edisi iii | 16 februari - 28 februari 2013

24
Edisi III / 16 Februari - 28 Februari 2013 email : [email protected]| Harga Rp. 3000,- Informasi Bisnis Terpercaya www.liputanbisnis.com Bisnis Properti Menjanjikan halaman 15 Berbagi Kasih di Tahun Baru Imlek Perayaan Tahun Imlek di Medan cukup meriah, dengan diadakannya sejumlah kegiatan Imlek Fair 2013 di sejumlah lokasi pusat keramaian. halaman 12-13 Wacana pembangunan Kota Baru di Sumut telah dirilis Provinsi Sumatera Utara tergambar dalam site plan 2011. Salah satunya adalah wilayah Percut Sei Tuan yang masuk dalam 10 proyek pembangunan Medan-Binjai-Deliserdang-Karo (Mebidangro). Tiga Dasa Warsa Pengabdian Yayasan Sari Mutiara Yayasan Sari Mutiara adalah sebuah yayasan yang awalnya bernama Yayasan Sitanggang Purba, bergerak dalam bidang pelayanan rumah sakit dan pendidikan. halaman 7

Upload: liputanbisnis-lipbis

Post on 24-Mar-2016

277 views

Category:

Documents


14 download

DESCRIPTION

Informasi Bisnis Terpecaya

TRANSCRIPT

Page 1: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

Edisi III / 16 Februari - 28 Februari 2013 email : [email protected]| Harga Rp. 3000,-

Informasi Bisnis Terpercaya www.liputanbisnis.com

Bisnis PropertiMenjanjikan h

ala

man

15

Berbagi Kasih di Tahun Baru ImlekPerayaan Tahun Imlek di Medancukup meriah, dengan diadakannyasejumlah kegiatan Imlek Fair 2013di sejumlah lokasi pusat keramaian.

halaman 12-13

Wacana pembangunan Kota Baru di

Sumut telah dirilis ProvinsiSumatera Utara tergambar dalam

site plan 2011. Salah satunya adalahwilayah Percut Sei Tuan yang masuk

dalam 10 proyek pembangunanMedan-Binjai-Deliserdang-Karo

(Mebidangro).

Tiga Dasa Warsa Pengabdian Yayasan Sari MutiaraYayasan Sari Mutiara adalah sebuah

yayasan yang awalnyabernama Yayasan Sitanggang Purba,

bergerak dalam bidang pelayananrumah sakit dan pendidikan.

halaman 7

Page 2: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

TAJUK

Penerbit: PT. Sentrum Multi Media DinamikaPimpinan Umum: Ir. Paulus Tamie, MMPimpinan Perusahaan: Nagian Toni, SSi. MMWakil Pimpinan Perusahaan: Hendra W. Kusuma, BCom, MBusPimpinan Redaksi: Haslan M TambunanWakil Pimpinan Redaksi: Erwinsyah Putra ParinduriDewan Redaksi: Laksamana A. Tarigan- Dr. Ferry Yonawan -Ir. Martono A. Purba, SH. MM. MHum - Nagian Toni, SSi. MM - KokWie - Ade P Nasution, SE - H. Syaiful Hadi JL - Ir. Perry Iskandar -Hendra, SE - Ir. Paulus Tamie, MM - Ir Tommi Wistan - Hendra WKusuma, BCom. MBus - Chairuddin PasaribuDewan Penasehat: Parlindungan Purba, SH. MM - Prof. BismarNasution, SH. MH - Prof. Dr. H.M. Yamin Lubis, SH MS. CNPenasehat Hukum: Johan Brien, SE. SH. MM. MBA -DR Haposan Siallagan, SH. MHRedaktur Pelaksana: RidhoRedaktur: Darwinsyah PurbaReporter: Wahyu - T Bobby Lesmana, Yaumil Fauzi, ST (Jatim)Sekretaris Redaksi/Perusahaan: Hairunnisyah SP, StevenKeuangan: Sumini Salem, BSc. MM. MBAIklan: Jimmy Chanaka, SKom. MBAPemasaran: MartinDesain / Layout: Ahmad RivaiAlamat Redaksi: Jalan Haji Misbah Komplek Multatuli Blok GNo. 7 Medan - Telp: (061) 4555668email: [email protected]: www.liputanbisnis.comReporter liputanBISNIS dibekali dengan Surat Tugas atau KartuIdentitas dari Redaksi

DAFTAR ISI

Tajuk2. Kota Baru: Belajardari Tangshan

LaporanUtama3-6. Kota Baru,akankah terwujud?;Kota Baru, NegeriImpian; Percut-SergaiPilihan Tepat; ContohKota Baru Terbaik ituAda di Kualalumpur;Masih terganjal di

RTRW;

Citizen7. Tiga dasawarsapengabdianYayasan Sari Mutiara

MarketReview8. PT PAI Fokus Sumut:Peningkatan

capai 50 persen

Tekno9. Mitsubishi targetkanpenjualan di Sumut22,3 persen; Telkomselgelar sales roadshowiPhone 5

Hot Profile10. Lucas Damian:Camera it's my life

Corporate& Startegy11. Sekar Telkombangun pustu diTaikako

Society12-13. Sambut Imlek,Lions Club Uniland

bantu panti jompo;Berbagi kasihbersama Imlek 2564:Vihara Dharma ShantiLubuk Pakam bantu300 paket sembako

Community14. Hermes PlacePolonia gelar Shang-hai Night Dinner

Feng Shui15. Bisnis PropertyMenjanjikan

Kiat Sukses16. Martabak Mekarnan menggugahselera

RagamImlek17. Bank SinarmasPersembahkan LionTicket; Sempoa Sip:Tak lekang ditelanjaman

Peluang18. Mendulangrupiah dariharumnya aromaKopi Luwak

Showbiz20. Lampaui 5 jutapenonton

Regulasi21. BI Ajak bankdevisa buat kuotasivalas

Gadged22. SpeedUp Pro 2Aplikasi AndroidUntuk Indonesia

Info23. Pegadaiantingkatkan pelayanan

Belajar dari Tangshan

MENERIMA PLAKAMENERIMA PLAKAMENERIMA PLAKAMENERIMA PLAKAMENERIMA PLAKATTTTT. . . . . Dewan Pembina Partai Gerindra, Hasim Djojohadikusumo menerima platkat dari Ketua INTI

Sumut, Anwar Susanto yang didamping pengurus INTI Sumut, diantaranya Tomi Wistan (Sekretaris), Lily, Indra

Wahidin. Kegiatan ini berlangsung dalam rangka Imlek Bersama INTI Sumut, 14 Februari 2013, di Selecta Grand

Ballroom Jalan Listrik Medan.

TANGSHAN mendadakmenjadi terkenal. KawasanNanjing, Cina itu, menjadisimbol kota baru yang sukses.Mari belajar dari Tangshan,

bagaimana sesungguhnyamembangun sebuah kota baru.

Membangun kota baru, bukancuma merubah sebuah kawasan dari tiada menjadiada atau cuma memindahkan keruwetan sebuahkawasan ke kawasan yang baru. Membangun kotabaru butuh konsep, butuh regulasi, butuh energi(dana dan manusia) yang 'kuat' untuk menjadikawasan baru itu sebagai sebuah karya monumental.

Ahli tata kota di Indonesia belum berhasi lmembangun sebuah kota baru yang sukses. DiJakarta, ada BSD yang digagas konglomerasi property: Ciputra.

Jawa Barat, Jawa Timur sudah mulai mencoba tapibelum kelihataan hasilnya. Lalu, Sumatera Utara?Apakah Sumatera Utara sudah butuh kota baru?

Ini sebuah pertanyaan yang sangat menggelitik.Bagi ahli perencanaan kota dan pemerintah, iniadalah satu tantangan. Grand skenariopengembangan kawasan, sebutlah kota baru, sudahdigagas pemerintah pusat.

Salah satu, dari 10 kawasan, diantaranya ada diProvinsi Sumatera Utara. Konon, katanya kawasanyang di'peceng' adalah lahan yang ada diantaraBandara Kuala Namu, Percut Sei Tuan hinggaBelawan.

Sungguh-sungguh mau membangun kota baru?Mari belajar dari Tangshan. Tangshan dibangunpemerintah Cina untuk menggabungkan bentukperkotaan modern dari sebuah distrik pusat kotadengan skala manusia dan fasilitas kecil sebuah kotawisata.

Tangshan dibangun dalam lanskap yang unik.Tangshan memiliki potensi sumber air panas bumi.Inilah kekuatan Tangshan yang kemudiandieksploitasi dalam lanskap CBD - Central BussinersDistrict - seperti gerakan, lapisan dan warna.

Konsep 'gerakan' dinamis diwakili aliran dan ritmeyang menjadi ciri ruang terbuka berupa perairan diCBD. Dengan berjalan kaki di tepi perairan akan dilihatberbagai hal beragam dan dinamis yangmenghubungkan daerah sekitarnya yang berbedadari aspek lanskap dalam bentuk menyediakanberbagai jalur dan elemen visual.

Di ruang sekitar perairan nampak jembatanpenyeberangan, kafe luar ruangan, taman patung,kanopi teduh danlainnya yang seakan mengalirdengan struktur lanskap lain yang menyatu dengankeseluruhan aliran ruang di sepanjang perairan.

Beragam kegiatan dibangun di atas topografi yangasli, di satu sisi, mengoptimalkan perjalanan daridaerah perkotaan ke danau, dan di sisi lainmenyediakan lapisan beragam sirkulasi danau,menciptakan peluang untuk interaksi di air, air-bermain, melihat air dan berbagai ruang kegiatan.

Rencana lanskap juga mencerminkan karaktergeologi mata air panas, melalui penggunaan warna-warna kuat dan bersemangat. Warna yang digunakanuntuk menyoroti koridor utama dan ruang terbukalainnya, menciptakan pengalaman lingkungan yangberagam dan menarik dari kota ini.

Tangshan juga didesain oleh seniman yang unik.Kini, Tangshan memiliki sebuah taman budaya yangunik yang keseluruhnya terbuat dari tanah liat. Sejakkaisar pertama berkuasa, bangsa Cina sudah terbilangterbiasa membuat monumen super megah. Dari mulaiistana berisi ribuan patung Terakota hingga tembokCina yang melegenda adalah dua di antaranya.

Kini, mereka telah membuat sebuah taman budayaunik yang seluruhnya terbuat dari tanah liat dan baru-baru ini terbuka untuk umum.

Taman tersebut menampilkan berbaris-barisrumah, jalanan sibuk penuh dengan toko dangerobak, pejabat negara, hingga kereta kuda jamanklasik Cina. Ini adalah reproduksi terkenal darikarya Zhang Zerui, "Riverside Scene", yangmenggambarkan Festival Qingming.

Sukses Tangshan menjadi sebuah kota baru diNanjing, Cina, menginspirasi banyak kawasan untukmelakukan program yang sama.

Kawasan Kualanamu dan Percut, merupakankawasan tepi pantai. Jaraknya dari Medan sekitar 30- 50 kilometer saja. Beberapa infrastruktur sudahmulai mengarah ke kawasan ini.

Hadirnya Bandara Kualanamu, tentu saja menjadimagnit sebuah perencanaan. Tinggal, bagaimanapemerintah, investor dan ahli perencanaan kotasecara bersama mendesain 'mimpi' mereka untukmenjadikan mimpi itu sebuah kota baru, kota denganarsitektur yang unik dengan mengekspolitasi potensialam pinggir pantai.

Barangkali, pada dimensi yang berbeda, negeriMalaka, Malaysia, bisa dijadikan contoh bagaimanamereka sukses mengeksploitasi potensi tepi pantaidan sungai menjadi satu potensi yang besar.

Bedanya, Malaka adalah kota tua yang di-redesainmenjadi sebuah destinasi wisata yang unik. Sementaralaporan liputanBISNIS kali ini adalah fokus dimensi :Kota Baru!

By | Syaiful Hadi J.L

2Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Page 3: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

LIPUTAN UTAMA

Kota Baru, Akankah Terwujud?

Perkembangan danpembangunan kotasemakin cepat danmeluas. Di satu sisi,perkembangan kotamenjadi fenomena yangmenarik, karena'dibutuhkan' olehmasyarakat. Namun disisi yang lain,perkembangan menjadisesuatu yangmengkhawatirkan.Ketidaksiapan manusiadan lahan di dalammengakomodasinya,manjadi masalah utama.Pada akhirnya, timbulpertanyaan, apakahperkembangan danpembangunan kotatersebut dapatberkelanjutan.

doarjo dan Gresik) dan 8 persen per-

tahun penduduk Jawa Timur dari luar

Surabaya masuk ke Surabaya untuk

mengadu nasib di kota pahlawan terse-

but. Ditambah tingkat populasi pen-

duduk kota Surabaya sendiri meningkat

11 persen pertahun. Bagaimana dengan

Ibu kota Jakarta?

Fakta yang dapat dijadikan acuan

bahwa penduduk pada setiap provinsi

di Indonesia tak pernah bisa jauh dari

pusat/ibu kota provinsi. Desentralisa-

si tak berjalan mulus. RTRW Jawa Timur

pun nyendat. Bagi Jatim, kota baru tidak

layak untuk saat ini.

Hal serupa dipertegas oleh pakar

perkotaan Jawa Timur, Ir Sardjito MT

bahwa aspek yang dilihat antara lain

kasus permukiman/perumahan dalam

kasus kota baru ialah faktor perunda

ngan, faktor kelembagaan, aspek kegia-

tan yang ada di dalamnya (kegiatan ber-

mukim di dalam kota/perkotaan) dan

usulan solusi untuk penyempurnaan

kondisi di lapangan (penataan ruang).

Pembahasan aspek lain seperti ket-

ersediaan infrastruktur, dampak

lingkungan, dan lainnya diharapkan da-

pat menjadi tambahan argumen yang

bisa didiskusikan untuk memperkaya

wawasan ke ruangan. Namun, kita be-

lum bisa menemukan pola tersebut kare-

na setiap regulasi yang diatur di pusat

belum tentu cocok dengan daerah.

Mantan Ketua Jurusan Perencanaan

Wilayah dan Kota ITS tersebut juga menam-

bahkan, jika setiap perencanaan masih

dikontrol oleh bisnis dan politik, maka kota

berkelanjutan tidak akan pernah menemu-

kan induk semangnya. Sehingga kota baru

sulit untuk di kembangkan.

Perlukah Sumut kota baru? Atau, mu-

ngkinkah mega proyek kota baru di Sumut

berhasil? Istilah kota baru sama penger-

tiannya dengan kawasan perkotaan

baru. Lokasinya berada dalam satu daer-

ah kabupaten, tetapi tidak tertutup ke-

mungkinan terletak dalam dua atau leb-

ih kabupaten/kota yang berbatasan.

UU Nomor 22/1999 memungkinkan kota

baru pada suatu saat berubah status men-

jadi daerah kota, kalau persyaratan pem-

bentukkannya terpenuhi. Kawasan perko-

taan baru (perumahan, kawasan industri

atau kawasan fungsional lainnya) yang

dibangun di daerah kota tidak termasuk

dalam pengertian kota baru, karena diang-

3Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

gap merupakan perluasan kawasan perko-

taan dari daerah kota bersangkutan.

Perlu ditegaskan, kawasan perumahan

baru yang dibangun hanya di daerah kabu-

paten. Menurut pengertian yang digunakan

dalam UU No 22/1999 kawasan perumah-

an tersebut dapat disebut kawasan perko-

taan kalau kegiatan utama penghuninya

bukan pertanian, sedangkan perekonomi-

annya memiliki pertumbuhan yang tinggi,

berapa pun luas kawasan tersebut.

Di dunia, pembangunan kota baru un-

tuk mengatasi masalah di kota-kota be-

sar, seperti permukiman dipelopori Inggris

yang membangun kota baru di sekitar kota

London awal abad 19. Kota baru diban-

gun untuk menampung kegiatan baru yang

sulit ditampung di kota induknya.

Juga, kegiatan yang harus dipindah

ke luar kota induknya, karena tidak se-

suai keadaan yang terus berkembang.

Keadaan kota baru diusahakan lebih

baik dari kota induknya, agar orang ter-

tarik tinggal dan bekerja di kota baru.

Keberhasilan pembangunan kota

baru di Inggris ditiru di berbagai nega-

ra Eropa dan Amerika. Juga ditiru di

berbagai negara di belahan bumi lain-

nya. Namun di Indonesia pola berbeda

harus ditemukan karena kompliknya

permasalahan yang ada.

Jika begitu, pemerintah harus siap mem-

bangun mega proyek tersebut dalam jang-

ka panjang dan berkelanjutan tentunya tak

perlu tergesa-gesa. Tak jarang mega proyek

pun berhenti jika penguasanya berganti.

Tak hanya sampai disitu, kota baru harus-

lah berkelanjutan dengan perencanaan

yang detail dengan mempertimbangkan

tiga pilar perencanaan kota; masyarakat,

lingkungan dan ekonomi.

Apakah kota baru dibutuhkan untuk

Sumut? Semua tergantung atas komit-

men pemerintah pusat dan Sumut. (***)

D ilihat dari intensitas kegiatan dan

permasalahannya, maka faktorperumahan dan permukiman merupa-

kan salah satu aspek penting pemicu

perkembangan kota. Suatu kota akan

berkembang sesuai kegiatan yang ada

di dalamnya. Kegiatan yang ada di

dalam kota/perkotaan didorong oleh

adanya kegiatan bermukim manusia

penghuninya. Dengan demikian, apabi-

la permasalahan kota hendak diurai

dan diharapkan agar perkembangan-

nya dapat berkelanjutan, maka aspek

perumahan/permukiman menjadi kom

ponen yang penting untuk dilihat.

