timur

    Mekanisme Penggantian Pengurus

    Pak, saya mau tanya soal mekanisme penggantian ke-pemimpinan di tingkat DPC seperti apa? Apa melalui pemilihan atau asal tunjuk karena adanya SeSuATu antara si pengganti dengan oknum pengurus DPD. Terima kasih.

    HARi tRionoSurabaya, Jawa timur

    Pembinaan Sampai bawah

    Salam Indonesia Raya,Pembinaan tingkat pa-

    ling bawah PAC & Ranting sangat kurang. Apakah pem-binaan tersebut cukup hanya cuma di tingkat DPC. Kami PAC Plered & Ranting ber-harap pembinaan itu sampai ke bawah, jangan hanya di ruangan kantor/hotel saja. ing ngarso Sung tuladha, ing madya mangun Karso

    umum Batak Pos, yang dialamatkan ke Jalan Kramat Asem No. 4 B utan Kayu, Jakarta Timur. Namun, demikian, kantor Redaksi Harian & usaha Batak Pos saat ini berada di Medan, Sumatra utara, dengan alamat: Pemimpin Redaksi Harian umum Batak Pos, Jl. Kepribadian No. 12 Medan, Sumatra utara, 20111, Telp: (061) 4510710.

    Kami harapkan, agar pengiriman gema indonesia Raya dapat juga dialamatkan ke Pemimpin Redaksi di Medan, Sumatra utara.

    Demikian penjelasan kami dan atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

    Pemimpin Bidang usaha,St. tuRmAn PAndJAitAn

    Segera Lantik Pengurus yang Sah

    Salam Indonesia Raya...!!! Perkenalkan saya Nando.

    Saya sekarang aktif di Gardu Prabowo, tetapi yang ingin saya tanyakan, kapan pelan-tikan untuk DPC-DPC di Sumatera utara, khususnya untuk Kota Siantar.

    Soalnya, saat ini ada be-berapa kubu yang mengatas-namakan Ketua DPC Kota P.Siantar, dan mereka saling

    mengklaim sebagai pengu-rus DPC. Sehingga muncul keragu-raguan dimata kader-kader yang lainnya, termasuk para pengurus PAC dan ranting dibawahnya. Masya-rakat juga bingung untuk mengikuti kubu yang mana.

    Karena ketidakjelasan tersebut, tidak ada dan belum ada program-program yang dilakukan untuk membesarkan Partai Gerin-dra. Saya takut keinginan masyarakat yang besar untuk mendukung bapak Prabowo sebagai presiden akhirnya kandas, karena ketidakje-lasan kepengurusan di kota kami. Padahal ada banyak hal yang akan dilakukan untuk membesarkan partai ini, dan bukan saatnya untuk mengurusi yang lain. Sudah saatnya masyarakat me-rasakan tindakan yang nyata.

    Kalau bisa tolonglah segera dilantik mana sebe-narnya kepengurusan yang sah, agar kita bisa bersama memba