efektifitas mendengarkan-061323005

3
Prinsip Listen Kegiatan berbicara dan mendengar merupakan dinamika komunikasi. Selain ketrampilan berbicara, dalam komunikasi pun orang harus memiliki ketrampilan mendengar. Adapun elemen- elemen dalam mendengarkan secara efektif antara lain perhatian, refleksi, kemampuan toleransi, dan kemampuan memahami. Kurangnya kemampuan dalam mendengar akan mengakibatkan kepekaan menurun dalam berkomunikasi. Jika tidak memiliki kemampuan mendengar secara efektif, maka pesan yang dikirim tidak akan sama dengan pesan yang diterima. Mendengar secara aktif dan efektif adalah alat yang sangat membantu dalam komunikasi yang baik. Hal- hal yang perlu diperhatikan agar mampu menjadi pendengar yang efektif : Look and look interested (lihat dan lihatlah dengan penuh minat) Pada saat mendengarkan lawan bicara, pandanglah ia dengan penuh antusias dan minat. Identify the issue (identifikasi masalah yang disampaikan) Suspend the judgment (jangan cepat menghakimi) maksudnya adalah janagn terburu-buru memastikan pesan yang disampaikan lawan bicara. Test Your understanding (ujilah pemahaman anda) Exclude your emotions (Kesampingkan emosi anda)

Upload: nico-aspranta

Post on 30-Sep-2015

217 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

when

TRANSCRIPT

Prinsip Listen

Kegiatan berbicara dan mendengar merupakan dinamika komunikasi. Selain ketrampilan berbicara, dalam komunikasi pun orang harus memiliki ketrampilan mendengar. Adapun elemen- elemen dalam mendengarkan secara efektif antara lain perhatian, refleksi, kemampuan toleransi, dan kemampuan memahami. Kurangnya kemampuan dalam mendengar akan mengakibatkan kepekaan menurun dalam berkomunikasi. Jika tidak memiliki kemampuan mendengar secara efektif, maka pesan yang dikirim tidak akan sama dengan pesan yang diterima. Mendengar secara aktif dan efektif adalah alat yang sangat membantu dalam komunikasi yang baik.

Hal- hal yang perlu diperhatikan agar mampu menjadi pendengar yang efektif :

Look and look interested (lihat dan lihatlah dengan penuh minat)

Pada saat mendengarkan lawan bicara, pandanglah ia dengan penuh antusias dan minat.

Identify the issue (identifikasi masalah yang disampaikan)

Suspend the judgment (jangan cepat menghakimi)

maksudnya adalah janagn terburu-buru memastikan pesan yang disampaikan lawan bicara.

Test Your understanding (ujilah pemahaman anda)

Exclude your emotions (Kesampingkan emosi anda)

Notes, Noises, and Non-Verbal (membuat catatan, mengeluarkan suara tertentu dan gerakan non-verbal)

Perlu menulis poin-poin penting atau mengeluarkan suara tertentu yang mengindikasikan bahwa anda bener- benar sedang memperhatikan lawan bicara.

Menurut hasil pengamatan Drs. Djago Tariganpaling sedikit ada 15 ciri penyimak ideal. Adapun ciri-ciri tersebut antara lain yaitu:1. Siap fisik dan mental: penyimak yang baik adalah penyimak yang benar-benar siap untuk menyimak. Fisiknya segar atau sehat, mentalnya stabil dan pikiran jernih.2. Berkonsentrasi: penyimak yang baik adalah penyimak yang dapat memusatkan perhatiaya terhadap pembicaraan yang sedang disimak.3. Bermotivasi: penyimak yang baik selalu memiilki motivasi yang kuat dalam menyimak.4. Objektif: berprasangka, tidak berat sbelah. Yang bersangkutan bukan melihat siapa yang berbicara tetapi apa yang dikatakan.5. Menyeluruh: menyimakbahan simakan secara lengkp, utuh atau menyeluruh.6. Menghargai pmbicaraan: selalu menghargai pembicara apapun pendapatnya.7. Selektif: penyimak yang baik tahu memilih bgian-bagian penting bahan simakan yang penting untukdiperhatikan dan diingat.8. Sungguh-sungguh: penyimak yang baik slalu menyimak bahan simakan dengan sesungguh hatinya.9. Tak mudah terganggu: penyimak yang baik mampu membentengi diri dari berbagai gangguan kecil seperti kebisingan.10. Cepat menyesuaikan diri: enyimak yang tanggap terhadap ituasi.11. Kenal arah pembicaraan: penimak yang baik akan selalu mengenal arah pebicaraan.12. Kontak dengan pembicara: penyimak yang baik biasanya memberikan respon/.kontak kepada pembicara, misalnya : ucapan singkat ya ya, benar, saya setuju, mengangguk-angguk13. Merangkum: penyimak selalu memperoleh intisari dari bahan simakan yang dapat berupa cerita lisan atau tertulis dari hasil rangkuman.14. Menilai: penyimak yang baik akan menilai isi bahan simakan untuk dikaitkan atau dibandingkan dengan pengetahuan atau pengalamannya. 15. Merespon: penyimak memberi penilaian serta pendapat tentang hasil simakan.