edisi xviii, agustus 2014

12
Jurnal Kegiatan Bulahan- Edisi XV111, Agustus 2014/Syawal 1435 S dI11 Imas

Upload: nguyenbao

Post on 13-Jan-2017

248 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: Edisi XVIII, Agustus 2014

Jurnal Kegiatan Bulahan- Edisi XV111,Agustus 2014/Syawal 1435

S dI11Imas

Page 2: Edisi XVIII, Agustus 2014

bimasislam.kemenag.go.id

rnenjadl ciri-khasnva. Hal itu dilakukan karena Muhaimin mudamerupakan aktivis kampus yang memang terbiasa melakukan diskusidengan para ssfiabatnva. Hal Demikian diakuinya kadang dianggapsedikit repot tapi memiliki manfaat yang besar. "sesuatu yangdimusyawarahkan ter/ebih dohutu, hasilnya akan lebih balk", terangBapakdari 3 anak ini.

Tugasyang diemban saat ini tidaklah ringan, setiap tahun setidakmyaada 6 (enam) kegiatan bersekala nasional-kenegaraan yangharusdilaksanakan. Peringatanhari-hari besar Islamyang rutindihadiri Presiden RI menjadi tanggungjawabnya. Selain itu,

bidang penerbitan dan naskah rekaman dan siaran keagamaanmelengkapi wilayah kerjanya. Kondisi kesehatan yang dialaminya

tidak menyurutkan tekatnya untuk mensukseskan setiapprogram yang dinahkodainya. Baginya, kerja timmerupakan kunci utama dalam setiap pekerjaan. "setiaporang memiliki kelebihan serta kekurangan, kerja timadalah do/am rangka saling mengisi agar tujuan kitabersema dapat dicapai dengan beban beret soma dipikulrinqan soma dijinjing", ungkapnya saat ditemui diruangkerjanya.

Kepada bimasislam, dirinya mengaku sangat mencintaipekerjaannya saat ini, juga keluarganya. Tanggungjawabsebagai pimpinan di Kantor dan tulang punggung keluargadianggapnya merupakan anugrah dan tanda cinta Tuhan

kepadanya.

Ditanya mengenai obsesi kedepan sebagaiKasubdit Publikasi Dakwahdan HBI, dirinya mengungkapkan keinginannya, saat ini dirinyasedang merancang suatu sistem pelaksanaan dan Peringatan HariBesar Islam yang efektif, kreatif dan dapat dirasakan masyarakatumum. "Soya ingin, kedepan pelaksanaan dan peringatan HBIharusdilakukan de{)gane!ekti!, sekreatlf mungkin serta tepat sasoran vaitumasyarskat secoro luos", ujar Muhaimin saat ditemui diruangkerjanya.

Lalu, langkah apa yang sudah dilakukan selama ini? Mantan KepalaSeksiini mengutarakan, bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan,kajian dan pendataan tehadap para calon pengisi acara-acarakenegaraan. Kedua, dirinya sedang menyiapkan modul-panduanpenyelenggaraan hari besar Islam dari tingkat daerah hingga pusat.Dan Ketiga, selalu melakukan koordinasi dengan berbagai instansi,seperti Kemenlu, PihakKeamanandan PihakIstanaNegara.

Selain itu, Muhaimin bertekad melanjutkan penerbitan Jurnal BimasIslam (JBI) yang sudah menginjak tahun ke-B. "soya berharap kedepan, Jurnal Bimas Islam menjadi referensi utama bagi para pelakudakwah, khususnya penyuluh agama Islam di seluruh Indonesiadalam melakukan tuqasnva", pungkasnva.Saat ini, PakMuhaimin memiliki seorang Istri bernama Siti Rehavah.Putri pertamanya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di salah satuKementerian dan sedang menyelesaikan S2di Universitas Indonesia,putra kedua telah menyelesaikan studi di SekolahTinggi AdministrasiNegara (STAN)dan putra sulungnya masih duduk dibangku SekolahMenengah Pertama (SMP)(syamsuddin/!oto:bimasis/am)

hobi main sepakbola ini selalu menjunjung nilai-nilai kepesantrenan, diantaranyakesantunan, hormat terhadap sesama clan tawadhu kepadapimpinan serta setiap orang yang dianggapguru.

PakMuhaimin, demikian para karyawan di lingkungan KementerianAgama menyapanya. Selain humoris, keramahan serta masa kerjayang sudah menginjak 32 tahun menjadi alasan dirinya sangat dikenai dan dihormati banyak pihak, baik pejabat maupun karyawanbiasa.

Lingkungan para Santri dan Kampus ternyata cukup memberi warnadalam kehidupannya. Pertama, Tumbuh dan berkembang dibawahbimbingan orang tua yang notabene seorang Kyai Kampung,Muhaimin dididik ilmu-ilmu agama yang sangat tradisional dandisiplin tinggi. Sebagaiseorang santrl, sejak masih duduk di bangkuMadrasahn Aliyah Negeri Kalibeber, Pak Muhaimin sudah harusmenemani sang Ayah dalam melaksanakan bimbingan keagamaanditempat kelahirannya. Sikap tawadhu senantiasa dipraktekkandimanapun berada, termasuk di Kantor.

"Apapun yang kita /akukansebagai seorang pegawai harus seizin danspengetahuan pimpinan karena ini kontor", begitu kalimat yangpopular dikalangan Staff nya. Budaya gotong-royong-kebersamaanyang menjadi cirikhas para santri, pun demikian dengan dirinya,selalu menekankan akan pentingnya kebersamaan-kerja-tim dalamsetiap program dan kebijakan yang dibuatnya.

Kedua,dunia kampus juga memberi pengaruh cukup kuat, daya kritisdalam setiap hal yang dihadapi serta mengedepankan musyawarah

Profil kita kali ini menampilkan sosok KepalaSubdirektorat PublikasiDakwah dan Hari Besar Islam (HBI), Direktorat Penerangan AgamaIslam, Drs. H. Muhaimin. Mulal mengabdi sebagai pegawaiKementerian Agama sejak 1 Mafet tahun 1983, setelah beberapaperiode di Didirektorat PeneranganAgama Islam,Muhaimin muda menapaki karir di DirektoratUrusan Agama Islam (sekarang Urais danBinsyar). Pada tahun 2012 dirinya dilantiksebagai Kasubdit Publikasi Dakwah dan HBIoleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama,Bahrul Hayat, Ph.D.

Di dusun Sumberwulan, Kec. SelomertoWonosobo, sebelah selatan pegununganDieng, Muhaimin dilahirkan, tepatnyapada tahun 1962. Lahir dandibesarkan di keluarga santrimenjadikan pria yang

DRS. H. Muhaimin

Profil

Page 3: Edisi XVIII, Agustus 2014

Peraturan Menteri Keuangan No 81Tahun 2012tentangBelanja Bantuan So sial Pada KementerianNegara/Lembaga, dengan memperluas definisi bantu ansosial yang mengakomodir organisasi keagamaan danjika perlu membuat akun baru dalam Standar AkuntansiPemerintah. Begitupun di daerah, Peraturan MenteriDalam Negeri No 32 Tahun 2011 tentang PedomanPemberian Hibah dan Bantuan Sosial Yang BersumberDari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah perludiperjelas implementasinya, sekurangnya melalui suratedaran Menteri Dalam Negeri, yaitu terkait bantuanhibah dan bansos kepada lembaga dan organisasikeagamaan yang ditentukan oleh peraturan perundang­undangan atau berdasar kebijakan, atauKedua, membuatregulasi atau payung hukum terkait dengan bantuankepada organisasi keagamaan, termasuk di dalamnyabantuan rumah ibadah dalam kondisi di luar kejadianbencana. Dalam kaitan ini perlu diterbitkan PeraturanMenteri Agama tentang belanja hibah dan bantuan sosialkeagamaan pada Kementerian Agama yang selama initelah berjalan, narnun belum ada regulasi yangdipedomani untuk Kementerian Agama.