Tapi jika diteliti lebih dalam, mem-

bangun kota baru dengan sasaran per-

mukiman sebagai justifikasinya, tidak-

lah mudah. Banyak faktor yang harus

dipertimbangkan. Salah satunya krite-

ria masyarakat. Tentunya dalam hal ini

masyarakat Sumut yang heterogen.

Wacana kota baru kembali mencuat

di Sumatra Utara. Wacana yang bermu-

la pada 17 Juni 2011, di Bandung, ant-

ara Kementerian Perumahan Rakyat (Ke-

menpera) dan Real Estate Indonesia (REI)

yang memasukkan Sumut menjadi dalah

satu dari sembilan provinsi yang mem-

butuhkan kota baru sebagai solusi

perkotaan dalam masalah permukiman.

Analisis awal dari Pusat Litbang Per-

mukiman (Puskim), kota baru tersebut

akan menggunakan lahan bekas hak

guna usaha (HGU) PT Perkebunan Nu-

santara. Tentunya dapat mengatasi ke-

butuhan perumahan yang mencapai

400 hingga 500 ribu pertahun.

Belajar dari Jawa Timur. Tahun 2000,

Jawa Timur hampir memiliki kota baru

di daerah Pandaan, Pasuruan. Namun

kriterian masyarakat yang 60 persen

hidup dari hirukpikuk kota Surabaya

'acuh' terhadap rencana tersebut.

Pengembangan pun dibatalkan hing-

ga akhirnya Surabaya memilih untuk

membangun kota "dalam kota" atau

Compact City. Dimana kriteria pemuki-

man bersifat vertikal. Masyarakat Jawa

Timur kala itu 'takut' untuk berpindah

ke daerah baru karena sistem perko-

taan yang belum menjamin ketersedi-

aan sarana dan prasarana yang jauh

dari layak. Dan yang perlu digarisbawa-

hi, daya beli masyarakat yang rendah.

Hampir 35 persen pekerja di Sura-

baya tinggal di luar kota Surabaya (Si-

Yaumil Fauzi, ST, Penulis Kontributor

liputanBISNIS Jawa Timur

G L O B A L I S A S I

Polusi udara yang parah di China membuat

seorang pengusaha kaya raya meluncurkan produk

berupa udara bersih kalengan. Pengusaha

tersebut bernama Chen Guangbiao, pekan lalu

membagikan kaleng-kaleng udara seukuran

minuman soda di Beijing, ibukota China.

Udara bersih yang dikemas dalam kaleng itu

berasal dari beberapa daerah terpencil di China

bagian tenggara yang masih asri, seperti di

wilayah Xinjiang.

Chen pun menjual udara kalengan tersebut dengan

harga 5 Yuan atau sekitar Rp7.000. Hasil penjualannya

kemudian ia sumbangkan untuk membantu orang-

orang miskin di China."Produk ini sudah terjual

hingga delapan juta kaleng dalam 10 hari terakhir,"

kata Chen.window lifter, komunikasi interkom serta

tangki bahan bakar lebih kuat untuk mencegah

kebocoran.

Pengusaha China Jual Udara Kalengan

Tokyo menjadi jajaran kota termahal

dalam 20 tahun terakhir. Sejak 1992, Tokyo

telah nangkring di deretan teratas kota

termahal dunia. Tokyo menyodok di

peringkat pertama, meskipun terjadi

deflasi dan melemahnya yen terhadap

dolar AS. Tidak hanya Tokyo, Osaka pun

berada di peringkat kedua sebagai kota

termahal dunia. Kota-kota di Australia

merangkak naik ke posisi 10 besar. Sydney

berada di peringkat ketiga, diikuti oleh

Melbourne yang bersama Oslo, Norwegia

di peringkat empat. Di peringkat keenam

adalah Singapura. Sedangkan kota

termurah diduduki Karachi (Pakistan),

Mumbai (India) dan juga Teheran (Iran).

Tokyo Kota Termahal di DuniaIsu ini membuat beberapa orang kreatif menciptakan

peluang bisnis.Salah satu usaha yang diuntungkan

dari isu kiamat ini adalah Safecastle, toko penyedia

peralatan bertahan hidup yang berlokasi di AS.

Pemilik Safecastle, Vic Rantala, mengatakan, saat

orang-orang sudah teracuni oleh isu kiamat, maka orang-

orang akan panik dan berusaha memenuhi kesiapan

krisis yang akan terjadi.

"Pelanggan saya bukanlah tipe milisi yang berada di

hutan dan terlatih untuk menghadapi akhir dunia,"

kata Rantala. Ia menjelaskan, barang-barang yang laris

diborong adalah berbagai jenis makanan kaleng yang

tidak menjadi basi hingga 30 tahun yang akan datang.

Selain itu, ada penyaring air, generator, dan senter.

Rantala mencatat barang terlaris saat ini adalah

daging kalengan berisi 40-50 lembar daging per

kemasan.

Isu Kiamat Untungkan Pebisnis

Page 4: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

LIPUTAN UTAMA

4Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Kota Baru Negeri ImpianKota Baru merupakanimpian warga SumateraUtara. Paling tidak, Sumutbisa disejajarkan denganJakarta yang terlebih dahulumempunyai Kota Baru.Bahkan Jawa Timur, JawaBarat dan Sulawesi Selatanpun tengah gencar-gencarnya melirikpengembangan Kota Baru.Akankah Kota Baru di Sumuttercapai 2013 ini? Berikutulasan liputanBISNIS.

dengan atau tanpa perencanaansekalipun. Kota Baru sebagai salahsatu konsep dalam pendekatanperencanaan wilayah perkotaan yangpada dasarnya adalah upaya untukmengoptimalkan berbagai jenis danperuntukan fungsi lahan menjadi halyang penting.

Pasalnya, hanya denganperencanaan yang efektif (realistisdan strategis), upaya untukmenyeimbangkan sekaligusmenciptakan keterpaduan antarwilayah perkotaan yang dalam pascaaktifitasnya kelak dapat menjamindan menunjang kelestarian lahan

ertumbuhan dan perkembangan

kota akan senantiasa berlangsungP

(land conservation), peningkatanekonomi (improvment of economiccondition) dan kesejahteraan sosial(social walfare) masyarakat secarakeseluruhan dapat diwujudkan.

Dari sejumlah sumber diperolehliputanBISNIS menyebutkan,pembangunan Kota Baru di Sumutsifatnya mendesak. Ini disebabkankepadatan penduduk terfokus diwilayah perkotaan. Begitu jugapergulakan bisnis yang dinilai takmenyebar ke pinggiran kota.

Diakui, kendala utama dalampengembangan Kota Baru khususnyadi Sumut adalah lambatnyapembahasan Rancangan Tata RuangWilayah (RTRW) yang kini masihdigodok pemerintah pusat.

Padahal, efek yang ditularkan RTRW diSumut sangat beragam, terutama kianmenumpuknya penduduk di Ibu KotaProvinsi Sumut ini yaitu Kota Medanyang kini berjumlah 2.949.830 jiwa (dataDinas Pendudukan dan Catatan SipilKota Medan Agustus 2012). Sedangkan,penduduk Sumut data Badan PusatStatistik 2012 menyebutkan berjumlah13,10 juta jiwa.

Malahan, pembangunan Kota Baru diSumut rupanya telah dilansir ProvinsiSumatera Utara tergambar dalam siteplan 2011. Salah satunya adalahwilayah Percut Sei Tuan yang masukdalam 10 proyek pembangunanMedan-Binjai-Deliserdang-Karo(Mebidangro).

Pertimbangan kawasan Percut SeiTuan sebagai Kota Baru Sumut ini adalahPeraturan Presiden Nomor 62 Tahun2011, yang menyebutkan derahperbatasan Medan dan Deliserdangdirencanakan menjadi kawasanekonomi terpadu. Pembangunan Kota

Baru ini akan memakai lahan milik PTPNII sekira 3.000 hektar. Selain itu, dalamsite plan Mebidangro Metropolitan 2027sudah terjabarkan perencanaankawasan ekonomi Percut Sei Tuan.

Rencana ini tentunya gambaran daripemerataan pembangunan hingga kekawasan pesisir. Karena KecamatanPercut Sei Tuan terdiri dari 8 desa dan12 kelurahan dengan jumlah penduduk235.114 jiwa, selama ini kurangtersentuh pembangunan. Batasadminitrasi Percut Sei Tuan sebelahutara berbatasan langsung denganSelat Malaka, selatan denganKecamatan Lubuk Pakam, TimurKecamatan Pantai Cermin, bagianbarat berbatasan dengan KecamatanTanjung Merawan, mendukung rencanapengembangan pusat perdagangan danjasa. Konsep Kota Baru berbentukcluster, dijanjikan tidak hanyaberskala nasional tetapi internasional.

Menurut Kepala Bappeda Sumut,Riadil Akbar Lubis, kawasan ekonomiPercut Sei Tuan direncanakan dalambentuk kawasan insdutri danpergudangan untuk memanfaatkanpotensi yang ada dengan rencanapengembangan Kawasan IndustriMedan (KIM), Kawasan IndustriLamhotma, Kawasan IndustriPantailabu, serta jalan trans Sumateradi bagian utara.

Koridor industri dan pergudanganakan dibangun di sepanjang jalanTrans Sumatera dan kawasan industridi bagian utara. Pengembangan padakawasan kota baru Percut Sei Tuan iniditujukan untuk menonjolkan sungaiPercut sebagai bagian dari pembentukpola ruang kawasan.

"Kondisi tofografis kawasan yangdatar, serta daerah limpahan air

sebelum masuk ke Selat Malakamenjadikan pengembangan blok ini akanbertumpu pada pengembangan kota tepiair (waterfront city)," katanya.

Selain Kota Baru Percut Sei Tuan,sembilan proyek MebidangroMetropolitan adalah, pengembanganPusat Kota Medan, Heritage Stasiun,CBD Polonia, Pusat PemerintahanBinjai Timur, MICE, Airport Kualanamu,Belawan, Heritage Tembakau Deli danTOD Stasiun. Proyek ini akandiwujudkan bertahap hingga 2027.TOD Stasiun Medan akandikembangkan sebagai fungsi hunian,perdagangan dan jasa, fasilitaspelayanan serta titik transit stasiunkeretaapi.

"Untuk kawasan timur Kota Binjai,direncanakan dengan fungsi utamasebagai pusat pemerintahan, danfungsi lainnya seperti pusatpendidikan dan pemukiman instansi.Untuk pelabuhan modern, baikKualanamu maupun Belawan akanmenjadi kawasan strategis antarabisnis, gaya hidup, dan hiburan,"papar Riadil lagi.

Bahkan, katanya, konsep Kota BaruPercut Sei Tuan ini sangat menawan,sama halnya dengan rencanapembangunan Badar Udara KualaNamu yang penyelesaiannya terustertunda. "Bukan pesimis, tetapi inipengalaman dalam hal penyelesaianproyek pembangunan raksasa.Penyelesaiannya tidak pernah tepatsesuai dengan jadwal yangditentukan. Hendaknya pengalamanselama ini dijadikan guru terbaikdalam penyelesaian proyekpembangunan," tukasnya. (***)

By | Erwin Parinduri, Ridho

Page 5: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

LIPUTAN UTAMA

5Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Pengamat Lingkungan, Jaya Arjuna

Contoh Kota Baru Terbaik itu Ada di Kualalumpur

akan pertumbuhan penduduk,

ekonomi, lingkungan dan

teknologi, maka semuanya ber-

tumpu di pusat kota," kata Pen-

gamat Lingkungan, Jaya Arjuna,

menyahuti wacana Kota Baru di

Sumut kepada liputanBISNIS, ke-

marin.

Menurut Dosen Universitas

Sumatera Utara ini, dampak yang

paling menyedihkan dengan ber-

tumpuknya penduduk di kota ad-

alah hancurnya bangunan lama

yang dianggap tidak produkfif.

"Penghancuran bangunan lama

merupakan pola primitif. Pem-

bangunan pola primitif ini me-

makan apa adanya dan bila per-

lu kanibal. Itulah pola pemban-

gunan Kota Medan selama ini,"

tegas dosen Teknik USU tersebut.

Sewajarnya, kata pria 59 tahun

ini, pola kota yang baik dan bisa

berkembang dilihat dari faktor

lingkungannya. Sebab, daya

dukung lingkungan menyambung

kenyamanan warga kota. Kalau

pola teknlogi, maka harus ada

pusat industri yang harus dise-

suaikan dan tidak berada di ten-

gah kota.

Jaya Arjuna menilai, selama

ini pembangunan Kota Medan

tanpa melihat empat aspek, di-

antaranya pertumbuhan pen-

duduk, pertumbuhan ekonomi,

pertumbuhan teknologi dan

pertumbuhan lingk"Tidak bisa

sesuka hati saja. Perhatikan

Kualalumpur, mereka jaga

lingkungan, masyarakat. Silah-

kan membangun tempat, bebas-

kan semua tanah. Jangan sem-

pat 'dicincang' orang dulu baru

sibuk. Yang terpenting lagi

tanah yang diserahkan itu

harus diperuntukkan untuk

pembangunan Kota Baru saja.

Tanah tersebut boleh di-

gunakan untuk perdagangan

dan jasa, industri, pertanian

holtikultura, tapi bukan untuk

hal lain," tukasnya.

Kalau semuanya sudah klop,

Jaya Arjuna optimis pembentu-

kan Kota Baru di Sumut akan ter-

capai sesuai apa yang diingin-

kan dan tidak menguntungkan

sepihak. "Kota Baru itu dibangun

untuk semua khalayak, bukan

untuk perorangan. Siapapun or-

angnya pasti akan mendukung

pembentukan Kota Baru, asalkan

sesuai aturan dan prosedur yang

ada dan tidak menyimpang dari

ketentuan," pungkasnya. (***)

Makanya, tanah atau lahan tersebut bisa diperoleh

dari bekas HGU, yakni PTPN II ataupun alternatif milik

masyarakat. Daerah yang direncanakan sebagai

wilayah baru di antaranya Deli Serdang, Serdang

Bedagai, Binjai dan Langkat.

"Karena keempat daerah ini paling dekat akses-

nya dengan Kota Medan, yang kini memiliki jumlah

penduduk berkisar 2.900.000 jiwa. Apabila dikalku-

lasikan dengan pertumbuhan antara 1 persen/tahun

saja, maka ada 40 ribu jiwa yang harus disiapkan

tempat tinggalnya. Sehingga dalam setahun harus

ada 10 ribu unit kediaman tersedia," ujarnya.

Namun kendalanya adalah di lahan, karena untuk

1 hektar tanah hanya bisa dibangun 50-70 unit ru-

mah. Jadi ada 200 hektar lahan/pertahun yang terse-

dia, sementara kebutuhan mencapai 10 ribu hektar

dalam rentang waktu 50 tahun ke depannya.

Tomi mengakui, PT Perkebunan Nusantara (PTPN)

II beberapa tahun lalu telah gencar mencari inves-

tor untuk mengembangkan kawasan Kota Baru den-

gan sebutan Deli Megapolitan di lahan eks HGU yang

tidak produktif lagi.

Undangan pelaksanaan beauty contest untuk meng-

gandeng mitra strategis ini diharapkan dapat meng-

hasilkan sebuah kerjasama usaha patungan untuk

Program Public Private Partnership Deli Megapoli-

tan yang berada di kawasan Deli Serdang.

Namun demikian, Tomi berharap, PTPN II tak han-

ya bekerjasama atau mencari investor dari luar saja,

tapi lebih kepada pengembang lokal.

"Kalau yang saya tahu beauty contest itu mencari mi-

tra dari luar, tapi kan lebih baik PTPN II menggandeng

pihak pengembang lokal. Intinya, pengembang lokal se-

perti REI pun bisa diajak kerjasama," ungkap Tomi.

Fasilitas Memadai

Di dalam Kota Baru nantinya akan tersedia indus-

tri, komersil, rumah sakit, fasilitas umum, pariwisa-

ta yang memakan 40 persen dari jumlah areal terse-

dia. Dari beberapa wilayah direncanakan sebagai

Kota Baru, REI Sumut lebih memilih pembangunan ke

arah Serdang Bedagai.

"Hal ini disebabkan beberapa alasan, di antaranya

adalah adanya pembukaan bandara Kuala Namu, ke-

mudian pengembangan wilayah perindustrian Sei

Mangkei serta pelabuhan Kuala Tanjung yang akan

beroperasi dalam skala internasional. Termasuk ada

rencana pembangunan jalan tol Kuala Namun-Tebing

Tinggi, sehingga daerah Sergai berada di tengah-ten-

gahnya serta jarak tempuh dengan kota medan relatif

singkat, cuma memakan waktu 20 menit," katanya.

Selain itu sebagian lahan di kawasan Sergai meru-

pakan milik PTPN III dan sebagian lagi milik

masyarakat sekitar, situasi kondusif dengan

masyarakat yang heterogen. Dan yang terpenting lagi

Sergai terletak di antara kawasan vital dan merupa-

kan wacana dari MP3E.

