febriyanno suryana , s.kom , mm surya_gsc04@yahoo 0819 7753 7981

38
Febriyanno Suryana, S.Kom, MM [email protected] 0819 7753 7981 www.suryagsc.wordpress.com MEETING 2

Upload: kail

Post on 21-Jan-2016

81 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

MEETING 2. SISTEM BASIS DATA. Febriyanno Suryana , S.Kom , MM [email protected] 0819 7753 7981 FEKON - 2011. www.suryagsc.wordpress.com. 2. Konsep Sistem Basis Data. SISTEM. - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

Febriyanno Suryana,

S.Kom, [email protected]

0819 7753 7981 FEKON - 2011

www.suryagsc.wordpress.com

MEETING 2

Konsep Sistem Basis Konsep Sistem Basis DataData

SISTEMSISTEMSebuah tatanan (keterpaduan) yang Sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satuan fungsional (dengan satuan fungsi/tugas tertentu) yang saling fungsi/tugas tertentu) yang saling berhubungan dan secara bersama-berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses / pekerjaan tertentu.suatu proses / pekerjaan tertentu.

2

SISTEM BASIS SISTEM BASIS DATADATA

Perpaduan antara basis data dan Perpaduan antara basis data dan DBMS, terdiri dari komponen – DBMS, terdiri dari komponen – komponen sbb :komponen sbb :

Komponen Sistem Basis Komponen Sistem Basis Data Data

Hardware

Database

DBMS

User

Optional Software

Biasanya berupa perangkat komputer standar, media penyimpan sekunder dan media komunikasi untuk sistem jaringan.

Yakni merupakan perangkat lunak yang memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer. Harus sesuai dengan DBMS yang digunakan.

Yakni basis data yang mewakili sistem tertentu untuk dikelola. Sebuah sistem basis data bisa terdiri dari lebih dari satu basis data.

(Database Management System). Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data. Contoh kelas sederhana: dBase, Foxbase, Rbase, MS. Access, MS. Foxpro, Borland Paradox. Contoh kelas kompleks: Borland-Interbase, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.

Orang-orang yang berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari yang merancang sampai yang menggunakan di tingkat akhir.

Perangkat lunak pelengkap yang mendukung. Bersifat opsional.3

Operating System

KOMPONEN SISTEM BASIS DATA

Secara konsep yang terjadi pada DBMS adalah sebagai berikut :1.User melakukan pengaksesan basis data untuk informasi yang diperlukannya menggunakan suatu bahasa manipulasi data, biasanya disebut SQL.2.DBMS menerima request dari user & menganalisa request tersebut3.DBMS memeriksa skema eksternal user, pemetaan eksternal/konseptual, skema konseptual, pemetaan konseptual/internal, & struktur penyimpanan.4.DBMS mengeksekusi operasi-operasi yang diperlukan untuk memnuhi permintaan user.

4

Abstaksi Abstaksi DataData

Abstraksi DataAbstraksi Data

Abstraksi data merupakan tingkatan/level Abstraksi data merupakan tingkatan/level dalam melihat data dalam sebuah sistem dalam melihat data dalam sebuah sistem basis data.basis data.

Ada 3 level abstraksi data :Ada 3 level abstraksi data :- Level Fisik (Physical Level) –Internal Level Fisik (Physical Level) –Internal

LevelLevel- Level Logik/Konseptual (Conceptual Level Logik/Konseptual (Conceptual

Level)Level)- Level Penampakan (View Level) –Level Penampakan (View Level) –

External LevelExternal Level6

7

Abstraksi DataAbstraksi Data

1. LEVEL FISIK/INTERNAL1. LEVEL FISIK/INTERNAL

Level fisik merupakan level paling rendah yang menggambarkan bagaimana sesungguhnya suatu data disimpan.