"Supaya lebih aman dan memiliki kepastian hukum,pemerintah seyogyanya melengkapi payung hukumdirnaksud. Tak ada salahnya negara melalui dana APBNmembantu organisasi keagamaanmengingat perannyayang strategis dalam melahirkan negara ini, membentukkarakter bangsa serta memperkuat fondasi kehidupanbemegara yang berdasar Pancasila. Para anggota KomiteStandar Akuntansi Pemerintah (KSAP) dalammerumuskan akun keuangan negara perlu memahamikonteks bantu an negara dari perspektif yang luas. Dadsegi karakteristik historis, sosiologis dan skalakebutuhannya, organisasi keagamaan umat Islam tidakbisa dijauhkan dari negara. Jangan karena yang lain tidakdiberi, maka dihapus semua. Ini dapat menimbulkankekecewaan umat." pungkas Fuad Nasar mengakhiriketerangannya kepada bimasislam. (mJnIJoto:indopolitika)

bimasislam.kemenag.go.id

"Sampai saat ini hanya bantuan untuk Badan WakafIndonesia (BWI), BAZNAS pusat, dan Masjid Istiqlalyang bisa dicairkan. Bantuan pemeliharaan MasjidIstiqlal bahkan sempat dipermasalahkan walaupunmasjid negara. Sementara bantuan yang ditangguhkancukup banyak, di antaranya bantuan operasional untukMajelis Ulama Indonesia (MUI), ormas Islam, BadanPenasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan(BP4), bantuan pembangunan masjid, bantuan biayaoperasional BAZNAS daerah, dan juga honor penyuluhagama honorer" ,imbuhn ya.

Fuad Nasar menilai Peraturan Menteri Keuangantentang Belanja Bantuan Sosial belum mengakomodirkebutuhan riil di masyarakat. Menurutnya, "Langkahpemerintah yang menertibkan bansos agar tidak menjadilahan korupsi di pusat maupun di daerah perludidukung. Namun jangan kontraproduktif sehinggamenjauhkan umat Islam dari sumber-sumber pendanaannegaTa. Dengan regulasi yang dikeluarkan.seolahmenafikan organisasi keagamaan dan fungsi-fungsiagama di tengah masyarakat di luar sektor pendidikanyang perlu mendapat bantu an dan difasilitasi olehnegara dari uang rakya t dalam hal ini APBN."

Untuk itu, ia menawarkan solusi, pertama, revisi

Jauhkan Umat dari Sumber Pendanaan Negara, Regulasi Bansos Perlu Direvisi

Jakarta,bimasisiam- Sejak keluarnyaPeraturan Menteri Keuangan RI No81 Tahun 2012 tentang BelanjaBantuan Sosial Pada KementerianNegara /Lembaga, maka batasanpengalokasian anggaran belanjabantu an sosial semakin rigid karenadibatasi hanya untukpenanggulangan risiko sosial, yaknikejadian atau peristiwa yang dapatmenimbulkan potensi terjadinyakerentanan sosial yang ditanggungoleh individu, keluarga, kelompok,dan/ atau masyarakat sebagaidampak krisis sosial, krisis ekonomi,krisis politik, fenomena a1am, danbencana alam yang jika tidakdiberikan belanja bantuan sosialakan semakin terpuruk dan tidakdapat hidup dalam kondisi wajar.

Menurut Wakil Sekretaris BAZNAS M. Fuad Nasar,"Organisasi keagamaan umat Islam sekarang dan kedepannya akan sulit terima bantuan dari dana APBNsejak keluarnya Peraturan Menteri Keuangan tersebut.Sebagai contoh, hasil review Badan Pengawas Keuangandan Pembangunan (BPKP)dengan Kementerian Agamaterkait bantuan sosial sesuai dengan surat edaranMenteri KeuanganNo S-220/MK/02/2014 tertanggal10April 2014merekomendasikan seluruh alokasi bantuansosial non-pendidikan pad a Kementerian Agamaditangguhkan sampai dengan diterbitkannya regulasiterkait."

Page 4: Edisi XVIII, Agustus 2014

bimasislam.kemenag.go.id

dan Mendekatkan Diri kepada Allah Swt. Pejabatsekaligus akademisi yang masuk dalam The Most 500Influental Muslim in theWorld selama tiga tahun berturut­turut itu memang seorang akademisi yang produktifmenulis. Saat ini, sekitar 17000 artikelnya yang tersebardi berbagai media sedang dalam tahap editing dan siapditerbitkandalam 17judul buku.

Dikatakan Nasaruddin, setiap hari dirinya selalumenulis minimal 10 halaman, dan ia menyisihkanwaktu hanya tiga jam untuk tidur. Ia menulisantara tahajjud hingga menjelang Shubuh. Darimenulis itulah, Wamenag mengaku memperelehuang untuk menghidupi diri, keluarga, danadik-adiknya "Dengan menulis, saya bisamenghidupi keluarga dan adik-adik."Menteri Agama Lukman Hakim Saifudinmenyambut baik kehadiran buku-bukukarya Nasaruddin. Dalam sambutannya,mantan pimpinan MPR itu memberikan

apreslasl yang tinggi kepada Wamenag yang diselakesibukannya sebagai pejabat Negara, masihmeluangkan waktu untukmenuangkan gagasan briliandalam bentuk buku.

"Buku rekan sejawat saya, Pak Nasaruddin Umar,menjadi a1'gumen akademis tentang perlunya tafsiragama yahg moderat, sebagai paham keberagamaanyang tepat untuk bangsa Indonesia. Semoga PakNassaruddin diberi kekuatan dan kesehatan agarsenantiasa dapat memberikan sumbangan pemikirannyademi kemajuan bangsa. Penulisan kelima buku inimengukuhkan Pak Nasaruddin Umar sebagai seorangpenulis yang produktif, inovatif, dan inspiratif sebagaiseorang akademisi." paparnya. (Ska/joto:bimasisiam)

Jakarta, bitnasislam - Wakil Menteri Agama,Prof.Dr.Nasaruddin Umar, meluncurkanlima buku sekaligus yang mengusung temaTasawuf, Gender, dan Deradikalisasi (Tafsir Agama, Selasa (19/8) di HotelSultan, Jakarta. "Menulis adalah bahagiandari hidup saya," kata Nasaruddink e tik a me m be r ik a n

sambutan dalamtersebut,

Hadir di antaraundangan sej um Iahtokoh nasional dan paraMenteri KabinetIndonesia Bersatu,seperti MenteriAgama LukmanHakim Saifuddin,Menko PerekonomianChairul Tandjung, Mendikbud Muhammad Nuh,Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, ManakertransMuhaimin Iskandar, [aksa Agung Basri Arief, danKepala Bappenas Armida Alisyahbana. Tampak hadirjuga para Wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu,Pakar Tafsir Quraish Shihab, mantan ibu Negara ShintaNuriyah Wahid, Mantan Menag Suryadharma Ali,aktivis Yenny Wahid1 Ketua PB U Said Aqil Siradj, danJajaran Pejabat Kementerian Agama.

