festival kuliner serpong 2016

10
FESTIVAL KULINER SERPONG 2016 Kembali hadir festival kuliner Sepong 2016 di Summarecon Mall Serpong. Festival kuliner ini kembali untuk yang ke 6 kalinya bagi pencinta kuliner nusantara. Terlihat dari tema FKS 2016 yang berjudul “ Wuenak E Puolll” disini kita dapat menemukan aneka ragam makanan yang mayoritas makanan khas Jawa Timur. Berlokasi di area parker selatan Mall Summarecon Serpong, FKS 2016 menempatkan area yang sangat luas dan jumlah makanan yang mengikuti festival sangat beragam mulai dari kerak telur betawi, pecel pincok ibu Ida, ote-ote Porong, Bakmi Ahau 38,Tahu petis Yudhistira, Nasi krawu bogana( May-may), Ronde jahe gardu jati bandung, Gudeng Jogja Bu Laminten, Nasi udang empal sambel Bu Rudi Surabaya, Tahu tek telur Surabaya, Depot nasi campur dan rawon tambak bayan, Sop duren, Serabi notosuman Solo, dan lain – lain. Nah, dipostingan ini aku akan menjelaskan beberapa makanan yang berada difestival kuliner serpong 2016. ( http://myfunfoodiary.com/2016/08/new-festival-kuliner- serpong-2016-seru-di- summarecon-mall-serpong/ #sthash.Q8XgZ44G.dpbs ) 1. Ronde jahe Gardujati 1

Upload: mirta-kartika

Post on 13-Jan-2017

122 views

Category:

Food


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: Festival Kuliner Serpong 2016

FESTIVAL KULINER SERPONG 2016

Kembali hadir festival kuliner Sepong 2016 di Summarecon Mall Serpong. Festival kuliner ini kembali untuk yang ke 6 kalinya bagi pencinta kuliner nusantara. Terlihat dari tema FKS 2016 yang berjudul “ Wuenak E Puolll” disini kita dapat menemukan aneka ragam makanan yang mayoritas makanan khas Jawa Timur. Berlokasi di area parker selatan Mall Summarecon Serpong, FKS 2016 menempatkan area yang sangat luas dan jumlah makanan yang mengikuti festival sangat beragam mulai dari kerak telur betawi, pecel pincok ibu Ida, ote-ote Porong, Bakmi Ahau 38,Tahu petis Yudhistira, Nasi krawu bogana( May-may), Ronde jahe gardu jati bandung, Gudeng Jogja Bu Laminten, Nasi udang empal sambel Bu Rudi Surabaya, Tahu tek telur Surabaya, Depot nasi campur dan rawon tambak bayan, Sop duren, Serabi notosuman Solo, dan lain – lain.

Nah, dipostingan ini aku akan menjelaskan beberapa makanan yang berada difestival kuliner serpong 2016.

( http://myfunfoodiary.com/2016/08/new-festival-kuliner-serpong-2016-seru-di-summarecon-mall-serpong/#sthash.Q8XgZ44G.dpbs )

1. Ronde jahe Gardujati

Ronde Jahe Gardujati ini terkenal sejak 1986 yang berloaksi disisi kiri jalan Gardujati Bandung, tepatnya diseberang Pyung Tailor dan hanya berupa gerobak , ronde jahe ini sudah sering muncul di festival makanan di Jakarta dan Bandung. Yang membuat ronde ini begitu berbeda dengan kebanyakan ronde jahe di Jakarta. Ronde jahe yang ditawarkan disini ternyata bukan hanya ronde berisi kacang, namun ada juga Ronde

1

Page 2: Festival Kuliner Serpong 2016

Durian, Ronde Soya dan Kembang Tahu. Untuk menikmati 1 porsi ronde jahe ini cukup dengan Rp.13.000-Rp.15.000.(http://eatinguntildiee.blogspot.co.id/2013/12/ronde-jahe-gardujati-semangkuk.html)

2. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman sudah berdiri sejak 1923 dan sudah menjadi oleh oleh khas solo yang berlokasi di Jl. Mr Muhammad Yamin No. 28, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152

Serabi merupakan pancake yang adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Teksturnya kenyal namun tetap lembut, dan rasanya sangat legit. Berbeda dengan kue serabi atau surabi di daerah lain, serabi khas Solo atau serabi Notosuman dihidangkan tanpa kuah manis.Bentuk serabi yang tipis dan lembut didukung dengan rasa santannya terasa kuat dimulut.Sembari membeli, Pembeli dapat melihat proses pembuatan serabi, karena pembuatan serabi Notosuman ada di depan sehingga para pembeli dapat melihat proses pembuatannya secara langsung. Ada 2 varian rasa kue serabi yang lezat yaitu kue serabi coklat dan polos.

( http://www.jalansolo.com/kuliner/serabi-notosuman-solo )

2

Page 3: Festival Kuliner Serpong 2016

3. Tahu Telor Pak Jayen

Tahu telur ini adalah salah satu kuliner yang sangat terkenal di Surabaya. Pak Jayen tidak menggunakan tahu tek sebagai brand tetapi tahu telur. Tahu telor Pak Jayen memiliki bumbu andalan yaitu bumbu petisi. Bumbu petisi terdiri dari bawang putih dan bumbu lain yang dikemas dalam ember – ember besar sehingga tahu telor Pak Jayen memiliki rasa yang sangat khas dan terkenal di Surabaya.