Pada level ini representasi dari organisasi data disimpan sebagai teks, angka, atau himpunan bit data. Mengetahui bahwa data disimpan dalam beberapa file/tabel, seperti file pegawai, file keluarga,dllContoh : Data mahasiswa terdapat atribut nama yang disimpan dalam disk sepanjang 20 byte

8

2. LEVEL KONSEPTUAL/LOGIKA2. LEVEL KONSEPTUAL/LOGIKA

Memperhatikan data apa sebenarnya (secara Memperhatikan data apa sebenarnya (secara fungsional) disimpan dalam basis data dan fungsional) disimpan dalam basis data dan hubungannya dengan data yang lainnya.hubungannya dengan data yang lainnya.

Level ini menggambarkan data apa yang disimpan Level ini menggambarkan data apa yang disimpan dalam database dan hubungan relasi yang terjadi dalam database dan hubungan relasi yang terjadi antara data dari keseluruhan database. antara data dari keseluruhan database.

Pemakai tidak memperdulikan kerumitan dalam Pemakai tidak memperdulikan kerumitan dalam struktur level fisik lagi, penggambaran cukup struktur level fisik lagi, penggambaran cukup dengan memakai kotak, garis,dan hubungan dengan memakai kotak, garis,dan hubungan secukupnya.secukupnya.

Contoh : Rancangan dalam bentuk diagram/modelContoh : Rancangan dalam bentuk diagram/model

9

3. LEVEL PANDANGAN PEMAKAI 3. LEVEL PANDANGAN PEMAKAI (USER VIEW)/EKSTERNAL (USER VIEW)/EKSTERNAL

Level abstraksi data tertinggi yang hanya Level abstraksi data tertinggi yang hanya menunjukkan sebagian saja yang dilihat menunjukkan sebagian saja yang dilihat dan dipakai dari keseluruhan database, dan dipakai dari keseluruhan database, sesuai dengan kebutuhan pemakai.sesuai dengan kebutuhan pemakai.

Bagi user yang menggunakan terasa Bagi user yang menggunakan terasa sebagai satu kesatuan data yang sebagai satu kesatuan data yang kompak.kompak.

10

Jenjang dataJenjang data

11

Characters Characters : merupakan bagian data : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data / yang membentuk suatu item data / field. field.

Field Field : merepresentasikan suatu atribut : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record. dari field membentuk suatu record.

12

Record Record : Kumpulan dari field : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan. karyawan.

FileFile: File terdiri dari record-record : File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada. mata pelajaran yang ada.

13

Database Database : Kumpulan dari file / : Kumpulan dari file / tabel membentuk suatu database tabel membentuk suatu database

14

15

Tipe FileTipe File File Induk (File Induk (master Filemaster File) ) File induk acuan (File induk acuan (reference master filereference master file) : ) : file induk yang recordnya relatif statis, jarang file induk yang recordnya relatif statis, jarang

berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, file mata pelajaran. file mata pelajaran.

File induk dinamik (File induk dinamik (dynamic master filedynamic master file): ): file induk yang nilai dari record-recordnya file induk yang nilai dari record-recordnya

sering berubah atau sering dimutakhirkan sering berubah atau sering dimutakhirkan ((updateupdate) sebagai hasil dari suatu transaksi. ) sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalnya file induk data barang, yang Misalnya file induk data barang, yang setiap saat harus di setiap saat harus di up-date up-date bila terjadi bila terjadi transaksi. transaksi.

16

File Transaksi (File Transaksi (transaction filetransaction file)) File ini bisa disebut File ini bisa disebut file inputfile input; ; digunakan untuk merekam data digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. hasil dari transaksi yang terjadi. Misalnya file penjualan yang berisi Misalnya file penjualan yang berisi data hasil transaksi penjualan. data hasil transaksi penjualan.

File Laporan (File Laporan (Report fileReport file)) File ini bisa disebut File ini bisa disebut output fileoutput file, yaitu , yaitu file yang berisi informasi yang akan file yang berisi informasi yang akan ditampilkan. ditampilkan.