Kelima judul buku yang di-launching berjudulDeradikalisasi Pernahaman Al Quran dan Hadis,Mendekati Tuhan dengan Kualitas Feminim, Ketika FiqhMembela Perempuan, Menuai Fadhilah Dunia MenuaiBerkah Akhirat, dan Tasawu£ Modern [alan Mengenal

Luncurkan Lima Buku, Wamenag: Menulis Bagian dari Hidup

Sesuai dengan ketentuan dalam PP Zakat, calon anggotaBAZNAS adalah mereka yang merniliki persyaratanminimal, yaitu WNI, beragama Islam, bertakwa kepadaAllah, berakhlak mulia, berusia paling sedikit 40 tahun,sehat jasmani dan ruhani, tidak menjadi anggota parpol,memiliki kompetensi di bidang pengelolaan zakat, dantidak pernah dihukum pidana selama 5 tahun.

[umlah anggota BAZNAS sebanyak 11 orang yang terdiridari ulama, profesional, tokoh masyarakat sebanyak 8orang, dan 3 orang dari perwakilan dari Kemenag,Kemendagri, dan Kemenkeu, (thobib/joto:bimasislam)

Selain itu, syarat yang harus dipenuhi adalah yangbersangkutan tidak pernah dijatuhi hukuman pi danaberkekuatan hukum tetap dengan hukuman 5 (lima)tahun dan tidak menjadi pengurus dan menjadi anggotapartai politik. "Syarat ini mutlak adanya agar BAZNAyang mengelola aset umat tidak menjadi ajangkepentingan politik, atau penyalahgunaan demikelompok tertentu", tegas Djamil.

an amanatUndang­undang danPP tentangZakat,Menag telag

membentuk Timsel (Tim Seleksi) dan segera melakukanrekruitmen calon anggota BAZNAS yang baru menyusulberakhirnya masa bhakti kepengurusan saat ini yangdiketuai Prof. Dr. Didin Hafidhuddin. Salah sataupersayaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggotaBAZNAS adalah tidak pernah dinyatakan pailit atautidak pernah menjadi pengurus perusahaan yangmenyebabkan perusahaan tersebut pailit. Dernikiansalah satu kesimpulan dalam rapat Timsel BAZNASyang dipimpin oleh Prof. Dr. Abdul Djamil, MA dalarnRSDitjen Bimas Islam lantai 6,Gedung Kemenag, Jakarta

Syarat Calon Anggota BAZNAS Harus Tidak Pernah Dinyatakan Pailit!Jakarta, 6(22/8).bimasislam -U n t u kmelaksanak

Page 5: Edisi XVIII, Agustus 2014

Peraturan Menteri Agama No. 24Tahun 2014, diharapkan mampumengem balikan keperca y aanpublik. "Potret dari Kemenag sangatdipengaruhi kiprah KUA di setiapkecamatan. Setelah ke luar nyaregulasi tersebut, KUA diharapkantampil lebih baik, bebas dari

; gratifikasi dan pungli" ujarnya.

Menu rut Kasubdit PemberdayaanKUA, M. Adib Machrus, ada hal yang berbeda dalampemilihan KUA Teladan tahun ini, dibandingkansebelumnya. Pertama, pemilihannya dilakukan dengansidang terbuka dalam penentuan pemenang. KUA yangmendapat sepuluh besar menghadapi penguji I DirjenBimas Islam, penguji ITInspektorat [enderal, dan pengujinr Di:rektur Urais. Seluruh peserta menyaksikan jalannyawawancara dan turut mengukur kernampuan masing­masing peserta. Kedua, KUA terpencil mendapatpenghargaan Menteri Agama atas dedikasi danpengabdiannya, urainya.

Hadir dalam acara tersebut Ibu Trisna Willy LukmanHakim, Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umardidampingi Hj. Helmy Nasaruddin Umar, SekjenKementerian Agama Nur Syam, Pgs Dirjen Bimas IslamAbdul Djamil, Ketua Dewan Juri Keluarga SakinahAhmad Mubarok dan Di:rektur Urusan Agama Islam danPembinaan Syariah Muchtar Ali selaku Ketua Dewan Juripemilihan KUA Teladan. (thobib/foto:bimasislam)

bimasislam.kemenag.go.id

Jakarta, bimasislam- Dalampenyelenggaraan Pemilihan KUATeladan Nasional 2014 di GrandCempaka Hotel Jakarta, KUAPiyungan, DIY, ditetapkan sebagaipemenang pertama denganmenyingkirkan 32 KUA perwakilanprovinsi se-Indonesia (17/8). KetuaDewan Juri, Muchtar Ali,mengumumkan, Ali Naseh dariKUA Piyungan D1 Yogyakarta.Sedangkan Ifdal, dari KUA Guguk Panjang, SumateraBarat, menempati posisi kedua, dan Shaifuddin Fuadydari KUA Shamtalira Aron, Aceh, menempati urutanketiga.

Dalarn sambutan puncak penganugerahan KUA Teladan2014 tersebut, Menteri Agama, Lukman HakimSaifuddin mengatakan, bahwa Kantor Urusan Agama(KUA) merupakan etalase Kementerian Agama. "KUAadalah wajah Kemenag. Karena itu,KUAharus konsistendengan misi Kementerian dengan terus meningkatkankualitas pelayanan kehidupan umat beragama. Sayaberharap, dengan keluarga para pemenang KUATeladan ini bisa menjadi motivasi kepada KUA yang lainuntuk meningkatkan layanan kepada masyarakat", pintaMenag.

Selain itu, imbuh mantan pimpinan MPR ini, KUA harusberupaya meningkatkan good governance. Apalagidengan terbitnya PP Nomor 48 Tahun 2014, dan diikuti

Selamat, KUA Piyungan DIY Jadi Jawara Pemilihan KUATeladan Nasional 2014

Pria yang sudah menjadi penyuluh sejak 2009 inimengatakan bahwa aplikasi "Mimbar Penyuluh" dapatdiunduh dengan mengetik "Mimbar Penyuluh" padakolom "search" di menu plays tore, selanjutnya aplikasiterse but bisa langsung dipasang pada handphone denganspesifikasi yang mendukung sistem android.(ska/foto:bimasislam)

11< ' .

..••• .~• ......

. - .. PASANG .. .-

Mimbar PenyuluhPAS CREATIVA

Jakarta, bimasislam - Perkembangan era teknologiinformasi berjalan sangat cepat. Di era teknologiinformasi saat ini semua orang dapat memperolehinformasi secara cepat dan serna kin beragam.Perkembangan teknologi informasi ini juga telahmenyentuh ranah pelayanan Penyuluh Agama Islamkepada masyarakat, seperti yang dilakukan oleh JudiMuhyiddin, seorang penyuluh agama Islam diKabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang membuat aplikasi"Mimbar Penyuluh" pada sis tern operasi ponselberbasisandroid.Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah al-Hikmah,Mampang, Jakarta, ini membuat aplikasi tersebutdengan motivasi untuk memanfaatkan kecanggihanteknologi informasi sebagai sarana penyuluhan agamaIslam kepada masyarakat.

Menurut Judi, di era sosial media seperti saat ini, polakomunikasi masyarakat mengalami perubahan yangsignifikan, dan internet menjadi referensi yang tidak bisadilepaskan oleh masyarakat dalam memperolehinformasi. Pria kelahiran Sragen, 3 Desember 1978 iniberharap aplikasi "Mimbar Penyuluh" dapat diunduholeh masyarakat guna mendapatkan informasi yangLebihcepat dan akurat tentang Agama Islam.

