fungsi excel 2003

17
1 Microsoft Excel 2003 Aplikasi ini digunakan untuk melakukan perhitungan yang lebih rumit dibanding dengan perhitungan melalui Microsoft Word. Oleh karena itu, dalam lembar kerja Excel berbeda dengan lembar kerja di Word. Lembar kerja di Excel berupa tabel yang memberikan kita kemudahan dalam melakukan perhitungan. Lembar kerja Microsoft Excel 2003. Secara garis besar, menu dan toolbar Excel dan Word mempunyai kesamaan. Sebelum kita belajar lebih lanjut, kita harus mengetahui apa yang dinamakan baris, kolom, dan sel. Baris (Row) dalam Excel adalah bagian horizontal yang terdapat pada work area, disimbolkan dengan angka (1,2,3,4, dst) Kolom (Column) adalah bagian vertikal yang disimbolkan dengan huruf (A,B,C,D, dan seterusnya). Sel (Cell) adalah perpaduan dari kolom dan baris disimbolkan dengan (A1, B1, C2, dst) Range adalah sortiran dari sel satu dengan yang lain. Contoh (A1-A5) artinya sel A1 sampai A5. Contoh: Judul Menu Bar Toolbar Formula Bar Gettting Started Pane Worksheet Work Area Task Pane

Upload: charles

Post on 21-Jun-2015

583 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Fungsi Excel 2003

1

Microsoft Excel 2003

Aplikasi ini digunakan untuk melakukan perhitungan yang lebih rumit dibanding dengan perhitunganmelalui Microsoft Word. Oleh karena itu, dalam lembar kerja Excel berbeda dengan lembar kerja diWord. Lembar kerja di Excel berupa tabel yang memberikan kita kemudahan dalam melakukanperhitungan.

Lembar kerja Microsoft Excel 2003.Secara garis besar, menu dan toolbar Excel dan Word mempunyai kesamaan.

Sebelum kita belajar lebih lanjut, kita harus mengetahui apa yang dinamakan baris, kolom, dan sel.Baris (Row) dalam Excel adalah bagian horizontal yang terdapat pada work area, disimbolkan denganangka (1,2,3,4, dst)Kolom (Column) adalah bagian vertikal yang disimbolkan dengan huruf (A,B,C,D, dan seterusnya).Sel (Cell) adalah perpaduan dari kolom dan baris disimbolkan dengan (A1, B1, C2, dst)Range adalah sortiran dari sel satu dengan yang lain. Contoh (A1-A5) artinya sel A1 sampai A5.Contoh:

Judul Menu Bar Toolbar Formula Bar Gettting Started Pane

Worksheet Work Area Task Pane

Page 2: Fungsi Excel 2003

2

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama Excel adalah untuk melakukan perhitunganmatematis. Untuk melakukan perhitungan diperlukan beberapa operator hitung. Adapun operatorhitungnya adalah:

Operator Kegunaan+ Digunakan untuk penjumlahan- Digunakan untuk pengurangan* Digunakan untuk perkalian/ Digunakan untuk pembagian^ Digunakan untuk perpangkatan

Untuk melakukan perhitungan tersebut, rumusnya harus dimasukkan kedalam formula bar. Sebelummelakukan perhitungan dalam formula bar harus diberikan tanda ‘sama dengan’ (=)Contoh :200 * 200 = ?

Atau bisa dihitung dengan cara menambahkan antar sel.Contoh:

Demikian juga dengan rumus operator yang lain (mencari rata-rata, mencari nilai terbesar, terkecil, danlain sebagainya).

Rumus-rumus yang dimaksud adalah:

SUM : untuk menambahkan antar selAVERAGE : untuk mencari nilai rata-rataMIN : untuk mencari nilai terendahMAX : untuk mencari nilai tertinggi

SelKolom (Column)

Bar

us

(Row

)

Masukkan rumusnyadisini

Hasilnya

Masukkanrumusnya disini

Hasilnya

Page 3: Fungsi Excel 2003

3

Contoh:Kita ingin menghitung penjumlahan dari angka-angka dibawah ini.

Maka kita akan memasukkan rumus =sum(b1:b5) karena yang kita hitung berada di range b1-b5.Begitu pula halnya apabila kita ingin mencari rata-rata, nilai terendah dan nilai tertinggi.

Catatan:Masukkan tanda titik dua ( : ) untuk memberikan tanda sampai dengan.

Mengkopi Rumus

Pada Microsoft Excel ada trik untuk mengkopi rumus agar kita tidak menuliskannya berulang-ulanghanya untuk mengisi satu rumus yang sama.

Contoh:

Kita ingin mengkopi rumus sampai kebawah (C4). Maka kita dekatkan kursor mouse kita sampai keujung sel (yang berwarna hitam) sampai kursor berubah menjadi tanda plus ( + ). Lalu tarik sesuaidengan area yang ingin kita kopi rumusnya.

Maka hasilnya

Dalam pengkopian rumus kita harus memperhatikan apayang dinamakan relatif dan sel mutlak.Perbedaanya adalah sel relatif apabila dikopi menjadi targetkopian.Contoh:Kopi rumus C2 (A2 – B2) ke C3 dan C4. Rumus akan turunsejalan dengan dimana kita mengkopi rumusnya. Rumus C3menjadi (A3 – B3) serta C4 menjadi (A4 – B4).