17

File Sejarah (File Sejarah (history filehistory file))

File ini bisa disebut file arsip (archival File ini bisa disebut file arsip (archival file), merupakan file yang berisi data file), merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip. tetapi masih disimpan sebagai arsip.

File Pelindung (File Pelindung (backup filebackup file))

File ini merupakan salinan dari file-file File ini merupakan salinan dari file-file yang masih aktif di dalam database pada yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu. File ini digunakan suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file sebagai pelindung atau cadangan bila file database yang aktif mengalami kerusakan database yang aktif mengalami kerusakan atau hilang. atau hilang.

18 18

Model DataModel Data

MODEL DATAMODEL DATA Definisi :Definisi :

SSekumpulan tool konseptual untuk ekumpulan tool konseptual untuk mendeskripsikan data, relasi-relasi antar datamendeskripsikan data, relasi-relasi antar data yang yang menyatakan hubungan antar rekaman menyatakan hubungan antar rekaman yang tersimpan dalam basis data. yang tersimpan dalam basis data.

MModel data terbagi dalam tiga kelompok besar odel data terbagi dalam tiga kelompok besar

1.1. Model Entity-RelationshipModel Entity-Relationship

2.2. Model RelationalModel Relational

3.3. Model Object Oriented ModelModel Object Oriented Model

4.4. Model HierarkiModel Hierarki

5.5. Model Network Model Network

20

1. Entity Relational Model1. Entity Relational Model

E-R model didasarkan atas persepsi terhadap dunia nyata E-R model didasarkan atas persepsi terhadap dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan objek, disebut entity dan yang terdiri dari sekumpulan objek, disebut entity dan hubungan antar objek tersebut, disebut relationship. hubungan antar objek tersebut, disebut relationship.

Entity adalah objek di dunia yang bersifat unik. Setiap Entity adalah objek di dunia yang bersifat unik. Setiap entity mempunyai atribut yang membedakannya dengan entity mempunyai atribut yang membedakannya dengan entity lainnya. entity lainnya.

Contoh :Contoh :Entity Mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat Entity Mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat no. ktm.no. ktm.

Pemodelan data dengan model E-R menggunakan diagram Pemodelan data dengan model E-R menggunakan diagram E-R. Diagram E-R terdiri dari :E-R. Diagram E-R terdiri dari :

Kotak persegi panjangKotak persegi panjang, menggambarkan himpunan , menggambarkan himpunan entityentity

ElipsElips, menggambarkan atribut-atribut entity, menggambarkan atribut-atribut entity DiamonDiamon, menggambarkan hubungan antara himpunan , menggambarkan hubungan antara himpunan

entityentity GarisGaris, yang menghubungkan antar objek dalam diagram , yang menghubungkan antar objek dalam diagram

E-RE-R

21

MAHASISWA MATAKULIAH

JURUSAN DOSEN

daftar ajar

punya senangi

ambil

miliki

RUANG

ORANG TUA HOBY

Entity Relational Model...Entity Relational Model...

22

2. Object Oriented Model 2. Object Oriented Model

Model berorientasi objek berbasiskan kumpulan objek.Model berorientasi objek berbasiskan kumpulan objek.Setiap objek berisi:Setiap objek berisi: Nilai yang disimpan dalam variable instant, dimana Nilai yang disimpan dalam variable instant, dimana

variable “melekat” dengan objek itu sendiri.variable “melekat” dengan objek itu sendiri. Metoda : operasi yang berlaku pada objek yang Metoda : operasi yang berlaku pada objek yang

bersangkutan.bersangkutan. Objek-objek yang memiliki tipe nilai & metode yang Objek-objek yang memiliki tipe nilai & metode yang

dikelompokkan dalam satu kelas. Kelas disini mirip dikelompokkan dalam satu kelas. Kelas disini mirip dengan abstrak pada bahasa pemrograman.dengan abstrak pada bahasa pemrograman.

Sending a message Sending a message : sebuah objek dapat mengakses : sebuah objek dapat mengakses data sebuah yang lain hanya dengan memanggil data sebuah yang lain hanya dengan memanggil metode dari objek tersebut.metode dari objek tersebut.