Kreatif, Penyuluh Agama Islam di Bekasi Membuat Aplikasi Mimbar Penyuluh pada OS Android

Page 6: Edisi XVIII, Agustus 2014

blmasislam.kemenag.go .d

Iakarta, bimasistam - Semakinketatnya kebijakan penggunaananggarai1 negara terkait bantuansosial dalam lingkup kegunaanyang mengandung risiko sosial,tidak mengurangi komitmenKementerian Agama untuk tetapmengalokasikan bantuan danaAPBN setiap tahunnya untukMasjid Istiqlal yang merupakanmasjid negara. Risiko sosialseharusnya dipahami tidaksebatas bencana, Namun MasjidIstiqlal diharapkan dari tahun ket ahun sel al u rnenjaga danmeningkatkan perfo.rmaakuntabilitas la p o r a npenggunaan b~ntuanoperasional kepada Kementerian Agama. Masjid Istiqlalsebagai masjid negara dan masjid percontohan perluterus mengembangkan fungsi masjid sebagai pusatibadah mahdhuh. dan pusat pemberdayaan umat melaluiberbagai kegiatan yang dikelola, Demikian harapan yangdisampaikan Pgs Direktur Jenderal BimbinganMasyarakat Islam Prof. Dr. Abdul Djamil, MA dalamacara penandatanganan Berita Acara Serah TerimaBantuan Operasional Masjid Istiqlal di KementerianAgama J1.MH Thamrin 6Jakarta (5/8).

Dalam kesempatan itu Dirjen didampingi SekretarisDitjen Bimas Islam PrG£. Dr. Muharnmadiyah Amin,M.Ag, Direktur Urusan Agama Islam dan PembinaanSyariah Dr. Muchtar Ali, M.Hum, DirekturPemberdayaan Zakat, serta pejabat dan staf terkait padaDirektorat Urais dan.Bimbingan Syariah.

Dalam tahun anggaran 2014 Masjid Istiqlal mendapatbantuan operasional sebesar Rp 15 Milyar. [umlah initurun dibanding tahun2013 sebesar Rp 22 M:i1yar.

Ketua Pelaksana Badan Pengelola Masjid Istiqlal, B.Mubarok, M.si, dalam kesempatan itu menyampaikan,bahwa bantuan operasional dari Pemerintah melaluiKementerian Agama (Ditjen Bimas Islam) dimanfaatkanuntuk kebutuhan-kebutuhan utama masjid dan biayapemeliharaan masjid kebanggaan umat Islam Indonesiayang telah berusia setengah abad itu.

Menurut mantan Dirjen Bimas Islam danPenyelenggaraart Haji dan Sekjen Kemenag ihl, MasjidIstiqlal selalu menjadi kunjungan tamu-tamu negaramengU1.gat posisi masjid te:rbesar di Asia Tenggara inisebagai ;rlandmark Indonesia" dan !'icon kebangsaan"urnat Islam Indonesia., dan sekaligus "etalaseKementerian Agama".

Sekilas sejarah Masjid Istiqlal, SQlichin Salam dalambuku Masjid Istiqlal menulis, pada tanggal 7 Desember1954 terbentuk Pengurus Harian YayasanMasjid Istiqlal,dengan Ketutl Umum H. Anwar Tjokroamin0to.Pembentukan Yayasan Masjid Istiqlal merupakan

Komitmen Kemenag Membantu Biaya Operasional Masjid Negara

kesepakatan dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 200orang ularna dan tokoh-tokoh Islam seluruh Jakarta Rayadi bawah pimpinan KH. Taufiqurrahman (tokohMasyumi).

Pada 22 Februari 1955 diumumkan melalui surat kabarSayernbara Rencana Cambar Masjid Istiqlal. KetuaPanitia Sayembara ialah Mr. Assaat (mantan PresidenNegara Bagian RI yang berkedudukan di Yogyakarta,dulu Ketua Panitia Pembangunan Masjid Syuhada), danKetua Dewan Juri Presiden Rl h:. Soekarno. I?eIh~narrgpertama sayembara, arsitek F. Silaban, memakai sandi"Ketuhanan". Pemenang kedua, R. Oeteyo, memakaisandi "Istighfar". Pemenang ketiga Hans Groenewegertdengan sandi "Salam". Pemenang.keempat dan kelima,masing-masing lima orang 'Mahasiswa ITB, memakaisandi "Ilham' , dan tiga ora.ng Mahasiswa ITB>memakaisandi "Khatulistiwa". Dewan Juri memutuskan karyaarsitek F. Silaban sebagai pemenangj. dengan catatangambar tersebut harus disernpurnakan.

Pemancangan tiang pertama Masjid lstiqlal dilakukanoleh Presiden Soekamo dalam upacara resmi, Kamis, 24Agustus 1961. Pembangunan Masjid Istiqlal berjalanlambat dan terhenti sampai jatuhnya pemerinfahanSoekarno (Orde Lama). Panitia. Pembangunan Masjidyang ditetapkan dengan Keputusan Presiden RIbeberapa kali diganh. Sampai tahun 1969 bangw-~anmasjid masih merupakan pilar-pilar beton yang tegakberdiri tanpa atap. Pembangunan Masjid Istiqlaldilanjutkan pad<i masa pemetintahan Orde Baru.Presiden Soeharto turun tangan selaku Ketua PenyantunMasjid fstiqlal dengan menyediakan anggarabpembangunan sejak Pelita Ihingga Pelita II.

Peresmian penggunaan Masjid Istiqlal oleh PresidenSQeharto pada tanggal 22 Fehruari 1978. Sebelumperesmrannya, untuk pertama kalinya Presiden Soehartobersama paTa menteri danxibuan uIttat Islam di Jakartatelah melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid. Istiqlalpada tanggal 30 November 1970 (1 SyaWal 1390)(mfns/fpto:mfns)

Page 7: Edisi XVIII, Agustus 2014

bimesisl fl1 kemenag.go id

lanjutnya.

Penerima gelar Datuk Rangkayo Basadari masyarakat adat Minang inimengatakan munculnva sirnpatisanISIS di Indonesia merupakan bentukdari intervensi nilai luar terhadapnilai luhur bangsa Indonesia, dimananilai-nilai luar itu be.gitumudahnya diserap olehsebagian masyarakat. Dalamhal ini, menurut Rani, ulamadan umara merupakan duas~si mata utahg yang takdapat dipisahkan, keduanya 'perIu bersinergi dalammenjaga kehidupan,befbangsa dan bernegara.(.skalfoto:bimasislam)

Jakarta, bimasislam - Kepala 'Biro PeneranganMasyarakat Mabes Polri, Boy Rafli Amar mengatakanperan ulama sangat penting guna mencegah munculnyapengikut kelompok Islamic State afIraq and Sham (ISIS)diIndonesia. Hal tersebut disampaikan [enderal bintangsatu itu pada Silaturahim dan Seminar Nasionalmenzenai Fenomena ISIS, di Auditorium KernenterianI:)

Agama, Jakarfa, Sabtu (9/8).

Pria penerima penghargaan dari Perserikatan Bangsa­Bangsa (PBB)dalainBidangPerdamaianitu mengatakan,peran ulama menjadi sangat pentingkarenaharus diakuiISIS mem1&awa sentimen agama. Dikatakan Rafli,sekalipun pendu](ung· ISIS di Indonesia hannyasimpatJsan daIi kelompok-kelompok lama, iamengkhawatirkan mUhculnyoa simpatisan bam yangkemudian betgabung tnenjadi kelompok rqd~kal."Disitulah peran ulama menjadi sangat penting gunamembimbing umat memahami agama Secara benar"

Boy Rafli Amar: Peran UI8ma Penting Cegah Pengikut ISIS

Bin menambahkan, fenemena ISIQ yang tengahrnerebak, sebenarnya bukanlah hal baru, ISIS adalahbentuk baru radikalisme yang sebelumnya sudah eksis,Menurutnya, kemunculan ISLS selain disebabkar, olehfaktor internal. perbedaan pemahaman keagamaan, jugaseba'gai dampak pnlitik global, terutama masihterjadinya berbagai penindasan terhadap dunia Islam.

