elemen – elemen komunikasi interpersonal

Click here to load reader

Post on 15-Apr-2017

440 views

Category:

Education

11 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Elemen Elemen Komunikasi Interpersonal

Elemen Elemen Komunikasi Interpersonal

Nur Suci Aufa Dinina

Penerima Sumber

Komunikasi interpersonal melibatkan setidaknya dua orang. Setiap orang merumuskan dan mengirim pesan-pesan (fungsi sumber) dan juga merasakan dan memahami pesan (fungsi penerima pesan). istilah sumber-penerima menekankan bahwa kedua fungsi dilakukan oleh setiap individu dalam komunikasi interpersonal.

Pengkodean - pembaca sandi

Pengkodean mengacu pada tindakan memproduksi pesan sebagai contoh, berbicara atau menulis. Pembaca sandi adalah membalikkan atau memutarbalikkan hal yang mengacu pada tindakan pemahaman pesan contoh, mendengar atau membaca. pendengar dan penulis disebut sebagai pengkodean. Pendengar dan pembaca disebut sebagai pembaca sandi. Istilah pengkodean pembaca sandi digunakan untuk menekankan bahwa dua aktifitas dilakukan oleh setiap peserta dalam kombinasi. Untuk terjadinya komunikasi interpersonal, pesan harus dikodekan dan diterjemahkan

Kompetensi

Kemampuanmu dalam berkomunikasi secara efektif adalah kompetensi interpersonal. Kemampuan kompetensi mencakup, contoh ; pengetahuan bahwa dalam konteks tertentu dan dengan pendengar tertentu dalam satu topik ada yang tepat dan yang lainnya tidak.

Pesan sinyal yang menyediakan sebagai rangsangan untuk si penerima bisa jadi pendengaran, visual (penglihatan), taktil (sentuhan), olfactory (penciuman), gustatory (merasakan), atau berbagai kombinasi. Komunikasi interpersonal dapat dilakukandengan gerakan dan sentuhan serta dengan kata-kata dan kalimat.

Umpan balik (feedback)

Umpan balik memberi informasi pada pembicara apa efek yang didapat dari si pendengar. tentang reaksi terhadap apa yang dikatakan, pembicara boleh menyesuaikan, memodifikasi, menguatkan, melonggarkan, atau mengubah konten atau bentuk dari pesan.

Umpan balik bisa dilihat dalam lima dimensi penting Positif negatifOrang yang fokus pesan yang terfokusSegera tertundaPemantauan tingkat rendah pemantauan tingkat tinggiMendukung mengkritik

Feedforward messages feedforward adalah sebuah informasi yang disediakan sebelum mengirim pesan utamamu. Feedforward mengungkapkan sesuatu tentang pesan yang akan datang. Feedforward bisa memiliki banyak macam fungsi; yaitu untuk membuka saluran komunikasi, meninjau pesan-pesan, dan untuk menyangkal.

Pesan yang berlebihan salah satu kendala terbesar untuk mencapai komunikasi secara efisien. Kamu harus memilih secara pasti pesan-pesan untuk diterima dan pesan yang untuk di abaikan.Salah satu masalah yang ada pada pesan yang berlebihan yaitu terlalu menghabiskan banyak waktu. Semakin banyak pesan yang kamu setujui, semakin sedikit waktu yang kamu punya untuk mengerjakan tugas-tugas yang penting.

Saluran

Saluran komunikasi adalah media dimana pesan lewat. Saluran komunikasi tersebut seperti jembatan yang menghubungkan antara sumber dan penerima.

Kebisingan suara

Empat tipe kebisingan suara fisik ; gangguan luar pada kedua pembicara dan pendengar dan pencegahan secara tepat transmisi dari sinyal atau pesan. Contoh ; bunyi deritan mobilfisiologis ; hambatan fisik dalam pembicara atau pendengar. Contoh ; permasalahan dalam artikulasipsikologis ; kognitif atau gangguan. Emosi ekstrem (marah, benci, cinta, kesedihan)Semantic ; pembicara dan pendengar menetapkan perbedaan arti. Contoh ; orang-orang yang berbicara dalam bahasa yang berbeda.

KonteksKomunikasi selalu mengambil tempat dalam konteks yang mempengaruhi bentuk dan isi dari pesanmuMacam-macam dimensi konteksdimensi fisik Dimensi waktu dimensi psikologis sosial Konteks budaya

Etika

karena komunikasi memiliki konsekuensi, komunikasi interpersonal juga melibatkan etika; setiap tindakan komunikasi memiliki dimensi moral, benar atau salah. Pilihan komunikasi butuh dibimbing dengan pertimbangan etika sebagaimana dengan efektifitas kepentingan dan kepuasan.