er dabi, s.sos - isakyando- er dabi, s.sos : berjuang & membangun yalimo er dabi, s.sos : berjuang &

Download Er Dabi, S.Sos - isakyando- Er Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun Yalimo Er Dabi, S.Sos : Berjuang &

Post on 11-Aug-2019

224 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Er Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun Yalimo 1

  • Er Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun YalimoEr Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun Yalimo2 3

    KATA SAMBUTAN

    Pembangunan yang adil dan merata menjadi salah satu tuntutan di era mod- ern saat ini guna mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat. Pembangunan yang dilakukan mencoba untuk menjembatani antara kebutuhan dengan harapan yang harus dipenuhi oleh pemangku kebijakan baik tingkat daer- ah hingga pusat. Integrasi dan koordinasi merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mewujudkan cita-cita pembangunan yang ada.

    Provinsi Papua merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memiliki prospek untuk dikembangkan untuk kemaslahatan bersama. Pembangunan yang ada di Provinsi Papua umumn- ya tidak secepat dengan pembangunan yang ada di provinsi lainnya. Banyak tan- tangan dan kendala, terlebih cakupan setiap pemerintah daerah kota/kabupaten yang cukup luas menjadikan salah satu hambatan dalam menyentuh sendi-sendi kehidupan dan kebutuhan masyarakat Papua.

    Ada keterkaitan yang kuat antara pemerintah daerah, masyarakat dan pe- merintah pusat dalam hal pembangunan di daerah. Aspirasi dan suara-suara mem- bangun yang disampaikan oleh masyarakat di bawah sering kali tidak terakomodir dengan baik, sehingga apa yang dilaksanakan tidak seimbang dengan kebutuhan yang ada. Atau bahkan malah tidak terjamah pembangunan sama sekali.

    Otonomi daerah menjadi salah satu perpanjangan tangan pemerintah pusat untuk mendekatkan dan menjadikan pembangunan didaerah menjadi lebih mu- dah. Kabupaten Yalimo misalnya, mengambil keputusan untuk memekarkan diri dari Kabupaten Jayawijaya dan memilih untuk menjadi kabupaten yang mandi- ri dalam rangka membantu mencapai tujuan nasional yaitu pembangunan yang merata.

    Peran serta pembangunan yang dilaksanakan pasca berdirinya Kabupaten Yalimo merupakan hasil panjang yang dirasakan setelah melakukan perjuangan dalam menata pembangunan yang berada didaerah Jalan Trans Wamena-Papua tersebut. Melihat kenyataan pembangunan yang terjadi tidak sesuai dengan hara- pan, maka para tokoh di Kabupaten Yalimo dulu mengadakan kajian ilmiah mem- bahas strategi untuk meratakan pembangunan yang ada, salah satu jalan pada

  • Er Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun YalimoEr Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun Yalimo4 5

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur penulis Panjatkan Ke- hadirat Tuhan Yang Maha Esa, buku ber- judul Er Dabi S.Sos : Berjuang & Memban- gun Kabupaten Yalimo bisa diselesaikan. Buku yang menceritakan bagaimana per- juangan Er Dabi dan Kabupaten Yalimo hingga menjadi sekarang ini lebih dari sebuah inspirasi bagi masyarakat secara umum. Perjuangan membangun daerah dengan cara pemekaran, karena melihat harapan dan kenyataan yang belum ses- uai dilakukan guna mendekatkan kese- jahteraan kepada masyarakat.

    Perjuangan dan hasil merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena proses yang dilakukan akan ber- dampak baik pada hasil yang akan diper- oleh. Kesejahteraan, kemakmuran, dan kemajuan bukanlah mimpi yang hanya bisa dikecap dalam angan. Melainkan ada didepan kita, tinggal bagaimana kita mau bergerak dan melangkah untuk kepentin- gan bersama. Bapak Er Dabi merupakan sosok bapak pembangunan, bapak per- juangan bagi masyarakat Kabupaten Yal- imo. Sehingga perjuangan Er Dabi dan Kabupaten Yalimo layak untuk dituliskan dalam sebuah buku sejarah masyarakat Yalimo.

    Buku ini memberikan perspektif dan sajian yang berbeda terkait dengan

    saat itu dilakukan pemekaran kabupaten baru.

    Sosok yang berperan besar dalam membangun Kabupaten Yalimo hingga saat ini tidak lain adalah Bapak Er Dabi beserta tim yang merumuskan dasar-dasar pembangunan Kabupaten Yalimo mulai dari nol. Beliau layak disebut sebagai bapak pembangunan karena berkat kerja keras yang dilakukan oleh beliau beserta seluruh komponen, berhasil untuk memberikan kemajuan pembangunan. Pemeka- ran kabupaten baru yang dinamakan Kabupaten Yalimo yang banyak dihuni oleh suku asli Yali dan lainnya merupakan hasil nyata pembangunannya.

    Selama menjabat sebagai Bupati Kabupaten Yalimo, Er Dabi dikenal sebagai sosok pemimpin yang merakyat. Bahkan sebagai senior dalam dunia politik, be- liau merupakan rekan kerja yang profesional. Upaya yang telah beliau lakukan un- tuk memajukan daerahnya membawa Er Dabi sangat layak dikenal sebagai bapak pembangunan. Dalam beberapa urusan pembangunan khususnya di wilayah pe- gunungan tengah Papua, beliau layak dipercaya untuk menjadi tangan kanan gu- bernur di Pegunungan Tengah dalam hal politik dan pembangunan. Selain itu, dengan citra dan kapabilitas Er Dabi juga layak dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Bupati Se-Pegungungan Tengah Papua.