Terkait upaya pen~eg.,q.han, Din meny atakankemitmentnya bersama ormas-ormas Islam untukbersama-sama pernerintah melakukan peneegahan atasberbagai potensi mUlJ~ulhya"radikl:llisme, terroasuk ISIS,dan melakukan pembinaan kepada eks kelomp.okradikal. Namun Din berharap pemerintah membenikan<:latavalid ter)_<aitnama-nama kelompok-kelDmpok yangdisinyalir eks mujahid Afghanis,tan dan lainnya,sehingga dapat diberikan pembinaan.

"Ormas Islam siap beketjasama dehgan pemerinish. meredsm.radikal:ismr. TlmIllnya kami juga hatus diberiktl'li akses aandata terkait kelompak-kelommpok -radika! terseuuf",pungkasnya.

Din yang juga Ketua Umum FP .Muhammadiyah,merigajak seluruh urnat Islam di dunia urrtukmel.1gurangi konflik internal, melakultan dialog gunameredam patensi konflik, Karena Islam yang" kuat takbisa d ib a n'g u n di atas p e r p ec a h a n .(kangjeje/f6to:bimasislam)

Jakarta,bimaslslam - Munculnyagerakan Islamic State ofIrak and Syria (ISIS)yang mendeklarasikannegara Islam, telahmenimbulkank e k h a w at ir a n di

kalangan umat Islam. Hal ini tak lepas dad carakekerasan yang mereka pilih dalam memperjuangkanberdirinya khilafah. Sebagaimana diberitakan berbagaiinedia, IS1~ tak segan-'segan membunuh siapapun yangmenolak dan menentang gerakannya, Akibatnyaberdampak padatimbulnya stigme-negatif bagi Islam.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonenesia (MUI)mettegaskan dalam paparanrrya sebagai keynote speakpada seminar Nasional terkait ISISyang diselenggarakanKementerian 1\gama, Sabtu (91'8), bahwa radilealismeyang mentasnamakan Islam sangat berdampak negatifbagi citra Islam. Radikalisme telah mencederai prinsip­prinsip IsIam rahmatan lil'alamin, menumbuhkanketakutan terhadap Islam.

"Islam menfllak segala ventuk penindasan dan kesewenang­wenangan. Karena Islam menjunjung tinggi nilai~nill1irahmaum lil' alamin. 'Nah, seg.alC/fp,Fodukmdikalisrne sec;praprim;ip berteniangan dengan Islam rahmasan lil'alamin",tutumya.

Din Syamsuddin: Tolak Kesewenang-wenangan, ",Radikalisme Bertentanqan dengan Islam Rahmatan Lil-Alarnirt

Page 8: Edisi XVIII, Agustus 2014

bimasislam.kemenag.go.id

menurutnya. Oengan dana bantuan tiap provinsi sebesar200 juta yang dimasukkan dalam anggaran Tahun 20~5nanti dan didistribusikan lewat Badan Wakaf Indonesia(BWI), diharapkan bisa menstimulasi pemberdayaantanah wakaf di NTB, ucapnya. Apalagi, di NTB ini telahberdiri Asosiasi Nadzir.

Acara yang diadakan di Hotel Grand Legi Lombok inidiikuti oleh 50 orang peserta yang datang dari unsurNad zir. Pengusaha, juga Investor. Acara inidiselenggaraka11 dalam rangka memaksimalkanpemberdayaan tanah wakaf dengan mencari gagas.andan peluang investasi. agar tanah wakaf tersebut bisasegera dirasakan manfaatnya bagi kesejahteraan umat,demikian jelas Muhajir saat diskusi waktu istirahatdengan bimas Islam. (edijun/foto:bimasislam)

Kakanwil NTB: Nazhir Kunci Utama Pemberdayaan Wakaf

Lombok, bimasislam= Oirektorat Pemberdayaan Wakafsejak hari Karnis (28/8) sampai Sabtu (30/8)menyelenggarakkan Serniloka Peluang KernitraanInvestasi Wakaf diMataram. Acara yang bertema "RaihPeluang Investasi Kemitraan untuk Kesejahteraan Umat"ini dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Nusa TenggaraBarat M. Usman. Dalam sambutannya Usmanmenegaskan, "Kunci utama pemberdayaan wakaf ituterletak pada Nazhir". Jangan pernah berharapmendapatkan peluang investasi yang baik bilaNadzirnya tidak profesional dan arnanah, imbuhnya.

Yang harus disadari, ingat Kakanwil, wakaf merupaka~salah satu potensi ekonomi nasional dan potensiswadaya umat yang besar. Di NTB sendiri, urainya,terdapat 359 tanah wakaf. Sebagian di antaranya masihada yang belum bersertifikat. Namun yang me.njadipersoalan utamanya adalah kualitas Nadzi~, yangsebagian besar masih bersifat tradisional dan ditanganisecara personal. Semoga dengan acara ini bisa dibenahisecara bertahap dan dimaksimalkan potensi wakaf diNTBini khususnya, harap Kakanwil.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit PemberdayaanWakaf Ahmad Muhajir Al-Chadri menjelaskan bahwapotensi ekononi wakaf Indonesia cukup .tinggi. Menuru~data tahun 2013, jumlahnya mencapai 414.848 lokasidengan luas 3.993.538.789M2. Begitu juga di NTB ini,

Page 9: Edisi XVIII, Agustus 2014

"Watak dari Civil Law itu bahwa hukum yg dibuatberdasarkan kodifikasi hukum yg dilakukan lembagalegislatatif. Sedangkan hukum Common Law dibuatberdasarkan adat/ tradisi yg berlaku dalam masyarakatdan keputusan .hakim, Pad a mulanya, sistem hukum initidak tertulis. Contohnya adalah di Singapura danMalaysia yang dijajah Inggris, dimana hukum cambukyang berlaku di masyarakat hingga kini masihditerapkan", tutupnya. (thobib/foto:hukumonline)

Socialist Law. Hukum ki tamenganut sistem CivilLaw,yaitu sistem huk urnEro p a-Korit ine n t al , yangbanyak diterapkan di negara-negara Eropa daratan danbekas jajaharmya (sepertiIndonesia yg menerapkanCivil Law yg dibawa Belanda).Sedangkan Common Law,disebut juga Case Law atau

sistern hukum Anglo­Sakson, diterapkan diInggris dan negara­negara bekasjajahannya, katanya.

bimasislam.kemenag.go.id

Lebih lanjut mantan abdi hukum di MahkamahKonstitusi ini, bahwa ada empat sistemhukum di dunia,yaitu Civil Law, Common Law, Islamic Law, dan

Jakarta, bimasislam - "Syariah itu justru menyuruh kitauntuk berhukum secara adil. [ika ada peraturanperundang-undangan yang diskriminatif, berartibertentangan dengan Pancasila dan juga Syariah".Demikian dikatakan oleh Taufiqurrohman Syahuri,Komisioner Komisi Yudisial (KY)dalam pengarahannyapada kegiatan Rakornas Penyusunan PeraturanPriorotas di Lingkungan Bimas Islam, yangdiselenggarakan oleh Bagian Ortala dan KepegawaianSetelitjen Bimas Islam di hotel Sari Pan Pacific,Jakarta (15/8).