23

NamaTgl_lahirAlamatNoHpJenisKelaminGol_darah

MAHASISWA

Hitung IPMengambil MataKuliah

Kode_MKNama_MKSksSemester

MATA KULIAH

Pembayaran

Object Oriented Model …Object Oriented Model …

24

3. Model Relational3. Model Relational Model data relational menggambarkan Model data relational menggambarkan

data dalam bentuk tabel-tabel.data dalam bentuk tabel-tabel. Asosiasi antar tabel didefinisikan lewat Asosiasi antar tabel didefinisikan lewat

penggunaan kunci tamu (foreign key)penggunaan kunci tamu (foreign key) Dengan menggunakan model ini, Dengan menggunakan model ini,

pencarian field dari suatu tabel atau pencarian field dari suatu tabel atau banyak tabel dapat dilakukan dengan banyak tabel dapat dilakukan dengan cepat. cepat.

Pencarian atribut yang berhubungan pada Pencarian atribut yang berhubungan pada tabel yang berbeda dapat dilakukan tabel yang berbeda dapat dilakukan dengan menghubungkan terlebih dahulu dengan menghubungkan terlebih dahulu tabel-tabel tersebut dengan menggunakan tabel-tabel tersebut dengan menggunakan atribut yang sama atribut yang sama ((joint operationjoint operation).).

25

Model Relational…Model Relational…

26

Menyerupai pohon yang dibalikMenyerupai pohon yang dibalik Menggunakan pola hubungan orangtua anakMenggunakan pola hubungan orangtua anak Pada puncak hirarki disebut dengan akar Pada puncak hirarki disebut dengan akar

((rootroot). Tiap entitas tingkat atas (). Tiap entitas tingkat atas (parentparent) ) mempunyai satu atau lebih sub-entitas mempunyai satu atau lebih sub-entitas ((childrenchildren) sehingga setiap entitas hanya boleh ) sehingga setiap entitas hanya boleh mempunyai satu induk, tetapi dapat mempunyai satu induk, tetapi dapat mempunyai banyak anak.mempunyai banyak anak.

Pada model data hirarki, hubungan antar Pada model data hirarki, hubungan antar entitas dinyatakan dalam satu-banyak (entitas dinyatakan dalam satu-banyak (one to one to manymany) atau satu-satu () atau satu-satu (one to oneone to one). ).

Contoh : Dalam satu Universitas terdapat Contoh : Dalam satu Universitas terdapat banyak Fakultas dan setiap Fakultas terdapat banyak Fakultas dan setiap Fakultas terdapat banyak Dosen atau banyak Mahasiswa, dan banyak Dosen atau banyak Mahasiswa, dan seterusnya. Tanda panah menunjukkan seterusnya. Tanda panah menunjukkan derajat keterhubungan “banyak”.derajat keterhubungan “banyak”.

4. Model Hierarki4. Model Hierarki

27

Model Hierarki…Model Hierarki…

28

5. Model Jaringan5. Model Jaringan

Model ini hampir sama dengan model Model ini hampir sama dengan model hierarkis. hierarkis. Perbedaannya dalam model ini Perbedaannya dalam model ini setiap entitas dapat mempunyai banyak setiap entitas dapat mempunyai banyak induk dan banyak anak.induk dan banyak anak.

Dalam model ini lebih sedikit terdapat data Dalam model ini lebih sedikit terdapat data rangkap, namun lebih banyak terdapat rangkap, namun lebih banyak terdapat hubungan antar entitas, sehingga akan hubungan antar entitas, sehingga akan menambah informasi hubungan yang harus menambah informasi hubungan yang harus disimpan dalam disimpan dalam databasedatabase. hal ini akan . hal ini akan menambah volume dan kerumitan dalam menambah volume dan kerumitan dalam penyimpanan berkas data.penyimpanan berkas data.