( http://gregetin.com/spesial-kuliner-surabaya-tahu-tek/ )

4. Gudeg Jogja Ibu Laminten

Gudeg Laminten telah berdiri sejak tahun 1983, oleh Ibu Laminten, asli asal Yogyakarta.

3

Page 4: Festival Kuliner Serpong 2016

Gudeg Laminten memiliki berbagai macam menu gudeg yang dapat dipesan dari gudeg komplit, gudeg ayam, gudeg telur. Gudeg Laminten juga menyediakan menu Ayam Goreng Kremes dan Ayam Panggang Klaten, rasa dari Gudeg Laminten benar-benar gurih dan enak, mereka sangat menyesuaikan dengan rasa dilidah sehingga ketika memakan Gudek Laminten rasanya menjadi pas dan enak.

( http://gudeglaminten.com/tentang-kami )

5. Sego resek

Sego resek merupakan kuliner khas malang, Di kalangan warga Malang, nasi goreng

resek lebih dikenal dengan nama Sego Goreng Resek. Sego Goreng Resek dinamakan

demikian karena memang komposisinya beraneka ragam dan banyak jumlahnya,

sehingga mirip seperti sampah.

rasa dari Sego Goreng Resek itu sendiri terbilang unik karena proses memasaknya

menggunakan kompor arang kayu. Aroma dari arang inilah yang memberikan cita

rasa khas pada Sego Goreng Resek yang telah berdiri sejak tahun 1959 .

Cukup dengan merogoh kocek Rp. 8000 - Rp. 11.000 kalian sudah bisa menikmati

Nasi Goreng Resek kuliner khas malang.

kalau kalian penasaran dengan Sego Goreng Resek, silahkan datang ke Kasin,

tepatnya di Jalan Brigjen Katamso.

( http://halomalang.com/peta-malang/detail/sego-goreng-resek )

4

Page 5: Festival Kuliner Serpong 2016

6. Kerak telor

kerak telor merupakan makanan khas jakarta (betawi) yang terbuat dari bahan dasar

beras ketan putih,telur ayam,ebi dan bawang merah goreng yang nantinya di beri

bumbu – bumbu lainnyan seperti cabai merah,kencur,garam,gula dan kelapa sangrai.

harga kerak telor berkisar kerak telor ayam seharga Rp 20.000 dan telor bebek

seharga Rp 25.000.

Kerak telor kerap hadir pada acara festival makanan yang berkhas betawi, namun kini

keberadaan kerak telor semakin jarang ditemui, namun masih bisa ditemui di

beberapa lokasi seperti kota tua jakarta,pekan raya jakarta (PRJ),kerak telor menteng.

( http://www.indonesiakaya.com/kanal/foto-detail/gurih-dan-legitnya-kerak-telor )

5

Page 6: Festival Kuliner Serpong 2016

7. Ote - Ote Porong Surabaya

Ote-ote adalah sejenis gorengan yang biasanya disebut juga dengan nama bakwan goreng atau bala-bala dan porong adalah tiram dan rumput laut yang terdapat pada isi ote – ote. Ukuran dari ote-ote ini pun berbeda.

Sejarah dari ote – ote porong mengisahkan kalau nenek moyang Koko Wei yang merupakan pemilik dari Porong Wei datang dari Fuzhou, China ke Indonesia, lalu menetap di Jawa Timur tepatnya di Porong. Mereka memanfaatkan sumber daya alam kelautan di daerah tempat tinggal mereka untuk membuka usaha dengan resep dari Fuzhou. Ote – ote porong paling enak dicocol saus sambal ataupun dimakan dengan cabe rawit. Harga dari Ote-Ote Porong Wei ini murah dan sangat terjangakau yaitu kisaran Rp 10.000.

( http://travel.kompas.com/read/2012/09/14/08323775/Ote-ote.Porong.yang.Menggiurkan )

6

Page 7: Festival Kuliner Serpong 2016

8. Nasi Krawu (Bogana May-May)

Nasi Krawu  adalah salah satu makanan khas Jawa Timur tepatnya dari Kota Gresik. Nasi Krawu ini disajikan dengan dua macam kelapa sangrai, dilengkapi dengan sambal terasi dan daging sapi yang telah dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu khas nasi krawu.

( http://www.malserpong.com/media/media-news/makan-khas-jawa-timur-di-festival-kuliner-serpong-?page=2 )

7

Page 8: Festival Kuliner Serpong 2016

9. Tahu Petis Yudhistira

Tahu Petis adalah jajanan khas kota semarang yang berupa tahu pong goreng dengan bumbu petis didalamnya dan disajikan dengan cabe rawit. Tahu Petis Yudhistira menyajikan tahu pong yang segar dan renyah dipadu dengan bumbu petis berbahan dasar udang yang diracik dengan bumbu special sehingga menghasilkan petis udang siap saji beraroma harum.

( http://www.tahupetis.com/ )

8