"Jika kita cermati, dalam hukum pidana diIndoensia, sesungguhnya tidak ada yangbertentangan dengan hukum Islam.Spirit hukum p idana kita tidakbertentangan dengan Syariah. Hukurn pi dana danSyariah tidak bertentangan dalam hal larangan",tegasnya. Contoh, imbuhnya, hukum pidana melarangmencuri, berzina, mengbina orang lain, membunuhorang, dan lain-lain. Yang rnembedakan adalah bentukdari sanksi dan masing-masing negara memiliki bentuksanksi atas pelanggaran pi dana.

TaufiqurrohmanSyahuri: Syariah Suruh Kita Berhukum Secara Adil

berbasis IT. "Bimas Islam telah mengeluarkan kebijakanlayanan publik berbasis IT dengan SIMBI melaluiregulasi Juknis Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi(PID) dan SIMBI Pusat dan Daerah. Dengan regulasi iniharusnya tidak ada lagi yang meragukan regulasi SIMB!.Regulasi ini dapat dijadikan rujukan dalampenganggaran", ujarnya.

Lebih lanjut Amin menambahkan, bahwa Ditjen BimasIslam telah menjadikan SIMBI sebagai program prioritasmulai tahun ini, tahun 2015 dan selanjutnya masukdalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang mendapatalokasi anggaran. IIKetika kami RDP dengan Komisi VIII,anggota dewart bertanya kenapa Bimas Islammenjadikan, program IT sebagai program utama, kamimenjawab iya karena tugas Bimas Islam sangat luas yangmembutuhkan dukungan IT. Bimas Islam saat ini, bukankarena GK adalah Satker Eselon I yang terbaik elilingkungan unit Eselon I Kementerian Agama", jelasnya.

Namun, imbuh Amin, masalah mendasar saat ini adalahsoal SDM yang berkapasitas, khususnya eli KUA. Dibeberapa KUA pada provinsi tertentu, jumlah SDM nyasangat banyak, sementara provinsi lain atau daerah lainsangat minim. "Dengan keterbatasan SDM ini janganmembuat kita berhenti untuk mengembangkan SIMB!.J(i~:l hares jala.i teru.s, c,,,.;.. insya Ai):;th k1"ca akanberhasil", tutup mantan rector IAIN Gorontalo ini.(thobib/foto:bimasislam)

Jakarta, b imas isl am - Untuk mempercepatpengembangan Sistem Infonnasi Manajemen BimasIslam (SIMBI) eli seluruh Indonesia, Ditjen Bimas Islammenyelenggarakan Training of Trainer (TOT) SIMBIuntuk calon trainer S1MBJ di provinsi masing-masing.Kegiatan dilaksanakan eli hotel Treva International,Jakarta selama 3 hari (18-20/8). Peserta yang mengikutiTOT adalah para pejabat/ staff operator, baik di tingkatpusat, provinsi, kabupaten Zkota, atau KUA sebanyak 55orang.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Prof. Dr. H.Muhammadiyah Amin, MAg., mengatakan bahwaBimas Islam akan terus mengembangkan layanan publik

Ditjen Bimas Islam Selenggarakan TOT SIMBI Kemenag Provinsi Tingkat Nasional

Page 10: Edisi XVIII, Agustus 2014

bimasislam.kemenag.go.id

ruhani, lahiriah batiniah, feminim maskulin, duniaakhirat. Setelah antaar pasangan sudah klop, barulahmereka menyeleraskan pasangan dalam keJuarga",tegasnya.

Lebih lanjut Nasaruddin mengatakan, keberadaankeluarga sakinah sangat penting untuk membangun,SDM yang berkualitas. Sayangnya, fenomena kawincerai, dimana media elektronik sering mengeksploitasipublik figur yang gagal dalarn mengelola rumahtangganya. "[ika ada artis yang bercerai, media ramaisekali membincang. Media dari waktu ke waktumengulas konflik keluarga artis. Sebaliknya, sedikitsekali media yang mengekspos keluarga-keluarga

sa kinah yang berhasilmembina rumah tangganya.Mereka seharusnya dipubJishsebagai model keluarga yangpatut dicontoh karenamemiliki keshalehan sosialyang tinggi ill masyarakat",ungkapnya lugas.

Hadir dalam kegiatantersebut para pemenang KUATeladan tingka t provinsisebanyak 33 orang, danpemenang Keluarga SakinahTeladan Tahun 2014 sebanyak33 pasang (66 orang). Selainitu juga hadir Pgs. DirjenBimas Islam, Prof. Dr.Nasaruddin Umar, Direktur

Urais dan Binsyar, Dr. Muchtar Ali, MHum, serta DewanJuri dan tamu undangan Jainnya. Acara pembukaandimeriahkan oJeh Grup Nasyid An-Nabawie untukmenghibur para peserta dan menyemarakkan acara rutinini. (thobib/foto:bimasislnm)

Dalam sambutannya pada pembukaan kegatan tersebut,WakiJ Menteri Agama, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar,MA mengatakan bahwa "untuk mewujudkan keluargasakinah hams dimulai dengan menyelaraskan pasangandalam diri pribadi. Masing-masing pasanganberkepentingan untuk menyesuaikan pada jasmani

Jakarta, bimasisuun= Untuk kesekian kalinya,Kementerian Agama, dalam hal ini Di tjen Bimas Islammenyelenggarakan Pemilihan KVA dan KeluargaSakinah Teladan Nasional Tahun 2014. Kegiatan inidilaksanakan eli Hotel Grand Cempaka, Jakarta yangberlangsung mulai tangga 113sampai dengan 19Agustusnanti (13/8). Sesuai dengan agenda acara, seluruhpeserta, baik KUA Teladan dan Keluarga SakinahTeladan Tingkat Provinsi Tahun 2014 akan bertemudengan presiden RI pada puncak acara peringatanKemerdekaan RI, 17 Agustus 2014 di Istana Negara,bersama dengan Wakil Presiden dan menteri Kabinetlndoensia Bersatu (KIB)Jilid 2.

Wamen: Kasus Kawin Cerai Publik Figur Sering Dieksploitasi Media

Page 11: Edisi XVIII, Agustus 2014

Kec. Tanjungpinang Timur. Dirinya dibantu 1 (satu) penyuluh dan 3(tiga) orang staff. Angka nikah rujuk di KUA ini rata rata dalam satutahun mencapai 500-600 peristiwa nikah dan pada tahun 2013berjumlah 575 peristiwa nikah.

Secaraumum, kondisi sosio-ekonomi dan kultural masyarakat sangatdinamik-heterogen dengan campuranmasyarakat penduduk asli danpendatang dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 83.095jiwa. KUA Kec. Tanjungpinang Timur mengedepankan kompetensidan kapabilitas agarmampu memberikan pelayanan dengan baikdanmemuaskan. Warga Kecamatan Tanjungpinang Timur merupakanwarga yang agamis dan mayoritas beragama Islam, sehingga rumahibadah berupa Masjid dan Surau terbanyak di Kota Tanjungpinangberada di daerah ini.

Heterogenitas penduduk dan kondisi ekonomi mayoritas menengahkebawah, ditambah lagi dengan adanya satu daerah rawanmerupakan suatu tantangan yang tidak ringan bagi KUATanjungpihang Timur dalam memberikan pembinaan dan bimbingankepada masyarakat untuk sadar dan menjalankan kehidupan kejalanyang benar.