"Di sana cukup aman untuk mengembangkan usa-

ha, tak pernah ada konflik ataupun hal-hal lain. Se-

hingga potensi untuk maju dan berkembangnya bis-

nis cukup besar. Hal lainnya adalah permasalahan

lahan masih relatif, tiada tumpang tindih seperti di

kota Medan ataupun Deli Serdang. Yang kita ketahui

dua wilayah tersebut sering terjadi ribut-ribut me-

ngenai masalah sengketa tanah. Ini harus dihindari

demi kenyamanan pembukaan kota baru," beber pria

sederhana ini.

Selain aspek mendukung di atas, Ketua REI SUmut

Tomi Wistan menyatakan dalam pembangunan

sekaligus pembukaan Kota Baru, SDM di wilayah se-

tempat harus benar-benar diberdayakan.

"Untuk wilayah Sergai, sumber daya manusianya

masih terjangkau. Sehingga dengan dibukanya kota

baru, mampu menyerap tenaga kerja dari putra- putri

daerah setempat," tandasnya.

Jadi tidak salah pembangunan kota baru harus di-

mulai, karena kota Medan semakin hari semakin pa-

dat. Meski demikian, rencana ini ternyata juga masih

memiliki ganjalan. Di antaranya adalah belum di-

setujuinya Rancangan Tata Ruang dan Wilayah

(RTRW) yang hingga kini belum terealisasi.

"Saya tidak punya kapasitas untuk menjawab hal terse-

but, silakan tanyakan ke Bappeda mengapa sampai

sekarang aturannya belum kelar. Karena pemberian izin

bisa jadi polemik ke depannya," tutup Tomi. (***)

Laju Pertumbuhan penduduk di Medandan Sumatera Utara yang semakin naiksetiap tahun, menjadi dasar pertimban-gan pembukaan lahan Kota Baru. Pasal-nya, areal pemukiman di wilayah perko-taan terus menyempit dan harganya me-lejit. Sehingga pergeseran tempat tinggaldi pinggiran kota atau luar daerah jadi al-ternatif.

kerja serta membantu pergerakan ekonomi di

wilayah tersebut.

Ketua REI Sumut Tomi Wistan mengemukakan pan-

dangan bahwa pembangunan Kota Baru seharusnya

sudah bisa dimulai.

"Tentunya harus ada kerjasama antara pemerin-

tah daerah, Pemko dan investor (pengembang) akan

kebutuhan hunian baru tersebut. Apalagi di kota-kota

besar lainnya di Indonesia, pembukaan wilayah baru

sudah terlebih dahulu berjalan. Kita ambil contoh

seperti di Jakarta yakni kawasan Kelapa Gading, Bumi

Serpong Damai, Lippo Karawaci dan lain-lain telah

aktif," kata Tomi membuka percakapan.

REI sendiri memperkirakan jumlah besaran

wilayah dalam pembukaan lahan ini untuk dijadi-

kan Kota Baru antara 3.000-5.000 hektar. Karena

pembangunan daerah ini juga memakan waktu cu-

kup panjang, bisa jadi 20-50 tahun ke depannya.

D engan terbentuknya Kota Karu pada waktunya

nanti, diharapkan membuka akses lapangan

pada pertumbuhan penduduk,

pertumbuhan ekonomi, pertum-

buhan teknologi dan terakhir

pertumbuhan lingkungan. Con-

toh pertumbuhan lingkungan

adalah berpindahnya kota dari

Labuhan Deli ke Medan.

Bahkan, dulu di Medan pernah

dibuat kota satelit seperti haln-

ya Helvetia dan Mandala. "Dan,

itu sebenarnya adalah pengem-

bangan kota Medan akibat per-

tumbuhan penduduk. Tapi

sekarang, beberapa tahun tera-

khir seakan pemerintah tidak

mau perduli dengan pertumbu-

han itu. Karena ketidakpedulian

By | Boby Lesmana

S ebenarnya, perkembangan

sebuah kota bergantung

Ketua REI Sumut, Tomi Wistan

Percut-Sergai Pilihan Tepat

By|Ridho

Page 6: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

LIPUTAN UTAMA

6Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Anggota DPD RI, Parlindungan Purba

Masih Terganjal di RTRW

Tanya (T) : Menurut Anda apa per-masalahan tertundanya pembentukanKota Baru di Sumut, padahal wacana

ini telah ada sejak 2011 lalu.Jawab (J) : Kendala yang sangat ur-

gent itu adalah soal belum dikeluar-kannya Rancangan Tata Ruang Wilayah(RTRW) dari pemerintah pusat denganalasan belum rampung. Sebab, untukmengeluarkan izin RTRW itu butuh wak-tu.

T: Selain itu?

J: Memang tak cuma butuh waktu per-ampungan RTRW, tapi juga dana. Makan-ya kita selaku perwakilan daerah terusmendesak pemerintah pusat untuk sece-patnya merampungkan RTRW itu. Kalaumemang semuanya sudah rampung, nahbaru tugas pemerintah daerah ter-utama Pemprovsu menjelas-kan kepada kepala daerah-nya masing-masing.

T: Yang ditakutkan

kalau memang RTRWsudah rampung dari

pemerintah, malahpemerintah daerah

pula yang memper-lambat.

J: Saya rasa sean-dainya RTRW sudah

Wacana pembentukan KotaBaru di Sumut telah bergulirpada 2011. Namun sejumlahpermasalahan masih menjadikendala pembentukan KotaBaru tersebut. Nah, sepertiapa permasalahan yang terja-di, sehingga impian Kota Barudi Sumut masih sekadar an-gan-angan? Kendala dan hara-pan itu pun tertuang dariwawancara Reporter liputan-BISNIS, M Darwinsyah Purbadengan Anggota Dewan Per-wakilan Daerah (DPD RI)Sumut, Parlindungan Purba.

rampung, hendaknya pemerintah daer-ah harus secara terbuka menyampai-kannya ke publik. Informasi itu janganditutup-tutupi. Bagaimana mau maju,kalau toh terjadi saling menutupi in-formasi dan menyimpan informasiyang seharusnya dipublikasi.

T: Menurut pandangan Anda selakuperwakilan daerah, daerah mana yang

layak dijadikan Kota Baru di Sumut ini.J: Semua daerah saya rasa layak di-

jadikan Kota Baru. Namun saat ini yangpaling tepat itu adalah wilayah yangberdekatan Kuala Namu yaitu kawasanDeliserdang. Apalagi saya mendapat in-formasi bahwa PTPN II telah rela me-lepaskan lahannya untuk dijadikanKota Baru. Sepertinya daerah Percut SeiTuan, itu mungkin yang bakal terealisa-si. Disamping itu, kawasan Percut SeriTuan kan berbatasan dengan KualaNamu dan juga Belawan. Percut Sei Tuanbisa juga dijadikan Kota Satelit nantin-ya. Makanya, saya prediksi Percut SeiTuan yang sangat pantas dibangun KotaBaru untuk Sumut ini.

T: Soal pelepasan lahan oleh PTPN II

yang saya tahu sekitar 8.000 hektar didaerah Percut Sei Tuan dan diperuntuk-kan pembangunan Kota Baru Sumut.

J: Sah-sah saja kalau memang pihakPTPN II melepas lahannya yang habis izinhak guna usaha (HGU). Tapi bagaimanalahan lainnya, apalagi masalah pembe-basan lahan akan menjadi persoalan kliseyang harus dapat dicari solusinya seh-ingga tidak ada yang dirugikan dalam hali n i yakni rakyat. Saya

sarankan harusada kesepa-

katan yang riil dan RTRW yang jelas baruproyek untuk mendirikan sebuah KotaBaru bisa berjalan sesuai harapan kita.Masalah lainnya adalah birokrasi. Inikarena kurangnya koordinasi antar depar-temen tidak ada, begitu juga anggaransendiri pun tidak ada. Di sinilah dibutuh-kakn keterlibatan investor ikut andil dalammewujudkan Kota Baru di Sumut. Ya... ka-lau ingin mewujudkan sebuah kota baruyang pertama adalah izin RTRW dulu daripemerintah paling utama saat ini. Dan jan-gankan 38.000 hektar, saya rasa 20.000hektar saja sudah mencukupi membentukKota Baru.

T: Kalau memang Percut Sei Tuan men-

jadi pilihan utama, apa yang harusdibenahi pemerintah daerah.

J: PR bagi pemerintah daerah adalahpembenahan infrastruktur, seperti hal-nya Jalan, Listrik, Air. Coba saja pikir,seandainya infrastruktur sudah diban-gun, otomatis semuanya akan datangdan berusaha menanamkan investas-inya. Jadi, yang perlu digaribawahiKota Baru harus diarahkan ke daerahbukan ke kota. Fasilitas penunjang lain-nya yaitu Rumah Sakit, Pusat Hiburandan sebagainya. Kota Baru itu harusberada di sentral pusat kegiatan bis-nis. Artinya kota baru berada di dalamcentra masyarakat bukan di dalam kotaMedan karena tidak memenuhi syaratdi mana kondisi kota Medan pen-duduknya sudah padat saat ini.

T: Dari kacamata Anda sendiri konsepKota Baru itu seperti apa.

J: Konsep Kota Baru itu pertama kon-sep kota yang mampu mengurangi le-satan penduduk di inti kota. Kedua pem-bangian penduduk bukan hanya ber-tumpuk di tengah kota seperti di KotaMedan saja. K ita lihat sendiri,sekarang pemerintah lebih fokus di intikota, bagaimana pula di pinggiran kotayang seharusnya juga layak dijadikanpusat bisnis. Makanya saya katakanasekali lagi Kota Baru di Sumut sudahsangat mendesak supaya tak hanyaberkutat di tengah Kota Medan.

T: Dikhawatirkan terbentuknya Kota

Baru di Sumut terjadi diskriminasi sos-

ial. Artinya, Kota Baru itu hanya dimili-ki oleh kalangan menengah ke atas, se-dangkan kalangan menengah ke bawah

sulit untuk bisa masuk ke areal KotaBaru itu.

J: Saya rasa itu tidak mungkin terja-di, karena pembangunan Kota Baru diSumut kan berada di sentralmasyarakat. Untuk itu pihak pengem-bang dan pemerintah harus memikir-kan memberikan fasilitas itu tadi su-paya tidak ada diskriminasi di sini.

T: Sebagai contoh di Jakarta tepat-nya di Bumi Serpong Damai (BSD). Kanmasyarakat menengah ke bawah tidak

bisa menjadi bagian dari BSD.J: Kota Baru di Sumut saya yakin beda

dengan BSD. Di Kota Baru Sumut kanada klaster-klasternya, jadi tinggal pi-lih saja. Itu kan bukan berarti diskrimi-nasi. Begitu juga mengenai propertyyang bakal ada di Kota Baru Sumut ini,kita harapkan ada klasternya sehinggasemuanya bisa menikmati Kota Baruidaman warga Sumut.

T: Sarana pendukung terbentuknya

Kota Baru di Sumut, selain infrastruktutadi, kira-kira apa saja.

J: Ya, itu seperti pembangunan KeretaLayang yang menghubungkan jalurMedan-Kuala Namu. Ini dimaksud agarperekonomian di Sumut dapat berjalandengan baik. Peran pemerintah dan pi-hak swasta juga sangat penting dalammewujudkan kota baru ini.

T: Bagaimana peran Real Estate Indo-nesia (REI).

J: Ya, REI salah satu pihak swasta yangpaling berperan. Pemerintah harus beker-jasama dengan REI untuk membangunRusunawa sehingga tidak terjadi diskrimi-nasi di dalam masyarakat nantinya.

T: Harapan Anda sendiri dengan ber-

dirinya Kota Baru di Sumut nanti.J: Saya berharap Kota Baru ini untuk

seluruh lapisan masyarakat dan Pem-provsu, pemerintah pusat dapat berk-oordinasi sehingga izin RTRW dapatrampung sesegera mungkin. Intinya,Kota Baru di Sumut jangan sebataswacana semata, namun harus adaperkembangan serta berkelanjutan.Kita harapkan secepat mungkin KotaBaru di Sumut tercapai sehingga mim-pi dua tahun lalu itu bisa menjadi ken-yataan. (***)

Page 7: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

CITIZEN

7Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Tiga Dasawarsa Pengabdian

Yayasan Sari MutiaraDalam Bidang Pendidikan (Tahun 1982-2012)

Berbekal ijazah pendidikan bidan

dan pengalaman sewaktu bidan desa

di Samosir, ibu Sauria Sitanggang dan

bapak Drs.W. Purba mendirikan klinik

bersalin. Berbagai kegiatan dilakukan

bersama sama dengan masyarakat di

sekitarnya, terutama di dalam mem-

bantu para ibu hamil dan bayinya agar

tetap sehat.

Kepercayaan demi kepercayaan

diperoleh membuat klinik ini semakin

ramai dikunjungi pasien dan mempun-

yai semakin banyak program sehingga

dirasakan peningkatan kebutuhan

akan tenaga kesehatan lainnya untuk

diajak bekerjasama.

Terbatasnya jumlah tenaga keseha-

tan, khususnya perawat dan bidan

tidak membuat ibu Bidan Sitanggang

dan bapak Drs.W.Purba menjadi pa-

tah semangat. Tantangan yang ada di-

pandang sebagai peluang dan kesem-

patan serta melahirkan ide baru.

Yayasan ini merealisasikan gagasan

barunya dengan mengawali kiprahnya

dalam dunia pendidikan dengan men-

gajukan pendirian Sekolah Perawat

Kesehatan (SPK) Sari Mutiara Medan

kepada Departemen Kesehatan RI. Pada

tahun 1982, Yayasan Sari Mutiara

diberi kepercayaan menyelenggarakan

SPK. Berkat Tuhan Yang Maha Kuasa dan

kesungguhan serta idealisme yang ting-

gi, SPK ini dapat menjadi salah satu

sekolah yang diminati masyarakat di

Sumatera.

Selama satu dasawarsa SPK Sari Mu-

tiara tetap memegang teguh aturan -

aturan yang berlaku dalam melaksan-

akan pendidikan untuk menghasilkan

tenaga perawat bidan, perawat (D1)

dan bidan.

Hingga akhirnya pada tahun 1992,

sesuai dengan regulasi yang ada,

SPK Sari Mutiara harus dikonversi

ke jenjang diploma (D3). Perkemban-

gan peraturan ini, lagi - lagi, dipan-

dang sebagai suatu berkah.

Dilandasi dengan semangat yang

tinggi dan kerja keras seluruh tim, Pe-

merintah kembali memberikan keper-

cayaan kepada Yayasan Sari Mutiara

untuk menyelenggarakan Akademi Kep-

erawatan (AKPER) dan Akademi Analis

Kesehatan (AAK) Sari Mutiara pada

tahun 1992.

Sesuai dengan idealisme yang ada,

pengelolaan kedua akademi ini dilaku-

kan secara profesional dan akuntabel.

Akademi Keperawatan Sari Mutiara

hingga sekarang telah mempunyai

alumni sebanyak 1.242 orang dan AAK

sebanyak 690 orang, yang tersebar di

seluruh Indonesia.

Kehadiran dua akademi ini, ternya-

ta dipandang perlu dilengkapi den-

gan akademi - akademi kesehatan

yang lainnya. Dengan berkonsultasi

pada berbagai pihak, Yayasan Sari

Mutiara mengajukan izin penyeleng-

garaan Akademi Gizi (AKZI), Akademi

Kesehatan Lingkungan (AKL), dan Ak-

ademi Analisa Farmasi dan Makan-

an (AKAFARMA).

Pada tahun 1993, Departemen Kese-

hatan RI memberikan izin penyeleng-

garaan Akademi Gizi (AKZI) kepada

Yayasan Sari Mutiara dan Persatuan

Ahli Gizi (PERSAGI) Prov. Sumatera

Utara. Tahun 1994, Pemerintah

kembali memberikan izin penyeleng-

garaan Akademi Kesehatan Lingkun-

gan (AKL) dan Akademi Analisa Far-

masi dan Makanan (AKAFARMA) ke-

pada yayasan ini.

Pada November 2000, akhirnya

kembali Yayasan ini mendapat keper-

cayaan menyelenggarakan STIKes Mu-

tiara Indonesia dan Akademi Kebidan-

an (AKBID) Sari Mutiara pada awal

tahun 2001.

Dalam perjalanannya STIKes Mutara

Indonesia yang mengelola berbagai

program studi bidang kesehatan secara

terus menerus mengikuti perkemban-

gan dan mempelopori berbagai pelak-

sanaan kebijakan pemerintah untuk

peningkatan mutu pendidikan dan kese-

hatan.

30 Tahun sudah Yayasan ini meng-

abdi dan berkarya di bidang pendidi-

kan. Semangat dan cita-cita mulia Ibu

Bidan Sauria Sitanggang dan bapak drs.

W. Purba didukung doa dan dukungan

seluruh keluarga, sahabat, para han-

dai tolan dan kepercayaan masyarakat

serta pemerintah, diawal tahun 2013

ini lahirlah Universitas Sari Mutiara

Indonesia.

Melalui Surat Keputusan KEMENDIK-

BUD nomor : 10/E/O/2013 tanggal 10

Januari 2013 tentang izin menyeleng-

garakan Universitas Sari Mutiara In-

donesia Medan maka secara resmi Ber-

dirilah UNIVERSITAS SARI MUTIARA IN-

DONESIA dengan 17 (tujuh) belas pro-

gram studi. (***)

YAYASAN SARI MUTIARA adalah sebuah yayasan yang awalnya bernama Yayasan SitanggangPurba, bergerak dalam bidang pelayanan rumah sakit dan pendidikan. Diawali dengan

pelayanan seorang perempuan muda, bidan Sauria Sitanggang, yang didampingi olehsuami tercinta, Drs.W.Purba, mereka menggeluti keseharian kehidupannya

dengan melayani pasien di rumah. Bersikap ramah, sederhana, sukamenolong tanpa pamrih, ikhlas dan tulus, membuat pasangan

muda ini cepat diterima di masyarakat.