    Buku ini memberikan gambaran bagaimana proses perjuangan Bapak Er Dabi menjadi tokoh dalam membentuk Kabupaten Baru Yalimo, hingga berkem- bang seperti saat ini. Selain itu buku ini juga menggambarkan bagaimana kondisi Kabupaten Yalimo pada saat dulu dan sekarang, cita-cita Bapak Er Dabi dalam membangun Kabupaten Yalimo yang sudah atau belum terlaksana, serta tanta- ngan yang dihadapi ketika membangun Kabupaten Yalimo dengan kondisi dan keterbatasan yang ada.

    Elelim, Juli 2018

    Lukas Enembe, S.IP., M.H

    Gurbernur Papua Tahun 2013-2018

  • Er Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun YalimoEr Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun Yalimo6 7

    Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi yang ada di Indo-nesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang berlimpah. Luas Papua yang mencapai 410.660 Km2

    atau sekitar 21% dari luas total Indone- sia menunjukan bahwa Papua bukanlah provinsi yang kecil. Kondisi tersebut pun tergambarkan hampir 75% daerah- nya masih tertutup hutan-hutan tropis yang lebat dengan 80% penduduknya masih dalam keadaan semi terisolir di- daerah pedalaman.

    Terisolir merupakan salah satu permasalahan akibat dari masih belum berhasilnya pembangunan yang dilaku- kan, baik terkait dengan infrastruktur, ekonomi maupun yang lainnya. Pada dasarnya tujuan dari pembangunan

    adalah bagaimana menyediakan atau menjadikan kehidupan yang semula tidak layak menjadi layak, semula tidak maju menjadi maju dan semula tidak berkembang menjadi berkembang. Se- lain itu juga pembangunan diharapkan dapat menjadi faktor X yang menjadi- kan kebutuhan suatu daerah dari tidak tercukupi menjadi tercukupi. Tentunya untuk mencapai hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah, butuh proses dan keterlibatan semua pihak.

    Jumlah Kabupaten yang ada di Provinsi Papua berjumlah 28 Kabu- paten dan 1 Kota yaitu Jayapura den- gan tingkat kepadatan 5,13 jiwa/ Km2. Berdasarkan sejarah Provinsi Papua ditemukan pada 13 juni 1545 oleh pe- laut asal Spanyol yaitu Ortis de Retes.

    PROLOG

    penggambaran sosok tokoh perjuangan bagi rakyat Yalimo. Tidak hanya terkait dengan biografi, melainkan bagaima- na cita-cita, tantangan, citra dan inovasi yang sudah dilakukan baik sebelum mau- pun sesudah terbentuknya Kabupaten Yalimo.

    Selain itu buku ini juga memberi- kan gambaran bagaimana Kabupaten Yalimo pada saat sebelum menjadi ka- bupaten yang mandiri, hingga saat ini yang banyak mengalami kemajuan dan pembangunan pada segala sektor yang ada. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang memban- tu dalam proses persiapan, pengumpulan data dan materi serta editing buku ini.

    Semoga karya ini bisa menjadi ba- gian dari ilmu yang bermanfaat, referensi bagi masyarakat secara luas. Penulis ber- harap masukan dan kritik membangun dari pembaca untuk memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan-kekuran- gan yang terdapat dalam buku ini. Ter- akhir penulis mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf apabila dalam proses penulisan dan penyajian masih terdapat kesalahan.

    Yalimo, Juli 2018

    Penulis

  • Er Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun YalimoEr Dabi, S.Sos : Berjuang & Membangun Yalimo8 9

    yaitu Abenaho, Kobakma, Elelim, Apa- hapsili, Benawa dan Mahambilis. Dan melalui proses yang panjang mulai per- siapan tahun 2002-2008 akhirnya dis- trik-distrik yang disetujui dan disepakati yaitu Distrik Elelim, Abenaho, Welarek, Apahapsili dan Benawa yang menjelma menjadi salah satu kabu- paten baru yang bernama Kabupaten Yalimo. Karena pada saat itu Membera- mo Tengah juga berupaya melakukan pemekaran dan melalui diskusi kese- pakatan pembagian batas wilayah maka hanya 5 dis- trik tersebut yang masuk dalam Kabupaten Yalimo.

    Tentunya tidak akan ada asap kalau tidak ada api, begitupun renca- na pemekaran Kabupaten Yalimo. Me- lihat efek pembangunan Jalan Trans Wamena-Papua yang melewati dis- trik-distrik tersebut belum bisa mem- berikan dampak yang konkrit terhadap pembangunan wilayah maka dilakukan langkah-langkah kajian. Kajian yang in- tinya membahas bagaimana cara agar dapat mendekatkan kesejahteraan masyarakat Yalimo terhadap kebutuhan dasar yang ada. Sehingga diputuskan-

    lah menjadi Kabupaten yang berdiri sendiri dengan tujuan menaklukkan ketertinggalan pembangunan yang ada di daerah yang saat itu belum bisa maksimal dilaksanakan oleh Kabupaten Jayawijaya.

    Tentunya dalam sebuah peruba- han pasti banyak aktor atau sosok yang memberi- kan kontribusi positif untuk pembangunan dan pen- dirian Kabupaten Yalimo. Tentunya hal tersebut ada pada sosok Ketua Tim pe- mekaran Kabupaten Yalimo yang juga menjabat se- bagai bupati setelah Kabu- paten Yalimo berdiri. Sosok

    tersebut bernama Er Dabi yang mana bersama tim membentuk dan meru- muskan dasar-dasar Kabupaten Yalimo.

    Terkait bagaimana sepak terja