Dalam menunjang kenyamanan dan kepuasan pelayanan, KUAKec.Tanjungpinang Timur menyediakan berbagai ruangan, diantaranyaruangtunggu yang nvarnan, ruang kepala KUA,ruang BP4,balai Nikahyang nyaman dilengkapi dengan AC, ruang staff (pelayanan) yangnyaman dan strategis, ruang arsip serta Gudang, kamar mandibesertaWCdan halaman parkir dilengkapi taman yang dijamin asri.

Disetiap ruangan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasaranapendukung guna mempercepat akses dan memberikan pelayananprima, yaitu tersedianya dua unit Komputer beserta printernya.Komputer khusus ini memiliki kinerja yang optimal dan telahdilengkapi dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah(SIMKAH)dan printer khusus buku nikah. Jugatersedia laptop khususuntuk kegiatan diluar Kantor.Seluruh arsip dan dokumen administasitersimpan dalam satu almari khusus sehingga terjamin keamanandan ketertibannya. Selain itu, juga terdapat perpustakaan yangdiperuntukkan untuk menunjang wawasan para pegawai KUAsertamasyarakat yang memerlukannya.(syamsuddin/!oto:dok.bimasislam)

KUA Kecamatan Tanjungpinang TimurSukses Terapkan Manajemen POAC

bimasislam.kemenag.go.id

Edisi kali ini, kita akan mengulas tentang keberadaan dankeberhasilan Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. TanjungpinangTimurProvinsi Kepulauan Riau dalam merevolusi pelayanan terhadapmasyarakat. Mengalami berbagai metamorfosis akibat daripemekaran dan beberapa kali pindah lokasi kantor, tahun 2014menjadi kado istimewa, karena berhasil menjuarai pemilihan KUATeladan se-Provinsi Kepulauan Riau, berhasil menyisihkan 46 KUA laindan menjadi salah satu peserta pemilihan KUA Teladan tingkatnasional. Hal ini menunjukkan pengejawantahan Motto Profesional,Ramah, Ikhlas, Memuaskan dan Akuntabel (PRIMA) berhasildipraktekkan dengan baik.

Perkantoran senantiasa terkait erat dengan manajemen, demikianpula KUA. Tanjungpinang Timur yang menerapkan prinsip dasarmanajemen yang balk, layaknya sebuah perusahaan raksasa,manajemen POACpun dipilih dalam rangka memberikan pelayananprima kepada masyarakat. POAC dirnaksud adalah; Planningperencanaan, proses pemikiran dan penentuan secara matang.Organizing pembagian tugas, tanggungjawab dan wewenang.Actuating proses berjalannya tanggungjawab dan kewenangan yangharus dilaksanakan, dan Controlling proses pengamatan dari seluruhkegiatan organisasi, untuk menjamin agar pekerjaan yang sedangdilakukan berjalan sesuaidengan rencana yangtelah digariskan.

KUAKecamatanTanjungpinang, telah melakukan inovasi pelayanandengan menggunakan sistem input data dan melakukan sistemkomputerisasi sehingga tidak lagi menggunakan cara-cara yangkonvesional. Sejak tahun 2013 pelayanan yang diberikan oleh KUAKec. Tanjungpinang Timur dapat dirasakan mernuaskan olehmasyarakat. Paradigma dilayani berubah rnenjadi melayanimerupakan paradigma kinerja yang dikembangkan oleh KUATanjungpinang Timur. Indikasi terse but dapat terlihat dari waktupenyelesaian pendaftaran pernikahan yang sesuai dengan standarwaktu yangtelah ditentukan.

KUA Tanjungpinang Timur dahulu bernama Balai Nikah dengangedung yang menempati tanah hibah dari Yayasan MadrasahIslamiyah di eks Komplek PGANTanjungpinang, narnun sejak tahun2005 terjadi pemekaran Kecamatan baru yaitu Kecamatan BukitBesrtari sehingga KUAKec. Tanjungpinang Timur berpindah alamatdengan meminjam rumah penduduk di Jalan Kijang Lama. Seiringdengan perkembangannya, akhirnya hibah tanah dari pengembangPT. Sinar Bahagia Group Tanjungpinang dibangunlah bangunanpermanen Kantor KUA pada tahun 2006, terletak di dalamperumahan taman harapan Indah, bersebelahan dengan Kantorkelurahan Air Raja,JI. DI Panjaitan KM. 9 Perumahan Taman HarapanIndah dan masuk dalam wilavah Kelurahan Air Raja Kec.TanjungpinangTimur.

Berdiri di atas lahan tanah seluas 1300M2 dengan lima bangunan 142M2 dan luas halaman 1054 M2. Sejak berdirinya KUA Kec.Tanjungpinang Timur telah terjadi peningkatan frekuensi jumlahperistiwa pernikahan seiring dengan pertumbuhan danperkembangan penduduk.

Adalah M. Muhklisin, S.Ag dipercaya memimpin KUA, mantanPenyuluh Agama Islam Kec. Lingga tahun 2000-2004 ini pernahdiangkat menjadi Kepala KUA Lingga, kemudian berlanjut menjadikepala KUATanjungpinang Kota 2010-2013 dan kini menahkodai KUA

Page 12: Edisi XVIII, Agustus 2014

...

Redaksi www.bimBsis/am.kemenag.go.idmenenma kiriman artikel pembacayang mengandung~ns~r keilmuan. hasil penetitian, "ktual" menarik. dan tidak

pernah dlpubl[sh di media lain, Panjang tulisan maksimal 2 halamanA4 dangan spasl 1.

Bag; unit yang ingin peliputan berita dapat SMS di 08164817993atau email: [email protected]@kemenag.go.ld

dengan ISIS.Soalnva ISIS.bukanlah aliranagama yang berisi ajaran teologi danritual keagamaan, tetapl gerakan politik yang bisa mengancam kedaulatan dankonstitusi. Menurut, Hasyim, jika gerakan ini merebak di Indonesia, bukan takmungkin akan ada gerakan-gerakan serupa ISISyang bermunculan. Organisasiinj dinilai sangat berbahaya.

Prof. Dr. Ahmad Sy,afi'iMaarif (Muhammadiyah) meminta pemerintah untukmewaspadai munculnva kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS}diTanal1Air. MenurutSyafi'i Maarif,jika memang ada, maka pemerintah harus segeramemberantas kelornpok tersebut sebelurn berkernbang leblh jauh. Jikaterbukti memang ada, harus dipangkas pad a kuncupnya sebelumberkembang. Syafi'r Maarif [aga mernlnta masvarakat agar tidak tertipudengan ajakan bergabung dengan kelompoktersebut. Sebab, ISISmerupakankelompok sesatdanmerasa benar di jalan yang sesat.

Menurut salah searang pengamat polltlk, organisasi Negara Islam lrak danSuriah (ISIS)berporensi besar berkembang di Indonesia, Ada dua penyebabISISmudah berkembang di Tanah Air. Pertama, Indonesia memiliki toleransiyang tinggi terhaaap kebebasan beragama. Kondisl ini sekaligus menjadipeluang tumbuhnva bibit-btblt gerakan yang membahavakan. l(.edu"Vpengetahuan dan mforrnasl rnasvarakat m!li:lgenai agarna cenderung sedikit,tapi semangatingln berbust lebih.

Juru brcara Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwaKemenkominfo belum bisa memblokir video ajak;m kepada masvarakatIndonesia untuk bergabung dengan ISISdi situs YouTube. Pemblokiran ituhanya bisa dilakukan atas dasar pengaduan dari masyarakat.