Page 8: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

MARKET REVIEW

8Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

PT PAI Fokus Sumut

PeningkatanCapai 50 Persen

Lima tahun belakangan ini, pemerintah telah gencar-gencarnya mensosialisasikankepada petani akan pentingnya penggunaan pupuk organik. Sebab hasil

penelitian menyebutkan bahwa pupuk organik mampu meningkatkan hasilpanen dan terbuat dari bahan alami. Pupuk organik juga kerap disebut pupuk

hayati atau pupuk biologi yang tersusun dari materi makhluk hidup. Sepertihalnya pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan dan manusia.

J enis pupuk organik sendiri berben-

tuk padat atau cair yang digunakanuntuk memper-baiki sifat fisik, kimiadan biologi tanah. Selain itu, pupuk or-ganik mengandung banyak bahan or-ganik daripada kadar haranya. Sedan-gkan sumber bahan organik dapat beru-pa kompos, pupuk hijau, pupuk kan-dang, sisa panen (jerami, brangkasan,tongkol jagung, bagas tebu dan sabutkelapa), limbah ternak, limbah indus-tri yang mengguanakan bahan perta-nian serta limbah kota (sampah).

Di Provinsi Sumatera Utara sendiri,penyerapan pupuk organik bersubsidimasih kurang maksimal. Selama 10 bu-lan pertama, penyerapan pupuk organ-ik bersubsidi mencapai 24.010 ton atau59,69% dari total jatah yang dialokasi-kan Pemerintah untuk petani Sumut,yakni sebanyak 34.600 ton.

Berdasarkan data Dinas PertanianSumatra Utara hingga November 2012penyerapan pupuk bersubsidi sektor per-tanian di Sumut jenis ZA paling tinggi diantara jenis pupuk lain, yaitu 101,79%dari yang dialokasikan atau 43.495 ton.

Walau penyaluran pupuk organikbersubsidi yang disalurkan pemerintahmengalami kelambatan peningkatan,namun hal itu berbanding terbalik den-gan distributor pupuk organik yang di-tangani pihak swasta.

Sebagai contoh perusahaan penyalurpupuk organik PT SMS Indoputra yangmembawa trademark pupuk hayati Agro-

paten/kota se Sumut sebanyak 60.000 li-ter. "Dan, kemungkinan masih ada daer-ah lain yang akan menyusul. Ini kita masihtahap penjajakan kepada kabupaten/kotayang lain. Makanya, saya optimis target2012 ini tercapai 100.000 liter," paparalumni Fakultas Pertanian UniversitasIslam Sumatera Utara (UISU) ini.

Awal 2012, PT Permata Agro Indone-sia (PT PAI) fokus pengembangan danpendistribusian pupuk Agrobost keSumatera Utara (Sumut). Konsentrasitersebut ternyata membuahkan hasilmaksimal. Apalagi diperoleh informa-si bahwa petani kurang minat terhadappupuk organik bantuan pemerintah.

Melihat kondisi tersebut, PT Perma-ta Agro Indonesia pun menjawab tan-tangan kelesuan petani akan pupukorganik. "Intinya, kalau kita seriusmensosialisasikan manfaat pupuk or-ganik, petani juga bisa menerimanya.Terus terang kelesuan petani akan pu-puk organik di Sumut ini kita jadikantantangan," ungkap Direktur Utama PTPermata Agro Indonesia, Salman Lubiskepada liputanBISNIS, kemarin.

Malahan, katanya, keunggulan pupukorganik Agrobost telah diakui pihakperusahaan BUMN pemasok pupuk,bibit dan lainnya kepada petani. (***)

kepada Dinas Pertanian setempat untukpemakaian pupuk dari perusahaan kita,"jelas Ade sembari menambahkan programSL-PTT di Provinsi Sumut khusus Cadan-gan Beras Nasional (CBN).

Sejauh ini, Kabupaten Madina adasekitar 60 kelompok tani (Poktan) yangmenggunakan pupuk Agrobost yang di-distribusikan PT Permata Agro Indone-sia. Selain itu, Kabupaten Padang La-was (Palas) 60 poktan, Langkat (60 pok-tan), Labuhanbatu (40 poktan), Asahan(40 poktan), Labuhanbatu Utara (80poktan), Simalungun (60 poktan), TobaSamosir (40 poktan), Samosir (40 pok-tan), Paluta (60 poktan), Pakpak Bhar-at (20 poktan) dan Dairi (40 poktan).

Secara rinci, Ade menjelaskan, pend-istribusian pupuk Agrobost yang dikirimdi 12 kabupaten kota antara lain, Kabu-paten Madina (60 poktan X 1,500 hektarX 6 liter/hektar = 5400 liter). "Jadi, untukKabupaten Madina kita telah memasok5400 liter. Kabupaten Dairi 2400 liter,Labuhanbatu 2400 liter, Langkat 5400 li-ter, Simalungun 5400 liter, Tobasa 5400liter, Pakpak Bharat 5400 liter, Palas5400 liter, Samosir 2400 liter, Paluta 5400liter dan Labura 9600 liter," urainya.

Dengan demikian, total keseluruhanpupuk Agrobost yang dipasok ke 12 kabu-

By | Erwin Parinduribost. Untuk Provinsi Sumatera Utara(Sumut) dan Aceh pihak perusahaanmempercayakan pendistribusian pupukAgrobost kepada PT Permata Agro Indo-nesia di Jalan Krakatau Medan.

Menurut Ir Muhammad Ade Lubis, se-laku Manager Pemasaran PT PAI, per-mintaan pupuk organik Agrobost danHumagold meningkat sekitar 50 persenpada 2012. Pencapaian target 2012 hing-ga akhir tahun berkisar 100.000 liter.

Untuk Sumut, dijelaskan Ade, dari 37kabupaten/kota sebanyak 12 kabupaten/kota telah memberi respon positif. Sejakbeberapa bulan terakhir Kabupaten Man-dailing Natal (Madina), Padang Lawas, La-buhanbatu dan Langkat, telah menjalinkerjasama dengan Dinas Pertanian set-empat, melalui program SL-PTT (SekolahLapang Pengelolaan Tanaman Terpadu)Kontigensi yang merupakan bantuan dariKementerian Pertanian melalui Dinas Per-tanian dan TPH Provinsi.

Hanya saja, jalinan kerjasama dengankabupaten/kota se Sumut itu tak ser-tamerta langsung diterima. Karena, pi-hak perusahaan (PT Permata Agro Indo-nesia) sendiri yang terlebih dahulu men-sosialisasikan kepada kalangan petanimelalui kelompok tani masing-masing.

"Petani atau pun kelompok tani tidaklangsung percaya atas produk yang kitatawarkan. Makanya, sebelum pengajuanke pemerintah daerah, kita terlebih dahu-lu bersentuhan dengan petani dan melaku-kan pembuktian di lapangan akan keung-gulan pupuk organik yang kita tawarkan.Kalau pembuktian itu benar, maka petaniatau kelompok tani tersebut mengajukan

KEPALA Dinas Pertanian Sumatera Utara, H Muhammad Roem menganjurkan agar pet-

ani menggunakan pupuk organik mengingat kondisi lahan pertanian di daerah itu mulai

mengalami kejenuhan.

"Lahan kita perlu diperbaiki lagi dengan pupuk organik," katanya, belum lama ini.

Menurut Roem, sebagai daerah yang menjadi sumber bahan pangan di Tanah Air, Sumut

cukup banyak memiliki lahan pertanian. Namun sayangnya, berbagai lahan pertanian

tersebut sudah dijejali dengan pupuk konvensional yang nonorganik selama berpuluh-

puluh tahun.

Kondisi itu menyebabkan tanah mengalami kejenuhan sehingga produktivitas pertanian

kurang maksimal dalam peningkatan hasil meski pihaknya telah melakukan berbagai up-

aya. Setelah diselidiki, lanjut dia, ternyata tingkat kejenuhan lahan itu telah menyebabkan

struktur tanah terganggu karena unsur haranya semakin berkurang dan unsur kimianya juga

terganggu.

Untuk itu, dia memandang perlu perbaikan kondisi tanah dengan banyak memanfaat-

kan pupuk organik di setiap aktivitas pertanian masyarakat. Ke depan, kata dia, pemaka-

ian pupuk organik tersebut sangat ditekankan untuk menjaga kondisi tanah agar terus

baik dan dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam waktu lama. "Tanpa pupuk organik,

pertanian yang dilakukan bukanlah pertanian berkelanjutan," katanya.

Diakatakan, bahwa pemakaian pupuk organik memiliki manfaat ganda, yakni selain mem-

perbaiki kondisi tanah, juga membuat hasil tanaman lebih sehat sehingga meningkatkan

daya jual. Kondisi itu dapat dilihat dari perbedaan harga jual beras yang diproduksi melalui

pupuk konvensional dengan beras dari pertanian organik yang sangat digemari dan dibayar

mahal.

"Beras biasa dihargai sekitar Rp8.000,00-Rp10.000,00 per kilogram, sedangkan beras

organik Rp15 ribu/kg," katanya.

Menurut dia, mahalnya harga sayuran dan beras organik tersebut karena produksinya

tidak menggunakan kimia sintetis. Namun, kata Roem, pihaknya menyadari jika keberadaan

pupuk organik tersebut tidak selalu gratis dari pemerintah. Oleh karena itu, masyarakat

juga perlu memberdayakan diri untuk menghasilkan pupuk organik sendiri. "Tentu saja,

Pemerintah akan memfasilitasi dengan menyiapkan alat untuk mengolah sisa tanaman

menjadi pupuk organik," akhiri Roem. (***)

Dianjurkan Pakai Pupuk Organik

Distribusi 12 Kabupaten melalui program SL-PTT Kontigensi

Page 9: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

TEKNO

9Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Business Manager PT Sumatera Ber-lian Motors, salah satu dealer resmiMitsubishi, Taurus P Sali mengatakanpeningkatan tersebut selain didukungdengan pangsa pasar yang terus ber-tambah, seiring dengan pertumbuhanekonomi dan kegiatan perdagangan,juga respon positif masyarakat ter-hadap produk yang mereka miliki.

"Tahun lalu penjualan di Sumut kira-kira 8.784 unit, tahun ini target bisabertumbuh 22,3% dengan harapan kon-disi ekonomi yang membaik di tahun2013," ucapnya.

Menurutnya, untuk tahun ini Mit-subishi masih tetap mengandalkankendaraan niaga terutama dari jenisFuso dan truk kecil. Apalagi dengansemakin banyaknya proyek-proyekpembangunan infrastruktur serta pen-jualan dari sektor perkebunan danpertambangan.

Pada tahun lalu, penjualan mobilFuso Mitsubishi di Sumut mencapai983 unit atau sekitar 58% dari pangsapasar sebanyak 1.694 unit, sedangkanpenjualan untuk truk kecil sebanyak2233 unit, menguasai 70% pangsapasar di kelasnya.

Dengan demikian secara keseluruhankendarana niaga Mitsubushi masihbertengger diurutan pertama di Sumutyakni sebanyak 3.216 unit atau 65,9%.Selain itu, Mitsubishi juga akan se-makin gencar membidik penjualan ken-daraan penumpang yang tahun ini di-targetkan bisa menguasai sekitar 22%pangsa pasar, dibandingkan denganpangsa pasar tahun lalu yang baru me-nembus 20%.

"Untuk mobil passenger kami sedangberjuang, intinya trend sampai saat iniberkembang lebih baik terutama untukpagero sport yang sudah mendapatkanpasar di Sumut dan dengan produk Out-lender Sport serta Mirage," ucapnya.

Sementara itu, dari total penjualanyang menembus angka 10.000 unit terse-

but, Sumatera Berlian Motors menarget-kan bisa membidik lebih dari 5.000 unitpenjualan kendaraan Mitsubishi diSumut.

Pasalnya, Sumatera Berlian Motorstelah memiliki Mitsubishi Fuso TruckCenter dan Parts Depo yang baru sajadiresmikan Selasa (5/2). Dengan adanyalayanan tersebut, setidaknya bisa mem-bantu penjualan di dealer yang berloka-si di Jl. Sisingamangaraja km. 7 ini.

Dealer berencana untuk mengeluar-kan fasilitas member card untuk ken-daraan komersil pada tahun ini, seh-ingga pembeli bisa mendapatkan dis-kon khusus untuk layanan Truck Centerdan Parts Depo selama 24 jam dan 365hari sehingga tidak menggangu waktuoperasional pada jam-jam sibuk. (***)

Mitsubishi Targetkan Penjualan

di Sumut 22,3 Persen

Penjualan mobil Mitsubishi di Sumatera Utara tahun iniditargetkan mencapai 10.742 unit atau meningkat 22,3%dibandingkan dengan angka penjualan selama tahun lalu yangtercatat sebanyak 8.784 unit dengan tetap mengandalkankendaraan niaga.

Bukan hanya di Medan, promo sales iPhone 5 itu juga berlangsung serentak di

5 besar Indonesia. Selain melakukan aktivitas penjualan paket iPhone 5, Telko-

msel juga membuka pelayanan pendaftaran pelanggan baru kartuHalo, penuka-

ran Telkomsel Poin, serta aktivasi paket TELKOMSELFlash.

Keenam lokasi sales roadshow iPhone 5 Telkomsel tersebut, antara lain Medan

(Sun Plaza), Pekanbaru (SKA Mall), Jakarta (Senayan City), Kuta Bali (Beach Walk),

Makassar (Mall Panakukang), dan Manado (Mantos).

Menurut Head of Area Sumatera Group Telkomsel, Gilang Presetya, kegiatan ini

merupakan salah satu upaya Telkomsel dalam memenuhi kebutuhan digital life-

style masyarakat Indonesia dengan perangkat komunikasi terkini.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan momentum ini untuk merasa-

kan perpaduan produk terbaik milik Apple dengan layanan jaringan berkualitas

yang dihadirkan Telkomsel," kata Gilang di Medan.

Gilang menambahkan, dalam pagelaran roadshow kali ini, Telkomsel menyaji-

kan paket bundling iPhone 5 tipe 16 GB dan 32 GB berwarna hitam dan putih,

lengkap dengan nano SIM card. Dapatkan handset canggih ini dengan harga mu-

lai dari Rp 1.299.000 (16 GB) dan Rp 2.529.000 (32 GB).

Pelanggan dapat memperoleh iPhone 5 Telkomsel dengan skema pembayaran

tunai, debit, maupun tunai kartu kredit. Sedangkan pembelian dengan skema ci-

cilan 0 persen selama 12 bulan dapat menggunakan kartu kredit BCA, Mandiri,

dan BNI.

Paket iPhone 5 Telkomsel dapat dinikmati oleh pelanggan paskabayar kartuHa-

lo dan kartu prabayar simPATI. Bagi pengguna kartuHalo, tersedia paket data

'Greatest Thing' yang terbagi ke dalam 4 pilihan jenis paket berlangganan. Sedan-

gkan pelanggan simPATI juga dapat menikmati fitur canggih iPhone 5 dengan

aktivasi melalui akses *363# dari ponsel.

iPhone 5 merupakan smartphone dengan dimensi ukuran yang tipis, serta diran-

cang dengan tampilan yang menakjubkan dengan mengusung layar 4 Inch. Selain

itu, iPhone 5 tampil dengan iOS 6 yang memiliki lebih dari 200 aplikasi baru, di

antaranya layanan peta dan navigasi baru, integrasi jejaring sosial Facebook,

aplikasi Siri, dan beragam aplikasi menarik lainnya.

Saat ini, Telkomsel memiliki pelanggan iPhone terbesar di Indonesia, yakni

mencapai lebih dari 300.000. Dengan didukung oleh koneksi data HSPA (High

Speed Packet Access) berkecepatan hingga 14.4 Mbps (Megabyte per second),

pengguna iPhone 5 juga semakin merasakan kenyamanan berkomunikasi berkat

hadirnya infrastruktur BTS (Base Transceiver Station) Telkomsel di seluruh Indo-

nesia yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 54.000 BTS, termasuk 15.000

Node B (BTS 3G). (***)

Telkomsel GelarSales Roadshow iPhone 5

Page 10: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

HOT PROFILHOT PROFILHOT PROFILHOT PROFILHOT PROFIL

10Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Berawal dari sudut angel gambar sang paman, Lukas Damian,yang kala itu baru menginjak gede terkagum dan tertarik untuk

bergelut di dunia fotoghrafi. Baginya, momen dari foto yangdihasilkan memiliki nilai luar biasa. Ada sebuah rasa kepuasan

tersendiri di hati, kala bisa mendapatkan momen esklusif.

Lukas Damian:

Camera It's My Life

"Moment tidak bisa diulangi. Jadi

momen itu sangat penting. Dan dapat

bernilai tinggi. Jadi lebih lama lebih

bernilai jual tinggi," ungkap Lukas

saat ditemui di studi foto Profesional

Jalan Iskandar Muda 1358.

