gbrp ilmu gizi dasar 2014

21
GBRP Dasar Dasar Gizi FKM Unhas 2014

Upload: ayho-e-lestharyi

Post on 06-Oct-2015

33 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

kesehatan

TRANSCRIPT

  • GBRP Dasar Dasar Gizi

    FKM Unhas2014

  • Dosen Penanggung Jawab:Prof. Veni Hadju, dr, MSc, PhD.Lahir di Gorontalo, 18 Maret, 1962Besar di Gorontalo dan pindah ke Makassar sejak diterima menjadi mahasiswa FK-Unhas, 1980.Menyelesaikan Dokter (dr,1987), di Unhas, Master (MSc,1991) dan Doktor (PhD,1996) di Cornell University, New York, USA.Punya 1 istri, 6 anak, 3 menantu, 2 cucuHobi: membaca, menulis, dan menelitiVisi: menjadi muslim terbaik dan masuk sorgaPekerjaan: Dosen FKM Unhas, dan Asisten Direktur Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Pascasarjana, Unhas.

  • My DREAMSStudy intervention of:Herbal Medicine on health and diseasesImproving maternal and child health status with local food resources.

    Publish articles and books in area of:Maternal and Child Health and NutritionFood, Nutrition, and Halal life styleIslamic Medicine

    Develop Islamic Health Care ServicesMemorize Al-Quran at 60 years old

  • Dosen Pengampuh MK

    No.NamaNo. HPAlamat email1.Prof. dr. Veni Hadju, MSc, [email protected]. Nurhaedar Jafar, MSc, Apt.081342768385

    3. Aminuddin Syam, SKM, Mkes0852316056504.Abdul Salam, SKM, [email protected] Arundhana,S.Gz,MPH085270094092

  • RENCANA PEMBELAJARAN

  • DASAR-DASAR GIZITUJUANMahasiswa mampu memiliki ketrampilan dalam mengenal kebutuhan gizi dan kelainan akibat kekurangan dan kelebihan gizi serta mengatur menu yang sesuai dengan pola Gizi Seimbang.MATERI POKOKSejarah dan perkembangan ilmu gizi; Gizi dan Kesehatan; Sistem pencernaan; Kebutuhan zat gizi; Kelainan akibat kekurangan dan kelebihan gizi; Halal dan haramnya makanan; Menyusun menu sederhana sesuai pola Gizi Seimbang.PRASYARATKimia DasarBiokimia

    PUSTAKAHadju V. Diktat Dasar-Dasar giziWilliams Essentials of Nutrition and Diet Therapy, 2007Bahan lainnya yang direkomendasi

  • Kompetensi yang akan dicapai :Kemampuan menyusun menu sederhana sesuai dengan Pola Gizi SeimbangKemampuan menjelaskan fungsi dan kebutuhan dasar zat gizi serta penyerapannya dalam tubuh. Kemampuan menyebutkan berbagai kelainan yang ditimbulkan oleh kekurangan dan kelebihan setiap zat giziKemampuan menjelaskan hubungan antara gizi, makanan, dan kesehatan serta kondisi yang ada di masy.

  • RENCANA PEMBELAJARAN MK. Dasar Dasar Gizi SEMESTER GANJIL TAHUN 2014FKM UNHAS

    MINGGUTanggalKEGIATAN PEMBELAJARANTOPIK PEMBAHASANBOBOT NILAI1Kuliah awalUraian rencana pembelajaran. 2345Kuliah dan diskusi Kuliah dan diskusiKuliah dan diskusiKuliah dan diskusiSejarah gizi, energi, sistem pencernaan, karbohidrat, protein, dan lemak10%67Presentasi dan diskusi tugas IMenampilkan kelainan gizi yang terkait dengan kekurangan dan kelebihan energi, protein, dan lemak.20%8REVIEWKeterkaitan gizi, makanan, dan kesehatan. 910 1112Kuliah dan diskusiKuliah dan diskusiKuliah dan diskusi Kuliah dan diskusi Vitamin, mineral, dan air serta Penyusunan menu berdasar pola Gizi Seimbang10% 1314Presentasi dan diskusi tugas 2Gizi seimbang untuk Individu dan kelompok masyarakat20% 15REVIEWReview dan evaluasi. penjelasan ujian (lingkup, kedalaman, dan bentuk ujian)16UJIANEvaluasi akhir (2 Bagian)40%

  • RENCANA PEMBELAJARAN MK. Dasar Dasar GiziSEMESTER GANJIL TAHUN 2014FKM UNHAS

    MINGGUTanggalKEGIATAN PEMBELAJARANTOPIK PEMBAHASANDosen1Kuliah awalUraian rencana pembelajaran. VH/ND 2345Kuliah dan diskusi Kuliah dan diskusiKuliah dan diskusiKuliah dan diskusiSejarah gizi; Gizi dan KesehatanEnergi, sistem pencernaan, Karbohidrat dan protein, LemakVHVHIMAMIMAM67Presentasi dan diskusi tugas IMenampilkan kelainan gizi yang terkait dengan kekurangan dan kelebihan gizi AS8REVIEW/QUIZ1Keterkaitan gizi, makanan, dan kesehatan serta Gizi MakroTIM 910 1112Kuliah dan diskusiKuliah dan diskusiKuliah dan diskusi Kuliah dan diskusi Vitamin larut dalam airVitamin larut dalam lemakMineral makro dan mikroMakanan Halal dan Gizi SeimbangAMAMIMAMVH/ND 1314Presentasi dan diskusi tugas 2Gizi seimbang untuk Individu dan kelompok masyarakatASND 15REVIEW/QUIZ2Gizi Mikro serta Pola Makan SeimbangTIM16UJIANEvaluasi akhirTIM