29

Model Jaringan…Model Jaringan…

30

Bahasa Bahasa Basis DataBasis Data

Bahasa Basis DataBahasa Basis Data

Merupakan bahasa yang digunakan oleh user untuk berkomunikasi/berinteraksi dengan DBMS yang bersangkutan Contoh Bahasa basis data : SQL, dBase, Quel

Basis data dipilah dalam 2 bentuk,- Data Definition Language (DDL)- Data Manipulation Language (DML)

32

1. Data Definition Language 1. Data Definition Language (DDL)(DDL)

Dengan bahasa ini kita dapat membuat tabel Dengan bahasa ini kita dapat membuat tabel baru, membuat indeks, mengubah tabel, baru, membuat indeks, mengubah tabel, menentukan struktur penyimpanan tabel menentukan struktur penyimpanan tabel dsb, berupa :dsb, berupa :

- membuat tabel/kolom (create table)- membuat tabel/kolom (create table)

- menghapus tabel/kolom (drop table)- menghapus tabel/kolom (drop table)

- membuat suatu constraint (primary key dan - membuat suatu constraint (primary key dan

foreign key)foreign key)

33

Bahasa Basis Data…Bahasa Basis Data…

Berguna untuk melakukan manipulasi dan pegambilan data pada suatu basis data. Berupa: - Penyisipan/penambahan data baru (insert)- Penghapusan data dari suatu tabel (delete)- Pengubahan data (update)

2. Data Manipulation Language 2. Data Manipulation Language (DML)(DML)

34

Bahasa Basis Data…Bahasa Basis Data…

Jenis DML:Jenis DML:

2. Nonprosedural 2. Nonprosedural pemakai pemakai menentukan data yang diinginkan menentukan data yang diinginkan tanpa menyebutkan bagaimana cara tanpa menyebutkan bagaimana cara mendapatkannya.mendapatkannya.

1. Prosedural 1. Prosedural mensyaratkan agar mensyaratkan agar pemakai menentukan data apa yang pemakai menentukan data apa yang diinginkan serta bagaimana cara diinginkan serta bagaimana cara mendapatkannya.mendapatkannya.

35

Bahasa Basis Data…Bahasa Basis Data…

Struktur Sistem Struktur Sistem KeseluruhanKeseluruhan

Sebuah DBMS umumnya memiliki sejumlah Sebuah DBMS umumnya memiliki sejumlah komponen fungsional (modul) sbb komponen fungsional (modul) sbb

1.1. File Manager File Manager mengelola alokasi ruang dan mengelola alokasi ruang dan struktur data yang dipakai untuk struktur data yang dipakai untuk merepresentasikan informasi yang tersimpan merepresentasikan informasi yang tersimpan dalam disk.dalam disk.2.2. Database Manager Database Manager menyediakan interface menyediakan interface antara data low-level yang ada di basis data antara data low-level yang ada di basis data dengan program aplikasi dan query yang dengan program aplikasi dan query yang diberikan ke sistem.diberikan ke sistem.3.3. Query Processor Query Processor menerjemahkan perintah- menerjemahkan perintah-perintah query language ke perintah low-level perintah query language ke perintah low-level yang dimengerti oleh database manager. Juga yang dimengerti oleh database manager. Juga membuat query yang dibuat oleh user menjadi membuat query yang dibuat oleh user menjadi lebih efektif.lebih efektif. 3

6

4.4. DML Precompiler DML Precompiler mengkonversi perintah mengkonversi perintah DML dan berinteraksi dengan query processor.DML dan berinteraksi dengan query processor.

5.5. DDL Compiler DDL Compiler mengkonversi perintah- mengkonversi perintah-perintah DDL ke sekumpulan tabel yang perintah DDL ke sekumpulan tabel yang mengandung mengandung metadatametadata (data yang (data yang mendeskripsikan data sesungguhnya).mendeskripsikan data sesungguhnya).

37

End SessionEnd Sessionwww. suryagsc.wordpress.comwww. suryagsc.wordpress.com