Lukas pun tak mengira. Berangkat

dari ketertarikan kemudian menjadi

hobi tersebut, justru menjadi lahan

menuai pundi-pundi rezeki. Dan masih

setia hingga kini selama 23 tahun

dengan profesi yang tidak hanya

membawa keberuntungan bagi ia dan

keluarganya, namun juga masyarakat

lain, sebagai lapangan pekerjaan.

Tapi puluhan tahun berjalan,

bukanlah tanpa krikil. Pria kelahiran

1956 ini pernah merasakan masa

sulit di kala awal karirnya merintis

usaha fotoghrafi.

Tantangan dimulai pada tahun

1990. Di awal dirinya baru terjun di

dunia fotoghrafi. Meski saat itu

pesaing belum banyak, baru dua

usaha fotoghrafi yang sama di Kota

Medan, namun membuka usaha foto

tidak lah gampang. Butuh skill tinggi.

Saat itu, di tahun 90-an, untuk

mendapatkan hasil foto yang bagus,

tidak mudah, karena jenis kamera

yang digunakan masih manual.

Menggunakan film dan memakan

proses lebih lama untuk

menghasilkan foto yang bagus. Beda

bila dibanding saat ini, di era digital.

Dimana foto mudah diedit.

"Waktu itu mau buka usaha foto

ngak gampang. Harus pakai skill. Dulu

untuk mengambil foto tidak gampang

karena masih manual dan proses

panjang. Namun saingan sedikit. Beda

dengan sekarang sudah masuk

digital," tuturnya.

Tapi, Lukas yakin dengan usahanya

tersebut. Ia pun menerapkan strategi,

yang secara konsisten tetap dijaganya

hingga sekarang, guna menarik dan

menjaga konsumen, dengan selalu

mengutamakan hasil foto yang

menarik dan tampil beda, serta

bernilai tinggi. Seperti nama

usahanya "Profesional".

"Nama dari dulu Profesional. Dari

awal buka, nama tersebut pun saya

pertanggungjawabkan. Seluruh

fotonya diambil secara profesional,"

ujarnya.

Diungkapkan Lukas, bahwa ilmu

fotografi yang dimilikinya tidak

sedikit ia peroleh dari sang paman.

Namun, demi mengasah kemampuan,

iapun sempat sekolah fotoghrafi di

New York selama setahun.

Kamera Bagian Hidup Lukas

Hanya dari satu buah alat

elektronik canggih, namun membawa

keuntungan bagi banyak orang. Ada

puluhan orang yang

secara tak langsung

dinafkahi Lukas

melalui

usahanya

tersebut

karena

membuka

lapangan pekerjaan.

Selain itu, Lukas sendiri pun mampu

menyekolahkan ke empat buah

hatinya hingga jenjang perguruan

tinggi di luar negeri. "Camera It's My

Life (Kamera itu adalah hidup saya),"

ungkap Lukas.

Suami dari Lila tersebut pun akan

selalu menjaga lumbung rezekinya

tersebut. Dengan tak lupa senantiasa

terus bersyukur.

Bahkan meski telah memiliki

karyawan profesional, namun Lukas

yang mempelopiri kamera digital di

tahun 98 dimana kala itu ia membeli

harga kamera mencapai Rp88 juta

pun masih secara rutin terjun

langsung dalam hal mengambil

gambar. "Sampai sekarang saya masih

aktif," tukasnya.

Dan di tengah kian mengguritanya

usaha fotoghrafi, Lukas pun tetap

gesit dan tetap konsisten secara

prifesional.

"Kita harus tampil beda saat ini. Di

tengah persaingan bisnis usaha

fotoghrafi yang kian menjamur,"

imbuhnya. (***)

By| Wahyu

Penghargaan

- 1998-juara II dan III di Kompetisi Make Up

artist Jhon Robert Power

- 1999-juara I di kontest make up nasional di

APGAPINDO dan penghargaan WPPI

- 2000-penghargaan make up artist terbaik

dan runner up contest make up artist profe-

sional

- 2001-juara I dan dapat penghargaan WPPI

Indonesia

- 2002-juara I dan II dan penghargaan dalam

AOPA kontes fotoghrafi di German

- 2003-2 penghargaan dalam kegiatan perin-

gatan 23 tahun konfrensi fotoghrafi di USA

- 2003-9 penghargaan dari WPPI

- 2004-2008 memperoleh penghargaan foto

terbaik dari WPPI

Page 11: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

CORPORATE & STRATEGY

11Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Karyawan-karyawati PT TelekomunikasiIndonesia (Telkom) membangun Puskes-mas Pembantu (Pustu) di tempat relokasikorban gempa dan tsunami Mentawai2010, Taikako, Dusun Muntei, Desa Betu-monga, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

By| Ucup Tambunan

Dia berharap, pustu itu dimanfaatkan oleh Men-

tawai dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai jadi

kandang sapi karena ketiadaan petugas kesehatan.

Gubernur menambahkan, masyarakat Mentawai da-

pat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang

diberikan karyawan Telkom melalui Sekar ini.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet mengungkapkan,

Mentawai sangat tertinggal dalam akses kesehatan. Pen-

duduk Mentawai, dikatakan Yudas, berjumlah 80 ribu

jiwa, sementara Puskesmas hanya berjumlah 10 unit,

ditambah 200 puskeskes, dan 1 unit rumah sakit Pemda.

Untuk jumlah dokter, jelas Yudas hanya berkisar

10 orang. Maka tak mengherankan kalau selama ini

masyarakat Mentawai harus berobat ke Padang un-

tuk jenis penyakit tertentu atau tergolong berat. Wak-

tu tempuh Padang-Mentawai via kapal reguler

berkisar 12 jam.

"Kami berterimakasih pada Sekar Telkom yang te-

lah membangun pustu di lokasi hunian sementara.

Di lokasi tersebut akan dibangun hunian tetap," tan-

das Yudas.

Kawasan Terisolir

Khusus kepada Ketua Umum, Gubernur mengata-

kan, Sumbar sebagai 'supermarket bencana' terbuka

tangan untuk menerima bantuan. Karena Sumbar san-

gat banyak mengalami bencana, termasuk bencana

tanah longsor yang terjadi di Agam dan banjir di Pain-

an belum lama ini.

Sebelumnya, Ketua DPD Sekar Sumatera Barat Ih-

san menjelaskan, latarbelakang pemberian bantuan

atas bencana tsunami di Mentawai tahun 2010.

Musibah yang menelan korban 500 jiwa tewas dan

menjadikan kawasan ini terisolasi.

Setelah melakukan evaluasi maka diputuskan un-

tuk membantu satu pelayanan kesehatan kepada

masyarakat di sana.

Sementara itu, Ketum DPP Sekar Wisnu Adi Wuryan-

to menjelaskan, beberapa aktifitas Sekar dalam ber-

bagai program nasional termasuk aktifitas Sekar

Peduli terhadap bencana yang terjadi di berbagai

lokasi di tanah air. (***)

Pembantu (Pustu) Taikaiko, Mentawati, dalam satu

upacara yang berlangsung di Gedung Telkom Padang.

Bersamaan dengan peresmian itu, dilakukan pen-

andatanganan berita acara serah terima dari Ketua

Umum DPP Sekar Wisnu Adi Wuryanto kepada Gu-

bernur Sumatrera Barat. Puskesmas pembantu ini

merupakan program "Sekar Peduli" pasca gempa bumi

Mentawai 2010 lalu.

Puskesmas Pembantu yang berlokasi di Taikaiko,

Mentawai, memiliki bangunan 8 x 16 menter dengan

fasilitas 9 ruangan, 2 toilet (termasuk ruang dokter

dan apotik) dibangun dengan biaya sebesar Rp 400

juta. Bersamaan dengan itu, juga diserahkan satu buah

genset 2000 volt untuk membantu pelayanan di Puskes-

mas Pembantu Taikaiko melalui Bupati Mentawai.

Gubernur Sumatra, Irwan Prayatno mengawali

sambutannya dengan satu pepatah minang " air set-

itik jadi lautan". Artinya, dukungan dari mana pun

sedikit-demi sedikit, dapat menyelesaikan masalah.

Irwan Prayitno mengatakan, di balik bencana pas-

ti ada hikmah di belakangnya. Menurutnya, Men-

tawai adalah daerah tertinggal di Sumbar dan pe-

merintah Sumbar tidak bisa terlalu mengakomodasi

kebutuhan Mentawai. Sebab itu, bantuan dari lem-

baga lain sangat penting.

Lebih jauh disebutkannya, gempa dan tsunami yang

melanda Mentawai tidak sebesar Aceh, tapi hebohnya

hampir sama. Hikmahnya, jelas Irwan, bantuan menga-

lir ke Mentawai. Untuk rehabilitasi dan rekonstruksi

Mentawai pemerintah menganggarkan Rp1,1 triliun.

"Sebanyak Rp600 juta dari Rp1,1 triliun telah cair.

Sebanyak Rp300 juta digunakan untuk infrastruktur

dan Rp300 juta untuk pemberdayaan masyarakat,"

katanya, belum lama ini.

P ada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera

Barat,Irwan Prayitno meresmikan Puskesmas

Page 12: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

SOCIETY

12Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Panti Jompo yang telah berdiri sejak

tahun 2005 silam, dipilih Lions Club

Uniland sebagai tempat penyerahan

bantuan sosial dalam rangka menyam-

but Imlek, yang jatuh pada tanggal 10

Februari 2013, besok.

Kunjungan dihadiri langsung oleh Char-

ter President Club, Lion Juanda Pan-

jaitan didampingi oleh Charter Secre-

tary, Martin Soekendar dan Charter

Member, Lion Anwar Lawden disambut

hangat para penghuni Panti Jompo Ya-

yasan Harapan Jaya yang terletak di

Komplek Graha Sultan Blok A 1-6 Jalan

Platina Raya Desa Titi Papan Kecama-

tan Medan Marelan.

Kedatangan Lion Club Uniland untuk

berbagi kegembiraan bersama penghu-

ni Panti Jompo, melalui pembagian pa-

ker angpao dan jeruk.

"Lions Club Medan Uniland merasa ter-

panggil untuk mengulurkan tangan dan

berbagi dengan mereka yang tidak bisa

menikmati masa-masa Imlek dengan se-

gala keterbatasan dan kekurangannya,

sehingga mudah-mudahan bisa sedikit

mengurangi beban mereka dengan mem-

Sambut Imlek, Lions Club UnilandBantu Panti Jompo

By | Ucup Tambunan

Suasana kegembiraan tampakterlihat di Panti Jompo YayasanHarapan Jaya menyambut ke-datangan Lions Club Uniland.

berikan support secara moril maupun

materiil yaitu pemberian paket angpao

dan paket jeruk," kata Charter President

Club, Lion Juanda Panjaitan, Sabtu (9/

2/2013).

Juanda bersama rekan-rekan Lions Club

Uniland berharap, atas kehadiran Lions

Club Medan Uniland yang baru dilantik

12 Desember 2012, bisa memberikan

manfaat yang berarti dan rasa

kepedulian terhadap masyarakat luas

maupun sesama ketika ada yang mera-

sa kesulitan sehingga bisa menjad

suatu berkat dengan berbagi kasih ke-

pada sesama.

Seperti diketahui, Panti Jompo Yayasan

Harapan Jaya, dibangun oleh seorang

dermawan yang bergerak di bidang kon-

traktor bangunan di daerah Titipapan.

Jumlah penghuni panti jompo tersebut

sebanyak 43 orang dengan 7 orang yang

sukarela merawat penghuni panti. (***)

Charter President Club, Lion Juanda Panjaitan didampingi oleh Charter Secretary, Martin Soekendar dan Charter Member, Lion Anwar Lawden disambut hangat para

penghuni Panti Jompo Yayasan Harapan Jaya yang terletak di Komplek Graha Sultan Blok A 1-6 Jalan Platina Raya Desa Titi Papan Kecamatan Medan Marelan

Page 13: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

SOCIETY

13Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Begitu pula halnya yang dilakukan

Biksu Xinding dari Taiwan beserta Vi-

hara Dharma Shanti Lubuk Pakam dan

kelompok sosial Dharma Shanti. Kegia-

tan bakti sosial menyambut Imlek 2564

BE hasil kerjasama dengan Vihara Bud-

dha Tridharma Mulia Medan, Muda-

Mudi Vihara Buddha Tridharma Mulia,

Lions Club Medan Malibu, Lions Club

Medan Malibu Srikandi, Lions Club

Medan Orientar dan Lions Club Medan

Garuda yang digelar di Vihara Dharma

Shanti Lubuk Pakam, belum lama ini.

Pembina Vihara Buddha Tridharma

Mulia Medan, Bambang ES men-

gungkapkan, bantuan paket sembako

dan angpao diserahkan kepada 300

warga yang bermukim di seputaran Lu-

buk Pakam. "Berbagi kepada sesama

adalah kewajiban kita sebagai manu-

sia. Dan pembagian sembako khusus

kepada warga yang kurang mampu," ujar

Bambang ES kepada liputanBISNIS, ke-

marin.

Dia juga berharap, warga yang men-

erima paket dan angpau tersebut dapat

terbantu dan bisa merasakan keba-

hagiaan saat merayakan Imlek. Setidak-

tidaknya bantuan yang diberikan ini

bermanfaat.

"Membantu orang lain berarti kita

telah memberikan kebahagiaan kepada

orang lain. Semoga kegiatan ini bisa

terus terlaksana, agar semakin banyak

bisa membantu orang lain yang mem-

butuhkan," sebutnya.

Hadir pada bakti sosial tersebut,

Pembina V ihara Buddha Tridharma

Mulia, Bambang ES, Ketua Umum Viha-

ra Buddha Tridharma Mulia, Ismed,

Bendahara, Robert, Ketua I, Halim An-

gkasa, Ketua kelompok sosial Dharma

Shanti, Presiden Lions Club Medan Mal-

ibu, Suharno Taniwan, Sekertaris,

Wijaya, Simon Nasri sebagai anggota

dan Presiden Lions Club Medan Garu-

da, Robert Komaria MBA.

Tak Memandang Etnis dan Agama

Tampak wajah-wajah sumbringah ter-

pancar dari rona penerima 300 semba-

ko. Ucapan terima kasih pun tak henti-

hentinya terucap dari mulut mereka.

Apalagi bantuan sembako ini dinilai

sangat berarti tatkala menyambut Hari

Raya Imlek 2564.

Memang, kata Pembina Vihara Bud-

dha Tridharma Mulia Medan, Bam-

bang ES, bantuan sembako yang

diberikan wujud peduli organisasi ini

kepada yang membutuhkan. Malahan,

Bambang menguraikan, pihaknya tak

memandang strata, status, agama dan

etnis.

"Warga di Sumut sangat pluralisme.

Bermacam suku dan agama ada di sini.

Makanya, kita pun berupaya tak mem-

bedakan satu agama dan agama lain-

By | Ridho

Kebahagian jangan hanyadirasakan segelintir orang, tapihendaknya menyentuh ke se-mua lapisan masyarakat. Salingmembantu dan menolong ad-alah kewajiban bagi sesamamanusia. Tak melihat darimanaasalnya, begitu juga dengantingkat sosial. Dan yang ter-penting yaitu memberi bantu-an secara ikhlas yang keluar darilubuk hati terdalam.

Berbagi Kasih Bersama Imlek 2564

Vihara Dharma Shanti LubukPakam Bantu 300 Paket Sembako

Dalam kemeriahan perayaan Imlek, Biksu Xinding dari Taiwan beserta Vihara Dharma Shanti Lubuk Pakam dan kelompok

sosial Dharma Shanti berbagi kasih dengan mendatangi kaum jompo. Kegiatan pemberian bantuan dan angpao ini berkat

kerjasama Vihara Buddha Tridharma Mulia Medan, Muda-Mudi Vihara Buddha Tridharma Mulia, Lions Club Medan Malibu,

Lions Club Medan Malibu Srikandi, Lions Club Medan Orientar dan Lions Club Medan Garuda.

nya. Begitu juga dengan etnisnya sendi-

ri," lirih Bambang.

Dijelaskan bahwa setiap tahun pi-

haknya kerap memberikan bantuan

sembako. Bahkan, bantuan ini tak han-

ya moment Imlek saja, tapi juga hari-

hari besa agama lainnya di Sumut. "Se-

tiap tahun kita buat pembagian semba-

ko, bukan hanya khusus Imlek tetapi di

acara hari-hari besar keagamaan lain-

nya juga sering diselenggarakan. Kare-

na kita ingin, bakti sosial ini tidak diko-

tak-kotakkan untuk etnis atau agama

tertentu," katanya.

Sebab, lanjut Bambang ES, pengkotak-

kotakan itu sudah pasti mendatangkan

hal negatif. Artinya, pasti ada diskrimi-

nasi sosial sehingga pihaknya tetap

pada jalur yaitu memberikan bantuan

kepada yang berhak menerimanya.

"Rezeki itu datangnya dari Tuhan. Den-

gan member rezeki otomatis pahala

akan datang melimpah," akhirinya. (***)

Teks Foto: Foto Bersama. Pengurus

Vihara dan organisasi sosial foto ber-

sama di sela-sela acara bakti sosial di

Vihara Dharma Shanti Lubuk Pakam, 3

Februari 2013.

Bagi Angpao. Sejumlah pengurus Vi-

hara dan organisasi sosial membagi-

kan angpao kepada warga di acara bakti

sosial di Vihara Dharma Shanti Lubuk

Pakam, 3 Februari 2013. (***)

Page 14: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

COCOCOCOCOMMUNITYMMUNITYMMUNITYMMUNITYMMUNITY

14Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Kalimat 'Gong XI Fa Cai' menjadi kata

pembuka pada perayaan Imlek 2564 di

Hermes Place Polonia Jalan Mongonsi-

di Medan. Malam itu, pusat perbelan-

jaan terlengkap dan berkelas di Kota

Medan ini menggelar acara malam.