  • NORMA AKADEMIK :

    Kegiatan pembelajaran dimulai pukul WITA (sesuai jadwal), toleransi keterlambatan 15 menit.Selama proses pembelajaran berlangsung HP dimatikan.Pengumpulan tugas ditetapkan sesuai jadwal dan dilakukan sebelum pembelajaran dimulai. Bagi yang terlambat nilai hanya 75 %nya, dan bila terlambat 1 hari mendapat nilai hanya 50%nya, lebih dari satu hari mendapat nilai 0%.Tugas yang merupakan plagiat, atau pengkutipan tanpa aturan penulisan diminta mengulang semester berikutnya.Aturan jumlah minimal kehadiran dalam pembelajaran tetap diberlakukan, termasuk aturan cara berpakaian atau bersepatu. (tidak memakai pakaian ketat, sebisa mungkin memakai rok bagai yg berjenis kelamin perempuan atau celana kain yg tdk ketat)

  • Yang Belajar adalah .. MAHASISWA Yang ingin menjadi apa . MAHASISWA Yang Tahu cara belajarnya MAHASISWAAPA YANG ANDA HARAPKAN DARI MATAKULIAH INI?

  • AMBIL SEBUAH KERTAS DAN TULISAPA YANG SAUDARA BENCI DAN APA USULAN DAN HARAPAN SAUDARA TERHADAP PERKULIAHAN INI ?

  • DESKRIPSI TUGASTUGAS ITugas kelompok 3-5 mahasiswa.Melakukan analisis masalah yang sesuai dengan topik yang diberikan.Membuat Karya Tulis dan Power Point presentasi.Nilai 20%.TUGAS IITugas individu.Masing-masing membuat catatan konsumsi selama 3 hari.Membandingkan dengan Pola Makan Gizi SeimbangNilai 20%.

  • PRESENTASI TUGAS- Menggunakan LCD.Didiskusikan, dikoreksi, dikomentari kelemahan dan kelebihannya.- Langsung diperbaiki dikumpulkan satu minggu setelah penyajian. (melampirkan hasil diskusi kelompok)

  • Tugas IBuat karya ilmiah yang terkait dengan topik yang diberikan minimal sebanyak 5 halaman (di luar halaman depan dan Daftar Pustaka). Analisis masalah yang diberikan harus dilakukan dengan minimal menggunakan 10 reference, minimal 8 artikel jurnal, diantaranya dua jurnal internasional.Buat presentasi power point tidak lebih 15 slide. (semua kelompok harus memasukkan walaupun tidak semua presentasi)Kelompok diwakili satu presenter yang memiliki kemampuan berbicara yang baik. (nilai keseluruhan presentasi milik seluruh kelompok).Presentasi sekitar 10 menit ditambah diskusi 5 menit.

  • Topik untuk tugas IKekurangan energi dan protein (Gizi buruk pada Balita)Kekurangan energi dan protein (Malnutrisi dan produktifitas)Kekurangan energi dan protein (Malnutrisi dan kecerdasan)Kelebihan energi (Obesitas pada anak dan remaja)Kelebihan energi (Obesitas dan Hipertensi)Gangguan pertumbuhan bayi (Stunting dan akibatnya)Kurang Energi Kronik (KEK pada remaja putri)Gangguan metabolisme KH dan lemak (Diabetes Mellitus tipe 2)Gangguan keseimbangan air (Dehidrasi dan Diare)Gizi Seimbang (Makanan yang baik dan halal)

  • TUGAS II :

    Membuat analisis kecukupan gizi individu. Bentuk tugas ini adalah membuat FOOD RECORD pribadi selama 3 hari untuk dianalisis kecukupan gizinya. Tugas ini akan mengukur status gizi termasuk antropometri dan konsumsi makanan. Pola makan dan kebiasaan atau gaya hidup lainnya akan dianalisis dan dibandingkan dengan apa yang seharusnya dilakukan. Penilaian tugas ini didasarkan pada kelengkapan hasil pengukuran dan ketajaman analisis yang ditunjukkan dengan banyaknya sumber bacaan/ kutipan yang digunakan untuk mengkaji hasil pengukuran tersebut, dan kerapian sajian.

  • UJIAN Final ( 2 bagian)Bagian pertama Pilih 20 soal yang paling dikuasai dan jawab sebaik mungkin. Jawaban soal dikumpul saat hari ujianBagian kedua Kerjakan Kasus yang diberikan sejak awal kuliah

  • SEBELUM PEKERJAAN UJIAN DIKUMPULKAN, MAHASISWA DIMINTA MENULISKAN SENDIRI NILAINYA YANG SESUAI DENGAN USAHANYA

  • Ketua kelas C : Ruansyah : 085397052211Ketua kelas D : Muhammad Iqbal : 085340633107

    *