ekologi geografi

Download ekologi geografi

Post on 01-Mar-2016

46 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

berisi tentang materi ekologi geografi

TRANSCRIPT

Nama: Khoerun NisaaNIM: 3201412142Carilah istilah berikut, kemudian lengkapi dengan contoh dan gambar!!!1. Ekologi adalahEkologiadalahilmuyang mempelajariinteraksiantaraorganismedenganlingkungannya lainnya. Berasal dari kataYunanioikos("habitat") danlogos("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan olehErnst Haeckel(1834-1914).Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Secara umum ekologi dapat diartikan sebagaihubungan antara organisme dan habitatnya atau ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Yang termasuk dalam ruang lingkup ekologi antara lain organisme (individu), populasi, komunitas, ekosistem, danbiosfer(kumpulandaribeberapakomunitasyaitukomunitashewandan komunitas tumbuhan dalam suatu wilayah). Gambar :

2. Ekosistem adalahEkosistemadalah suatu sistemekologiyang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antaramakhluk hidupdengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unitbiosistemyang melibatkan interaksi timbal balik antaraorganismedan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu strukturbiotiktertentu dan terjadi suatusiklus materiantara organisme dananorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada. Gambar :

3. Komunitas adalahKomunitasadalah sebuah kelompoksosialdari beberapaorganismeyang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitasmanusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal daribahasa Latincommunitasyang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan daricommunisyang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak".

Contoh : Komunitas Bahasa Inggris di Kota Daeng (Pioneer English Meeting Club (PEMC) Benteng Fort Rotterdam Makassar)Gambar :

4. Populasi adalahPengertian dan definisi populasi diartikan sebagai kumpulan individu-individu sejenis pada suatu daerah tertentu. Ekologi populasimerupakan sub bagian dari ilmuekologi. Ekologi populasi mempelajari tentang interaksi suatu populasi dengan lingkungan habitatnya. Interaksi ini meliputi bagaimana suatupopulasitumbuh, bertahan hidup, bahkan melangsungkan garis keturunan melaluireproduksi. Ekologi populasi juga dapat mempelajari keberadaan organisme dari tingkat individu hinggaekosistem. Contoh : populasi burung flamingoGambar :

5. Spesies adalahSpesiesataujenisadalah suatutaksonyang dipakai dalamtaksonomiuntuk menunjuk pada satu atau beberapa kelompokindividu(populasi) yang serupa dan dapat saling membuahi satu sama lain di dalam kelompoknya (saling membagigen) namun tidak dapat dengan anggota kelompok yang lain. Anggota-anggota dalam suatu spesies jika saling berkawin dapat menghasilkan keturunan yangfertiltanpa hambatanreproduktif. Dapat terjadi, sejumlah kelompok dalam suatu spesies tidak saling berkawin karena hambatangeografisnamun bila dipertemukan dan dikawinkan dapat menghasilkan keturunan fertil. Dua spesies yang berbeda jika saling berkawin akan menghadapi masalah hambatan biologis; apabila menghasilkan keturunan yang sehat, keturunan ini biasanyasteril/mandul. Spesies, jika disebut dalamnama ilmiah, disingkat dengansp.(ContohPhalaenopsis sp. berarti "sejenisPhalaenopsis", jika jamak disingkat denganspp.).Contoh : spesies tanaman bungaGambar :

6. Simbiosis, macam-macamnya dan contohSimbiosisberasal dari bahasa Yunanisymyang berartidengandanbiosisyang berartikehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara duaorganismeyang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan polainteraksiyang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.Ada beberapa bentuk simbiosis yakni:a. Parasitismeadalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya.Contoh: Tanamanbenalu(mendapatsari makanan) dengan inangnya (diambil sari makanannya) Tali putri(menyerap sari makanan yang berupa zat organik) dengan inangnya (diambil sari makanannya) Cacing perut dan cacing tambang (mengambil sari makanan) yang hidup di dalamususmanusia (sari makanan diambil) BungaRafflesia(menyerap sari - sari makanan) dengan inangnya (diambil sari makanannya)

Gambar :

b. Mutualismeadalah hubungan sesamamakhluk hidupyang saling menguntungkan kedua pihak.Contoh: Bunga Sepatu(dibantu proses penyerbukannya) danLebah(mendapat nektar) BurungJalak(mendapat makanan) danKerbau(dimakan kutunya). Ikan badut(mendapat perlindungan) dengananemon laut(mendapat sisa - sisa makanan dari ikan badut) Bunga(dibantu proses penyerbukannya) dengankupu-kupu(mendapat nektar) Protozoa berflagelaMixotricha paradoxa(mendapat sari makanan dan perlindungan) denganrayapMastotermes darwiniensis(pencernaannya dibantu). JenisbakteriRhizobium(memperoleh makanan) yang hidup dalam akar tumbuhankacang-kacangan(mendapatnitrogenyg diikat oleh rhizobium sp.)Gambar :

c. Komensalisme, adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.Contoh: IkanRemora(mendapat makanan) dan IkanHiu Anggrek(menumpang tempat hidup) dengan PohonMangga Pakutanduk rusa (menumpang tempat hidup) dengan tumbuhan inangnya