Konsep yang ditawarkan pun begitu

berkesan yaitu konsep Gala 'Shanghai

Night Dinner'. Dari konsep tersebut

sudah terpikirkan bahwa Hermes Place

Polonia menyajikan aneka masakan

China bagi para pengunjung yang ingin

menikmati cita rasa masakan dan sua-

sana Shanghai. Sungguh ekslusif nan

menarik konsep yang dipersembahkan

malam itu.

"Memang kita ingin memanjakan pen-

gunjung pada malam Imlek ini. Makan-

ya, konsep ini kami sajikan agar pen-

gunjung tidak bosan datang ke Hermes

Place Polonia," tutur Chairman PT. Her-

mes Realty Indonesia, Hermes dalam

wawancara kepada liputanBISNIS, di

Hermes Place Polonia.

Dia menjelaskan ballroom yang meru-

pakan pusat kegiatan Shanghai Night

Dinner ini merupakan yang terbesar di

Medan dengan kapasitas tampung hing-

ga 2.000 orang. Tak hanya itu, ballroom

ini juga dilengkapi dengan penerangan

lampu yang sangat elegan dan televise

LED sebanyak 8 unit di setiap sudut ru-

ang yang memberikan kenyamanan.

Jadi, acara malam 'Sa Cap Me' ini di

ruang Convention Center Hotel Place

Polonia, sangat cocok sekali bagi kelu-

arga dirayakan di ballroom tersebut

dengan menyajikan sajian aneka ma-

kanan dari Hongkong di mana para pen-

gunjung dapat merasakan suasana

makan malam di Shanghai.

"Konsep ini saya tertuang dari per-

jalan keliling dunia seperti di Singapore,

Malaysia mereka banyak menyajikan

masakan Hongkong sehingga restauran

khas masakan tersebut mudah di dapat

sehingga dalam menyambut malam im-

lek yang merupakan tradisi dari nenek

moyang yang harus dilestarikan. Dan,

sebagai waktu reuni keluarga dari berb-

agai belahan dunia berkumpul menjadi

satu dalam mempererat silaturahmi den-

gan keluarga," papar Hermes.

Ketika ditanyakan mengenai makna

Imlek yang sebenarnya apa? Hermes

menjelaskan tahun Baru Imlek menjadi

perayaan warga keturunan Tionghoa

yang bersuka cita menyambut lemba-

ran di tahun yang baru. Imlek sedikit-

nya lekat dengan tradisi makan, di

mana yee sang dan kue keranjang men-

jadi bagian di dalamnya.

Makanya malam ini kita menghadir-

kan chief (koki) dari Hongkong di mana

kita bersama-sama keluarga menikmati

makan malam. Jadi, konsep 'Shanghai

Night Dinner' merupakan konsep yang

berbeda dengan yang lainnya dan un-

tuk memanjakan pengunjung yang mer-

ayakan malam imlek," tegas Hermes.

Acara Gala 'Shanghai Night Dinner' ini

dihadiri ribuan pengunjung dan dime-

riahkan dengan penampilan barongsai,

tarian, singing of mandarin, lucky draw,

dewa membagikan rezeki kepada para

pengunjung. (***)

By| Darwinsyah Purba

Suasana malam Sa Cap Medi Hermes Place Medan Po-

lonia dalam menyambutTahun Baru Imlek 2564

Tahun Baru Imlek 2564 cukupbermakna. Aneka warnamenghiasi seluruh pusat hibu-ran di Kota Medan. Namunwarna paling dominan adalahmerah menyala. Bermacamkegiatan pun digelar di hotelternama di Ibukota SumateraUtara ini.

Page 15: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

FENGSHUI

15Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Ulasan Feng Shui Bambang ES di Tahun Ular

Bisnis Property MenjanjikanBisnis Property MenjanjikanBisnis Property MenjanjikanBisnis Property MenjanjikanBisnis Property Menjanjikan

Kepada tim liputanBISNIS yang mene-

mui ahli Feng Shui di Kota Medan, Bam-

bang ES mengatakan, tahun ular air akan

membawa rezeki dan peruntungan un-

tuk bisnis, terutama bisnis properti.

"Saya melihat bisnis property bakal

maju pesat di tahun ular air ini. Sangat

bagus dan menguntungkan, karena un-

sur bangunan berpadu dengan air jadi

klop. Selain itu, bisnis lain yang ber-

jalan lancar adalah tekstil dan akse-

soris tas yang terbuat dari kulit," kat-

anya.

Seiring berkembangnya bisnis prop-

erti tentu akan banyak pembangunan

yang akan dilakukan di Indonesia atau-

pun Sumatera Utara. Dari ilmu feng shui

yang mempelajari ilmu langit, ilmu

bumi dan manusia, tata letak yang baik

untuk pembangunan yaitu yang mengh-

adap arah selatan dan utara.

"Sedangkan yang kurang baik yang

menghadap timur dan yang sedang baik

adalah arah barat," katanya di kedia-

mannya di Jalan Kutacane, Medan, ke-

marin.

Sementera untuk sektor ekonomi se-

cara umum, menurut Bambang, di Sumut

akan baik-baik saja dan semakin ber-

tambah maju. Bisnis pariwisata juga

semakin meningkat dan berimbas kepa-

da bisnis perhotelan, karena akan se-

makin banyak wisatawan yang datang

ke Medan.

Sifat ular air memiliki sifat "kalem",

karena dikenal tidak membahayakan

orang lain, bahkan akan menjadi teman

asal tidak diganggu. Namun, meskipun

memiliki unsur air, di tahun ini unsur

api cukup dominan sekitar 70% dan

unsur air 30%.

"Artinya, lebih banyak terjadi kebaka-

ran daripada kebanjiran di wilayah In-

donesia. Kebakaran bisa terjadi di bagi-

an utara dan bagian barat Indonesia,

sedangkan banjir bisa mencakup selu-

ruh bagian di Indonesia, namun den-

gan volume yang tidak terlalu besar,"

jelasnya.

Disebutkannya, bumi memiliki lima

elemen penting, yaitu logam, kayu, air,

api dan tanah. Elemen yang paling ba-

gus di tahun ular air ini adalah tanah,

logam dan kayu. Sedangkan yang tidak

bagus, air dan api. Ketiga elemen yang

bagus tersebut saling berkaitan, air ber-

fungsi membersihkan logam, tumbuh-

tumbuhan (elemen kayu) membutuhkan

air untuk tumbuh dan tanah akan sub-

ur bila ada air. Sedangkan, jika air ber-

temu dengan air akan terjadi kebanji-

ran, air bertemu api bisa terus berge-

jolak.

Sedangkan untuk ke 12 shio yang ada,

yang sangat bagus dan beruntung ialah

shio ayam, kerbau dan kambing. Yang

sedang baik yakni shio tikus, kelinci,

naga, kuda dan anjing. Sedangkan shio

yang kurang beruntung adalah shio ular,

monyet, macan dan babi.

"Yang lahir di shio ular, anak tersebut

bisa menjadi pemimpin yang baik dan

bisa membawa rezeki bagi orangtuan-

ya. Dan bulan yang baik menurut pen-

anggalan lunar adalah bulan 8 dan 12,

sedangkan yang kurang bagus adalah

bulan 1, 4 dan 10," tuturnya.

Dia menghimbau, untuk mengurangi

bencana ataupun kondisi yang tidak

baik untuk alam atau mengurangi ke-

sialan diri, maka bagi masyarakat Tion-

ghoa diminta melakukan sembahyang.

Sedangkan untuk umat yang beragama

lain, agar berdoa sesuai keyakinan. (***)

By|Ridho Laju Pertumbuhan penduduk di Medan dan Sumatera Utara yang semakin naik setiap tahun,menjadi dasar pertimbangan pembukaan lahan Kota Baru. Pasalnya, areal pemukiman di

wilayah perkotaan terus menyempit dan harganya melejit. Sehingga pergeserantempat tinggal di pinggiran kota atau luar daerah jadi alternatif.

16 Februari Memiliki perasaan hati hangat dan sangat populer karena ia pandai bergaul

dan pada umumnya ia bisa sukses dalam hal pekerjaan dan perekonomian tetapi tidak

demikian dalam soal asamara. ..

17 Februari Pandai, banyak menaruh prasangka terhadap sesamanya, tidak suka bergaul,

agak menyendiri dan bisa mengatasi kesedihan dalam penghidupannya namun bisa

sukses dalam lapangan kemiliteran karena biasa berdisiplin baik. ..

18 Februari Suka tampil ke muka dengan berani, suka mengadu untung, suka berpetualan-

gan, brangasan dan agak sembrono. Ada baiknya sejak kecil dibiasakan tenang dan tidak

bekerja tergesa-gesa serta dididik untuk bersabar. ..

19 Februari Artistik, musikal, luas pandangannya dan ingin hidup bebas serta tidak senang

terhadap segala peraturan yang bersifat mengekang. Keuletannya dalam berusaha keras

mencapai suatu angan-angan dapat memberikan keberhasilan dalam penghidupannya.

..

20 Februari Memiliki watak riang gembira, aktif dan suka mengalah demi memelihara per-

damaian. Tetapi justru karena hal inilah mereka harus bersikap berhati-hati terhadap

teman-teman palsu yang suka menyalahgunakan kebaikan hatinya. ..

21 Februari Berambisi, firasatnya tajam dan pandai berusaha apa saja yang bisa memberi-

kan keuntungan kepadanya. Dalam soal asmara ia harus berhati-hati supaya tidak salah

pilih. ..

22 Februari Luar biasa pintar, berkepribadian dapat mempesona orang dan ambisius serta

keoptimisannya membuatnya dapat mencapai sukses. Ia juga bisa terkenal dalam

lingkungannya. ..

23 Februari Belas kasih, bersedia memaafkan segala kesalahan orang, luas pandangannya

dan pandai. Ia bisa beruntung tetapi kalau terlalu main percaya bisa mengalami keru-

gian. ..

24 Februari Gemar akan kemewahan dan keindahan, cerdik dan rajin belajar, memiliki

banyak gagasan untuk berusaha macam-macam. Meskipun ia bisa beruntung tetapi

harus berhati-hati terhadap teman-teman yang bisa menipunya. ..

25 Februari Aktif, bersemangat, pandangannya asli dan bisa menjadi penemu pendapatan

baru. Ia bisa berbahagia namun juga bisa terancam penipuan. ..

26 Februari Sukar memahami segala sesuatu, umumnya bisa sukses dalam segala bidang

usaha yang digemarinya dan bisa panjang usia. ..

27 Februari Bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan dari berbagai sumber. Tetapi

dalam menempuh penghidupan ia bisa mengalami kekecewaan dan penderitaan batin.

..

28 Februari Memiliki otak terang, terampil dan cekatan dalam mengerjakan segala se-

suatu, suka menaruh curiga dan dalam soal asmara tidak selamanya sukses. ..

29 Februari Pandai, berambisi, berani, berotak tajam dan berpikiran asli serta tidak kolot

tetapi umumnya suka gelisah

Watak Anda Kelahiran Bulan Februari (2)

Saya melihat bisnisproperty bakal majupesat di tahun ular airini. Sangat bagus danmenguntungkan, kare-na unsur bangunanberpadu dengan airjadi klop. Selain itu, bis-nis lain yang berjalanlancar adalah tekstildan aksesoris tas yangterbuat dari kulit.

"

"

Page 16: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

KIAT SUKSES

16Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Martabak Mekar nan

Menggugah Selera

Usut punya usut, ternyata aroma manis itu berasal

dari panggangan usaha Martabak Mekar. Penasaran,

maka liputanBISNIS singgah ke tempat itu. Kedatan-

gan tim liputanBISNIS ke lokasi usaha Martabak Mekar,

di Jalan Prof HM Yamin SH 92 C, tepatnya di samping

YUKI simpang Jalan Thamrin dihiasi suasana ramai

pembeli yang sudah antri menunggu giliran, pesanan

yang telah disiapkan juru masak Martabak Mekar.

Sesekali terdengar suara trang-trang..., saat sen-

dok besi pembalik martabak beradu dengan pang-

gangan. Tanya punya tanya, usaha Martabak Mekar

kepunya Daren. Pria berusia 30 ini sebagai owner

Martabak Mekar. Siapa sangka, diusia yang masih

tergolong muda, putra sulung dari dua bersaudara

itu sudah merintis wirausaha.

"Bosan kerja dengan orang dan makan gaji. Jadi

lebih baik buka usaha, dapat duitnya tiap hari," kata

Daren sambil tersenyum.

Diakui Daren, usaha martabak Mekarnya ini dulu

adalah milik orangtuanya, kemudian diturunkan ke-

padanya. Meski demikian, pria sederhana yang gam-

pang tersenyum tersebut, mengatakan, warisan ini

kembali dirintis selama empat tahun.

"Kalau dari orangtua saya sudah 13 tahun berjua-

lan martabak. Tapi menunya itu ke itu saja. Nah di

tangan saya, ditambahi dengan berbagai racikan re-

sep baru. Jadi lebih enak lho. Saya juga harus berjua-

ng mendapatkan pelanggan baru selama empat

tahun, dengan kreasi berbagai paduan rasa. Syuku-

rlan sekarang sudah menunjukkan hasil yang cukup

bagus," terang Daren.

Menurut pria lajang berkulit putih ini, berkat kerja

kerasnya bersama orangtua, martabak Mekar kini

sudah buka cabang.

"Pusatnya ya disini sedangkan cabang ada di

Jakarta, dikomandoi ayah dan ibu di sana. Kemarin

juga ada yang beli franchise, ditawarkan seharga

Rp80 juta. Itu sudah termasuk alat masak, training

koki selama dua bulan dan re-

sep rahasia. Tapi karena or-

angnya gak serius dan di-

percayakan kepada

yang lain, makanya us-

aha tak jalan. Kita kalau

merintis harus mulai

dari bawah, yah paling ng-

gak mengawal setiap hari di

lapangan. Dengan demikian cita rasa

kelezatan martabak tetap terjaga. Demiki-

an juga soal keuangan, jadi nggak jeblok," paparnya.

Dalam semalam berdagang sejak jam 2 siang sam-

pai 23.30 WIB, mantan karyawan radio ini mengaku

mengantongi omzet Rp2 juta- Rp3 juta.

Martabak paling murah dibanderol Rp32 ribu je-

nis martabak coklat, sedangkan yang termahal men-

capai Rp50 ribu dengan beragam campuran terma-

suk sea food dan keju.

"Saya dibantu pegawai tiga orang jualan siang sam-

pai malam, yah lumayanlah bisa menghasilkan Rp2

juta-Rp3 juta. Porsi yang dihabiskan mencapai 60

martabak setiap harinya," jelas Daren.

Yang menjadi kendala bagi Daren hingga saat ini

adalah, racikan martabak cuma tahan 24 jam. Seh-

ingga bila tak habis, dirinya bakal merugi.

"Untuk mensiasatinya, aku selalu batasi belanja

dan pembuatan bahan baku. Karena sayang, kalo

nggak habis bakalan tak bisa lagi dijual. Setelah leb-

ih dari 24 jam, maka adonan martabak berubah

kelezatannya dan keras. Jadi nggak enak kalo mar-

tabak itu keras, pelanggan bisa komplain dong. Sela-

ma ini pelanggan ramai saat-saat hari libur, itu bisa

membludak dan martabak habis sebelum jam kerja

usai," ucap pria mengaku asli Medan tersebut.

Harus Fokus

Kepada masyarakat yang ingin memulai usaha,

Daren pun tak segan-segan membuka kunci keber-

hasilannya sebagai pedagang martabak.

"Kalau dibilang sukses ya belumlah ya. Tapi syuku-

rlan sekarang usaha saya ini sudah berjalan

lancar. Kuncinya adalah harus fokus dan

serius, jangan setengah hati. Karena bila

tidak demikian, usaha yang kita buka bisa-

bisa bangkrut. Sayang dong modalnya, udah

habis banyak tapi tak balik malah tumpur,"

ungkap Daren.

Melintasi Jalan Prof HM Yamin SH persis-nya di sebelah Yuki Plaza persimpanganJalan Thamrin Medan, pengendara ber-motor pasti mencium aroma sedap yangmengganggu hidung. Kira-kira apa itu?Reporter liputanBISNIS yang sore harikerap melintasi jalan tersebut menjadipenasaran.

By | Ridho

Saat disinggung masa dahulu pertama menerus-

kan usaha martabak Mekar dari orangtuanya terse-

but, Daren menyatakan merogoh kocek hingga Rp15

juta.

"Ada masa-masa sulit kemarin selama 4 tahun. Tapi

berkat kegigihan saya, serta berinovasi lewat resep

dan menu masakan martabak, akhirnya usaha ini

bangkit. Meski martabak ini tergolong mahal, tapi

kalau rasanya lezat, pelanggan tak akan komplain.

Malah terus-terusan akan dicari langganan. Kita pu-

nya masalah juga tanpa bahan pengawet sehingga

tak berbahaya bagi kesehatan," bebernya.

Saat disinggung mengenai masalah resep, Daren

menyebut tak ada rahasia yang disimpannya.