Sel mutlak berarti sel itu berhenti ditempat apabila dikopirumusnya.Contoh:Kopi rumus C2 (A2 – B2) ke C3 dan C4. Apabila sel A2dan B2 sifatnya mutlak maka rumus C3 dan C4 tetapmengikuti rumus dari C2 yaitu A2 – B2.

Sel menjadi mutlak apabila diberikan tanda ( $ ) diantaraselnya. Contoh: $A$2, $B$2, dan seterusnya. Bisa jugamenekan F4 didalam sel yang ingin dimutlakkan.

Page 4: Fungsi Excel 2003

4

FilterFungsinya untuk memilah data.Cara:Blok data yang akan di-filterDataFilterAuto Filter

Akan muncul drop-down box ditiap kolom.Pilih data yang akan dipilah.

Page 5: Fungsi Excel 2003

5

SortFungsinya adalah untuk mengurutkan data.Cara:Blok data yang akan di-urutkanDataSort

Diurutkan berdasarkan kolom apa?

AscendingDiurutkan dari A-Z

DescendingDiurutkan dari Z-A

Page 6: Fungsi Excel 2003

6

Hide/UnhideMenyembunyikan kolom/baris pada ExcelCara:Blok kolom/baris yang akan di-sembunyikan

UnhideBlok antara kolom sebelum dan sesudah kolom yang disembunyikan

Page 7: Fungsi Excel 2003

7

Freeze PanesMembuat satu kolom/baris tetap di tempat sementara kolom/baris yang lain bisa di-scroll.Cara:Blok baris satu tingkat dibawah baris yang akan di-freezeWindowFreeze Panes

Format Cells Blok Cells yang akan diformat Klik kanan Pilih format cellsatau...Klik Format Cells

Page 8: Fungsi Excel 2003

8

Number :General : tidak melakukan perubahan pada format angkaNumber : memasukkan titik per seribu dan memberikan angka dibelakang komaCurrency : mengatur kode mata uang pada angka, beserta format untuk angka negatifAccounting : mengatur kode mata uang pada angkaDate : mengatur format tanggalTime : mengatur format waktu (jam)Percentage : mengatur format prosentase

Alignment:

Secara umum mengatur format peletakan kata/kalimat dalam satu kolom.

Mengaturposisi teks

Menggabungkan 2/lebihkolom/baris menjadi satu

Mengatur posisikolom

Page 9: Fungsi Excel 2003

9

Font:

Mengatur jenis dan ukuran serta format teks.

Page 10: Fungsi Excel 2003

10

Border

Memberikan garis batas pada kolom

Patterns

Memberikan shading pada kolom

Page 11: Fungsi Excel 2003

11

Protection

Memberikan proteksi pada kolom, tapi ini kurang efektif apabila tidak dibarengi dengan memberikanpassword pada dokumen

Page 12: Fungsi Excel 2003

Microsoft Excel 2003Microsoft Excel 2003

Fungsi Logika “If”Fungsi Logika “If”

Fungsi Pembacaan Tabel “Lookup”Fungsi Pembacaan Tabel “Lookup”

Page 13: Fungsi Excel 2003

Fungsi Logika “If”Fungsi Logika “If”

►►RumusRumus

=If(=If(logical_testlogical_test,,value_if_truevalue_if_true,,value_if_wrongvalue_if_wrong))

►► Logical Test Logical Test berisi suatu perhitungan tertentu berisi suatu perhitungan tertentu dengan menentukan suatu sel acuan.Sebagai dengan menentukan suatu sel acuan.Sebagai dengan menentukan suatu sel acuan.Sebagai dengan menentukan suatu sel acuan.Sebagai catatan, apabila nilai dari suatu sel sifatnya catatan, apabila nilai dari suatu sel sifatnya karakter maka harus ditambahkan tanda petik karakter maka harus ditambahkan tanda petik (“”).(“”).

►►Value if True Value if True berisi nilai benar dari berisi nilai benar dari logical test.logical test.

►►Value if wrong Value if wrong berisi nilai salah dari berisi nilai salah dari logical testlogical test..

Page 14: Fungsi Excel 2003

Contoh Fungsi “If”Contoh Fungsi “If”

Jika C3 = 1 maka julukannya adalah “Superior”, jika C3 = 2 maka julukannya

adalah “Sangar”, jika bukan keduanya maka julukannya adalah “Top”.

Page 15: Fungsi Excel 2003

Fungsi Pembacaan Tabel “Lookup”Fungsi Pembacaan Tabel “Lookup”

►► Fungsi ini membutuhkan tabel tambahan selain Fungsi ini membutuhkan tabel tambahan selain tabel utama yang ada (biasa disebut tabel tabel utama yang ada (biasa disebut tabel referensi) yang digunakan dalam penentuan hasil referensi) yang digunakan dalam penentuan hasil dari fungsi tersebut.dari fungsi tersebut.

►►Disini fungsi pembacaan tabel dibedakan menjadi Disini fungsi pembacaan tabel dibedakan menjadi 2 fungsi: VLOOKUP dan HLOOKUP.2 fungsi: VLOOKUP dan HLOOKUP.

►►VLOOKUP digunakan untuk pembacaan tabel VLOOKUP digunakan untuk pembacaan tabel secara vertikal sementara HLOOKUP digunakan secara vertikal sementara HLOOKUP digunakan untuk pembacaan tabel secara horizontal.untuk pembacaan tabel secara horizontal.

Page 16: Fungsi Excel 2003

Contoh tabel vertikal dan horizontalContoh tabel vertikal dan horizontal

Page 17: Fungsi Excel 2003

Contoh Fungsi LookupContoh Fungsi Lookup

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)