Menteri Agama Rllul<man Hakim Saifuddin secarategasmenyatakan, ideologiIslamic State of Iraq and Syiria (ISIS)bertentangan dengan ideologi Pancasila.Pemyataan ISISYGl.ngjTlengat~kanbahwa Paneasllaadalahthogut atau berhalayang harus dtperangi, sudah amat kelewat b·afas.. 1515merupakan suacruorganisasi pergerakan yang berpaham radikal, dan menggunakan kekerasandemi memperjuangkan apa yang diyakininya. Yakni memperjuangkan negaraIslam di Iraq dan Suriah. Umat Islam Indonesia tak perlu terpengaruh dan ikut­ikutan. Oemikian pesan blackberry messenger yang disebarkan Menag kepadapers Sabtu (2/8)

Menurut Menteri Agama, masyarakat Indonesi·ayang mengangkat sumpa)1dan berjanji seWI kepada negara aslng atau menja,di bagian dari negara asingblsa mengakibatkan. kehifangan status kewatganegaraan. Khususnya ~matIslam Indcmesla, Ment~rj Agam<1meminta agar bersikap mawas diri. Setfabdakwah Islam dHakukan secara damai, rnengajak dan merangkul semuakalangan dengan eara-cara yang baik dan penuh hikmah, bukan denganmenebar ketakutan dan kekerasan. Oemikian kutipan pernyataan MenteriAgama.

Responsdan TindalHanjut

Sejalan dengan pernyataan tokoh ormas Islam dan himbauan Menteri Agama,Kementerian Agama perlu menindak-Ianjuti deQg_anmengundang segenap ,.elemeh umat daE!selur\.lh organisasi Islam g.(:rnamendaj:)atkan penjelasansecara komprehensif dari para pihak yang perkori1peten. Segenap elemanumat dan organisasi Islam harus memiliki Slldut pandan$ dan persepsi yangsama dalam menyikapi isu ISISini. Oalam forum tersebut diundang berbicarapara tokoh agama, pakar hubungan intern-asional, pihak intelijen, ahfiketahanan nasionai,dan pinak terkait lajnnya.

Terget yang diha(apkan dari pertemuan sarasehan sehari ialah "sikap danpernyataan bersama" dalam menyikapi potensi ancaman bahaya ISIS dan .langkah-Iangka uAtuk fllengantisipasi serta menangkal pengaruh ISIS diIndonesia. Oalam menyikapi Isu ISIS,selurun um"t {Slam Indonesia dan Qrmes.Islam harus selalu mengedepankan semangat ukhuwah islami"yah dapkerukunan nasional. Umat Islam dan segenap kekuatan bangsa tidak bolehterpecah-belah.dan terjebak dalam strategi adu"domba yang dapat merugjkankepentingan limat yang lebih besar.

PenuJisadalah Pemerhati Masalah Sosial Keagamaan

EditorYoesni. Barokah Indah SariFarhan Muchalik. HastomoAjiIhsan Bayu Merdeka. Endah ri FahrlatiRahmania. !.Iyma Yulianti

BulleUn -

Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yangmerupakan kelbrnpok kekuatan militer dl In~kdan Suriah muncul menjadi isu internasionalyang menggemparkan dunia. ISIS yangterbentuk 2013 tidak hanya memifiki ideologiekstrim, tetapi juga menebarkan teror dankekerasan te-rhadap publik. Menurutdokumen Badan Keamanan Nasional (NSA)Amerlka SerikM, pemimpln 1515Abu Bakar AIBaghdadi mendapatkan pelatihan rnllitersetahun penqh d3rl Mossad, Israel danmendapatkan kursus teologi dan retorika darflembaga ioteHjen zion is.

Oikutip dart Global Research, sebuahorganisasirtset media independen di Kanada,satuan intelijen dari tnggris, ASdan Mossad Israel mempunyai andil dan beketjasama menciptakan sebuahnegara khalifsh baru yang disebut dengan ISIS. Oi Timur Tengah,pendeklarasrannegara Islam baru "Khllafah" eleh Negara Islam lrak dan Suriah{tSIS), menual banvak kritik dari dari ulama Bunni Surrah, Irak, dan kelQrilpokIslam lainnva.

Gerakan ini telah menvebarkan pengaruh dan merekrut pengikutnya diIndonesia dltandai dengan deklarasi pendinan ISISIndonesia di Solo, Bima dansejumlah witavah di Indonesia lalanva.Sejauh ini ISIS Indonesia telahmengirimkan leblh dari 200 anggotanya ke Irak dan Suriah via Iurki, dandiperkirakan keanggotaan ISIS di Indonesia telah mencapai a1'lgk<3lOOOanggota di Indonesia. Parapendukung ISISdi Indonesia telah bersumpah setiaatau rnembarat pimpinan ISIS,Abu Bakar al Baghdadi. Dengan sumpah itu,para pendukuflg fSI5 seolah-olah tak lagi menJadi warga negara mdcnesta.melainkan menjadi warga negara IStS. Me:nurut Ketua Badan N'asionalPenanggulang.anTeroris (SNPT), kelompokpendukung ISISdi Indonesia tidakhanya di satutitlk, namun telah telah terse-bardt beberapa lokasi.

Namun decara umum lokasi lahirnya dukungan ISIS merupakan titikkeberadaan kolompok Islam radikal, seperti di Jakarta, Bandung, Malang, Solodan lokasi lain. Indonesia merupakan sumber dukungan yang potensial bagiISISmengir)gat posisi Indonesia sebagai negaraberpenduduk Muslim terbesardidunia.

Sebuah video betis; ajakan darl warga thCjohesia untuk bergabung ke ISISberedar melalui ~itus YouTube.Oalamvideo befourOlsidelapan menit bel'juduf'Join the Ranks' ftu, seseorang yang menyebut di'rinya Abu Muhamma~ al­Indones1 meminta warga Indonesia untuk mendukung perjuangan ISISmenjadi khilafah dunia. Fenomena ISIStidak boleh dianggap remeh olehpemerintah, karena akan menjadi ancaman serius bagi agama, negara danbangsa. Pe.ml:)aiatananggota ISIStelah tefjadi yaitu di Malang, Jawa TimLff,SimaNTB,Solo Jateng, Ciputat, Banten,dan lain-lain.

Indonesia Menyikapi ISIS

Ummat IsTam Ihdonesia perlu hati-hatl clan memiliki kewaspadaan dalammenyikap\ isu ;gerakan ISIS.Untuk itu diperlukan kajian yang konfrenhenstf.Perlu didalami latar belakang dan patensi ancaman yang dapatditimbulkannya, baik jangka pendek mall pun jangka panjang terhadap NegaraKesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tokoh dan pemimpin organisasi Islam terbes-ar di Indonesia, yaitu NahciJatulUlama daQ Muhammadiyah telah menyampaikan pernyaatan daiammenyikap1iSlS,

DR(He) K.H.HasyimMuzadi (Na!1dlatuWlama) mengatakan bahwa video yangmengajak warga Indonesia bergabung dengan Negara Islam Irak dan Surrah(ISIS) bisa mel1gancam kedaulatan negafa'. Sebab, ISISmerupakan geTakanlintas negarayang bertujuan mendirikan negara tersendiri. Ini gerakan ekstrimyang tidak menghormati kedaulatan negara. Hasyim meminta umat muslimdan pemerintah lTIewaspadai kampanye. yang mengajak warga bergabung

IGerakan ISIS, Ancarnan Ideologi dan Keagamanan NKRIOleh: Fuad Nasar