"Saya itu rajin baca buku, trus searching resep di

internet dan uji coba masakan baru. Kalau sudah

selesai, maka saya sajikan kepada keluarga dan te-

man-teman. Mereka bilang enak, lalu saya jual deh

di outlet. hahahahha...," kata Daren sambil terbahak-

bahak.

Untuk pemesanan/order Martabak Mekar juga

melayani permintaan catering pesta, langsung saja

hubungi 08216377 2859.

Mau coba martabak Mekar...? Datang aja bro ke

Simpang Yuki Jalan Thamrin. Dijamin tak mengecewa-

kan kelezatannya. (***)

Mahal Tapi Lezat

Page 17: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

RAGAM IMLEK

17Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Bank Sinarmas

Persembahkan Lion Ticket

By | Ucup Tambunan

PT Bank Sinarmas, Tbk yang merupakan Kelompok Usaha Sinar-mas, mengutamakan kenyamanan, kecepatan dan kemudahanbagi nasabahnya dalam bertransaksi.

Sempoa SipSempoa SipSempoa SipSempoa SipSempoa Sip

Membanjirnya lembaga pendidikan

non formal di Sumatera Utara, dengan

program unggulan yang berbeda-beda,

tak menjadikan Sempoa Sip lekang. Sem-

poa Sip tetap konsisten dalam memberi-

kan pembelajaran yang unggulan dengan

taraf internasional. Para lulusan dari

Sempoa Sip ?pun rata-rata tidak hanya

mahir dalam berhitung, namun juga ung-

gul di di berbagai bidang lainnya.

Marketing Sempoa Sip, Ajib mengata-

kan, di sini anak-anak akan dilatih dan

diajarkan tekhnik-teknik dalam belajar.

Sistem penyampaian ilmunya pun tidak

melulu harus menulis, namun juga ada

secara auditori (pendengaran), ineste-

tik (gerakan) dan visual (gambar).

Sementara manfaat dari belajar di

Sempoa Sip anak-anak terlatih dalam

segala hal, ilmu pembelajaran juga akan

memperkuat motorik kasar dan halus

anak. Serta menguatkan kemampuan

sensorik anak terutama penglihatan dan

pendengaran. Mempersiapkan anak un-

tuk keterampilan dasar menulis angka.

Mengajarkan konsep abstrak dan angka

kepada anak dengan cara non abstrak.

Selain itu juga, melatih gerakan mata

dan penglihatan. "Pendekatan pendidi-

kan dengan konsep belajar yang seder-

hana dan menyenangkan. Pemahaman

penambahan dan pengurangan seder-

hana," terang Ajib.

By | Wahyu

Tak Lekan g Ditelan Zaman

Melalui produk branding antara Bank

Sinarmas dan Lions Air, yang diberina-

ma Lion Ticket diberikan kartu gratis

bagi nasabah. Bukan hanya itu, bagi na-

sabah hobby 'terbang' bersama Lions

Air, dengan Lion Ticket akan diberikan

fasilitas kemudahan bagasi dan cash

back setiap transaksinya.

"Promo branding antara Bank Sinar-

mas dan Lions Air ini berlaku hingga

akhir bulan Februari 2013. Untuk menda-

patkannya cukup mudah, hanya ber-

modalkan KTP," kata Account Officer

Bank Sinarmas, Frenky Simanjuntak ke-

pada liputanBISNIS, kemarin, di Medan.

Frenky menambahkan, bagi

masyarakat atau nasabah yang meng-

inginkan produk terbaru dari Bank Si-

narmas ini dapat mendatangi cabang-

cabang atau kantor Bank Sinarmas

yang terdekat. "Cukup fotocopy KTP

saja. Dan dapatkan saldo Rp 50 ribu

langsung di kartunya. Tak hanya itu,

bagi nasabah tidak akan dikenakan

administrasi bulanan alias free,"

ujarnya.

Kartu Lion Ticket ini dapat juga di-

gunakan untuk bertransaksi di ATM

ataupun merchant-merchant yang telah

bekerjasama dengan Bank Sinarmas,

seperti ATM Sinarmas, jaringan Alto,

ATM Bersama, VISA, Debit BCA dan Deb-

it BCA. "Tarik tunai di provider tersebut

juga gratis. Ini semua dipersembahkan

hanya pengguna Bank Sinarmas," kat-

anya. (***)

api Lezat

Lebih jauh Ajib juga menerangkan,

berlatih Sempoa juga tidak hanya seke-

dar berhitung, namun juga akan men-

ingkatkan kemampuan otak anak,

melatih konsentrasi dengan menyeim-

bangkan fungsi otak kanan dan kiri

anak, membuat anak-anak menyukai

angka dan aritmatika, memperbesar

kapasitas memori anak, memperkuat

kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Untuk kelas pembelajaran sendiri

mulai dari umur 3 tahun hingga 12 tahun.

Dimana sistem pembelajaran mengikuti

standar internasional. "Jadi secara tidak

langsung anak-anak akan diajarkan ba-

hasa inggris karena saat di kelas, anak-

anak juga akan dibiasakan berkomuni-

kasi dalam bahasa inggris," katanya.

Sementara itu untuk biaya kursusnya

cukup terjangkau. Dimana untuk paket

TK Prajunior usia mulai 3 tahun hanya

dikenakan biaya Rp300 ribu. Dimana

dalam pembelajarannya seminggu tiga

kali pertemuan, selama 4 bulan.

Sedangkan yang sudah masuk kate-

gori Junior usia 4-5 tahu, biayanya

Rp250 ribu. Dimana dalam seminggu

dua kali pertemuan. "Kelasnya terdiri

dari junior, foundation, intermediate

dan advance," katanya.

Para anak-anak lulusan Sempoa Sip

pun kebanyakan mahir dalam berhi-

tung. "Ada tekhnik khusus pembela-

jarannya, sehingga melatih otak kiri

dan kanan. Sehingga hasil belajar leb-

ih maksimal. Rata-rata para lulusan

jadi anak cerdas, kreatif dan berpresta-

si baik nasional dan internasional anak

yang belajar sempoa," katanya.

Kemudian istimewanya, Sempoa Sip

tidak hanya menerima murid normal,

para anak-anak berkebutuhan khusus

juga akan menerima ilmu yang sama

dengan sistem pembelajaran khusus.

"Tiap belajar akan di selipkan senam

otak. Biar lebih konsentrasi dan lebih

maksimal. Sehingga anak-anak ber IQ

rendah, seperti Autis juga di latih. Keban-

yakan berhasil. Mereka mampu menjadi

seperti anak-anak normal," katanya.

Guna meningkatkan antusiasme para

murid dalam belajar, tiap tahunnya

Sempoa Sip akan mengutus atusan mu-

rid berprestasi untuk mengikuti kompe-

tensi di tingkat nasional. Dari tingkat

nasional tersebut, bila masuk seleksi

maka berkesempatan ikut dalam lom-

ba tingkat internasional di luar negeri.

"Tahun ini perlombaan di jadwal akan

di langsungkan di Singapura pada bulan

September. Untuk seleksi nasional nya di

Kota Surabaya," terang Ajib, sembari men-

gatakan, tahun lalu kompetisi di seleng-

garain di China, dan utusan dari Sumut

memperoleh juara umum.”

Page 18: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

PELUANG

18Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Mendulang Rupiah dariHarumnya Aroma Kopi Luwak

pakai. “Kemudian dari situ, buah kopi

yang matang tersebut langsung diberi-

kan ke musang untuk segera di konsum-

si,” jelasnya.

Kepada liputanBISNIS, pengusaha

kopi luwak yang belum lama merintis

usaha tersebut pun mengaku tergiur

lantaran nilai omzet yang bakal di hasil-

kan. Ditambah lagi dorongan orang se-

kitar yang memintanya untuk mengem-

bangkan usaha luwak.

“Karena ada permintaan lah kami

memutuskan mengembangkan usaha

kopi luwak ini. Disamping memang pros-

pek usaha yang di yakini berpeluang

untung besar,” tuturnya.

Kotoran MenjadiPundi Berharga

Bila diurut dari awal hingga akhir

proses pengolahan menjadi kopi luwak

memang sedikit “menjinjikan”, karena

merupakan kotoran musang lah yang di

olah menjadi kopi. Namun kotoran bu-

kan sembarangan kotoran, adalah biji

yang sudah terfermentasi di dalam tu-

buh musanglah yang diolah menjadi

kopi luwak.

Proses pengolahan hingga menghasil-

kan kopi luwak pun sangat panjang. Dim-

ulai dari pemberian makan rutin ke mu-

sang-musang budidaya kandangan. Lalu

biji-biji kopi yang di makan dan keluar-

kan melalui kotoran atau sudah menjadi

feses itupun kemudian di cuci dengan air

mengalir hingga bersih. Selanjutnya di

jemur selama kurang lebih antara 5-7

hari di bawah sinar matahari.

Begitu kopi kering, cangkang kopi pun

di bersihkan kembali secara sempur-

na, kemudian di giling hingga halus

menggunakan alat penggilangan

khusus yang berasal dari Taiwan.

“Proses hingga di hasilkan kopi luwak

konsumsi panjang. Hal itu juga lah yang

membuat harga kopi luwak cukup ting-

gi,” sebutnya.

Kendati demikian, bagi Atong dan re-

kannya, bisnis kopi luwak masih san-

gat menjanjikan. “Prospek usaha kopi

luwak ini menjanjikan. Buktinya pesa-

ing usaha yang sama saat ini sudah

menjamur,” tukasnya.

Meski pesaing kian menggurita, na-

mun Atong bersama rekannya yakin,

bahwa peluang sukses dengan berbis-

nis kopi luwak masih terbuka lebar.

Penikmat terus bertambah dan terdap-

at pasar yang belum tersentuh optimal.

“Pasar masih terbuka lebar,” ucapnya

optimis.

Sementara itu, saat ini untuk pasar,

diakui Atong masih berada di sebagi-

an Pulau Jawa dan Bali. Namun penja-

jakan ke pasar internasional tengah

dalam proses. “Kalau permintaan dari

luar negeri ada. Namun sifatnya pen-

giriman masih sesuai order,” katanya.

“Tapi untuk penjualan ke Bali pun,

pembelinya kebanyakan tidak hanya

penduduk dalam negeri, juga orang as-

ing,” ucapnya kembali.

Saat ini, untuk produksi sebulan sedi-

kitnya antara 50 kilogram hingga 100

kilogram. Itu terdiri untuk pemenuhan

pasar domestik, dan internasional. Se-

mentara Sedangkan nilai jual kopi lu-

wak pun saat ini masih terbilang ting-

gi. Itu tergantung jarak dan lokasi.

“Kalau ke LN kita bisa jual dengan

harga Rp3 juta-Rp4 juta perkilogramn-

ya. Sedangkan pasar domestik hargan-

ya di sekitar Rp140 ribu pergram dan

seharga Rp350 ribu untuk 250 gram,”

katanya.

Terkendala Daya Beli

Meski potensi pasar terbuka lebar,

namun pemasaran diakui Atong

masih terdapat kendala. Masih se-

bagian orang yang familiar dan mera-

sa pantas membeli kopi luwak den-

gan harga t inggi . “Permintaan

masyarakat dari khusus Sumatera

agak kurang. Mereka memang suka

minum kopi, namun kalau di suruh

bel i kurang karena kebanyakan

masih melihat harga,” ungkapnya.

Kendati, sambungnya kembali, ada

beberapa kelompok golongan yang

sudah siap membeli berapa pun harga

jual kopi luwak, karena aroma serta cita

rasa berkualitas. “Kalangan high class

sudah memang siap berapa harga pun

mereka berani beli. Namun kita akan ter-

us garap kelas menengah,” bebernya.

Aman Bagi Lambung

Ada banyak pendapat bahwa memi-

num kopi akan membuat perut kem-

bung, namun ada banyak pendapat ka-

lau kopi luwak aman bagi lambung. Ala-

sannya bahwa buah kopi yang di kon-

sumsi musang untuk dijadikan kopi lu-

wak telah terfermentasi alami di dalam

lambung melalui enzim, sehingga kadar

ke asaman berkurang.

“Jadi enzim yang ada di dalam lam-

bung musang itulah, mengubah kopi

arabica yang awalnya kadar keasaman

tinggi menjadi berkurang. Jadi mudah-

mudahan dari pengalaman tidak akan

mual,” sebutnya.

Lalu kopi luwak di sinyalir mengandung

anti oksidan, serta membantu memperlan-

car peredaran darah. Sedangkan tingkat

kafein berkurang antara 20-30 persen. (***)

Teknik pengolahan

kopi jenis luwak yang

terbilang unik dan me-

miliki perpaduan cit-

arasa serta aroma yang

khas, membuat penik-

mat kopi luwak kini

tak hanya kalangan ek-

sekutif karena hargan-

ya terbilang mahal, na-

mun kelas strata ten-

gah pun turut tergiur.

Dilihat dari pangsa pasar tersebut

lah, bisnis kopi luwak terbilang cukup

menjanjikan. Ada nilai keuntungan yang

cukup besar dapat di raih dari usaha

tersebut, karena peluang pasar tidak

hanya di dalam negeri, namun juga hing-

ga mancanegara.

Berawal dari hal tersebut lah, kemu-

dian Atong, bersama rekannya seorang

pembudidaya luwak berkolaborasi un-

tuk mengembangkan usaha kopi luwak.

Mekanisme pembudidayaan pun diu-

tarakan Atong cukup sederhana, meski

memakan waktu berhari-hari. Hanya

cukup menyediakan lahan, tanpa harus

terlalu lebar. Dari lahan tersebut lah,

kemudian musang pemakan kopi di kan-

dangi. Yang lalu secara rutin dalam se-

hari diberi makan buat kopi yang ma-

tang.

Kopi-kopi yang di konsumsi Musang

pun merupakan buah berkualitas yang

di petik langsung dari sentral tanaman

petani di Kabupaten Mandailing Natal.

Dimana jenis kopi arabica lah yang di

By | W@hyu

Page 19: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

19Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Page 20: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

Jumlah penonton film Habibie & Ainun sungguh

fantastis. Bahkan diprediksi jumlah penonton me-

lebihi Ayat-ayat Cinta sekira 3,8 juta.

Sang Produser Manoj Punjabi pun begitu jumawa

mengatakan, film Habibie & Ainun bakal mencapai

5 juta penonton. Tak hanya itu, film yang diangkat

dari kisah cinta dan perjalanan Habibie & Ainun

masuk Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Sejauh ini, film Habibie & Ainun diputar di 280

layar bioskop di seluruh indonesia. Tokoh Habibie

diperankan oleh aktor Reza Rahadian, sedangkan

Ainun oleh Bunga Citra Lestari.

Sukses memerankan Ainun, ternyata tak jua me-

ngenakkan hati Bunga Citra Lestari.

Beredar kabar menyebutkan istri Ashraf Sinclair

tersebut telah mematok honor untuk setiap tawa-

ran film seharga Rp1 miliar. Menanggapi kabar

tersebut, ibunda Noah Sinclair itu hanya tersenyum.

"Kata siapa itu?," tanya BCL saat ditemui di Stu-

dio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan.

Namun, BCL yang malam itu enggan diwawancar-

ai hanya mengamini kabar patokan honor yang di-

terimanya. Sambil ditemani sang suami, BCL men-

inggalkan para awak media.

"Iya, amin-amin," pungkasnya. (net)

Nikita Mirzani

Dipanjar Majalah PlayboyPemain film dan model Nikita Mirzani mengungkapkan, ia menjalani operasi

hidung agar terlihat lebih mancung seperti bule. Hal itu dilakukannya karena

akan tampil dalam majalah Play- boy keluaran AS.

Bintang film Lihat Boleh, Pegang Jangan ini

mengatakan, "Lo pikir gue operasi hidung

buat apaan? Biar man- cung kay-

ak bule," cetus Nikita.

Lebih lanjut, Nikita

menuturkan bahwa ia

sudah menerima down

payment (DP) atau uang

muka dari pihak Play-

boy untuk jadi model

majalah pria dewasa

tersebut. Karena itu, pe-

rempuan kelahiran 17

Maret 26 tahun silam ini

berani mengatakan ia sudah

pasti menjalani sesi pe-

motretan untuk ma-

jalah itu tahun

ini. (net)

"Tang-

gal-

Lampaui 5 Juta Penonton!Lampaui 5 Juta Penonton!

Jessie J

Gundul Demi UangDemi membantu Comic Relief, yang mengadakan Red Nose Day atau hari peng-

galangan dana kemanusiaan di Inggris, Jessie J akan merelakan rambutnya

dicukur hingga kepalanya gundul.

Sebagai persiapan untuk memenuhi tantangan yang akan disiarkan langsung

di layar kaca itu, pedendang lagu "Price Tag" ini membentuk rambutnya hingga

menjadi seperti gunungan es krim dan melapisinya dengan shaving cream.

Ia telah membuat keputusan cerdas itu dalam rangka mengumpulkan ban-

yak, "Money, money, money," seperti sepenggal lirik lagunya. Ia berjanji akan

menyisakan rambutnya hanya 0,5 mm dari kulit

kepalanya.

"Saya suka memirsa Red Nose Day

sejak saya masih kanak- k a n a k

dan saya sangat senang u n t u k

bergabung ke tim seleb- r i t i

penggalang dana tahun i n i , "

kata juri kontes nyanyi l a -

yar kaca The Voice ini.

"Jadi, saya akan

mencukur rambut

saya secara lang-

sung pada malam

itu! Saya tak akan

m e n y a n g k a l ,

saya sekarang

s e n e w e n , "

sambungnya.

