flora fauna langka

Download Flora Fauna Langka

Post on 19-Dec-2015

11 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

IPA

TRANSCRIPT

JENIS TUMBUHAN ASLI INDONESIA YANG HAMPIR PUNAH

1. Menteng (Baccaurea racemosa)

Rasanya asam-asam manis. Daging buahnya sangat sedikit karena bijinya besar. Buah ini banyakterdapat di Bogor dan sekitarnya. Di Jawa Tengah, menteng disebut dengan mundung.Menteng, kepundung, atau (ke)mundung adalah pohon penghasil buah dengannama sama yang dapat dimakan. Sekilas buah menteng mirip dengan buahduku namun tajuk pohonnya berbeda. Rasa buahnya biasanya masam (kecut)meskipun ada pula yang manis.Menteng dulu biasa ditanam di pekarangan namun sekarang sudah sulitditemui akibat desakan penduduk dan penanaman tanaman buah lain yanglebih disukai. Tumbuhan ini asli dari Pulau Jawa. Di sekitar Jakartadan Bogor kadang-kadang masih ditemukan penjual buah menteng.

2. Kemang (Mangifera caesia)

Buah kemang sejenis mangga, apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Buah ini mengeluarkanaroma seperti terpentin. Daging buah berwarna kuning,mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis. Buah yang masakdapat dimakan segar, sedang buah yang hampir masak biasanya dimakanuntuk campuran rujak. Daunnya yang masih muda dapat digunakan untuklalap. Kemang menyebar secara alami di Sumatra, Kalimantan danSemenanjung Malaya; dan banyak dibudidayakan di Jawa bagian barat,terutama dekat Bogor. Tumbuhan ini terutama menyebar di dataran rendahdi bawah 400 m, jarang hingga 800 m dpl. Jenis ini tahan terhadappenggenangan, dan seringkali didapati dekat tepi sungai.Di sebagian wilayah sumatera selatan ada mitos yg meyebutkan jikasetumpuk buah durian digabungkan dengan 1 buah kemang dalam 1 malamseluruh buah durian akan merekah terbuka matang, juga mitos orang akanlangsung mokad apabila kepalanya tertimpa buah ini

3. Gandaria (Bouea macrophylla Griffith)

Adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia.Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand.Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda,dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria.Buahgandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manisdan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan.4. Kecapi (Sandoricum koetjape)

Kecapi, sentul atau ketuat adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnyaKecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya.Berabad-abad yang silam, tumbuhan ini dibawa dan dimasukkan ke India,Indonesia (Borneo, Maluku), Mauritius, dan Filipina, di mana tanamanbuah ini kemudian menjadi populer, ditanam secara luas dan mengalaminaturalisasi.Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manisatau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalamkeadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade.Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnyadigunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untukpengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dandiare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.Kecapi ada dua macam, yakni dengan daun tua sebelum gugur berwarnakuning dan yang berwarna merah. Dahulu, kedua varietas ini dianggapsebagai spesies yang berbeda5. Jambu Mawar (Eugenia jambos)

Jambu mawar alias jambu kraton adalah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceaeyang berasal dari Asia Tenggara, Dinamai demikian karena buah jambu ini memiliki aroma wangi yang keras seperti mawar.Buah berbentuk hampir bulat, agak lonjong atau melebar pada dasarnya.Garis tengahnya 4 - 5 cm. Bila sudah masak warnanya kuningpucat atau kehijau-hijauan, dengan kulit licin dan agak keras.Warna bijinya coklat. Buah yang sudah masak bisa dimakan segar ataudimasak dulu dicampur dengan buah lainnya serta gula untuk dibuat selaiatau jeli.

6. Lobi-lobi (Flacourtia inermis)

Buah lobi-lobi berukuran kecil, bentuknya agak bundar. Yang sudah masakwarnanya merah tua, rasanya asam atau manis, kadang-kadangkelat dengan biji banyak. Buah yang sudah masak digunakan untuk bahanpembuat rujak, sirup, sele, buah kalengan, asinan dan manisan.

7. Rukem (Flacourtia rukem)

Buah berbentuk bulat, daging buahnya tebal dan mengandung cairan.Buah yang masak berwarna merah kehitaman. Rasanya asam-asam manis,danberbiji banyak. Dapat dimakan dalam keadaan segar, dan dapatpula dibuat rujak. Bisa juga dibuat manisan dan asinan. Buah yang masihmuda dapat digunkan sebagai obat, dan daun mudanya bisa untuklalap.8.Sawo Durian (Chrysophyllum cainito)

Buah sawo durian hijau yang telah tua kulitnya hijau keputihan dan jikamasih muda warnanya hijau muda. Sedang daging buahnya lunak danberwarna putih susu bila telah masak.Sawo durian merah mula-mula berwarna hijau, lalu berubah kemerahan danlantas menjadi keunguan di saat mencapai kematangannya. Dagingbuah berwarna putih susu seperti sawo durian hijau. Hanya saja di bagian tepinya, bila dibelah, akan tampak warna keunguan.