Gambar :

d. Amensalisme, yaitu saat satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh: PohonWalnutdengan tumbuhan lainnya (tidak dapat hidup karena pohon walnut menghasilkansenyawa alelopati.Gambar :

e. Kompetisi, di mana kedua pihak saling merugikan, biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan. Kompetisi ada dua yaitu kompetisi intraspesifikdan kompetisiinterspesifikContoh kompetisi interspesifik (antar individu yang berbedaspesies) Persaingan antarakambingdengansapidi padang rumputContoh kompetisi intraspesifik (antarindividuyang spesiesnya sama) Persaingan antara parasingajantan dalam memperebutkan wilayah atau pasangan

f. Netralisme, dimana kedua pihak tidak saling diuntungkan maupun dirugikan. Interaksi antar kedua spesies tidak menyebabkan keuntungan maupun kerugian bagi keduanya.

Contoh: Kambingdenganburung hantuSimbiosis dapat dibedakan menjadi dua kategori berbeda. Ektosimbiosis Endosimbiosis

7. Siklus Biogeokimia (gambar siklus karbon, siklus N, dan siklus Kalsium, Fosfor dan siklus lainnya)Siklus biogeokimia atau siklus organikanorganik adalah siklus unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. Siklus unsur-unsur tersebut tidak hanya melalui organisme, tetapi jugs melibatkan reaksireaksi kimia dalam lingkungan abiotik sehingga disebut siklus biogeokimia.a. Siklus Nitrogen (N2) Gas nitrogen banyak terdapat di atmosfer, yaitu 80% dari udara. Nitrogen bebas dapat ditambat/difiksasi terutama oleh tumbuhan yang berbintil akar (misalnya jenis polongan) dan beberapa jenis ganggang. Nitrogen bebas juga dapat bereaksi dengan hidrogen atau oksigen dengan bantuan kilat/ petir. Tumbuhan memperoleh nitrogen dari dalam tanah berupa amonia (NH3), ion nitrit (N02- ), dan ion nitrat (N03- ). Beberapa bakteri yang dapat menambat nitrogen terdapat pada akar Legum dan akar tumbuhan lain, misalnya Marsiella crenata. Selain itu, terdapat bakteri dalam tanah yang dapat mengikat nitrogen secara langsung, yakni Azotobacter sp. yang bersifat aerob dan Clostridium sp. yang bersifat anaerob. Nostoc sp. dan Anabaena sp. (ganggang biru) juga mampu menambat nitrogen. Nitrogen yang diikat biasanya dalam bentuk amonia. Amonia diperoleh dari hasil penguraian jaringan yang mati oleh bakteri. Amonia ini akan dinitrifikasi oleh bakteri nitrit, yaitu Nitrosomonas danNitrosococcus sehingga menghasilkan nitrat yang akan diserap oleh akar tumbuhan. Selanjutnya oleh bakteri denitrifikan, nitrat diubah menjadi amonia kembali, dan amonia diubah menjadi nitrogen yang dilepaskan ke udara. Dengan cara ini siklus nitrogen akan berulang dalam ekosistem.

Gambar :

b. Siklus Fosfor Di alam, fosfor terdapat dalam dua bentuk, yaitu senyawa fosfat organik (pada tumbuhan dan hewan) dan senyawa fosfat anorganik (pada air dan tanah). Fosfat organik dari hewan dan tumbuhan yang mati diuraikan oleh dekomposer (pengurai) menjadi fosfat anorganik. Fosfat anorganik yang terlarut di air tanah atau air laut akan terkikis dan mengendap di sedimen laut. Oleh karena itu, fosfat banyak terdapat di batu karang dan fosil. Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut. Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Siklus ini berulang terus menerus.

Gambar :

c. Siklus Karbon dan Oksigen Di atmosfer terdapat kandungan COZ sebanyak 0.03%. Sumber-sumber COZ di udara berasal dari respirasi manusia dan hewan, erupsi vulkanik, pembakaran batubara, dan asap pabrik. Karbon dioksida di udara dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang nantinya akan digunakan oleh manusia dan hewan untuk berespirasi. Hewan dan tumbuhan yang mati, dalam waktu yang lama akan membentuk batubara di dalam tanah. Batubara akan dimanfaatkan lagi sebagai bahan bakar yang juga menambah kadar C02 di udara. Di ekosistem air, pertukaran C02 dengan atmosfer berjalan secara tidak langsung. Karbondioksida berikatan dengan air membentuk asam karbonat yang akan terurai menjadi ion bikarbonat. Bikarbonat adalah sumber karbon bagi alga yang memproduksi makanan untuk diri mereka sendiri dan organisme heterotrof lain. Sebaliknya, saat organisme air berespirasi, COz yang mereka keluarkan menjadi bikarbona