" B e r s a m a ,

dengan bantuan

dari publik Ing-

gris, kami ada

dalam sebuah

misi untuk men-

gumpulkan lebih

banyak uang dari-

pada sebelumnya

untuk Red Nose

Day, Maret (15/3).

Jadi, ayolah, ayo

lakukan!" katan-

ya lagi. (net)

SHOWBIZ

20Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Page 21: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

REGULASI

21Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

"Kami sedang membicarakan ini de-

ngan asosiasi," ujar Deputi Gubernur

BI, Halim Alamsyah di Jakarta.

BI telah melarang bank untuk melaku-

kan transaksi dengan acuan NDF, kare-

na ditengarai dapat melemahkan nilai

tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Menurut Halim, saat ini, kuotasi pasar

valas di Indonesia memang belum

lengkap. Untuk itu, BI akan meminta

bank-bank devisa untuk menetapkan

kuotasi sendiri. Dengan demikian, di-

harapkan mampu mendorong pendala-

man pasar uang di Indonesia.

Halim menjelaskan, nantinya meka-

nisme koutasi akan mirip seperti Jakar-

ta Interbank Offered Rate (JIBOR). Dalam

JIBOR, 14 bank besar di Indonesia akan

menentukan suku bunga, yang kemudi-

an menjadi acuan pasar.

"Yang penting, kami memberikan

kesempatan untuk bank-bank membuat

kuotasi kurs rupiah-dolar untuk hari

ini. Tapi, dia bisa menggunakan itu un-

tuk forwards, tergantung bagaimana

keyakinan pasar melihat pasar valas

dan ekonomi Indonesia," kata Halim.

Dalam penerapan kuotasi ini, menu-

rut Halim, BI yang akan memberikan izin

dari penetapan kuotasi oleh bank-bank

devisa, dan memantau integrasi serta

kredibilitas dari harga yang akan diteta-

pkan. "Sebab kalau tidak begini, nanti

ada yang main-main dengan kuotasi-

nya bisa merugikan pasar kita," kata

Halim. (net)

Bank Indonesia akan meminta bank-bank devisa domestik untukmembuat kuotasi atau patokan harga jual-beli valuta asing dipasar spot dalam negeri. Dengan ini diharapkan bisa menghilang-kan kemungkinan para pemain valas mengacu pada transaksi nondeliverable forwards (NDF) yang melemahkan nilai tukar rupiah.

Bursa Pasar Menanti

Kebijakan ECBPelaku pasar menanti kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB), terutama komentar

Presiden ECB, Mario Draghi, mengenai prospek ekonomi zona euro.Investor juga terlihat beristirahat sejenak dari penjualan mata uang yen, yang

memberikan angin segar ke bursa Jepang. Bahkan, sempat membuat pasar melon-jak ke level tertinggi empat tahun terakhir pada sesi sebelumnya.

Indeks MSCI di bursa saham Asia Pasifik di luar Jepang cenderung mendatar,mendekati level terendah dalam sepekan ini, setelah mencapai posisi tertinggi 18bulan terakhir pada Senin lalu.

Di bursa saham Australia, indeks acuan dibuka turun 0,1 persen. Sementara itu,indeks saham Korea Selatan naik 0,2 persen, dan Nikkei 225 Jepang dibuka me-lemah 0,5 persen. Indeks acuan di bursa Tokyo itu sempat melonjak 3,8 persenpada sesi sebelumnya, dan mencapai level tertinggi sejak Oktober 2008.

"Ketidakpastian di zona Eropa dapat menjadi alasan investor untuk menarikkembali portofolionya di bursa," kata Hiroichi Nishi, General Manager SMBC Ni-kko Securities.

Dia melanjutkan, pertumbuhan ekonomi akan bisa membaik jika ada pertum-buhan domestik yang baik pula. Namun, ada yang sangat penting untuk menjadititik perhatian untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi, yaitu kebijakan yangtepat untuk manajemen energi. (net)

Deviasi Pertumbuhan Ekonomi RI Terkecil di DuniaTarget pertumbuhan ekonomi sebe-

sar 6,5 persen pada 2012 tidak terca-

pai. Meski begitu, pemerintah tetap

bersyukur masih bisa meraih angka

pertumbuhan di atas 6 persen.

Menurut Menteri Keuangan, Agus

Martowardojo, Indonesia masih

beruntung dapat mencapai pertumbu-

han 6,23 persen. Sebab, krisis

ekonomi yang berjangkit di Amerika

dan Eropa juga berdampak ke China

serta negara-negara lain di Asia.

"Jadi, itu tetap suatu pencapaian

yang baik. Bisa dikatakan deviasi per-

tumbuhan ekonomi Indonesia yang

paling kecil di dunia," ujar Agus di

kantor Wakil Presiden, Jakarta.

Menurut Agus, ada beberapa tanta-

ngan yang harus dihadapi pemerintah

pada 2013 untuk dapat meningkatkan

pertumbuhan atau minimal memper-

tahankannya di level yang stabil.

Pertama, menjaga belanja negara

tetap berkualitas. "Kita kan punya porsi

yang cukup besar di subsidi, kita harus

jaga penerimaan negara," katanya.

Kedua,menjaga iklim investasi tetap

kondusif. Sebab, ini merupakan pen-

dorong laju perekonomian di tengah

krisis yang diperkirakan belum akan

membaik pada tahun ini. "Kita harus

jaga agar investasi di Indonesia da-

pat terus berkembang," kata Agus.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah me-

ngumumkan bahwa secara kumulatif

perekonomian Indonesia pada kuartal

I-IV/2012 tumbuh sebesar 6,23 persen.

Namun, pencapaian tersebut tidak se-

suai dengan batas bawah yang ditar-

getkan pemerintah sebesar 6,3 persen.

Berdasarkan data BPS, pada kuar-

tal I/2012, perekonomian Indonesia

tumbuh 6,3 persen. Selanjutnya naik

menjadi 6,37 persen pada kuartal II/

2012, dan melambat ke level 6,17 per-

sen pada kuartal III/2012. Pada kuar-

tal IV/2012 kembali melemah menjadi

6,11 persen.

Pertumbuhan ekonomi sepanjang 2012

yang mencapai 6,23 persen itu masih di-

dominasi oleh pengeluaran rumah tang-

ga yang tumbuh 5,28 persen, pengelua-

ran konsumsi pemerintah 1,25 persen,

pembentukan modal tetap bruto 9,81 per-

sen, ekspor 2,01 persen, dan impor 6,65

persen. (net)

Page 22: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

GADGED

22Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

Namanya SpeedUp Pad PRO 2. Inova-si ini merupakan karya anak bangsa In-donesia yang mencoba berinpirasimemberikan aplikasi dan fitur terbaruyang dibutuhkan oleh pengguna An-droid.

SpeedUp Pad Pro 2 diciptakan khususbagi Indonesia. SpeedUp Pad PRO 2 di-luncurkan dengan platformSpeedup Studio yangdidukung olehprocessor dualcore, men-j a d i k a nS p e e d U pPad PRO 2dua kali leb-ih handal.

S p e e d U pStudio terinte-grasi dengansistem operasiAndroid IceCream Sandwich,SpeedUp Pad PRO2 didesain untukmenghadirkan kin-erja hardware dansoftware dan akanmembuat pengala-man baru yang belumpernah ada di tabletlain.

Perangkat tablet 7inch pertama di Indone-sia dengan QualcommSnapdragon S4 dual coreMSM 8225 tentunya akanmemberikan pengalaman yangberbeda.

“Kehadiran Snapdragon S4 diSpeedUp Pad PRO 2 ini merupakan ke-banggaan bagi Qualcomm. Semua ken-ikmatan pengalaman mobile yang duludianggap premium, kini sudah bisadinikmati masyarakat Indonesia se-cara affordable. Produk terbaru Speed-Up Pad PRO 2yang di-bundling denganpaket internet unlimited TELKO-MSELFlash diharapkan mampu menga-komodir kebutuhan masyarakat akanlayanan akses data dengan kualitasjaringan terluas dan berkualitas,” kataProduct & Marketing Director PT MLWTelecom, Taufan Widjaja Sakti, di Med-an.

Sementara itu, Marketing Communi-cation PT MLW Telecom, Arius Krupton

SpeedUp Pro 2

Aplikasi Android

Untuk Indonesiamengungkapkan, dengan double CPUprocessor Qualcomm Dual Core 1 Ghzsegalanya terasa lebih cepat. BermainGames High Definition, Browsing, Vid-eo Call, semua fitur unggulan produkpendahulunya kini menjadi dua kalilebih optimal.

Qualcomm merupakan pemimpin diteknologi mobile 3G dan generasiberikutnya, pendekatan Qualcommyang unik dalam merancang chip, men-jamin sebuah pengalaman mobile yangunggul dan hemat energi. Kecepatan &kinerja ganda, membuka aplikasi hing-ga 2x lebih optimal, namun dengan se-mua keunggulan tersebut, tetap mampumempertahankan penghematan daya.

Seperti generasi sebelumnya, Speed-Up Pad PRO 2 hadir untuk memenuhikebutuhan pasar dalam berkomunika-si. Didukung dengan fungsi voice calldan SMS melalui layanan jaringan

2G, 3G,dan 3G+ Berbagai

fitur seperti Koneksi Blue-tooth, Wifi, GPS, G-Sensor semuan-

ya terintegrasi dengan sempurna.SpeedUp Pad PRO 2 juga dilengkapi den-gan dual camera system. Tidak hanyadengan kamera 5MP pada bagian bela-kang, kamera pada bagian depan jugamemungkinkan para penggunanya un-tuk melakukan video call.

SpeedUp Pad PRO 2 hadir denganwarna putih white touch panel ciri khasSpeedUp yang membalut kehebatan per-forma dan kecanggihan teknologi dalamnuansa yang elegan dan fashionable,menjadikan performa para penggunan-ya maksimal dan berkelas.

SpeedUp Studio didesain tidak seper-ti desain software pada umumnya. Se-cara eksklusif terintegrasi di SpeedUpPad PRO 2, para pengguna dapat meni-

kmati lebih dari 850.000 content musikoriginal baik dari artis lokal ataupunmancanegara, game, majalah dan ap-likasi.

Platform fenomenal Studio9 yang du-lunya hanya tersedia di PC melalui mo-dem SpeedUp, kini hadir di Android se-cara eksklusif di dalam SpeedUp PadPro 2. Tidak hanya desain hardwareyang superior, namun juga didesainuntuk memenuhi kebutuhan penggunan-ya. Duo platform paling popular danmutakhir Android OS & SpeedUp Studiodioptimalkan khusus untuk SpeedUpPad PRO 2.

SpeedUp Studio kini hadir secara ek-sklusif didalam tablet SpeedUp Pad PRO2. Software ini tidak didesain sepertisoftware lain. Saat kebanyakan devel-oper hanya bermain di aplikasi, Speed-Up berhasil menciptakan platform yang

terintegrasi denganAndroid OS. Ini ad-

alah inovasif e n o m e n a l

dalam tabletPC, penggu-na akanm e r a s a -kan pen-galamanl e b i hs a a tmenik-

m a t i

mus ik ,m e m b a c a

majalah, bermaingame. Banyak aplikasi

bermanfaat untuk menunjangaktifitas dan hobi bagi semua peng-

guna SpeedUp Pad PRO 2. Dengan bany-aknya konten dalam SpeedUp Studio,pengguna SpeedUp Pad PRO 2 pasti akanmenemukan konten yang paling sesuai.

Didesign untuk memenuhi kebutuhanpenggunanya akan lagu-lagu terbarudan terfavorit, SpeedUp Studio akanmemberikan pengalaman mendengar-kan musik yang belum pernah ada ditablet lain. Lengkap dengan cover padasetiap lagu yang di download, memberi-kan kemudahan dan keindahan dalammengakses dan memutar setiap lagupilihan.

Tersedia juga pilihan genre sepertiBarat, Chinese, Indie, Indonesia, Koreadan lain lain. Pengguna dapat melaku-kan pencarian lagu berdasarkan namaartis atau judul lagu.

Setiap lagu yang tersedia di dalamSpeedUp Studio merupakan lagu-laguorisinil dengan kualitas audio terbaik.SpeedUp mendukung setiap aksi anti

pembajakan musik dan karya intelek-tual.

Bagi para pengguna yang gemar mem-baca. Speedup Studio memudahkanpengguna saat mencari majalah terba-ru, terpopuler dan bahkan menyimpan-nya. Tersedia berbagai pilihan kategorimajalah seperti Sport, Women, Gadgetdll. Fitur auto rotate dalam SpeedUp Stu-dio memberikan pilihan bagi para pem-baca.

Potrait untuk melihat satu halamanpenuh dan landscape untuk melihatkonten majalah dengan lebih detil. Pen-galaman membaca majalah digital den-gan kualitas gambar beresolusi tinggiakan memanjakan mata penggunanyasaat membaca di SpeedUp Studio.SpeedUp mendukung aksi Go Green In-donesia.

Tentunya SpeedUp tidak akan melu-pakan para gamers. Kini para gamersdapat langsung men-download danmencoba semua game papan atas sep-erti Plants VS Zombies dari PopCap diSpeedUp Studio dengan gratis. Kerjasa-ma dgn Antix memungkinkan sesamapengguna SpeedUp Pad PRO 2 untukberbagi games dengan koneksi blue-tooth. Berbagai genre games seperti Ac-tion, Adventure, Strategy dll tersediakhusus bagi para pengguna.

Koleksi semua game favorit dan jadi-kan perangkat SpeedUp Pad PRO 2 se-bagai console game andalan. Rasakanpengalaman bermain game spektakuler,hanya di SpeedUp Studio. SpeedUp men-dukung developer game lokal untuk me-majukan perindustrian game tanah air.

SpeedUp Studio menyediakan berb-agai aplikasi yang lebih sesuai untukkebutuhan pelanggan Indonesia den-gan aplikasi-aplikasi berbahasa Indo-nesia seperti Masak Apa bagi penggu-na yang hobi masak, Pic Story untukberbagi cerita di jejaring sosial mela-lui photo, Usee TV yang memungkinkanpengguna untuk menonton siaran TVhingga 7 hari sebelumnya, Stasiun Ra-dio, dll. Tersedia begitu banyak aplika-si populer gratis dan berbayar,dikembangkan khusus untuk penggunaIndonesia.

Dengan banyaknya konten dan ap-likasi dalam SpeedUp Studio, kamimenjanjikan adanya sebuah kontendan aplikasi bagi masing-masing peng-guna SpeedUp Pad PRO 2. Apapun ho-bimu, pekerjaanmu, hiburanfavoritmu,semua tersedia dalam Speed-Up Studio.

Kerjasama yang erat antara SpeedUpdengan Telkomsel, membuahkan hasilyang manis bagi para pengguna. Semuakonten dan apilikasi yang ditawarkandi SpeedUp Studio dapat dibeli denga-na pulsa Telkomsel yang vouchernyatersedia di seluruh nusantara. Hal initentunya akan memudahkan para peng-guna yang tidak terbiasa membeli kont-en & aplikasi dengan kartu kredit ataue-voucher. (***)

Inovasi update tidak pernahberhenti ditunjukan SpeedUp.Sebagai perusahaan pengem-bang teknologi hardware dansoftware terdepan untuk per-alatan TelecommunicationsConsumer Premises Equip-ment (CPE), SpeedUp kembalimerilis tablet 7 inch inovasiterbarunya.

By | Ucup Tambunan

Page 23: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

INFO

23Edisi III16 Februari - 28 Februari 2013

GUNA meningkatkan pelayanan kepada nasabah Pegadaian Medan lakukankerjasama dengan Bank Mandiri Medan cara menggunakan Electronic Data Cap-ture (EDC) manfaatnya untuk mempercepat pelayanan kepada nasabah khususn-ya cabang konvensional yang melaksanakan proses transaksi.

Pemimpin PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Agus Priyabodo mengata-kan, setiap aparat cabang konvensional sudah harus tahu mengoperasikan pro-gram EDC sebagai tindak-lanjut yang telah dilaksanakan di Jakarta, dan telahterpasang di cabang-cabang konvensional yang ada di Pegadaian Medan sehing-ga mempunyai nilai lebih pelayanan kepada nasabah dimana bisa mengoperasi-kan dan lancar.

“ATM tinggal gesek untuk pendebetan, dan dari sisi keuangan tidak usah mikir,disini teman-teman dari Bank Mandiri bisa mengedukasi teman-teman cabanguntuk pengoperasiannya,” paparnya.

Sedangkan Team dari Bank Mandiri Arie Brahmana Sitepu mengatakan, bagaim-ana mengetahui emas asli atau palsu, perjanjian kerjasama antara Bank Mandiridengan Pegadaian kesepakatan yang dihasilkan merchant discount rate (MDR)dan day payment.

Perlu diketahui, prosedur penerimaan kartu adalah periksa fisik kartu, cocok-kan 6 digit awal dengan list bin, gesek kartu pada alat edc, bandingkan nomorkartu pada fisik kartu dengan yang muncul pada layar edc, input nominal tran-saksi, jika respon muncul approve, cocokkan tanda-tangan pada panel tandatangan dengan pada sales draft. (***)

PegadaianTingkatkanPelayanan

By | Mhd Darwinsyah Purba

Page 24: Edisi III | 16 Februari - 28 Februari 2013

MEMORY IMLEK FAIR