9. Sawo Kecik (Manilkara kauki)

Buah berbentuk bulat telur berukuran kecil. Buah yang masak enakdimakan, rasanya manis, kadang-kadang sedikit sepet. Kulitnya sangattipis, dan mudah mengelupas. Buahnya selain dapat dimakan, kayunya yangkeras dan kuat sangat baik untuk dibuat patung, perabot rumahtangga, alat-alat pertukangan, tiang penyangga rumah, dan sebagainya.10. Jambu Bol (Syzygium malaccense)

Buah jambu bol biasa disajikan sebagai buah meja.Jambu bol, bersama dengan jambu air dan jambu semarang atau jambu cincalo memiliki pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan dapat saling menggantikan.Buah-buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu bahan rujak.Aneka jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan. Karena rasa dan aromanya,jambu bol pada umumnya lebih disukai orang dan karena itu harganya jugaumumnya lebih tinggi daripada jambu air atau jambu semarang.Kulit batangnya digunakan sebagai obat sariawan. Sedangkan kayunya yangkeras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidakkena tanah.

11. Jamblang (Syzygium cumini)

Buah jamblang biasa dimakan segar. Di India dan Filipina, seperti jugakebiasaan di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang yang masakdicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, laludikocok di dalam wadah tertutup (biasanya dua mangkuk ditangkupkan)sehingga lunak dan berkurang sepatnya. Buah yang kaya vitamin A dan Cini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur.Indonesia merupakan negara dengan tingkat kekayaan plasma nutfah anggrek terbesar kedua setelah Brasil. Dari sekitar 26.000 spesies anggrek di seluruh dunia, sekitar 5.000 hingga 6.000 jenis diantaranya terdapat di Indonesia. Dan tidak sedikit diantaran macam spesies anggrek itu yang merpakan jenis-jenis anggrek endemik Indonesia.

Anggrek kebutan (Ascocentrum miniatum) yang dilindungi di Indonesia

Bahkan hingga kini, jumlah spesies anggrek di Indonesia semakin bertambah dengan terus ditemukannya spesies-spesies baru. Awal 2010 silam, LIPI menemukan beberapa jenis spesies anggrek baru di Kalimantan. Spesies itu antara lain Dendrobium kelamense D.Metusala, P.O Byrne dan J.J.Wood. sebagaimana telah dipublikasikan di jurnal internasional Malesian Orchid Journal edisi Maret 2010.

Namun kekayaan plasma nutfah anggrek di Indonesia semakin hari semakin terancam. Banyak spesies anggrek yang semakin langka bahkan disinyalir punah di Indonesia. Semakin langkanya, bahkan musnah beberapa jenis anggrek diakibatkan oleh malaknya pembalakan liar, kebakaran hutan dan aksi perburuan oleh para penggemar anggrek yang tidak memperhatikan aspek pelestarian di alam aslinya.

13.Anggrek Hitam Liar MakinKelam

Gambar Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)

Anggrek hitam adalah salah satu spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia karena terancam kepunahan di habitat aslinya. Anggrek hitam yang dalam bahasa latin disebut Coelogyne pandurata merupakan flora identitas (maskot) propinsi Kalimantan Timur. Populasi anggrek hitam (Coelogyne pandurata) di habitat asli (liar) semakin langka dan mengalami penurunan yang cukup drastis karena menyusutnya luas hutan dan perburuan untuk dijual kepada para kolektor anggrek.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata), sebagaimana namanya, mempunyai ciri khas pada bunganya yang memiliki lidah (labellum) berwarna hitam. Anggrek langka ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Black Orchid. Sedangkan di Kalimantan Timur, Anggrek Hitam yang langka ini mempunyai nama lokal Kersik Luai.

Meskipun Anggrek hitam identik dengan Kalimantan tetapi jenis anggrek ini selain di hutan liar Kalimantan juga tumbuh liar di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Mindanao, Pulau Luzon dan Pulau Samar Filipina.

Ciri-ciri Angrrek Hitam. Jenis anggrek ini dinamakan Anggrek hitam lantaran memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Jumlah bunga dalam tiap tandan antara 1 hingga 14 kuntum atau lebih. Garis tengah tiap bunga sekitar 10 cm. Daun Kelopak berbentuk lanset, melancip, berwama hijau muda, panjang 5 6 cm, lebar 2 -3 cm. Daun mahkota berbentuk lanset melancip berwarna hijau muda bibir menyerupai biola, tengah-tengahnya terdapat 1 alur, pinggirnya mengeriting, berwama hitam kelam atau coklat tua.

Daun Anggrek hitam berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang berkisar antara 40 50 cm dan lebar antara 2 -10 cm. Sedangkan buah Anggrek hitam berbentuk jorong dengan panjang sekitar 7 cm dan lebar antara 2 3 cm. Dari keseluruhan bunga tidak banyak yang menjadi buah.

Ciri khas anggrek hitam lainnya yang membedakan dengan jenis anggrek lainnya adalah mengeluarkan bau semerbak. Biasanya tanaman itu mekar pada Maret sampai Juni. A